Format Debat Pilpres 2024 Diubah, Siapa Tekan KPU? | ROSI

Dipublikasikan tanggal 8 Des 2023
JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua KPU Hasyim Asyari menegaskan tidak pernah ada arahan atau tekanan dari pihak manapun terkait perubahan format Debat Capres-Cawapres 2024. Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU berada di tengah-tengah kompetisi pesta demokrasi lima tahunan ini. Maka, Hasyim menjaga jangan sampai KPU justru menjadi faktor pemicu konflik.
Sesuai UU Pemilu, menjelang Pilpres 2024 akan ada lima kali debat, dengan format tiga kali calon presiden dan dua kali calon wakil presiden. Masing-masing pasangan calon akan menghadiri setiap debat, namun memiliki porsi bicara sesuai sesinya.
Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Ketua KPU Hasyim Asyari. Saksikan dalam ROSI eps. Gaduh KPU, dari Data Bocor hingga Ubah Debat Cawapres di kanal youtube KompasTV.
Link: β€’ [FULL] Gaduh KPU, dari...
Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/talkshow/467751...

Komentar: 178

  • Allah MAHA MENGETAHUI SAMPAI HAL2 TERSEMBUNYI SEKALIPUN, INGAT SUMPAH ....

  • Mengingat menimbang CAPRES dan CAWAPRES adalah sosok sentral penentu kebijakan bagi arah pertumbuhan perkembangan kemajuan dalam jangka pendek juga jangka panjang bagi negeri ini maka sangatlah pantas jika debat KPU perlu ada perbaikan dalam beberapa hal antara lain sbb.; 1. Durasi Pemaparan VISI MISI untuk masing2 paslon diberikan cukup 2 menit saja 2. Jawaban atas Pertanyaan yang telah disiapkan oleh KPU diberikan durasi waktu 5 menit untuk dijawab oleh masing2 paslon 3. Durasi tanya jawab dari dan ke masing2 paslon diberikan waktu 2 menit untuk bertanya dan 5 menit untuk menjawab, sedangkan Materi Pokok pertanyaan TIDAK disiapkan oleh KPU tapi datangnya langsung dari isi kepala masing2 paslon agar Masyarakat dapat menilai bobot kualitas calon yang akan memimpin negeri ini kedepan untuk mencapai lompatan kejutan spektakuler dan tidak ragu menentukan pilihannya 4. Pernyataan Penutup dari masing2 paslon diberikan durasi waktu 3 saja 5. Paslon DILARANG membawa catatan berupa apapun dan tidak boleh mengintervensi panggung lebih dari radius 70cm Penutup Mudah2an masukan ini dapat menjadikan acuan pertimbangan πŸ™β€

  • Alah muak...itu dari hatinya sendiri yg pilih cah karbitan..gmana mau netral KPU...

  • Ketua KPU hanya jujur kepada keluarga ,tapi dalam pekerjaan lain tak jujur πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Pidanakan ketua n komisioner kpu atas kebocoran data

  • Banyak aturan ygmulai di otak atik

  • 1000% gak percaya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  • Tpi rakyat ga percaya apa yg anda katakan, bukan kh begitu para netizen yg budiman??? πŸ˜‚

  • Preeet, utk apa aturan debat yg sdh di tentukan lalu di rubah, kalo bukan untuk memihak paslon tertentu, kalo tidak memihak, lakukan debat sesuai aturan yg ada, tanpa di rubah. Mudah kan, cara berpikirnya dan rakyat pun tau .

  • Ya ga mungkin bilang apa adanya. Sekalipun mungkin ga ada orderan, kapeu punya kepentingan untuk mendukung langkah pak lurah.

  • Segalanya bisa diatur dg mudah... Karena rezim penguasa yg menguasai para penegak aturan...mestinya segala aturan yg sudah Baku itu ditingkatkan kwalitasnya.. tapi yg terjadi penyunatan demokrasi

  • KPU jangan jual harga diri lembaga

  • Ditengah tengah siapa maksudnya hayooo

  • BPK KPU. Ingat sumpah nya kekuwsaan TDK selmanya. Ingat pak KPU,, bahwa semua akan meninggalkan dunia d alam sna menunggu sumpahmu

  • Udah ga percaya sama KPU sama aja Ama MK πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  • Ga percaya sana sekali jika KPU jujur.

