Iran Hujani Markas Amerika Serikat di Irak dengan Rudal

Dipublikasikan tanggal 7 Jan 2020
TRIBUN-VIDEO.COM - Iran melalui Garda Revolusi menyatakan, mereka menghujani markas pasukan AS dan sekutunya di Irak dengan "puluhan rudal".
Operasi itu dikatakan merupakan pembalasan atas pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani oleh AS pada Jumat (3/1/2020) pekan lalu.
Dilansir Sky News, Rabu (8/1/2020), "puluhan rudal" itu ditembakkan Divisi Luar Angkasa Garda Revolusi Iran, dan dinamai "Martir Soleimani".
Sumber keamanan kepada AFP mengungkapkan, serangan itu terjadi dalam tiga gelombang selepas tengah malam waktu setempat.
Setidaknya sumber itu menghitung ada sembilan rudal yang menghantam markas pasukan AS di Ain al-Assad, barat Irak.
Sementara Pentagon menerangkan, serangan juga terjadi di instalasi yang menampung koalisi internasional pimpinan AS di Arbil.
Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Publik, Jonathan Hoffman, menyatakan, rudal itu ditembakkan pukul 17.30 waktu AS pada Selasa (7/1/2020).
"Sudah jelas bahwa serangan tersebut berasal dari Iran, dan menargetkan dua pangkalan militer Irak di al-Assad dan Arbil," ujarnya.
Dalam keterangan terpisah, Gedung Putih memaparkan, Presiden Donald Trump sudah diberi tahu dan memantau perkembangannya.
Hoffman melanjutkan, saat ini fokus Pentagon adalah menaksir kerusakan yang terjadi akibat serangan rudal di dua markas tersebut.
Dia menerangkan, Washington bakal mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan AS dan sekutunya di Timur Tengah.
Disebutkan bahwa pangkalan tersebut sudah memprediksi ada serangan tersebut, dan bersiap selama "berhari-hari".
Dalam keterangannya, Garda Revolusi menyatakan, mereka menjanjikan "respons yang lebih menghancurkan" jika AS melancarkan balasan.
Sementara jaringan milisi Hashed al-Shaabi juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka siap membalaskan kematian Soleimani.
"Marinir AS harus kembali ke markas mereka untuk membuat peti mati," koar Akram al-Kaabi, Kepala Harakat al-Nujaba.
Soleimani tewas bersama wakil pemimpin jaringan Hashed, Abu Mahdi al-Muhandis, di Bandara Internasional Baghdad, Irak.
Komandan Pasukan Quds tersebut dan Muhandis tewas setelah konvoi mobil yang mereka tumpangi diberondong rudal dari drone AS.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Iran Hujani Markas Pasukan AS di Irak dengan "Puluhan Rudal"", internasional.kompas.com/read/2020/01/08/08093711/iran-hujani-markas-pasukan-as-di-irak-dengan-puluhan-rudal?page=all#page3.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Komentar

  • Baru seupil gw kata trump

  • Sngaja nggk kn sasaran...takut as murka!!!. Admin jgn GOBLOK PERMANEN...hrs ngerti politik militer negara bsr.

  • Amerika Trump sombong takabur

  • Yg Muslim selalu berhayal semoga America hancur dan mampus,namun apa yg terjadi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Amerika bisa juga dibilang gak waras...... mau membantu tapi yg di bantu nya mau protes dan amerika anggap itu pujian coba mana pernah USA DI ANGGAP TIDAK SUKA PERANG

  • Usir aja AMERIKA dari timur tengah.....

  • Hancur leburkan pangkalan militer Amerika di IRAK kota Baghdad,,,,IRAN tangguh & kuat πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜˜πŸ‘πŸ‘

    • Negara2 di Timur Tengah...jangan mau di obok2 oleh Amerika dan sekutunya.. usir saja semua tentara Amerika Serikat dari Timur Tengah pulang ke negaranya...menebar kekacauan dan suasana ketidak stabilan di mana2...merusak negara lain dan membunuh ribuan rakyatnya.

