Hati-hati! Orang asing auto jadi tamu bebal di pasar lokal ini…!😢

Dipublikasikan tanggal 24 Nov 2023
Floating market di Banjarmasin!

Komentar: 2 300

  • semoga jisun eonnii melihat komentar ini di menit ke 10,30 ada penjual tas yang bilang "saya jual ya", dan disitu jisun eonni di suruh bilang "saya beli" 😂 jisun eonni jangan kaget ya, karena di daerah Banjarmasin hampir semua penjual ketika selesai menjual dagangannya ke pelanggan mereka selalu bilang "iya jual, iya saya jual ya, atau jual semuanya ya" itu tandanya mereka sedang melakukan transaksi penjualan sebagai seorang muslim, karena disana Mayoritasnya kebanyakan muslim eonni, dan transaksi tersebut dinamakan "akad jual beli", ketika penjual bilang "saya jual ya, atau jual berata'an", pelanggan menjawab "iya saya beli, atau iya saya tukar lah ("tukar" artinya "beli" dlm bhsa banjar)" ketika selesai membeli dagangan si penjual tersebut, 10:32 . jangan kaget dan jangan bingung lg yaa jisun eonni 😁 CMIW 🙏🏻

    • Bener banget

    • Kalau aku dulu karna aku yg jual dia bilang "tukar" aku disuruh bilang "jual"

    • aagh gitu yah tdi juga aku bingung. knapa ibunya bilng gitu pdhl kn udah dibayar .ternyata akad jual beli. makasii info ilmunya kak...

    • Pian orang banjar kah ?

    • Iya bener, aku besar di riau (kota tembilahan). Disana juga mempraktekkan hal tsb. Penjual bilang saya jual dan dibalas pembeli saya beli. Mungkin karna memang banyak pendatang suku banjar jd kebudayaan, bahasa dan kuliner jg serupa ya

  • Pedagang yang menyuruh bilang "beli" itu tadi ga ada niat buruk. Di sini memang kalau jual beli sering mengucapkan itu. Misalnya yang jual harus bilang "jual". Sedangkan kalau pembeli bilang 'beli". Biar transaksinya halal. Logat daerah banjar terkesan agresif karena emang cara ngomongnya cepat. Aku sebagai orang lokal pun kadang kewalahan 😂 harga di floating market emang lebih mahal di banding pasar biasa

    • Kesannya emang kayak ngerapp ya acil2 nya itu.. soalnya ngomongnya cepet banget. Kalo orang banjar sih udah biasa ngobrol cepet, tapi kasian ama turis yg gak biasa, kaget mereka 😂😂

    • ya itu benar kalau di dalam ajaran agama Islam, itu akad pembelian nama nya mungkin karena daerah Banjarmasin mayoritas beragama Islam dan mereka menggunakan ucapan itu.

    • Itu namanya akad jual beli. Ibuk2 itu gitu tandanya dia paham agama, jualannya insyaallah halal.

    • Kearifan lokal yg perlu kita pahami, betapa kayanya budaya kita, gara2 jisun aku jd ikut belajar, terima kasih,dan salam silaturahmi buat warga banjarmasin 😊

    • Kata kata ini biar jisun belajar, kalau mengerti kata kata itu pasti kental sekali indonesianya.

  • Waktu liat ibu2 naik sampan mendekat k arah kapal aku terharu banget...perjuangan mereka luar biasa teringat almarhum ibu ku yg dulu setiap subuh juga berjualan d pasar. Tapi setelah itu ngakak waktu liat jisun d kerumuni SMP bingung. Mana lagi ad ibu2 yang nge rap. Sehat2 jisun. Cabe mama. Dan ibu2 yg jualan. Semoga rezeky nya lancar dan berkah.

  • nonton videonya jisun bukan krn suka liat reaksi jisun dan keluarganya aja, tapi juga sekalian belajar budaya indo yg kita belum pernah rasain 🤣❤️ makasih jisun udah bawa kita jalan2 ke sekeliling Indonesiaa ❤️❤️

  • Meski terlihat persaingannya sengit, percaya lah mereka sangat baik². Tidak pernah ada kejadian aneh² di pasar apung. Jadi kangen ke sana. Dulu sampai 3x ke sana hanya karena kangen buah²an eksotik Kalimantan. Makanya suka sedih kalau Kalimantan kebakaran karena kebanyakan buah²an itu tidak dibudidayakan tapi tumbuh di hutan. Selalu jaga alam ya semua. Oh ya, secara genetik orang² Madagaskar di Afrika sana asalnya dari suku Banjar lho. Jaman dulu mereka berlayar dan 'nyasar' ke sana hehe. Enjoy Wonderful Indonesia 😊😊😊

    • terimakasih info nya tentang genetik orang madagaskar

    • Di jual Di beli Perkenalkan saya orang Sulawesi yg pernah tinggal di Surabaya, Jakarta, Depok, dan Tulungagung. Tidak perlu kuatir, orang Banjar ma baik-baik semua, jujur orangnya, meskipun jualnya agak kacau dan mereka tidak memaksakan diri untuk di beli dagangannya. Pengalaman saya tinggal di Banjarmasin selama 7 tahun jadi dosen di ULM sebelum mutasi ke kampung halaman/sulawesi, orang banjar paling ramah, paling baik se Indonesia. Banjarmasin kota paling aman, paling damai se Indonesia menurutku, paling minim kriminal.