  • Lantik aja langsung,,jd ga buang buang DUIT negara

    • Bagus jangan merengek nanti ya

    • @@mulyadi-yt5xe baguslah.u ga dpt apa apa..w jg ga dpt apa apa, ... apa u dpt sarapan sama susu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • design , design, y gini, paham kan

  • Kalau tidak ada arahan, tidak ada tekanan... lalu ? mungkinkah dijanjikan sesuatu... jabatan misalnya, kemewahan misalnya.

  • Omongan sama tindakan sama g ya n semua ucapan kita nti d pertanggungjawaban d akherat kelak ya

  • Dapet arahan dari pak lurah

  • hebat... menaikan rating tv

  • Lihat saja nanti siapa yang menang,dan petugas KPU ikut siapa.

    • Kalo yang menang no 2 , kpu terlibat nature yg menang ,,,

  • Itu yg dibicarakan di mediaπŸ™ƒ

  • Makin ragu dengan kenetralan kpu

  • Kita doa kan aja semoga BPK BPK yg ada di KPU amanah sedikit ajah tunggu balasannya Allah tidak tidur

  • Teu percaya lah

  • Semua akan dipertanggung jawabkan nanti. Sadarlah

  • Kenapa setiap pemilu KPU selalu ada oknum yang Korupsi

    • Ya karena yang diurus bukan cuma surat suara doang, ada uang triliunan rupiah,malah kalau bisa di buat 3 putaran ke4 baru pinal.

  • Percuma KPU adakan pemilu. Klo pemenangnya udah disetting siapa pemenangnya dikira rakyat anak tk bisa dikibulin dan dibohongi. Buang anggaran saja

  • Dg alasan apapun sudah bs di baca sejak awal udah g Jujur

  • Sm gk percaya

  • Bila uang sdh berbicara maka kebenaran akan bungkam.dasar manusia rakus...

  • mana ada maling ngaku.. banyak bohong

  • Oya......bener ni

  • Jangan jangan jangan jangan πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  • "Gk pernah ada ya ..arahan tekanan atau pressure dari siapapun."........halah wz awuren pakde!!πŸ˜‚

  • Ya jelas beda dong!! Kalau peraturan sekarang mengikuti dan menyesuaikan Den DabrusπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

  • Ingat pak nanti saat di akhirat semua perbuatan di dunia akan ditunjukkan, apa g takut dihisap coba tanya hati nurani bpk

  • Kasih Persen Urusan beres

  • Ada ga si ketua KPU ketangkap kpk

  • Kalau ngaku ya buyar semua ...

  • Sekarang ini tidak mudah mencari yang BERSIH, Hampir disemua lini bisa dikondisikan

  • Mana mengakui...

  • Yah.ngakmungkin.lah.mau.ngaku.kalao.ngak.ada.tekanan.arti.nya.ngarang.sendiri.gila.kalao.ngada.ngada.

  • Jaga posisi kursi jgn hilang yooπŸ˜…

  • ingat pak.ucapanmu itu harimau.ingat rakyat udah CERDAS.namun tak berdaya .

  • Mana mau ngaku

  • Menjadi pejabat Harus Amanah apa lagi usia sudah senja , Banyak banyaklah bekal akhirat

  • DEBAT CAPRES/CAWAPRES TIDAK PENTING, MESLI DEBATNYA BAGUS2 UJUNG2NYA KORUPSI

  • JUDULNYA KURANG TEPAT, KASIH JUDUL "SIAPA YANG MENYOHOK KPU"

  • Bagaimana pendapat KPU dgn isyuh pilpres Di tahun 2019, dalam tanda kutif, oleh METRO TV yang sd banyak di publikasihkan ke Publik, bahwa ada dugaan terjadi kecurangan waktu itu.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • LBH berat hukum Allah

  • Gak usah di tutup tutupi... Gerak geriknya sudah dibaca masyarakat. Contoh aja mengenai debat aja sering gak jelas... Suruh nyontoh aturan yg sudah ada seperti sebelumnya aja gak mau

  • Ketua kpu nya juga udah ada kasus dari awal aku ora percaya KPU-nya netral...

