Alasan Presiden Ngotot Datang Meski Dilarang ke Nduga, Papua, Daerah Berbahaya

Dipublikasikan tanggal 20 Mar 2018
Fanpage Facebook 'Salam Satu' 👇
facebook.com/Salam-Satu-172280593540746/
Nduga adalah salah satu kabupaten di pesisir Provinsi Papua yang menghubungkan ke 11 kabupaten lainnya yang berada di pegunungan tengah Papua. Karena posisinya ini, Kabupaten Nduga sangat strategis untuk membuka keterisolasian kabupaten-kabupaten lainnya di Papua.
Meski demikian, kabupaten ini berstatus "merah" karena sering muncul gangguan keamanan dari kelompok bersenjata di Papua.
Tak heran jika sesaat setelah Presiden Joko Widodo tiba di kota Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, menjelang akhir tahun lalu, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun menanyakan siapa sosok berpakaian seperti warga biasa, dan bukan dinas, yang ikut mendampingi Presiden bersama Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Nduga Yarius Wijangge serta sejumlah menteri lainnya.
Kecurigaan Paspampres baru pupus setelah diketahui orang tersebut ternyata Malik, Manajer Pelaksana Proyek Jalan Darat Nduga-Wamena, yang bekerja pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Malik memimpin pengerjaan proyek jalan sepanjang 278 kilometer yang melintasi perbukitan dan hutan belukar. Pembangunannya juga melibatkan personel TNI yang juga ikut sekaligus membantu pengamanannya.
Malik mengaku memilih berpakaian biasa daripada harus berpakaian dinas sebagaimana layaknya pejabat di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat karena status Nduga yang masih berstatus wilayah rawan akibat masih terjadinya gangguan keamanan.
Maklum, Malik pernah disandera kelompok bersenjata dan harus dibebaskan setelah ditukar dengan uang tebusan senilai Rp 1 miliar.
"Saya berpakaian begini demi keamanan. Jika tidak menyamar, mereka bisa menculik saya lagi. Di sini masih belum aman, terutama bagi pelaksana proyek," tutur Malik.
Bagi Malik, bekerja di daerah rawan memang penuh risiko. Apalagi akses transportasi masih terbatas. Demikian pula sarana pendukung lain yang masih minim, seperti listrik dan alat komunikasi.
Padahal, kawasan Nduga masih berupa hutan, permukimannya pun masih jarang. Jarak tempuh ke pusat keramaian juga sangat jauh.
Namun, Malik justru harus hadir untuk memimpin percepatan pengerjaan jalan penghubung antara Nduga ke Wamena dan kawasan pegunungan tengah Papua.
Akibat statusnya yang "merah", wajar jika dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Nduga dijaga ketat polisi dan TNI. Didampingi Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo beserta dua anaknya, Kahiyang dan Kaesang, Presiden Jokowi mendarat dengan helikopter yang terbang dari Timika.
Selengkapnya 👇
nasional.kompas.com/read/2016/01/04/18311151/Nduga.Kabupaten.yang.Tak.Semerah.Status.Kerawanannya.

Komentar

  • Apakah ekonomi Indonesia hancur di tangan Jokowi? Baca👇 m.facebook.com/story.php?story_fbid=347386392696831&id=172280593540746

    • parah

    • presiden pembangunan asing rakyat indonesia masih di jajah

    • ancurrr

    • Goblog

    • Ilham MINERAL ,Anda pengecut,pecundang, mata loe buta,hati anda di penuhi kedengkian,sama otak anda,jd ga bisa melihat realita

  • pak jokowi sayang orang papua terima kasih pak presiden jokowi sehat slalu dan smoga terpilih lagi amin

  • Salam ✌

  • Good Jobs,2 periode dan seterusnya.love you full

  • gonang ganong otak tai bukan pk jokowi yg mati, tapi kmu sndiri yg modar alias IZDETH

  • Ya allah smga pak jokowi bs dikasih kesempatan 3/4 periode lgi smg indonesia semakin sejahtera dan nanti dksh pemimpin seperti pak jokowi,yg ptg bkn pak prabowo

  • Terharu mendengarnya...

