INILAH SEJARAH TIONGHOA MASUK KE INDONESIA | Pinterfan

Dipublikasikan tanggal 26 Okt 2017
Halo sobat Pinterfan, pemirsa setia Pinteru. Dalam setiap keributan bernuansa SARA, salah etnis yang sering dibenci orang adalah Tionghoa. Meskipun sudah menetap lama di bumi nusantara ini tetapi etnis ini masih tetap dianggap sebagai pendatang. Sebenarnya apa yang melatar belakangi hal ini? pada video kali ini Pinteru ingin membedah sedikit sejarah tentang kedatangan Tionghoa ke Indonesia.
Banyak masalah yang meletar belakangi dan memicu kebencian terhadap etnis Tionghoa. Motifnya pun beragam, mulai dari masalah kesenjangan sosial hingga tuduhan yang tak masuk akal, misalnya jadi agen komunis. Keberadaan Tionghoa di Indonesia sebenarnya memiliki sejarah yang panjang. Bahkan sejak sebelum Belanda. Karena sangat rumit dan pelik, maka dalam video kali ini Pinteru hanya ingin mengulas sejarah Tionghoa masuk ke Indonesia.
.....
____________________________
Like - Comment - Share - Subscribe
pinteru.com
FB : Pinteru
___________________________

Komentar

  • sudah gak ada china di indonesia... merka smua anak indonesia.. hidup mati merka udah buat indonesia.. bendera mereka merah putih setiaP prestasi mereka membawa bendera mera putih. Tapi kalian takpernah nenghargai malah bnyak yg mengejek.. tapi mereka tetep membawa bendera merah putih walaupun bnyak hujatan.. mereka saudara kita rakyat indonesia. jangan ad perbedaan. kecuali turis RRC.

  • ini sejarah nya di bikin bikin karan sejarah yang di ceritakan oleh ulama beda dengan ini saya yakin ini palsu

  • Saya mh ttp cita tanah melayu sumatra .... karan saya bukan orang jawa mau pun turunan orang pulau jawa saya asli suku melayu

  • Tapi masih banyak org tioanghoa/China pada sombong2 di Indonesia dan mereka menggunakan bahasa mereka sendri, seharusnya mereka WAJIB menggunakan bahasa Indonesia.

  • RINDU KEPADA TEMAN TEMAN TIONGHOA semasa SMA di CIANJUR.. walau kita beda.. kita bisa berkawan baik

  • Klo nenek moyang kalian baik dan berbaur kenapa ga contoh nenek moyang kalian

  • Kita welcome kok asal berbaur.... ada yg terusir ga di Indonesia ?????

  • Sebenernya ga ada masalah asal mau berbaur.....Kita sama Arab sama india fine2 aja tuh.... Belanda jajah kita tapi banyak orang Indonesia yg menetap di Belanda makanya ada istilah Ambon belanda, Belanda Depok manado Belanda begitu jg portugis.....

  • Krn Sok exlusive ga mau berbaur Jaman Belanda ikut Belanda Jaman jepang ikut jepang Indonesia merdeka ikutan merdeka Ga ada sumbangsihnya untuk kemerdekaan sama negeri ini Beda sama orang2 Arab yg berbaur Mereka kaya2 tapi Kita ga iri

  • cheng ho bukan etnis cina karena bukan bangsa HAN, dia itu orang minoritas melayu polenesian.

  • sya sangat mendukung waga tionghoa yg jdi warga indon maopon yg blom jdi warga ,karna dengan ke datangan mreka yg berniat baik akan membawa kemakmuran di indonesia ,i love warga tionghoa ,

  • Siap

  • kita etnis tionghua lahir dan tua di indonesia.. pertanyaan saya , kl di blg bukan org indo, kami mau disuruh kemana?, siapa yg membawa ajaran islam di jawa? siapa yang menghalangi kapal senjata belanda dgn aksi bunuh diri? jd sepatutnya kami jg sama dgn semua etnis n suku di indo, kami ga mgkn angkat senjata bela negara lain, keutuhan NKRI jg harga mati buat kita.. kami cuman ingin disamakan bukan di bedakan, biar pun nenek moyang kami pendatang, tp kami uda lahir dan tua di NKRI, coba buka kembali sejarah kami disini lbh detail lg, hidup NKRI...

    • saya suku batak.. udah jangan dengerin komen" gak baik.. kalian juga ank indonesia.. sama seperti kami suku batak.. HIDUP MATI KITA BUAT NEGARA KITA.. πŸ’ͺπŸ’ͺ

  • Yang udah kadung benci ada kemungkinan bakal memelintir sejarah masuknya cina ke indonesia :v

  • Kalo kaga pelit dan licik sih oke2 aja

  • Yang dibenci itu utamanya yg akhir akhir ini berdatangan untuk bekerja dan rakyat masih buruk kerja dikalahkan itu tentu menyakitkan kalau yg lahir di Indonesia yg penting nggak congkak

  • Nigga

  • Di India tionghua nga ada..knapa ?

