Buka-Bukaan Anggaran: Uang Rakyat Kenapa Harus Dirahasiakan (Part 2) | Mata Najwa

Dipublikasikan tanggal 6 Nov 2019
Polemik anggaran tak lazim Pemprov DKI Jakarta bermuara dari anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William Aditya Sarana yang mengunggah dokumen anggaran ke media sosial. Aksi William menuai banyak kritik hingga berujung pelaporan ke Dewan Kehormatan DPRD.
Terkait cuitan William Aditya Sarana yang memulai polemik anggaran DKI ini, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa seharusnya jangan mengkritik sebelum dokumen tersebut resmi. Namun menurut Sekjen Seknas FITRA Misbah Hasan, dokumen yang sudah diunggah adalah dokumen publik.
(Narasi)
#AnggaranDKI #MataNajwa #Narasitv
Tonton juga Mata Najwa eps. [Buka-Bukaan Anggaran] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/36FSe5V
Part 2 - bit.ly/2NLC7Lx
Part 3 - bit.ly/2NoHAsG
Part 4 - bit.ly/2PQnI3c
Part 5 - bit.ly/2WTF7cP
Part 6 - bit.ly/2JVGZg1
Part 7 - bit.ly/2qrxX3y
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.
Tonton konten lainnya juga di ID-tv Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeID-tvNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom
- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeNarasiEntertai...
- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories
- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks
- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports
Jangan lupa subscribe yaa..
Follow:
instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabo...
ID-tv Business Inquiries: youtube@drm-indonesia.com
Najwa Shihab ID-tv is under management of:
dr.m, Indonesia's 1st Certified & Official ID-tv MCN
servicesdirectory.withyoutube...

Komentar

  • Tonton juga Mata Najwa eps. [Buka-Bukaan Anggaran] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah. Part 1 - bit.ly/2rhN6ol Part 2 - bit.ly/2Noo7IE Part 3 - bit.ly/2JXSraO Part 4 - bit.ly/33ykTrT Part 5 - bit.ly/2rkDHfR Part 6 - bit.ly/2WNHmhK Part 7 - bit.ly/33lIcVG

    • @ariwong solo ketergantungan teknologi malah kebablasan

    • Aghhh kaupun Nana kyk paham aja ketata negaraan dan jangan gemar mempublikasikan sesuatu yang belum pasti artinya jangan Sembarang Mengangkat masalah serasa Anda PEMIMPIN pemerintahan Indonesia jangan buat Gaduh dan Riuh.. Sudah Capek, TUHAN lihat semuanya

    • @Yusuf Ismail 不不不

    • 不不不 Ketawa dengar perkataan anggota FPRD dari FPKS.. Tuh nampak membela orang salah.. Bung... Anggaran itu uang rakyat.. Mesti di upload sebelum di sahkan bersama anggota DPRD. Kl dah di sahkan,baru di upload,gk ada gunanya.. Anggaran sebelum di sahkan,mesti di upload supaya masyarakat mengetahui.. Anggaran memakai UANG RAKYAT..!!!

  • Kadung ketahuan, kl nggak ya sikat itulah cara kampret menilep uamg rakyat oke ?

  • NAMANYA SIAPA SIH? ANIS ASUEDAN?

  • tapi kadang susah jg soalnya ada sebagian rakyat yg suka pura pura suka di bohongi

  • wow mantap ni psi bravo

  • Se-pintar apa sistemnya klo yg masukin data bego / pintar dg niat maling , ya gak ada gunanya jg sistemnya Justru dr rancangan anggaran sebelum pembahasan jika d ketahui ada penyimpangan bisa langsung d cegah , tp klo sdh d dprd ...ya kita tau sama tau seperti apa anggota2 dprd kawakan macam sanusi dan m. taufik ....

  • Pinter bgt ya klau soal ngomong

  • Maka Cek dulu sebelum kerja Nis.... jd pemimpin yg baik jgn asal percaya dg bawahannya....

  • Seharus nya Anies belajar dari kesalahan waktu jadi menteri dimana kesalahan budget sampai 23T pada saat itu. Kalau gentleman lebih baik mundur dan berikan kesempatan buat orang2 yang lebih capable daripada mempermalukan diri sendiri.

