Ini Kronologi Aksi Heroik 2 Prajurit TNI AD yang Lawan 9 Begal di Jakarta Selatan!

Dipublikasikan tanggal 8 Mei 2022
JAKARTA, KOMPAS.TV - Lebih berhati-hati dan waspada saat berkendara, terutama dini hari, untuk menghindari pembegalan!

Jurnalis Kompas TV, Vedrizqa Ananda, berada di lokasi kejadian di Jakarta Selatan melaporkan kronologi prajurit TNI AD menggagalkan aksi begal.

Ya, dua prajurit TNI Angkatan Darat (TNI-AD) menggagalkan aksi sembilan begal di wilayah Jakarta Selatan.

Prajurit TNI AD yang diserang, melawan dan menangkap satu pelaku.

Pelaku dibawa ke Polsek Kebayoran Baru dan ditahan.

TNI AD menyatakan, dua prajurit Kodam Jaya itu diserang seusai berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Kebayoran Baru.

Saat perjalanan pulang, korban diserang sembilan orang menggunakan sepeda motor.

Setelah melawan, satu pelaku ditangkap dan pelaku lain dalam pencarian polisi.

Pelaku yang ditangkap adalah warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Dari kejadian ini, TNI AD mengapresiasi tindakan prajuritnya sebagai bentuk menjaga keamanan warga dari aksi kriminalitas di jalanan.

Dari keterangan resmi TNI AD; saat pelaku terjatuh dari motornya, kedua prajurit TNI-AD tersebut berbalik melakukan perlawanan.

Diduga, dalam melancarkan aksinya, sembilan pelaku tersebut dalam pengaruh minuman keras atau alkohol.

Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/article/287078/...

Komentar

  • Kami sebagai prajurit TNI tidak perlu sanjungan yg berlebihan yg kami inginkan negara yg kita cintai aman tentram tidak ada ketakutan untuk beraktivitas 🙏

    • Mau bela diri aja malah jadi tersangka kan gak lucu!

    • Jika masyarakat biasa yang melawan begal,busa jadinkorban begal jika melawan akan jadi tersangka, biasanya!

    • ​@Anonim X kalo emang benar laporkan pak ke atasannya

    • SYAPP!

    • Tanpa sanjungan pun tetap di mata kami TNI sangat ternilai harga nya di banding yg lain... Sangat membantu dan slalu menjadi pahlawan bg bangsa. Namanya harum tdk tercoreng dr hal sekecil apapun.. Mantap

  • Bangga kepada TNI, Rakyat bersama TNI

  • Saya bangga kepada semuaa TNI..yg telah melawan kejahatan tapi saya berharapa bagi para TNI bagi warga sipil/masyarakat biasa yg melawan begal..tolong di bela..karna masyrakat biasa juga bisa jadi luar biasa di mata orang yg tepat

  • Bangga dengan Prajurit TNI, Tetap semangat menjaga NKRI Jaya

  • Tentara aja dibegal, apalagi kita yg sipil😭😭😭 Tolong perhatiannya pemerintah untuk keselamatan warga negaranya diprioritaskan🙏🏻🙏🏻🙏🏻 karena kami warga negara Indonesia butuh kenyamanan, keselamatan dan kesejahteraan🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    • Hrsnya bawa ke asrama tentara ajar adat biar jera

    • @witri riyadi kalo warga sipil nanti balas serang kena pasal, karena tidak boleh main hakim sendiri jadi, warga sipil harus pasrah karena begal dilindungi undang undang

    • yakan tentaranya lagi gak berpakaian dinas ya berani lah

    • Karena hukum di indo lemah,, makanya sampah kriminal merejalela

  • Bravo TNI, kita rakyat sipil bangga padamu..

  • Hatii saya tetepppp TNI no 1 tiada yang laennnn.....bravo TNI indonesia.semngattt makasihhh jaga tanah airr ini..

    • Tetap TNI yg di hati kalau yg satu nanti dulu

    • Klo POLRI?🤣

    • CUMA TNI SAJA

    • Iyyaaa okeee,,, TNI dihati,,, Tp kan di berita vidio ini bukan lg jaga negara, tp lg jaga diri,, hadeuhh,,,

  • Aku bangga sama TNI 👍👍

  • Pemerintah harus bertindak tegas terhadap begal yg ada sejak lama Di Indonesia ini, ambil langkah tegas secepatnya, kalau perlu siapkan anggota khusus untuk menangani ini, kapan Indonesia jadi negara maju jika ini terus terjadi di Negara ini, kalau sampai negara luar tahu, Wisata Indonesia pasti di hantui kerugian berkepanjangan.

