Effendi Gazali: Sandiaga Kenapa Tidak Adukan Andi Arief, itu Fitnah Lho...

Dipublikasikan tanggal 14 Agu 2018
Indonesia Lawyers Club (ILC) 14 Agustus 2018 mengangkat tema "Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP" #ILCAntaraMaharDanPHP #JokowiMaruf #PrabowoSandi
Calon Presiden Joko Widodo akhrinya memilih Prof KH Ma'ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2019. Padahal, sebelumnya nama Mahfud MD yang digadang-gadang bakal mendampingi Jokowi. Bahkan Mahfud sudah siap dengan kemeja putihnya untuk menyaksikan langsung pengumuman cawapres Jokowi.
Namun keputusan berkata lain. Jokowi lebih memilih Ma'ruf Amin ketimbang Mahfud MD. Keputusan ini keluar setelah digelar rapat dengan sembilan ketua umum dan sekjen partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.
Nama Mahfud MD adalah yang paling kencang disebut sebagai pendamping Jokowi. Dia bahkan sempat menceritakan detik-detik dirinya dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.
Mahfud mengakui sudah dipanggil pihak istana untuk mengukur baju yang akan dipakai dalam pendaftaran ke KPU. Dia memastikan kalau deklarasi akan langsung dilakukan setelah diumumkan. Mahfud bahkan menyerahkan curriculum vitae (CV).
Peristiwa lain adalah munculnya tudingan dari Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut Sandiaga Uno memberikan mahar politik agar dipilih jadi pendamping Prabowo Subiato, calon presiden yang mendapat dukungan dari Partai Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat.
Andi Arief menyebut Sandi memberi mahar Rp500 miliar untuk PKS dan PAN. Pemberian uang inilah yang menjadi penyebab tidak dipilihnya kader Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai pendamping Jokowi.
Merespons situasi politik yang terjadi saat ini, tvOne melalui program Indonesia Lawyers Club menghadirkan diskusi dengan tema 'Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP' yang tayang Selasa malam, 14 Agustus 2018. Program ini dipandu langsung oleh Karni Ilyas.
Link Full Video: id-tv.org/tv/video-l2_1ijp8BmE.html

Komentar

  • Benar x bro hanya ngomong doang dan bisa juga propokator. Pak gajali. Pandai om do.

  • JELASKAN PAK MAHFUD SESUAI HUKUM YANG BERLAKU

  • memang nga salah klu pks it partai kejar storan

  • Katanya PDI CS ga butuh suara umat islam... Alloh sudah membuka aib aib PDI CS

  • .

  • Efendi gozali maunya jadi apa kalau mau jadi persiden sabar pasti bisa

  • Saya menunggu calon alternatif, pa Mahfud Md lebih pantas jdi presiden.

  • yah biar pun dilaporkan ga akan di proses lah karna klo yg namanya masih pro pemerintah pasti bebas hukum

  • sukses untuk padi

  • Sekarang faktanya aja belah siapa cak fendi ? Jangan belak belok.

  • Meh GOLPUT wae...😜sana sini sama aja,mulut pada ga bisa dijaga,isinya menghujat menghina...πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

  • Orang yng ber Agama ga bakalan memperpajang pitnahan perinsip nya pa Sandi Allah yng tau tanda nya orang IS THE BEST

  • efendi gazali bacot

  • Jangan jadikan negara ini dg jualan kartu yg bikin bangkrut . Sediiih swmua merasakan susah akhirnya ...bener2 ugal ugalan

  • P mahfud.. aura pucat .. makaxa minum truss..

  • President nya memang jokowi tapi rasa pemerintahannya Rasa Megawati . jokowi hanya petugas Partai .. 2019 GANTI PRESIDENT Aamiin yaa Robbal Alamin Aamiin yaa Allah ..