  • #1998mantaps

  • Gw SD, SMP sekolah di sekolah negeri. Lu taulah rasanya gimana punya darah chinese sekolah di sekolah negeri.

  • dr sungai yunan berbondong2 berlayar turun dipantai TUBAN karna mendengar ada negri makmur takada perang apalagi pencuri seorang penguasa PEREMPUAN dr sini awal sejarah ketok tular adik seorang penguasa dipotong tanannya karna berani mengambil pundi2 dijalan yg dipengarui seseorang yg gk dikenal .dan strnya

  • Cina boleh berdagang cari nafkah di INDONESIA boleh cinta INDONESIA,,boleh bergaul dgn masyarakat pribumi tapi utk menduduki dan membeli tanah di INDONESIA saya rasa peraturan yg ada di jogjakarta patut di.contoh agar negara tidak terbeli oleh negara asing masyarakat pribumi tak tersisihkan yg di khawatirkan ketika semua tanah di kuasai keturunan tionghoa keturunan pribumi tersingkirkan,,,hanya menunggu wkt yg sekarang saja pribumi banyak jadi bawahan wallahualam

  • Yang tinggal di Simongan mana suaranya...

  • Padahal yang lebih duluan mereka mendarat di kalimantan tau min baru ke tanah jawa dan sumatra

  • Dari dulu cuma Jatim yang adem ayem, gk ada isu sara

  • Intinya kalau suda diatas 3 generasi berarti mereka indonesia, Karna bangsa indonesa Kakek Saya Hidupnya lebih Tua Dari Negera Kita.

  • Banyak sejarah palsu era sekarang dichanel lain dr suku yg ada di india di Chanel ini dr suku yg ada di china hahaha... Intinya nenek moyang kalian tu hanyalah para pendatang ke negeri ini hanya utk berdagang dengan asli pribumi indonesia... Indonesia berbentuk kepulauan jd kebiasaan nenek moyangnya melaut...

  • Bukti paling besar kerajaan Sriwijaya di Sumatra Selatan (Jambi, Sumsel, Lampung, Bengkulu, Babel,) orang orang nya di salah kabupaten mirip wajah ny Tionghoa, lahat, empat Lawang, lubuk Linggau, Kya nya si dah campuran, masakan, pakaian adat istiadat, mirip identik Tionghoa, warna merah & kuning emas, jujur aku juga pas dulu di sekolah di bilang orang cina,Krn mata ku sipit, pipi tembem, kulit putih, bahkan Smp skrg,solat di masjid ,di daerah orang Jateng,ada anak kecil tanya, mas orang cina y, aku senyum, padahal bpk ibu ku lahir dijawa, Smp profesi ku berdagang, identik bener sm Tionghoa.

  • sebenarnya mudah sekali cara menghindari permusuhan etnis tionghoa vs lokal, yaitu orang2 tionghoa suruh kembali ke tanah asal usulnya. Maka saya jamin aman deh gak ada permusuhan tionghoa va pribumi lagi πŸ‘

  • Bukan cina tapi tionghua kalau cina di hongkong atau di negara china

  • Saya suku tionghua jadi sedih dibilang di benci orang orang

  • Salah judulnya tuh... harusnya KEDATANGAN BANGSA CHINA PERTAMA KALINYA DI NUSANTARA Wajib diketahui bahwa etnis atw suku Tionghoa itu hanya ada di Indonesia tidak dikenal di negeri China sana.

  • yg gaku2 pribumi ada yg munafik ajaaa,, pdhal byk jg udah ada yg campuran dr cina,,, Nusantara baru rasis setelah masuk nya islam

  • ;p sekarang aja bisa dilihat sosial bermasyarakat mereka ga ada... seperti alergi berbaur dengan sekitar....

  • Lebih banyak yang jadi antek penjajah dari pada ikut berjuang melawan penjajah...

  • Palembang itu Besar, Suatu kerajaan pusat perdagangan. Bahkan lebih Besar dari Melaka. Memang ada Komunitas Cina waktu itu, dan Kepalanya/cheiftain mereka pastilah orang Cina, Tapi Lebih Ramai lagi Chieftain Pribumi Orang Melayu. Contohnya Malaysia sekarang. Punya Parti Politik Cina MCA dan DAP. Begitu juga waktu itu. Kepala Komunitas Orang Cina adalah Orang Tiong Hua, dan Kepala Komunitas Orang Melayu adalah Orang Melayu.

  • Bedakan orang jepang ama china, dari bahasanya aja udah beda masih dibilang sama? Begok sekolah mana lu

  • Saya benci muka gw...

  • tionghoa??tiongkok?? cina?? apa bedanya ya..

