Alasan ilmiah hilangnya Desa Petobo ditelan gempa Palu

Dipublikasikan tanggal 3 Okt 2018
#gempasulteng#prayforpalu#gempadonggala#
Desa Petobo di Palu, Sulawesi Tengah, hilang begitu gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang beberapa wilayah Sulawesi Tengah, Jumat 28 September 2018. Kepada ANTARA, Selasa 2 Oktober 2018, Dr Sukirman Nurdin dari Fakultas Teknik, Universitas Tadulako, Palu, memaparkan alasan ilmiah mengapa desa itu hilang ditelan bumi. Dia berbicara tentang tidak tepat bangun sebuah sistem irigasi yang kemungkinan tidak mempertimbangkan kondisi struktur geologis tanah di desa itu dan beberapa tempat lainnya.
copyright © AntaraTV
LKBN Antara - Indonesia
www.antaranews.com
facebook.com/antaratv.kantorberitaantara?ref=hl

You can also see our video on :
1.Antaranews : www.antaranews.com/video
2.ID-tv channel : id-tv.org/username-antaratvnews (antara tv)
3.Yahoo : id.berita.yahoo.com/video/
4.Twiter : twitter.com/antaratvjakarta
5.Facebook: facebook.com/antaratv.kantorberitaantara?ref=hl (fan page)
6.Mivo : www.mivo.com/#/antaratv (live streaming)
7.Vidio.com : www.vidio.com/@antaranews
8.Instagram : antaratv

Uploader :
budywearsprada@yahoo.com
PERUM LKBN Antara
WismaAntara
@NewsRoom
Jl. Medan Merdeka Selatan 17

Sekretaris Redaksi :
contact person : Antara TV
Email : antaratv@antara.co.id
Telepon : 021 3802383
Fax : 021 3849442
Text : 0812-8563-4948

Komentar

  • Kurang siip kajiannya.

  • Terlalu kecil otak mu utk menganalisa kekuasan tuhan.bahkan kupingmu sendiri engak bisa kau tengok dgn matamu sendiri tampa bantuan cermin.sukurin aja bencana tdk terjadi pd dirimu

  • masalah air masuk ketanah, semua tanah di dunia ini menyerap air kawan, anda hanya menilai petobo tetapi hal yang jauh dari garis pantai dan saluran irigasi yang anda salahkan. jono oge anda lupakan. id-tv.org/tv/video-tMaYkMZJc9k.html

  • Hanya allah yang tau ... Dan sebaiknya kita sama-sama kembali kejalan allah ... Karena di akhirat nanti sangat menakutkan ....

  • Hahaha orang Indonesia mana ada yg percaya Science pak, lihat nih komentar2 di video ini. Pada keracunan sinétron Hidayah 🤣

  • Tuh ngarti kaga creep.... !! Yg ngarti sama beliau omongin acungkan jempolnya.... !!! Jangan taunya cabe doang. 😂😂😂

  • Lah taik anjing. So tau pake metode ilmiah segala.. org kaya begini GK percaya tuhan.. percaya ny cuma sama ilmiah.. smua musibah /bencana yg terjadi di alam semesta ini adalah kehendak Allah SWT . Jdi jgn lagi bikin argumen dgn ilmiah. TDK semua apa yg terjadi di bumi ini bisa di pikirkan dgn ilmiah. Semua sudah ada yg mengatur yaitu Allah swt

  • Kenapa irigasinya tidak berdampak pak ,,, mikir

  • Gk masuk akal.

  • Mnjdi lahan harta karun yg terpendam

  • Manusia yg slalu ingkar kekuasaan allah. Ya bgitu. Slalu bnyak alasan.. Besok jika matahari terbit dari barat di kata fenomena alam.

  • inti yg bsa kita pelajari... likuifaksi lah yg dijadikan Alloh sebagai sebab untuk meluluh lantahkan palu... krna kalau terjadi nya seperti desa lagetan pada tahun 1955, org akan berkata "gak mungkin"

  • Selalu di cari alasan ilmiah terus.. ada kuasa ALLAH yg tidak bisa ditembus oleh manusia. Contoh misal sampai kiamat pun manusia takan pernah menemukan ujung alam semesta ini. Coba sekali 2 diteliti ilmiah tentang maksiat dgn kondisi sekitar yg menghasilkan aura negatif. Karena di jepang sdh di teliti dgn air putih yg di baca alfatehah menghasilkan ion2 positif. Pasti ada plus ada minus kepada alam sekitar setiap apa yg kita lakukan...

