INILAH SEJARAH TIONGHOA MASUK KE INDONESIA | Pinterfan

Dipublikasikan tanggal 26 Okt 2017
Halo sobat Pinterfan, pemirsa setia Pinteru. Dalam setiap keributan bernuansa SARA, salah etnis yang sering dibenci orang adalah Tionghoa. Meskipun sudah menetap lama di bumi nusantara ini tetapi etnis ini masih tetap dianggap sebagai pendatang. Sebenarnya apa yang melatar belakangi hal ini? pada video kali ini Pinteru ingin membedah sedikit sejarah tentang kedatangan Tionghoa ke Indonesia.
Banyak masalah yang meletar belakangi dan memicu kebencian terhadap etnis Tionghoa. Motifnya pun beragam, mulai dari masalah kesenjangan sosial hingga tuduhan yang tak masuk akal, misalnya jadi agen komunis. Keberadaan Tionghoa di Indonesia sebenarnya memiliki sejarah yang panjang. Bahkan sejak sebelum Belanda. Karena sangat rumit dan pelik, maka dalam video kali ini Pinteru hanya ingin mengulas sejarah Tionghoa masuk ke Indonesia.
.....
____________________________
Like - Comment - Share - Subscribe
pinteru.com
FB : Pinteru
___________________________

Komentar

  • Sku tionghoa itu paling banyak di kota singkawang,pontianak,di provinsi kalimatan barat,tengah,timur Dan di kota jakarta

  • Ga bener

  • cheng ho yang muslim dari suku hui bukan suku han yang barbar cepat beranak seperti sekarang yang mostly non muslim dan mementingkan dagangnya ketimbang kemerdekaan indonesia

  • Klu difilmy uda bnyak kaya tutur tinular saur sepuh dll

  • Rupanya campuran segala bangsa. Kla ada yg bilang cina, kita ketok in kepala nya. Wkwkwk ๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

  • Pantasan gua ada bule bule sikit facade nya. ๐Ÿ™Š

  • Setuju sama videonya. Bahkan penyebar agama islam terbesar di indonesia sebenarnya orang cina. Bukti2 banyak seperti beduk masjid. Beduk itu sebelumnya adalah tambur perang kapal cina, karna seluruh prajurit chengho beragama islam, dan armada kapalny banyak yg berlabuh d indonesia. Para sunan sunan sebenarny orang cina semua. Sunan sendiri berasal dari bahasa cina, mau cari arti kata sunan di bahasa jawa ataupun arab gk ada. Su/suhu(guru) Nan (selatan) jadi artinya guru dari selatan(dataran cina). Ex: Sunan kalijaga=sunan yg tinggal di kalijaga , dst. Contoh lain Masjid pertama tertua di indonesia, tiang tengahny itu terbuat dari tiang layar kapal perang china, dan struktur masjid2 tertua di indonesia wajib hukumnya ber ornamen cina, bahkan atapny seperti pagoda, kadang di dalamny terdapat nisan kuburan bertulis cina. Tetapi banyak orang indosia tidak menyadari dan mau mengakuiny. Malah etnis ini selalu dijadikan biang masalah dan kambing hitam hingga saat ini

  • orang tionghoa yang sudah datang berabad-abad yg lalu sperti yg dijelaskan divideo sudah berakulturasi dg penduduk pribumi selama ratusan tahun sehingga sekarang sudah tidak terlihat lagi ke-tionghoa-annya dan sangat nasionalis. sedangkan orang tionghoa dimasa sekarang adalah keturunan orang china yg baru datang ke indonesia pada awal abad 19-20, jadi rata2 mereka sngat piawai dan memprioritaskan bisnis dan (maaf) kurang nasionalis. gue tahu n bisa ngomong gini krn punya kluarga keturunan n kampung gue dulu bnyak orang tionghoa (tapi skrng nggk krn keturunannya udah bnyak yg kawin dan melebur sma orang pribumi).

  • Cina kok jd tionghoa?

  • Jaman dulu belum ada Indonesia waktu Tiong hua datang. Kalau jaman sekarang siapa sih mau punya warga Negara Indonesia. Piling Negara makmur berimigrasi.