  • Masalahnya cuma 1 yg tionghoa rajin dan pintar juga mau belajar cari duit Yg org asli nya males,sombong,dan mau cepet kaya tapi malas

  • cuma jalan2 itu. dan bangsatnya ceng ho,peta yg dia buat jadi dasar peta aib dan tradisional china sejak era ming kedatangan massal china ke nusantara,ya lewat tangan voc dan belanda

  • Tahu tempe dari ciina

  • Suku dayak juga masih keturunan china

  • Secara umum china masuk ke Indonsia sebelum belanda. Ada yg berpendapat diawal masehi sudah ada orang china masuk ke Tanah Jawa. Karena saat itu di sana sedang perang saudara. Sejarah perang saudara awal masehi di china ada catatannya .

  • Tak usah byk bacot bro Klian buktikan aj sejarah sngt lama klian klian muncul dri mna dri siapa dri perjuang dri mna. Buktikan aj ke seluruh dunia biar semua orang tau. Smga bsa di ungkapan mslh lalu indonesia gmna

  • ideologi komunis itu ada dan bukan TIDAK MASUK AKAL.

  • Sejarah pembodohan ' ( seribu cara' menyulap tanah air) penjajah tetap penjajah ' buktinyata bisa dirasakan ' 100%

  • pendatang ya pendatang

  • Mantan bos ane cina,, dan beliau baik,, qt masih suka silaturahmi,, ga semua orang cina seperti yg dipikirin ko,, malah dibanding mantan bos gw yg cina ,,bos gw yg pribumi lebih killer .. hahaaa .. mungkin tergantung sifat dan didikan dri kecil ..

  • Ini kedatangan yg kedua rasanya. Klo sejarah kedatangan yg pertama gmn?

  • Bikin judul bodoh.bkn tinghoa tp sejarah china alias tiongkok.yg lahir diindonesia diblg tionghoa,nenek ku blg dl china dtg keindonesia rata2 china 80% nikah dayak dikalimantan.makanya tionghoa dikalimantan rata2 cantik ganteng sbb suku china campur suku dayak dr dl nenek moyang..πŸ˜€

  • aq orang jawa asli.Bangga sama warga tionghoa mereka telah membantu perekonomian nasional Indonesia.dari pada negara barat hanya mengeruk kekayaan Indonesia.coba bayangkan klo PT Jarum.PT Indofood n PT Gudang Garam tutup total.Berapa Juta pengangguran diIndonesia.aneh dan miris aja klo etnis ini dianak tirikan/dipandang sebelah mata.seharusnya Kita banyak belajar pada mereka bukan mengkambing hitamkan.sudah Saatnya Kita bersama bergandengan Tangan untuk memajukan Bangsa Tercinta ini.

  • Isu sara ajaran sesat mengajarkan membenci orang cina yg sudah masuk negara Indonesia

  • cina dulu jg ikut lohh melawan belanda..dan banyak dr etnis mereka yg di bantai sama belanda..sbnar nya zaman dulu cina,arab,india dan pribumi hidup rukun di tanah indonesia yg subur..dengan lintas jual beli berdagangan rempah dll..tp semua kacau sejk datang belanda dn eropa berlangsung ke penjajahan..

  • tergantung dinasty nya ..buktinya bnyak kok kuburan" di aceh,medan,palembang dan bintan pusara putri dari tiong hoa..itu bukti wanita boleh ikut..bahkan pusara ny bnyk tulisan arab dan cina yg sudh islam..pusara putri neng di aceh..dan wanita tiong hoa membawa resep masakn ke indonesia..pempek,ta hu,mi so..bak so..sio may..kwe tiau..tau cho..dll..haaahee

  • Yang paling dibenci adalah cina

  • Ini lah indonesia terdiri dari ras dan suku bangsa...kita belajarlah dari sejarah bahwa keturunan china adalah orang indonesia dan jangan di permasalahkan keberadaanya...hiduplah indonesia Raya...🎼🎡🎢🎢🎢🎀🎀 NKRI harga MATI...

  • Hahah, propaganda primata pengkhinat didikan belanda ma jepang.

  • Etnis china jauh lebih banyak punya andil dan jasa sama bangsa kita dari jaman penjajahan sampai sekarang tapi kenapa etnis arab lebih dihargai Dan disanjung ada apa dgn bangsa kita

  • YANG RASIS BOLEH MENONTON VIDEO INI id-tv.org/tv/video-P3XMfCiWXCI.html (Judulnya: DARI MANAKAH KITA BERASAL?) Sebarkanlah, semoga bermanfaat

  • Suku cina sama jawa, madura, sulawesi, dlll ya sama ciptaan Tuhan, yg membedakan seringnya org cina meremehkan dan menghina suku lain. Sebagian dak.tahu halal dan haram tahunya untung dan rugi, heee

  • Ko saya gk mirip

  • ya mmang g bsa dipngkiri tionghoa mmang hebat dlm mncari rezeki ktimbang pribumi knpa ? krna mreka bsa mlakukan sgala cara utk mraih sukses,smentara pribumi trllu bnyak brpikir mw lkuin ini itu yg ktanya tkut dosa,tkut ini dn itu lah pkokx, jdi wajar sja klo tionghoa lebih sukses ktimbang pribumi,#πŸ™πŸΏ

  • Talking about copyright here!!!! Kebiasaan deh bikin video ngga dikasih copyright itu video siapa yang dipakai di video ini. Ngga profesional, sumber informasinya juga ngga jelas. thanks bye

  • Kita berpijak di bumi yang sama... kalo rasis keluar dari bumi aja..