  • Terus terang jisun memperkenalkan seribu wajah Indonesia pada ku yang orang Indonesia asli, yang tidak mampu untuk menjelajahi seluruh Indonesia, aku mengenal banyak makanan baru, bahkan buah buah yang jisun beli ini aku tidak pernah lihat sebelum nya, Juga mungkin bagi kami yang generasi milenial sudah mengetahui beberapa keberagat Indonesia, termasuk floating market ini, tapi bagi gen z pasti belum banyak yang tahu keberagaman Indonesia, berharap suatu saat jisun bisa mampir ke maluku, raja ampat, papua terutama aku berharap ke tana toraja

  • Td saa5 cabe mama beli tas. Penjualnya bilang 'saya jual' trus sedikit memaksa cabe mama bilang 'saya beli' itu sebenarnya akad jual beli di kalsel kak jisun hampir seluruh penjual pembeli memakai akad itu Ka jisun juga beli buah2 khas kalimantan terutama buah kasturi itu buah khas ka. Walaupun mungkin harganya rada mahal dn kajisun juga gk menawar. Intinya wajarlah krn itu buah langka dn juga belinya di tempat wisata. Terima kasih ka jisun sdh ikut membantu para ibu2 pencari nafkah di pasar terapung. Semoga ka jisun kada jara (tidak kapok ) ke banjarmasin

  • Waaaahh keren, Jisun. Saya yang orang Indonesia aja belum pernah nih ke Pasar Apung, hehe.. Jangan khawatir, pedagang Pasar Apung terkenal orang-orang yang taat agama, jadi mereka in syaa Allah pasti jujur. Makanya saat transaksi juga dia bilang: saya jual. Jisun bisa jawab: saya beli. Itu namanya "ijab qabul", salah satu rukun dan adab (etika) berdagang dalam agama Islam. Semangat dan semoga terus sehat ya Jisun dan Cabe Mama..

    • 😂😂😂😂😂

    • Apa hubungannya orang dagang sma agama,agak laen ni...dagang aja smpe bwa2 agama,terlalu mabok agama anda mba😂 Smua agama manapun juga mengajarkan kejujuran bukan agama situ aja,klw ada yg gk jujurpun yaitu karna oknum manusianya bukan karna agamanya,kan logikanya pasti begitu🤣🤣

    • ​@@whitelionnkri1883memang seperti itu,yang pernah tinggal di bjm pasti ngerti.bhkn kl transaksi tawar menawar brg,mrk bkl blg " berelaan ya" kl transaksi sudah di sepakati.

    • Bnr bgt mba ~ saya dulu awal tinggal di kalsel jg bingung knp ada kt2 "aku jual ya,berelaan ya " tp stlh tau mksdnya,masyaallah bgt ~

    • ​@@whitelionnkri1883dalam agama islam,, berdagang pun ada hukumnya,, ada aturannya,, ada adabnya,, intinya,, ajaran agama islam meliputi semua kehidupan kita,, dri bangun tidur sampe tidur lagi ada aturan hukum dan doa,, jual beli dalam agama islam pun begitu,, ada yg namanya akad,, ada yg namanya batasan soal tawar menawar,, ada batasan tentang harga,, begitu indah islam,, dan ini bulan soal mabok agama

  • Saya percaya pengalaman ke pasar terapung- floating market nya Banjarmasin memberi warna tersendiri, para pedagang antusias menawarkan Krn melihat Jisun adalah turis asing, mereka very excited karenanya. Semoga ini tidak mengganggu kenyamanan Jisun dan mama Cabe ya, main ke Banjarbaru Jisun, Banjarbaru juga punya tempat2 wisata dan kuliner yg menyenangkan. Semoga kota kami meninggalkan kesan menyenangkan buat Jisun dan mama Cabe ya😍

    • Up, Iya main juga ke bjb dan wisata2 lain di kalsel ya jisun ❤

    • Excited tapi menyeramkan 😅

    • Sudah sering melihat tayangan yang ke pasar terapung. wisatawan merasa tidak nyaman. Pemerintah kota banjarmasin bisa memberikan edukasi pada para pedagang Supaya orang " kada merasa jera" berkunjung kesana

    • @@nikenpalupi9527 bujur pang, kalo di kerubungi tu rasa kada nyaman, kada nyaman kada manukari 😂😂

    • Alhamdulillah..tahun 2014 sya pernh mersakan berwisata kepasar terapung.. perjalanan yg berkesan.. saat naik perahu kelokasi pasar, sejuk, segar, dan tentram rasanya.. semoga nnti bisa kesana lagi.. Aamiin

  • Ntah kenapa kalau lihat kak jisun ke Indonesia pasti vibes nya bahagia sekali.. bukan seperti berlibur dan membuat konten tapi seperti kembali ke kampung halaman.. sehat selalu ya kak jisun dan keluarga.. ❤❤

  • saya asli banjarmasin,di sini adalah penduduk suku banjar dan suku dayak,budaya di sini berbeda dengan suku jawa di daerah jawa,bahasa daerah banjar memang cepat dan nada suara nya tinggi apalagi wanita tapi orang-orangnya baik kok,tanks jisun and cabe mama yg udah datang kesini,nanti datanglah ke daerah wisata barabai,ditunggu kedatangannya..

