[DIALOG] Esemka Disebut Sudah Bisa Dibeli, Ridwan Hanif Tanyakan Bagaimana Belinya

Dipublikasikan tanggal 7 Sep 2019
Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik perakitan mobil PT Solo Manufaktur Kreasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dalam peresmian itu juga diluncurkan mobil pikap yang diberi nama Esemka Bima kemudian ada juga mobil SUV yang diberima nama Esemka Garuda dan minivan.

Jokowi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga sempat menjajal mobil pikap Esemka Bima. Jokowi mengatakan harga yang ditetapkan perusahaan untuk mobil pikap cukup kompetitif dalam menghadapi persaingan di dalam negeri.

Baru diresmikan model mobil Esemka Bima sudah dimirip-miripkan dengan kendaraan "Changan Star Truck" rakitan Tiongkok baik dari segi eksterior bentuk dan komponen. Meski begitu Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi mengklaim bahwa produksi mobil Esemka murni menggunakan tenaga dari Indonesia.

Lalu bagaimana pemerintah menjawab berbagai tantangan untuk menghadirkan mobil Esemka sebagai karya anak bangsa? Untuk membahasnya sudah hadir Wakil Ketua Komisi VI Inas Nasrullah, Ketua Departemen Politik PKS Pipin Sopian, pengamat sekaligus vlogger otomotif Ridwan Hanif dan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin.

#MobilEsemka #Esemka #RidwanHanif

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media social Kompas TV:
Facebook: facebook.com/KompasTV
Instagram: instagram.com/kompastv
Twitter: twitter.com/KompasTV
LINE: line.me/ti/p/%40KompasTV

Komentar

  • Bang Ridwan pertanyaannya sama dari dulu... belum dpt jawaban yang pas ya...

  • Ateri dagelan, andria napitulu, dan inas kalo debat nerocos melulu....ciri2 pembela pinokio. Tambah ngabelin juga nerocos

  • Aki aki kacamata hadeeuuh pengen nyocot ubun ubun nya.sama si Ngabalin juga.

  • di desa desa katanya???? aku orang desa ogah ah punya duit buat beli mobil gituan bos, wkwkwkwkwk

  • Kalau model begini jualannya gak bakal laku

  • Tolong lah kenapa ini undang politikus NasDem yang itu, enggak jago banget diskusi main potong sana sini memaksakan banget argumennya hahaha.

  • Waw hebat akhirnya rilis , mobil buatan anak bangsa . . . . . Cina

  • Mau ketawaaaa takut dianggep radikal anti Pancasila....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚...apalagi si kadalin ....ngomong ky pham bgt...aduuh bersorban tp kliatan anu nya

  • Ngaaakak.....!!!!! Kok begonya keliatan amaaaat.....

  • Gesits sama AMMdes aja ga tau... sok2an ngomong di desa lh..di kota lh...

  • gue ketaewa hahahahhaha

  • Untuk yg dukung 2 periode Sekarang saatnya anda menggunakan akal dan pikiranmu yg rasional

  • Ngibulin buang saja ke lauuuut

  • Bang Ridwan terjebak debat politik๐Ÿ˜‚

  • 7:25 seperti menasihati tapi menjatuhkan

  • Ketauan bgt yg nggk ada pemikiran itu siapa wkwkwk

  • Sultan Ridwan

  • Ndobol saja...ini si anas dan ngabalin tentang mobil ESMKA

  • Showroom mana showroom mau pesen 1 esemka BIMA buat angkut cebongยฒ

  • Bener mobil esemka atau mobil changan sih??

  • Yang tua tua pada lucu, gemes dh jadi... Wkwkkwkw

  • Coba buktikan saja ke pabriknya harusnya

  • Sorumnya di mana? Bengkel resminya di mana? Brosurnya disebar dong ke pengusaha di desa klo emang sasaranya desa2

  • Ridwan Hanif: ga usah malu ga pnya mobnas, kita msh punya PT PAL, PT DI, PT INKA... satu lg bang qt msh punya PINDAD produsen panser&ranpur,

  • ini cebong emg disetting buat ngomongnya bgtu apa ya??

  • kasian disini liat ridwan hanif. lawan bicaranya ga nyambung sama sekali. ๐Ÿ˜‚ harusnya diundang dari pihak esemka nya juga. bukan cuma para politikus.

