CCTV GEMPA di LOMBOK ketika Sedang BerJAMAAH

Dipublikasikan tanggal 8 Agu 2018
Video cctv ini menunjukan terjadi Gempa berkekuatan 7,0 skala richter (SR) mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat ketika warga sedang berjamaah pada minggu 5 Agustus 2018. Titik gempa berada di 8.37 Lintang Selatan - 116.48 Bujur Timut. 18 kilometer barat laut Lombok Timur, NTB. Di Bali pengendara terpaksa menghentikan kendaraan karena bergoyang. gempa susulan yang lebih dahsyat yang terjadi di lombok hingga ke bali umat muslim sedang melaksakan solat, ini adalah kumpulan gempa yang terjadi ketika solat

Komentar

  • Allah menguji iman manusia.. maka lihat org yg taat setianya kepada Allah tanpa menhentikan solat... masyaAllah

  • kasian

  • terlepas satu perluang mereka mati syahid

  • Hahaha gempa lariii itu rmh allah broo kok tkuttt.. orng lombok tkuttt drmh allah.

  • yg dislike vidio ini nyocokx di apain saudara

  • ya allah.

  • Hmmm...ternyata banyak jg yg takut mati walaupun adh d dalam rumah Awloh!!!ckckck

  • Ya Allah ampuni kami, musibah kapal laut berulang , skrg gempa berulang, Makanya byk situs sejarah terpendam tanah , mereka dulu sering mengalami gempa , banjir bandang, banjir lahar, gunung meletus Dari dulu nuswantoro skrg indonesia adl wilayah rawan bencana, mari bertobat mendekatkan diri ke Allah pemilik alam semesta

  • Mati satu kali hdp dua kali jgn tkt mati kalu kita d jln allah. yg lari itu tkt mati krna tdk tau hukum nya ketika meninggal dlam menjalnkn perintah allah. Ttp khusu melaksanakn ibadah solat ketika itu terjdi. Yg lari takut mati yg ttp slt bkn berarti gk tkt mati.

  • Imamnya tidak bijak...bencana alam di lawann wkakak..beruntung tidak rubuh...kalau rubuh korban banyak itu..mestinya keluar mengajak yg lain menyelamatkan nyawa yg dia sebagai pemimpin harus pintar. sudah ada prosedur tindakan penyelamatan untuk kondisi gempa.... sama persis kejadian dg gunung merapi dulu Mbah Marijan...karena dia di percaya penduduk sebagai abdi dalem kerajaan mahluk halus gunung merapi. merapi tidak akan mencelakannya..ternyata faktanya tidak sesuai harapan akibatnya semua terpanggang..kasian... ketahuilah yg umat Islam..Rosul menang perang dahulu karena strateginya sangat cerdas. bukan asal perang tanpa terluka karena di lindungi Allah...menang karena tidak bodoh.. Video ini cuma movie yg kedua dan ketiga bertindak tepat...yg lainya terutama yg terakhir menunjukan arogansi orang beragama bahwa ibadah itu menerjang segalanya tidak perlu mikir pasti selamat karena merasa dekat dg Tuhan....dekat dg Tuhan bukan berarti bergitu...ini namanya menjerumuskan...jemaahnya juga bodoh mau aja mengikuti si Imam....mestinya di tuntut ke pengadilan ni orang wkkkk

  • SEMOGA DI JAUHKAN DARI MARA BAHAYA INDONESIA INI AMIN...:)

  • itu rumah awloh ko pda lari

  • padahal mati pada saat keadaan sholat itu mati sahid katanya pk ustatd..

  • masha allah tragis sekali gempa 7,0 sr menguncang lombok, orang solat bagaikn solatnya di atas kapal feryy laut yg di landa ombak ..

  • “mestine ibukmu mesti bangga mergo nduwe anak koyo kowe, lanangan seng isoh nyayangi penuh, njogo lan cintai wedokane sepenuh ati.”

  • Gak tega liatnya....suasana begitu mencekam

  • Kepads paJokowi supaya mengibarkanBendera Merah Putih cap GarudaPancasila para 17 Augustus 2018 tahun ini Karena Banyaksekali benders meran putih di dunia dll.