  • Pa'de Jokowi omong opo tohh....????piye ngabalin kabarne....

  • Sehat sll pak jokowi

  • Inilah pemimpin yg berkeadilan bagi seluruh rakyat indonesia

  • Pra iso bahasa inggris presidene

  • Kita ribut terus karna masalah pilpres,padahal kita hanya alat yg dimanfaatkan . Jokowi tidak sempurna,Prabowo pun blm teruji kualitasnya. Untuk apa saling mencari keburukan masing2 pihak,sampai kiamat pun tidak akan ada habisnya. Hasil pilpres bukan membuktikan siapa yg lebih baik tapi lebih kepada siapa yg diberi mandat lebih banyak oleh rakyat. Jadi mau tidak mau harus dihargai. Senang tidak senang,suka tidak suka Jokowi skrg adalah presiden Indonesia yg sah,yg harus dihargai juga. Sebenarnya kalau presiden punya salah rakyat gk perlu teriak2 adu otot,karena untuk apa kita memilih wakil rakyat kalau mereka tidak becus mengawasi kinerja presiden. Yg terjadi pada negara ini adalah satu rangkaian peristiwa,tidak bisa dibebankan pada pundak satu orang saja,itu mustahil dan tidak fair. Coba,andai kinerja pemerintahan baik,kinerja pengawasan DPR baik,kinerja penegak hukum baik,kinerja para ulama bisa menyejukkan bangsa,tak perlu ikut2an berpolitik .rakyat berpikiran dewasa saling menghargai perbedaan. Gk mungkin Indonesia bisa seperti ini,rakyat bertengkar seperti anak kecil berebut mainan.sedang para elitnya saling berebut kekuasaan dengan segala trik dan intrik, padahal rakyatlah yg dikorbankan. Ibarat gajah bertarung pelanduk mati ditengah.ironis sekali.

  • Sy suka kerja nyata jokowi.selain sukarno gk nyata.

  • Bikin infra struktur yg bnyk biar china gampang ngumpet dlm hutan seperti yg udh ya pak . Hebat bngt pencitraannya pd hal ada maksud2 tertentu

  • Bapak yang terbaiklah pokoky,fisiky emang kurang gagah tapi tenagay melebihi binaragawan !!,, sip Pak Jokowi ,anda luar biasa.

  • Bpk jokowi luar biasa.. Seorang presiden yg baik hati & jenius.. Benar" memperhatikan Rakyat.. 👍🏻👍🏻👍🏻💪💪💪💪🙏🏻🙏🏻🙏🏻😇😇😇

  • Hanya jaman pak Jokowi,,. Indonesia bag timur di perhatikan pembangunannya,,,😎😎😎

  • Terharu aku 70 thn merdeka masih ada jln di tingkat kabupaten tidak beraspal, kemana saja pemimpin bangsa kita selama ini, beruntung kita dpt persiden seperti bpk jokowi yg cepat tanggap pd infrastrutur yg memang perlu di intensipkan pembangunannya jd bukan omong doang bagai mana janji.mau mensejahterakan masyarakat kalau jalan aja kagak ada, bagaimna barang dan jasa bisa masuk satu daerah kalau tidak.akses jln kesana jd orang paling goblok sedunya yg koar2 bahwa rakyat ngak perlu infrastruktur, ngak perlu jalan, ngak perlu jalan tol, ngak perlu MRT memang kalo cuma rakyat monyet yg ngak perlu infrastruktur seperti rakyatnya anggota dewan yg terhormat yg bilang bahwa rakyat ngak perlu infrastruktur, heran masih ada anggota dewan di negri ini yg gobloknya sama dengan monyet... beu!!

  • jokowi adalah Ayah bangsa indonesia.

