Awal Mula Wabah Corona

Dipublikasikan tanggal 20 Mar 2020
Pada awal bulan Desember 2019 sejumlah pasien dengan penyakit tak dikenal, berdatangan ke rumah sakit pusat Wuhan, Cina. Mendiang Dr. Li Wenliang sempat menyampaikan kabar buruk itu di media sosial. Penyakit yang menyebabkan radang paru-paru tersebut diduga diakibatkan oleh virus yang berasal dari pasar ikan Huanan, yang juga menjual binatang liar. Setelah memasuki tahun 2020 otoritas Cina umumkan sebuah virus Corona jenis baru. Korban meninggal berjatuhan hingga ribuan dan pasien di luar Cina juga dilaporkan semakin banyak. WHO telah menetapkan wabah Corona (COVID-19) sebagai pandemi global dan meminta semua komunitas dunia bekerja sama untuk mengakhiri masa-masa sulit ini.
#Covid19 #VirusCorona #WorldHealthOrganization #WHO #BersamaLawanCorona

Suka dengan video ini?
Ayo berlangganan: id-tv.org/username-DWIndonesia

Informasi lainnya dari DW Indonesia:
Instagram: instagram.com/dw.nesia/
Facebook: facebook.com/dw.indonesia
Twitter: twitter.com/dw_indonesia
Website: www.dw.com/id
Inovator: www.dw.com/id/rubrik/inovator/s-31496

Tertarik ingin berdiskusi tentang topik iptek di grup inovator?
Gabung di facebook.com/groups/569122020135718/

Komentar

  • Sahabat DW, menurut Anda kerja sama antar-negara apa yang perlu dilakukan guna menahan laju penularan wabah COVID-19 di dunia?

    • @samantha mahendra, tahukah anda virus corona pertama itu ditemukan di arab...? walau itu bukan covid 19 mungkin saja mutasi corona yg dr arab, jgnlah rasis krn org2 spt anda ini maka segala penyakit diturunkan Allah

    • .suntik mati

    • Tutup jalur wisata turis. Jangan masuk org asing ke Indonesia. Tpi krn takut ekonomi turun malah dimasuki banyak2 dari cina lagi udah terlambat ya sudah lah. Bego sihh

    • @Recky Arianto s7

    • Menemukan vaksinya.

  • Corona very good i like

  • Bismillah semoga covid 19 ini secepatnya berakhir ya amin

  • JAGA JARAK, CUCI TANGAN, PAKAI MASKER = LAGU TERAKHIR ALM. DIDI KEMPOT..

  • menarik iki rek id-tv.org/tv/video-hC4dbn0wAVo.html

  • Panggil Aja naruto dan uchiha madara biar bisa melenyapkan virus corona dengan Mata stokyomi saringganya

  • Karena gw kalian libur bilang apa ke gw?

  • Investigasi ke cina yg helas biar tau jawabannya.

  • China lagi china lagi😤

  • Ngeri

  • 한모금 마신다

  • 5 pandemi mematikan di dunia id-tv.org/tv/video-Tbjkb7tszrQ.html

  • Anjir😱

  • SuDaH jLas VirUs iNi BeraWaL Dri iNgRis

  • saya pengen tahu kawan

  • ILMUAN sinting dr c.na di duga TELAH membuat uji coba covid-19 pada kota wuhan... Yg pd akhirnya DIA tdk bisa mengendalikan penyebaranya (jauh di luar expectations otak ilmuan gila itu) ANTI VIRUS dan VIRUS covid-19 awalnya dibuat, tetapi setelah masuk ke tubuh manusia virus itu mungkin berevolusi DAN anti virus yg udh di buat TIDAK BERGUNA anti virus itu harus di modif lagi agar bisa menghentikan covid-19 pd DNA manusia #ini yg sedang di lakukan oleh segorombolan ilmuan sinting itu iLmuan G0BLOK yg udh modif corona bisa berevolusi jd covid-19

  • ·_»‹★†‡¥€Π×ק∆~|£¢€←↑↓→≈≠∞}\©®™]≥≤,

  • Mulai 2020 ini saya usul... Orang berasal dari negara china dilarang masuk indonesia. Kalau orang negara china masuk indonesia. Begini akibatnya

  • desember corona ada do cina alasan binatang liar seluruh dunia jg mengomsusi binatang liar sulawesi jg tp tdk petnah afa corona

  • Apa ini yang disebut senjata biologis 🤔

  • Kenapa COVD - 19harus di adakan

  • Pngen punya topi dw. Soalnya tmen ada yg makai. Gimna ya caranya.

