BLAK-BLAKAN!! Prof. Mahfud MD Beberkan Gagal Cawapres di Detik-Detik Terakhir || ILC 14 Agustus 2018

Dipublikasikan tanggal 14 Agu 2018
Indonesia Lawyers Club (ILC) 14 Agustus 2018 mengangkat tema "Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP" #ILCAntaraMaharDanPHP #JokowiMaruf #PrabowoSandi
Calon Presiden Joko Widodo akhrinya memilih Prof KH Ma'ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2019. Padahal, sebelumnya nama Mahfud MD yang digadang-gadang bakal mendampingi Jokowi. Bahkan Mahfud sudah siap dengan kemeja putihnya untuk menyaksikan langsung pengumuman cawapres Jokowi.
Namun keputusan berkata lain. Jokowi lebih memilih Ma'ruf Amin ketimbang Mahfud MD. Keputusan ini keluar setelah digelar rapat dengan sembilan ketua umum dan sekjen partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.
Nama Mahfud MD adalah yang paling kencang disebut sebagai pendamping Jokowi. Dia bahkan sempat menceritakan detik-detik dirinya dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.
Mahfud mengakui sudah dipanggil pihak istana untuk mengukur baju yang akan dipakai dalam pendaftaran ke KPU. Dia memastikan kalau deklarasi akan langsung dilakukan setelah diumumkan. Mahfud bahkan menyerahkan curriculum vitae (CV).
Peristiwa lain adalah munculnya tudingan dari Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut Sandiaga Uno memberikan mahar politik agar dipilih jadi pendamping Prabowo Subiato, calon presiden yang mendapat dukungan dari Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat.
Andi Arief menyebut Sandi memberi mahar Rp500 miliar untuk PKS dan PAN. Pemberian uang inilah yang menjadi penyebab tidak dipilihnya kader Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai pendamping Jokowi.
Merespons situasi politik yang terjadi saat ini, tvOne melalui program Indonesia Lawyers Club menghadirkan diskusi dengan tema 'Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP' yang tayang Selasa malam, 14 Agustus 2018. Program ini dipandu langsung oleh Karni Ilyas.
Link Full Video: id-tv.org/tv/video-l2_1ijp8BmE.html

Komentar

  • Sesuai janji sy, sy sdh menyampaikan fakta yang saya alami, bukan opini. Kalau opini terserah masing2 saja, saya tak bisa mengendalikan.

    • Sehat selalu pak Mahfud.... aamiiin ya rabbal alamin

    • Mahfud MD sempat kecewa pak Mahfud mau ikut nanti prisident ..

    • sehat terus pak mahfud....

    • Mahfud MD orang baik ๐Ÿ˜Ž mending jadi ketua MK lagi ngurusi sengketa Pilkada pak. Adil Adil Adil.

    • Mahfud MD Mksh Pak Pencerahannya ๐Ÿ˜Š

  • Razim ini jadi pencipta kebohongan,jgnkan rakyat, lihat ini apa yg terjadi..? Semoga tumbang rezim ini.

  • Akil sirot kiyai....su.. Sok NU... Tai di jilat, ringkasnya penjilat..

  • Salut saya ama pak Mahfud MD.. masyaalloh bgt org.a..

  • #2019 Ganti presiden

  • TETAPLAH MENJAGA IDIOLOGI PANCASILA, UUD 1945, DAN BHINEKA TUNGGAL IKA. SALAM ANAK BANGSA, PUTRI ASLI PAPUA DARI UFUK TIMUR, MERAUKE, PAPUA, INDONESIA. AKTIVIS KEADILAN DAN KEBENARAN.

  • JOKOWI TETAP YANG TERBAIK UNTUK INDONESIA. 2019 JOKOWI TETAP PRESIDEN.

  • Idiologi Politik Bangsa saat ini sedang berada pada titik kronis. Maka harus ada Reformasi idiologi politik. salam dari Merauke, Papua, Indonesia. Fransiska Gondro Mahuze,S.IP ANAK KAMPOANG. AKTIVIS KEBENARAN DAN KEADILAN.

  • 2x dikadalin

  • suka sm argumen roki gerung

  • Warga NU bngga prof punya orng sprti smpean... Gusdur dan smpean adLah tokoh dan panutan saya sbg wrga NU...

  • Hmmm..... Matriksnya sudah tersusun ya Pak Proff.

  • Menarik sekali Pak Prof.

  • Actually, Prof.Mahmud MD was'nt failure be a vice president but he promote some that approviate coupling with Pak Jokowi.

  • prof. Mahfud MD memang tidak menunjukan wajah kecewa apalagi marah....!! yang jadi pertanyaan saya bagaimana dengan publik..????

