Ini Gejala Virus Corona dari Hari 1-9, Serasa Masuk Angin hingga Sakit Tenggorokan

Dipublikasikan tanggal
TRIBUN-VIDEO.COM - Wabah Virus Corona yang kini sudah memasuki negara Indonesia tak pelak membuat seluruh masyarakat merasa cemas dan khawatir akan tertular.
Dengan itu, Humas Polri pun memberi tahu apa saja gejala bagi para pasien yang positif terpapar Virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.
Hal tersebut disampaikan oleh Humas Polri dan bersumber dari Kemenkes RI melalui akun Instagram resminya, @divisihumaspolri pada Senin (23/3/2020).
Terdapat 8 slide foto dalam unggahan tersebut yang menjelaskan gejala-gejala pasien yang positif Covid-19 dari hari pertama hingga sembilan.
Gejala-gejala tersebut antara lain:
Hari 1-3: gejala seperti masuk angin, tenggorokan sedikit sakit, tidak demam, tidak lelah, makan dan minum normal.
Hari ke-4: sakit tenggorokan, mual, suara serak, suhu badan berkisar 36,5 derajat, sakit kepala ringan, mulai anoreksia, diare ringan
Hari ke-5: sakit tenggorokan, suara serak, tubuh panas suhu berkisar antara 36,5 sampai 36,7 derajat, tubuh lelah, nyeri pada sendi
Pada hari ke-5, gejala memang sulit dikenali sebagai infeksi dingin atau koroner.
Hari ke-6: mulai demam ringan, suhu 37 derajat, batuk berlendir atau batuk kering, sakit tenggorokan saat menelan dan berbicara, lelah dan mual, sulit bernapas, diare dan nyeri pada jari
Hari ke-7: demam tinggi di atas 37,4 sampai 37,8 derajat, batuk dan dahak berlebih, nyeri kepala berlebihan, nyeri sendi tubuh, frekuensi napas pendek dan diare lebih banyak.
Hari ke-8: demam tinggi di atas 38 derajat, sulit bernapas, dada terasa berat, batuk terus menerus, sakit kepala, nyeri sendi dan sakit punggung.
Hari ke-9: gejala bertambah buruk, demam tidak beraturan, batuk tidak mereda (lebih buruk dari sebelumnya) dan kesulitan bernapas.
Dalam keterangan unggahan, pihak Humas Polri turut mengimbau masyakarat untuk mengenali gejala Virus Corona agar dapat mencegahnya terus berkembang dalam tubuh.
(Tribun-Video.com / Ruth Aurora)

Komentar

  • Kalo engapp sama sesak napas beda apa ga ya, enggap nya itu narik napas pnjng ,, truss beberapa menit ,tarik lg ,tp ga sakit ,kyk nglekep gtu

  • Kurang jelas nih , GK ada yg lebih spesifik ? , Kalo gini yg sakit demam biasa bisa ikut panik

  • Gue lagi sariawan radang sama batuk gatel berdahak jadi takut gue kluar rumah setiap hari d kost terus kalo kluar pas batuk ntr gue d sangka korona 😖mau beli kebutuhan aja susah nyaa gue jd stres sendiri.

  • 36,7 itu mayoritas dipabrik saya tapi tetep lanjut kerja semua

  • Saya sedang sakit. Tapi tidak seperti gejala di atas

  • Saya merasakan yg kaya dividio,solusinya gmn?

  • Klo demam 2 minggu knp ya?

  • Tidak bisa kita pastikan flu,panas,sakit tenggorokan itu tanda2 Corona,maka dari itu jika ada yg merasakan salah satu atau barsamaan kita harus cek ke dokter agar bisa kita pastikan,intinya jngn terlalu panik,karna panik bisa membuat daya tahan tubuh kita melemah,serahkan aja sama yg kuasa dan dokter,kita hanya bisa berdoa.🙏🙏🙏

  • Yg aku rasain kayak gitu.,gimana ini mau periksa tpi takut..badan panas demam klo pas lgi tidur.,, sendi sakit apa lgi bokong paha kebawah..

  • amin yallah

  • ya allah semoga bentar lagi corona hilang

  • Apakah corona mirip malaria tropika?

  • Mau komen apa !!! Self lockdown !!! Zzzzzz

  • Pengalaman tukang burung saat hadapi flu burung 2003 lalu yg sama virusya dan gejalaya. Cukup minum decolgen untuk panasya 2 hari tdk panas lagi dan minum madu2 sendok makan dan campur sari buah mengkudu 5 sendok makan minum saat perut kosong bangun tidur. Pengobatan 4x sehari. Atau bisa madu 2sendok dan cuka apel 3sendok..mjnum 4 jam sekali. Lakukan sampai terasa sesak dan gilu hilang didada bisa sampai 2 mjnggu. Kalau sdh kena biasaya ga ada gejala panas tapi sesak nafas tetep ada.