  • Gek sopo percoyo paaakk...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Siapapun yg ngomong uu disini cuma buat perut mules.

  • Gaya2-nya mirip kayak uncle usman 😒πŸ₯ΊπŸ˜’πŸ₯ΊπŸ˜’

  • Tp Semoga kpu nanti betul" jujur dan adil di pilpres nanti...

    • Profesor aja gak jujur, apalagi yg recehan brooo...

  • Buuntuut ..jika ga ada.......

  • Muaks

  • Beda calon debat karena ada Gibran KPU tak berkutik karena sudah ... ujungnya nanti bs di tebak

  • Ya mesti beda mbak rosi,, soale kpu kebanyakan minim asam sulfat ,,,

  • Mana maling trus ngaku bos penjara penuh gak ngaku aja udah penuh penjara

  • Kalau data pemilih yg sekian juta bisa dibobol. Apa ini Suatu peringatan Hasil pemilu bisa jadi di utak atik ? NGERI😒

  • Gak ada maling itu jujur

  • πŸ˜‚πŸ˜‚lihat mukanya aja uda muyak

  • Kalau dilihat orang awam seperti saya orang desa baiknya 1 dan 3 mundur' saja , hanya boso basi sebagai pelengkap saja,menang pun di TPS,TPS saja di KPU pusat kalah lihatlah nantinya

  • Bisa saja ngomong di depan layar kami itu tidak ada yg intervennsi dari siapapun,kpu itu posisi nya di tengah tengah,wakwakwa ,itu kalau di Depan layar,???????????

  • PREETT..syiim..syiim.. Gak .PP..., tnggung ..tar..ya d Akherast...

  • Paling pa lurah yang nyuruh

  • Ra kere milihh wes rakyat hanya dibuat susah

  • Paling juga nggak jauh dg MK juga utk meloloskan gibran.

  • Berani bersumpah .

  • Ya gak bkl ngaku to mdak rosi ditanya mslh ada arahan atau tdk

  • Mendengarkan para pembual, ngomong tidak ada tekanan bohong besar dgn wajah tanpa dosa

  • Buktikan KPU jujur?????

  • Hati kecilya mengakui ada otak atik

  • Nggedebush...ditengah2 no 2

  • ada arahan mbak rosi,,cuma udah kecang kpu,nya

  • Rakyat udah ngga bisa dibohongi dengan retorika drama yg dimainkan ketua KPU, DAN Ketua MK,,, dikira rakyat ngga cerdas apa

  • yang berbuat curang mati nya b a u .

  • Ini orang gak bisa di percaya

  • Capres siapapun yg jadi tak akan mampu mengatasi permasalahan pupuk,bbm, sembako

  • Katanya ketua KPU dari keluarga pesantren, berarti mengerti ajaran yg baik dan tdk baik. Perbuatan baik akan mendapat imbalan yg baik, begitu juga sebaliknya. Bekerjalah jujur, tdk curang, tdk berpihak kpd salah satu Paslon. Ini menyangkut kepentingan bangsa dng jumlah lebih kurang 250 jt org, itu yg akan dipertanggung jawabkan.

  • Kami berada di tengah-tengah...di tengah-tengah rezim maksudnya

  • Mosooooooo.. yakin tuhh???

  • Ketua KPU,,anak buah pak lurah.bisa diatur bro

  • Mk aja bisa d tundukan apalagi kpu

  • Boleh Bpk, berbicara muter2 dgn dalil.... Jika itu, tulus, jujur, dgn kondisi, tapi jk penjlsn Bpk itu, tdk jujur, krn faktor2...Rakyt yakin AllahnMahakuasa, mk jk ucpn manusia tdk jujur, scr alami nanti yg memgadili, ingat akhir hdp yg ditunggu kematian, jgn menysl.... Liang lahat.

