GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung - Ustadz Jel

Dipublikasikan tanggal 9 Peb 2019
GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung Dengan Sumatera Barat - Ustadz Jel
Ustadz Jel Fathullah, Lc
Follow kami di instagram : @ustadzjelfathullah
(instagram.com/ustadzjelfathullah)
Facebook : Ustadz Jel Fathullah
(facebook.com/ustadzjelfathullah)
Silahkan sebarluaskan dengan tetap mencantumkan link sumber. Jazakumullah khayran.
--- *** ---
#1ditrending #ustadzjelfathullah #ustadzabdulsomad #tazkiyahmedia #harampemerintahdzalim

Komentar

  • Bagaimana kalo paslon no. 1 JOKMA ini di diskualifikasi aja dari pemilu, soalnya programnya ngawur2 semua. Biarkan no. 2 memimpin langsung tanpa pemilu, biar halal sesuai syariat

  • Peu di peugah si min nyan

  • Ini membawa nama buruk warga minangkabau. Sedangkan di daerah lain juga banyak yg buta Al-quran. Kenapa Anda malah mengkritik rakyat minang? Kenapa anda hanya melihat di satu sisi saja, sedangkan di sisi lain Anda buta? Pikirkan.

  • Sebenarnya Mbah Amin ini tidor jaga Kesehatan yg Jelas No.#2Terpilih jadi #2Presiden

  • makrup benar2 sll mmbuat kacau

  • takah, tageh, tokoh. itulah 3 kriteria yg hrs d penuhi calon pemimpin menurut orang minang. krn itulah sby dan prabowo menang d ranah minang, krn mereka memiliki k3 kriteria trsebut.

  • Saya sebagai anak orang minang kurang senang atas pernyataan bpak kiai, karna kami dari kecil sudah di didik keras tentang agama islam, dan salah satu ulama besar masjidil haram berasal dari ranah minang (syeh rasyit al mingkabawi) dari tanah agam SUMATRA BARAT

  • Jelas di tolak oleh salah satu universitas di Padang dan pindah ke hotel, sekarang mengatakan kami buta al-Qur'an, maaf Anda salah besar dan tidak tau apa-apa mengenai kami, setiap hari minggu pagi seluruh masjid/mushalla di Kota Padang (Sumbar) selalu ramai oleh adik-adik kami, berkumandang lantunan ayat-ayat al-Qur'an,kultum Dll, tau apa Anda dengan kami masyarakat Ranah Minang???

  • Betapa untungnya orang yg tinggal di perdesaan dan daerah yg seperti perkampungan kerana banyak aktiviti silaturrahim dan aktiviti membaca alquran ..salam dari labuan,Malaysia.Majulah saudara ku berbangsa melayu ingatlah indentiti kita sebagai orang melayu adat,agama islam,dan budaya.

  • Bantu subscriber dan view dong sahabat/i Ntar saya subscriber balik dan view video nya

  • Gaek gaek anak² minang tu jan di ktoan ndak pndai baco al qur'an lai kami jak ketek lah di surau mah gaek.

  • Udah PIKUN dia..

  • Nah ...

  • Ndeeehhh... Ngilu se paruik den mndanga nyo...!!

  • Daerah pertama selain aceh yang mewajibkan anak sekolah pakai hijab.

  • Saya insya Allah. Baru berumur 26. Masih hapal arab melayu.. dari Sd kami belajar arab melayu.

  • yg pilih prabowo mana suara nya???

  • Bilangin sama K.H Ma'ruh amin yg terhormat itu, datanglah ke sumbar sekali lagi, suruh dia ngetes saya mengaji, saya sbgai warga minangkabau mengkejam hal tsb. Suruh beliau baca sejarah islam di minangkabau, siapa2 aja tokohnya.

  • tanda2 orang mau mati ya gini... udah tua juga..