  • Audience yang diceramahi dalam unggahan video ini tidak pernah diperlihatkan. Begitukah tranparansi pembahasan anggaran

  • Video ini dibuat sebelum ketahuan atau sesudah ketahuan kah ??? Siapa yang tahu ? Hanya mereka dan Tuhan yang tahu.

  • Kumpulan cebong dungu yg komen

  • 不, marah gmn... gurbernurnya luh geh tongggg... sih guru jilat lidah...

  • Kalau ngomongin nominal tidak akan ada habisnya.tapi yang lucu habis angaran sekian mikirin caranya bagaimana bisa nilep angaran.biarpun 10.000 perak yang namanya nilep tetep salah.

  • Kalau tidak begitu Ntr tidak bisa nilep uang rakyat.

  • Jangan subut tuhan yg maha kuasa kalau hatmu kotor..

  • Dokumen yg diupload sama bappeda DKI trus berbeda yg diterima sama DPRD. Itu namanya eksekutif nipu legislatif. Wakil ketua DPRD kejebak sendiri sama statementnya.

  • Sdh di gaji,tunjangan semua ditanggung.. Masih mencuri lagi uang rakyat.... Hingga segitu banyaknya..... Mantap pulpen setara emas kiranya..hahahahaha

  • Pemempatan waktu upload yg salah... Seharusnya setelah dukomen resmi yg sdh di periksa dan di bahas oleh dewan..

  • BPJS

  • Koplak koe mi mi....ngomong kok seperti mi kriting....

  • Mudah2an, walaupun kembali kezaman dimana kucing garong berbicara ngeles banyak! Kelihatan banget pola2 lama yg dipake kembali. Mudah2an KPK bisa lebih terlihat perannya, nanti! Tanpa transparansi ke rakyat jelas tata kelola yg buruk! Kalau benar, kenapa takut terbuka?

  • Uang Milyaran itu dapet Berapa bulpoin woy?gua Beli Bulpoin Aja Satunya 2rebu

  • koq Pak Anis terlihat Bodoh ya,apa mlah memang Bodoh..

  • Pak Suhaimi paham betul krn pengalaman di legislatif.

  • Generasi tua lawan generasi muda ,payah ini cuma lama di DPRD aja tapi gak bisa kerja .. malah gak faham bagaimana cara buat anggaran yang benar dan menghemat anggaran negara..

  • gubernur paling pinter didunia ,,,

  • Banyak yg mau menjatuh kan pak prabowo.. Alangkah bodoh nya kalau di pikir. Belanja negara mau di beber kan

  • Sama aja bro...siapapun yang menjabat suatu jabatan dalam pemerintahan ...99% bakalan cari cara buat nyari uang yang g normal,soalnya modal tuk jadi pejabat juga tinggi!!!apalagi waktunya hanya 5 tahun... Kalo gaji dihitung selama 5 tahun kedepan,mungkin g sebanding dengan modal yang dikeluarkan saat berkampanye... Inilah salah satu faktor,99% orang berbuat curang

  • duit....duit...kemana ak cari duit.... duit....duit,....ke.kantor DPR yg enak cari duit... tinggal mangap2 dpt duit tinggal protes lagi lagi dapt duit..........

  • Kasih tau donk caranya naruh foto di status?

  • Begini lo, tantang anies jalan kaki sambil telanjang bulat. Kalau masyarakat ada yg memberi pakaian untuk membalut badannya? Itulah yg sayang ama anies. Tapi lalau tidak ada yg peduli ama anies? Dia si pembenci. . Artinya? Jumlah penduduk DKI sebanyak 10 juta. Aku minta yg memberi pakaian anies sebanyak 10 ribu aku anggap 6 juta. Jadi, banyak mana yg benci ama anies kalau di banding yg setia ama anies. Fikir fikir ya?

  • Psi partai songong indo

  • SISTEM bobrok warisan bang napi

  • Pak PKS cari aman nih Bukannya bela rakyat tapi malah cari2 aman, ngincarbkursi #WAGUP YA PAK. Harusnya buka ajah dan dalam har normal kalo mau buang2 anggaran. Jangan di kota ajah, tengok lah orang2 miskin.