  • China Bagian Dari Indonesia

  • Hanya ada di indonesia etnis tiong hua selalu di jadikan korban sara.

  • Tak ada yang Rasis sama Orang Chinese. Orang pribumi mayoritas islam dan islam tak pernah mengajarkan rasisme. Dan kami pemuda muslim senantiasa melihat bagaimana saudara kami di provinsi Xin Jiang yang beretnis Uygur di perlakukan oleh pemerintah China. Dan salam ku untuk muslim Han dan Suku Hui di tanah cina.

  • Tak bisa dipungkiri banyak warga keturunan tionghowa membaur,nasionalis bahkan negarawan. Tapi juga tidak membaur bahkan kesukuannya begitu kental sampai2 dalam dirinya merasa Indonesia bagian dari Tiongkok. Mereka inilah yg dimanfaatkan Komunis Cina melebarkan pengaruhnya di Indonesia. Padahal kalau mereka Menjadi JIWA Indonesia mereka sejahtera,karena lebih ulet dan gigih Padahal kalau POROS TIONGKOK mereka hanya alat. Lihat saja TAIWAN (tiongkok bilang cina taipei) walau dkt daratan cina,berdiri sendiri Dan sekarang Prabowo yg keturunan cina kami dukung jadi presiden. Dan ayahnya Sumitro dulu menteri perekonomian yg bikin maju Indonesia zaman Suharto.

    • xenomorph xenomorph Tdk mungkinlah saya anti cina tapi mendukung Prabowo yg jelas keturunan cina. Anda yg kurang memahami makna tanggapan saya

    • xenomorph xenomorph anda tdk jujur, kalau tdk bermakna pasti tdk kamu tanggapi Tdk masalah ..skrg anda sdh tahu keturunan cina yg berjiwa Indonesia boleh sampai presiden dan banyak pendukungnya. Tapi kalau masih berjiwa tanah leluhur akan MERASA dimusuhi di Indonesia

  • video yang mencerdaskan. bagus...

  • Tionghoa itu penghianat bangsa Indonesia waktu jaman Belanda.

    • rembo kuat987654321 bukan penghianat tapi korban dari politik pecah belah seperti zaman sekarang kita sedang di belah oleh teroris yang menyebut diri mereka sebagai Isis dan hti

    • +xenomorph xenomorphKlo aj smua bangsa indonesia sprt anda jiwa Xenomorph pst indonesia akan slalu damai tentram

    • Klo org sprt dirim mlebihi sprt org yg kau anggap penghianat, kanra sngnya buat kisruh nkri

    • Km klo gk tau jgn sok tau, mgkn ada stu ato dua org tionghoa yg jd penghianat, jgn km sangkutin smua org tionghoa.. klo km blm pinter byk blajar biar pinter jgn asal comen gk baik, comenmu di bca org byk ya

    • +xenomorph xenomorph Iya betul skali mas morph, apa yg perna di katakan bung karno bnr2 trbukti

  • Pulang aja ke negri luuu...

  • Yang ngaku pribumi indonesia datang ke champa, siam, taiwan yunnan disono ada saudara serumpun bahasa nya persis 100% bahasa indonesia, sunda, dayak, padang (thailand selatan). Mungkin mereka itu imigran dari indonesia yang sdh lama terdampar.

  • tionghua makin didepan melayu makin dibelakang

  • saya warga tionghua bkn pribumi

  • Itu karena Ulah Belanda dan Soeharto...antara suku pribumi dan Tionghoa di beda2kan...buktinya jaman kerajaan2 dulu mereka membaur kok...coba belajar sejarah yg benar...nenekmoyang kita darimana????....ACEH itu singkatan, Kepanjangannya apa???...jangan hanya pintar2an...

    • afnan effendi ohh begitu...mantap nih penjelasan anda. Sebenarnya sejarah bangsa kita sangat panjang dan sangat menghargai multi ras...karena ada banyak bermacam2 Ras yg sudah ada di negeri ini sejak jaman dahulu. Kita Indonesia adalah bangsa besar. untuk itu kita harus memiliki pemikiran & rasa toleransi yg besar pula...janganlah kita di perkeruh dengan hal2 yg bersifat SARA lagi. Terima kasih untuk penjelasan anda bro,, salam damai & sejahtera. πŸ˜ŠπŸ™‚πŸ™‚

    • +Welly Limanto ACEH itu singkatan dari Arab, China, Eropa dan Hindia...mereka menyadari bahwa mereka turunan dari Etnis tsb diatas, Turunan Hindia mulai Aceh timur-Aceh utara, Turunan Arab dari Bireun s/d Sigli, Turunan Eropah (Portugis) di daerah Lamno Aceh Barat, Turunan China di Aceh Selatan, Tapak Tuan, Singkil dan Sinabang....mereka membaur dari dahulu kala dan Kompak sehingga Kerajaan Aceh kuat dan tidak pernah di kuasai oleh Belanda secara keseluruhan, satu daerah melawan, daerah yang lain ikut melawan belanda secara ber Gerilya....secara perdagangan Sabang merupakan pelabuhan bebas dari dahulu, karena pecah GAM, Soeharto memindahkan pelabuhan bebas ke Batam ditahun 80 an...