  • Rang gaek pikun

  • Rang gaek kuluik

  • kito doa an aj apak tu kiyai tuh kan , mudah2 sehat slalu c lah dan ucah lah bakarajo juo laai usah nyaleg2 juo lai kan ibo wak j badan nyo, suruah c ny menikmati masa tuanya

  • Islam identitas Minang... belajar mengaji adalah kewajiban anak2 minang hingga saat ini. Mata hati kyai sudah buta ya? Lihatlah apa yg terjadi saat ini.

  • Makruf edan enak aja ngomong nya.. Taik ITU makruf edan...

  • Dari awal gua udh yakin bahwa gua milih no1 tapi dengan ada nya kaya gini maaf gua tersinggung sebagai org minang.mungkin mayoritas di padang gua rasa hampir sepenuhnya milih no1 tapi dengan ada nya org sok pintar yg dibilang org minang buta huruf gua yakin bgt bakal berpaling. Kalo gak tau adat atau silsilah minang jgn sok sok ngebacot lah malu nanti

  • Jgnkan orang Sumatera, sy aj yg orang sunda tersinggung atas perkataan ny K.M.A. Kesanya ky gda ulama yg ngajarin ngaji. Smua org tua pasti mendidik anak ny untuk blajar ngaji dn stiap guru ngaji pasti ngajarn cara baca al-qur'an dgn bnar dr tajwid dn yg lainnya. Sy bljr ngaji dr kecil jamn blum ad listrik,pake lampu tempel pulg nya bawa obor,gk ky jamn skrg udah enak terang karna listrik pasti cpt bisa. Low mu d berantas tu korupsi sm kemaksiatan. Udah kliatan pikun ny.

  • Dah tuaa pun bodoh.hulama dungu

  • Lah mode tu urang awak di leceh kn ,masih ado juo urg awak nan mamaliah nyo,yo lah nan PAKAK e tu

  • ,untuak org minang di seluruh indonesia baik yg di luar negeri pilih no 2 ,di SUMBAR sblm ansk tau abcd lebih tau alif ba ta sa

  • sederhananya bgni , setiap kita msuk ke rmh mkan padang , pasti ada kaligrafi arabnya dan ada foto2 para ulama jd poinya islam adlh bagian utama bagi penduduk sumbar. ckup aneh mbh amin bilang begitu. kami orang jawa pun sdh mengerti bahwa sumbar adlh tanah islam.

  • Jaga mulut mu ma. Ruf

  • Baru bakal calon udah sok

  • pokoknyo jgn pilih gaeek tuu

  • Menurut ambo M A itu bukanlah ulama besar melainkan ulama yg dibesar besarkan... kwalitasnya sangat jauh dibanding ulama besar kita Buya Hamka.. kalau untuk ukuran sekarang kwialitas beliaupun sangat kecil dibanding UAS.. kalau dia ingin tahu tentang Islam Orang Minang..sebaiknya beliau tanya dulu sama saudara kita orang Sulawesi, Brunai dan Philipina.. tentang siapa itu Raja Baginda, Dt. Ribandang, Dt. Patimang, Dt. Karomah mereka semua tahu karena para ulama itulah yg membawa Islam ke negeri mereka.. jadi kalau cerita akan memberantas buta al Qur an .. mungkin lebih baik di kampungnya saja..

  • Si mbah bukan ga paham sumatera barat.... Si mbah itu BUTA HATI

  • dia gak baca sejarah x, asal ngaur aja, saya orang minang tersinggung sekali

  • Yg buta itu capres elu kek,jngankan bacaan qur'an nma suratnye aje alfateka,allahpun kga ridho nmanye di sbut si mega ame wowowi,allah yg bongkar kbusukan itu #2019jangangolput #2019PrabowoSandi

  • Ungku M.M... Kami tersinggung dibilang buta al-Qur'an... Kami orang minang pintar pintar membaca al-Qur'an,jangan ungku asal ngomong,kami kls 3 SD sudH pintar ngaji... Adat kami basandi sarak,sarak basandi kitabullah...

  • gaek Maruf pikun.kami urang minang,lalok kami disurau/dimasajik.pahami adaik Minang dulu.mangango muncuang lu gaek baru ka mengecek.asa mangago SE muncuang ang tu pikun.alah Baun tanah ,mancalon juo jadi cawapres.

