Adzan dilarang pakai Pengeras suara ? Ustadz Abdul Somad, Lc. MA

Dipublikasikan tanggal 3 Sep 2018
link full : id-tv.org/tv/video-4nwoh0zzlf8.html
ADZAN tak perlu TERIAK TERIAK
DAN tak perlu PAKAI PENGERAS SUARA
.
Mengapa adzan harus dikumandangkan keras-keras?
Pakai speaker pula. Apa tidak mengganggu yang lain yang bukan orang muslim?
.
Adalah teman saya, yang kebetulan non muslim, bertanya kepada saya, “Kenapa kalau adzan harus dibunyikan keras-keras dengan speaker pula?”.
.
Saya yang bukan ahli agama kemudian berpikir sejenak mencari jawaban yang mudah dicernanya, menjawab seperti ini
.
“Bro, adzan itu adalah panggilan sholat, pasti dong namanya panggilan tidak mungkin dengan cara yang sama seperti berbicara atau berbisik-bisik”.
.
Teman saya membalas “Tapi kan di orang-orang sekitar tidak semuanya muslim?”.
.
Saya jawab lagi “Benar. Bro, kita sekarang sedang ada di bandara, dengar kan announcement bandara selalu memberikan panggilan boarding?
.
Apakah kamu juga mempertanyakan ke mereka mengapa melakukan panggilan boarding pesawat YANG LAIN keras-keras padahal bukan panggilan pesawatmu?”
.
Dia tersenyum namun membalas lagi “Tapi kan hari gini semua orang sudah tahu dengan teknologi jam berapa waktu sholat apa, apa masih harus adzan keras-keras?”.
.
Saya pun kemudian menjawab “Ya setiap penumpang juga kan sudah tau jadwal penerbangannya sejak pesan dan memegang tiket, kemudian check-in, sudah tercetak jadwal keberangkatannya di boarding pass, sudah masuk ruang tunggu, tapi tetap bandara melakukan panggilan boarding bukan?
.
Dan ada satu hal lagi mengapa adzan harus dikumandangkan, itu bukan hanya sebagai penanda sudah masuk waktu sholat tapi benar-benar panggilan sholat, karena kami harus menyegerakan sholat.
.
Sama halnya semua penumpang harus menyegerakan masuk pesawat setelah panggilan boarding, walaupun masih ada waktu naik pesawat sampai pesawat tutup pintu”.
.
Kali ini senyumnya bertambah lebar, lalu dia setengah memeluk saya sambil menepuk-nepuk bahu saya dan berkata “Super .. I got it bro“
Note.
Masih banyak orang tidak rela ketinggalan Pesawat dibanding ketinggalan Sholat
.
Bahkan lebih rela menunggu pesawat yang belum datang dibandingkan menunggu Azan datang...
ayo kita share rame-rame di WA
kita masing-masing biar mereka yang kepanasaan dengar adzan, mudah-mudahan terbuka hatinya... Aamiin
.
Hayya 'Alash Sholah = Ayo Sholat..
Hayya 'Alal Falah = Ayo Sukses..
.
Sholat adalah jalan KESUKSESAN dunia akherat
Wassalam

Komentar

  • ahlu khianat pada : " berlebihan tidak baik " sadarlah.

  • Yang DISLIKE Partai Pengikut PKI

  • Lantangkan Kebeneran ... Azan Adalah Suara Yg Merdu 😊

  • Berbagi !!! Buat lo yang ingin menjadi Reseller ataupun Dropship barang apapun bahkan menjual barang dagangan lo sendiri dengan media Online silahkan klik link ini www.akademibisnisdigital.com/#/ground/?ref=Dani8cda

  • Dak mgk dak boleh pakai pengeras suara mslh perlu volumenya diatur jgn dipleter

  • Jokowi cucu PKI komunis

  • Azan itu pakai pengeras suara itu gak boleh goblok semua, azan itu pakai mulut yang cerdas dikitlah muslim itu gak boleh plonga plongo

  • Min,maaf,apa gk kena copyright ?

  • Anyar manehhh.. kaet cilik an aku adzan ki yo ngae pengeras roto roto sing onok pengerase..

  • yang tidak suka mendengar adzan dia adalah sekutu iblis, jikalau pemerintah mengikuti orang yang tidak suka mendengar adzan, berarti kepemerintahan dipegang sama tangan iblis

  • Salam perdamaian buat kita semua.....