  • mantap efendi gazali dukung prabowo

  • kebesaran hati yg menyakitkan, sekelas dan kepiwaian pak mahfud saja mau mempermalukan beliau yg sangat dihormati rakyat di negri ini, bilalah rakyat ini dapat benar2 memilih siapalah pemimpin negri ini yg tepat yg hrs konsisten.

  • AGUS S / SINGATERBANGUN KAMPUNG MELAYU KECI RT06 RW 10 TEBET JAK SEL KETUA / REKTOR SEKOLAH TINGGI I T A SAUDARA KU KAUM MUSLIM SAYA BUKAN ORANG YANG KAYA RAYA TAPI ALHAMDULILLAH SAYA DI TAQDIRKAN ALLAH JADI ORANG CERDAS KALAU ADA YG NGASIH SAYA UANG SERIBU TRILIUN DG SYARAT MEMILIH CAPRES DAN LEGISLATIF YG DI USUNG PARTAI PEMBELA PENISTA ALQUR'AN DEMI ALLAH SAYA TIDAK AKAN TERIMA ORANG YG OTAK CEKAK AKAN KOMENTAR SIAPA YANG MAU NGASIH PERHATIKAN BAIK BAIK CARA NALAR NYA KATA ORANG BIJAK BICARA DENGAN ORANG BER AKAL CUKUP DG BAHASA ISYARAT PAHAM YA AAA .....!!!!

  • Tetap netral pak!

  • Salut buat pak Mahfud MD dan pak Effendi Ghazali. #2019TaubatNasuha

  • Saya melihat jokowi tapi yang saya coblos prabowo πŸ˜‚πŸ˜‹

  • Apapun ceritanya saya tetap pilih prabowo sandi menang atau tidak

  • Mau siapa aja jd presiden ga masalah...yg penting anak kosan kalangan menengah kebawah masih bisa ngerasain yg namanya "paceng/paket goceng" buat makan siang kenyang yg telah dirindukan sejak 2015...

  • bukti nya skarang apa hukum di indonesia ?? hnya tumpul di atas tacam di bawah apa kah itu bkn pemimipi ubur2 gak bisa mengatur uud di negara kita ini masyarakat bawahan semakin tertindas masyarakat atasan semakin leha2

  • kodok ngoceh

  • effindi ganzali ?? lo banyak bacot cocotmu tak ada sopan santunya english koyo kodok berut gak ada mutu nya dengan masyarakat ganzal2 hari2 mengamal ? tetap pk prabowo dn sandy gak ada yg istimewa slain prabiwo dn sandy ? mulutmu yg yrosos koyo kodok ganzali ganzalo

  • Untung ada Presiden Ts. 20 %. Kalu idak, ramai2 daftar jadi capres, 20 partai capres nya ,20, waah seru, seru ntar aja tahun 2024 aje kite hapus tu PTs 20%. biat rame heboh.

  • 11.20-11.36 Saat ini Capres Prabowo-Sandi sedang naik daun/ sedang menang, sesuai riset yang dilakukannya kata pakar komunikasi Effendi Gazali

  • Effendi Gazali : Indonesia ditangan Prabowo-Sandi mengantarkan Indonesia ke masa depan atau mengantarkan anak muda Indonesia ke Indonesia masa depan...perubahan ditangan orang2 muda..

  • #2019GantiPresiden

  • P efendi ..mantab lucu ... wkwkwk..

    • aku ni orang menengah kebwh aku subsidi bbm di cabut untuk bangun yg lain toh aku beli bbm 20rb aj sampai kmn.mn kalau ngga enak yg ky dan yg bermobil byk logis nggak

  • pak jokowi mah,,ngecewain rakyat kecil,bbm sering naik,harga pangan serba mahal,subsidi listrik di cabut,yg kaya gitu ko bela rakyat,,,presiden ko di atur ma banteng,

  • mantap #pas# beri kesempatan buat kaum muda milenial...

  • Tlp 08788-25592-35 n W

  • Abdul sagap

  • Abdu sagap sandi

  • Abdul assegaf

  • Msh area tangerang banten 15142 ok ...