  • mau cina, arab, jawa, irian, atau manapun kita semua sama. sama2 ciptaan Allah. jgn ada merasa terbaik..

  • Saling menfhormati saja . Tapi kadang" tionghoa sombong soalnya katanya tampang mereka bagus dari kami

  • Uda kgk usa brantem soal etnis,,gk guna..intinya yg malas2an rajin2lah agr sukses..yg uda sukses jg jgn sok2an..petangtang petengteng sok pamer,tp semua itu ku yakin faktor nya kecemburuan sosial..๐Ÿ˜†

  • Yang terpenting satu kesatuan NKRI, setia loyal tidak mendua untuk selama nya memposisikan dan mengakui cuma 1 kewarganegaraan yaitu sebagai orang Indonesia, tidak perduli dia dari keturunan china, arab, india, bule dsb harus loyal, karena yang asli pribumi pun (periode abad 1) juga pernah berkhianat sehingga salah satu propinsi kita Timor timur jadi lepas. keturunan china zaman dulu memang berbeda dgn sekarang, dulu bisa menyatu dgn warga setempat tp sekarang seperti ada perasaan arogan utk beberapa orang dari mereka ketika memandang warga pribumi serasa ada penyekat memandang yg lain kayak melihat warga kelas dua, sy sendiri pernah dibantu warga keturnan tapi pernah juga ketipu sama warga keturunan

  • Ente ud tes dna? Brp % darah ente cina?