  • Azab broo,ilmiah gundulmu😲😲

  • id-tv.org/tv/video-tY3GVKw4gz8.html

  • Jadi kesimpulan bapak ini bicara,, gempa dan tsunami yang mengakibatkan begitu dasyat.. D karenakan saluran irigasi.. 😀..

  • Diluar akal sehat manusia..itulah kuasa ALLAH.

  • Bapak doctor nya benar skali

  • Jangan terlalu bnyk pakai akal.. yg selamat itu bukan kebetulan.... klo kmu beriman pikir dong.. sdh ada bukti kuasa Tuhan... knp pilih2 ad yg hancur dn ad yg tdk.

  • ini azab.. g trlu prcy ilmiah. azab

  • Sangat ilmiah, tapi memandang peristiwa atau bencana tidak mesti hanya menggunakan otak dan akal pikiran saja, tapi juga harus menggunakan IMAN. Biar sejalan. Logisnya ketika mendung belum tentu hujan !

  • Bagi yang percaya ini azab Tuhan, maka silakan berkomentar dengan cara yang positif seperti mendoakan para korban dan jadikan ini sebagai instropeksi diri kita masing masing untuk lebih baik, rasanya kurang bijak jika kita melaknat mereka di komentar karena itu bisa melukai perasaan keluarga yang mungkin menjadi korban. Bagi yang menganggap ini bukan azab Tuhan dan mengedepankan akal pikiran, maka semoga ini bisa menambah pengetahuan anda. Saya pribadi suka penjelasan ilmiah dan sekaligus percaya dengan penjelasan dari sisi agama, namun kita harus dewasa dalam menyampaikan komentar.

  • semoga korban di ampuni dosanya dan semoga yg memfitnah warga petobo macam macam juga diampuni

  • 👍 👍 👍 👍 Bukan bermaksud mengabaikan TAKDIR, krn apapun yg terjadi kalau jawabannya = TAKDIR, ya sudah tdk ada lagi penjelasan TITIK. Nah PENJELASAN ILMIAH seperti di atas itu jgn diabaikan krn bisa menjelaskan ttg peristiwa bergesernya tanah/pencairan tanah (Likuifaksi), sehingga kita semua bisa tahu tentang sebabnya tanah bergeser/bergerak...

  • Terus sungai ini gimana? Bawahnya tidak ada beton juga.. terus swah2 yang di irigasi juga bawahnya juga tidak di semen.. airnya bisa meresap juga kebawah..

  • Kuasa Allah itu seharusnya no 1.. Bukan sains fenomena atau apa sekali pun..Allah kehendaki maka terjadi seperti itu..dan orang2 yg melakukan sirik sudah terima azab nya dan di tenggelam kan di perut bumi...sesungguhnya azab Allah tu pedih di dunia Allah sudah tunjuk apa lagi di akhirat..

  • Hooyy..mungkin secara ilmiah bgtuu.. tpi gempa ini takdir Allah dan lbh tepatx adzab

  • Segala sesuatu pasti datang'a dari Allah dngn cara yg ilmiah agar manusia dpt mngambil pelajaran.....itulah kenapa kita manusia tdk diciptakan seperti proses penciptaan Nabi Adam AS, melainkan melalui proses yg ilmiah di dalam rahim....

  • ada pertanyaan yang masih mengganjal, ok kalau di Petobo karena diatas perkampungan ada saluran irigasi, bagaimana dengan perumahan yang ada di balaroa seputaran daerah perumahan tidak ada persawahan dan irigasi bagaimana?? DR. SUKIRMAN NURDIN alasan ilmiah untuk balaroa bagaimana?? #ANTARATV #DR.SUKIRMANNURDIN #PAKARGEOTEKNIK

  • Apa cuma saya yang gak mengerti apa yang di bicarakan sama Bapak ini.. Ambil kesimpulan kalo saya Menilai kata kata Bapak ini... Berarti satu kampung itu berdiri diatas air.. Begitu ya.. Berarti Kampung terapung ya.. trus karena gempa jadi ambles.. Kalo ada rumah dan pohon" yang berjalan saat gempa berarti itu air yang di bawah perkampungan Mengalir begitu ya..

