Ini Omongan KSAD Dudung yang Diduga Dipelintir Bahar Smith

Dipublikasikan tanggal 19 Des 2021
JAKARTA, KOMPAS.TV Bahar bin Smith dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena diduga memelintir pernyataan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Ada dua laporan yang dilayangkan kepada Bahar bin Smith. Pertama terdaftar dengan momor LP/B/6146/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya bertanggal 7 Desember 2021 dan LP/B/6354/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya bertanggal 17 Desember 2021.

Adapun pelapor Husin Alwi menjelaskan omongan KSAD Jenderal Dudung yang dipelintir Bahar Smith.

Baca Juga 2 Laporan Polisi yang Seret Bahar Smith, Ujaran Kebencian dan Singgung Pernyataan KSAD Dudung di www.kompas.tv/article/243771/...

"Yang jadi masalah itu ketika Eggi dan Bahar memelintir bahasanya Pak Dudung. Seolah-olah Pak Dudung itu menyetarakan antara manusia dan Tuhan. Ini yang jadi masalah," ucap Husin usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Senin (20/12/2021)

"Kan jelas bahasanya bahwa Pak Dudung cuma bilang saya berdoa pakai bahasa Indonesia saja, yang simpel saja dan apa salahnya kalau kita berdoa pakai bahasa Ibrani gitu, emang Tuhan enggak bisa mendengar? Pakai bahasa Indonesia memang Tuhan enggak bisa mendengar?" ujarnya.

Video Editor: Faqih Fisabilillah

Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/article/243823/...

Komentar

  • Semoga selalu terlindungi NKRI dr orang2 yg keji+kejam yg ingin memecahbelah saudara2 seNKRI.... Damai NKRIqu....

    • Seperti OPM ya

  • Raja dari segala raja Pemimpin dari segala pemimpin adalah Allah SWT... Seberapa hebat manusia didunia ini siapapun itu hanya ciptaannya Klo salah ya salah klo benar ya benar Jgn dibikin samar. Jgn membenarkan yg salah dan menyalahkan yg benar.

    • @Hibban Baihaqi Oppo Neo seri 99: di dalam

    • Yang salah itu siapa yg benar itu siapa..? yg jelas jgn samar2 kalao komen dlm kasus ini

    • jd mnurut ente, siapa yg benar siapa yang salah? apa yg samar?

    • @yosep yosep Tapeeer

    • @yosep yosep maksudmu sopo..ra jelas blas

  • Begini lah sifat dan watak manusia..salah tak mau disalahkan.dan yg benar slalu di salah kan..Allah SWT kan memberi azab terhadap orang yg berdusta terhadap dunia

    • Kebanyakan kitab lu

    • @Alf Mrt kamu gak punya kaca ya dirumah merasa paling hebat nasehatin orang lihat dirimu sendiri satu tunjukan keburukan mu kepada orang lain empat jarimu menunjukkan keburukan mengarah kedirimu sendiri kasihan orang yg merasa paling benar

    • @Alf Mrt BELAJAR LAGI PAHAMI KONTEKS KALIMAT Gue Lihat Justru Komen Lo Kaga Jelas ALISSYA itu bener, nah elo Absurb. Jangan Masukin Alfa Mart ke Komen donks jadi belibet BONUS POTONGAN DAN BIAYA KANTONG BELANJAAN

    • Betul sekali azab dan karama itu ada, seperti jamanya ahokk kepada orang² yg menjebloskan dia kepenjara, azabb ta pandang apapun agamamu itulah yg di sebut maha adill

  • Semoga azab cepet di turun kan allah dan di buktikan mana yang salah dan mana yang benner amiiin🤲🙏🙏🙏

    • kebanyakan nonton sinetron azab nih org 😂😂

    • @Aku Cahdeso iya ngak apa2,biar cepat merasakan siksaan kubur!!!