  • CINA = PKI = KOMUNIS = PKC = LIBERAL eksportir narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA importir narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA bandarยฒ besar narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA agen/distributor narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA pemakai narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA pecandu narkoba ๐Ÿ‘‰ CINA kok yg ditangkep ๐Ÿ‘‰ kurir org Pribumi kalo mau Indonesia bebas narkoba ๐Ÿ‘‰ USIR SEMUA CINA dari seluruh NKRI....!!! CINA ๐Ÿ‘‰ tetaplah CINA....!!! dengan segala: - kelicikan-nya - kecurangan-nya - siasat busuk-nya - strategi kotor-nya - sandiwara-nya - penghianatan-nya - kebohongan-nya - tipu daya-nya - dendam kusumat-nya dulu kerjaan PKI/komunis/CINA: - bunuhin Ulama (Habaib, Kyai, Ustadz) - bunuhin Santri (penubtut ilmu Agama) - menghancurkan Masjid - merusak Mushola - bakarin Al-Qur'an, Hadist & kitabยฒ - ngancurin Pondok Pesantren - memperkosa Ustadzah & Santriwati - menawan & menyiksa Pribumi biang kerok suap๐Ÿ‘‰ cina biang kerok hoax๐Ÿ‘‰ cina biang kerok barang kw๐Ÿ‘‰ cina biang kerok adu-domba๐Ÿ‘‰ cina biang kerok korupsi๐Ÿ‘‰ cina biang kerok kriminalisasi Ulama๐Ÿ‘‰ cina biang kerok narkoba & prostitusi๐Ÿ‘‰ cina biang kerok perusak ekonomi๐Ÿ‘‰ cina biang kerok penyesatan๐Ÿ‘‰ cina kalo ga RASIS๐Ÿ‘‰ Indonesia ga MERDEKA kalo ga RASIS๐Ÿ‘‰ Rakyat/Bangsa/PRIBUMI terus DI TINDAS kalo ga RASIS๐Ÿ‘‰ kekayaan ALAM & PERBANKAN terus DI RAMPOKI kalo ga RASIS๐Ÿ‘‰ seluruh WILAYAH terus DIJAJAH kalo ga RASIS๐Ÿ‘‰ Negara & pemerintahan di ACAKยฒ jgn ada kata TOLERANSI dgn CINAยฒ cuma CINA ๐Ÿ‘‰ yg KELOJOTAN ampe KEJANGยฒ lihat Umat Islam BERSATU cuma CINA ๐Ÿ‘‰ yg doyan ADU-DOMBA/PROVOKASI utk MEMECAH belah PERSATUAN Umat cuma org TOLOL ๐Ÿ‘‰ yg BANTU CINA sebar adu-domba Umat Islam ๐Ÿ‘‰ WAJIB BERSATU krn dlm PERSATUAN ๐Ÿ‘‰ ada PERTOLONGAN Alloh SWT semua KEKAYAAN Indonesia ๐Ÿ‘‰ yg ada di BANKยฒ dalam & luar Negeri WAJIB dipergunakan untuk ๐Ÿ‘‰ kemakmuran RAKYAT INDONESIA bukan untuk ๐Ÿ‘‰ kemakmuran WNI (CINAยฒ) tidak ada ๐Ÿ‘‰ Hadist tentang CINA...!!! - bukan sabda baginda Nabi SAW - tidak ada sumber/asal-usul-nya - itu perkataan yg munkar jadi CINAยฒ jgn sok NGARANG/BIKIN Hadist ๐Ÿ‘‰ hanya demi untuk membanggakan etnis-nya jgn sok MEREDAM Umat Islam ๐Ÿ‘‰ pake Hadist PALSU....!!! katanya sih ๐Ÿ‘‰ saya Pancasila, sayaNKRI, sayaIndonesia eeeh... giliran dibilang CINA ๐Ÿ‘‰ kelojotan mendadak jeritยฒ RASIS ๐Ÿ˜† HAHAHAHA dasar CINA.....!!! dulu BELANDA menjajah Indonesia ๐Ÿ‘‰ melalui KORPORASI yg bernama VOC VOC ๐Ÿ‘‰ nama korporasi/perusahaan kini CINA menjajah Indonesia ๐Ÿ‘‰ juga melalui KORPORASI yg lebih banyak: - sedayu group - lippo group - sumarecon group - sinarmas group - citraland group - podomoro group - resinda group - ciputra group yg dendam sm IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg danain suruh tembak IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg nyuruh nembak IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg nembak IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg kriminalisasi IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg buat chat hoax IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg jd penyusup IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA yg benci IB_HRS ๐Ÿ‘‰ CINA utang ๐Ÿ‘‰ ke cina bayar utang + bunga ๐Ÿ‘‰ ke cina pekerja ๐Ÿ‘‰ dari cina bahan material ๐Ÿ‘‰ dari cina developer ๐Ÿ‘‰ dari cina kontraktor ๐Ÿ‘‰ dari cina hasil proyek ๐Ÿ‘‰ di jual ke cina prioritas ๐Ÿ‘‰ utk org cina mau aja ๐Ÿ‘‰dikadalin cina percaya sama cina = di goblokin abis-abisan Pribumi ๐Ÿ‘‰ jd budak di negara-nya sendiri tuan rumah ๐Ÿ‘‰ terjajah di wilayah-nya sendiri yg numpang hidup ๐Ÿ‘‰ se-enak jidat-nya ngacakยฒ segala sektor Pribumi pada dagang ๐Ÿ‘‰ NGEMPER di pinggir jalan cina pada dagang ๐Ÿ‘‰ di ruko -mau AMPE KAPAN....?!? -masih gak SADAR juga....?!?

  • Yg penting orang Indonesia bersatu ndannn,,

  • hallo .. warga keturunan klo kamu merasa warga indonesia.. kawinkanlah anak2 perempuanmu dg pribumi .jgn kau larang anak perempuanmu bergaul dg org pribui. kami curiga jika kalian nikah sesama kalian jgn2 kalian akan merampas tanah leluhur kami menjadi cinais.. hika srisultan punya aturan itu benar..sekarang populasi cina semakin banyak apalagi kedatangan pekerja cina yg puluhan ribu . kami tidak mau sodara kami banyak yg dipecat mereka. tolong bpk jkw dn jajaran mentrinya harus peka

  • Pe"er

  • SEJARAH MASUKNYA TIONGHOA WAKTU PELAUT YUNAN TIONGKOK, MENEMUKAN TANAH SUBUR INDONESIA, PELAUT YUNAN ADALAH NENEK MOYANG INDONESIA, JADI RAS MELAYU DARI YUNAN, KITA SEMUA SAUDARA, JADI NO SARA,