  • 2 priode

  • Banyakin orang" kaya pak Jokowi buat Indonesia lebih baik

  • Sy dr awl kuliah 2011 mulai mengidoakan beliaunsmpe skrang. Shat shat bpk. Jokowi dan sahrukhan adalah idola

  • bandel

  • pembangunan maju ekonomi yg hancur pastiii

  • cuma cerita doang koplak

    • Hasilnya ada bos, itu fakta liat saja pembangunan jlan trans papua yg dibngun jokowi ..nte gak kasihan apa sama saudara kita dipapua yg berpuluh puluh tahun tidak menikmati insfratuktur yg memadai terutama akses jalan.

  • koplak

  • Pk jokowi Best of the Best

  • Yg di bahas politik saat ini ^Tempe setipis ATM,.. Tapi mereka tidak melihat begitu bangganya kita memilki Pak jokowi sebagai presiden yg memerhatikan Rakyat nya dari sabang sampai merauke.. Salam 2 periode... Yg Merakyat....

  • JOKOWI THE BEST!!!!!!!!!!!! MAJU TERUS PAK 2-3-4-5 PERIODE KALO PERLU

  • Rakyat indonesia naik BBM 500 rupiah aja udah ngoceh ngoceh dan demo. Padahal sebenarnya itu juga tanpa secara langsung untuk membantu temen dan saudara kita yg tidak mampu dan tertinggal kemajuan daerah nya. Terbukti..dgn ada nya pakde jokowi,saudara 2 saya yg d timur skrg merasakan nikmat nya setelah lama d telantarkan. Semangat yaa pak Jokowi.. kami selalu mendukung. Ingat istirahat ya pak..bnyak2 makan biar gemuk dan sehat selalu.hehehe... Love u pakde.. #salam_dari suku Batak cinta tanah Indonesia.

    • semua pemerintah membangun bos,,era Jokowi membangun hutang meningkat

    • 1. Bendungan Bajulmati yang mulai dibangun tahun 2006 dan selesai pada tahun 2015. 2. Bendungan Nipah di pulau Madura, digagas pada 1973, dibangun 2004 dan selesai pada tahun 2016. 3. Bendungan Titab di Bali, dibangun pada 2011, rampung tahun 2015. 4. Bendungan Jatigede di Jawa Barat dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2015.

    • Andrian Saputra Pak SBY menaikan BBM...pendapatan naik.tpi ada gak yg d bangun???apa hasil pembangunan nya???kasih tau k gw apa yg udah d lakukan nya??? Pada mangkrak boss...Jokowi yg melanjutkan nya. 10 tahun semua mangkrak. Jokowi yg cuman 5 tahun kurang udah terasa d mana mana.

    • +Raynaldo Pasaribu oke meningkatk bisa di jawab nggak kenapa d jaman SBY di demo oleh. PDIP kan meningkatkan pendapatan negara

    • Andrian Saputra makanya kalau sekolah jgn sampe SD. Tololll... Kalau BBM naik..pendapatan negara kn ada goblok. Dgn adanya pendapatan negara meningkat.,pembangunan juga ada. Lo lulusan apa sih ..kok goblok d pelihara.

  • Ini bari 1 periode loh Seandainya diberikan 2 periode Mungkin Indonesia lebih maju