  • Ada bosss ...

  • Jakgwi ya jakowi car yg terbaik dan bersih spt pak jakowi,,,dan baik yg benci itu yg suka korupsi,tdk bisa korupsi marah marah ,makanya yg baik pasti mau disingkirkan yg busuk di a ngkat tunggu kehancurabn karena manusi a manusia ,ini tdk suka indonesia maju dan damai ,pasukan kampret pasukan sakit hati dan dendam,,,,yg otaknya cuma mau mengeruk uang negar dan tak perduli rakyatnya ,pemalas tdk nampak vukti kerjanya,yg terlihat hanya kebencian dan memfitnah dan sangat provokatif,,,,koar koar dgn congornyapun murahan tak vanyak maanfaat ,penuh kedengkian dan busuk

  • no

  • Ah jadi wagub aja gak bener dan belum ada ide ngurus jakarta malah jadi wapres haha, gw malah respect sama pak Anies masih amanah dan fokus di DKI

  • bagus lah ga jadi si mahfud ga jelas begitu nanti juga masa depan bangsa ga jelas lagi

  • Apa lagi yh yng mau di jual sama jokibul

  • Sokk pinter kabehh ujungny makan uang rakyat mnafid smuaa

  • 2 prode buat bpk jokowidodo

  • Di tonton dr sabang sampai meroke dan ingat rakyat sudah cerdas semua.dan bisa menilai .

  • Pelawak masuk ilc

  • Pilih yang PAS! (Prabowo-Sandi) #2019DiaTakutDiganti

  • Inilah yang namanya jaman edan ... nek ora edan ora komanan ... gpp p mahfud lebih mulia gak komanan.

  • Kalau effendi ghazali kebagian, dari 500.M, pasti dia tdk nyinyir.Mikir donk!

  • Effendi ghazali! Jng suruh2 org memproses/mengadukan andi arief. Soal mahar 500. M. Kalau anda mengatakan itu fitnah, mengapa bukan anda yg mempolosikan andi arif. Sebaiknya anda jng mejnjadi profokatorl Jng iyokan di urang, lalukan di awak. Yg pasti anda tdk lebih pintar dari Jojowi.Jokowi menjadi presiden karena dikussai dan diatur Tuhan. (Q.S.114 :2). TUHAN MENGUASAI DAN MENGATUR MANUSIA. Wajib hukumnya menggunakan otak AFALAA TA'QILUUN. Apakah kamu tdk berfikir. BARANG SIAPACYG TDK MENUMPAHKAN INGATAN KPD TUHAN YG MAHA PENGASIH,MMAKA KAMI BIARKAN SETAN MENDAMPINGINYA. Q.S. 3 : 36. HANYA ORG2 YG MAU BERFIKIR SAJA YG DPT MENGAMBIL/MENGERTI AJARAN INI. Itu artinya ; org yg tdk mau biar sampai budek, sampai rambut memutih sampai gigi tinggal g bahkan sampai meninggal dunia, tdk akn mengerti ajaran Tuhan. MAHA BENAR ALLAH DNG SEGALA FIRMANNYA.

  • Prof Mahfud,percayalahvpada Tuhan ygcmengatakan : KEPUNYAAN NYALAH KEKUASAAN LANGIT DAN BUMI. SEGALA URUSAN AKHIRNYA KEMBALI KPD ALLAH. (Q.S. 57 : 5). Anda seorang muslim yg sarjana. Namun kenapa anda jadi begitu, apakah anda lupa menggunakan akal??? Hati2 lho! Org yg tdk menggunakan akal dipandang hina oleh Allah. Coba baca Q.S. 10 YUNUS : 100. TDK SEORG PUN AKAN BERIMAN KECUALI ATAS IZIN ALLAH. DAN DIA MEMANDANG HINA TERHADAP ORG2 YG TDK MENGGUNAKAN AKALNYA. Jika seseorang dipandang hina oleh Allah, maka kadar kehinaan itu menjadi 18.250.000.x karena sehari bagi Tuhan = 50.0000. Thn menurut perhitungan manusia. (Q.S. 70 : 4). Hati2 prof, sayang kalau anda tdk percaya kpd Tuhan dan hina. MAHA BENAR ALLAH DNG SEGALA FIRMANNYA.

