Tanggapan Ilmiah Tentang Pernyataan K.H. Ma'ruf Sumatera Barat Buta Al-Qur'an - Ustadz Jel Fathullah

Dipublikasikan tanggal 9 Peb 2019
Tanggapan Ilmiah Tentang Pernyataan K.H. Ma'ruf Sumatera Barat Buta Al-Qur'an - Ustadz Jel Fathullah
Ustadz Jel Fathullah, Lc
Follow kami di instagram : @ustadzjelfathullah
(instagram.com/ustadzjelfathullah)
Facebook : Ustadz Jel Fathullah
(facebook.com/ustadzjelfathullah)
Silahkan sebarluaskan dengan tetap mencantumkan link sumber. Jazakumullah khayran.
--- *** ---
#1ditrending #ustadzjelfathullah #ustadzabdulsomad #tazkiyahmedia #harampemerintahdzalim

Komentar

  • wlwpun saya gk ngerti agama tapi saya pernah dengar Imam masjid mekah berasal dari Minangkabau

  • Dulu emang minang pusat penyebaran islam.dengan akhlul karimah.kalau sekarang banyak ustad abu lahab yg hanya corong politik.beda y

  • Klo pmimpin na ga bnr negara jg auto ga bnr

  • WAHHH.....Benar-benar ngk tau nich orang tentang history di SUMATERA BARAT, jangan asal ngoceh demi untuk KEPENTINGAN , balik dan lihat sejarah dong...

  • Klo lo ngk tau sumatra barat...jgn asal ngebacot...pak kyai....dr kecil km dah di suruh kesurau tuk mengaji.... aq maraaaaahhhhh...😡😡😡😡😡

  • Itu kyai mata duitan rela menggadaikan keimanannya demi jabatan dan uang taaaiiii.... loe,gua org sumatra barat,buya hamka lahir di kampung gua mau loe bilang buya hamka buta alquran,loe belum lahir kyai tau loe...

  • Pk.Prabowo-sandi menag dialh presiden ku,,

  • saya orang minangkabau , sumatra barat. dan saya tidak buta al qur'an.mungkin dia yg buta al Qur'an , karena nyatanya orang tua itu kebanyakan yg sudah rabun di usia senja. ingat lah bpk kh.maaruf amind. Drs.moh,hatta , H.agus salim . Tuanku iman bonjol. sutan syahrir dan masih banyak lagi tokoh2 lainnya. dan mereka merupakan tokoh2 penting indonesia yg berasal dari minangkabau , seenaknya aja dia bilang orang minang buta al Qur'an.

  • Jangan asal ngomong. Kami kecil di surau. Besarnya di rantau. #PutraMinang

  • Namanya jg aki2 ..dh kmakan umur jadi suka pikun ...jdi maklumlah...biar tuhan yg bls...stiap pnyakit ada obatnya kcuali pikun kya aki2 ma'ruf....ma'ruf itu klo gk slah artinya ( tau ) Skrang dganti aja..kan dia udah aki2..ganti aja namanya Au ah gelap🙊🙊😆😆😆😆

  • Aku warga sumbang gak mau di tipu ke 2 kali y warga sumbar mau pemipin yg tegas beribawah bkn yg lemah

  • Myg memperluas agama islam di nusantara ni ea pagaruyung dari sumatra barat jadi pasti lah aumatra barat lbih paham ama alquran

  • Sallam akal sehat 02

  • Maruf amin adalah anjing pelacaknya jokowi.

  • Apa lupa salah satu guru pendiri NU dan muhamadyah berguru ke salah salah satu ulama minang, kacang lupa kulit nya, mbah!!!!!

  • si amin penjilat !!!!!!!

  • Ma'ruf amin tinggal nunggu mati

  • Tua bangka si maruf amin itu sudah pikun,maklumi aja..

  • Buta alquran? Jangan bodo, minang atau sumbar itu kental sama agama insyaallah, udah banyak generasi sebelum kami jadi ulama, kami diajarkan ke surau, diajarkan mengaji baik dirumah atau disekolah, kami beragama Islam, syarat sandi adat kami KITABULLOH (AL-QURANULQARIIM), LALU APA YANG MEMBUAT ANDA BILANG KAMI NGGA BISA NGAJI? BUTA ALQURAN? ehh ini btw si pak makruf ngga tau ya kalau misalnya memutus silaturrahim antar sesama muslim itu DOSA BESAR???