  • aku berharap semoga orang indonesia tidak benci cina, seharus ny kita mengajarkan mereka bahwa islam itu adalah agama yg damai , dan untuk di contohkan maayarakat cina agar mereka melihat jika orang muslim itu baik" agar mereka banyak yg memeluk agama muslim !! dan jangan mengusir mereka karena mereka adalah ciptaan alloh !! dan marilah kita semua mendoakan mereka agar merekaemeluk agama muslim , jadi jika pada saat muslim di jajah banyak orang yg dapat melawan ny

  • Gw keturunan cina juga brooo... tapi saya rasa ga cuma cina aja yg menempati Pulau Indonesia banyak kok kaya Papua,Batak,Ambon dan masih byk lagi...Indonesia diduduki oleh banyak pendatang jadi timbulah yg namanya keberagaman budaya

  • Diteruskan kerajaan singosari utusan kerajaan tiongkok dihajar habis habisan oleh tentara singosari trus dilanjutkan berdirinya kerajaan mojopabit tentara tiongkok membantu kerajaan majapahit itu islam belum masuk indonesia perlu kalian tahu dan kebenaranya

  • Kerajaan pertama indonesia di kalimAntan orang tionghua sudah ada tuh kalau mau cerita sejarah yg benar

  • Etnis Cina jangan cemas... karena budaya Indonesia sesungguhnya seprihan budaya Cina... Lihat saja bentuk rumah org Jawa/Bali yg dikatakan asli.... eh kan sangat mirip rumah Cina. Saya rasa jiwanyapun sama shngga tdk mungkin etnis Cina dihabiskan. Sangat mustahil.

  • Referensi yg lain baca buku Pramudya Ananta Toer 'Perantauan Hoakiau", spy lebih mengerti ttg sejarah

  • Maulahir di indonesia. Usir pulang

  • Preeettt

  • Na....h tionghua yang sekarang siapa dia??? GK ada yang muslim sedikit yang muslim, kakek moyangnya para wali 9 tapi mayoritas tionghua sekarang non muslim

  • yan

  • Yg Islam juga sebernya pendatang jadi gk usah beda bedain Kalian sama tionghoa,Klk gk salah Yg pertama mendiamin Indonesia adalah Rsi rsi dari india kyknya agam hindu atau budha itu aku lupa,maaf aku agama kristen dapet pelajaran pas sd

  • TIONGHOA HIDUPNYA NUMPANG DAN cari Makan di INDONESIA , SOMBONG, sok kaya Dan tidak mau menikah SERTA membaur dgn pribumi, HIDUPNYA berkelompok, Usir TIONGHOA dari indonesia,amin

    • Anda RASIS. JANGAN RASIS ALLAH SANG PENCIPTA saja TIDAK RASIS.

    • semua orang kalo masalah nikah mah prefer sama yang satu suku

  • Maaf saya bukan ahli sejarah

  • Sebetulnya banyak yg tdk tahu sejarah dan antropologi didunia ada 4 warna kulit hitam kuning putih dan hijau konon yg berwarna hijau ada dikepulauan formosa sdh dihabisi oleh jepang nah kalau kulit sawo matang itu adalah campuran hitam kuning jadi jelas orang melayu itu turunan siapa ? Zaman es I kemudian zaman es II yg disebut proto jawa disusul zaman deutro jawa nah zaman es I diduga terjadi migrasi besar2 an dari utara krn beku dan pada saat zaman es ke II terpisah lah nusantara dgn asia nah darimana penduduk yg masuk nusantara ?? 250 thn sebelum masehi terjadi perang di yunan sebagian penduduk lari ke nusantara Cina yg mana ? Ada 5 kelompok besar suku di china han mongol tibet hui dan mancu , yg perang dng singosari itu mongol yg waktu itu menguasai daratan cina yg membawa agama islam itu suku hui spt Cheng Ho nah tahukah anda nama ayah Sunan Ampel makam nya ada di Tuban beliau bernama syeh.Malik Ibrahim Asamarkhondi yg menjelaskan beliau berasal dari samarkand itu cina utara sekelompok dgn suku hui maaf kalau salah sebab saya ahli sejarah

  • Kalau menurut saya dari suku atau bangsa apapun yg lahir di sini dia berhak menjadi warga kita, karna disini tanah kelahirannya

  • "Ya...Namanya.... Pendatang...Tetap...Pendatang... "Itu...Pasti... Dan Disebut....Tamu...