  • bahasa kecilnya kalo pribadi qt salah pst ada imbas hukumanya atau karma sebab akibat. pikir sendiri . hukum ketuhanan tetap berlaku. yg pst hukum Allah Swt. kajilah contoh2 azab dlm Alqur'an. sbg pedoman bukan sbg hiburan .dan dasari ilmu dunia dgn agama agar selaras dlm prilaku hidup.

  • i

  • Masuk akal

  • Dasar orang orang ketutup hatinya.. Ini maksudnya peringatan, warning!. Eeee masih aja ngeles ilmiah.. Ya emang semua ada sebab ilmiahnya, tapi terjadi atau ga tetap kuasa Allah.. Susah emang ngomong ma orang orang yang udah ditutup hatinya oleh Allah SWT.. Amit amit

  • Kenapa masjid terapung yang brada di tengah laut gak hilang ...

  • Mau wilayah kelihatan aman tapi banyak maksiat,dan syirik,mustika.allah SWT akan murka,walau pun wilayahnya terlihat rawan gempar.rawan bencana.tapi penduduk nya tidak maksiat,mustika dan syirik Allah SWT akan melindungi kita.karena bencana tidak bisa di prediksi.siapa yang mengerakkan tanah tsb yaitu Allah SWT,siapa yang menggerakkan air laut yaitu Allah SWT

  • Hahahahhahah😂😂😂

  • Ga masuk akal orang adpal aja me julang ke atas.klo itu longsor gara salulan air pastinya tidak Kan megulung dan menggeser bukit. Dan juka bisa di hitung rumah yg hNcur ini hampir se kbu paten .. ko penyebabnya sLuran air sunamu juga datang

  • orang ini ngomong engk masuk akal

  • Kejadian di Sulteng itu sangat aneh.....karna kejadiannya milih2 tempat.....contohnya di petobo disana rata2 tempatnya orang maksiat

    • korban banyak yang udah meninggal , masih difitnah

  • Bagusnya apa yang terjadi di muka bumi dilihatnya salah pada diri manusia itu sendiri dahulu dari mana sudut pandang pun. Akhirnya kita baru berserah pada Allah.

  • Kaum Sekuler liberal gak pernah bisa percaya segala balabencana akibat ulah manusia yg melakukan kemungkaran dan fahisyah sudah terang terangan.. Ingin lagi mencari alasan ilmiah yg tidak ilmiah.. Mana kehebatan tekhnologi untuk bisa menahan bala bencana... فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنبِهِ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِن كَانُوا أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

  • salam simpati dari malaysia...sedihnya..dimana smua org kampung...ya Allah..luluh hati tgk

  • Maaf pak teori Anda hanya lah sebuah opini belaka

  • Maaf dr.sukirman nurdin. Anda cuma buang buang waktu dgn riset anda. Riset pakar para ahli selama ini nol besar. Kami sumatera. Bengkulu-padang khusus nya. udah muak dgr pakar tanah, gempa dll ngoceh seperti anda. ini semua kehendak allah statment anda seolah menjadi semacam pembenaran. Ini semua jelas krn maksiat. Kira semua telah lalai kepadanya. Udah gitu aja. (Saya orang sumatera yg sudah muak mendengar prediksi ilmuwan soal gempa yg yg terjadi d sumatera.) Penjelasan ilmiah gak ada gunanya.

    • +anak kucing anak kucing anak kucing Tapi pencegahan itu penting kan bro,Memang pengadaan alat dsb mahal dan memungkinkan adanya korupsi,tpi nyawa gk bisa dibeli. Ujung2nya jika terjadi tsunami tanpa ad peringatan pemerintah jg yg disalahkan,tpi yg pnting semoga tsunami tdk terjadi di situ. Orang Ateis lebih membaca kitab Alam dan percaya akalNya,dari pada kbanyakan orang Agamis yg hanya membaca ayat ayat kitab suci tanpa Mengkaji Ayat-AyatNya di alam dan mindset yg keliru terhadap logika(otak) manusia, ateisme lebih pintar krn mereka percaya pada AqalNya dan tk berpatok pada mindset yg keliru.Allah jg memperintahkan kita untuk mengunakan otak utk berfikir tdk untuk ditinggalkan