  • Klu gmpa ny tngh mlm. mungkin bnyk korbn yg tiada😢

  • klo orang yg banyak dosa biasanya begitu pasti takut mati. beda sama orang yg ikhlas bahwa ajal itu di tangan allah.. buat apa sholat klo doa iftitah dibaca doang tp gk tau artinya.. udh tertulis jelas. "inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabil'alamin" belajar ini dulu. jgn cuma islam di KTP doang.. dlm surat yaasin di sebutkan juga.. "KUN FAYAKUN". jadi maka jadilah. Allah punya kehendak dan Allah juga yg punya rencana.. klo ajal nya udh mati disitu 2 langkah pun lu kabur pasti mati..

    • Arief Elfamouse takut mati ndasmu sempal... Baca ini pemuka agama yang sok sokan Terjadi Gempa Saat Shalat, Tetap Melanjutkan Shalat atau Membatalkannya?Viral video shalat saat gempa bumi terjadi. Sebetulnya dalam fikih mana yang harus didahulukan, melanjutkan shalat atau membatalkannya ketika terjadi gempa bumi? Islam adalah agama yang memerintahkan pengikutnya untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Rasulullah SAW dulu pernah menegur orang yang shalat malam sampai lupa waktu istirahat. Karena bagaimanapun, tubuh manusia juga butuh istirahat agar selalu sehat.Demikian pula dalam ibadah. Di dalamnya sebetulnya banyak terdapat keringanan dan toleransi. Tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dan mengindarkan mereka dari kesulitan. Maka dari itu, salah satu tujuan dari syariat Islam adalah raf’ul haraj (menghilangkan kesulitan).Misalnya, dahulu ada seorang sahabat yang membatalkan shalat lantaran kudanya lari. Dia lebih mendahulukan mengejar kuda ketimbang melanjutkan shalatnya. Alasannya, kalau dia melanjutkan shalat dan tidak mengejar kuda, maka dia tidak akan bisa pulang. Kalau tidak bisa pulang, tentu ini akan merugikan dan membahayakan dirinya.Pertimbangan semacam ini dibolehkan dalam Islam. Artinya, meskipun kewajiban shalat tidak bisa ditawar, tapi pelaksanaan shalat itu sebetulnya sangat fleksibel dan tidak menyulitkan.Karena itu, Syekh Izzuddin bin Abdul Salam dalam Qawaidul Ahkam mengingatkan pentingnya memperhatikan mana yang lebih utama dan harus didahulukan dalam ibadah. Kalau dihadapkan pada dua kemaslahatan, usahakan untuk melakukan keduanya. Tapi kalau tidak bisa dahulukan yang paling utama di antara keduanya. Kalau tidak bisa juga, pilih salah satunya.Penerapan dari prinsip ini adalah bolehnya membatalkan shalat dengan tujuan untuk menolong orang lain. Syekh Izzuddin mengatakan:تقديم إنقاذ الغرقى المعصومين على أداء الصلوات لأن إنقاذ القرقى المعصومين عند الله أفضل من أداء الصلاة والجمع بين المصلحين ممكن بأن ينقذ الغريق ثم يقضى الصلاة“Dahulukan menolong orang yang tenggelam ketimbang melaksanakan shalat. Karena menolong nyawa orang tenggelam itu di sisi Allah lebih utama ketimbang shalat. Melakukan dua kemaslahatan ini sangat mungkin dengan cara menolong orang tenggelam dulu, baru setelah itu melakukan shalat.”Penjelasan ini mengambarkan bahwa syariat Islam sangat memahami manusia dan fleksibel. Karena itu, kalau ada bencana alam, semisal gempa bumi, dibolehkan untuk membatalkan shalat demi untuk menjaga diri dari bahaya bencana alam. Khawatirnya kalau tetap melanjutkan shalat, bangunan masjid atau rumah hancur dan mencelakai diri kita sendiri.Bahkan, merujuk kepada pendapat Syekh Izzuddin, mendahulukan keselamatan nyawa lebih utama dibanding shalat. Ini bukan berati shalat tidak penting. Tapi, waktu shalat itu sangat panjang dan luas. Boleh dikerjakan selama waktunya belum habis. Sementara nyawa manusia itu hanya sekali seumur hidup.

