Alasan Presiden Ngotot Datang Meski Dilarang ke Nduga, Papua, Daerah Berbahaya

Dipublikasikan tanggal 20 Mar 2018
Fanpage Facebook 'Salam Satu' πŸ‘‡
facebook.com/Salam-Satu-172280593540746/
Nduga adalah salah satu kabupaten di pesisir Provinsi Papua yang menghubungkan ke 11 kabupaten lainnya yang berada di pegunungan tengah Papua. Karena posisinya ini, Kabupaten Nduga sangat strategis untuk membuka keterisolasian kabupaten-kabupaten lainnya di Papua.
Meski demikian, kabupaten ini berstatus "merah" karena sering muncul gangguan keamanan dari kelompok bersenjata di Papua.
Tak heran jika sesaat setelah Presiden Joko Widodo tiba di kota Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, menjelang akhir tahun lalu, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun menanyakan siapa sosok berpakaian seperti warga biasa, dan bukan dinas, yang ikut mendampingi Presiden bersama Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Nduga Yarius Wijangge serta sejumlah menteri lainnya.
Kecurigaan Paspampres baru pupus setelah diketahui orang tersebut ternyata Malik, Manajer Pelaksana Proyek Jalan Darat Nduga-Wamena, yang bekerja pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Malik memimpin pengerjaan proyek jalan sepanjang 278 kilometer yang melintasi perbukitan dan hutan belukar. Pembangunannya juga melibatkan personel TNI yang juga ikut sekaligus membantu pengamanannya.
Malik mengaku memilih berpakaian biasa daripada harus berpakaian dinas sebagaimana layaknya pejabat di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat karena status Nduga yang masih berstatus wilayah rawan akibat masih terjadinya gangguan keamanan.
Maklum, Malik pernah disandera kelompok bersenjata dan harus dibebaskan setelah ditukar dengan uang tebusan senilai Rp 1 miliar.
"Saya berpakaian begini demi keamanan. Jika tidak menyamar, mereka bisa menculik saya lagi. Di sini masih belum aman, terutama bagi pelaksana proyek," tutur Malik.
Bagi Malik, bekerja di daerah rawan memang penuh risiko. Apalagi akses transportasi masih terbatas. Demikian pula sarana pendukung lain yang masih minim, seperti listrik dan alat komunikasi.
Padahal, kawasan Nduga masih berupa hutan, permukimannya pun masih jarang. Jarak tempuh ke pusat keramaian juga sangat jauh.
Namun, Malik justru harus hadir untuk memimpin percepatan pengerjaan jalan penghubung antara Nduga ke Wamena dan kawasan pegunungan tengah Papua.
Akibat statusnya yang "merah", wajar jika dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Nduga dijaga ketat polisi dan TNI. Didampingi Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo beserta dua anaknya, Kahiyang dan Kaesang, Presiden Jokowi mendarat dengan helikopter yang terbang dari Timika.
Selengkapnya πŸ‘‡
nasional.kompas.com/read/2016/01/04/18311151/Nduga.Kabupaten.yang.Tak.Semerah.Status.Kerawanannya.

Komentar

  • Apakah ekonomi Indonesia hancur di tangan Jokowi? BacaπŸ‘‡ m.facebook.com/story.php?story_fbid=347386392696831&id=172280593540746

    • 2019, orang baik dibuli, orang jahat dipuji. Wong indo 😒

    • +ARIF LESMANA periode sebelumnya...yg nanggung bapak kita ini

    • Kontol

    • Tidak

  • Ada orang tepuk tangan aja bapak diam sejenak, menghargai.

  • Salam 2 periode buat bapakku

  • Salam 100 periode pak...lnjutkan biar maju negri ini pak

  • Kampret mana ni suara nya??? Udh matii yaa??? Ohya junjungan nya kan halu jadi apra kampret bingung mau berkomentar soalnya junjungan nya gada prestasi

  • yg kaya gini harusnya yg disiarin di tv

  • Kita di Papua bilang Pak Jokowi ini Tong pu Bapa..

  • Pak jokowi... indonesia butuh org sperti bapak, smangat pak jokowi

  • Denget itu yg suka menghina meremehkan mencaci... Kerja nyata Pak jokowi ..YG super sabar ini... Smoga Allah menjaganya..Aamiin

  • Kampet harus liat ini.. biar otaknya encer....

  • Supermen negaraku. Pak de jokowi sampai netes air mataku lihat ketulusanmu pak. Andai saja bpk bisa memimpin seumur hidup bapak...

  • Terimakasih banyak bpk president q, smoga panjang umur amin....