    • Maaf kalo azab diturun kan pasti kamu juga kena 🙏

    • @RUSNA NOOR walaikumsalam warahmatullah wabarakatuh salam sejahtera untuk kita semua yang di muliakan allah amiiin

    • Assalammualaikum

  • Semoga pak dudng memperbaiki kesalahan nya .. Jangan gadaikan akidah mu demi jabatan.. Salam nkri..

  • Intinya fitnah di dunia sudah merajalela. Benar atau salah dengan mudahnya dapat di jadikan sebuah perkara. Kalaupun benar atau salah, seharusnya didebatkan menggunakan akal sehat dan logika. Bukan lagi dengan emosi dan otot, Karena dengan emosi, manusia tidak akan bs menerima sebuah kebenaran. Semoga ditahun ini kita semua selalu diberikan pemikiran yang positif, tidak lagi berdebat atau ribut dengan otot, melainkan dengan otak dan akal sehat. Semoga kita semua terhindar dari segala macam fitnah

  • Semoga negri ini tetap sejuk dan damai, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui

  • semoga allah melindungi ulama2 kami... "

    • Pengikut pengikut wkwkkwkw.. netral lebih adem ayem smit smit wkwkwk

    • Aamiin

    • TNI akan lindungi fisikmu

    • @#Ghuroba# Attaladani udah gak usah melihat dan gak usah di ladeni biarkan saja Yang maunya merusak pancasila tu apa sama merusak nkri bukann

  • Hanya Allah SWT penguasa alam jagad raya ini yang tau siapa yang benar dan salah.semoga saja di balik semua ini nantinya akan terbuka semua .

    • Itu masalahnya gimana sih

    • @Jacky Huang siapa bro

    • @Bintang awan yg saya lebih bingung negara & pemerintah gabutuh anda yg cuma rakyat kecil tp anda sangat mencintai yg dzalim...dah dapet dosa,dapet duit ngga dari org yg dzalim paling cuma dapet nasi bungkus doang ya gan🤣😂😀🤭

    • @Kok Getiiiiiing Aku makan dulu bro biar kuat nonjoknya,duit ada ga?kalo gaada ngamen dulu abis ngamen ngojek abis itu mulung🤭😀😂🤣

  • Hukum jangan berat sebelah, dosa besar kalau berat sebelah.

  • Damailah wahai negeri ku...damailah wahai seluruh anak bangsa....mari kita bersatu demi kemajuan bangsa...

  • Jagan lisan Dan jgn berstatment di media, Mari bersama2 jaga NKRI, hancurkan para munafik Dan para musuh yg ingin kedamaian di NKRI

    • KKB TERTAWA MELIHAT TAYANGAN INI.

    • @Sobat Kita 1...kepantau

    • Ayo rangkuk KKB jangan ditembak saudara kita separatis Papua

  • Setiap perkataan akan di pertanggung jawabkan di hadapan Allah..

  • Yang benar gak bakalan menjadi salah, yang salah walaupun dibenar benarkan juga suatu saat akan terlihat kesalahannya. Didunia tidak ada keadilan yang ada keadilan nanti ketika kita sudah dihadapkan dengan yang maha kuasa.

    • @Yudi Ab anda bisa bedain mengkritik,menghina,memprovokasi?

    • kentu

    • Kalau pemerintah ada kesalahan sebanyak apapun itu hanya dikeritik tp knp kalau ulamak salah sedikit kok langaung dpenjara

    • Pengen ketawa denger komenen yang satu ini .duhhh🤣

    • Nah betul sekali .👍

  • Ya begitu lah kalo emang orang udah ga suka dengan suatu hal dan atau orang lain...pasti selalu dicari-cari salahnya dan dibesar-besarkan.