  • SELAMAT 90 TAHUN !!! SUMPAH PEMUDA !!! 28 OKTOBER 1928 - 28 OKTOBER 2018 !!! IKRAR SUMPAH PEMUDA INDONESIA UNTUK KEBERSAMAAN, PERSATUAN, KESATUAN DAN PEMERSATU INDONESIA !!! "TANAH-AIR SATU - INDONESIA" !!! "BANGSA SATU - INDONESIA" !!! "BAHASA SATU - INDONESIA" !!! Jumlah BAHASA DAERAH di Indonesia menurut Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Indonesia mencapai 652 BAHASA DAERAH. Maka untuk MEMPERSATUKAN seluruh bangsa INDONESIA itu KITA HARUS MENGGUNAKAN : BAHASA INDONESIA sebagai BAHASA KEBERSAMAAN, PERSATUAN, KESATUAN dan PEMERSATU !!! Maka, UCAPAN-nya, VOCAL-nya, PEMBICARAAN-nya HARUS menggunakan BAHASA INDONESIA ... Jangan DIGANTI dan DIRUBAH dengan BAHASA SONTOLOYO ... !!! Sedangkan, yang TERJEMAHAN-nya yang TERTULIS dapat menggunakan bahasa Asing atau bahasa Daerah. Dan BUKAN TERBALIK, dan JANGAN DIBALIK, serta JANGAN SENGAJA DIBALIK karena BAHASA INDONESIA adalah BAHASA PERSATUAN ! KAMI CINTA BAHASA INDONESIA !!! KAMI CINTA NKRI berdasarkan UUD 1945 dan PANCASILA !!! *) www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/07/badan-bahasa-petakan-652-bahasa-daerah-di-indonesia *) Bahasa Sontoloyo : Bahasa yang TIDAK SESUAI dengan KOMITMENT KEBANGSAAN INDONESIA.

  • mantab

  • 2019 ganti presiden prabowo mrdekaaa

  • Ya akibat kebijakan pemimpin sblm yg kurang memperhatikan

  • Pak JOKOWI harus tetap jdi presiden kita

  • yg ga tau bhasa ingris itu banyak dr pejabat ...

  • Presiden seumur hidup 🙏🙏🙏

  • Salam tuk semu apa jadih nya tanggan kiri kanan bapak

  • Salam tuk semu apa jadih nya tanggan kiri kanan bapak

  • Salam tuk semu apa jadih nya tanggan kiri kanan bapak

  • Salam tuk semu apa jadih nya tanggan kiri kanan bapak

  • Kami putra putri, kaks diks, mace pace papua buat jokowi... Terima kasih hati anda mulia seperti iman anda yang mulia tanpa membeda2kan suku dan agama..

  • orang yang benar benar perduli dengan indonesia.!

  • Mantap pak,,selesaikan tugas tugasmu

  • Bukalah mata kalian kaum kampret klo masih buta bukAlah mata hati kalian kunyah dulu sblm kau telan itu hoax

  • Kelihatannya bapak capek... Periode depan biar Prabowo yg jadi presiden

  • Pak jokowi okey

  • Trima kasih pak jokowi gbu

  • Kampret lah

  • Org sabar kekasih tuhan jokowo presiden kita

  • Harus bisa lihat Presiden 2 kemarin 2 cara kerjanya pak Jokowi, di mata rakyat indonesia khususnya di papua jiwa membangun, berani, iklas,.rendah hati, agar daerah 2 yg terisolasipun pak jokowi perhatian

  • Karena beliau selalu berfikir positif untuk hasil yang positif,,,kesungguhannya,kecerdasannya tak satupun ada yang sia sia...namun,,,namun inilah yang membuat "rival-nya" merasa geram dan ingin merebut kedudukan dengan berbagai macam cara... maju terus Pak Jokowi,jangan pernah goyah..lanjutkan ke periode selanjutnya bahkan sampai batas usia.....jasamu,kami tak akan lupa...

  • aku kasian sama bpk president bercampur bangga, kasian karena selalu dihina dan difitnah, dan bangga karena ahlak beliau semoga bpk selalu dalam lindungan allah

  • Jokowi jooooossssss

  • ingat gaes... ga semua kepala negara bisa bahasa inggris gaes... camkan itu gaes...