  • Tetep menang Amerika, Iran gak ada apa apanya. Cuma pura pura ajaπŸ˜‚πŸ™

  • πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘…

  • Yang perang iran vs as yang hncur irakπŸ˜‚ hedeh

  • Aku nonton musik atau kertas warna merah. jangan diisi musik berisik aku tidak senang.

  • Usir pangkalan militer as Selagi dipimpin oleh Donal trum....

  • Pikir vidio gmn githuu.. ternyataa.. weelleeehhh. Gituu ajhaaaaaπŸ˜₯πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚

  • KELALKUAN TRIBUN WAKAKAKAK

  • Rudalnya Indonesia lebih gila.. Rarusan laki2 inggris jadi korban Rudal Indonesia

  • Ww3 i wait for you hahaha

  • Trump kebanyakan micin

  • Tanda2 WW3 udh mulai terlihat

  • Tanda tanda AKHIR JAMAN

  • πŸ• kalah hayang su sumrebbbbb bangasad ..... gambar gak ada paidah naya

  • Emang sengaja amerika yg mulai perang bener" jahat bgt

  • Bertobatlah

  • Kok cuma gelap doang sih anjing.....

  • Keren, skill PUBG auto keluar

  • Hoax

  • Kalo cuma gambar kek gini, *ngapain lo upluad dalam vidio* gaperlu cari adsendse. *Sensor* Lo

  • wah bner perang ni mah

  • Mamarika semena2 mentang2 adikuasa g ada yg nyaingin. κ¦§κ¦Όκ¦«κ§€κ¦±κ¦²κ¦Άκ¦ κ¦Έκ¦…κ¦Ÿκ§€κ¦’κ¦ƒ

  • Makin seru nih!!

  • Hmmm.... Kita kayaknya sudah benar-benar berada di akhir zaman

  • Saya lebih memilih IRAN.

  • Ujung ujungnya kalah

  • Balas..Habisi..Hancurkan..

  • Bakal rata dengan tanah juga ni Iran , wait and see !

  • Perang Iran & Amerika, Hanya seperti tipuan di Film Smackdown, Syiah dan Yahudi ga Mungkin perang, otaknya sama2 licik, mau aja dikibulin,...

  • ujung2nya irak yg jg korban. dagelan konyol. udh kebaca alur ceritanya.. bullshitt !!!

  • nyata2 bnyk rudal lepas sasaran jatuh di lapangan terbuka.... artix cm di publikasi sj pamer kekuatan dan katax punya senjata kimia. hoax aj ternyata

  • Perang dimulai

  • AMERIKALAH PENJAHAT SEBENARNYA

  • Kiamat sudah dekat perang dimana mana

  • AS... perang tapi negara AS gak pernah disentuh, disitu lah licik nya AS dia selalu menggunakan negara lain sebagai tumbal kehancuran,, AS menang Iran dan Irak hancur ........ Kalo Iran menang Irak hancur, AS aman aja wong negara nya gak kesentuh..... Kalo mau perang sama AS yang diserang yang dibom bardir newyork Washinton dc atau las Vegas dll itu baru adil

    • Mohon ya cuma sama China+Rusia, tapi China bisa apa? Cuannya tidak sebanding sama pengorbanannya. Mana mau.

  • Itu fitnah yang diadu domba sama AS adalah Iran vs Irak karena AS menggunakan negara Irak untuk perang.... Udah usir aja AS dari timur tengah bikin rusuh disana

  • Iran dan AS perang ID-tvr indo:(adsense,konten, adsense,konten, adsense,kontel)

  • Berapa yg tewas akibat rudal tersebut?

    • gak ada satupun org Amerika yg terluka,,,,karna Amerika sdh tau duluan sebelum kejadian,makanya Amerika menghindar dr markasnya itu,,,jadi malah yg jadi korban adalah org irak...

  • Kenapa gak ke negara amerika langsung hujani pake rudal

    • Gabakal ada yang nyampe, anti rudal AS terlalu kuat, kecuali Rudal RRC yang nyerang. Iran Negara kaya minyak, tapi miskin. Tidak mampu beli Rudal dari RRC.

  • Kenapa tempatΒ² di irak yg dihancurkan...