  • Kita lihat saja,benar (dibenarkan) di dunia itu masalah biasa,tp apakah kita bisa mengatur pembenaran di akherat kelak? Itu masalahnya. Semoga Allah memberikan perlindungan kepada yg benar

  • semoga umat makin cerdas dan tdk gampang diprovokasi

  • Pokoknya kalok jadi pemimpin itu gak ada salahnya.. Yg salah rakyat..

  • Saya warga Indonesia butuh kenyamanan hidup di negara sendiri,basmi saja orang2 yg bikin ke onaran

    • Wou bejad mana bikin onar sama orang yg mengeruk kekayaan Alam kita keluar negri. Sadar ngga lo.

    • @Aly Yong Yong kiri kanan wajib di basmi

    • Masih adakah orang sunda?

    • Angkut saja siapapun yg bikin keonaran di negara kita

  • Ya Allah.... Buktikanlah yg benar. Tunjukkan lah yg salah... Allah tidak tidur..,,...

  • CARILAH KEBENARAN ORANG...LIHATLAH KESALAHAN DIRI SENDIRI....jangan terbalik dizaman skrg....MENCARI KEBENARAN DIRI SENDIRI..MELIHAT KESALAHAN ORANG LAIN... 😭😭🥺 WAHAI NKRI KU...SEMOGA SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT DR SEGALA MUSIBAH DAN SEMOGA SELALU MENDAPAT BERKAH RIDHO ALLAH SWT...AAMIIN

  • Semua akan dipertanggung jawabkan kepada ALLAH SWT..

  • Manusia itu kalau dasarnya sudah benci ya memang begitulah yang keluar dari mulutnya...

  • Kebenaran akan terungkap, Alloh SWT pasti akan membuka siapa yang benar dan siapa yang salah.

    • YANG SALAH YA YANG DI PENJARA LAH, MASA GITU AJA GAK TAU 🤣

    • Ap yg mau di ungkap. Tukang fitnah/mengkafirkan sesama muslim.. Cobalah perbaiki diri, dan selalu ikutin ajaran2 nabi

    • Yg salah di kurung... Intinya.

    • Dan ingat safaat kubro

    • Ini mah cuman masalah kecil, mungkin oknum2 sekarang sudah pada tertutup hatinya, semoga aja Indonesia cepet sembuh dahhhh, gua kayak mau nangis sumpah dahhh

  • Kita semua menghendaki keamanan, kedamaian, kejujuran dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita serahkan kepada yang maha adil dan bijaksana Allah SWT. Siapa benar dan siapa salah. Dan Allah akan menurunkan hinaanya kepada manusia2 yang sombong dam berpaling dari kebenaran. entah lewat bencana atau peperangan agar manusia2 itu sadar bahwa tidak ada daya dan kekuatan selain kekuatan Allah bila Allah sudah murka dengan sikap manusia maka bencana pasti datang Semoga kita semua diberi hidayah... Amiiin

  • Ya Allah, kami turut menjadi saksi atas ketidakadilan ini...😑

    • Amiin smoga kelak di akhirat kita di persatukan dengan rasulullah dan zuriahnya

    • Doa nya diijabah sama Allah, lebih memilih untuk membusuk di penjara. Makanya hati2 jika berucap, jejak digita ada. Selamat menikmati hotel prodeo deh.

  • Dudung yg di singgung kenapa HUSIN pea yg laporin 🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️ HUSIN PELAPOR NO 1 DI INDONESIA

    • Biasa dia mh nyari beras x kg masuk akal bngt dudung yng pnya kaitan nyh knap si hasim yng lapor ada apa di blik si hasim apa hasemm wkwkk

    • Bahar yg di laporkan knp situ yang sewot :D

    • Kn itu bukan delik aduan.. jadi yg melaporkan tidak harus pak Dudung..

    • Bahar yg dilaporin..Bahar yg dipanggil polisi kenapa pada sewot.

    • Biar Allah yg maha adil.. sinn..