  • Waden dak tarimo do di model ko an Baa sanak ado jo yg ka mamiliah paja 01 tu lai sanak kalau lai yo lah buto bna mato hati sanak mah

  • 02 bukan tipe orang islam..tukang hasut n fitnah...urang munafik yg seperti tu ...mars partainya aja niru mars partai komunis chili...mgkin pahamnya juga dianut kali...wallahualam...

  • Ambo Yo tasingguang dek gaek ko mah,jadi untuak Kito nan badarah Minang manangkan lah 02 .. Urang Minang like lah bia samangek ranah Minang mamanangkan 02

  • 02

  • Asa kamalantong se mncuang buruak gaek waba kataun ko Alun gaek jdi kiyai lai urang Minang ko lah paham jo Al-qur'an mah

  • asal ngoceh se urang gaek tu

  • Saya anak cucu darah Minangkabau asli,saya sangat tersinggung dengan pernyataan oleh saudara MA .. setau saya anda (MA) seorang yg berpendidikan dan ber ilmu,tapi semenjak mendengar omongan anda,saya merasa sangat tersinggung.. Dari kecil saya pribadi dan adik-adik terlebih dahulu belajar Al-Qur'an dari pada belajar disekolah. Sadar dirilah kalau berucap wahai saudara MA.. kau bukan orang bodoh(kecuali kau yang ingin bodoh). "Adat basandi sarak,sarak basandi kitabullah"

  • maruf amin loe itu suda tua emang nya loe tidak tau sejara minang kabau ya, asli suku minang itu 100% islam, jujur tapi ada yang murtad soal murtad mungkin di iming2 ngi mie, beras, uang, jabatan, bahkan orang minang cukup berjasa untuk kemerdekaan RI yang paling berjasa sukarno dan hatta dll, kamu enak hiduf termasuk aku bendera suda berkibar

  • Sumatra kental islam boss jangan hina sumatra

  • Gaek ko asa mangecek jo, kok ndak tau jo ranah minang jan asa ka mangecek muncuang gaek t, apo dalil nyo nan manyabuik urg minang buto jo alquran, gaek harus ado dasar jo ucapan.. Makin tua makin gak lurus.. Yang melanggar fatwa nya sendri..

  • Hahaa kadang paja ko mangecek ndk bapikia...lah gaek ko banyak se lah kasurau lai..ko indak..ikuik politik lo angku

  • kyai gilo jabatan di maso kamati.umue sabanta lai nyeh kyai.

  • Kami (orang minang) lebih dulu tahu A BA TA daripada A B C...

  • Masih ada 230 orang yang tidak suka. Berarti bukan orang minang

  • Paja tu nan buto moh

  • sabalun Gaek Ko jadi kyai, lah ado kyai kyai nan iduik Dari inyo mah.. diabilang warga Sumatra Barat Buta alquran keceknyo..kami Gadang lalok disurau gaeeeek..mana likenyo kawan minang..gaek Pantekk

  • Min min....hadweeeh.... Sy blesteran jawa sumatra min Jangan sok tau tentang sumatra! Dikasih iming2 jabatan saja dah ijo ,,aplg baru calon lg!! Anggap spele sx soal sumatra,,macam dsana ustad2 n guru2 ngaji gak ada kah!! Klo udah pikun ya istrht sj dirumah mbah!! Yg namanya pemimpin itu harus legowo.. Dan sadar diri dngan usia!! Krn banyak putra2 bangsa yg lbh pas untuk wapres.. Logowo artinya harusnya dr awal tolak saja nyalon wapres,,serahkn yg putra2 bangsa lainnya,,jangan ijo liat jabatan ,,kecuali klo untuk membela agama islam,,tp faktanya bnyak polemik dr pada setujunya,,,no 2 pokoknya.

  • SETUJU BANGET KATA KATA DARI USTAD JEL,, YUP'S ^_^`` ITU LAH MINANG

  • Bismillah 2019 prabowo&sandi 🙏

  • Minang kabau, ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH. KAMI TERSINGGUNG DIBILANG BUTA HURUF AL-QUR'AN. JNGAN PILIH MA'RUF AMIN,, Dan org minang yg masih milih dia berarti Bukan org minang lagi,, minangnya hilang yg tinggal kabau.