  • Bukanya nggak asa orang kan dipangkalanya

  • Iran kalo berani perang terbukalah dgn AS,jgn jadikan warga irak yg selalu jadi korban,,kalo mau perang lsg aja serang negara amerika jgn pangkalan nya yg ada diirak,, tirulah jepang dgn bernyali mengirim armada lgsg ke AS,,SYAH bgsat laknat..

  • Jendral di balas presiden SETIMPAL

  • Iran 5 kali lebih besar dari pada iraq ... As lawam iraq aja udah mati2an Belum lagi sekutu iran ...itu bakal bikin seru

    • Jgn terlalumemuji iran,,dlm perperangan ini tiada sapa jdi HERO atau jadi PENJAHAT,, ke meskinan adalh kita miliki kluarga ditinggal mati,,jgn buat koment suka hati sebut di you tube,,renung dan bayangkn bancana di ACEH,,sampai habis satu keluarga minggal,,masih jga kmu orang sokong Negara yang berperang!!!!

    • Ngomong tai

  • Yang rusak malah iraq

  • Wadaouwww...ran..iran...dah loe berhenti aja deh...ga mngkn menang lor lawan negara adidaya. Mati konyol

  • Iran as perang kok indonesia yg ribet gmna klu sama2antar dua negara sengketa sama2 luncurkan bom nuklir supaya sama2habis biar diantara kedua negara tdk ada lgi manusia yg hidup, supaya tdk ada lgi yg menuntut dan tdk ada lgi pihak yg dituntut,

  • Yg dukung as like

  • Saya sering makan bom, baksoo .......?

  • Setiap ada yg bikin serangan d bilang teroris tpi donal bebek mmbunuh & nyerang org bilang nya pahlawan demi nyelamatin warga nya. Bukn nya dgn sikap nya kayak gitu malah akan menimbulkan pejihad" baru yg akan membalas & melakukan penyerangan pada amrik yg walau pun nanti krban nya warga sipil yg tak brdosa

  • Kecil bukan berarti lemah... Ayooooo iran....

  • Katanya gk ada korban mana bisa gk ada korbannya klo misil yg ditembakkn mmpunyai radar dgn tepat menuju sasarannya itu rudal canggih yg diluncurkn dr Iran,,,dan mana mungkin AS mengakui klo tentaranya gk ada yg tewas itu udah dr dulu

    • katanya Amerika sdh mengantisipasi iran bakalan serang ke markasnya di irak,makanya Amerika menghindar dari markasnya,dan malah yg jadi korban adalah tentara irak yg jagain disitu...

  • apa yg kita cari dlm peperangn. kasian yg mati bukan manusia saja. seluruh mahluk yg ada di bumi juga ikut korban. dosa kita juga. tidak mampu apalagi dosa orang orang yg tidak bersalah bahkan semua ciptaan allah swt.kita hancurkan.masha allah. coba kita pikir by yg tidk berdosa juga ikut korban karena ulah kita nafsu kita. peperangn tidk akan menyelesaikn masalah atur lah dengn damai.setiap pemimpin akan di minta pertangung jwb kelk nanti di akhirt. moga bermanfaat

  • Video gk nyambung

  • Tak satu pun negara yg di takuti amerika.. Semua di sikat

  • yang trending di youtube semua video iran amerika.

  • Gue makan tuh rudal porsi 15,rbu

  • YessπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  • musnahkan mamarika skalian dari peta πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Yang perang iran vs america kok yg hancur baghdad irak ya???

    • @Ahmad Mahesa tolol sangkut pautin sama Agama ini anak kont*l

    • Namanya juga sandiwara" jendarl sulaimani itu mati biasa lalu dibikin skenario seakan dibunuh amerika" supaya umat islam ketipu" jangan2 yg dibom itu markas amerika yg didalamnya umat islam sunni bukan tentara amerika" umat islam sunni dikumpulin didalam markas amerika lalu dibom"" yaaaah udah kebaca" terus ikutin dagelan kedua negara kafir kristen dan syiah""

    • skutunye amrik lah tu irak ...