    • Nda bisa dihilangkan bos, seni kehidupan harus ada Yin dan Yang

    • begal itu apa ye?

  • Saya sebagai masyarakat sipil merasa bangga dengan adanya TNI AD. Bravo TNI Tetaplah menjadi pelindung rakyak

    • @Arbyw arbyw cctv hanya bisa rekam doang tdk menyelesaikan masalah. Buang buang duit saja

    • KALAU SAYA LEBIH BANGGA MELIHAT POLANTAS YG SELALU MENERTIBKAN PENGENDARA DI JALAN RAYA. 🤣🤣🤮🤮🤮

    • @El Bento bener juga si semua pakai duit baru bisa di urus, Indonesia ku memang begitu

    • @Arbyw arbyw buang2 duit negara.. Klo mau pasang, pake duit sendiri aja klo mau.. Yg udah2 bnyak korban begal terekam CCTV gk pernah di usut aparat, klo ada duit nye baru jln.. Lagi udh jadi tugas aparat kepolisian buat patroli yg ship malam kan bisa setiap polsek suruh berpencar anggota nya buat patroli..

    • *Rakyat

  • 👍😎👍hidup TNI ,sy bangga dgn keberanian kalian 👍 tetap Jayaaaaaa Aparat kebanggaan kuuuuuuu 👍🙏👍🙏👍🙏👍

  • Bravo TNI Basmi para perusuh . Rakyat bersama tni

  • TNI yg paling mengerti Rakyat Indonesia. Yg paling sayang sm Rakyat. Yg sllu ada untuk Rakyat. Yg tdk.pernah memeras uang Rakyat....bahagia sllu buat TNI...TNI sllu ada di hati kami.

    • Tni nya di tangkap ga bro hahah

  • *Pokoknya TNI selalu dihati* 😍😍😍

  • Bangga punya prajurit tni muda tangguh dan cerdas, nasionalis, dan jiwa korsa utk kebenaran.

    • LEBIH2 sipil yg punya jiwa prajurit tangguh dan cerdas N suka bertindak dlm hal kebenaran

    • mantap,, salamkenal masbro

  • TNI dari rakyat dan untuk rakyat 👍👍👍 cita citaku pengen anakku menjadi TNI 🤲🤲🤲 bravo TNI ❤️

  • SMG Allah SWT selalu melindungi... TNI.. Aamiin

  • Bravo TNI..jgn dilepas pak polisi walaupun dibawah umur..

  • Sampah masyarakat harus dimusnahkan bravo tni...dan kalau bisa foto sipelaku jangan diblur tapi disebar luaskan biar mereka malu seumur hidup

  • Mantab TNI 👍 jaya-jaya-jaya...✊

  • BRAVO TNI, AYO SEMUA MASYARAKAT KITA YANG BAIK DAN BERAKAL SEHAT BERSAMA TNI, SIKAT...HAJAR BEGAL YANG TIDAK BERMORAL DAN TAK BERAHKLAQ ITU, SELALU MERESAHKAN MASYARAKAT.

  • Kita doakan semua TNI khususnya TNi yg seperti ini, sehat selalu dan dimudahkan dlm mengurus hal2 kejahatan sperti begal.aamiin

  • keren TNI ❤

  • Kualitas prajurit TNI kita jelas telah teruji. Maju terus TNI!!!

    • @Tapal Batas kok panas

    • @Tapal Batas Bro, kalo TNI nya ngerekam mereka justru gak akan bisa ngatasin begalnya lah & kalo pun mereka ngerekam pasti lu juga ntar ikut ngatain sebagai "pencitraan" gitu kan?

    • @Tapal Batas temannya begal ini wkwk

    • Awas pembelaan begal, nanti malah melanggar HAM

  • Hidupppp.... TNI 🙏💪

  • "Jika Sholat Menjadi Kebiasaan, Maka Percayalah Kesuksesan Akan Menjadi Kenyataan" Semangat😊.