  • gw gak urus ya mau ras, agama , suku apa yang penting kalau kalian lahir di INDONESIA , berarti kalian sebangsa dengan saya jujur terkadang saya jengkel kalau ada orang cina memakai bahasa Hokkian nya untuk memperolok orang lain . coba budayakan berbahasa indonesia , Bahasa indonesia itu yang mempersatukan bangsa ini tapi Gw yakin kalo kalian memang asli lahir di indonesia kalian pasti cinta tanah air indonesia ini ingat BHINEKA TUNGGAL IKA , tanamkan mindset itu gak ada namanya PRIBUMI dan NON PRIBUMI kalo lahir di indonesia ya orang indonesia gak ada bedanya broo

  • Sya berkata bukan berarti mempermasalhkn... jika d bebaskn cina memakai nama cina dan berbahasa cina maka pertanyaanya ini negara cina apa indonesia... yg kedua aku tau semua cina di indonesia ingin meminta keadilan dan kebebasan sama rata tnpa istilh non pri atau pri.. sekarang sya tanya sama cina yg masih tinggal d indonesia gini kmu punya pejabat prusahaan besar lalu punya anak buah pribumi tetapi anak buah pribumi menuntut keadilan hasil prusahaan d bagi rata kira2 kmu mau gk.. begitulah indonesia...! Kau lupa sejarah... tdak perlu membuat sejarah bnyak pribumi mengerti sejarah tp bnyak memilih diam krna kemanusian...

  • Zaman dahulu,,negara Indonesia belum terbentuk,,, yang ada itu adalah kerajaan2 dan kesultanan2,,, Dan kerajaan2 yang ada di Nusantara banyak yang saling berperang,, Jadi para saudagar atau pedagang atau orang2 Tionghoa,,sebagian berpihak kepada kerajaan yang satu,sebagian berpihak pada kerajaan yang lain,,tergantung didaerah mana mereka mendarat dan menetap,, Seperti pepatah,di mana bumi dipijak,di situ langit dijunjung,, jadi namanya perang,pasti ada yang kalah,ada yang menang,, Karena itu banyaklah orang2 Tionghoa yang menyebar keseluruh Nusantara,, hidup menetap,menikahi orang2 lokal dan menjadi warga setempat,,

  • Berdagang bersuap berexlusiv bertentara berpolitik berkuasa berjajah itu teori Belanda ,jangan ditiru

  • cina penjajah yg mau numpang hidup di negara org modal usaha dari hasil rampokan cukongยฒnya

  • China perantauan bagian dari Indonesia

  • Aku sih nggak suka sama Belanda

  • INDONESIA ITU ADA KETURUNAN ARAB..INDIA.. CHINA..MEREKA ITU INDONESIA!MEREKA CINTA INDONESIA..INDONESIA MAJU BILA TANPA SARA...

  • sudah gak ada china di indonesia... merka smua anak indonesia.. hidup mati merka udah buat indonesia.. bendera mereka merah putih setiaP prestasi mereka membawa bendera mera putih. Tapi kalian takpernah nenghargai malah bnyak yg mengejek.. tapi mereka tetep membawa bendera merah putih walaupun bnyak hujatan.. mereka saudara kita rakyat indonesia. jangan ad perbedaan. kecuali turis RRC.