  • Saya dukung TNI NKRI harga mati penjarakan orang yang bikin kacau , kalo perlu usir dari negara Indonesia

  • YA ALLAH tunjukanlah klw yg BENAR itu BENAR yg SALAH itu SALAH tunjukan kuasamu ya ALLAH utk mereka2 yg merasa mempunyai kekuasaan

  • Ada sebab ada akibat...yg dinilai benar tidak selama benar dan sebalik nya ..walau di pandang salah di dunia tetap suatu saat ada konsekuensi yg cepat lambat akan di terima baik di dunia atau di akhirat..

  • Orang jentel ketika salah dlm ucapan nya dia akan menerima ketika ada yg mengkritik nya, bukan mencari alasan dan pembelaan ...

  • Berdamai aja semua... saling intropeksi saling memaafkan kita sama2cinta tanah air ini. Insyaallah semua baik2 aja. Aamiin

    • Ya betul damai itu indah .. Itu dibawahnya komen gak mau damai dari golongan siapa keliatan

    • damai gimana? 5 tahun penjara cukuplah

    • Wkw enak aja damai .. Penjara aja si bahar provokator

  • Lalu siapa yg mau terima kesalahan/kata" propokasi?? Bisakah yg memohon ma'af & mema'afkan??

  • Tak inginkah ada kedamaian di negara tercinta kita ini. Sudah lah semua nya tak ada yang abadi di dunia semua hanya sementara,, semua nya akan mati. Sudah lah damailah biar negara ini tentram dan aman.

  • Say no to bahar Say yes to TNI Bravo TNI

  • Damailah negeriku

  • Yang lebih salah lagi membela yang salah 😂

  • bravo TNI , terima kasih sudah menjaga keamanan di bangsa ini.. 🙏🙏🙏

  • Habisis saja semua provokator yg memprovokasi rakyat..!

  • Rakyat indonesia jangan mudah terprovokasi, jaga persatuan dan kesatuan NKRI, toleransi beragama, saling menghormati itulah ciri khas kita orang indonesia.

  • Sebuah negeri paling indah ketika ada kedamaian dinegeri itu....jika negeri sudah dilanda peperangan..baru pada ngerti dimana keindahan itu

  • Saya tdk berpihak tp cba sampai sebua penyampaian yg benar dan tepat... Contoh... Sesungguhnya Allah maha mengetahui segala apa pun yg kita inginkan bahkan dlm bahasa apapun kita berdoa krna Allah sang maha pencipta. Klw udah msuk kata orang itu sudah termasuk ciptaan dan sdh serupa dengan kita 😭😭

  • Membingungkan hanya Allah yg tau siapa diantara mereka yg munapik...! Sebagai msyarakat yg awam hnya menunggu pengadilan Allah..

  • Entahlah tapi rasanya beliau butuh skiater... karena bukan apa yg beliau sampaikan ... tapi beliau adalah publik pigure .. yg menyampaikan massege kepada khalayak banyak .. kesengajaan atau tidak .. kebencian atau tidak .. semoga apa yg kita perbuat dan sampaikan dapat di pertanggung jawabkan di dunia dan Akhirat...Amin

  • Ada sebab ada akibat,itu mungkin kesalah fahaman kenapa sich tdk saling memaafkan.cintailah kedamaian NKRI harga mati,aqidah juga harus dipertahankan dan dipercayai dengan sepenuh hati tanpa keraguan.salam damai...

  • Bravo TNI,,mudah2an Alloh memberikan rahmatnya kepada para habaib.aamiin

  • Damai slalu... Indonesia ku, Indonesia kita...

  • Harusnya si Dudung itu di adili juga, kan dia yg buat pernyataan terlebih dahulu sehingga terjadi pernyataan dari HBS, Biar semuanya tidak salah paham

  • "Sisir dulu sebelum berkaca, fikir dulu sebelum berkata." Anda jendral pak. Tetap NKRI

  • Allah maha tau...nnti ada pengadilan الله dan juga di Akherat akan ada yg melaporkan ke الله. Seperti halnya org manusia lapor melaporkan kejadian di Dunia.