  • TNI memang juara! 😎👍

  • Save TNI 😍

  • TNI kesayangan dan kebanggaan masyarakat Indonesia...... 👍👍👍🙏 Bravo TNI....!!! Bravo NKRI....!!!

  • 2 lawan 9. Hebat bener anggota TNI 👍👍 Keren abis lah pokoknya. Bravo TNI, saya merasa bangga.

  • Bravo TNI 💪

  • ini sbagai pmbelajaran buat kita smua agar hati2, & juga buat aparat trutama tni,polri diadakan pngamanan, dismua daerah yg rawan" biar masyarakat ayem,temtram🤲🙏

  • Ini baru namanya prajurit, jiwa raga kami. Jangan pernah kompromi sama kejahatan yg sudah banyak menghilangkan nyawa. Prajurit itu tidak sudi tawar menawar harga diri dengan NOMINAL.

  • Bravo TNI BENTENG NEGARA INDONESIA , KAMI CINTA KEPADA BAPAK2 TNI , SEMOGA BAPAK2 TNI SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT DI MANAPUN BERTUGAS , BRAVO TNI KU ,,

  • I Love TNI & Polri!! ♥️🇮🇩

  • Semoga tdk ada kejahatan lagi.aamiin Indonesiaku aman damai

  • TNI aj di garap apa lagi orang biasa kayak aq ini.... Ya... Allah jaukan hamba-Mu ini dari segala musibah amin🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

  • Bravo TNI, saya bangga kepada Indonesia karena memiliki TNI yang berani, tangguh, dan bijaksana! Semoga bapak-bapak TNI selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin YRA

    • mantap, salam kenal masbro

  • tni memang oke buat warga selalu didepan setiap ada masalah .terima kasiiiiiih banyak buat tni .

  • Dah lahh TNI ni bosss, teruji terpercaya di ITB dan IPB . bangga saya punya TNI .

  • Mantap bravoo TNI👊💪🇮🇩🇮🇩

  • Semoga tni tidak menjadi tersangka. Karena sudah melawan begal.. 💪💪🙌🙌

  • Yg kyk gini di bilang heroik, giliran warga biasa nglawan begal mlh di adili di bilang main hakim sendiri, lawak mana keadilan negri ini

  • Bangga negeri ini memiliki TNI

    • @Elang kofa banggalah 15 terkuat dunia 1 terbaik Asean

    • Polisi punya PR.

    • @Elang kofa saya bangga sekali dengan kesigapannya bapak prajurit TNI menangani masalah ,,, trus sementara nt yang hanya punya nyali di sosmed doank 😂

    • @Rizky Haikal wkwk

    • @Elang kofa kallo gue bangga sama TNI, Kenapa lo ga senang?

  • Mantappp!!! TNI Patriot Masyarakat memang No.1 Polisi masih dibawah itu.. Good Job👍👍👍

  • Ya allah semoga tni semak uji n di depan dalam membrantas begal yang ada di negri ini

  • Bravo TNI ✊

  • TNI amanah...satu dalam jiwa bela negara bela rakyat

  • Bravo TNI,bangga menjadi anak dan istri dr prajurit TNI AD yg sholeh.Smoga anak2,bisa menjdi penerus yangkung dan ayahny,utk menjdi anggota TNI,aamiin.

  • Semoga warga sipil yg melawan begal atau menumpas begal akibat membela diri bisa diapresiasi jg, bukan malah jd tersangka 🙏🏻

  • I LOVE YOU TNI

  • Hebat lahh my tni

  • Bangga TNI

  • Bravo TNI ... Moga tidak jadi tersangka atas perlawanannya terhadap pelaku tindak kriminal. Kami (rakyat) bersamamu. !!