  • Bicaranya kerwnan orang papua ketimbang jokowi

  • salam dua priode

  • Ogah percaya dah...takut dosa

  • SMOGA PAPUA MASIH TETAP JADI BAGIAN DARI NKRI, PAPUA MERDEKA? NO PAPUA MERDEKA BERSAMA INDONESIA YES

  • Fuck jokowi Cwuihhhh

    • benci boleh, tak suka boleh, tpi harus jaga tutur,pakailah kata2 yg lebih pantas untuk d ucapkan. hati2 terciduk oleh #polri

  • Salam 1 periode

  • makin jaya bapak jokowi. merdeka

  • Satu untuk semua semua untuk satu jayalah indonesiaku tercinta. ☝️

  • Yang dislike pasti dari kubu seberang, berani nya nyebar hoax sma kebencian doang. Belum jdi presiden aja udah bohong, gimana kalo jdi presiden ntar??? Haha jawab sendiri lah.. Pkok nya, #salam2periode Mangat pak jokowi

  • jokowi dua periode

  • Semoga seluruh negri indonesia makmur sentosa, amiiin.

  • Lancar pidato dan tanya jawab nya.. tumben tanpa Nganu Nganu..

  • LUAR BIASA BAPAK

  • jokowi 😍😍😍😍😍

  • masak di tingkat kabupaten nggk ada aspal. perlu di pertanyakan itu pak bupati nya pak presiden . kan semua tingkat kabupaten ada anggaran nya..#2019caripemimpin.

  • #2019 jgn melantik lg ya pak Jokowi... Sudah kacau ni negara di bawah pimpinan pak jokowi. Semangat ya pak. Mudah2an jadi tukang kayu lagi

  • Jokowi presiden ku

  • Dosa presiden2 terdahulu. Udah rampokin hasil alam, jatah mafia freeport. Tuhan mendengar doa rakyat papua

  • Semoga bukan janji2 palsu lagi

  • .kita patut bangga orang Papua udah banyak yg bisa berbahasa Inggris,.tapi apakah kita masih patut bangga juga klw punya pemimpin yg masih bingung dgn bahasa Inggris sebagai bahasanya internasional, terus pertanyaan orang Papua jwbannya apa...! Kok bahasa pertanyaan nggak sama dgn bahasa jawaban.bpk bingung ya..!ya udah 1 periode aja dech...

  • memang, lagu garuda pamcasila di kumandangkan di papua, semarak dan terharu benar,

  • hidup pak jokowi

  • Ini lah presiden terbaik sepanjang masa dari pada yang sebelumnya ruginya Indonesia bila masih teriak teriak 2019 ganti presiden bukanlah mata kalian dia yg terbaik sang nomer ☝️ Jokowi dan KH Maruf amin untuk Indonesia yg lebih baik salam ✌️ periode majulah Indonesia 🇮🇩🇮🇩🇮🇩 raya

    • klo sudah ada akses kesana terbukti kan suarapapua.com/2018/03/26/apbd-kabupaten-nduga-diduga-dimanipulasi-lp2tri-lapor-ke-pihak-berwajib/ akibat terbukanya akses ... dan berita nduga...

    • +Usril cero hei hei mata picek hati dengki... klo bocah ngomong ya begini nih... ya memang ada APBD... ya lw mikir aja itu para polisi abri aja gak mau kedaerah sono ..apalagi para penegak hukum yg lain, gak ada audit auditan... hadeuuh otak di dengkul ya gini.....

    • apakah anda orang indonesia apakah anda bisa mengartikan indonesia.. apakah anda nyimak vidio cuma mau liat saat momen nangisnya bapak presiden kita jokowidodo.. liatlah sudara apa yang di katakan pak jokowi. setingkat kabupaten tidak ada aspal nya dan jalan nya apakah anda lupa bahwa setiap kabupten itu ada anggaran nya atau dala. bahasa singkat nya APBD..apakah menurut anda itu berhasil #2019caripemimpin

  • Bravo.bpk jokowi...

  • Pak president, ditanya bocah papua pakai bhs inggeris, jawabnya kok bhs indonesia

  • Org banyak diam kbnyakan serius dalam bekerja beda sama yg banyak omong biasanya nol kerja

  • kata bijak presiden ri id-tv.org/tv/video-2WhlWNyWX1I.html

  • The best President... No. 1 JOKOWI-MA...