    • Sy pernah tinggal di banjarmasin thn 91 sampai 94, dari kelas 1 SMA Muhammadiyah 1 Bjm sampai lulus. 3 bulan pertama sy disana telinga sy bahkan tidak bisa menangkap apa yg dibicarakan teman2 sekolah saking cepatnya mereka berbicara. Yg lucunya mendengar teman2 sering mengucapkan kata "nyawa" sy pikir mereka sedang membicarakan pembunuhan😂😂😂, ternyata kata "nyawa" itu artinya kamu😂😂😂😂

    • @@agusq7440 itu bahasa kasar y, sama seperti kata unda

    • ​@@heriyanto2374 iya itu bahasa kasar nya, buasa nya di gunakan kepada kawan terdekat, nyawa, unda, itu ibarat nya sama bahasa betawi , gue , elo , jalo basa banjar nya yang halus , aku , ikam sama dengan aku , kamu

  • Ini adalah video jisun pertama yang membuatku ngakak 😂 apalagi pas "jiwaku seperti keluar" terus yang penjual bilang "saya jual ya, bilang saya beli" 😂😂😂 mama cabe bingung 😅😅😅😅 serius aku ngakak sampai nangis.. sehat sehat yaa, selamat piknik di indonesia ❤❤❤❤

  • Agak khawatir waktu belanja di pasar apung liat jisun. Chaos banget kayaknya. Kalau emang ada barang yg nggak mau dibeli gapapa kok jisun untuk buat bilang "enggak". Semoga sehat terus ya dan merasa nyaman selama disana

  • Saran buat Miss Jisun .... Klo ngevlog ke tempat yg belum bisa diprediksi keadaannya, mending colab sama subscriber lokal . Biar aman terkendali !

  • Orang Korea terkenal. Kedisiplinan dan kerja kerasnya.. Makannya hari jisun niat banget keliling Indonesia. Patut di acungi jempol ❤❤❤

  • Di jual Di beli Tidak perlu kuatir orang Banjar ma baik-baik semua, jujur orangnya, meskipun jualnya kacau. Pengalaman saya tinggal di Banjarmasin selama 7 tahun jadi dosen di ULM sebelum mutasi ke sulawesi, orang banjar paling ramah, paling baik se Indonesia. Banjarmasin kota paling aman, paling damai se Indonesia menurutku.

  • Bagus sekali video hari ini. Keindahan banjarmasin dan keunikan pasar di atas air. Aku yang nonton ikut dag dig dug lihat kehebohan penawaran saingan ibu ibu penjual. Sungguh pengalaman yang mahal untuk di kenang. Thank you untuk berbagi liburan indah ini.

  • Yg dimaksud ibu2 penjual tas itu akad dlm jual beli jisun onnie, dikalsel kami selalu pakai akad, jadi bila penjual bilang "saya jual", pembeli'y balas dengan "saya beli" 😊

  • Hati² jisun setiap daerah di indo itu berbeda² jadi harus lebih hati²

    • 😊😊😊😊

    • Iya, segala yg berharga di pegang jgn di tinggal

    • Iya betul,.kalau dikeroyok kayak gitu kok saya jadi ikut takut ya

    • Jangan komen begitu kesannya negara kita buruk di mata mereka nnti,mereka juga tau setiap negara pasti ada kejahatan,kecuali mereka udh pernah kehilangan sesuatu baru anda komen begitu

    • ​@@nurnovitasarisetuju aku yg tinggal di Banjarmasin jd kurang enak baca comment nya penjualnya memang begitu berebut supaya laku tp mereka tidak ambi barang berharga kok

  • Banjarmasin dijuluki kota seribu sungai .. kebanyakan dari mereka sudah mahir berenang saat masih anak anak jadi gak takut jatuh saat diatas perahu 😊

  • Yang ku suka dari Jisun, dia orang korea tapi kelihatan banget dia cinta sama indonesia, jadi bukan cuma bikin konten indonesia demi menarik penonton indo, tapi benar2 kelihatan banget dia suka sama indonesia. Jisun, dia bukan cuma fasih dalam bahasa indonesia, dia bahkan mengenal dan mempelajari masakan indonesia, Setiap ke indo, dia selalu makan bahkan di tempat2 runah makan kecil atau pinggiran, mengenal berbagai daerah2, ramah dan humble sama orang2 indonesia, bahkan dia jujur kalo soal makan makanan indonesia, kalo rasanya gak sesuai, dia bilang dengan baik2 dan tidak menjelekan masakan itu, kalo enak jisun akan menikmati makanan itu dengan rasa suka ❤

  • Saya asli orang banjarmasin, memang jika ke pasar terapung ibu ibu disana sangat aktif dalam menjajakan jualannya tidak hanya kepada turis internasional kepada domestik, dn lokal pun juga. Jadi tips nya biar in ibu ibu ny nawar in dluu bilang aja nanti dlu ibu mau liat liat dlu kalo memang sudah tanya tanya dn memang sesuai baru di beli. Nanti ibu ibu nya bakal santai jugaa bahkan kita bisa naik perahu ibu ibu nya buat foto foto🙌🏻 Terima kasih banyak Jisun dan Cabe Mama atas kunjungan nya ke banjarmasin kota Seribu sungai sehat sehat dan happy di sinii🙌🏻