    • afnan effendi Setuju dengan komen anda bro. btw,, ACEH itu kepanjangan nya apa.....? 😊😊

    • +Welly Limanto Terimakasih sahabat....Bangsa Yang Besar Bangsa yg Tidak Melupakan Sejarah Bangsanya, sebenarnya antara Pribumi (Proto Melayu dan Dentro Melayu) dan Tionghoa sama2 berasal dari Dataran China, Pribumi nenek moyangnya Dari China Selatan, Tionghoa sebahagian besar dari China Tengah ke Indonesia karena perdagangan atau perubahan kekuasaan di china jaman dahulu....

    • afnan effendi saya WNI keturunan. Saya respek dengan anda. Saya lahir, hidup dan mati, akan dikubur di tanah air Indonesia. Mari kita saling ber gandeng tangan untuk membangun NKRI. Bangkitlah Indonesia!

  • aku orang kediri aku suka orang cina karena putih2 cantik2 😁😁😁😁

    • Sule

    • Aku juga suka cowo cina, putih mata sipit org mata sipit itu imut heeee

    • +Miku Takaeuchi Mas Eng kaitannya apa sm terong godok, klo terongkan biasanya di syr bkn di godok

    • Nur Fatimah artine terong godok πŸ˜‚

    • +Miku Takaeuchi Bhs apa tu Eng gk ngerti aku

  • Di daerah Banten Lama sejak tahun 1500an sudah ada Kampung Pecinan. Disebut Kampung Pecinan karena dihuni oleh Pedagang yang datang dari China

  • betul coba lihat pakaian adat palembang di pengaruhi adat jaman sriwijaya. dang sangat mirip dengan pakaian cina jaman dulu, lebih pakaian pengantin yang pakai cadar manik2(kl tidak salah , kalau salah mohon di benarkan)

    • rendra hartono gk salah itu benar .. Baju pengantin orang betawi sm jg kok seperti orang china jaman dlu nya pakai cadar / pakai hiasan kepala hampir sama persis yg pernah sy lihat d pernikahan teman mami sy yg memang asli betawi china ..

  • Di tangrang sangat sulit skali bedain mna itu kturunan cina, mna itu pribumi baik itu mata, warna kulit ato dialeknya gk ada bedanya dh. pernah aku slh panggil abang gk taunya engkoh, pokoknya org2 kturunan cina sm pribuminya sangat2 akrab dan kompak skali. slalu berbaur jd satu gk ada perbedaan bnr aku salut. pernah trjadi krusuhan di mna2, di tangrang adem ayem aj gk ada mslh egp katanya

  • Asli indonesia ya cina

  • Dimana kaki berpijak disanalah ibu pertiwi, air yang saya minum akan saya bayar dengan tetes darah perjuangan, padi yang saya makan akan saya bayar dengan kepala demi negara..inilah sumpahku... Yang saya pelajari ada negara baru ada keluarga, ada keluarga baru ada kita,saya keturunan tionghua tapi bukan orang tionghua, saya orang indonesia hidup untuk Indonesia matipun untuk indonesia

  • Kenapa pak Harto dulu melarang orang cina wni pake nama cina. Tapi harus pake nama indonesia. Itu karena pak Harto menginginkan orang tionghwa betul betul jadi orang Indonesia. Sebagian orang tionghwa yg jiwanya sdh Indonesia dan jd pribumi :tan ceng bok, ateng, titik puspa, ruben onsu, kwik kian gie, felix siau, baim wong, Agnes, jaya suprana , Herman halim dll.

    • kalau sekarang nama itu bebas, yang penting jiwa tetep NKRI

    • bocah Sableng vilon do sebenarnya mereka pake nama Jawa tapi namanya di edit jd nama Barat seperti :TUBARY jadi Bary. Kasirin jadi Sir. Supadmo jadi supad. Subarkah jadi bark Dll

    • Ed One tapi ku heran ya zaman orba Kenapa pribumi nggak dilarang memakai nama barat Siapa lagi orang Jawa banyak orang anak-anak Jawa memakai nama orang barat

  • #stoprasis

  • Nenek sy pertama dtg indonesia jd petani. Ibu sy usia 8 thnayah usia 13 thn jd mekanis sepeda. Sy generasi pertama, tp sekrg sdh pindah keamerika...