  • haha uztads andalanku

  • Yg gk suka dengar adzan KUAT2 brrti dia adlh SYETAN/Dajjal.....

  • Ustad somat sok tau

  • Suka SM ustad ini

  • Bukan di larang tapi di atur....

  • ORANG YANG takut mendengar kan suara azan..... kalau orangnya islam maka dirukiya ....kalau dia orang kapir SEMOGA terbuka pintu hidayah.. AAmiin

  • Jelas Dan nyata presiden nya lemah dalam islam

  • Salam Satu Jiwa UAS from Denpasar.

  • Kalow sayh sih ngikutin ulama jamn dulu dan kitab dan hadis rosul dan aLlQuran

  • Ustadz klau org islam meninggal yg menuntun orang non boleh ga maaf contohnya waktu jupe sakaratulmaut yg menuntun ruben onsu

  • Zaman soekarno muncul partai komunis dgn mekar,, zaman nya soeharto pki hangus dan indonesia hanya sebuah negara non blok dan kerukunan umat beragama tetap akur dan rukun,, stelah soeharto non aktif indonesia dgn nyata dekat dgn blok timur atau rusia.. Stelah soeharto tdk lagi jadi presiden kerukunan umat beragama mulai dr dumay sampai dunia nyata agama muslim dan kristen mulai kacau,, sy agama KRISTEN mulai merasa resah tinggal di indonesia ini dan bahkan agama muslim sendiri pun sudah mulai terusik dgn adanya intervensi masalah suara adzan.. Knp dulu dulu suara adzan tdk ada bermasalah dan sy sbg kristen tdk pernh merasa terganggu dgn suara adzan tp skrg smuanya telah berbeda,, sy dulu suka dgn jokowi krn mau merangkul agama kristen sprti ahok menjadi patner politik nya tp lama² sy jdi pusing krn suara adzan pun jdi dipermasalahkan pdhl jokowi itu adlh muslim.. Knp pemerintahan jokowi jdi begini? Apakah krn megawati di belakangnya? Atau krn kedekatanya dgn negara komunis sprti rusia,china dan korut?

  • Gw sih biasa aja sama adzan pake toa Pake toa 100 juga sih gpp Tp kalo (maap y kalo trigger) ngaji pake toa 100, walaupun gua muslim gua tetep marah karena itu terlalu berlebihan.

  • Saya terganggu yang nyalain toa di masjid kecil padahal sudah ada pemberitahuan dari masjid yang besar bahwa masjid besarlah yang boleh pakai toa eh ternyata masih bandel ahkirnya nimbulin noice polution jadi para warga entah itu yang muslim ataupun non muslim keganggu jadinya pusing deh

  • Ada 2700 s*tan lari gara2 liat video ini.wakakakaka

  • AGUS S / SINGATERBANGUN KAMPUNG MELAYU KECI RT06 / 010 JAK SEL KETUA / REKTOR SEKOLAH TINGGI I T A KURANG AJAR KAFIR NEGERI INI TREAK TREAK NYURUH TOLERANSI AGAMA TAPI MEREKA LICIK KETIKA ISLAM HARAM MENGUCAP KAN SELAMAT HARI RAYA MEREKA MEREKA NGAKU PALING TOLERAN KARENA MEREKA MAU NGUCAP SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA TOLERANSI AGAMA ITU BUKAN KONPENSASI SEBAB DALAM TIAP AGAMA ADA LARANGAN ADA ANJURAN ADA KEWAJIBAN BOLEH JADI DALAM AGAMA SATU SESUATU DI LARANG DAN AGAMA YG SATU LAGI MALAH BOLEH ATAU HARUS DI SANA TOLERANSI DI TERAP KAN CONTOH DALAM AGAMA KAFIR BOLEH NGUCAP SELAMAT HARI RAYA MUSLIM BERARTI MEREKA BOLEH NGUCAPIN TAPI BUAT ISLAM DI LARANG NGUCAP SELAMAT HARI RAYA KAFIR KAFIR HARUS TOLERANSI ......!!!!! PAHAM...!!! JANGAN KALIAN MALAH NUNTUT AGAR MUSLIM MENGUCAP SELAMAT HARI RAYA KAFIR JUGA KARENA AJARAN ISLAM MELARANG PAHAM KALIAN .... ITU NAMA NYA TOLERANSI ... HARUS PAHAM KALIAN JANGAN TOLERANSI DI GANTI DENGAN KONPENSASI .... BEGITU JUGA AZAN ITU AJARAN ISLAM PADA AWAL NYA MUSLIM YG AZAN DI ATAS TEMPAT TINGGI DAN YG PUNYA SUARA KERAS KALIAN HARUS TOLERANSI BAHWA ITU AJARAN AGAMA ISLAM SEPERTI HAL NYA DI BALI ITU KAN WILAYAH NEGARA REPUBLIK INDONESIA YG MAYORITAS MUSLIM TAPI KARENA DISANA HINDU YG MAYORITAS MUSLIM ADA DI SANA WAKTU NYEPI MUSLIM TOLERANSI SAMPAI BANDARA PUN TERHENTI .... KARENA ITU AJARAN AGAMA MEREKA APA MUSLIM GAK KE GANGGU YA KEGANGGU TAPI KARENA ITU AJARAN AGAMA MEREKA MUSLIM BER TOLERANSI PAHAM .... JADI KALIAN JANGAN LICIK ..... DAN ISLAM HARUS CERDAS JANGAN SUNGSANG OTAK NYA MALAH IKUT CORONG KAFIR UNTUK MELARANG AZAN KRAS OOOON....!!!! KALAU NGOMONG DEPAN SAYA SAYA GABUK ...!!!