  • Up.. Biar ngga tenggelem.. I love u pak mahfud

  • Ketauan jokowi maenkan politik pencitraan

  • Salut sama bapak, sehat selalu ya pak

  • Prof. Rocky terlihat terusik bgt

  • Saya c setuju banget Pak Mahfud ngk dijadiin CAWAPRES karena menurut saya pak Mahfud itu lebih baik dan cocok jadi CAWAPRES dan PRESIDEN pasti Indonesia jauh lebih maju dan lebih makmur makmur rakyatnya. Klo perlu ganti lah aturannya jangan diusung partai buat jadi capres dan cawapres tapi suara rakyat yang asli bukan diwakili partai.saya jamin 10.000% pasti pak Mahfud jadi Presiden seumur hidup diIndonesia

  • Proud of you Mr. Mahfud MD ๐Ÿ‘ takdir anda sebagai penengah konflik politik

  • Tuh ambil sifat sabar DAN JJUR dari prof Mahpud MD, pra pejabat harus ikuti sipat prof Mahpud MD yg sabar dan jjur

  • HARAM PILIH JOKOWI

  • Nu akan tidur kalo bukan dari kader NU yg jadi wakil.wkwkwk

  • Kalow boleh prof bersama dengan pak prabowo...

  • Bangsa ini tidak kekurangan orang pintar tapi Bangsa ini kekurangan orang JUJUR Terima kasih profesor Mahmud

  • Pak mafud jujur dan konsisten, tetap pak jokowi 2 pireode

  • salut ama pak mafud,... tapi president kita emang ngak ad pendirian ny! sejarah yg kelam!

  • Si makrup jdi cawapres dpt nyerobot maksa dasar!!

  • Politik tidak sama dengan lomba lari yang bisa dimenangkan hanya dengan jerih payah di atas kaki sendiri.. bijaklah dalam berfikir,, Sisi gelap dalam politik itu banyak.. tetapi pilihlah yang mampu lebih menyinari Indonesia.. salam NKRI

  • masa iklan ga bisa di skip payah

  • Nganu nganu

  • INSYA ALLAH PAS MENANG AAMIIN....

  • Saya bangga dgn pk mahfud md

  • Pak Mahfud md telah di selamatkan oleh Allah swt,agar tidak bersatu dengan orang" dzolim,,,

  • Jokowi php #2019gantipresiden

  • Sehat terus pak mahfud gehh....

  • Sehat terus pak makan yang banyak pak karna berpura pura tidak kecewa itu butuh banyak tenaga pak๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ pak jokowi baik tapi sayang nya pilihan saya sudah mantap untuk pak prabowo #2019gantipresiden

  • Selalu respect sama pak Mahfud. Sehat selalu. Semoga selalu dilindungi Allah SWT.

  • Kejujuran lebih berkualitas dari pada jabatan yang gak ber Amanah mantap pak Mahfod MD

  • Idola saya Pak Mahfud MD, tetap berprinsip โ€œMencegah Penguasa Jahat berkuasa di Pemerintahanโ€ ya pak. Saya dukung #2024MahfudLangsungPresiden

  • presiden bermasalah, wkil sontoloyo

  • Dua Kata aja.... DZALIM MUNAFIK (REZIM)

  • Pada kaya macan ompong semua ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Allah menjagamu prof!!

  • Muantapppp...ternyata benar peatah dari ibu ku "presiden itu cuman kacung partai "

  • Hadeeeeh...Ternyata kakek itu dalang nya

  • Ada rasa sedikit ga trima melihat seorang Prof Mahfud MD di buat spt ini...edan bener edannnnnn..

  • Next President Prof Mahfud MD Next Wapres Rocky Gerung..baru joss

  • kebusukan2 tim sebelh terbonkar salam untuk pak mahfud md

  • harusnya yang jadi presiden ini bpk... sederhana pinter punya agama yg bagus poko.y paket lengkap ... mungkin cuma gara"

  • SEKARANG NU, MILIK.. UCON.. SAID.. YALQQUT.. YG LAIN, NEHI.. ๐Ÿ˜€SEHAT SLALU PAK MAHFUD.

  • YANG DI HARAPKAN MASYARAKAT ADALAH... SIAPAPUN PEMIMPIN.NYA... HARUSLAH ORANG YANG NASIONALIS... MEMENTINGKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT DI ATAS KEPENTINGAN PARTAI DAN KELOMPOK...