    • Silahkan ikuti kuis bulanan Inovator yang diumumkan di facebook atau twitter DW Indonesia yaa

  • Wuhan apa kabar?

  • Alhamdulillah

  • Gara gara warga China, wabah Corona menyebar ke seluruh dunia, sialan emang

  • LOCKDOWN DAN PENGGENAPAN NUBUATAN id-tv.org/tv/video-3oKdrYk1Egk.html

  • INSHAA ALLAH SELAMAT...AMIN

  • id-tv.org/tv/video-tIKVCobX8jQ.html Jangan lupa mampir ya kawan.

  • Semoga NKRI cepat bebas dari wabah ini

  • ada teori, setidaknya setiap 1 abad sekali akan ada virus yg akan mengurangi populasi manusia. contohnya ini.

  • Kalian yang makan dunia yang merasakan akibatnya

  • kami yg susah di indonesia ini kelaparan sembako gak ada, pencarian di tutup, makan pakai apa, apa harus makan bangkai ?

  • parah orang luar bikin waba, gak mikir orang lain, makan yg layak apa gak bisa, jangan kaya binatang

  • Nembak yuk

  • Makasih Jerman. Saya sudah sembuh dari corona. Petugas medis sudah merawatku dengan baik. Wakt

  • oh dari sini toh korona berasal , gitu netijen sono gue tanyain katanya gatau corona dari mana , emg dy bodoh apa ga bisa liat ya ??

  • Buat teman-teman yang concern banget sama kondisi Indonesia dan Dunia saat ini yakni corona, teman-teman bisa cek video aku tentang hubungan corona virus dengan hewan terutama kucing / anjing. id-tv.org/tv/video-fzal-EXvBek.html

  • Negara najis,virus dr ngera trsbt trs flu brung iya.. Skrg corona.. Negra isinya org kurang higinis..

  • Roma <a href="#" class="seekto" data-time="781">13:1</a>-2 (TB) Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. Pandemi Corona bukanlah sesuatu yg mudah bagi orang Kristen mengambil sikap. Antara melakukan ibadah di gereja atau mengikuti aturan pemerintah spy ibadah di rumah masing2. Krn itu perlu hikmat yg berasal dari Tuhan. Saya tau keyakinan kita bahwa ibadah adalah pertemuan jemaat. Kerinduan kita pun seperti itu. Sama halnya jemaat Roma yg tdk gampang mengikuti pemerintah yg ada. Pemerintah Romawi saat itu yg dipimpin Kaisar Nero sangatlah kejam & menyiksa umat Tuhan. Tetapi dalam kondisi seperti itu, Paulus mengatakan : Takluk kepada pemerintah. Mari kita menjadi umat yg bukan hny berani tetapi juga bijaksana. Kita jg bisa belajar dr gereja di Korea merupakan salah satu sumber terbesar penyebaran Covid-19. Sikap orang Kristen menghadapi Pandemi Covid-19 id-tv.org/tv/video-PhMipTaxueI.html Salam Damai Sejahtera Renungan Harian

  • Keterlambatan pemerintah nkri untuk menutup akses masuk orang cino masuk ke indo akhirnya menyebar semua menerima akibat buruknya

  • Binatang liar kan udah jelas haram, kenapa dimakan???

  • Dari dulu mereka jualan itu ngga pernah ada tuh virus nyaa... Tapi ketika mereka mau perang sama amerika virus itu baru ada... Mungkin nih yaa.. Virus itu di sebarin sama manusia nyaa sendiri (atau bisa jadi vitus itu adalah senjata dari salah 1 negara biar negara yang di tuju kena virus tersebut... Eh malah nyebar ke 1 dunia) ini menurut opini gua

    • Benar menurut qu juga gitu belum kebangkar aja .itu virus .buatan pasti manusia

  • Pas dunia heboh kita malah diskon tiket wisata

  • Pray For The World,,😥😥🙏🏼 id-tv.org/tv/video-EiIgGRYWwOc.html

  • Asalnya aja dari china. Kok bisa salahkan indonesia katanya dari indonesia

  • Virus carona berasal dari laboraturium yang bocor, Cina hendak menguasai dunia dan untk melawan amerika dia membuat snjata ya itu virus Dalam pembuatan laboraturiam itu bocar

  • id-tv.org/tv/video-yr6LgW8YTBU.html

  • Setahuku corona virus itu hasil kerja laboratorium yg baru dikembangkan AS & Israel. Dan bulan november kmrn, kebetulan ada olimpiade militer di wuhan. Dmn ada tentara AS yg mati terinveksi virus corona, yg diklaim sbg pasien covid-19 nomor O dan data tentara AS itu dirahasiakan. Sumber dari mantan inteligen AS sendiri.