    • +Nabilla Fadillah bukan tidak menghargai ilmu dari para ilmuwan. Tapi faktanya ilmu para pakar ini akan berujung pada APBD dan akan makan anggaran daerah. Ujung ujung nya jadi proyek pemerintah yg akan makan byk biaya. Berapa byk plat penunjuk jalur evakuasi.alat deteksi tsunami..yg akhirnya memakan anggaran puluhan milyaran rupiah. Akibat dari mark up harga. Ujungujung nya rakyat lagi kena imbas dari pajak. Ini bukan hanya soal keilmuwan itu sendiri, tapi apa imbas para pakar dari statment mereka. Yg akhirnya di jadikan proyek korup bagi sebagian orang. Intinya dari video diatas utk mengajak kita berfikir kenapa ini bisa terjadi. Bla bla bla.. statment yg mengesampingkan kuasa allah. Kenapa orang atheis itu pintar pintar karena mereka selalu mengesampingkan sang pencipta. Mereka memakai riset berdasarkan otak mereka.

    • Ada saatnya anda akan menghargai kata ilmuan,yups jika bencana itu benar-benar terjadi di sekitar anda,pastinya anda akan membutuhkan kajian ilmiah untuk bertahan dari bencana.

    • Hargailah ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan ilmiah jg berasal dari Allah.

  • Saya dari bengkulu. Pd th 2000an kami mengalami gempa besar juga. Setelah itu para ilmuan ilmuan hebat meneliti. Bahwa di garis pantai sumatera terdpat lempengan yg bisa bergeser setiap saat. Gempa gempa besar akan segera menyusul. Jadi pemerintah sigap dgn membuat sirine,alarm tsunami,rambu tempat berkumpul warga dll yg notabene menghabiskan banyak anggaran daerah. Skg sudah sktr 13 th berlalu. Tak ada gempa dahsyat yg d katakan oleh byk para ilmuwan. Sudahh lah... kita akui saja semua terjadi karena kehendak allah. Adzab allah yg di turunkan. Mau lu pada ngoceh ilmiah,riset,tanggapan para ahli, gue udah gak percaya.apalagi nih bpk yg sibuk ngoceh ilmiah. Gua gak percaya!!! Intinya mau apapun struktur tanah nya atau apalah...kalo mau kebalik,belah atau apapun itu gampang buat allah. Saran gue Di mana pun lu tinggal jauh jauhin maksiat deh. Wassalam...

    • +anak kucing ada bnernya jg sih,ya mudah2an daerahmu gk kena bencana, . Amiin🙏

    • +Nabilla Fadillah hoy...bro.. plang dan alat alat lain nya itu kalo ratusan tahun sudah tak berguna. Di provinsi kami plang jalur evakuasi sudah pada hancur. Dulu ratusan juta yg d gelontorkan utk pembangunan itu semua. Alat deteksi tsunami skg sdh tdk berfungsi. Cuma hitungan 10 tahun aja. Jadi kalo ente mengharapkan ratusan tahun berguna ente ngeyel... mending uang sebanyak itu buat di sumbangin ke anak yatim. Fakir miskin. Skg gini aja.. mau langit runtuh dan gunung beterbangan dan hari blm kiamat saya yakin para ahli akan ada aja jawabannya.ini lah..itulah.. mau malaikat djibril mengepakkan sayap ke muka bumi ini dan kalo bumi ini gak hancur para ahli pasti akan tetap ngeluarin pendapatnya. Maksud saya buat upload video ginian hanya membuat manusia semakin mengeyampingkan kuasa allah. Nahh Jadi yakini aja soal tanah bergeser emang sudah kuasa allah..Tapi allah membuatnya menjadi lebih diterima akal dan bisa di kaji secara ilmiah.

    • +anak kucing seolah olah anda ingin gempa besar lainnya mnjadi knyataan seperti kta ilmuan,memang semuanya atas kehendak dan izinNya,tpi dgn adanya bukti lapangan dan pengetahuan,gempa dimasa depan bisa diprediksi walau tk tau kpn datangnya.

    • +anak kucing anak kucing mksud saya, kan pemerintah udah brusaha untuk menyiapkan diri jika terjadi gempa yg lebih besar,jika dugaan ilmuan salah ya Alhamdullilah mungkin belum saatnya(tunggu saja puluhan/ratusan thn kdepan),harusnya kita menghargai ilmuan krn mereka bicara fakta lapangan dan ilmiah bukan asal bicara , jdi jgn hnya pasrah tnpa memikirkanya.cmiiw

    • +Nabilla Fadillah bro. Ga nyambung lu

  • gak logis deh om... irigasi BUKAN SEBAB UTAMA....tapi memang itu bekas danau purba... di dasar nya jauh lebih banyak air

  • Itu cuma perjalananya aja seperti itu,, tapi sudah jadi kehendak Allah.. mau di beton kaya apa juga kalo Allah sudah berkehendak tetep aja tidak akan kuat.. yg perlu di pertanyakan. Dosa apa yg kita buat, sehingga Allah memberi hadiah seperti itu..