  • Aku harap Indonesia bener" bisa menghibur hati jisun dan menyegarkan pikiran juga memperbaiki suasana hati, mengikhlaskan yg sdh terjadi dan jadi lebih semangat lg. Kembali ke korea dg semangat baru dan rezeki yg lebih baik lg, aamiin. Selamat bersenang" ya jisun dan cabe mama ❤❤❤❤❤

  • Kak jisun akhirnya bisa tw kalo indonesia negara yg besar dan pastinya ada banyak perbedaan di setiap wilayah atau kotanya,,,walaipun banyak perbedaaan entah dari suku dan bahasa tapi semua orang Indonesia rata² baik²

  • Semoga yang nonton vlog eonni Jisun bisa punya rejeki biar bisa keliling Indonesia dan icip-icip semua kuliner Nusantara yaaa...sehat selalu eonni Jisun and cabe Mam....love you

    • Semoga bisa mampir ke kalimantan timur ada pulau derawan , pulau maratua dan talisayan berenang sama ikan paus dan kakaban tempat danau ubur2 yang tidak menyengat

    • Aamiin 😊

    • Aamiin

    • Aamiin yra, semoga kita semua sehat n murah rezeki shg bs traveling sambil wisata kuliner

  • Orang Indonesia sendiri belum tentu bisa keliling Indonesia... menikmati keindahan dan keramahtamahan.. sungguh beruntungnya bagi yg bisa menikmati keindahan alam Indonesia

    • Betul banget...😅

    • Sebenarnya bisa tapi pada lebih milih bayar cicilan mobil dari pada jalan jalan..

    • bener bgt😂

    • betul kak😢 Indonesia itu terlalu luas, butuh budget lebih kalau mau keliling Indonesia

  • Jisun wanita cantik juga hebat,sudah bisa keliling indonesia,juga bisa menghadapi situasi juga kondisi disetiap daerah indonesia yang berbeda beda suku,bahasa juga budayanya, semoga jisun makin sukses dan sehat selalu,,,,,,,,,,

  • Keren banget jisun eoni ini, orang Indonesia nya ajah belum pernah kesana, ini orang korea jarambahnya keren, sehat terus eoni sama cabe mama, semoga di mudahkan dan dilancarkan rejekinya biar bisa muter muter Indonesia lebih banyak lagi.

  • Rata2 buah yg dibeli mba jisun buah khas kalimantan yg tumbuh dihutan .. beruntung mba jisun membelix.. mengingat buah2an tsb hampir punah karna hutan yg rusak akibat keserakahan manusia.. btw, tas yg dibeli cabe mama juga khas kalimantan (suku dayak) suka banget sm tas yg terbuat dr manik2 ini

  • Pasar terapung atau floating market di Indonesia sudah ada sejak jaman dahulu. Terutama adanya di kota-kota sungai. Yang paling banyak di Pulau Kalimantan, terutama di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Selain Kalimantan, pasar terapung yang sudah ada sejak jaman dulu ini juga ada di Sumatera Selatan (Palembang), Sumatera Utara, Jawa Timur, dan beberapa tempat lainnya. Secara memang hampir semua daerah di Indonesia mempunyai gunung berapi dan kota bandar atau kota dagang. Sehingga sungai-sungai menjadi pusat kehidupan masyarakatnya. Seperti beberapa kota misalnya Palembang dengan Sungai Musi, kota Pontianak dengan Sungai Kapuas, dan banyak kota sungai lainnya. Biasanya ada penyebutan khusus untuk pasar terapungnya sesuai nama tempatnya. Saya kebetulan pernah tinggal di Palembang dan Pontianak. Sejak lama sudah merasakan kehidupan masyarakat yang berpusat di sungai. Banyak orang tidak tahu, sampai sekarang bahkan berdagang di pasar apung terbiasa tanpa uang. Melainkan memakai sistem barter. Saya dulu sering sekali barter di sungai untuk keperluan sehari-hari. Bawa kelapa dan petai untuk ditukarkan dengan beras, sayuran, atau lainnya. Jujur, masa itu merupakan kehidupan paling nyaman bagi saya. Jauh lebih nyaman bila bertransaksi tanpa uang seperti itu. Terasa lebih dihargai dan menghargai usaha orang lain.

  • ini pengalaman yg keren buat km n mama jisun, sangat unik. bahkan tidak semua orang indo pernah ke pasar terapung itu

  • Semoga Jisun dan cabe mama tetap terhibur dengan pengalaman di Pasar Terapung. Para pedagang sangat antusias berjualan namun Jisun masih sangat sabar menanggapi mereka. Mereka menjual buah-buah yang sebagian sudah langka. Beberapa buah juga hasil hutan bukan dibudidaya. Selamat menikmati buah2an yang sebagian hanya ada di Kalimantan. Terutama buah KASTURI yang namanya diambil dari salah satu hadits tentang puasa.

    • Penasaran bnr melihat jisun makan kasturi, mudahan dapat yg manis.. mk nyaman banar 🤗🤗

  • Saya ikut khawatir ketika Jisun Noona didatangi penjual, takut kena tipu atau semacamnya. Tapi saya tidak bisa memastikannya (mana penjual yang jujur, mana yang tidak) karena hanya lihat di video. Saya do'akan semoga Jisun Noona selalu diberi keberkahan karena telah membeli dagangan mereka 😊

  • Ketika jisun bilang banyak buah yg belum pernah dilihat sebelumnya, lalu bilang indonesia sangat besar, aku langsung terharu, bersyukur banget tinggal di indonesia terutama di kalimantan.