  • Gara" si karbitan jadi semuanya RUNYAMMMMM

  • Di tengah2 kekuasaannya ya pak kpu udahlah jgn banyak maikan amanah masyarakat itu gk bodoh undang2 sudah jls kok ngapain pake di utak atik aturan

  • Lain hati lain mulut suka suka kawu la

  • Coba lah kpu jangan mengabdi sama pemerintah,menhabdilah pada negara,,atas nama negara ,kpu harus mengabdi,bukan sama pemerintah,atau golongan

  • Jujur saja kami MUAK

  • Jadi ketika Anda mengatakan ada masalah dengan mobil listrik, ada masalah dengan daging sapi, maka apa yang Anda katakan berarti semua orang akan mendengarkan Anda.Anis kamu tahu apa itu undang-undang sudah jalan untuk AsiaNegara Asia mengadakan pertemuan, hal ini tidak boleh mempermalukan Indonesia.Saya punya masyarakat Indonesia yang ingin bertatap muka meminta wajah kami.Anda bicara hukum, bukan ada mafia, yang ada mafia, kalau ada bukti pasti ditangkap.Kalau bicara hukum di Indonesia, kalau terjadi sesuatu harus dilakukan.Kalau terjadi apa-apa di Indonesia, kalau ada mafia dan korupsi pasti kami lakukan, kami terpengaruh dengan apa yang bapak sampaikan di depan mata.Kalau ada urusan pada hari itu, sebaiknya berbuat korupsi, begitulah hukum di Indonesia.Kalau bicara hukum di Indonesia, kalau terjadi sesuatu harus dilakukan.Anda berbicara tentang hukum, bukan hanya kata-kata Anda.Indonesia adalah negara yang menganut prinsip hukum,Indonesia adalah tentang hukum, bukan hanya apa yang Anda katakan.

  • Kelihatan bohongnya

  • Helehhh gak percoyo

  • Bapak2ingat dosa. Ga takut ya. Du azab Allah. Kl memihak satu golongan. Yang wahar aja. Debatkan sehat.

  • baiknya KPU buatkan saja panggung acara tiap capres cawapres untuk mengemukakan gagasan serta menawarkan apa saja yang menjadi program para calon secara sendiri-sendiri!!kenapa??karena 10 tahun terakhir,acara debat justru hanya menjadi ajang para pendukung untuk saling merendahkan,saling menghina dan bahkan sampai bermusuhan,yah...sperti kita tahulah ya kan..., ketika seseorang sudah mendukung salah satu calon dan dengan gengsi dan anstusiasnya yang kelewatan tinggi, maka adalah hal yang sangat mustahil dan sulit untuk merubah mindsetnya sekalipun itu dari acara debat atw kampanye atau apapun yang menjadi wadah sosialisasi para calon,baik di TV,medsos dan media lainnya.begitu banyak org mempermasalahkan acara debat sampai2 sudah di titik saling membully dan ujaran2 kebencian,takutlah,gak siaplah,dan apalah yang lain!!??hhhmmmm,lihat aja sekarang,para calon lagi adem ayem tetapi justru para pendukung yang udah mulai debat terbuka, hahaha,edan!!malahan sampai muncul juga isu KPU ditekan dan lain sebagainya,yah itu semua dari siapa lagi kalo bukan dari para pendukung yang terlalu fanatik,marilah kita berpikiran positif aja,saya sendiri sih gak mempermasalahkan karena sesuatu yang salah dan tidak benar jika terjadi,pasti suatu saat akan terungkap,yah kan?!!!saya sendiri sih sudah mempunyai pilihan sehingga apapun bentuk serta konsekuensi yang akan terjadi nanti yah saya siap terima,tanpa harus koar-koar dan menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain ketika calonku nanti kalah hehehehe...,yah cukup diam dan ikuti proses aja,siapapun yang terpilih nanti yah pasti adalah yang terbaik bagi saya,bagi para pendukung dan terutama untuk semua rakyat indonesia.semoga pemilu ini gak menjadi ajang perusak persaudaraan bangsa indonesia.