  • Its why im love my presiden with ally hearts

  • Salam 1 jari..saya dari kab subang jabar...pak de Qu memang hebatπŸ–’sehat terus pak de jokowi bangsa ini sangat membutuhkan sosok bpk presiden seprti anda

  • Dengerin indonesia presiden Pidato jgn dizolimin truz, sdih bngerin pidato pk jokowi😰😰

  • Bagaimana bisa,presiden yang tulus dan ikhlas membangun bangsa dan tanah airnya seperti ini,masih ada beberapa rakyatnya yang mencacinya,memfitnahnya..mari kita gunakan hati yang bersih untuk melihat sesuatu..

  • ini baru pemimpin yang bijak & bisa melihat sendiri kondisi masyarakat yang S7 jokowi naik lagi LIKEπŸ‘‡

  • Jokowi is the best president around the world.greeting From Germany

  • Jokowi mantul

  • Titisan tuhan untuk membantu rakyat papua. jasa mu dalam 10thn akan di ingat selamanya.πŸ™

  • Seumur-umur yah ga pernah pengen ketemu ma pejabat...pi baru kali ini pengen bangettt ketemu ma pak jokowi ma bu iriana.hehehe...

  • Teruskan pak jokowi kami mendukungmu.. salam dari Bandung

  • Presiden pilihan rakyat

  • inilah alasan kenapa BBM & listrik naik karena ingin menyetarakan dg harga masyarakat di Papua

  • Tapi kenapa orang indo masih kurang bersyukur punya preseden seperti pak jokowi

  • Gue pendukung 02 dan masih prefer pak prabowo, tapi gue respect sama karakter ni orang. Kagum gue...luar biasa tapi maaf saya memilih prabowo atas alasan tertentu dan prefrensi pribadi.

  • balek ke solo kau cungkring

  • Love You So Much My President..Allah meridhoi mu memimpin kami..

  • Lapangan pekerjaan sulit,bbm naik,bahan makanan semuanya naik itu cuma istilah bagi orang yang malas dan bagi orang yang tidak bersyukur kalau bagi orang yang tidak malas tinggal gerak sedikit dan melihat apa yang di butuhkan sekitar langsunh bisa mendapatkan ide usaha ataupun pekerjaan apalagi infrastruktur sudah menjadi perhatian pertama pemerintah ya tambah kataraya semua penduduk itu .tapi bagi yang malas dan tidak mau syukur walaupun mereka jual seluruh pulau senusantara buat keluarga dan keturunannya sebagai modal kampanye atau untuk kesenangannya juga ya tetap saja kurang

  • Pak Jokowi memang the best

  • Ciee bu jokowi aaa bapak soswit 😭

  • Gua jadi malu sendiri, berarti kita telah lama ditipu pemimpin sndiri . slama ni pemimpin kita sebelumnya udh berbuat apa utk sodara2 kita di Papua.. Wajarlah mreka mudah digoreng oleh pihak asing krna merasa tdk diperhatikan.

  • Maunya pakde seandainya bisa ..jdi presiden seumur hidup 😘😘 Saya selalu mendukungmu pak #jokowi , semoga sehat selalu..

  • Mantap

  • Iy pak.. Bangun papua. Kasian

  • LUAR BIASA PRESIDEN JOKOWI, HANYA SETAN & IBLIS YG TIDAK SENANG DENGAN KINERJANYA, KALO MANUSIA & RAKYAT INDONESIA SANGAT MENDUKUNG PRESIDEN JOKOWIπŸ‘

  • orang yang benci beliau , gak tau lagi apa yang ada di fikiran mereka . semoga sllu sehat pak jokowi

  • Join The Club | WhatsApp Group Butuh pencerahan? Ingin konsultasi Psikologi? Perusahaan Anda butuh bantuan? Silakan join klub Share Share adalah media untuk berbagi artikel, berita, buku, foto, hiburan, inspirasi, link, musik, pengetahuan, tips, video dan masih banyak lagi. Anda juga dapat terhubung dengan kami untuk berbagi cerita, masalah dan lain-lain secara pribadi. Persyaratan masuk: β–  Usia minimal 20 tahun Gratis, rahasia terjamin! WhatsApp: +6285745408853 Puput Instagram: @shareofficial.id *Syarat dan ketentuan Sharing Bersama: ● Ahmat Setiabudi S.Psi M.Si Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ● Muhammad Bismar S.Psi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ● Kloshi Anindya Rani S.Psi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ● Brilianti Putri Nugraheni Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ● Iin Amir Ashari Jurusan Psikologi IAIN Kediri ● Kelvin Kurnia Sandi Fakultas Psikologi Universitas Tama Jagakarsa ● Lia Kurnia Loka Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ● Siti Badriyah Fakultas Psikologi Universitas Negeri Semarang ● Miftah Fadli Fakultas Psikologi Universitas Tama Jagakarsa Contact Us: +6285745408853 Puput Follow Us: @shareofficial.id