  • Saat ibunya bilang “saya jual”, dan (minta jisun) bilang “saya beli”. Setau ku itu kebiasaan orang ² jaman dulu sebagai tanda kalau kita sudah selesai melakukan transaksi. Kebiasaan jadul yang menurut ku unik.. Persaingan mereka berjualan adalah tanda kekuatan wanita disana mencari nafkah. Sehat selalu jisun dan cabe mama. Selalu nungguin video kamu

  • Terimakasih karena begitu menghargai kearifan lokal Indonesia. Indonesia masih sangat luas, terus eksplor Indonesia ya.

  • Saya yang nontonnya aja panik banget liat emak2 nawarin barang2 dagangannya. Apalagi Jisun dan Cabe mama. buah2annya bener2 beda sama yg di pasar2 jakarta ya. keren

  • Senang sekali lihat Jisun akhirnya berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan, tapi agak kecewa kenapa ibu-ibu pedagangnya bar-bar banget 😅 Terimakasih sudah berkunjung di kota kami, semoga culture shock di daerah kami tidak membuat Jisun dan cabe mama jera berkunjung yaaa ❤

  • Mbak Jisun terima kasih berkunjung ke kalimantan, buah2an itu ORGANIK tanpa sentuhan zat kimia kemudian terima kasih sudah membeli tas Khas Dayak Kalimantan❤

    • Di mahalin gak sih itu pdahal gak gitu harga nya

    • klo buah q agak syok cm tas kcil 35rb 1 masih wajar si cm gtw hrg asli gmn

    • @@muhammadkhairul7052itu buahan endemik kalimantan dan masa tumbuhnya panjang, 100 rb pun terasa murah

    • Itu tas nya hand made makanya harga segitu dirangkai berbentuk motif

    • tas itu handmade,susah lo bikinnya,tangan sampai kapalan😢,kalo untuk buah"an yg dibeli jisun itu buah"an langka yg biasa tumbuh dihutan jd mungkin agak mahal,semoga jisun bisa berkunjung lg ke pasar terapung ditemani orang banjarmasin,sehingga tau ramahnya banjarmasin❤

  • Kak jisun makasih banget🙏 berkat nonton video ini aku ngerasa ikut jalan - jalan juga, sebagai ibu baru yg lahiran, aku gabisa keluar kemana - mana, jadinya nonton video ini sangat menghibur aku🥰🫶

  • Gak sabar liat video jisun nyoba buah rambai, gandaria/ramania, kapul, kasturi.. Ini semua buah hutan yg ada di kalimantan,jadi harga nya agak mahal kak.. Sehat dan Bahagia trs ya kak jisun&cabe mama... ❤❤

  • Floating market di Banjarmasin ini emang unik. Saya senang pernah merasakan pengalaman berkunjung ke 2 pasar terapung di sini. Tapi yg lebih seru itu ke pasar terapung lok baintan. Rela bangun pagi banget ngejar pasarnya biar belum bubar. Menikmati sarapan nasi bungkus dan kopi/teh yg dijajakan penjual di atas perahunya. Unik aja menikmati sensasi transaksi belanja antar pedagang dan pembeli yg semuanya dilakukan di atas air. Emang benar rugi rasanya ke Banjarmasin kalo tidak berkunjung ke pasar terapung ini. 😊

  • Ga pernah bosen nonton jisun Krn jisun selalu berkata yg baik dan menilai baik terhadap budaya di Indonesia mau apa pun keadaan nya jisun tetap.ramah dan baik ♥️love jisun dan mamah

  • Saya aja orang indo kalah sama jisun bisa pergi ketempat jauh begitu hehe , mantap deh ❤

  • Hebat Jisun. Jiwa petualangmu tinggi jg. Disamping km wanita yg elegan tp km jg memiliki jiwa petualang, dan cabe mama pasti menurunkan jiwa petualang nya ke kamu...🤗 Sukses dan sehat² selalu...

  • Bahagia sekali melihat jisun dengan ibunya berpergian seperti hal liburan bareng ibu serta ketempat2 yang belum pernah mereka kunjungi wahhh pengalaman yang memuaskan

  • lihat video ini, aku begitu bangga menjadi warga negara indonesia dengan keanekaragaman budaya dan berbagai bentuk makanan di indonesia dan keunikan masyarakatnya. makasih Jisun

    • Aku sebagai warga negara indonesia biasa saja,karena setelah kehidupan adalah kematian.

  • Pokonya selama unnie Hari Jisun lagi vlog di Banjarmasin aku mau terus komentar karna saking senengnya akhirnya unnie ke kampung halaman aku, ikutt senenggg banget unnie bisa ke Pasar Terapung🥹😍😍🥰

    • Harga buahnya di kenai acil² 😅

    • ​@@rudiansyah9754ngakak bnr, buah apa yng harganya 10 ribu sebiji 😭🤣

    • ​@@jjkv136510ribu 2 biji kasturi kalo.... asa manganai banar, biasanya satuyuk 10rb

    • ​@@jjkv1365buah kapul, 10 biji 50 rb ujar acil, umai larangnya 😅

    • @@rudiansyah9754 asli heh kesian jadinya 😅

  • Jisun telah melihatkan kepada DUNIA negara besar INDONESIA. Setiap daerah di Indonesia lain² TRADISI nya, buah²an, kulinernya ber -macam² ragam rasanya.