  • Spertix bpak in g prcya klo it azab/teguran keras dr allah swt.sdrkah kalian.. sdh bxk dr klian yg mensalimi allah n bhkan ad yg menentangx shingga allah murka terhadap mereka yg zalim n ujian bg mreka yg taat kpdax. Semoga kalian smw n jg pribadi sndri lbih mendekatkn diri dr allah n mncoba n mnjauhi laranganx.amin... Smg yg terkena musibah dberikan ksbaran n ktabahan menghadapi smw in n pljran bsar bg kmi. Bgi para relawan n smw dsna sehat sllu.amin...

  • Makasih liputan bermanfaatnya ANTARA!!

  • Masa air gak boleh meresap 😀

  • prettt !

  • ASUMSI DASAR SEBUAH TEORI DALILNYA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (LIKUIFAKSI)...DI AGAMA SAYA DI AJARKAN FAKTA BUKAN TEORI...FAKTANYA MUSIBAH DTNG KETIKA SYIRIK DAN MAKSIAT SUDAH MERAJALELA...FAKTA

  • Alasan bagi yg tidak mahu akui kebesaran pencipta.. Maka geografi cuaca struktur itu stuktur ini.. Bagi yg ulama yg diangkat oleh manusia.hadis firman fatwa itu dan ini.. Maka kluarlah mcm pendapat..dipetik dari yg pernah belaku dizaman yg tetdahulu... Ternyata disitu tidak ada sesiapapon yg boleh menduga akan berlakunya sesuatu yg dirancang pencipta,penguasa semesta alam..adalah lebih baik. percaya yakin..bahawa apabila izrael dtg mencabutnya.. Tidak mengira walau dimana.. Bila dan siapa.

  • Kalau penyebabnya adalah karena irigasi yang dibangun tidak memenuhi standard pembangunan berarti para korban atau keluarga korban yang tertimbun dampak liquidfaksi bisa menuntut ganti rugi dong kepada pihak pembuat irigasi. Ini bisa jadi seperti case Lumpur Lapindo.

  • Yang jelas Tuhan murka. Apa yang selama ini manusia perbuat.

  • Tidak ada hujan, tidak terkena tsunami, tp terjadi likuifaksi.. alasannya mengandung air.. nah airnya drmn..?

    • Angga Prasetya Prof nya kn bilang dr air saluran irigasi. Klo nggk gitu ya dr air bawah permukaan tanah. Pas geografi dlu nggk masuk y ? 😁

  • Yg penting bukan tujuan politik

  • yg punya bumi Dan langit itu Tuhan. jadi aku sih lebih percaya dengan alasan ilmiahnya Tuhan.

  • Banyak manusia sombong, seolah fenomena alam bisa mereka kuasai semua secara keilmuan duniawi, tapi mereka lupa dunia ini ada yang menciptakan, ada yang punya, dan ada yang menguasai, ya itu allah subhanahu wataala, tak guna klian prof dr sekalipun jika allah sudah berkehendak . Wallahualam Bisawab., Semoga ini semua menjadi pelajaran yang sangat berharga utk kita semua agar kita bisa bertaubat dan kembali pada jalan yang allah ridhoi.

    • Maaf ini bukan sombong, ini penjelasan ilmiahnya. Coba buka pemikiran dan sudut pandangnya . Agama mengajarkan untuk baca, belajar memahami bukan sekedar ritual dan belief saja.

  • Bhsa ilmiah in malah mendorong rakyat membenci or mnyalahkan pemerintah. Sperti penjudi yg kalah tp g mw nampakkan kekalahanx.

  • Ini adalah tanda dari allah

  • Hadeh......... Analisa gebleg

  • Semoga atas kejadian ini membuat kami sadar atas kebesarannya... Makasih atas semua bantuannya untuk kami...