  • 誦illiam

  • Kapan BTP d undang khusus utk ikut mmberi pndapat dlm pmbahasan brtema anggaran siluman di Pemda DKI ini...

  • Dari awal saya yakin...PSI akan menjadi KUDA HITAM bagi para koruptor

  • pinter ngebacot aja...muter2 kayak bebek mabok...亢亢亢亢

  • Sdh pd ketahuuaann,,pinter2an ngeles semyanya

  • Intinya semuanya salah ahok ngomong panjang lebar bgt

  • Jawabannya sisir terus

  • Ya kalau DPRD senior pasti sdh paham masalah anggaran maupun pembagian masalah Uang anggaran kepada rekan rekan DPR..senior.......

  • sukur la aku ga pernah bayar pajak

  • Gubernur seiman...... DPRD.......seiman....... Koropsi ... seiman... DPRD. Senior hanya banyak Congor...seiman dng gubernur Masalah koropsi .....

  • Tiap di undang Najwa tak pernah hadir...Klo yg hadir tukang omongnya aja ya mending gak di tayangkan... Karena pecuma liat tukang2 omong

  • Politikus PKS ini nggak jelas banget.. dokumen resmi/takresmi aja bingung dia.. ketauan pengen ngemplang anggaran situ ye.. wkwkw

  • 1 triliun = .... milyar (jika dikorupsi) waaaahh.... #narasi #matanajwa

  • Hoallaaahhh ketua TGUPP TO KUIIIIII,,,,

  • Kalu anggran pertahanan kalu di buka kemungkinan akan memicu ketgangan dengan negara tetangga bisa juga menyebabkan ketakutan bisa juga menyebabkan di rendahkan apa bila anggaran kecil tapi tertutup bukan berarti tidak di awasi mungkin saja demikian

  • Semua berawal dari niat, dilanjutkan ke renca, lalu aksi, niat yang baik akan melahirkan rencana yg baik, sebaliknya niat yang buruk akan menciptakan rencana yang buruk. dan ketika kepergok orang lain, maka tabiat orang yang berniat buruk akan belingsatan mencari alasan agar posisinya tetap aman, dari menyalahkan system, mengatakan orang lain cari panggung, lalu salah input, lalu akan memperbaiki system, lalu bilang jangan diramaikan. Sebaliknya jika niatnya baik akan mensikapi dengan cerdas dan bijak, sehinnga tidak memancing orang lain ikut terlibat dan menjadi rame.

  • Memang sistim itu harus transparan, jadi ketauan SKPD mana yg bertanggungjawab atas isian rencana anggarannya. Ini masalah proses yg harus prudent, semua personel dari paling bawah harus ketauan kerjanya.

  • Biar bisa MENGGASAK layak Bapak Mertuanya!!!

  • serba salah, dibuka salah, ditutup salah. kalo menurut gua sih ya, kalo dibuka ke publik itu anggaran semuanya malah takut ada yang mata matain indonesia khususnya dari segi pertahanannya, uangnya digunakan untuk apa apa dan apa, mereka bakal tau kekuatan kita semuanya. catet : semuanya. kalo ditutup, kesempatan korupsi pasti terbuka lebar. secara duitnya bukan ratusan ribu, tapi triliun. presiden harus turun tangan. pertimbangin baik buruknya. jangan karna 1 atau 2 orang kita terjebak.

  • Nggak suka penuh dengan ke bohongan

  • TUHAN AKAN PERMALUKAN PEMIMPIN YANG TIDAK AMANAH !!!!

  • Halo.....,!!!!!! TUHAN itu gak perlu penjelasan dari manusia, Karena apapun yg akan manusia lakukan mau di ungkapkan atau tidak pasti Tuhanlah yg pertama tahu, mau terang terangan atau tidak Pasti TUHAN tahu!

  • Kalau lem aibon buat ngelem mulut para kadrun , pulpen buat nyolok para koruptor hahahaha alah ngomongnya kalau sudah disahkan negara tidak bisa berbuat apa" karena sudah sah kalau korupsi jangan banyak" jadi ketauan deh hahahaha

  • maaliiiiiiinnnngggg..........

  • YANG PERLU DIPERBAIKI ITU WATAK, BUKAN SISTEM !!!