  • HANYA MANUSIA YANG JUJUR HATINURANI BERKATA JUJUR LAHIR BATIN. SELAMAT DATANG SAHABAT RAKYAT PAPUA. SEKIAN LAMA HANYA KITA LIHAT DI SKALA ATLAS BOLA DUNIA, KINI ENGKAU ADALAH SUNGGUH RAKYAT INDONESIA. KITA BERKAH HADIR PEMIMPIN SEKARANG UNTUK INDONESIA, RAKYAT TERMULIAKAN DIMATA DUNIA KALI INI. HANYA KENAPA TEPAT MASA JABATAN PRESIDEN SUDAH DI BATASI OLEH UUD 1945 ???? KALO PRESIDEN JOKOWIDODO BISA PIMPIN INDONESIA SEPERTI ORDE BARU 32 TAHUN, SUDAH BISA INDONESIA MENYAMAI AMERIKA SERIKAT BETUL BETUL, MARI RAKYAT BANGKITLAH SEKARANG MEMBANGUN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. KITA BERIKAN YANG TERBAIK UNTUK BERKARYA BUKAN KITA MINTA TERUS KE NEGARA. SETUJUUUU ....???

  • love u My President Jokowi

  • Merinding parah saya pak

  • JOKOWI MERAKYATTTT... POKONYE JAGA TERUS INDONESIA PAK.. 😊😘😘

  • Ya Allah ya Tuhan kami berilah umur yang berkah kepada bapak Presiden Joko Widodo ampunilah Apabila ada kesalahan tunjukkanlah berilah Hidayah kepada bapak presiden Joko Widodo Insya Allah beliau orang baik Ya Allah Ya Robbi berilah kesehatan kepada bapak Presiden Joko Widodo berkahilah umurnya ya Allah amin amin ya robbal alamin

  • saya suka gaya bapak πŸ€—

  • Ini yg katanya dibilang Planga Plongo? Dibilang gk tegas?πŸ˜‚

  • Hahahahah

  • Kereta

  • Semoga saya gak salah nyoblos pakde aminnn

  • Ini ga ada yang muji bahasa inggris mamas pertama yang nanya? Bagus banget bahasa inggrisnya pronunciationnya perfect banget dah gilak keren

  • Kalem tapi pasti pak, saya suka gaya bapak. Tidak terlalu banyak drama/sandiwara sudah banyak bukti nyata di depan mata kami Indonesia tambah maju

  • Saya makin cinta dengan pak jokowi.. Orangnya iklas dalam bekerja, tidak gila kekuasaan, mungkin cuma jokowi yg brani ke papua

  • Sedihnya cerita pakjokowi

  • Orlando mana suaramu.. lando

  • Ini baru tegas. Mantap jiwa pemimpin yang tegas tapi sederhana, pemimpin yg rela turun tangan untuk rakyatnya tapi masih banyak mendapat celahan oleh rakyatx. Mantap pak

  • Sehat terus nggeh pak

  • Subback yaaa guys..

  • Inilah yg akan sllu di kenang dari bpak Jokowi. Sprti bung Karno Pak

  • Tuhan yesus berkati bapa ini trusπŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ™πŸ˜‡πŸ™πŸ˜‡πŸ™πŸ˜‡πŸ™

  • Prabowo prabowo prabowo

  • sayang pak. setΓ¨lah kunjungan bapak... ada gejolak sampai banyak korban

  • Love u pak jokowi 😘

  • Mantab yg kek gini wajib di perjuangkan.. bkn yh suka marah2 gebukin meja

  • Pak jokowi masih is the best :)

  • Saya pernah denger papua mau jadi negara sendiri dan pisah sama indonesia? Apakah cuma saya aja yg denger?

  • Karena Jokowi tidak mau rakyatnya bermalas2an untuk berkerja .makanya harga pangan naik

  • Hanya orang2 yang lemah iman pilih no 02#jokowi πŸ€—

  • #TetapJokowi

  • #TetapJokowi

  • makin sayang sama pakde jokowi 😭😭

  • Cahaya cinta perlahan menyilaukan. Itulah mimpi pembangunan Papua. Mimpi itu kini menjadi nyata. Ayo kesana dengan seorang bapak, bapak yg tangkas dan juga pemberani. Berjuanglah pak Jokowi, dengan segala kemampuan yang ada. Bila kembali dari Papua, semoga Papua jadi lebih baik. Tugas yg berat, dilaksanakan, demi Indonesia yg lebih baik.... Salam dari jawa..