  • Menit 05.12.... M S K?????????????

  • Kenapa ya.. asal dikritik baek2 malah dianggap sebagai hujatan..? Asal yang ngomong oposisi aja.. langsung di claim seolah2 akan menghambat.. Ya Allah.. Jauhkanlah bangsaku ini dari pecah belah.. aamiin

  • Narasumber nya cuma Ridwan yang di bahar mahal.

  • Siapa yang mau beli ini mobil he he

  • Pas denger Viar dari india langsung ngakak gw. wakakakakakak... Pea nya keluar...

  • bisnis otomotif itu cari untung

  • Hanif: sok tau lu cod!! Gw:wkwkwkw

  • kiat esemka adakok guys

  • Dengan pedenya dia bilang viar itu dari india. Bacotnya gede. Tapi otaknya ga nyampe ya gitu. Gw kalo jadi anaknya malu sumpahh

  • Hahaha ngerti mobil aja kagak. Ngerti pemasaran aja nggak.ngerti branding nggak. Ilmunya juga ga sampe. Bisanya bacot doang. Duhh pemerintah bubar aja dehhhh

  • Mas ridwan hanya Tanya promo material esemka malah dijawab ngaco yah. Jawaban ga nyambung, ketauan banget ga siap untuk produksi Dan menjual.

  • KALIAN KIRA ANAK MUDA INDONESIA, MUDAH KALIAN BODOHI YA BOSSSSS,,,,

  • dari pihak esemka ga ada yg tampil di media? kok yg bela dari pemerintah ya? bumn atau swasta ya?

  • Yaelah ngabalin ngomong sama ridwan hanif aja pake emosi Dia bukan politikus bung, udah pasti dia bukan oposisi Dia itu bicara dengan insting jurnalis otomotif sesuai pengetahuan dia tentang otomotif Dan jangan salah, pengetahuan dia di dunia otomotif itu luas, bukan kaleng kaleng

  • Ines. Air ines ahaha

  • Sya ksni gara'' ada wjah bang ridwan,,,

  • Bang Ridwan Hanif top markotop dah ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Ngabilan bantah ridwan hanif kok ga apple to apple ya ๐Ÿคญ

  • Yg gw bingung itu si ngabalin ini, Dia itu JUBIR PRESIDEN apa JUBIR ESEMKA sih sebetulnya??

  • Buat pickup gak niat buang2 duit gak bakal laku

  • 2012 sama 2014 sudah d perkenalkan mobil esemka sekarang udah mau 2020 ternyata bikin usaha nasional itu banyak pertimbangan ya, mirip jaman penjajahan dulu barang barang di monopoli penjajah.giliran anak bangsa mau go nasional banyak hambatannya. Hambatannya dari anak bangsa itu sendiri, miris rasanya kalau negara kita masih seperti ini

  • Mobil siluman

  • kena minyak angin si jae lagi nih...

  • Mobil khayalan..๐Ÿ˜Ž๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • esemka brandingmu jelek cok

  • 12 :07 hah ????????

  • Politik ngurusin otomotif ya ngga connect. Kebanyakan Orang orang jaman old

  • Ali mutar balik......

  • Siinas banyak ngeles dasar ga tau malu...

  • ESEMKA GAMAU DI KRITIK YA, MALAH MARAH2๐Ÿ˜‚

  • TOLONG CARI NARASUMBER YG SEIMBANG DENGAN RIDWAN HANIF, KALO NARASUMBERNYA SEPERTI INI MALAH GA NYAMBUNG

  • Ini yg dijelaskan Hanif apa, trus yang dikomentari Gombalin apa, kok nga nyambung (tertawa lagi), hadehhh. Memang sptx tergantung siapa yg lagi menggaji meraka sih, Apalagi yang lagi ngotot ngomong nya cari pembenaran, Atau z yang kurang cerdas nangkap apa yg dibicarakan ??? Anak bangsa dijadikan sebagai tameng ??? hehehe Maju terus Hanif, jangan ragu tunjukkan yg benar ya, ajarin mereka biar paham :-)

  • Produk siluman !

  • Jangan berlebihan lah. Esemka itu cuma mobil mainan hehehehe