  • Makasih jisun sudah ke banjarmasin.. semoga memberikan kenangan indah 😊

  • Km sangat bahagia mempunyai kesempatan bersama ibu tercints !!! Moment yg tak akan terlupakan dan tidak bisa di ulang setiap moment yg indah . Dimn pd akhirnya menjadi Kenangan yg Abadi

  • Jisun pasti sangat happy karna banyak kenangan jalan2 bareng Cabe Mama buanyak sekali yang gak bisa setiap orang bisa dapatkan. 😊😊

  • Kalau seandainya tanda" 👍" banyak, aku akan "1000 👍" Sungguh luar biasa petualanganmu di indonesiaa, hal yang tidak mudah dan penuh perjuangan apalagi Membawa cabe mamah, semakin kompak, semakin seru untuk ditonton, semoga semakin sukses, lancar cita2mu, jaga selalu cabe mamah, dan kesehatan jisun, semoga TUHAN selalu melindungimu.. Aamiin 😍😍😍😍😍

  • Jisun, im so jealous of you 😢 bahkan aku yg orang Indonesia aja belum pernah ke banyak tmpt yg sudah kamu kunjungi. Suatu hari pasti aku bisa kaya kamu keliling Indonesia ❤

  • Ini pengalaman baru bgt ya jisun.. 😆🤭 ngeliat jisun "riweuh, deg2an" gtu aku senyum2 ketawa2 sendiri.. semoga betah2 dsna ya.. skalipn bnyak kejutan.. saya yg blom pernh ksna aja terkezuut🤭🤭 beda daerah beda budaya..

  • Berasa ikut naik sampan juga. Wahhh senang y liat pemandangan yg indah alam yg asri segar cuaca yg indah. Sehat sehat y jinsun dan mama. Saya suka

  • Jisun jgn kaget y klo acil2 di banjar stlh di tukari(di beli brg dagangannya) sll di jwb "dijual", trsnsaksi jual beli mmg sprti itu y, stlh membeli ckp ngmg "ditukar/tukarrr". salam hangat dr kami warga banjarmasin❤

  • Di daerah mana pun Jisun berada pasti disambut masyarakat dengan baik. Sehat slalu buat Jisun dan mama ❤

  • Impianku ingin seperti kak jisun bisa bawa mama jalan jalan dan bersenang senang bersamaaaa....kak jisun aku iriiii bagett sama kakak tapi aku juga senang melihat setiap moment kak jisun bersama mama cabe.... selamat berpetualang kak jisun dan mama cabe... smoga hal baik slalu menyertai❤

  • Jisun sayang banget sama mamah nya , makanya rezekinya selalu mengalir dan banyak ...sehat-sehat selalu jisun dan mamah cabe ...love love buat kalian berdua

  • Wow saya walau orang Indonesia, baru pernah lihat dari dekat pasar terapung di Banjarmasin, karena video Jisun saya bisa melihat secara dekat interaksi antara pedagang dan pembeli, ternyata seru ya 😃👍💛

  • terima kasih sudah berbagi keindahan alam Indonesia Hari Jisun 🥰 bahagia melihatmu bisa melakukan perjalanan ini bersama ibunda tercinta 🥰

  • Jadi inget kayaknya sekitar pertengahan-akhir thn lalu kesana, sebagai org yg tinggal di Jakarta, ngerasain experience kaya gitu, spesial aja gitu rasanya, rada overwhelming emang kalo pas disamperin banyak perahu gitu, tp ya disitu juga keseruannya. Oh ya penjual disitu emang suka kaya menegaskan lagi kalo kita bertransaksi sama mereka, tujuannya untuk menegaskan disini telah terjadi transaksi jual - beli atas kesadaran masing2 (walau kadang kaya kitanya sendiri yg overwhelm juga sama keadaan disana) dan sama2 setuju, tapi ya itulah mereka dengan jelas mencoba menjalankan akad jual-beli sesuai yg diajarkan di islam. Btw seinget saya disana itu salah satu penjualnya (atau mungkin ada jg yg lain), pembayarannya bisa pake QRIS, jadi bayarnya enak, soalnya pas dulu kesana saya & tmn saya kesana kaya kurang prepare, jadi g siapin pegangan uang pas, alhasil ya g bisa banyak beli2 disana, nah kalo ga salah ibu yg jual tas anyaman itu bisa pake QRIS, jadi enak tuh bisa bayar cashless, cuman saya udah keburu pake cash, telat taunya, wkwkwk.

  • Jisun harus belajar sama Mama cabe...tenang dan tidak panik saat belanja

  • Sumpah cantik banget aku berasa ikut jisun jalan jalan naik kapal dan aku senyum² sendiri 😂 seperti sedang liburan juga. . . Aku orang pulau Jawa tapi belum pernah juga pergi ke luar pulau❤ semoga suatu hari nanti aku bisa pergi berlibur seperti jisun❤❤❤❤

  • Terimakasih Kak Jisun dan Cabe Mama....selalu ngajak aku jalan jalan keliling Indonesia❤❤❤❤

  • Weehh ka Jisunn sudah mulai berpetualang lagi, semoga yg dibeli jisun bisa suka ya.. happy enjoy, semoga selalu bahagia berada di Indonesia dengan beraneka macam budayanya 😊😊😊

  • 08:34 Itu pakai bahasa Banjar, ya Jisun. Kurang lebih seperti ini maksud acilnya (si penjual) ya: "Gak penasaran dan malu-malu lagi kalau sdh ketemu langsung seperti ini. Gak kebayang, orang seperti aku bisa ketemu dia (Jisun) secara langsung di sini. Ternyata, orangnya bungas banar (cantik banget) alhamdulillah..."