  • Allah itu dzat jgn di samakan dengan yg lain apalagi ama org

  • Sumpah ga akan milih lagi di pemilu kedepan partai2 yg saat ini berkuasa..

  • Basmi semua PROVOKATOR Hukum seberat² Nya pemecah belah Ummat dan masyarakat Polisi harus tegas ambil sikap secepatnya

  • Kita adalah satu Indonesia harga mati !!! TNI oke 👍✊💪🙏

  • Bravo TNI POLRI kami selaku Rakyat Indonesia selalu mendukung mu... 💓💓

  • Jaga NKRI.

  • Semoga tidak lama lagi kebenaran akan terbukti kita serahkan kepada alloh swt yang maha benar

  • Raja dari seglala raja...allah akan menghukum manusia2 yg salah...

  • Kebenaran bsa saja kalah,,, tetapi kebenaran tdk akan pernh salah....

  • kita harus saling hormat menghormati.jangan cari permusuhan..dan jagalah kedamaian..karena ucapan kita membuka aib2 kita sendiri

    • Gmn mau sling hormat mbhormati klo hukum faktan ny memihak ke jalan kiri

  • Ujaran kebencian terhadap kezaliman tetap akan di terkam

  • Semoga yg salah dapat karma yang benar dapat hikmah.....itu saja doaki

  • Yg suka mlintir mlintir percakapan itu adalah jelas" tokoh radikal tulen, yg suka bikin masalah kecil di besar"in biar viral, kalo udah viral harapanya ada uang masuk, begitukah...???

  • Bravo TNI tangkap yg suka Memprovokasi 👍👍👍

  • negara barat sudah mau perang nuklir, kita masih aja berusaha menyebarkan kebencian ke sesama, miris

    • hahahaha

    • Negara luar Sudah mau perang nuklir, Negara INI Sudah di jajah politik bro

    • indonesia perang mulut jagonya

    • Abu janda mah adem2 aja brow

    • Di negara barat pun ada seperti ini, namanya Revolusi Warna bikinan Deep State, pola yang sama di setiap negara karena memang manusiawi pada dasarnya, jadi ya bagaimana kita pribadi pribadi yang jangan sampai terprovokasi apalagi memang hanya hoax semata

  • sptnya memang diplintir seolah salah....dan memancing emosi umat agar benci ke sosok pimpinan KSAD...terus mengarah benci ke TNI...ujung2nya...sdah kebaca,arahnya....

  • BRAVO TNI-POLRI,,Kami mendukungmu untuk memberantas para PROVOKATOR & PREMANISME BERKEDOK.

  • Semoga yg melaporkan diberi hidayah ya

  • Bravo TNI POLRI untuk bersihkan sampah peradaban di NKRI

  • Rakyat Indonesia yg cerdas bersama TNI

  • Tunggu aja lahh akan pengadilan Allah sapa yg bener sapa yg slah

  • Apa yg kamu ucapkan akan kamu pertanggungjawabkan di akherat, bahkan jg didunia

  • Allah SWT akan menunjukkan siapa yg salah dan siapa yg benar....apa bisa tahu kalo itu petunjuk ? Orang buta aja meraba dulu kalo mau tau jalan (petunjuk...

  • Pengadilan Allah nanti yg paling benar..pengadilan di dunia mah banyak yg mempermain kan..

  • Apakah mungkin ALLAH nengijabah kata2nya mau membusuk dipenjara. Kok kasus trs sih ini orang, kata2nya kasar suka menghina.

  • Hanya allah yang maha mengetahui dan pasti akan terbukti

  • Alhamdulillah kalau bahar masuk lagi ,indonesia aman dan damai dengan begitu ,

  • Saya setuju tegakkan hukum sesuai perbuatannya, agar alasan kebebasan dlm berdemokrasi ini tdk selalu disalahgunakan oleh oknum yang tdk bertanggung jawab...