  • Kami urng minang ketek gadang disurau rata2 smpai yg mada atau nakal baraja di surau pak kiai 😁

  • Anda tau gx.. Kami org Minang semua nya itu Islam..klau anda bilang kalau ada org Kristen ngaku org Minang itu bukan org Sumatra barat. Karena org Sumatra barat itu Islam..

  • Sasek gaek tu ma....

  • saya sangat tau jika orang sumbar itu islamnya kuat,jadi mana mungkin ga tau dan ga hafal alquran.karna kerajaan islam pertama di indonesia, SAMUDRA PASAI ADA DI SUMATRA.kalo kampanye mbok yg wajar aja mbah

  • Habis amal karena kekuasaan dunia☹️☹️☹️

  • Yang paling susah tu maaplikasikan kandungan alquran dlm kehidupan ...shari. .mulai politik islam. Ekonomi islam budaya islam. ..dll itu yg seharusnya nya dipikir kan kiyai maruf amin itu supaya bisa di trpkan di Indonesia. .bkn ngajarin baca alquran aja tsmpa penerapan. ..

  • dasar tua bangka ga tau agama islam tau nya islam n*******a doank.. kok bisa dia jd ktua mui

  • Gaek dapek salam dari liang kubur

  • Cek mimin baru diangkat jadi calon wakil presiden aja,,udah pikun kalau gx tau asal usul sumbar diam aja,,jangan banyak omong,,

  • Maruf katumbuang.. abak ang buta huruf..

  • Kamu yg buta kyai Dibutakan kekuasaan Hingga arti alquran di salahkan pun anda ttp brsama org2 tersebut #jgn jdikan alfatekah jdi.doamu mu kyai tetaplah pda alfatihah Justru wala walakata bsa membuat mu buta..laa haula walaa quata illabillah yg bsa menolong kita ummat Muhammad saw, yg ada dike2 matamu cma zainuddin nachiro. Selamat kyai sya smkin tdk respect pd anda. #sumbar kental islaminya Ulama terbaik dunia dari.dahulu kala ada dsana tahu! jgn sombong anda kyai maruf

  • untuk pak kyai ma'ruf amin kami mohon maaf yg sebesar-besarnya bukan tabiat kami melawan para ulama di manapun mereka berada akan tetapi sebaiknya sebelum anda mengatakan sesuatu itu harus di cek terlebih dahulu kami urang minang merasa tersinggung dengan perkataan anda.....mohon maaf sekali lagi ya pak kyai.di usia anda yg sekarang sepertinya anda lebih baik menjadi teladan untuk umat islam saja, bukan sebagai calon wakil presiden.

  • Perasaan setau sy minang kabau itu banyak faham soal Al'Qur'an,,, Malahan sy pernah di tes baca Al'Quran sm gadis minang,, lalu Gimana bisa si mbah amin bilang sumatera barat buta Al'Qur'an.... Ada apa dengan si mbah amin tu,,makin aneh saja....

  • Yai anda salah tempat... and ucapan anda hoax

  • Kalau pihak prabowo ngecek model itu mungkin la di proses polisi ujuang2 tersangka, kyk nan suda2, ahmad dani, dll, dasar ayek anguang2, anguang2 yek. 😂, salam 2 jari ✌

  • cuma diminang kabau yg masyarakatnya di Indonesia ini full umat Islam nya..hati2 bicara

  • Si ma'ruf amin kalau dekat ku, ku ludahin...!!!

  • Emmm pak MA udah lah...jangan di tanggepin..dah mulai pikun..mohon di maafkan..jadi kita fokus ke 02 supaya ada perubahan.

  • Setan tu orang.... Gua aj rampok dari sumatra barat aj bisa ngaji..