  • Uugh mereka bunglon bin kadal... Bisa jd apa aza untuk jilat menjilat.. portugis.inggris.belanda.jepang dan sekarang zaman now Coba aza indonesia perang pasti mereka kabur ke singapure atau balik ke peking..plok

    • Valcim Autra Pakai kakiπŸ˜€

    • Yang kaya lari lah tpi klo yg miskin lari pakai apa..akupun juga ikut ngungsi πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    • Ades Suparman Itu cina jaman now bro, klo cina asli indonesia gk akan lari..mau lari kmn? bhs cina aj gk ada yg bs. cina asli indo sdh ribuan th bro sblm islam msk indonesia, kita2 ini msh ada darah cina, mkhnya kulitmu gk hitam, bdnmu tggi ganteng..klo aslinya org pribumi jelek bro, pendek hitam km bruntung msh pny darah cina jd rupamu bgs. jgn memusuhi nenek moyangmu bro nti kualat km

  • Mau etnis apa dan suku apa n kita semua bersaudara

    • Mata Elang Ya betul kita bersoudara di tubuh kita ada mngalir darah cina, kita bersukur sm nenek moyang kita, klo gk pst kita gk sebagus skrg, karna asli org pribumi tubuhnya pendek, kulitnya hitam bro

  • Cina di indonesia maju krn licik segala cara halal bagi mrk jd yg msh anggap cina baik itu orang bodoh yg gampang dibodohi

    • +Christanto Ivander Gk usah di ambil ati bro, sm org yg otaknya busuk

    • Wkwkwkw kalo gw tanya ada orang muslim koruptor artinya semua korup dong jangan hanya dari 1 atau 2 orang

    • Eriska Cahya Ningsih Nih org gk tau sejarah, klo nih org tau sejarah pst malu lo, gara2 ada org cina di indo wajahmu cantik, tubuhmu tggi hrsnya bersukur lu non. lo tau gk asli org pribumi pendek2 item, jelek tau gk

    • Eriska Cahya Ningsih Org ini profokator di laporin aj biar di ciduk

  • Nyatanya justru kelompok etnis cina mau jg tuan di negeri orang bgm kita mau rukun.

    • Eriska Cahya Ningsih mereka datang ke sini karena takdir Memangnya kamu ingin Nyalakan takdir itu sendiri itu tindakan sia-sia

  • Sejarahnya kurang valid, coba baca carita lasem. Etnis tionghoa pertama masuk atau yang singgah di kota lasem, (yang berada di kabupaten Rembang, jawa tengah). Sejarah berawal dari kota lasem ini. Kota lasem adalah kota damai tidak ada konflik antar etnis. Kota santri dan kota cina kecil.

    • Di kotaku Surabaya orang Jawa menjadi dalang wayang potehi dan warga keturunan Tionghoa menjadi dalang wayang kulit di Kota Surabaya masih ada kerukunan antara etnis

    • bocah Sableng vilon do di kota saya tidak ada konflik, tapi arab, chinese dan jawa mengusir belanda secara bersama2

    • Rendi Swandhana konflik antar etnis itu diadu domba VOC

  • Perbedaan etnis jgn d permasalahkan yg penting kita hidup rukun bahu membahu bikin negara kita lebih makmur

  • Klo Tionghoa ga berdagang trus mkn ap?? Byr pajak dr mana?? Emg dihari tuany dpt uang pensiun dr pemerintah?

    • Sieny Tanjung sekarang pembicaraan di luar topik aku pernah lihat channel ID-tv orang Indonesia menanyakan Jokowi mirip orang mana ada yang jawab Jokowi mirip orang Jepang ada yang jawab Jokowi mirip orang Thailand dan ada yang jawab mirip orang Nepal

    • bocah Sableng vilon do: sy ga mau comen org yg ud ga ad moga2 aj presiden selanjutny ga mau seperti itu mau mndengar nasehat dr presiden China " ga perduli bulu kucing putih a hitam asal bs tangkap tikus"..d Indo ini susah masih bnyk yg anti Tionghoa mkny mending dagang klo bs ga us ikut brpolitik prcuma ga ad benarny contoh p Ahok cm keseleo dikit aj ga ad maaf pd hal org sedunia tau dlm hatiny beliau ga ad maksud menista..p Ahok cm belah diri krn ad org menyampaikan dgn ayat2 yg bgt ga bs pilih dia..tp gpp bagi p Ahok Allah ud balasin yg benci dia bnyk yg menyusul msk..

    • Sieny Tanjung zaman Soeharto Apakah orang Cina dilarang dari pegawai negeri karena itu menjadi pedagang

  • Maka itu China Tiongkok tidak mau perperang sama Indonesia karna leluhur banyak di Indonesia .