  • sesudah bapa prabowo jadi presiden nanti mudah2 han selanjut nya pa mahfut yanng akan jadi presiden

  • Pas 2 mantap

  • Allah masih sayang bapak.. Allah menjauhkan bapak dari org" munafik mkanya bapak tidak d pilih jadi cawapres. ๐Ÿ˜‡. Sehat trus pak mahfud

  • dr dl memang idola saya beliau

  • Dijual Property Tanah, Rumah, Apartemen, Kantor, Gedung, Ruko, Hotel di Jakarta 08176881555 , WEB: HouseJakarta.com , JakartaMansion.com , ApartmentsJakarta.com

  • semua buat negara. "kalau saya di posisi pak Jokowi pun, saya mungkin melakukan hal yang sama". sudah jelas pmbicaraan nya tertuju kemana.๐Ÿ˜€

  • Salut saya bangga indonesia Memiliki seorang prof MAHFUD MD. Yg slalu berbaik sangka terhadap pemeritah. Saya kagum sama pola pikir bapa. Smoga bapa slalu dalam Lindungan allah swt. Amiiiiiin yra

  • pembukaan 17:57 inti. 22:07 22:46 semoga bisa dipahami.

  • Inilah yg di namakn strategi politik

  • gokil 7 juta pnonton

  • Itu knp nusron mimiknya memble kaye geteh...hehehe...

  • Selalu tetap sabar pa mahfud dan selalu sehat walfiat dan panjang umur Aamiinnn..... 2019 kudu ganti presiden harga matiii NKRI

  • SESUMATRA 1001% SUARANYA UNTUK PAS INI SUARA YG DIKELUARKAN DARI ORANG2 YG CERDAS DAN BERPENDIDIKAN #2019CEBONGDIPARITAJA.

  • Saya bangga dengan bapak Sehat selalu prof mahfud md

  • Yakusa kanda mahfud

  • Salud pak mahfud

  • Salud pak mahfud

  • Bangga aku pa Mahfud kesabaran pa Mahfud orang nya jujur anti korup IS THE BEST

  • Bisa nggak mukanya si gerung itu disensor?

  • Mudah2an Sehat terus njeh pak.....

  • Klo urusan dgn pak mahfud yg ada smua kburukan akan trungkap semua..

  • Ya Allah pak...semoga sehat terus pak...salam hormat selalu utk pak mahfud

  • Munir Menuntut Prabowo Harus di Adili atas kejahatan HAM id-tv.org/tv/video-4oEdj-ucw40.html

  • hoax terbaik 2018 jokowi cs

  • Setelah mendengar cerita pak mahfud ternyata kubu sebelah calonnya betul betul boneka partai. Ha ha..

  • Ganti presiden

  • Pak jokowi bohongi pak mahfud... Sabar pak mahfud.... Anda tak pantas jadi wakil presiden. Anda pantas jadi Presiden pak.

  • Dibalik kata tidak apa apa.. Sya melihat goresan goresan ta beraturan membentuk bulatan besar sperti bola rasenggan di anime Naruto.. Menjadi sbuah kekuatan dan ketegaran dari sebuah arena yg dirubuhkan.. Sya yakin publik yg fikirannya sehat, dapat melihat bagaimana hal sperti ini bisa terjadi pda org skelas prof. Mantan ketua MK Oleh org sekelas president .. Lgi lgi ini masalah team, bukan individu pa Jokowi.. Klw bgitu kebijakan di negri slama preode skrg ini. Sya meragukan itu kebijakan president, melainkan kebijakan org org sekeliling president

  • Bapak tidak pantas menjadi wakil presiden. Bapak lebih pantas menjadi Presiden

  • Ciri khas Indonesia. Ga bisa pegang omongan. Ayam sayur.

  • mungkin cerita politik negri ini berbeda kalau jokowi-mahfud & prabowo-sandi

  • Pa.... Kita itu.. Mulih pempimpin bukan... Masalah nu apa muhamadhiyah? Sebenarnnya apa..... Manusia.. . Jika bukan di pesantren.... Hak dia. Gak bisa di kasih.....

  • Politik busuk bngt ya ? Hahaha

  • Semoga selalu diberi kesehatan Prof Mahfud Aamiin

  • Koruptor itu orang yg tidak suka pa

  • REZIM BAJINGAN ULAMA CERAMAH DITANGKAP DEMO ANTI PKI DIBUBARIN KRITIK DI MEDSOS DITANGKAP HUKUM TAJAM KEBAWAH KORUPSI MERAJALELA KPK DILEMAHKAN PRA PRADILAN KORUPSI DIMENANGKAN....... BUMN DIGADAIKAN NGURUS NEGARA KAYAK GINI MASIH PINGIN 2 PERIODE MIMPI!!!!!!!!

  • Beliau ini loh negarawan sejati...

  • Semua sudah terbongkar.. Masyaallah ๐Ÿ˜ฐ..sehat terus pak mahfud.