  • Mba jisun kalau penjualnya bilang saya jual,mba jisun harus balas dengan saya beli..itu kebiasaan org sana,biar sah hukum jual belinya..saya bukan orang sana,tpi sedikit paham adat disana

  • Hati hati ya jisun, ditempat wisata pasti ada org org yg memanfaatkan situasi, jisun terbiasa dgn karakter orang Indonesia yg baik, memang betul,tpi jgn lupa negara dimanapun itu sama ada yg baik ada yg buruk ,jaga barang bawaan ya kalau ditempat2 ramai apalagi jisun sgt terlihat sprt turis.

  • Jisun kalau bikin buku tentang perjalanan di Indonesia untuk komunitas Korea bakalan laku lho, isinya penglaman2 unik, bagus & saran2 untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan, ditambahkan informasi makana2 yg direkomendasikan di masing2 kota/daerah. bagus untuk informasi & referensi orang2 Korea/orang asing yg ingin datang ke Indonesia terutama kota2 yg belum banyak didatangi turis

  • Buah kasturi ialah jenis mangga hutan khas Kalimantan Selatan, bentuknya kecil dan warna kulit luarnya hitam merah ke unguan, rasanya manis dan ada khas wanginya yg beda dari jenis mangga2 pada umumnya.

    • Jadi penasaran, pingin nyobain ..

    • Sayang TV²nasional kita gak ada yang nayangin kearifan lokal ,secara masif seperti korsel yang promoin negaranya,kulinernya kearifan lokalnya bahkan melalui drakor²mereka .beda banget sinitron kita yg nunjukin kekayaan ,bullying antara si kaya dan simiskin,arogansi ²rakyat indonesia

    • Dikenai acil yang bejual 😅 harganya sebiji 5 ribu

    • Mangga kasturi itu bener kecil tapi bisa ngalahin wangi mangga besar bahkan lumayan jauh wangi nya masih bisa kecium 🤣🙏 salam dari kalimantan saya sangat suka buah itu 👍

    • ​@@rudiansyah9754asli ...2 biji 10 ribu , rajin sepiring 10 ribu 😅

  • Jisun, aku merasakan feelnya. Pasti dag dig dug campur takut yaa. Hati2 ya Jisun dalam setiap perjalanan di Indonesia karna disetiap daerah mempunya tradisi dan karakter yang berbeda

  • Indahnya hidup, duduk santai diatas perahu cukup membuat arti yang bahagia. Selamat berwisata mbak Jisun dan cabe mama.

  • Aku z org indo cmn bs ngayal prgi ksna ..liat aktfts pasr d ats laut .. liat ka jisun.. brasa aku yg lg ada disana ... daebaaakk .. amazing bgt dah.. terimaksh udh berkunjung lg k indo ..love se kebon dah

  • Terharu anak sama mma cabe semakin erat, aplaus buat Hari Jisun, bawa fong adik lelakinya.👍👏👏😇

  • Berani banget turis ini...Saya aja yg orang Indonesia belum pernah kesana, Berbahagialah kalian melihat sisi lain Indonesia.

  • Jisun beruntung datang ke Banjarmasin saat musim buah tahunan lebih banyak. Harganya memang lebih mahal jika membeli di pasar terapung.

  • Saya orang jawa dan saya islam. Saya kagum sama adat orang banjar, terutama pedagang di pasar terapung. Pernah dulu, pagi² saya beli sayur di warung. (Warungnya ga jauh dari tempat kost saya). Saya heran kok dianya ga bilang "Jual lah" Padahal biasanya warga banjar, PASTI bilang Jual lah, sebagai penjual pas ngejual sesuatu. Adat banjar, penjual ngucap "Jual lah" Dan Pembeli ngucap "Nukar lah" Nah pas siangnya, si pedagang malah ke kost saya, bilang "Sanak, barilaan lah" Lah saya langsung bingung. Ternyata bener bener gamau makan uang hasil jualannya kalo belum barilaan/sama sama ikhlas nukarin sesuatu. Nukar disini maksudnya sayur ditukar uang, begitu

    • Lebih detailnya seperti ini : "Ulun tukar lah (saya beli ya) barang ....seharga....di bayar tunai" Jawabnya : "Ulun/saya jual barang..... seharga...di bayar tunai' Ringkasnya Pembeli : tukar cil/paman lah Penjual : inggih jual Atau Tukar seadanya cil/paman lah Inggih jual seadanya

  • Setiap daerah memang unik, begitulah Indonesia kaya akan budaya. Keren sekali melihat ibu ibu dengan semangat nya menjajakan dagangan nya, mereka hebat. Vlog yang bagus jisun.

  • Apapun kondisi yg dihadapi jisun dan cabe mama tapi kita bisa lihat begitu berwarnanya perjalanan mereka. Itulah makna sebuah petualangan yaitu selalu menjumpai hal2 baru. Selamat buat jisun dan cabe mama ya 👍👍👍

  • ALHAMDULILLAH aku senang banget Hari Jisun datang ke Banjarmasin.. Tanah KeLahiran Aku.