  • saya pegang iran menang tentara amireka pengejut banci takut mati

  • Yh jlas lh brani Iran mnyerang mrkas America krna Di Iran mrkas yh cba lngsung sdang ke negara yh klu gk lngsung tu Iran Di musnakn sperti jepang dlu

  • Bila satu saja nuklir Iran di AS. Akan musnah semua di AS dan Presidennya MODAR

  • Mana rudal nya lo..bahalol punya vedio pui...tipu..

  • Mana lagi ne seranganya,, gw udah beli kacang kulit ne wifi tetangga gw lagi bagus2 bgt ne sinyalny,, seraaaang y gw tunggu lho,,

  • Lebih baik mati membela negara,lebih baih baik mati menjaga kehormataan,daripada hidup diinjak2 dan jadi pencundang....

    • @Septyan Np lha ini kita khan lg menangapi irak amrik oom

    • @semangat dick coba cari definisi bela negara apa om

    • @Septyan Np miskin koq malu sih...yg malu itu lo oom gagal paham..masalah iran koq melebar

    • @semangat dick itu masuk ke bela negara loh, kamu ga malu po negara kaya sda kok miskin

    • @Septyan Np oom kebanyakan cuka nih...lg mbahas iran dan amrik koq malah melebar

  • Sudah mulai tanda tanda nya akan terjadi perang besar. Siap siap kawan siapa tau nyasar ke indonesia di mulai dengan natuna.

    • imposibel.. natuna aman

  • Awaaassss ledakaaannnn !!!!! Duaarrrrrr mimik........

  • Wah keren mantaabbb

  • A S mantab, berperang lah kalian.

  • Percaya deh sebagian besar WN uncle sam berharap donald trumph mati kena serangan iran ... sama kayak disini deh si doi kena serangan china

  • Katanya, patriot bisa cegat rudal, katanya sih, pilih s400 katanya

  • Alasan iran dan America untuk menghancurkan irak.kenapa harus nyerang irak kenapa gak langsung kenegara nya ??? Kalau emang mau perang beneran pastinya nyerang negara nya

    • Itu lah Amerika dia bikin markas di timur tengah kalaupun perang sama as yang perang kan timur tengah as mah aman.... Licik ni negara

    • @joko tingkir lu salah juga, lebih tepatnya pangkalan militer as yg terdapat di barat irak, bukan brrti iraknya

    • Dasar orang goblok....karna iran tuh gk punya rudal balistik yg bisa jangkaw amerika.

  • Iran memang pegang prinsip dan berani ga kaya yang sebelah bacot doang

  • Kenapa iran tak hantam rudal ke amerika saja langsung? Saya hawatir jika iran hantam pangkalan militer as yg ada di irak maka akan banyak korban dari rakyat sipil irak juga.

    • @A Lukito yg namanyq buatan manusia tak ada yg sempurna bro..buktinya sudah sering kali kita lihat brita peperangan rudal salah sasarn atau jatuh sebelum sampai target.apalagi kalau rudal nuklir efek radiasinya yg sangat berbahaya walau jatuh jauh dari pemukiman warga sipil.

    • @Hadisal Luthfi lo itu sok pintar!!yg namamya buatan manusia ga ada yg sempurna..buktinya sering kali terjadi eror dimana rudal jatuh bukan pada sasarannya. Iran ingin balas dendam pada amerika atas kematian jenderalnya maka yg jadi sasaran utama iran yaitu amerika bukan karna pasukan amerika ada di timur tengah.hanya saja krn jarak iran irak tak terlalu jauh shingga iran hantam pasukan amerika yg ada di irak. Nalar lo yg sempit bro!!! Apalagi kalau iran lepas rudal nuklir tentu efek radiasinya yg sangat berbahaya walau jatuh jauh dari pemukiman warga sipil.

    • Itu sasaran spesifik oom..tdk kayak rudal Scud mbah Saddam yg njebluk di padang pasir esrael dulu , ga kena sasaran

    • ?pengetahuannya masih rendah nih ..Tujuannya buat ngusir abis komplotan militer As di Timur tengah ..jdi intinya iran nyerang pangkalan militer as dan posisi nya agak jauh dri Pemukiman ..

