BLAK-BLAKAN!! Prof. Mahfud MD Beberkan Gagal Cawapres di Detik-Detik Terakhir || ILC 14 Agustus 2018

Dipublikasikan tanggal 14 Agu 2018
Indonesia Lawyers Club (ILC) 14 Agustus 2018 mengangkat tema "Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP" #ILCAntaraMaharDanPHP #JokowiMaruf #PrabowoSandi
Calon Presiden Joko Widodo akhrinya memilih Prof KH Ma'ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2019. Padahal, sebelumnya nama Mahfud MD yang digadang-gadang bakal mendampingi Jokowi. Bahkan Mahfud sudah siap dengan kemeja putihnya untuk menyaksikan langsung pengumuman cawapres Jokowi.
Namun keputusan berkata lain. Jokowi lebih memilih Ma'ruf Amin ketimbang Mahfud MD. Keputusan ini keluar setelah digelar rapat dengan sembilan ketua umum dan sekjen partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.
Nama Mahfud MD adalah yang paling kencang disebut sebagai pendamping Jokowi. Dia bahkan sempat menceritakan detik-detik dirinya dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.
Mahfud mengakui sudah dipanggil pihak istana untuk mengukur baju yang akan dipakai dalam pendaftaran ke KPU. Dia memastikan kalau deklarasi akan langsung dilakukan setelah diumumkan. Mahfud bahkan menyerahkan curriculum vitae (CV).
Peristiwa lain adalah munculnya tudingan dari Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut Sandiaga Uno memberikan mahar politik agar dipilih jadi pendamping Prabowo Subiato, calon presiden yang mendapat dukungan dari Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat.
Andi Arief menyebut Sandi memberi mahar Rp500 miliar untuk PKS dan PAN. Pemberian uang inilah yang menjadi penyebab tidak dipilihnya kader Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai pendamping Jokowi.
Merespons situasi politik yang terjadi saat ini, tvOne melalui program Indonesia Lawyers Club menghadirkan diskusi dengan tema 'Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP' yang tayang Selasa malam, 14 Agustus 2018. Program ini dipandu langsung oleh Karni Ilyas.
Link Full Video: id-tv.org/tv/video-l2_1ijp8BmE.html

Komentar

  • Sesuai janji sy, sy sdh menyampaikan fakta yang saya alami, bukan opini. Kalau opini terserah masing2 saja, saya tak bisa mengendalikan.

    • Lucunya negeri ini

    • sekarang kita sudah tau segalnya....terima kasih prop...ganti prsiden di thn 2019

    • Sungguh beliau berhati besar, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

    • Sehat selalu pak Mahfud.... aamiiin ya rabbal alamin

    • Mahfud MD sempat kecewa pak Mahfud mau ikut nanti prisident ..

  • Dosa Besar JOKOWI

  • Mantap Pak Mahfud... Mohon maaf saya telat mengikuti kejadian ini...

  • Sakit

  • ah itu omongan MAHMUD MD Masa enggak tersinggung, jujur saja pak.

  • Hebat pak jokowi.. padahal dalam hati pak jokowi memilih MD.. tp demi kepentingan bersama akhir pak jokowi pilih pak AMIN

  • Sayang kenapa ga pak mahfud md jadi wapres.

  • Sy lbh stuju prof mahfud yg jd cawapres paslon 01..walaupun sy pilih paslon 02...

  • Kok bru baca yaa.. sy behrap bpk jadi presiden aja pak...

  • Salam hormat pak prof. Mahmud MD. Semuga bapak sehat selalu serta senantiasa dilindungi oleh Allah swt. Dan saya adalah salah satu pengagum kejujuran dan keberanian bapak,

  • Kok bisa gitu ya?

  • Nih video yg jugawajib ditonton id-tv.org/tv/video-IFqsrhv1rxA.html

  • 2019 gua masih nonton loh... Coba p jkw pilih md, sangat berat ps menang. klu skrng sy optimis ps menang

  • Kalo ni orang jadi capres ke tiga. Pilih Pak Prof gua sih wkwkwk

  • Aqil siroj bangke itu anjing kau aqil..munafik kau umat kau perjual belikan dg fatwa mu yg ngawor semoga allah cepat cepat mmbinasah kan mu bngsat kau aqil

  • Allah Swt, menyelamatkan Mahfud MD dari lingkaran kezaliman...