  • Kejamnya koalisi jkw mempermainkan pak mahfud hahaha

  • Yg menang tetep bang karni krn ratingnya naik terus, kita mah dapat debat terus, siapapu presiden sadarilah esok kita tetep nguli brow, kata iwan fals politik itu kejam, dibawah dibikin ribut diatas menikmati

  • saya sangat salut dan Bangga pada Prof. Mahfud yang memiliki hati besar dan penuh dengan sabar... tapi walau demikian, saya selaku orang asli MADURA sangat tidak terima Prof. Mahfud di perlakukan seperti, dan yang jelas saya tidak akan lagi mengidolakan Jokowi, dan saya akan mengajak semua sanak family serta rakyat Madura untuk memlih lawannya JOKOWI !!!!

  • Pak mahfud minum terus..... utk mendinginkan hati kah??? Semangat terus, pak!!!!

  • Kok spt ini model demokrasi indonesia tingkat terakhir...presiden n wakil presiden...mana etika politiknya...shg balas dendam n balas budi yg ada...non negarawan..ini suatu kemunduran peradaban..padahal demokrasi hakekatnya perbedaan yg beretika scr cerdas untuk mendapatkan pemimpin yg berkualitas dg sejumlah turutanya..sistem perlu dirrvisi k depan agar nuansa ini menjadi lenyap...

  • Memang pilihan hanya dua, Bpk. Jokowi-Bpk. Prof. K H. Ma'ruf Amin dan Bpk. Prabowa-Bpk. Sandi, tapi anehnya sampai saat ini masih ada #2019 gantipresiden yang kemungkinan punya capres/wapres selain dua pssangan di atas.

    • Raktyat Sekrang. Tau.mna.yg..sok. sok.. Prjuangkn. Politik. Tp. Rakyat. Bisa. Memilih. Capresya.. Yg. Tidak. Bikin.umt.bradu?. Dn. Ekonmi. Stabil.jg.loker.bg.ank.bngsaya.

  • Itjima ulama aja di kibulin apalagi rakyat salam 2periode

  • efendi ghozali sibuk ngurusib hoax maalah andi arif, AA udah minta maaf, SU sdh memaafkan, prof MMD jelas jelas dilecehkan tapi gak komentar, susah kalo sdh masuk angin

  • Menit 13:34

  • Effendy way better than Gerung

  • Yg nama ny manusia muka ny senyum pasti hati ny pedih aku hanya bisa bilang kasian prof makfud

  • Itu karna kardus.. 5+5 artinya kubu sebelah itu fulus yg berbicara dan ikjima, ulama di biarkan..

  • efendi kurang seempel penjelasanya.

  • Jokowi dari dulu itu memang petugas partai yang tunduk pada keputusan Megawati. intinya jokowi hanya boneka Megawati yang bisa seenaknya disetir kekuasaan yang dibelakang Jokowi. saya tau melihat mana presiden boneka dan kana yang ikhlas untuk Indonesia

  • Bahasa filsafat..sya lbih enak di dengar omongan EG drpd RD..lebih cerdas.. #Opinisaya

  • capek

  • capek

  • 2019TETAPJOKOWI

  • pak roki bilang klo ada yg mnunda2 kptusan pasti lgi mlakukan persekongkolan atau kjahatan,, sperti siapa ya? Yg mau nentui wakilnya smpe lama bnget??

  • TV ONE stasiun TV yg tidak netral. #enakjamanku_ Toh

  • Rezeki nggak kemana Prof Mahfud MD. Santai aja.Prof ilmunya tinggi dan dihargai.