  • Baca ini para pemuka agama yang sok sokan Terjadi Gempa Saat Shalat, Tetap Melanjutkan Shalat atau Membatalkannya?Viral video shalat saat gempa bumi terjadi. Sebetulnya dalam fikih mana yang harus didahulukan, melanjutkan shalat atau membatalkannya ketika terjadi gempa bumi? Hengki Ferdiansyah, Lc. MA 7 Agustus 2018 2740ShareTweetIslam adalah agama yang memerintahkan pengikutnya untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Rasulullah SAW dulu pernah menegur orang yang shalat malam sampai lupa waktu istirahat. Karena bagaimanapun, tubuh manusia juga butuh istirahat agar selalu sehat.Demikian pula dalam ibadah. Di dalamnya sebetulnya banyak terdapat keringanan dan toleransi. Tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dan mengindarkan mereka dari kesulitan. Maka dari itu, salah satu tujuan dari syariat Islam adalah raf’ul haraj (menghilangkan kesulitan).Misalnya, dahulu ada seorang sahabat yang membatalkan shalat lantaran kudanya lari. Dia lebih mendahulukan mengejar kuda ketimbang melanjutkan shalatnya. Alasannya, kalau dia melanjutkan shalat dan tidak mengejar kuda, maka dia tidak akan bisa pulang. Kalau tidak bisa pulang, tentu ini akan merugikan dan membahayakan dirinya.Pertimbangan semacam ini dibolehkan dalam Islam. Artinya, meskipun kewajiban shalat tidak bisa ditawar, tapi pelaksanaan shalat itu sebetulnya sangat fleksibel dan tidak menyulitkan.Karena itu, Syekh Izzuddin bin Abdul Salam dalam Qawaidul Ahkam mengingatkan pentingnya memperhatikan mana yang lebih utama dan harus didahulukan dalam ibadah. Kalau dihadapkan pada dua kemaslahatan, usahakan untuk melakukan keduanya. Tapi kalau tidak bisa dahulukan yang paling utama di antara keduanya. Kalau tidak bisa juga, pilih salah satunya.Penerapan dari prinsip ini adalah bolehnya membatalkan shalat dengan tujuan untuk menolong orang lain. Syekh Izzuddin mengatakan:تقديم إنقاذ الغرقى المعصومين على أداء الصلوات لأن إنقاذ القرقى المعصومين عند الله أفضل من أداء الصلاة والجمع بين المصلحين ممكن بأن ينقذ الغريق ثم يقضى الصلاة“Dahulukan menolong orang yang tenggelam ketimbang melaksanakan shalat. Karena menolong nyawa orang tenggelam itu di sisi Allah lebih utama ketimbang shalat. Melakukan dua kemaslahatan ini sangat mungkin dengan cara menolong orang tenggelam dulu, baru setelah itu melakukan shalat.”Penjelasan ini mengambarkan bahwa syariat Islam sangat memahami manusia dan fleksibel. Karena itu, kalau ada bencana alam, semisal gempa bumi, dibolehkan untuk membatalkan shalat demi untuk menjaga diri dari bahaya bencana alam. Khawatirnya kalau tetap melanjutkan shalat, bangunan masjid atau rumah hancur dan mencelakai diri kita sendiri.Bahkan, merujuk kepada pendapat Syekh Izzuddin, mendahulukan keselamatan nyawa lebih utama dibanding shalat. Ini bukan berati shalat tidak penting. Tapi, waktu shalat itu sangat panjang dan luas. Boleh dikerjakan selama waktunya belum habis. Sementara nyawa manusia itu hanya sekali seumur hidup.

    • mantap bang, sambil nyimak.

    • yg menyelamatkan diri benar yg bertahan juga benar semua punya Alasan dan dalil yg sar'i yg bisa di pertanggung jwbkn di hdpn Alloh

    • Anime Lovers maksudnya pemuka agama yg sok2 an itu ap yah? jgn pernh sesekali berkata kurang adab terhadap ulama?????

    • allah akan selalu melindungi orang2 yg briman.. jika pun mninggal.. mninggal dlm keyakinan.. soal hati kyakinan..hanya kita dan tuhan (allah)..