  • Iko gaek enga mah lah tau sumatra Barat gudang nyo ulama gadang pake mangecek berantas buta alqur'an asal kau tau dr ketek anak-anak lah pai mangaji ka surau manga berantas buta alqur'an parah ko mah. Jan di pilih mode ko jd pemimpin lah tau inyo ndak tau budaya minang pake asal mengecek parah ko mah. Sekali lagi saya katakan Sumatera Barat itu gudang nya ulama besar siapa yg gak kenal buya hamka dll. Klo mau ngmng di pikir dl pak jgn sampai menyinggung perasaan orang Sumatera Barat

  • MA buto ati,ndak tau nyo para ulama hebat tu dari mano ,ngenek wak baru lah pandai baco quran mah

  • Maklumi saja lah,,udah uzur. Mungkin dia lupa sejarah,,atau memang gak tau x yaa. Masa calon wapres gak ngerti silsilah Minang. #2019 jgn pilih rezim CEBONG

  • Ciek ma onggek ajo muncuang paja gaek tu mah.sa brandal2 urng minang ndk ado nan ndk pandai mngaji do.

  • Kami orang sumatra tetap dgn pilihan Prabowo sandi ✌#gantipresidenbaru

  • Untuk menyelamatkan k ma'ruf amin dari korban politik Saya sekeluarga mendukung capres cawapres no 02

  • woi gaek, aden ketek di surua ma gaek, urang minang kuek agama islam nyo ma gaek..tasinguang den dek nyo a.

  • Krg ajar yg bilang Minangkabau buta Al-Qur'an. Boleh di adu qori n Qoriah kami asal Minangkabau.

  • Tua pikun tanda mau mati..tunggu hari mati Tak ada tata Krama Cepat minta maaf sama orang Minang Kong...tar mati

  • jadi gak salah klo urang minang ndak ado yg milih joko amin

  • mungkin maksudnya si ma,aruf amin ini quran yang versi islam nusantara buatan beliau sendiri

  • Asa ka mam ambuih e muncuang buruan gaek Ndak jaleh ko lah Samo Jo kantuik Ndak jaleh sebagai bunyi nyo kami utang Minang ko sadari ketek lah Islam sia nan mangaku datang Jo agamo lain walaupun Inyo badarag bakaturunan Minang Ndak di akui oleh adat dan kampung nyo barado karano filosofi Minang adat basandi syarak syarak basandi kitabullah dan Tantu Jo Islam ba ka mangatoan diri nyo utang Minang Jan nan aneh aneh Jo Gaek Ma'aruf anda lah gaek muncuaang tu tolong di jago setek

  • siapa pun presiden nya saya setuju2 aj...g ush di ambil pusing.jadi sok yg paling pinter menilai orang sebenarnya kita blm tau ap mksut orang tersebut jngn mau mudah di adu domba pada intinya kita semua bersaudara.jngn saling membenci satu sama yg lain.karena kebencian tidak akan pernah menyelesaikan masalah

  • Di daerah ku kabupten solok. Ibu2 di setiap jorong selalu melukan melkukan pengajian, dan itu rutian, sangat positif. Mebangun kebrsamaan, membanguan kekluargaan, membanguan kebersamaan dalam agama. Jdi tidak mungkin orng minang itu buta alQuran. Kami dari kecil selalu diajarkan sholat dan membaca alQuran.

  • Akhir zaman, ma ruf amin tak pantas di sebut kiyai, karna orang yang paham ajaran nabi gak kan ngomong kayak gitu.

  • Syech ming kabawi itu dari minang kabau pak, ulama besar di arab Saudi, tlg jngn bapak hina kami yg disumbar.

  • Banyak2lh istigfar pak amin ma'ruh,

  • Maklum hati dan matanya dibutakan jabatan dan telinganya dibisikan jabatan.

  • Minangkabau gudang nya orang alim dan ulama.adat basandi syara,syara basandi kitabullah.

  • sangking Ambisius jadi cawapres,,

  • Terutama... Bapak sehat selalu ya pak,, amiinn... Saya berasal dari sumatera barat ....bukittinggi... Untuk selanjutnya,, bapak kalau ngomong hati2 aja

  • Bau tanah gimana gitu