  • ini sejarah nya di bikin bikin karan sejarah yang di ceritakan oleh ulama beda dengan ini saya yakin ini palsu

  • Saya mh ttp cita tanah melayu sumatra .... karan saya bukan orang jawa mau pun turunan orang pulau jawa saya asli suku melayu

  • Tapi masih banyak org tioanghoa/China pada sombong2 di Indonesia dan mereka menggunakan bahasa mereka sendri, seharusnya mereka WAJIB menggunakan bahasa Indonesia.

    • kalo gk dipake, lama2 ilang, namanya juga jaga budaya

  • RINDU KEPADA TEMAN TEMAN TIONGHOA semasa SMA di CIANJUR.. walau kita beda.. kita bisa berkawan baik

  • Klo nenek moyang kalian baik dan berbaur kenapa ga contoh nenek moyang kalian

  • Kita welcome kok asal berbaur.... ada yg terusir ga di Indonesia ?????

  • Sebenernya ga ada masalah asal mau berbaur.....Kita sama Arab sama india fine2 aja tuh.... Belanda jajah kita tapi banyak orang Indonesia yg menetap di Belanda makanya ada istilah Ambon belanda, Belanda Depok manado Belanda begitu jg portugis.....

  • Krn Sok exlusive ga mau berbaur Jaman Belanda ikut Belanda Jaman jepang ikut jepang Indonesia merdeka ikutan merdeka Ga ada sumbangsihnya untuk kemerdekaan sama negeri ini Beda sama orang2 Arab yg berbaur Mereka kaya2 tapi Kita ga iri

    • ngibul aja lu, gua waktu smp di negri aja di diskriminasi terus, gimana mau gaul coba ...

  • cheng ho bukan etnis cina karena bukan bangsa HAN, dia itu orang minoritas melayu polenesian.

  • sya sangat mendukung waga tionghoa yg jdi warga indon maopon yg blom jdi warga ,karna dengan ke datangan mreka yg berniat baik akan membawa kemakmuran di indonesia ,i love warga tionghoa ,

  • Siap

  • kita etnis tionghua lahir dan tua di indonesia.. pertanyaan saya , kl di blg bukan org indo, kami mau disuruh kemana?, siapa yg membawa ajaran islam di jawa? siapa yang menghalangi kapal senjata belanda dgn aksi bunuh diri? jd sepatutnya kami jg sama dgn semua etnis n suku di indo, kami ga mgkn angkat senjata bela negara lain, keutuhan NKRI jg harga mati buat kita.. kami cuman ingin disamakan bukan di bedakan, biar pun nenek moyang kami pendatang, tp kami uda lahir dan tua di NKRI, coba buka kembali sejarah kami disini lbh detail lg, hidup NKRI...

    • saya suku batak.. udah jangan dengerin komen" gak baik.. kalian juga ank indonesia.. sama seperti kami suku batak.. HIDUP MATI KITA BUAT NEGARA KITA.. ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

  • Yang udah kadung benci ada kemungkinan bakal memelintir sejarah masuknya cina ke indonesia :v

  • Kalo kaga pelit dan licik sih oke2 aja

    • ngibul aja lu, jelas2 lu yang pelit, maunya nyari untung dari cina doank

  • Yang dibenci itu utamanya yg akhir akhir ini berdatangan untuk bekerja dan rakyat masih buruk kerja dikalahkan itu tentu menyakitkan kalau yg lahir di Indonesia yg penting nggak congkak

  • Nigga

  • Di India tionghua nga ada..knapa ?

  • #1998mantaps

  • Gw SD, SMP sekolah di sekolah negeri. Lu taulah rasanya gimana punya darah chinese sekolah di sekolah negeri.

    • Noval Pratama sengsara tong sering di kucilkan hahahahah

  • dr sungai yunan berbondong2 berlayar turun dipantai TUBAN karna mendengar ada negri makmur takada perang apalagi pencuri seorang penguasa PEREMPUAN dr sini awal sejarah ketok tular adik seorang penguasa dipotong tanannya karna berani mengambil pundi2 dijalan yg dipengarui seseorang yg gk dikenal .dan strnya

  • Cina boleh berdagang cari nafkah di INDONESIA boleh cinta INDONESIA,,boleh bergaul dgn masyarakat pribumi tapi utk menduduki dan membeli tanah di INDONESIA saya rasa peraturan yg ada di jogjakarta patut di.contoh agar negara tidak terbeli oleh negara asing masyarakat pribumi tak tersisihkan yg di khawatirkan ketika semua tanah di kuasai keturunan tionghoa keturunan pribumi tersingkirkan,,,hanya menunggu wkt yg sekarang saja pribumi banyak jadi bawahan wallahualam

  • Yang tinggal di Simongan mana suaranya...