  • Lebih baik memang pak Mahfud gak jadi wakil presiden biar bisa jdi penasehat kita semua

  • Duh saya sangat kecewa..... :( kenapa bukan prof mahfud md

  • Andaikan pak mahfud berkeinginan untuk membuat poros ketiga. Semua rakyat Indonesia mungkin akan mempertimbangkan pilihannya untuk bapak pak. Mengingat apa yang sudah terjadi di detik detik pemilu saat ini

  • Cebong gada yg komen gays wkkww

  • Wajar di dalam.politik sperti ini, justru klo kt bertindak sperti pak mahfud it yg berbahaya, tp beliau negarawan, brani mengeluarkan FAKTA yg bisa membahayakan dirinya. Dlm politik jg hrs ada rasa munafik, bunglon dan licik. Krn smua pemenang it diliat bagaimana strategi nya. Trlepas dri buruk baik nya. Sama dgn hal ini, mknya pak mahfud blg personal, jkw baik. Dan ber integritas. Tp d dlm politik, it tdk smua 1 pkiran dan apalagi pak jokowi btuh kndaraan berupa partai. Pasti hrs ad yg dkorbankan. Sy pkir smua punya kapasitas masing" dan dgn hal ni pam mahfud menunjukkan, betapa gila nya politik di negara ini, yg perlu di perbaiki. Dan ni bukan soal jokowi, ini soal bagaimana sistem berjalan.

  • Kapan pak mahfud jadi presiden ato wakil presiden ya ???

  • Ini baru negarawan legowo. Demi kerukunan bangsa.๐Ÿ‘

  • viewer 7juta luar biasa pak mahfud

  • Janji janji jokowi yg tidak ditepati Waktu mw jd presiden FAKTA!!!! 1. Tidak impor beras dan membatu petani2 lokal 2. Bangun 50 Ribu Puskesmas 3. Batasi Bank Asing 4. Benahi Kawasan Masjid Agung Banten 5. Beri Berapapun Anggaran Pendidikan 6. Besarkan Pertamina Kalahkan Petronas dalam 5 Tahun 7. Buka 3 Juta Lahan Pertanian 8. Cetak 10 Juta Lapangan Kerja Jika Jadi Presiden 9. Cuma satu dua jam saja di kantor, selebihnya bertemu rakyat 10. Dana Rp 1,4 Miliar per Desa Setiap Tahun 11. Hapus Ujian Nasional 12. Internet Cepat 13. Jokowi Pilih Mendikbud dari PGRI Jika Jadi Presiden 14. Kepemilikan Tanah Pertanian untuk 4,5 juta Kepala Keluarga dan Perbaikan Irigasi di 3 juta Hektar Sawah 15. Membangun 100 Sentra Perikanan yang dilengkapi Lemari Berpendingin 16. Membangun banyak bendungan dan irigasi 17. Membangun E-government, E-budgeting, E-procurement, E-catalog, E-audit Kurang dari 2 Minggu 18. Membangun industri maritim 19. Membangun Tol Laut dari Aceh hingga Papua 20. Membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren guna meningkatkan kualitas pendidikan nasional dan Meningkatkan kesejahteraan guru-guru pesantren sebagai bagian komponen pendidik bangsa 21. Membeli kembali Indosat 22. Membenahi Jakarta (macet, banjir, dll) 23. Membentuk Bank Khusus Nelayan 24. Memberikan gaji besar bagi para ahli asal Indonesia 25. Membuat Bank Tani untuk Mengurangi Impor Pangan 26. Memperhatikan permasalahan outsourcing 27. Memperkuat KPK (meningkatkan anggarannya 10x lipat, menambah jumlah penyidik, regulasi) 28. Mempermudah nelayan mendapatkan Solar sebagai bahan bakar kapal dengan mendirikan SPBU khusus 29. Menaikkan gaji guru 30. Menangani kabut asap di Riau 31. Menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan di sektor pertanian, perikanan, dan manufaktur 32. Mendukung kemerdekaan dan mendirikan KBRI di Palestina 33. Mengalihkan Penggunaan BBM ke Gas dalam waktu 3 Tahun 34. Mengelola persediaan pupuk dan menjaga harga tetap murah 35. Menggunakan Pesawat Tanpa Awak untuk meng-Cover wilayah lndonesia 36. Menghentikan impor daging 37. Mengurangi Impor Pestisida dan Bibit Pertanian 39. Meningkatkan 3 kali lipat anggaran pertahanan 40. Meningkatkan anggaran penanggulangan kemiskinan termasuk memberi subsidi Rp1 juta per bulan untuk keluarga pra sejahtera sepanjang pertumbuhan ekonomi di atas 7% 41. Meningkatkan Industri Kr

    • itu segi ekonomi, kalo segi pendidikan gimana?

    • +Regita Citra sumbernya.. Apa gak waras mbak Bbm naik 6 x dari wqktu jd presiden. kemarin menteri perdagangannya yg china itu trus mengimport beras trus..makanya baca koran atau nonton berita jgn medsoa doang yg update status..

    • sumbernya darimana? cantumin

  • Yg like 70.000 Yg dislike 7000 10 : 1 Insya ALLAH #2019gantipresiden