  • Iya SMG aja Dengan Waban Virus corona Covid19 Ini Akan Segera Hilang Sblm Bulan puasa Dengan Penuh Keberkahan nya Dan Yang Bulan Suci Aminnn Yah Alllah Agar Dengan Bulan Puasa thn 2020 Di pastikan Menghilang yang Secara Yang Pemanen. Ayoo Kita Bersatu Buat Untuk Basmi Kejahatan Jahatan Kalau Meskipun Lockdown. Aminnnnnnnnnnn Yah Alllllllllah🤲🙏 Dan kita Harussss Mengcupakan Dengan Nama Nama Alllah yang Maha Besar

  • Hanya satu. Kalu virus itu berasal dari hewan seperti kelelawar. Knp yg mengkonsumsi hewan extrim di indonesia tidak lebih dulu. Bahka. Pengonsumsi mengatakan udah lebih dari 500 tahun lalu.

  • #SEMUA_KARENA_CHINA

  • Bukannya pertama di as ya, tp blm di kasih nama covid atau corona cuma inflenza..???

  • Wkwkwkwk

  • kok dibuku ipa saya sdh ada penyakit corona virus ya padahal itu terbitan 2017?

    • Ada 5 jenis Corona yang dikenal para virologi saat ini. Makanya COVID-19 disebut virus Corona baru.

    • @#SonyXperia User oh ok bro

    • Virus corona itu sudah ada sejak lama bro, cuma dia menyebar lewat hewan liar saja, cma virus corona yang baru ini (covid-19) bisa menyebar dari hewan ke manusia, dan manusia ke manusia lainnya

  • gelar hiburan ditengah wabah covid 19 id-tv.org/tv/video-ibc9PLyJL6E.html

  • Bismila semoga kita semua bisa di lindungi amin dan semoga setala masu bulan puasa covid 19 sudah hilang aku ingin negara ku aman dan damai seperti dulu lagi yallah amin🙏🙏

  • Hi Dw indonesia, apakah saya boleh meminjam videonya, untuk saya respon menggunakan musik yg saya buat tetapi video dari Dw indonesia Thanks🙏

    • Mohon maaf. Video di DW sangat ketat aturan hak ciptanya, jika dicomot secara sembarangan maka konsekuensinya berhubungan dengan hukum. Kecuali Anda instansi media yang hendak melakukan kerja sama dengan DW. Salam

  • #Jangan mudik ke kampug awas odp dan pdp hati" karantina 14 hari

  • Siapa yang bawa wabah ini ke Indonesia dan ke negara lain???

  • Semoga cepat berlalu.. Mari kita bantu dengan doa dan beribadah sesuai kepercayaan masing-masing..

  • Semua manusia sama dihadapan Tuhan

  • Semoga sebelum bulan ramadhan kondisi di Indonesia bebas covid- 19 ya Allah aminnnnnn

  • Coba dipikir kok bisa ada virus yg sangat2 cepat menyebar dan mampu bertahan cukup lama. Kalau tidak ada campur tangan dari manusia dalam pengembangannya. Maksud saya negara lain gembor2 bikin bom nuklir sedangkan komunis diam2 bikin bom biologis(bom senyap dan berjalan tanpa disadari musuh).

  • Corona perang dunia ke 3

  • Everyone please at least check out: Dr. RASHID BUTTAR on youtube. Some very interesting facts with reliable data sources regarding the covid19.

  • Tonton juga video ini id-tv.org/tv/video-7pkJrHHUtIg.html

  • Tidak ada perdamaian tanpa penderitaan besar Semakin besar penderitaan, semakin besar perdamaian

  • 🔥🔥 definitely deserves this place in trending <a href="#" class="seekto" data-time="59">0:59</a> ❣ 👇 👇💯

  • CORONA dan skenario langit id-tv.org/tv/video-5DBORxFMUVU.html

  • knp cina gk mati semua aja ya

  • Negara taik itu🖕

  • Semoga firus corana di indonesia bsa teratasin agar indonesia bsa aman dri firus corona..AMIN

  • Virus corona berasal dari pasar ikan.... besar kemungkinan virus ini menyerang tubuh yang berbau amis . Sementara seluruh dunia konsumsi ikan.