  • TOOOOPPPP pak Mahfud MD 👍👍👍

  • 39.33 menit yang sya tonton tanpa skip

  • Menurut penuturan prof mahfud,,dari sekian nama yg ada dalam dftr calon pendmpng bpk jokowi.."hanya 2 orng yg bersih tdk prnh terindikasi korupsi,,yaitu beliau sendr dan aqil siraj..yg lainnya semua diberi tanda,,"skrng yg jd cawapres bkn 2 orng tersebut?? Jadi......

  • Dulu saya telah memilih Jokowi, namun melihat bagaimana pemerintahannya kesini-sini, jadi saya memutuskan untuk memilih presiden lain, masalah bgus atau tdk presiden ya berikut nya, yang penting sudah ganti

  • Mau ada bencana/msalah apa di tahun depan ya, kok kh.maruf amin maksa maju? Seperti saat gus dur maju, buat menyelesaikan mslah yg sedang mnyerang indonesia, meski hnya jdi sbentar. 95% Positif thingking. 5% Negatif thingking.

  • terbukti prof korban pHp rezim dan NU, yg sabar prof ini smua kehendak Allah SWT, Allah tidak berkenan prof gabung di kubu para Munafik

  • Jangan manfaatkan NU untuk kepentingan politik ! Tuan maha agung KH.aqil siraj

  • Fiks yang ngaco memang NU .. NU kok politik 😡aqil siraj itu siapa ? Pemahaman saya tentang aqil siraj berdasarkan perkataan Pak mahfud ini bnr2 busuk 😡 saya bnr2 tidak suka sama aqil siraj setelah tau fakta ini 😡 alhamdulilah saya jadi punya referensi tentang orang so alim dan alim ulama . Saya mantap pilih 02 ..NU itu mewakili agama bukan partai ,. Milik orang islam bukan UNTUK KEPENTINGAN POLITIK

  • Jadi setelah melihat video ini kesimpulan Pak Mahfud dgn jujur mengungkap Skenario petahana yg udah bobrok dari awal dan lagi byk koruptor yg jadi timsesnya ... gimana rakyat percaya coba ???

  • nggak berdaulat dari awal, nggak punya kuasa untuk mengendalikan kelompoknya, intinya petugas tetaplah petugas.. ia akan patuh pada majikan, petugas yg baik memang begitu

  • Itulah permainan politik pak Mahfud, saya hormat sama Bpk. Bpk sangat Bijaksana dalam mengambil keputusan hidup ini. Semoga Bpk sehat selalu dan panjang umur.

  • Ucapan prof mahfud md iru membuat 85% rakyat ind terharu aqu yakin koalisi cebong thn ini tumbang dan 2019 ganti pemimpin yng baru biar baju putih pak mahfud jadi tumbal di istana kecebong dan ke tulusan prof mahfud menjadi pelajaran bangsa dan generasi muda ind di masa depan

  • Pak mahfud adalah politisi yg sangat sya bangga kn dan pling bersih sabar ya pak sya doa kn bpak sehat slalu amin

  • Demi bangsa indonesia mahfud md setuju

  • Ternyata...

  • Lebih pantas mmd kemana2.. Dibanding MA sbg cawapres

  • Semuanya demi kepentingan kelompok politik

  • salut pak mahmud md.. berjiwa besar. lebih mementingkan kepentingan negara. sehat slalu pak mahmud md. bangsa ini masih membutuhkan pencerahan pak mahmud yang jujur tanpa memihak. bicara apa adanya.

  • Rocky Gerung sok pinter ,,,lu belum bisa nyaigin prof Mahfud

  • Smoga ayahanda PAK MAHFUD MD sllu dlm lindungan ILLAHI RABBI

  • Kalau aku rakyat indonesia pasti aku pilih pak mafud jadi presiden indonesia. Cuma mungkin pak mafud kena tegas dikit kalau mahu perintah satu gagasan yg besar dan berbagai. Yg lain cukup ramuan nya kalo mahu diangkat jadi presiden. Tapi kuasa allah nnti siapa yg tahu...