  • di aceh tidak berlaku peraturan volume azan. Lihat apa tanggapan pemimpin Aceh. Sangat tegas.. Klik : id-tv.org/tv/video-0BL7TUkvnBI.html

  • Seneng gua dengar cerahmahnya... Mantaap

  • Guyu kekel,, barrakallaah pak ustadz 😍😍😍👍

  • Kalau gak ada azdan... Kiamat datang karena setan iblis merajalela percayalah....

  • woy bukan di larang, coba lihat di google biar jelas uud yg mengatur tentang pengeras suara.

  • Kapan ke kantor ikmi ustaz. Saya penggemar ustaz .tetap semangat ya pk ustaz

  • Sehat selalu pak Ustadz Abdul somad.

  • Lebih bagus sih gak usah pakai toa luar....

  • Pak ustad bolehkah kita adzan dengan rekaman?

  • aku sebagai non muslim menggap nggak mempermasalahkan suara adzannya. ya yang sewajarnya aja.

  • Ahhhh kontoll

  • Ustadz somad ke banggaan Q

  • HOAX

  • gak jelas, saya muslim kota saya boycot abdul somad

  • lah kalo azdan nya pelan2 pada kaga denger lah. aneh banget ni yg ngelarang azdan pelan2

  • soaoan lw

  • Suara azan klu perlu dibesarkan jgn sampai dikecilkan tp didlm masjid.supaya sama2 dengar.

  • PKI takut sama Adzan.

  • Perbedaanlah yang menjadi kuat NKRI sampai saat ini..

  • Adzan itu mengingakan 5 peristiwa Yesus Kristus, mulai dari isya jam 19.00 (perjamuan terahir), subuh jam 04.30 (Yesus di taman Getsemani), Lohor/Zuhur jam 12 siang (Yesus dihukum mati), Azar jam 15.00 (Yesus wafat), dan Magrib jam 18.00 (Yesus dimakamkan). Jadi Umat Kristiani justru berterima kasih dengan adanya suara adzan karena itu artinya waktunya berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan.

  • L

  • ustad gila

  • Yg melarang suara adzan dgn pengeras suara itu org org yg lemah imannya dan bs jg sudah disusupi ideologi yg tdk bener alias sesat...perlu di telusuri siapa yg prtama kali menghembuskan wacana tsb.ht ht dgn paham komunis...bs jg wacana tsb berhembus dr kelompok tsb,naudzubillahi mindzalik...

  • Alhamdulillah

  • y allah jaga negri tercinta kmi ini y allah

  • Mana video yg jokowi melarang c azan yg kuat

  • yg dislike kafir, munafiq.