  • Padahal yang lebih duluan mereka mendarat di kalimantan tau min baru ke tanah jawa dan sumatra

  • Dari dulu cuma Jatim yang adem ayem, gk ada isu sara

  • Intinya kalau suda diatas 3 generasi berarti mereka indonesia, Karna bangsa indonesa Kakek Saya Hidupnya lebih Tua Dari Negera Kita.

    • kakek saya udah di indo dari 1920

  • Banyak sejarah palsu era sekarang dichanel lain dr suku yg ada di india di Chanel ini dr suku yg ada di china hahaha... Intinya nenek moyang kalian tu hanyalah para pendatang ke negeri ini hanya utk berdagang dengan asli pribumi indonesia... Indonesia berbentuk kepulauan jd kebiasaan nenek moyangnya melaut...

  • Bukti paling besar kerajaan Sriwijaya di Sumatra Selatan (Jambi, Sumsel, Lampung, Bengkulu, Babel,) orang orang nya di salah kabupaten mirip wajah ny Tionghoa, lahat, empat Lawang, lubuk Linggau, Kya nya si dah campuran, masakan, pakaian adat istiadat, mirip identik Tionghoa, warna merah & kuning emas, jujur aku juga pas dulu di sekolah di bilang orang cina,Krn mata ku sipit, pipi tembem, kulit putih, bahkan Smp skrg,solat di masjid ,di daerah orang Jateng,ada anak kecil tanya, mas orang cina y, aku senyum, padahal bpk ibu ku lahir dijawa, Smp profesi ku berdagang, identik bener sm Tionghoa.

  • sebenarnya mudah sekali cara menghindari permusuhan etnis tionghoa vs lokal, yaitu orang2 tionghoa suruh kembali ke tanah asal usulnya. Maka saya jamin aman deh gak ada permusuhan tionghoa va pribumi lagi ๐Ÿ‘

    • krisis ekonomi langsung kale

  • Bukan cina tapi tionghua kalau cina di hongkong atau di negara china

  • Saya suku tionghua jadi sedih dibilang di benci orang orang

  • Salah judulnya tuh... harusnya KEDATANGAN BANGSA CHINA PERTAMA KALINYA DI NUSANTARA Wajib diketahui bahwa etnis atw suku Tionghoa itu hanya ada di Indonesia tidak dikenal di negeri China sana.

  • yg gaku2 pribumi ada yg munafik ajaaa,, pdhal byk jg udah ada yg campuran dr cina,,, Nusantara baru rasis setelah masuk nya islam

  • ;p sekarang aja bisa dilihat sosial bermasyarakat mereka ga ada... seperti alergi berbaur dengan sekitar....

    • ngibul aja lu, itu karena pribumi sekitar mau memonopoli segalanya dengan mendiskriminasi suku tionghoa

  • Lebih banyak yang jadi antek penjajah dari pada ikut berjuang melawan penjajah...

  • Palembang itu Besar, Suatu kerajaan pusat perdagangan. Bahkan lebih Besar dari Melaka. Memang ada Komunitas Cina waktu itu, dan Kepalanya/cheiftain mereka pastilah orang Cina, Tapi Lebih Ramai lagi Chieftain Pribumi Orang Melayu. Contohnya Malaysia sekarang. Punya Parti Politik Cina MCA dan DAP. Begitu juga waktu itu. Kepala Komunitas Orang Cina adalah Orang Tiong Hua, dan Kepala Komunitas Orang Melayu adalah Orang Melayu.

  • Bedakan orang jepang ama china, dari bahasanya aja udah beda masih dibilang sama? Begok sekolah mana lu

  • Saya benci muka gw...