  • Ya Allah pa.... semoga semangat bapa terus seperti ini untuk indonesia ya pa. Sehat selalu pa.

  • Biar gak dibarat saja yg majuπŸ˜ƒ saatnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat

  • Masyarakat papua dibohongi pemerintahan sebelumnya singa rakyat papua ke depan lebih baik...

  • Jawaban bijaksana

  • Cuman bapak jokowi saja yang peduli dengan papua,, bagaikan malaikat papua. Salut dengan kepemimpinan nya bapak... Tidak membedakan 😊

  • Yg benci pak jokowi cuma yg merasa listrik mahal bbm mahal sembako mahal, tanpa melihat apa yg lainnya apa yg telah di lakukan pak jokowi,

  • Meskipun naik..tp alhamdulilah..masih mencukupi

  • mau lapor pak .jatim kecamatan tugu kbupaten trenggalek .yang didalam2 masih ada yang jalan tanah .Sy mohon dengan kerelaan bpk .sy minta digarap biar kendaraan mbil bs masuk pak .trimakasih .

  • Prabowo presiden RI yg sesungguhnya

  • πŸ’–πŸ’– you Bpa Jokowi God Bless

  • Pak Jokowi lanjutkan bapak

  • Sehat terus bapak jokowi sedih sekali saya melihat raut wajahnya yang terlihat sangat melelahkan mengurus bangsa ini. #jokowi2periode

  • Jokowi adalah orang pemberani gk takut Sama siapa pun kecuali Allah.

  • Kita Akan lihat siapa yg akan di ridhoi Allah swt, ya Allah ya rob, pilihkan untuk kami yg terbaik

  • Ko nga ada yg komen nech dari kubu sebelah...apa emank ini bener adanya presiden kita yang sbenernya....biasanya ada z yg komen dari sebelah..ko ini sepi yaaa

  • jozzz,,,semngat bpk kuhhπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘β€β€β€β€Love you,,,demi NKRI

  • Masih banyak daerah2 yang gak ada aspal buat klurkan hasil panenya susah itu yang perlu perbaiki jg..bukan jalan tol aja yang garap tpi umum jg pedesaan harus di perhatikan..di cek ke tkp masih banyak kepala daerah makan aspal..dan gk perdulikan jalan daerahnya..

  • Penyetaraan ini bkn hanya terjadi di Papua. Keluargaku di Manado jg turut menikmati bantuan bapak jokowi lepas musibah banjir 2014. Menikmati tol layang, menikmati bnyak bantuan untuk warga dg akta rmh budel. Masyaallah pak. Semoga Bapak tto sbg presiden kami πŸ€— with love indonesia

  • Pokok e Bapak jokowi is the Best

  • Bapak negara yang sangat baik menyangi rakyat nya semoga Indonesia semakin sejahtera dipimpin oleh bapak jokowi

  • Sbb kerjax bagus mereka" mau singkirkn beliao...

  • Slut pk jkwi sht sllu amin ya robb

  • Salut pak jokowi, sehat selalu nggih, semoga sll tabah dgn berita2 hoax, amiinnnn

  • berhentilah memberikan berita hoax bro , lihat bapak jokowi ini dia sangat memberikan hasil kerja dia , apa yang harus di salahkan memang itu kerja pa presiden mantap pa jokowi lanjut kannnn

  • Bukan dri tni tpi tekadnya kek tentara

  • Salut sy dgn kepemimpinan bpk tetapi di daerah sy kab Kep Aru di pedalaman2 tower2 suda di Bagun utk komunikasi tetapi kita menikmati bukan komunikasinya tetapi kita hanya menikmati towernya aj dr tahun ke tahun tetap TDK ad kemajuan dn perhatian yg serius dr pemerintah daerah maupun pusat,Indonesia di ktkn dr Sabang sampai Merauke berjejer pulau2 itulah Indonesia tanpa sebuah pulau itu bukanlah Indonesia...mohon utk bpk memperhatikan ini Maluku.

  • πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  • pak de...salam dari anak cucu dari jember jawa timur,smoga pak de jokowi,sehat selalu.amiiim ya rob.

  • Modiiiar kenek basa inggris πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  • Lanjutkan, INDONESIA maju