    • Sepemikiran juga,

    • @Imas Jubaedah 🔥🔥

    • Kebyang kalau yg d begal nya bukan TNI tapi polisi kayanya ngakak deh c polisi pasrah ngasihin motor nya terus lari wkwkkwkwkwkkwkwekke

    • Aparat mah ga bakal jd tersangka selama tujuannya membela diri, malah klo ada urusan sm TNI bakal dicari sampe ketemu malah dihajar sampe habis klo bs

    • Kalo begal nya sempat tewas atau pun sekarat kemungkinan akan jadi tersangka, tapi itu tidak mungkin, pasti dibikin alasan yg mantap untuk pembebasan korban, dan juga polisi tidak berani macam2 dgn tni

  • Mantap pak TNI salam hormat 🙏

  • PSHT JAYA 🙌🙌

  • Sudah tidak diragukan lagi kemampuan TNI, kami masyarakat merasa aman dan nyaman jika TNI memegang dui pungsi seperti jaman pak Harto

  • Mantap paten POLRI... Eh salah sebut... MANTAP JIWA TNI.. kmi bangga dg TNI bukan kayak anu sebelah...

  • Beri penghargaan berupa kenaikan pangkat...!!! Mereka contoh pemberani yg benar, spy bisa ditiru anggota lain...! Berlombalah menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.. Bravo TNIm

    • Giliran berpangkat ngelawan begal di bilang heroik,, suruh kasih penghargaan,, giliran masyarakat lawan begal di kasih penghargaan uud pidana karna maen hakim sendiri, 🤣🤣🤣, keren kan broooo,, gi mn mau maju negara begal aja masih terang terangan di jalan😁😁🤣

    • @Ibam Lesmana gak bisa bahasa engres

    • Lawak

    • @Dim Dim nah makanya saya bilang aparat TNI polisi saja lawan begal malahan d bilang aksi heroik. Padahal EMG aparat hrs bisa melindungi dirinya keluarga dan warga. Tapi klo warga melindungi dirinya barangnya dan keluarga dari begal. GK sengaja' membunuh karena begal tsb EMG niat mau melukai. Tapi malah jadi tersangka padahal sudh jelas UUPasal 49 ayat (2) KUHP mengatur tentang pembelaan diri luar biasa berbunyi: “Pembelaan terpaksa yang melampaui batas, yang langsung disebabkan oleh keguncangan jiwa yang hebat karena serangan atau ancaman serangan itu, tidak dipidana. Aparat hrs viral dulu baru sadar

    • @Seed Destiny itu karna diviralin aja yg kemudian dibebaskan, kalo gak viral udah di tahan,

  • Alhamdulillah ya Allah smoga Bpk TNI dilindungi Allah dan sehat sellu aminn Buat begalnya kapok sukorr modyar lak wes a

  • Bravo TNI...Alhamdulillah Diberikan Keselamatan Buat Prajurit Indonesia...Sehat sukses selalu Bapak..Bravo TNI Untuk BEGAL..,klo Ketangkap Warga Wajib Di Massa.. Jangan Berbicara Hati Nurani..,Karena Yang Kita Hadapipun Tak Punya Hati Nurani Dan Ini Sudah Menjadi Penyakit Kambuhan Jadi Pantaskan Saja..

    • salam kenal ,,,bravo tni

  • Awas TNI nya yg jadi tersangka, Indonesia kan beda hukum 😢

  • Mampus usut tuntas begal yang merugikan dan meresahkan.. Bravo TNI 👍🏻

  • Allah musta'an semoga allah menjaga TNI kita dan seluruh masyarakat indonesia Aamiin 😇

    • Amiin ya Allah ya Robbal Aallamiin

    • @NOOB GAMING hanya allah dzat yg tempat meminta pertolongan

    • Apa itu musta'an brooo

  • TNI emang mantap

  • 1 TNI =10 rakyat biasa Bravo TNI

  • Lindungilah suamiku y Alloh dr begal

  • Mudah mudahan yang lainnya cepat tertangkap salut dan bangga sama bapak TNI AD yang bisa menggagalkan aksi bengalnya dan sekarang tinggal tugas bapak polisi

  • TNI.Kebanggaan warga Indonesia, jaya TNI

  • Beliau2 adalah pemuda Pancasila yang baik dan benar (ノ*0*)ノ

  • Hebat TNI, berantas terus begal sampai tuntas 👍

  • Keren banget, semoga untuk masyarakat yg membela diri saat berhadapan dengan begal bisa di apresiasi jga bukan malah di BUi ya gaes . Amin :)

  • Mantab Bravo TNI

  • hidup tni maju pantang mundur 👊

    • mantap,, salam kenal

    • @Ahmad.annwar karena kalo warga sipil di begal, yang jadi begalnya bisa ngeles padahal dia yang ngebegal tapi ngaku2 jadi korban, dan si korban sebenernya malah jadi pelaku gara2 si pembegal ngefitnah, soalnya sama2 warga sipil, kalo lawannya TNI, si begal kagak bisa ngeles soalnya gak bisa berbaur

    • Kenapa TNI ga jadi tersangka ya? Kan lawan begal

  • Alhamdulillah tni kita baik baik ga seperti negara tetangga yg tantaranya malah pada ngebakarin rumah warga....