  • Tiong hua banyak cita2 yang menjadi pengusaha yang sucses;) rata2 orang cina kaya ya

    • bocah Sableng vilon do FTATI! Aku bilang kebanyakan coy

    • Chian Gaming Yg sukses kebanyakan cina jaman now, klo cina asli indo miskin2 tp km jgn membecinya karna kita jg msh ada darah cina

    • Chian Gaming Tidak semua orang Tionghoa kaya kamu kebanyakan nonton TV

    • Chian Gaming karena zaman Soeharto dilarang jadi pengertian negara seperti polisi pengacara atau tentara

  • Klo etnis tionghoa ciptaan tuhan kenapa pada di kucilkan org lain? Lucu gak ngejek ciptaan tuhan? Klo etnis tionghoa ada di muka bumi ini pasti tuhan memiliki arti untuk nyiptakan mrekaπŸ˜‚ ada tuhan yg nyiptain manusia agar manusia trsbut di kucilkan?

    • Setuju bro

    • +Nur Fatimah ibu cocoknya jadi pupuk organik aja bu :)

    • Di samakan penderita aids di kucilkan. kudunya org negro aj mungkin bs cocok klo sm org hitam

    • SpeamNatic Ente blg ada Tuhan menciptakan manusia utk di kucilkan, klo aku jwb..kok ada manusia biadab sprt binatang yg sukanya bakarin rmh dan jarahi hartanya org2 kturunan china ya pst ini ciptaan iblis

  • Belanda ini pintar membuat kelas di masyarakat, dengan begitu akan timbul konflik muncul kebencian jadi cina seolah olah di dukung belanda padahal kesana kaga kemari kaga. Yang jajah belanda yg di benci cina, yang jajah jepang yang di benci cina. Justru orang orang indonesia lebih benci cina ketimbang jepang dan belanda. Sperti tragedi 1965 dan 1998 pemerintah dan pejabat korupsi yang di bakar cina. Kudu di buat film nih ada apa dengan cina. Padahal belanda dan jepang jaman dulu membantai orang melayu dan orang cina, di kali angke orang belanda dan jepang bantai 20rb orang cina. Pribumi malah suka senang tapi pribumi di bantai jepang dan belanda diam diam bae.

    • +Suryanto Tan Sudalah semua suku sama ajah di jaman belanda.....ada yg jadi penjilat dan ada yg menjadi pejuang.....yg merusak itu Imperialis dari Eropa dan Amerika, kenapa kita sekarang harus meributkan masa lalu????....yg penting ke depannya kita harus bersatu membangun negri ini kalau mau maju, kalau perlu se Asia, utk melawan Eropa dan Amerika di bidang Ekonomi, Eropa punya mata uang Euro sehingga Dollar Amerika tidak dominan di Eropa, kenapa Asia tidak bersatu membuat mata uang bersama utk menghindar dari tekanan Dollar Amerika????....

    • +intan lijaya Kamu yakin yang banyak memihak belanda itu cina? coba jawab dulu pertanyaanku ini: 1) Etnis manakah yang raja2nya mempunyai andil, memperkuat posisi penjajah dinusantara karena keserakahannya & memberi tanah serta kekuasaan kepada penjajah, sehingga menjadi salah satu "penyebab" besar terjadinya penjajahan. Karena itu kadang penjajahan di Indonesia itu disebut invited colonialism/penjajahan yang diundang. 2) Sepanjang sejarah nusantara, saat ada kekuatan ingin mengusir penjajah, etnis manakah yang selalu akhirnya membantu penjajah menghancurkan musuh2 penjajah, sehingga punya andil sangat besar "mempertahankan" penjajahan selama ratusan tahun. 3) Etnis manakah yang raja2 & bangsawan2 & bupati2 setempat yang diberi hak untuk mengatur daerah jajahan/alias sebagai kepanjangan tangan/"kaki tangan" belanda? Dan saat Jepang mengusir belanda & menjajah Indonesia, mereka langsung menjilat Jepang, dan menjadi kaki tangan Jepang membantu mengatur rakyat Indonesia.

    • +intan lijaya Cina juga ikut berjuang nasional.kompas.com/read/2013/02/09/09230136/Para.Veteran.Tionghoa.yang.Terlupakan m.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/05/18/oq3mxk349-sejarawan-ungkap-peran-besar-etnis-tionghoa-bagi-bangsa m.detik.com/news/wawancara/2508251/didi-kwartanada-ada-orang-tionghoa-di-pemakaman-pahlawan makassar.tribunnews.com/2016/08/16/foto-ada-pejuang-keturunan-tionghoa-dimakamkan-di-tmp-panaikang nasional.kompas.com/read/2017/01/30/07042221/.pendoedoek.tionghoa.membantoe.kita.

    • Google follower,ngomong opo koe.

    • Google follower,ngomong opo koe.

  • Walaupun berbeda suku tapi tetap satu jua...itulah Indonesia...aq org jawa dan temanku orang tionghoa...

  • mengapa hrs menyalahkan orang cina bsgaimn dgn orang kita sendiri (pribumi)...

  • ucapan anda salah.nenekmoyang orang jawa itu ialah orang jawa kuno ini fakta. kalao nenekmoyangnya org cina ya jelas generasinya tetap org cina.janganlah sejarah kok dicampor adok kayak gudeg jogja.

