Iran Hujani Markas Amerika Serikat di Irak dengan Rudal

Dipublikasikan tanggal 8 Jan 2020
TRIBUN-VIDEO.COM - Iran melalui Garda Revolusi menyatakan, mereka menghujani markas pasukan AS dan sekutunya di Irak dengan "puluhan rudal".
Operasi itu dikatakan merupakan pembalasan atas pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani oleh AS pada Jumat (3/1/2020) pekan lalu.
Dilansir Sky News, Rabu (8/1/2020), "puluhan rudal" itu ditembakkan Divisi Luar Angkasa Garda Revolusi Iran, dan dinamai "Martir Soleimani".
Sumber keamanan kepada AFP mengungkapkan, serangan itu terjadi dalam tiga gelombang selepas tengah malam waktu setempat.
Setidaknya sumber itu menghitung ada sembilan rudal yang menghantam markas pasukan AS di Ain al-Assad, barat Irak.
Sementara Pentagon menerangkan, serangan juga terjadi di instalasi yang menampung koalisi internasional pimpinan AS di Arbil.
Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Publik, Jonathan Hoffman, menyatakan, rudal itu ditembakkan pukul 17.30 waktu AS pada Selasa (7/1/2020).
"Sudah jelas bahwa serangan tersebut berasal dari Iran, dan menargetkan dua pangkalan militer Irak di al-Assad dan Arbil," ujarnya.
Dalam keterangan terpisah, Gedung Putih memaparkan, Presiden Donald Trump sudah diberi tahu dan memantau perkembangannya.
Hoffman melanjutkan, saat ini fokus Pentagon adalah menaksir kerusakan yang terjadi akibat serangan rudal di dua markas tersebut.
Dia menerangkan, Washington bakal mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan AS dan sekutunya di Timur Tengah.
Disebutkan bahwa pangkalan tersebut sudah memprediksi ada serangan tersebut, dan bersiap selama "berhari-hari".
Dalam keterangannya, Garda Revolusi menyatakan, mereka menjanjikan "respons yang lebih menghancurkan" jika AS melancarkan balasan.
Sementara jaringan milisi Hashed al-Shaabi juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka siap membalaskan kematian Soleimani.
"Marinir AS harus kembali ke markas mereka untuk membuat peti mati," koar Akram al-Kaabi, Kepala Harakat al-Nujaba.
Soleimani tewas bersama wakil pemimpin jaringan Hashed, Abu Mahdi al-Muhandis, di Bandara Internasional Baghdad, Irak.
Komandan Pasukan Quds tersebut dan Muhandis tewas setelah konvoi mobil yang mereka tumpangi diberondong rudal dari drone AS.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Iran Hujani Markas Pasukan AS di Irak dengan "Puluhan Rudal"", internasional.kompas.com/read/2020/01/08/08093711/iran-hujani-markas-pasukan-as-di-irak-dengan-puluhan-rudal?page=all#page3.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Komentar

  • Amerika bisa juga dibilang gak waras...... mau membantu tapi yg di bantu nya mau protes dan amerika anggap itu pujian coba mana pernah USA DI ANGGAP TIDAK SUKA PERANG

  • Usir aja AMERIKA dari timur tengah.....

  • Hancur leburkan pangkalan militer Amerika di IRAK kota Baghdad,,,,IRAN tangguh & kuat πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜˜πŸ‘πŸ‘

    • Negara2 di Timur Tengah...jangan mau di obok2 oleh Amerika dan sekutunya.. usir saja semua tentara Amerika Serikat dari Timur Tengah pulang ke negaranya...menebar kekacauan dan suasana ketidak stabilan di mana2...merusak negara lain dan membunuh ribuan rakyatnya.

  • Tetep menang Amerika, Iran gak ada apa apanya. Cuma pura pura ajaπŸ˜‚πŸ™

  • πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…

  • Yang perang iran vs as yang hncur irakπŸ˜‚ hedeh

  • Aku nonton musik atau kertas warna merah. jangan diisi musik berisik aku tidak senang.

  • Usir pangkalan militer as Selagi dipimpin oleh Donal trum....

  • Pikir vidio gmn githuu.. ternyataa.. weelleeehhh. Gituu ajhaaaaaπŸ˜₯πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚

  • KELALKUAN TRIBUN WAKAKAKAK

  • Rudalnya Indonesia lebih gila.. Rarusan laki2 inggris jadi korban Rudal Indonesia

  • Ww3 i wait for you hahaha

  • Trump kebanyakan micin

  • Tanda2 WW3 udh mulai terlihat

  • Tanda tanda AKHIR JAMAN

  • πŸ• kalah hayang su sumrebbbbb bangasad ..... gambar gak ada paidah naya

  • Emang sengaja amerika yg mulai perang bener" jahat bgt

  • Bertobatlah

  • Kok cuma gelap doang sih anjing.....

  • Keren, skill PUBG auto keluar

  • Hoax

  • Kalo cuma gambar kek gini, *ngapain lo upluad dalam vidio* gaperlu cari adsendse. *Sensor* Lo

  • wah bner perang ni mah

  • Mamarika semena2 mentang2 adikuasa g ada yg nyaingin. κ¦§κ¦Όκ¦«κ§€κ¦±κ¦²κ¦Άκ¦ κ¦Έκ¦…κ¦Ÿκ§€κ¦’κ¦ƒ

  • Makin seru nih!!

  • Hmmm.... Kita kayaknya sudah benar-benar berada di akhir zaman

  • Saya lebih memilih IRAN.

  • Ujung ujungnya kalah

  • Balas..Habisi..Hancurkan..

  • Bakal rata dengan tanah juga ni Iran , wait and see !