  • TOLONG BACA SAMPAI SELESAI. . Inilah orang yg selalu berpikir tentang pisitif terhadap orang yg pernah mengecewakannnya. Orang macem pak mahfud ni gak ada sikap porvokator tapi dia bersikap untuk meluruskan.. buktinya masih mengakui kelebihan jokowi meskipun iya pernah di kecewakan .... . Dengan pengungkapan pak mahfud saya memilih 2019 presiden prabowo sandi. Dan di 2014 saya harap pak mahfud mencalonkan. Karna indonesia butuh kedamaian dan ke tentraman serta ke makmuran.. dan itu saya prediksi akan terjadi jka pak mahfud MD jadi diatas pemimpin kita.. 5 penialaian saya tentang sikap pak mahfud.. 1. Penyabar. 2.pemaaf 3.pemberani / tegas 4. Jujur. 5. Selalu berpikir positif ketika menghadapi masalah. . Mantap . Love pak MD

  • ouh 4 hal tentang jokowi

  • 7,4 rb cebong kepanasan

  • Ringannya orang jujur 🙂

  • Mahfud kena Angin Surga..!! He he he he... Derama sandiwara. Bintang Utamanya Jokowi seorang dari tukang mebel. Sudahlah Pak Mahfud. Bapak tidak terpilih karena Bapakpun berambisi juga untuk dijadikan Cawapres. Bapak ngomong Ikhlas tapi dari wajah kelihatan kok Bapak Terluka. dan Kecewa. Jadi Kalian memperebutkan untuk jadi Ketua Partai untuk berebut kekuasaan dan Harta..

  • Bener2 REVEALED nih, terima kasih Prof!! ngungkap kebobrokan elit NU, Insyaallah Indonesia ganti kualitas kepemimpinan,

  • Reng madhure bangga dengan pak mahfud

  • 29.50,saya buru sn?wahhhh ada apa dgn romy 😂

  • pak jkw jujur tp dikelilingi para bangsat

  • nusron cuma numpang trah wahid..plongo plongo kayak bego

  • NU rusak semanjak d pimpin aqil siroj

  • 5:08 pak roky gerung ingin tertawa hahahaha

  • Hukum karma berlaku pak, yg salah pasti di balas yg benar pasti di angkat derajatnya, bapak org hebat, dengan santainya membuka semuanya, karna saya tau bapak benar, bapak inspirasi semua org baik pak, sehat terus pak gak usah jadi apa apa, karena negara hanya memanfaatkan bapak saja, bapak sudah sangat cukup membantu negara ini, sudah waktunya beristirahat pak, politik dan segalanya itu dunia pak, saya bangga di indonesia ini masih ada org seperti bapak, sehat terus pak prof mahfud md allah selalu menyayangi org" baik seperti mu, gak ada alasan lagi april 2019 nanti harus ganti presiden #pakprabowojangankecewakanrakyatindonesia

  • Fokus ke nusron wahid....😉😉😉

  • karni elias klep

  • 29:57 moment mengerikan, untung cuma gurau

  • 35:30 simak nih kampretoss

  • Sapa yg masih nonton ini di 2019?

  • penyelamat pondok pesantren secara kontitusional, malah di phpin.

  • sekelas pak mahmud md saja kena php, apa lagi cuma rakyat biasa.. mikir keras..!!!

  • Pak mahmud semoga slu mnjdi pribadi yg ttp legowo luaarr biasaaaa👌👌👌klo aq di php in pasti sakitnya tuhh makjlleebbbbbb tko dodo😖

  • menit 2:09 simak rocky gerung cool bngt 😬

  • Kena PHP dehhh ,😂😂

  • Kata UAS ulama suu, yg mengancam n brbohong ats dlil agama..

  • gimana bangsa bias maju

  • saya bangga dengan sandiaga uno. mahfud MD... pertahankan jiwa yang bersih ya kami mendoakan kalian semua menjadi hamba allah yg mulia.. aamiin....

  • Menyayat hati masyarakat madura, madura haram pilih jokowi

  • Politik memang kejam....

  • intinya kita lebih sadar sekarang... arahnya rezim...

  • Saya pilih prabowo aja dech kalo gitu ...

  • mudah2 rakyat berendah hati untuk menentukan pilihan.| ulama 2 kita menentukan pilihan itu bukan karna asal2lan. karna ijtima ulama mendukung tidak setuju dgn politisi pdi /jokowi.. karna ulama2 berserah diri dan sholat tahajud sebelum menentukan pilihan mendukung pak prabowo.. kita sebagai umat islam seharusnya mengikuti dan mempercayakan ke pada ulama2.. islam di indonesia sdh seperti di al aqsa ,, cma bedanya islam di indonesia sangat kuat... kita analisa secara nyata yg telah terjadi 1.ahok 2.sukmawati 3.teror habib riziq 4.larangan pengeras azan klo pemimpin kita benar2 beriman dan berpihak kepada agama yg di peluk,,ato memimpin dgn atas dasar alquran dan takut ke pada allah.. pasti pribadi nya udah tegas membela islam dan menyatakan lansung ke publik soal permasalah an yg menindas umat islam.. contoh nya seperti tayib erdogan itu gambaran dari sya.. makasi. semoga pak prabowo menang .amin ya allah..