  • Presidenku joko wi mahruf amin kiayiku

  • Pak mahmud pahlawan baik ,jng di goreng 2 terus

  • "Marilah bung kita menanam PADI, Prabowo Sandi". Marilah bung kita rebut kembali..

  • Ada udang di balik sandi??? Kok bisa gerinda semus

  • PAS IDOLAKU

  • Bang Effendi...Keren

  • hay anjin km jng soh pinter

  • andai seluruh warga indonesia nonton ilc

  • rocky gerung pengamat atau oposisi pak karni?

  • Btul ap kta gozali,,,,,ad ap,,,,, partay yg notabenya d bwah 15%,, kok bsa Unjuk gigi,,,, Capres dn Cawapres dri stu partai saja,,,, hny tuhn yg tau,,,,,

  • Saya acungi jempol kpd Andy arif yg sdh berani membuka kedok org yg tdk betul

  • Kami berharap profesor Ahmad MD berbesar hati,,, Bpk Ahmad MD bkn gk dipilih karena krg kaliber tp demi rakyat indonesia yg maukan umat islam mnjadi pmimpin

  • pak karni,kalau ada anggota DPR,terjerat hukum,yg lain kok ngroyok KPK ya.ada AP ni.???

  • id-tv.org/tv/video-KSh4-kbjWKQ.html

  • Cebong kepanasan Tunggu saja kebenaran akan terungkap

  • pesan moralnya adalah jokowi adalah pribadi yg tdk bs berkutik baik sbagai presiden maupun capres, oleh karenanya cara menutupi ketidakberkutikannya itu melalui pencitraan2 ... dan sy sdh bosan. 2019 presdien baru ajalah

  • Saya bukan pendukung jkw dan prabowo. Saya inginnya Indonesia damai. Cukup cebong sama kampret. Ini ILC ngomongnya selalu berita seimbang tapi selalu berat sebelah. Ini opini saya

    • kalau metro tv gmn? mohon opininya

  • Fakta,,,,,fakta,,,,,, yg jelas kepolitikan hanya mementing kan kuasa, Uang. Juga ketenaran , ini para Rakyat kecil sudah pada faham , dan Rakyat kecil juga tau , Presiden mana yg ber prestasi dari segi pelayanan, pembangunan , keadilan sosial bagi seluruh Rakyat INDONESIA, dsg,,,,,nya,,,,!!!

  • Hhhhhhh politik nggak ada yg jujur , semua nya haus kekuasaan!!! Tak luput bpk frofesor m,d . ini.... Ter nyata, ttp pilih JOKOWI 2 periode , lanjut kan pembangunan yg merata,,,,! Apa pun plimik para politisi !!!!

  • Apalagi yg mau di banggakan dari Partai pecinta Mahar? Pilgub di KANDANG sendiri Jawa Barat aja K.O? Lihat aja siapa yg bakalan TENGGELAM si KAMPRET atau si CEBONG😁😁😁

  • Terus Fokus satu titik hanya itu titik itu kita datang pilih sandy insya ALLAH menang yo yo ayo yo ayo yo yo ayo yo ayo yo yo ayo kita datang pilih sandy insya ALLAH menaaang aamiin.

  • Indonesia lawak club

  • Ali Mochtar Ngabalin, punchline nya tuh disini wkwkwk

  • Yang jadi pertanyaan saya Klo emg ILC netral . Berani ga ilc angkat isu " JENDERAL KARDUS PLUS MAHAR POLITIK 1 TRILIUN". ? jgn cuma angkat isu mengenai pemerintah aja walaupun cuma isu remeh temeh langsung di angkat di ilc asal berbau pemerintah.

  • Menurutku, yg selalu netral di ILC cuma Prof Mahfud dan Bang Efendi Gazhali πŸ‘πŸ‘πŸ‘†