  • Kita uji aja pak saya yg sibuk jualan ngaji dgan makruf amin

  • Coba test makruf amin itu hafalan asmaul husna mungkin lebih cantik suara anak anak di tiap hari minggu

  • Muhammadiyah aja lahir di rahimnya sumbar

  • Ingek umui gaek😁

  • Ooooiii amin km tau islam dr org sumatra berawal amin kiyai goblok ngaku kiyai

  • Di sumbar kalau tidak bisa baca Al-Qur,an tidak bisa nikah, orang jawa tolol2 ndk bisa baca Al-Qur'an tetap aja dinikahin, gimana mau pimpin keluarga.

  • Mungkin dia udah pikun ustad..nggak tau jd asal ngomong..

  • astagfirullah...program yang berhubungan dengan agama pun tidak tepat,,, apalagi program pemerintahan,!!!! kami wajib lepas baca Al-Qur'an setelah kami tamat SD pak Kyai..

  • Makruih amin tu yg hebat tu..manusia ndk adoh pendirian paja tu mah..sumbayang se pakai kursi roda paja pantek tu..ntuk cari muko di debat se bisa kalera tu tagak sekian lamo..munafik makruf amin tu mah..yo kan dusanak2 minang..

  • Saya orang minang,sangat kecewa apa yang di ucapkan beliau... Sekarang gini aja dech,bolekkah saya dan bapak,membaca Al-Qur'an dan kita lihat siapa yang fasih dalam membaca Al-Qur'an...

  • Pak kiyai....kami orang minang gpp tidak sekolah ttpi harus pinter ngaji om kiyai.... Hahhah..... Bener tuh... Laki2 tidur nya d surau...moh hatta dari mana asal nya pak kiyai??? Mending pak kiyai diem d pesantren dari pada ikutan politik!!!!

  • Mbah amin, semua orang tau laut itu asin, ngak usah di garami lagi,,,

  • Ucapan Ma'aruf amin ko menyeleneh,Gaek tuo ko indak tau adaik urang Minang,Mayoritas urg sumbar dari ketek lah diajari mengaji,tatak ramah santun,. Jadi untuak kamuko bapikia lah dulu gaek tuo

  • Pak yai amin ma'ruf makanya jangan ikut ikutan politik jadi gak kena..... Udah cukup kok masih kurang aja.... Jadinya bahan omongan dah

  • Parah nyo lai si mbah ma’ruf.. indak kenal samo sumbar..!!!!

  • Saya merasa sangat tersinggung. Apa kata Buya Hamka seandainyalah beliau masih hidup. Telah di buta kan Allah hati KH Ma'ruf Amin.

  • Sumbar..orang nya agamis...ndak perlu di ajari tentang dgn agamo.....urang awak

  • Politik ko gait2kan ke agama,apa hubungan nya dengan yang anda katakan.

  • Senakal2 org minang nggak ada yg ngga bisa baca al qur'an pak kyai,,,sebelum mngenal abc kami lebih dulu mengenal alif ba ta pak kyai

  • Tabuik itu setau aku...suatu seni saja....hubungan nya dengan agama apa...

  • Tobaik lah li uda kiyai m ruh...ugang minangko ketek disugau kadang dirantau moh...gaek pakak.. Salam anak ranatau..anak pariaman

  • Yang utaknyo pakak piliahlah jokoncek Jo maaruf dalang tu,dak tau nyo sia urang awak do,salah lawan ang ko ma maaruf amin,eee maaruf amin dalang,engak,urang gaek engak🔪🔪

  • Gak usah gembar-gembor di metsos klu apa lapor polisi aja.jangan buat suasana memanas. Berpikir positip aja..

  • Dasar tua bangka brengsek...mangango sabalum mangecek yuang gaek!!!

  • Kami warga Aceh merasa marah kalau pak Kiai tua itu bilang Sumatra barat buta Alquran.. asal kau tawu pak Kiai, syekh Abdul Rauf itu guru nya syekh Burhanuddin... Jadi kami di seluruh Sumatra ini sudah duluan baca Alquran dari pada t4 asal muasal kau

  • Duluan Sumatra barat Islam 💯% dari pada pulau Jawa... Paham kau kiai tua..

  • yang ada itu pemerintah yang merusak pelajaran al-quran di sumbar, karna waktu sekolah di perpanjang anak2 sore jadi tidak bisa pergi ke tpa/mda, makanya orang kampung saya gak mau pilih jokowi. kalau di minangkabau ya pak kyai tercinta, preman pasarnya bapak minta lomba ngaji sama bapak, mungkin bapak masih kalah, jangankan orang yang di masjid, itu di kampung2nya ya, kalau dikota padang saya gak tau karna saya bukan orang padang

  • Syekh Khotib al-Minankabawi dan Syekh Yasin al-Fadani adalah 2 ulama Sumatera Barat yang membawa harum Nusantara di kota suci Mekkah al-mukarramah

  • Kami ketek2 disuruh lalok mah di surau dek mandeh jo abak mah...kami di minang akhlak buat beradab ini nmor satu...jaan di jagoan kabau merah lalok,

  • Kami Minang sejati,, Islam sejati,, karna apa.. "ADAT BASANDI SARAK, SARAK BASANDI KITABULLAH" jaga bicara anda yg mengatakan Sumatra barat buta Qur'an,, sbagai pertimbangan buat anda,, putra saya berumur 4th sudah hapal dari surah adduhaa hingga annass,, bacaan sholat dan gerakan sholat dan cara wudhu dg sempurna,, dan doa umum sehari hari.. Mohon dg hormat tarik kata kata anda kembali. Kami urang padang ketek di surau dan gadang kami dirantau. Pandeka nyo Allah da Rasullullah.