  • Mantap TNI joss,,top 👍🏼👍🏼👍🏼💪🏻💪🏻💪🏻

  • Bravo TNI !!

  • bravo tni ,,,,, salam kenal ,,

  • kita TNI selalu ada untuk rakyat bersama rakyat TNI kuat💪 🇮🇩

    • @Aljabar Marc iya tpi Rakyat tpi bikin resah Masyarakat ngapain dipelihara klau cuma bikin resah Masyarakat.... hidup cuma jadi benalu...

    • @Aljabar Marc kalo udah jadi begal ga di anggep rakyat indonesia!!!!

    • @Aljabar Marc berarti oknum rakyat😂

    • Hancurkan mukanya pak

    • Hikum yg terlalu ringan dlm arti segalanya

  • Salah sasaran TNI d lawan ... Bravo TNI 💪💪💪💪👍👍👍

  • Mantap bapak TNI 👍🏼👍🏼👍🏼

  • Hati" saudaraku di manapun kalian berada yg masih rawan dengan adanya begal. Semoga kalian selalu di berikan keselamatan 🙏

  • Mantap pak tni, kerenn

  • Ini yg masyarakat demen ,mantap PAK TNI

  • bangga dengan adanya tni.. cobak klo orang biasa mlah jdi tersangka 😁😁 untung yg ngelawan tni 😁😁😁😁✌✌

  • i love when the chronology was shown

  • TNI saja dibegal bagaiamana rakyat biasa? Kami butuh keamanan... wahai pemerintah, tolonglah tegakkan hukum dg benar agar rakyat aman.

  • Sayang gk ad rekaman CCTV, pngen liat aksi heroiknya Bravo TNI🌟🌟🌟🌟🌟

  • Modyarr nyawamu wis do ora ono ajine, tanding TNI. Bravooo TNI

  • Mantaaap buat TNI yg gagah berani👍

  • Alhamdulillah. Semoga pelaku-pelaku begal itu tidak mati, karena bisa-bisa kedua Anggota TNI tsb yang akan dihukum

  • Bukti bahwa TNI bukan lawan sepadan buat para pembegal!! Prajurit² kita memang selalu dalam kondisi siap tempur dalam kondisi apapun. Full respect buat Pelindung Negeri ᕦ( ͡° ͜ʖ ͡°)ᕤ

    • @Warman Marwan tehnik membuat wanita bersuara ikeh ikeh kimochi

    • @Eko Wahyudi Masalahnya ga cuma di pemerintah, banyak juga pemuda yg malas belajar & bekerja... Bisa dilihat disekitar kita, lebih suka nongkrong ga jelas ...

    • @reuploud kalau kake Sugiono punya teknik apa.? 😁😁

    • Begal punya tehnik merampas TNI punya tehnik bertarung

    • Hajar semua begalnya bang bravo TNI ku

  • Begal jangan kasih Ampun. Siapapun begalnya binasakan....salut buat saudaraku TNI AD.

  • Kalo TNI HEROIK, KALO WARGA SIPIL TERSANGKA... 👏👏👏👏

  • PSHT JAYA !!!!

  • Terlihat kualitas ny bro .. mantap tni

  • Bravo TNI.. TNI selalu dihati

    • @Rasid mulut jangan toxix cil ... gw bahasnya apa lu jawabannya laen ..anehh

    • Betul bro....tni emg mantap...ga kayak ladusing

    • @OP Gamer soalnya rata rata yang teriak tersangka itu begal blok! tlol! biar bikin warga nyerahin harta kalo ketemu begal, mangkanya pada bawa tersangka mulu.. di kira udah banyak orang yang gak ngelawan waktu ke begal

  • ❤️❤️❤️❤️

  • SALAH SASARAN BEGAL..BRAVO TNI

  • Bravo tni. Si begal Salah pilih mangsa.