  • tionghoa??tiongkok?? cina?? apa bedanya ya..

  • Masalahnya cuma 1 yg tionghoa rajin dan pintar juga mau belajar cari duit Yg org asli nya males,sombong,dan mau cepet kaya tapi malas

  • cuma jalan2 itu. dan bangsatnya ceng ho,peta yg dia buat jadi dasar peta aib dan tradisional china sejak era ming kedatangan massal china ke nusantara,ya lewat tangan voc dan belanda

  • Tahu tempe dari ciina

  • Suku dayak juga masih keturunan china

  • Secara umum china masuk ke Indonsia sebelum belanda. Ada yg berpendapat diawal masehi sudah ada orang china masuk ke Tanah Jawa. Karena saat itu di sana sedang perang saudara. Sejarah perang saudara awal masehi di china ada catatannya .

  • Tak usah byk bacot bro Klian buktikan aj sejarah sngt lama klian klian muncul dri mna dri siapa dri perjuang dri mna. Buktikan aj ke seluruh dunia biar semua orang tau. Smga bsa di ungkapan mslh lalu indonesia gmna

  • ideologi komunis itu ada dan bukan TIDAK MASUK AKAL.

  • Sejarah pembodohan ' ( seribu cara' menyulap tanah air) penjajah tetap penjajah ' buktinyata bisa dirasakan ' 100%

  • pendatang ya pendatang

    • zhanderos 49 trus 9 walisongo laksamana ceng ho Sunan Ampel dan sam po kong mau kao usir jga Itu smua dr china Dan bwa islam nusantara Anda yg hrus prg Krna penghianat bangsa.

  • Mantan bos ane cina,, dan beliau baik,, qt masih suka silaturahmi,, ga semua orang cina seperti yg dipikirin ko,, malah dibanding mantan bos gw yg cina ,,bos gw yg pribumi lebih killer .. hahaaa .. mungkin tergantung sifat dan didikan dri kecil ..

  • Ini kedatangan yg kedua rasanya. Klo sejarah kedatangan yg pertama gmn?

  • Bikin judul bodoh.bkn tinghoa tp sejarah china alias tiongkok.yg lahir diindonesia diblg tionghoa,nenek ku blg dl china dtg keindonesia rata2 china 80% nikah dayak dikalimantan.makanya tionghoa dikalimantan rata2 cantik ganteng sbb suku china campur suku dayak dr dl nenek moyang..๐Ÿ˜€

  • aq orang jawa asli.Bangga sama warga tionghoa mereka telah membantu perekonomian nasional Indonesia.dari pada negara barat hanya mengeruk kekayaan Indonesia.coba bayangkan klo PT Jarum.PT Indofood n PT Gudang Garam tutup total.Berapa Juta pengangguran diIndonesia.aneh dan miris aja klo etnis ini dianak tirikan/dipandang sebelah mata.seharusnya Kita banyak belajar pada mereka bukan mengkambing hitamkan.sudah Saatnya Kita bersama bergandengan Tangan untuk memajukan Bangsa Tercinta ini.

  • Isu sara ajaran sesat mengajarkan membenci orang cina yg sudah masuk negara Indonesia

  • cina dulu jg ikut lohh melawan belanda..dan banyak dr etnis mereka yg di bantai sama belanda..sbnar nya zaman dulu cina,arab,india dan pribumi hidup rukun di tanah indonesia yg subur..dengan lintas jual beli berdagangan rempah dll..tp semua kacau sejk datang belanda dn eropa berlangsung ke penjajahan..

  • tergantung dinasty nya ..buktinya bnyak kok kuburan" di aceh,medan,palembang dan bintan pusara putri dari tiong hoa..itu bukti wanita boleh ikut..bahkan pusara ny bnyk tulisan arab dan cina yg sudh islam..pusara putri neng di aceh..dan wanita tiong hoa membawa resep masakn ke indonesia..pempek,ta hu,mi so..bak so..sio may..kwe tiau..tau cho..dll..haaahee

  • Yang paling dibenci adalah cina