  • Yg ngasi jempol bawah pasti anak cebong, yg setuju like 😜🐸

  • Hidup pak Mahfud....hidup Jokowi..

  • Sabar Pak mahfud jabatan wakil presiden Tak pantas untuk anda Anda lebih pantas jadi Presiden

  • Prof Mahfud org yang jujur

  • Semoga pak Mahfud MD hidup bahagia,panjang umur sehat selalu dan sejahtra. Karna bapak sebagai pelita penereng benerang bagi bangsa Idonesia. Bapak sangat baik pintar dan netral orang nya.... Amiin..

  • Semoga pak mahfud md selalu dalam lindungan Alloh, sosok guru bangsa yg santun,jujur,berilmu,wawasan luas,beretika,semoga bapak di panjangkan umurnya,diberikan kesehatan selalu,kami sangat membutuhkan sosok seperti bapak yg penuh wawasan dan beretika,,lindungi lah selalu beliau dan keluarganya Ya ALLOH di manapun berada

  • Sya nonton ulang ilc ntgl 30 desember sekedar pengen liat rocky gerung, love you pemikir akal sehat

  • Parah bener NU dijadikan alat politik... dikira cuma boong ternyata real... pantesan banyak yg bersebrangan dengan hati nurani .... apalagi banyak kader korupsi begitu....Astagfirullah...

  • Pak mahfud md... gk mau jd timses n dia msih brsama pak jokowi smpai saat ini. Krn beliau tau pemimpin kita lemah n beliau mmentingkan bangsa bkn jbtan. Coba seandainya beliau gk peduli terhadap bangsa mungkin sampai sekarang pembelaan diri korban begal itu masih di kurung di penjara.

  • Kalau mahfud md calon wapres. Negri ini di jamin hancur dalam 6 bln.

  • disyukuri pak,toh tahun depan yg menang pak PRABOWO.

  • Dagelan paling lucu pihak ISTANA!!

  • Rakyat paham keterbukaan begini sehat terus pak mahmud md berani jujur hebat

  • DENGAR TUH DI NU KAN BANYAK YANG CARI UANG DAN BANYAK KORUPTORNYA. Min 16:35

  • ini lagi saksi dri tokoh yg dpt dipercaya bagaimana sosok bpk, joko widodo, "tegas, jujur, tidak korupsi, mau mendegar n membela ketdk adilan, tidak KKN... trimaksih pak kyaii penjelasannya

  • 2019gantipresiden!!!!

  • Sdh jelas mana yg AMANAH, dan siapa yg KHIANAT

  • 40 menit terbaik yang menggambarkan "kebusukan" rezim

  • Bravo mahfud Bravo prabowo

  • Orang secerdas mafud md aja d kibuli apa lagi anda²

  • Sangat tdk bermoral skli politik ini, demi sebuah ambisi, seorang kiyaipun menghalalkan segala cara. Terlalu.....

  • Prof mahfud setiap menjawab masalah dengan akademik dan fakta

  • ganti presiden

  • 2019 ganti presiden yuhuuuwwwww amin

  • Cara Allah SWt menyelamatkan Prof.Mahfud MD

  • Prof tolong negara ini ungkapkan siapa 2 orang yg korupsi di indonesia ini

  • Gak mungkin jokowi pilih Mahfud MD, logikanya klo wapresnya lebih cerdas dari presiden y...bisa ketinggalan kereta.... Bagi para penjilat. Mahfud MD ancaman buat mereka, karena Mahfud org yg tegas dalam memegang prinsip...

  • Sehat selalu pak mahfud md

  • 24:00 menjelaskan, kpk itu layaknya bnn yang mau memberantas narkoba dengan bersih, ya gak bisa🤣🤣 bahkan calon calon yang ditujukan aja semuanya korupsi, cuma dua orang yang gak 😅

  • cebong mana cebong

  • kacau...!!!

  • Menit ke 10 😭😭😭😭😭 Misal Jika pak md cawapres sy akan pilih Tp Sebaliknya TIDAK. Sehat terus pak md