    • Setuju.... Berantas semua yang merusak NKRI Termasuk para koruptor tentunya.

    • benar sekali penyimpanab menerapkan kebebadan yg. eryanggung jawab itutalah salah gunakan se maunya tni polri adalah negara yg bertanggung jawab tnhd keutuhan nkri harus dijaga dilindungi dr org yg ingin merusak citta dan nama baik pri tni

  • Mau mengulangi keberhasilannya yang dulu sa'at memelintir pidato Ahok pada kampanye di kepulauan Seribu lewat si buniyani, Betul - betul pandai memutar - balikan fakta.! Dan itu sama dengan fitnah....!

  • Kami minta padaa aparat hukum tangkap org2 penyebar kekacauan di NKRI.TAMPA PANDANG BULU

  • Bapak KSAD sudah betul, bahar bin smith pola pikirnya tolong di ubah dan jangan terlalu merasa jadi panutan dan paling benar

  • NKRI HARGA MATI.. USIR PERUSAK BANGSA DAN NEGARA INDONESIA

  • Ngomong "Jendral ksad dudung, jadi pangkat dulu baru jabatan 🤦🤦, trliat kemampuan org ini hanya ingin mencari perhatian kepada penguasa..

    • Lah baru bangun ya? Kemana aja wkwk

  • ketika hukum didunia sudah gak adil lagi mka biarlah hukum akhirat nanti

  • INSYAALLAH ... ALLAH SWT akan memperlihatkan yang mana kebenaran dan yang mana kemunafikan...dan ya ALLAH SWT hukum lah seberat beratnya siapa pun yg ternyata golongan MUNAFIK dan beserta komplotan nya....amiiiin🤲

  • TNI harus jadi yang terdepan demi keutuhan NKRI

  • Semoga orang" itu dapat hidayah dan kembali ke panutan yg benar,Amin

  • Tanpa harus ijin atau pemberitahuan lebih dahulu pada Pimpinan hukumnya wajib bagi anggota TNI dan POLRI untuk memburu si Bahar bin Smith untuk di jebloskan ke penjara karena pada dasarnya di dalam tubuh anggota TNI dan POLRI melekat atas nama HUKUM demi keselamatan Rakyat banyak.

  • Setiap warganegara berkedudukan sama dihadapan hukum

  • Tunggu pengadilan akherat pengadilan yg seadil adilnya...

  • Udah damailah saudaraqu bila sesama manusia sudah tidak bisa lg unt saling mengingatkan mana yg haq mna yg bathil akn iman dn akhirat moga esok lusa Allah swt kirimkan bala tentaranya dn para malaikatnya unt mnghentikan langsung kebathilan dn kzaliman di suatu negri.....dng kun fayakunn nya...amin yarobalalamin.

  • Maha benar Allah dg segala firmannya, dia lah raja dihari perhitungan

  • Riet ah sumpah ges riet y Allah linduingi negaraku 😭😭😭

  • Ini persoalan sebab akibat. Kesimpulannya kembali ke tugas dan tanggung jawab sesuai dg profesi masing2

  • Siapa yg salah? Siapa yg dilaporkan? Siapa yg ditangkap? Gw udah muak anjrit😢😭

  • MANTAP... TERUS BERJUANG UNTUK NKRI BAHAR BIN SUMAITH DUDUNG SAMA SAMA PEJUANG MANTULLL

  • Semuga di segerakan yang dzolim agar di segerakan melihat dosa kelakuan nya yang tidak adil.

  • Jangalah kalian menyalahkan yg benar Dan yg benar kalian salahkan

  • Cinta HRS Cinta HBS / bravo TNI POLRI Ambil baik nya buang buruk nya..

  • Gue bingung sm negeri ini , kasihan negeri ini tak sedamai dulu .