  • WAJIB MASKER! WAJIB KARANTINA tiap pindah domisili. ONLINE kan semua layanan birokrasi. No antri, no ribet.

  • Sulit untuk membedakan Gejala2 seperti itu.. tiap semua orang pasti merasakan gejala2 itu

  • Serem banget ya

  • Saya sekarang sedang mengalami sakit tengorokan+panas+kurang nafsu dengan makanan. Doakan semua agar saya di jauhkan dari penyakit dan juga kalian di jauhkan dari penyakit apapun.🙏

  • Aku kok sama ya _- gejalanya

  • Ko jadi takut yah😭

  • Minumlah jeruk nipis sama kecap di kasih garam trua di kasih air mendidih

  • Hari k 10-14 gmn? Apa pnderita bisa meninggal d hari k 10 kalo kndisinya sperti yg d katakan d atas?

  • Kalo bisa jgan bikin video yg bikin panik tooong

  • ostovilunglo alaljim ya allah somoga kami tidak kena biar orang sana yang amin yorabalamin selalu jaga kebersihan

  • Aku juga lg gak enak badan batuk kadang2 doang sakit tenggorokan sesak nafas kadang tapi pas cek ke RS di ronsen ambil darah bagus smuaa ,semogaa memang sakit masuk angin biasa ya allah :((((

  • Kenapa suara dan gambar gx sinkron

  • Semoga kita semua di lindungi oleh Tuhan dari berbagai Virus dan Penyakit Amin... 😊😇😊😇

  • Itu batuk berlendir atau batuk kering maksudnya gimana?

  • sebelum ada korona penyakit saya sehari hari tu punggung pegel" kesemutan,kepala pusing mau muntah demam akurat

  • Apa cuman gua yang jadi stres liat ini

  • Apakah memang benar ini valid, tolong kalau memuat info media yang valid. Diakarenakan semua manusia punya perasaan. Saya yang sering stay dirumah, masuk angin karena kipas angin saja dianggap orang tua saya kena covid-19. Coba bayangkan bagaimana perasaan anda jika hanya berjabat tangan untuk meminta restu cari uang saja langsung ditolak dan dihindari oleh orang tua kandung kalian sendiri karena diduga kena covid-19. Tolong yang lebih realistis, orang tua saya menolak karena melihat konten youtube dari channel ini

  • Kena TBC aja ngeri bnget palagi corona

  • wuah

  • Corona pulang ya nak udah cukup kau merusak tubuh manusia kau udh keliling dunia nak sudah yah nak sudah plg lah

  • Sakit tenggorokan dari dulu ada kn

  • Untung udah minum obat meriang sembuh deh

  • semangat indonesia : @

  • kan katanya asal usul ny dri wuhan ni virus d china, trus itu kota d china, dan kota2 d sana se china nggak pada tertular ni virus, tpi kok malah nyebar ke seluruh dunia ? ada yg bisa jelaskan ?

  • Eh kalo sesek napas doang itu apa ya:(

  • Ternggorokan sendikit sakit itu gmn

  • Bunuh aja yang bikin virus beginian

  • Mudah mudahan orang yg terdekat, dijauhkan dari penyakit ini

  • gejala nya mirip penyakit gangguan jantung

  • Mending perang lansung dengan china , daripada perang dengan virusnya..

  • Saya kehujanan masuk angin, tenggorokan agak gatal, jd waswas, padahal saya di kampung 😥🤒🤧

  • Pencegaan perkembangan nya bgmn

  • Njir nonton ini langsung skit tenggorokan, bada panas, ama susah nafas njir tpi gk batuk ini gejala apaan yak

  • Buat ngecek positif enggaknya dimana yah lur? Saya udah 2minggu lebih batuk batuk panas dingin tenggorokan sakit badan lemes Tapi alhamdulillah masih hidup

  • Siapa disini batuk batuk tapi kaya flu

  • Itumah semua penyakit bulanan orang miskin kaya seperti saya.. Dllu tiap bulan juga setisaknya ssya merasakn gejala itu.. Apa lagi klo bulan setoran pilek.demam. batuk pusing pada hadir karna epek kurang tidur,,,tp ko sekrang jdi mikir kesana kesink klo penyakit itu datang,,,,,,