  • Mari Indonesia bersatu, jgn ganggu agama lain. Utamakan toleransi beragama. Silahkan azan, yg disuruh azan itu manusia, bukan tape recorder atau alat electronic lainnya. Di Medan-Binjai/Sumut dan sekitarnya mesjid2 sdh banyak yg sengaja menghidupkan toa/suara ngaji atau nyanyian qasidah pada saat pagi(umat kristen sedang beribadah digereja), padahal sepuluh tahun yg lalu tdk seperti ini. Apa ini maksudnya??? Cobalah buktikan sendiri, datanglah ke Medan-Binjai dan sekitarnya. Kenapa umat kristen selalu diganggu dan dihina dgn perkataan kafir. Padahal ajaran kristen juga percaya hanya melalui Yesus Kristus orang dapat masuk surga, dan jika tdk melalui Yesus, maka tdk masuk surga alias kafir. Tapi umat kristen dilarang mengatakan kafir kpd siapapun juga. Hanya kaum kateka(kafir teriak kafir) yg suka dan sering mengatakan org lain kafir. Mari kita koreksi diri..... Hidup NKRI..... Pancasila.....Abadi!

  • Yg larang adzan pake pengeras suara hanya Dazal kecil ...iblis berbentuk manusia.... Damailah dan bersatulah wahai saudaraku sebangsa dan setanah air

  • Toleransi wajib di republik ini. Negara ini milik agama lain juga. Kalau tidak bisa bubar.

  • ok

  • klo azan di larang pke alat pengeras.. knpa klo dangdutan di bolehin

  • Kic kic kic,. Lucu kali Ustadz Abdul Shomad ini

  • Panjang kan umur Ustadz Abdul Shomad YaAllah

  • Ayo umut islam kita kuburkan kita rukiyah si lukman taik

  • Mintaalkoran

  • hajar aja orang yank buat aturan yg aneh2 gitu

  • Bukan nurunin dollar Malah nurunin vol azan?

  • Waduk lh

  • ENGGA BECUS NGURUS NEGARA MALAH NGURUSIN SUARA ADZAN MEMALUKAN

  • Nggonku raono sing nglarang.

  • Sbnarnya bukan seruan azan yg diprsoalkn,karna paling hny bbrapa menit saja ,tp mngkin kaset yg jg sering dipasang di mesjid..jangan terlalu diperbesarbesar,,agar diclarifikasi lg,suara apa sbnarnya azan atau kaset..?

  • Semoga yg dislike dpat hidayat atau dipercepat mautnya🤓

  • Sehat terus pak ustad...semoga allah melindunggi mu...

  • Semoga ust selalu di beri kelancaran dalam setiap ceramahnya. Aamiin

  • Kudu d' rudal manusa kitu mah ustd. Sehat sllu tuan guru Bgor nyimak uas

  • Ademmm banget dengerin ceramah ustad abdul somad

  • Menteri agamanya waktu lahir kedunia bukan diazankan tapi disetelkan musik rock ketelinganya. Entar kalo mati kaga usah diazankan disetelkan musik rock aja. Haaaa haaa.

  • UstaD abdul somat kapan ke aceh lagi

  • org indo kebanyakan sumbu pendek hehehe... trs yg sebarin brita jg kompor bgt dah..kdg ga sesuai dgn yg di TKP. tp ywdahlah yah..dsitulah manusia2 diuji oleh Tuhan.Smoga Tuhan mengampuni bpk2 dan ibu2 yg membenci kami umat nasrani krn kami jg ciptaan Tuhan yg Maha Kuasa dan Maha Mulia..kami difitnah pun diam, agama dan kitab kami pun direndahkan kami jg ttp diam..kami ga prnh membuat kerusuhan dan demo membela agama kami,membela Tuhan yg kami sembah, membela kitab suci kami..krn Allah yg kami sembah Allah yg penuh kasih tdk mengajarkan kami untuk membalas kejahatan dgn kejahatan.Allah yg kami sembah mengajarkan kami sll mengasihi dan mengampuni org bersalah kpd kami..Tuhan berkati bpk2 dan ibu2 yg membenci kami umat nasrani dan trkadang jd hakim atas kami.Hanya Tuhan Allah Hakim yg Agung dan Dia akan dtg pd wktunya untuk menghakimi umat manusia.

  • Dilarang??? Di komplain tidak sama dengan dilarang..

  • Mungkin telinganya lelah pingin denger azip azip wkwkwkwk Padahal adzan nggak lama trs ada waktunya trs kenapa ya ada apa di telinga mereka

  • Saya ya toleran

  • Ya

  • YG NYALAHKAN JOKOWI TOLOL,GOBLOK,BEGO!