  • kuasa allah .. mau lgi ini org bg alsan mcm2..di lombok ap alsan nya pulak yg brgegar lebih kuat dri palu..tpi x mnghsilkn tsunami..di palu .x sbrpa kuat mcm lombok,.tpi blh kena tga bncana skli...ilmiah apa ini org ckp .. skrng dunia dh pnghujung jgn ckp mcm2 lagi ... doakn yg baik2 dri aku org mlaysia kpda pnduduk palu..tabah dgn kntentuannya..doakn mnta Allah mnjaga keimannan kta..ALLAH FOR EVERYTHING

  • Ada sebab Allah turun kan becana

  • Q hpus kmetr aq krn mereka cm tw tntg bhsa ilmiahx aj tp g tw mkna ucpan dr bpak d ats.

  • Perencanaan yg SALAH? menurut saya beton itu yg ga sustainable, run off air hujan akan lebih tinggi. untuk keberlangsungan hidup manusia butuh air om. siklus hidrologi disana seperti itu adanya. hanya saja bencana tidak bisa diprediksi. masi mau pakai beton? musim kemarau akan langka air pasti.

  • Sebab akibat ilmiahnya masuk di akal dan fikiran untuk antisipasi tp masih bisa di patahkan oleh manusia lain tp sebab akibat dalam Al-Qur'an tak bisa di patahkan 👍👍👍👍

  • Semua kuasa tuhan, saluran irigasi djadikan omongan lo

  • Kenapa non muslem,tidak ada yang komentar.

  • Ada teman gua yg selamat dari Petobo. Alhamdulillah...

  • Sok tahu. saya pernah kepetobo tanah sana kering keras.ini murka Allah jd gk perlu bil tanah berair. tanah berpasir. klau di lihat bencana palu kaya di pilih2.org gk percaya klau gk kepalu lihat sdri. di tengah 2 kota agak sedikit baik. tapi di pesisir sama di pinggir kota hampir semuanya hancur. Bencana palu klau di samakan berada di tungku. kaya segi tiga. titik satu hancur. titik dua hancur. titik tiga hancur. di tengah2 aman2sdki. ditengah itu kota Palu. Mungkin ditengah2 kota masih di ampuni.

  • ------------------------------------------------------ Menerima undangan panggilan untuk acara Hajatan, Nikahan, Khitanan, Hari Besar Islam, dan acara hiburan lainnya, yaitu dengan : *SHOLAWAT, Gambus, Nasyid, Qosidah, dan Pop Religi.* . Nomor handphone: 0857 11111 795 Instagram: @zaheera_voice Facebook: ZAHEERA Voice. . Manager: Muhammad Faried Markas: Ciputat, Tangerang Selatan

  • orang baju merah itu harusnya ngomong sebelum kejadian dan kasih masukan ke pemerintah setempat bahwa area dimaksud rawan terjadi likuifaksi, saya juga bisa kalo ngomong setelah kejadian

  • Karena semua itu Kuasa Allah SWT

  • gempa di mn2 ada ,tp ini yg pling dahsat rumah smpe rata dgn tanah di telan bumi Masya Allah, ini lah yg di nmkn tuhan yg maha pencipta alam bnr2 marah dgn penciptanya yg tdk beryukur, di kasih hdp,di ksh ckp ,di ksh kaya, shry ingat kpd allah...medekatkn diri kepada alloh...jgn mendekatkn diri ke pd iblis di darat maupun di laut...brsyukuralh kpd alloh, alloh pling benci di sisihkn oleh umatnya,karena dia merasa lbh syk sm iblis di bandinh dgn sang pencipata, di ksh peringatan ringan se kalai dua kali bencana ttp msh pd melawan, nah ini lah akibatnya.semua kena dampaknya...karena dari olah manusianya sendri gk mau tau,...bahwa allah itu di kira kuasa di bawa adik iblis demit,setan.laut mau pun darat, innalillahiwainnailaihirojiun...cerita kya gini aja merasa merinding bgt, ingt marahnya sang pencipta kepada sang penciptanya kya gini, Masya Allah sgt2 mengerikn ,,mangkanya mulai skrg yg msh tersisa ayo mari kita ingat sipa yg menciptakan kita, supya gk terulang lagi bencana yg trjadi sprti.ini.wahai saudaraqu..saya lht videonya gk bs saya bayangkn gk trrasa menetes air mata, walau ini bukan saya yg.ngalami persaan pedih bgt melihat orang2 yg mencari belahan jiwanya, smpe 3 orang,4 orang, tggl dia sendiri yg selamt ,ya alloh menagis bnr menangis ,kpn bs mengilangkn rasa pedihy hati seorang yg di tingglknnya oleh belahan hatinya, ya alloh...kya apa perasaan di wktu tdr,apa yg dia bayangkn...ya alloh berikanlah ketabahan dn kesabarn umatmu yg engkau sisakn dgn keadaan terpisah maut oleh si belahan hatinya, dn smga yang yg meningglknnya kau tempatkn.di sisimu ya alloh..terimalah dgn baik,tmptkn di surgamu amin ,ya alloh amin...😂😂😂