    • akhirnya kena juga hampir seluruh dunia😆😆😆

  • Skip to content Pertanyaan? COVID-19 Hotline 119 Covid19.go.id Logo Search for: Search... Beranda Langkah Penting Info Penting Materi Edukasi Tanya Jawab Hoaks Buster Ketahui Apa yang Perlu Dilakukan Bila Sakit Beranda » Ada banyak tipe virus corona yang dapat menginfeksi manusia, termasuk yang menyebabkan sakit pada saluran pernapasan. Virus corona (COVID-19) adalah penyakit baru, yang disebabkan virus corona yang baru yang sebelumnya tidak pernah ditemukan pada manusia. Gejala utama adalah demam, rasa lelah dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare, Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Namun bila mengalaminya, tidak berarti Anda terkena virus corona karena gejala-gejala itu mirip dengan flu biasa. Sebagian besar orang yang terinfeksi virus corona akhirnya sembuh. Kelompok lansia (lanjut usia) dan mereka yang memiliki masalah kesehatan memiliki risiko yang lebih besar. Segera kontak sarana kesehatan untuk konsultasikan lebih lanjut. Kelompok lansia (lanjut usia) dan orang dengan masalah kesehatan menahun (kronis) seperti penyakit jantung, diabetes dan penyakit paru berisiko mengalami sakit yang serius. Jika Anda merasa tidak sehat, demam, lelah dan batuk kering, istirahatlah yang cukup di rumah dan cukup minum. Bila keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Jaga jarak setidaknya 1 meter dari anggota rumah tangga lainnya Pada saat berobat ke fasilitas layanan kesehatan gunakan masker. Apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk/bersin yang benar dengan menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup. Di fasilitas layanan kesehatan Tenaga kesehatan (nakes) di fasyankes akan melakukan screening suspect. Jika memenuhi kriteria suspek virus corona (COVID-19), Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit (RS) rujukan yang siap menanganani COVID-19. Jika tidak memenuhi kriteria suspek, Anda akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter. Jika Anda Sehat, namun jika dalam 14 hari terakhir Anda melakukan perjalanan ke negara terjangkit COVID-19 atau merasa pernah kontak dengan penderita: Segera Hubungi Hotline Center Corona 119 ext 9. Klik di sini untuk lihat daftar rumah sakit rujukan. Masker: mitos dan fakta Saat KLB (Kejadian Luar Biasa) semua orang ingin melakukan sesuatu yang membuat diri dan keluarganya aman dan terlindungi. Menggunakan masker terkesan logis dan naluriah untuk melindungi diri namun para ahli menemukan bahwa kebanyakan orang tidak memahami cara menggunakan masker yang benar dan secara tidak sengaja dapat mencemari dirinya karena menyentuh bagian luar masker saat melepas dan menyentuh wajah setelahnya atau tidak membuang masker secara benar. WHO menyarankan penggunaan masker yang rasional untuk menghindari kesia-siaan sumber daya yang berharga dan penggunaan masker yang keliru. Gunakan masker bila batuk atau bersin-bersin Masker hanya efektif bila dikombinasikan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan (min alkohol 60%) Bila menggunakan masker, maka gunakan secara benar dan membuangnya secara benar pula. Memakai masker yang tepat Masker digunakan oleh orang yang batuk atau bersin atau sedang merawat suspek COVID-19. WHO memberikan panduan sbb. Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%) Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker Hindari menyentuh masker saat digunakan. Bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%) Ganti masker yag basah dengan masker baru dan jangan gunakan kembali masker yang sudah dipakai Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh ba

  • The world war III just started!

  • Semoga cepat hilang ini virus .

  • 🔥🔥 🥇🥇🥇trending🥇🥇🥇 <a href="#" class="seekto" data-time="53">0:53</a> 🔥🔥 👇 👇 👇 👇

  • Virus ini di buat oleh orang. 2021

  • Ada berita baiknya juga lho.. id-tv.org/tv/video-ZIC-ACEJmdI.html

  • Padahal, kalau pemerintah mau mencontoh cara Taiwan ... kemungkinan besar, dalam waktu 14 hari saja laju Pandemi Virus Corona sudah mulai bisa dibendung. Pertanyaannya ... sanggup nggak Pemerintah Indonesia menerapkan aturan WAJIB PAKAI MASKER secara tegas & keras ala Taiwan?!🙏