    • Saya sangat setuju dng pendapat anda. Klo sy di situ pun sy akan lari menyelamatkan diri. Resiko ny terlalu besar klo ttp melanjutkan. Klo smpe trjdi apa2 kan, akan menambah korban. Korban yg ada aja sdh bnyak. Tp Alhamdulillah mreka selamat Tp sudah lh ya, mungkin imam ny tau klo kontruksi mesjid itu masih kuat. Jng kita ribut lh dng masalah ini. Bnyak korban yg perlu uluran tangan kita. Mari sama2 membantu.. 🙏🙏

  • Lebih baik Ngibritttt Dr pd MATI tertimpa...

  • Indon bodoh

  • banyk juga kaum hala yuda dan sangkuni yg slalu memojokn orang lombok ini yg di sebut dajalnya indonesia.

  • Tanya deh ama ahli agama sana, apa lari ditengah2 sholat saat gempa terjadi itu dilarang? Sok2an bilang itu munafik atau apalah, pdhl belajar agamanya masih cetek udah ngejudge ini itu, lu bukan lagi sok pinter tp arogan dan sombong. Sadar diri dan ngaca pake ngatain munafik

  • Pulau Seribu Masjid

  • ya Allah gempa nya gak berhenti2 sampao sekarang😭 cincin api nya lagi aktif jadi bakal gempa di negara2 yg ada cincin api😭

  • Subang jawa barat turut berduka ..

  • Mendingan lari ketimbng mati konyol sholatnya dijamak saja kan bisa

    • gua malm ingin mati dalam keada an sholat, walau bencana, sakit maupun lain lain, insa allah mati dalm keada husnul khotimah (surga)

    • legendaostin setuju bro dng pendapat mu. Tp kita harus memikirkan dampak yg lain bro. Keluarga ank, istri yg di tinggalkan apakah akan bisa hidup layak. Mengurus keluarga ank istri itu pun termasuk jihat di jln Allah menurut sy.

    • Km gk islam sbb tu km gk tau dan berkata begitu,,yg kami sbut yg non islam itu kapfir..sprti km slh stunya

    • Rakha Tirta maklum

    • Kok luh goblok siih

  • Ko pada kaburr imam nya sama 😂 ngapain harus kaburrrr ... Allah bersama kita

    • Sebaik baiknya shalat apapun yng terjdi d sekitar kita . Kita tetep pokus shalat . Kecuali keadaan yng tk memungkinkn . Kita d sini hanya manusia biasa . Hanya mereka dan alloh swt yang tau . Berpikirnlah positp

    • Hari Yaman tapi bukan berarti seseorang dibolehkan terlalu pasrah pada mati bro.. percuma mati kalopun masih meninggalkan urusan dunia yang terlalu banyak.. contoh hutang.. hutang bisa juga menjadi siksaan di akhirat nanti... jadi kelarkan urusan dunia dulu sebelum pasrah mati...itu namanya bukan khusnul khotimah...

    • Tapi gimana kalau ada jawaban" kematian itu bisa dimana saja,lagi diam,tertawa,menangis atau lagi liat video ini, bisa aja kalau sudah waktunya mati ya mati. Jadi jgn pernah takut mati kalau sedang ibadah insya allah mati khusnul khatimah. Gimana tuh?