  • mbah makruf kedanan donyo

  • jangan2 mantan kyai nakruf amin ini dah lupa baca al quran ...

  • yg pilih prabowo jaga karukunan umat...

  • Mantap sumara barat jgn d terima mbah itu ya arga mati mantap siumatra barat usir

  • UDA tukiyai buta al-Quran UDA cucu Nyo firun tu UDA APO nyo indak aja urang awk baco alquran klu Nyo pandai berdebat agama jok ulama awak baru tahu Nyo kiyai bangsat tu UDA ndak usah lwn ulama awak lawan debat agama jok amboi

  • Maklum ajalah aki² yg pikun ikut jadi cawapres..

  • Ngapain tersinggung, siapppa yg lebih hina, ....tuhanlah yg memandang kita

  • klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  • klu udah org minag. pasti islam.. saya org riau.. tau klu sudah org minag pasti islam.. kita bersatu aja bang.. pilih prabowo sandi..

  • Ini suatu penghinaan berat ..ini artinya orang Padang jarang yg bisa baca qur an...padahal org Padang itu agama Islamnya taat bgt ..

  • Guru asyim ashari tu siapa sama ahmad dahlan siapa, kyai anda propesor tapi kurang sejarah.

  • Amiin, amin, anda nggak tahu Sejarah. Mahaguru di Indonesia siapa, kayak nggak tahu Sejarah. Aja. Orang minang adat basandi syarak, saya tersinggung sebagai orang minang, khatib al minang kabawi. Itu orang mana. Jangan anda asal ngomong. Aja.

  • minang ketek disurau gadang di rantau! ulama besar dunia orang Minang gag tau tu si akik2

  • Sasek amin ma...,wkkwkwk la gaek ndk tau sejarah.....Prabowo idola urang minang

  • Prabowo gak bisa mengaji, gak bisa imam sholat, gak bisa sholawat nabi bahkan gak bisa berwudhu dgn cara yg benar.. Prabowo setiap tahun selalu joget2 bersama ksum Kafir utk merayakan acara natal.. Ustad HRS-Yusril ihza mahendra menyatakan: Prabowo agama islamnya gak jelas.!! Hanya muslim gak waras alias muslim sableng atau muslim gila yg mendukung dan mau dipimpin oleh prabowo..

  • ma'ruf amin geroh .asa mangecek se bibia taba KMA ko.pro liberal nih KMA.urang minang hampir semua taat agama ISLAM.

  • Harus dikasih plajaran ni orang.....klaw memang bnar ucapan ny

  • Woi ma'ruf amin....lu klaw ngomong dipake otak lu ya....gak salah orang kaya gni diangkat jadi wapres......mulut mu harimaumu

  • Gaek pikun, Hidup Prabowo

  • Dak k kmi piliah gaek baduo tu do.

  • Kami dari sumbar dukung prabowo

  • Kia mahauruf amin...jgan asal ngomong...saya dari keci di ajari alquran..saya orang minang...buat warga smatra barat..tlong berikan dukungan kepada 02..

  • Mbah yai mungkin gak tau buya hamka berasal dari mana

  • Bukti perlawanan Maruf amin, agar dia kalah, itu emng sengaja, agar ada peluang untuk Prabowo sandi, sebenarnya kalau bukan karena tekanan dan paksaan Maruf amin tidak akan mau menjabat jadi calon cawapres.

  • nu tu siapa guru ny...cba anda serching...itu adlh org minang....siapa yg prnah jd imam di mekah org minang...nm ny aj org dungu maklumi aja

  • SABALUN URANG ARAB TU BARIMAN URANG MINANG ALAH MALAKUAN ISLAM

  • URANG MINANG NDAK PARALU MAARUF AMIN DO MANUSIA TUO MUAFIAK, NDAK MANGANA MATI

  • Gaek sumbarang ngicek

  • Apakah ini karna jabatan, Ulama pun hilang moral

  • slam dari pasisia sanak 02

  • Sumatra barat dapat dalam dari saudara se iman mun di Lombok. 😁😁