    • +Atra Gata Kebanyakan di pulau jawa, emang cina dlunya trsebar kesmua nusantara di indonesia, mkhnya org2 pri byk yg mirip cina

    • Nenek moyang kita orang cina..etnik tiong hoa kali..indonesia luas bukan satu dua pulau aja..takkan seluruh indonesia bermoyang cina..

    • PissMenn Mf..bkn mkst gw mnghina klo pribumi asli itu jelek bro, gw jg taunya kan dr bku sejarah yg gw bca, emang km malu pa bro klo bnrnya nenek moyang kita adalah org cina? sejarah itu fakta lo

    • MOHAMMAD AZIS Lu kudu byk lihat buku sejarah tong jgn nampik apa lg malu mengakui nenek moyanglu adalah org cina..sejarah gk bs di jual belikan tau

  • yang lucunya itu orang orang indo yg non tionghoa, bilang anti sama tionghoa dll. mau usir. tp mrk ga pikir, laksamana cheng ho org tiong hoa yg membantu menyebarkan agama islam di Indonesia. brarti mau usir agama islam donk? lol. klo ga ada laksamana cheng ho mungkin islma ga sebesar gt di Indonesia. trus yang kedua, orang indo suka teriak2 pribumi dan non pribumi. coba bayangkan jika pada saat laksamana cheng ho dan orang orang arab k Indonesia, trus d usir sama orang pribumi masa itu (mayoritas agama buddha dan hindu), dgn alasan ini tanah pribumi, non pribumi hrs kluar la dll, mungkin islam uda ga ada di Indonesia. pada ga tau sejarah. trus pada menyalahkan ga mau berbaur, lah jika keluarga lu pernah dibantai, diperkosa oleh etnis lain, secara massal 20 tahun lalu, apakah kalian masih mau berbaur dgn etnis itu?

    • justiady kalvianto Klo aku si maklum bro

    • +justiady kalvianto ya tu orang hnya brpkran smpit,gk tau sjrah,semua orang ddnia gk ada yg tau sjrah,yg tau hnya crta sjrah,krna yg thu hnya orang mglmi saat itu ,mhon maaf sya mngtkn anda tpe pndndm krna mngnkit trgdi 98,dg tlsan yg sprti kyk pnya rsa skit,jdi pransngka sya jdi bgtu,saya sbnrbya mngmntri ini bkn tjuan driskmnsi,rasis,mbnci,pro ini pro itu,tujuan saya adhlh kdmaian antra pribumi sm non pribumi,biar kita bsa hdup dmai sling brdmpingn mmbntu 1 sm lain,wlaupn hrus brbda2 pkran dn jln hdup,dn sya tu ingn semua tionghoa tu dprlkkn sama.itulh tjuan sya gk da yg.dn sya juga ingin tahun unek2 isi hati klian tntng indnesia dn orang pribumi ni bgmna,mskpun punya sjrah klam,apa klian msih mncintai,mnjga,mbngun dn mmbla indonesia

    • saya tidak pendendam, saya juga ga mau sebenernya ungkit2 masa lalu, karena tidak menyelesaikan apa2. tapi skrg org org non chinese yg suka ungkit masa lalu, dan pendendam, atas hal yg bahkan blm terbukti secara sejarah. selalu blg tiong hoa pengkhianat pada masa belanda. itu ud ratusan tahun yg lalu, jd siapa kah yg pendendam? dan bahkan itu pun blm terbukti gt lho..

    • +justiady kalvianto mmang iya orng2 yg ingn reformsi mllkn itu,tpi yg di ats nya pra politikus,parpol2 bnyk ikut cmpur tngn dsna,dn provokator,klau gk da orng pnting yg ikut cmpur,mna brni rkyat biasa brtndk bgtu,mlter,polisi mgang snjta wktu tu siap kpn ja mnmbk,smpe ada yg trtmbk mati kan,dn hran nya kjdian nya di ibukota jkrta dn sbgian jwa,di pusat pmrnthn kkcauan pa tu gk prmainn politik tu nmanya,klau mau mnntut nya,tntut aja ke pemrnthn skrang,orng2 yg ingn rfrmsi tu bnyk yg dduk skrang di pmrnthn,di dprlmen,di keprsidenan,tntut lh orang tu,krna mrka lh yg hrus mnagung semuanya...

    • +justiady kalvianto kalau mslh di jogja sya krng phm smpe skrng,knpa orng tionghoa gk bleh mmlki akte tnh,wlaupn wni resmi,lbih lnjut tnya ma msyrkt jogja gk sm sultanya,jogja daerh istmwa pnya kbjkan sndr,itu ursn sultannya,cba tnya ma sultan jogja,saya orang sumatera,klau di sumatera semua orang tionghoa bleh mmlki akte tnah klau itu mmng tnh mrka dri dlu,dn orang tionghoa sumatera bnyk yg beli tanah dsmatra...