    • Dedeikal Dedeikal Baca ini pemuka agama yang sok sokan Terjadi Gempa Saat Shalat, Tetap Melanjutkan Shalat atau Membatalkannya?Viral video shalat saat gempa bumi terjadi. Sebetulnya dalam fikih mana yang harus didahulukan, melanjutkan shalat atau membatalkannya ketika terjadi gempa bumi.. Islam adalah agama yang memerintahkan pengikutnya untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Rasulullah SAW dulu pernah menegur orang yang shalat malam sampai lupa waktu istirahat. Karena bagaimanapun, tubuh manusia juga butuh istirahat agar selalu sehat.Demikian pula dalam ibadah. Di dalamnya sebetulnya banyak terdapat keringanan dan toleransi. Tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dan mengindarkan mereka dari kesulitan. Maka dari itu, salah satu tujuan dari syariat Islam adalah raf’ul haraj (menghilangkan kesulitan).Misalnya, dahulu ada seorang sahabat yang membatalkan shalat lantaran kudanya lari. Dia lebih mendahulukan mengejar kuda ketimbang melanjutkan shalatnya. Alasannya, kalau dia melanjutkan shalat dan tidak mengejar kuda, maka dia tidak akan bisa pulang. Kalau tidak bisa pulang, tentu ini akan merugikan dan membahayakan dirinya.Pertimbangan semacam ini dibolehkan dalam Islam. Artinya, meskipun kewajiban shalat tidak bisa ditawar, tapi pelaksanaan shalat itu sebetulnya sangat fleksibel dan tidak menyulitkan.Karena itu, Syekh Izzuddin bin Abdul Salam dalam Qawaidul Ahkam mengingatkan pentingnya memperhatikan mana yang lebih utama dan harus didahulukan dalam ibadah. Kalau dihadapkan pada dua kemaslahatan, usahakan untuk melakukan keduanya. Tapi kalau tidak bisa dahulukan yang paling utama di antara keduanya. Kalau tidak bisa juga, pilih salah satunya.Penerapan dari prinsip ini adalah bolehnya membatalkan shalat dengan tujuan untuk menolong orang lain. Syekh Izzuddin mengatakan:تقديم إنقاذ الغرقى المعصومين على أداء الصلوات لأن إنقاذ القرقى المعصومين عند الله أفضل من أداء الصلاة والجمع بين المصلحين ممكن بأن ينقذ الغريق ثم يقضى الصلاة“Dahulukan menolong orang yang tenggelam ketimbang melaksanakan shalat. Karena menolong nyawa orang tenggelam itu di sisi Allah lebih utama ketimbang shalat. Melakukan dua kemaslahatan ini sangat mungkin dengan cara menolong orang tenggelam dulu, baru setelah itu melakukan shalat.”Penjelasan ini mengambarkan bahwa syariat Islam sangat memahami manusia dan fleksibel. Karena itu, kalau ada bencana alam, semisal gempa bumi, dibolehkan untuk membatalkan shalat demi untuk menjaga diri dari bahaya bencana alam. Khawatirnya kalau tetap melanjutkan shalat, bangunan masjid atau rumah hancur dan mencelakai diri kita sendiri.Bahkan, merujuk kepada pendapat Syekh Izzuddin, mendahulukan keselamatan nyawa lebih utama dibanding shalat. Ini bukan berati shalat tidak penting. Tapi, waktu shalat itu sangat panjang dan luas. Boleh dikerjakan selama waktunya belum habis. Sementara nyawa manusia itu hanya sekali seumur hidup.

  • Ketawa Jgn?

  • lah malah pengen ketawa gw liatnya,

  • itu namanya ngk kuat iman

    • arjuna hitz nyawa juga adalah suatu kewajipan yg mesti dijaga. coba kalau kmu berada diposisi mereka?

  • يامن عصيت الله يوما غافلا ــ أنشودة جميلة ـ فيديو كليب id-tv.org/tv/video-SE0re9nKJe4.html&lc=z230g3ugct2ogleip04t1aokgirfbyihsnjalujbnjhhrk0h00410

  • Iman manusia skrg yg bicaranya sok ahli agama... ternyata masih takut sama kuasa alloh...hanya org2 goblok dan gak akan pernah mencium bau surga mereka...sudah aman dirumah rumah alloh kq mlah pda lari.... goblok kq dipelihara

    • yudhie sbastian "ternyata masih takut sama kuasa alloh", justru kuasa allah yang harus ditakuti!, ngomen sembarangan.. memalukan aja loe

    • yudhie sbastian mungkin kawatir sm keluarga kali

    • yudhie sbastian goblog kok ngatain goblog

    • coba klo ngk lari gimana nasibnya....semoga alloh mengampuni dosa2nya

    • yudhie sbastian gk lihat video yg stelah org lari atapnya pada jatoh ya....pinter dikit aja kok diandelin...beriman sich kita harus beriman tp iman yg didasari ilmu jg kangmas...bkn iman ngawur...drmh ada keluarga yg msh butuh mereka