  • Kalau gue selalu habis lihat berita beginian pokok yang ttg korona yg awalnya tadi biasa² aja jadi kaya panik yg tadi gak batuk jadi dibatuk2in untuk memastikan tadi yg gak sakit tenggorokan jadi nelenin ludah terus dan suhu badan yg tidak panas/demam jadi ngerasa kaya panas terus sampai nyuruh orang ngecek dan bernafas yg tadi biasa² aja skrng malah sering ngerasa deg² ambil nafas tidak normal. ADA YANG SAMA?INI PANIK ATAU APA

  • Jangan trllu di pikirkan mending slow ajj klo sempet periksa ke puskesmas..klo panik cemas gk baik.. Penyakit dtang darii kecemasan dan pikiran gelisah

  • Kalo aku sih kalo mejelang malam mukai jam 16 suhu tubuh ko merasa panas..tp gk btuk.gk pilek gk demam biasa ajj cuma badan saya terasa panas udah 3 hari

  • Astaghfirullah

  • Repot akun ini bangsat gajelas

  • Gua setiap habis joging pasti serak. Lah di kira orang² corona anying pada njauh. Gua ke warung batuk doang di kirina corona anying.

  • Jika demam, tenggorokan kering, Itu karena efek psikomatik. Umum terjadi di tengah wabah begini. Psikomatik terjadi karena kecemasan berlebih. Demam, sakit tenggorokan juga pusing. Ngatasinya cukup dengan menarik dan menahan napas secara perlahan. Sambil dibantu dengan pikiran2 positif. Semoga bisa membantu.

  • STAY AT HOME

  • Lgi pilek sama lemes pikiran udah negatif :(

  • BERITA BANGSAT.....BERITA ASU....BIKIN WARGA INDONESIA CEMAS GOBLOK

  • Saya batuk tpi kdang bersin juga, kadang juga sakit dada apa ini covid-18

  • Tenggorokanku mengganjal tpi tdk sakit, apa ini ciri² corona?😭

  • Kemaren ente uplod kata nya udh ada obat nya ,mana?

  • Dirumah doang tp kok tenggorokan kek susah nelen air liur yak :( ngeri atuh

  • Lillaahi ta'ala saja..yg jelas kita sudah buktikan ikhtiar, minum multivitamin ,sering cuci tgn terutama sebelum makan atau nyentuh area wajah, memakai masker, physical distancing, dan isolasi diri. Jg sudah berdo'a dan lebih rajin ibadah.. jika terinfeksi virus ini jua pada akhirnya..jgn stress, nikmati saja sembari sabar dan berdo'a

  • Gw terjangkit virus ketagihan coli. Saat ini usia gw baru 20 tahun, mau nikah belum ada uang (lagi kerje ngumpulkan uang) terpaksa kalau syahwat datang di selesaikan dgn coli. Biasa berhenti coli nya paling lama 3 harian, setelah itu coli lagi. Dengan harapan saya cerita disini mohon doa dari kalian semua supaya saya bisa berhenti coli selama ber tahun2 sampai nikah Aamiin 🤲

  • Jangan panik! Gua pernah ngalamin minggu2 kemarin. Awalnya sehat2 aja tiba2 bener kaya masuk angin, badan panas, lemes, pusing hari pertama, hari kedua tambah pilek dikit batuk, sakit tenggorokan sampe seminggu lebih ga sembuh tapi di iringi minum obat dari dokter terus menerus alhamdulillah sembuh, itu obat sisa sebelumnya pernah sakit. Dan ga periksa ke dokter sama sekali

  • Hari ke 10 MATI

  • Ya Allah tolonglah hilangkan virus Corona sebelum bulan ramadhan. Hamba ingin tenang dalam beribadah puasa, hamba ingin keluarga hamba sehat dan tolong sembuhkan orang yang terkena virus Corona amiiin

  • Saya merasa sakit punggung.. Hanya itu Bagaimana kah

  • Njirr gue batuk kepikiran trus

  • Katanya corona adalah tentara Allah yang ditugaskan memberi hukuman kepada china karena ngintimidasi muslim uighur tapi kenapa malah menyerang kita juga?

  • bnyak amat gejala'y cri'2'y...bingung mngidentivikasi ny klo gtu mah

  • Jangan takut sama corona kalau mau takut itu sama penciptanya

  • Parno banget asli😣

  • Tak pelak bukan pe'lak 00.03

  • yaAllah tenggorokan dri kmaren agak gak enak liat ini jd parno sndiri

  • Panik menyebab kan asam lambung naik.. Asam lambung naik.. Kadang menyebab kan sesak nafas.. Bisa aja kalian yg lagi sesak nafas krna asam lambung naik... Semoga

  • Aku tenggorokan sakit .. smoga cuma sakit biasa

  • Suara ga sinkron sama vidio nya