  • Di setiap daerah Indonesia punya kebiasaan dan budaya yang beda jadi harus semangat ya semoga senang ada di Nusantara

  • Semakin kalian lama di indonesia,semakin tamhah banyak subcribers nya nonna jisun ....saya yakin Karena kalian sangat ramah dan baik terhadap orang lokal indonesia ... Apabila ada yang merasa tak senang di hati selama di indonesia nonna jisun dan mama cabe,cukup senyum aja yaa....terima kasih nonna jisun dan mama cabe ....

  • Alhamdulillah kak jisun . Banjarmasin aman kak . Penjual di pasar terapung excited banget sama orang bule makanya banyak yg berebut menawarkan segala macam barang dagangannya

  • Seneng bgt akhirnya jisun dan cabe mama dtg jg kepasar terapung khas daerah kami Kalimantan Selatan... excited bgt liat videox.. Alhamdulillah akhirnya jisun dan cabe mama berkunjung jg kebanjar Masin ❤mksh jisun dan cabe mama atas kehadirannya di daerah kami,haapy holiday ya❤

  • Terima kasih sudah berkunjung ke kota Banjarmasin, semoga bisa explore semua makanan khas kota kami. Semoga merasa nyaman dan bisa berkunjung ke kota kami terus

  • Wah benar benar salut dgn Hari Jisun menyusun perjalanan ke Indonesianya, berbagai manusia ada di video ini , that's life all about😅😊😂🎉❤

  • Hahaha seruuu aduh aku jadi pgn keliling Indonesia. Ya Allah kasih rezeki yg bykkk

  • Seneng banget jadi Jisun dan cabe mama, bisa jalan2 ke banyak tempat di Indonesia dan di negara lain juga. Aku yang orang Indonesia belum pergi ke banyak tempat di negara sendiri.

  • Mampir ke martapura jisun...kota intan (berlian)...di pasar intan ada banyak berlian...emas di martapura kadarnya 24 karat atau 99 persen dan harganya lebih mahal dari emas dengan kadar lebih rendah...yg dijual di jawa...semangat jisun...o ya satu lagi...harga makanan di kalsel lebihahal dari di jawa ya...kalo di restauran biasanya 25 ke atas...ini harga standar ..ke resto frenchise atau biasa...

  • Mohon maaf Jisun Ada beberapa harga buah dimahalin lbih dr harga normal memang hrus nawar Ada bbrapa penjual sengaja menaikkan harga dg maksud bila ditawar mka harga bs dikurangin biar pembeli ngerasa senang dpat buah murah krn bisa ditawar, Buat yg punya rencana berkunjung dan berbelanja di Banjarmasin,pilih dan tawar aja penjual gak marah kok, bahkan kalau kita tinggal pergi nanti penjual yg ngejar dan nawarkan nurunkan harga,apa lg kalau ramai penjual saingan ketat,mkanya sistem jual mahal dulu baru kejar pembeli Gak semua penjual begitu tp kebanyakan begitu sistemnya, semoga info saya bermanfaat Jangan takut ke Banjarmasin

  • Begitu lh para Acil (emak) klo menjemput rezeki suka berebut pembeli.. semoga jisun bisa terbiasa dengan warga Banjarmasin.. terimakasih sudah berkunjung ke bjm.. tetap berhati-hati ya

  • Hati" Jisun dan Cabe mama selama jalan" di Indonesia. Beda tempat dan daerah beda juga budaya dan ragam"nya. Semoga liburannya kali ini menyenangkan dan bisa menhgibur Jisun dan Cabe mama

    • Dikomentar paling atas ada komen seperti ini diserbu loh kak🤣 ini aman2 yaa..

  • Masyaallah tabarakallah.. Cita-citaku, aku selalu sehat sampai tua dan nemenin anak2 traveling begini 😍

  • Yeeyy akhirnya uploand lagi.. Pas banget baru buka Hp.. ❤ Love Jisun & Cabe Mama.. ❤🤗

  • Inilah warna Indonesia...belum lagi yg di Papua Nusa tenggara dan Maluku..akan ditemui lagi suasana berbeda.. semoga senantiasa aman lancar dan nyaman..🙏

  • Sudah lama tidak lihat video jisun, ternyata potong rambut.bikin mempesona ❤❤

  • saya sebagai warga Banjarmasin mengucapkan terimakasih jisun sudah berkunjung ke Banjarmasin,mungkin karena banjarmasin jauh dari ibu kota dan jarang melihat orang luar negeri datang berkunjung sehingga para pedagang berebut menawarkan dagangan nya,maaf atas ketidak nyamanan nya jisun,tapi insyaAllah Banjarmasin aman kok,,,tidak ada salahny jisun tanya" dulu sama youtuber Banjarmasin pasti mereka siap bantu,,,@tomy kaganangan tunjukan Banjarmasin kita❤

  • Tiba2 nangis pas liat cabe mama duduk diatas kapal menikmati pemandangan. Pasti cabe mama bahagia banget bisa menikmati setiap detik di masa tua nya dgn enjoy

    • Sama. Gw jg smbil sholawatan smoga ank2 gw nnti jg bs ajak gw kliling dunia