  • sangat terharu gk kuat nahan air mata...smoga thn 2019 ttp bapa jokowi yg akan menjadi presiden qt Aamiin ya robbal Alamiin

  • Hidup Prabowo.

  • Semoga pak jokowi selalu dalam lindungan Allah SWT dan terus diberi kepercayaan untuk memimpin bangsa ini.. amiinn

  • Klu kubu yang ono, pas diperingati jangan, daerah berbahaya. Pasti langsung ciut nyalinya

  • Saya gak mau tau, urusan keamanan itu urusanmu. MANTAP.....

  • Terimakasih Pak Jokowi, gara2 bapak temen2 saya para engineer banyak yg di transfer ke timur bahkan Papua 😂, jadi engineer memang ada kerjaan bukan di jawa

  • kl warga papua ga milih jkw jga ga bakal di urusin tuh daerah .. pencitraan bwt calon lg...pret lah

    • +Raden Fatah emang knp kalo 2 periode,toh terbukti kan kerja nyata.....gk kayak wowo yg deketin rakyat karna dah deket waktu pilpres,mikir dong tolOOOOOOl....bisa bedain gk! Mana yg pencitraan dan mana yg tulus,ngaca dong! Koar2 jokowi pencitraan troos,eeh gk nyadar klo wowo sendiri yg pencitraan

    • +Dimas Ronggolawe karna dia mau 2 priode mas preeeeettttt tolol luh

    • Pencitraan kok truuus,pencitraan kok 4 tahun...tolooll lu Pencitraan itu ya yg deketin rakyat cuma waktu pilpres kyk si wowo junjungan lu tuh para kampret tolol dan dungu plus gobloook

  • maju trus yah pak jangan sampai gnti presiden bpk sungguh berhati mulia..polos semua selalu terberkati dan sehat selalu trus dan selalu bersabar

  • God, I love this Presiden so much like my own father 😭 baca komen2 terbaru pendukung kubu Ngebet Berkuasa Nol Prestasi. Terlihat sangat jelas kenapa mereka sgt tidak menyukai pemimpin tulus seperti Pak Jokowi. Mereka tidak mempunyai rasa simpati dan empati sedikitpun di dlm hati mereka. Sok berkoar2 ingin Indonesia maju, tp sm sekali tdk memperhatikan isi pesan yg di sampaikan di video ini, bagaimana menderitanya rakyat Papua slma puluhan tahun Indonesia merdeka. Yg ada di otak mrk cmn ada rasa dengki hasil hasutan kubu oposisi. Apa Indonesia bener2 bisa maju dgn karakter orang2 seperti itu. Entah itu si calonnya, tim suksesnya atau para pendukungnya. Karakter mereka semua sama. Pendengki, penghujat & penyebar kebohongan murahan.

  • Di Halmahera maluku utara juga sekarang sudah banyak jalur darat yang biasanya pakai speedboat atau perahu. sekarang pun masih berjalan pembangunan, terima kasih Pak Jokowi karena sekarang perjalanan sudah lebih cepat dan mudah. Lanjutkan Pak Jokowi semoga Tuhan akan selalu bersamamu.

  • pndukung jkw trans aja k papua n nduga....

  • cocoknya jadi gbrnur papua or bupati nduga ok...

    • Haa...selain tolol ternyata para kampret pada egois bgt,goblook....lu kira kondisi indo timur kyk di jawa apa,goblook.....di sana itu sangat tertinggal,harga barangnya aja beda jauh sama di jawa...makanya kita harus memberikan perhatian khusus kpd indo timur,gobloook.....egois banget toloool,gk mikir dulu sebelum berucap

  • Dilanjut ya pak

  • Yakin lah pak besok tahun 2024 ketika bapak sudah nggak menjabat banyak rakyat yg akan menangisi mu bapak presiden 😘😇🙏😢

  • Mohon pak Jokowi lagi yg jdi presiden nya 🙏🙏

  • Yang dukung jokowi mana jempolnya