  • Orang sudah kena musibah....dibilang zolim...di Aceh juga sama...anak kecil tidak berdosa berati zolim juga....supaya kalian paham ya semua itu kehendak Ilahi... Manusia Gaara yang tau...kita doa kan saja mereka

  • TEORI APAPUN SILAHKN UNGKPKN,MAMPUKH ANDA SEBAGAI AKADEMISI DI BIDANG ITU MENGHADANG KHNDAK ALLOH?

  • Mashaa Allah penjelasan bapak tersebut bisa di mengerti dan masuk akal

  • Ini penjelasan yg baik dan benar di bandingkan penjelasan ulama stress sombong dan angkuh!

  • kok baru sekarang anda ngomung bang..kok sampai terjadi begitu anda ngomunya...ilmuan lu bang...lambat sudah banyak yg mati ...udah istigfar aja..semoga selamat sisanya.

  • Irigasi koropsi

  • Dosa adalah sebab datangnya bencana,,, kemaksiatan apa yg telah kita lakukan dan kemaksiatan apa yg kita biarkan terjadi...?? perbanyak istigfar dan dzikir mengingat ALLAH...

  • Good,bagus,supaya dapat gempa yang seterusnya

  • orang petobo yg melaporkan cak Nur..

  • Cocoklogi. Cocoklogi everywhere

  • Usutttt....masa salurab irigasi bawah dn samping nya kgk di cor ????? Proyek Infrastruktur cuman bwt pencitraan ..aslinya bwt di korupsi

  • Air yang merayap??? Bisa sedahsyat itu??? Yang bener boss???

  • menurut guru saya. kampung itu ditelan krna seluruh kampung itu tempat maksiat. wallahualam... memang ada beberapa bisa dijelaskan dengan ilmiah, untuk belajarnya umat kedepan. dan pertama jgn prnah lupa atas semua kuasa gusti allah... untuk semua korban, AL-FATIHAH...

  • gue lebih suka penjelasa ilmiah kek gini daripada, dikit2 bilang adzab, typical manusia males berpikir

  • Kiro2 kejadian tanah yang dalamnya kropos sama ngk ya dengan yg disidoarjo lapindo

  • Wahai tetangga sebelah tidak ada manusia yg suci di dunia ini karna manusia masih memiliki pikiran dan 5 indra.. jangn pernah kaitkan bencana alam dengn agama yg di anut kalo memang dahulu kala di jaman dinisaurus tidak ada agama juga tidak ada manusia berdosa .. toh juga kena bencana alam .. jadi berpikirlah yg logis alam itu brkerja sesuai dengn sifatny ..dan alam bisa menyembuhkan diriny se diri....

  • Haahahahaha ilmiah

  • Saya setuju dengan pendapat ILMIAH bpk ini. Karena pengetahuan pun berasal dari Allah. Tuntut pemerintah Palu, yg sdh membangun irigasi / perencanaan yg salah.

  • Kalau dibilangin karena banyaknya kesyirikan byk yg gak percaya kan?

  • alloh dh murka trhadap ulah mnusia...kta perlu intropeksi

  • Dijawa n jepang tetap aja runtuh Karna gempa..Artinya tehnologi ga menjamin bisa melawan ketetapan n takdirnya..

  • orang serakah ya gini... maunya untung aja pihak penjual lahan tanpa mikir panjang klo ada bencana dll

  • Mmang bgitu la sikap mnusia mau lbh pintar dari tuhan .sdng kn setiap bncana itu klu tuhan tdk mngizin kn .sema sekali tdk terjdi klu tuham sda yg murka di sbb kn ulah mnusia apa pun blh jdi tanah yg keras tiba2 mnjdi lmbut dn menalan stu desa .lapas tu keras balik seperti sediah kala .