  • Perang Iran & Amerika, Hanya seperti tipuan di Film Smackdown, Syiah dan Yahudi ga Mungkin perang, otaknya sama2 licik, mau aja dikibulin,...

  • ujung2nya irak yg jg korban. dagelan konyol. udh kebaca alur ceritanya.. bullshitt !!!

  • nyata2 bnyk rudal lepas sasaran jatuh di lapangan terbuka.... artix cm di publikasi sj pamer kekuatan dan katax punya senjata kimia. hoax aj ternyata

  • Perang dimulai

  • AMERIKALAH PENJAHAT SEBENARNYA

  • Kiamat sudah dekat perang dimana mana

  • AS... perang tapi negara AS gak pernah disentuh, disitu lah licik nya AS dia selalu menggunakan negara lain sebagai tumbal kehancuran,, AS menang Iran dan Irak hancur ........ Kalo Iran menang Irak hancur, AS aman aja wong negara nya gak kesentuh..... Kalo mau perang sama AS yang diserang yang dibom bardir newyork Washinton dc atau las Vegas dll itu baru adil

    • Mohon ya cuma sama China+Rusia, tapi China bisa apa? Cuannya tidak sebanding sama pengorbanannya. Mana mau.

  • Itu fitnah yang diadu domba sama AS adalah Iran vs Irak karena AS menggunakan negara Irak untuk perang.... Udah usir aja AS dari timur tengah bikin rusuh disana

  • Iran dan AS perang ID-tvr indo:(adsense,konten, adsense,konten, adsense,kontel)

  • Berapa yg tewas akibat rudal tersebut?

    • gak ada satupun org Amerika yg terluka,,,,karna Amerika sdh tau duluan sebelum kejadian,makanya Amerika menghindar dr markasnya itu,,,jadi malah yg jadi korban adalah org irak...

  • Kenapa gak ke negara amerika langsung hujani pake rudal

    • Gabakal ada yang nyampe, anti rudal AS terlalu kuat, kecuali Rudal RRC yang nyerang. Iran Negara kaya minyak, tapi miskin. Tidak mampu beli Rudal dari RRC.

  • Kenapa tempatΒ² di irak yg dihancurkan...

  • Bukanya nggak asa orang kan dipangkalanya

  • Iran kalo berani perang terbukalah dgn AS,jgn jadikan warga irak yg selalu jadi korban,,kalo mau perang lsg aja serang negara amerika jgn pangkalan nya yg ada diirak,, tirulah jepang dgn bernyali mengirim armada lgsg ke AS,,SYAH bgsat laknat..

  • Jendral di balas presiden SETIMPAL

  • Iran 5 kali lebih besar dari pada iraq ... As lawam iraq aja udah mati2an Belum lagi sekutu iran ...itu bakal bikin seru

    • Jgn terlalumemuji iran,,dlm perperangan ini tiada sapa jdi HERO atau jadi PENJAHAT,, ke meskinan adalh kita miliki kluarga ditinggal mati,,jgn buat koment suka hati sebut di you tube,,renung dan bayangkn bancana di ACEH,,sampai habis satu keluarga minggal,,masih jga kmu orang sokong Negara yang berperang!!!!

    • Ngomong tai

  • Yang rusak malah iraq

  • Wadaouwww...ran..iran...dah loe berhenti aja deh...ga mngkn menang lor lawan negara adidaya. Mati konyol

  • Iran as perang kok indonesia yg ribet gmna klu sama2antar dua negara sengketa sama2 luncurkan bom nuklir supaya sama2habis biar diantara kedua negara tdk ada lgi manusia yg hidup, supaya tdk ada lgi yg menuntut dan tdk ada lgi pihak yg dituntut,

  • Yg dukung as like

  • Saya sering makan bom, baksoo .......?

  • Setiap ada yg bikin serangan d bilang teroris tpi donal bebek mmbunuh & nyerang org bilang nya pahlawan demi nyelamatin warga nya. Bukn nya dgn sikap nya kayak gitu malah akan menimbulkan pejihad" baru yg akan membalas & melakukan penyerangan pada amrik yg walau pun nanti krban nya warga sipil yg tak brdosa

  • Katanya as negara adi daya,, perasaan negara adu domba iya. Trus ntr sok2 jdi juru pendamai.

  • Kecil bukan berarti lemah... Ayooooo iran....

  • Katanya gk ada korban mana bisa gk ada korbannya klo misil yg ditembakkn mmpunyai radar dgn tepat menuju sasarannya itu rudal canggih yg diluncurkn dr Iran,,,dan mana mungkin AS mengakui klo tentaranya gk ada yg tewas itu udah dr dulu

    • katanya Amerika sdh mengantisipasi iran bakalan serang ke markasnya di irak,makanya Amerika menghindar dari markasnya,dan malah yg jadi korban adalah tentara irak yg jagain disitu...

  • apa yg kita cari dlm peperangn. kasian yg mati bukan manusia saja. seluruh mahluk yg ada di bumi juga ikut korban. dosa kita juga. tidak mampu apalagi dosa orang orang yg tidak bersalah bahkan semua ciptaan allah swt.kita hancurkan.masha allah. coba kita pikir by yg tidk berdosa juga ikut korban karena ulah kita nafsu kita. peperangn tidk akan menyelesaikn masalah atur lah dengn damai.setiap pemimpin akan di minta pertangung jwb kelk nanti di akhirt. moga bermanfaat

  • Video gk nyambung

  • Tak satu pun negara yg di takuti amerika.. Semua di sikat

  • yang trending di youtube semua video iran amerika.

  • Gue makan tuh rudal porsi 15,rbu