  • #2019GantiPresiden ustad emng Rejim ini keterlaluan masa suara Azhan di suruh buat perkecil kn aneh baru yg sampaikan itu muslim lagi

  • Zaman sudah aneh,, adzan dilarang ada agar keras keras Hhhmm hei pak menteri jangan sampai kita seperti singapure

  • Polusi Suara bung, sampe Jam 4 pagi....gile ngak.....

  • ceramah aja koyol...gmna org mau seneng sama loe somad tdk seperti ustad lain nya.

  • 😢 2019 PAN potensial tergradasi solosi: 1. egonisme pemimpin partai dikurangi 2. spt demokrat jaman Sby capres pertama 3. angkat Gatot N sebagai capres 4. angkat Duhnil A sbg cawapres 5. ust UAS sbg ketua tim sukses 6. indonesia punya harapan baru

  • Tolong pemerintah jangan singgung2 lg yg bersifat agama.jangan bikin rakyat jd saling curiga dan menyalahkan.indonesia itu penuh dngan ramah tamah.ya allah jagalah indonesiaku ini dari orang2 yg munafik.AMINNN

  • Yg nglarang siapa ...klok memang seperti biasa dan wajar gpp .klok alay ber lebih" an selain mengganggu kurang layak di dengar .tuhan pun gk suka dan melarang hal" yg ber lebih" an..

  • Hahaha selalu menghibur tp sangat bermakna...

  • Ini yg nama nya budak Setan berwujud manusia . Contoh real/nyata

  • Ustad km knpa.. bukan nya adzan itu di anjurkan pake pengeraas .. biar mengingatkan kita sesama muslim untuk mengerjakan sholat.. pak somat jangan gila dan memecah belah umat islam..jangan bikin aturan sendiri

  • Kenapa Tiktok sekarang seperti kuman dan sampah. Beriklan atau mengiklankan diri dimana2. Bahkan di ceramah UAS pun openingnya perempuan joget dari Tiktok... sekarang Ceramah pun rupa2nya di seponsori oleh iblis....

  • pada sok pintar yg komen haha

  • Saya CINTA ALLAH ...

  • Politik atau adu domba... Mari kita cermati dengan hati yg tenang .... Pak harto --- masalah krisis moneter/korupsi Pak habibie --- masalah timor timor ((boneka asing)) Pak gusdur --- tidak sempurna jasmani/penutupan tvri/ Bu mega --- tanker dijual/indosat Pak sby ---- masalah utang imf/korupsi Pak jokowi --- pki...antek asing...utang...kafir...sekarang Toa... Kok pandai"nya yg mengadu domba...antar rakyat indonesia... Lihatlah irak,iran,afghanistan,mesir,lebanon,turki,palestina,dll negara yg sudah hancurrr Apakah indonesia kalian dan kita semua akan kita biarkan indonesia menyusul...... Mari kita kesampingkan perbedaan atas nama" jemari kita yg 5 ini jadi 1 genggam erat PERSAUDARAAN...

  • Kafir kepanasan denger adzan

  • id-tv.org/tv/video-zG39A5hpnB4.html

  • Meniru Israel ? ( melarang adzan ) Awas kebakaran atau gempa melanda Indonesia.

  • Logikanya kalo penduduk semakin padat, masjid juga semakin banyak sdh seharusnya suara makin kecil. Yg diajak sholat sdh dekat, ndak jauh. Kedepan hrsnya naik level umat muslim ndak perlu diundang dg toa , kalo sdh jam sholat ya sholat. Itu baru josss teman, rohaninya makin berkelas.

  • Jgn terlalu di besar2kan.mengkafirkan sesama muslim hukumnya apa !.krn bisa jd yg mengkafirkan lbh kafir dari yg di nyatakan kafir .menghina,menghujat apalagi mengkafirkan sesama muslim ..waduh...itu bukan cermin orang muslim.jadi lah muslim yg santun dan yg simpati baik ke sesama muslim maupun non muslim krn islam itu Rakhmatan lil alamin.umat kanjeng nabi di madinah ada 3 golongan yaitu muslim,nasrani dan yahudi.yg saling menghargai dan menghormati dan smuanya di lindungi oleh nabi Muhamad SAW. .jgn krn niat ibadah mengganggu ketemtraman sesama muslim maupun non muslim.ibadah hrs pake ilmunya.artikan bacaan wudhu yg sesungguhnya.insya alloh jd muslim yg islami