  • BRAVO IRAN.

  • Baguss...serang semua pngkalan as..

    • serang, tapi gaada kerugian bangunan ssama orang mati kesimpulan : 1. Gertakan 2. Buang-buang misil

  • Kenapa Irak yg di serang, aneh

    • @Ahmad Mahesa gaada casualties, kalo sampe ada Iran rata...RATA...RRAATTAA

    • selama as punya markas di irak, mereka akan mudah kirim pasukan ke iran... memusnahkan pangkalan as di irak, adalah cara mencegah serangan lanjutan as ke Iran

    • Jangan2 markas amerika di irak yg didalamnya umat islam sunni bukan syiah yg mereka kumpulin lalu dibom" sebelum dibom tentara amerika sudah tidak ada dimarkas tsb" yaaah yahudi kristen dan syiah satu kesatuan pembunuh umat islam" tonton terus permainan sandiwara mereka

    • Irak itu pangkalan militer as mbak e piye to kok dongok bukan negara irak nya di serang

  • amerika mana berani satu lawan satu paling keroyokan nantinya,blm ada sejarah amerika menang perang klu satu lawan satu

    • Langsung aja balistik sebiji. Langsung angus iran...tapi gabakal nuklir US, sayang minyaknya

    • Bocil ganggu bnyk teori tolol

  • Amerika akan habis,karna rusia sekutu iran,mantappp

  • Nyerangnya ke negara irak y,kenapa ga donal duck nya aja yg diburu????

    • karna aku takut jatuh cinta mendadak sm km dek.hehe

    • Baru rencana saja dh keburu dirudal

    • Tidak semudah itu ferganda

  • ternyata iran lbh bernyali berani membalas rudal ke amerika

    • @vego divago emang lu siapa awas awas 🀭 lu anak nya paman sugiono ya.... Hei di internet banyak informasi kenapa lu tanya gw lu ngak bisa baca tulis ya ....

    • @onetwoone _12 lo gak usah sok tau. kalo gak tau fakta. jgn cuba2 bilang itu ini. Lo tau knpa amerika ngebom iran?? Lo crita sini. Gue mau tau. Kalo fakta lo bercanggah. Awas lo

    • @Yoga Pratama kotor ....? Coba anda jelaskan ,dimana letak kata kata saya yang kotor ?

    • @onetwoone _12 mulut anda kotor

    • @Yoga Pratama adek tau ngak bedanya memberikan fakta sama sok berkuasa ?

  • Yg hancur mah Irak.. hh

    • @Ishaq Emiran Giliran China ke Samudera Atlantik, dimaki-maki.

    • Ardi Anus iya tapi gak gampang jg , Amerika kan gitu bikin markas di negara orang seenaknya

    • Bener bro AS itu licik yang perang kan AS vs IRAN... tapi korban nya Irak... Harus nya negara timur tengah bersatu ngusir AS dari timur tengah, dari dulu gantian negara disana kacau karena campur tangan AS

  • Kenapa yang di unggah hanya video gambar...

  • Taruhan aja...aku pegang iran..1.1T..hahaha

  • Yg setres Yahudi

  • Ga usah takut sama Amerika... Pesawat siluman nya udah pernah ke tembak jatuh di checnya.. Dan di ambil oleh rusia... Mereka ambil dan selidiki teknologi anti radar nya.. Dan sudah terpecahkan jawabannya.. Jadi S400 anti serangan udara adalah jawabannya.. Makanya amerika ketar ketir waktu turki memborong S400 dari rusia

  • Iran sibuk nak perang dengan america yg kena tampias Iraq memang ini 1aturan mereka

    • Pangkalan militernya as Ada Di irak bro soalnya

  • Makan tuh kesombongan mu Amerika

  • Gimana tanggapan mamarika setelah di hantam paman Iran tu

    • @vego divago Iran salah tembak hahaha

    • @Gold 999 mending lo aja diam. Sok tau

    • diam, karena AS tau Iran (tanpa backing) tidak bisa berbuat apa-apa. Rusia? Kalah sama AS, dijamin.

  • Yg teroris itu ya amerika ingin menguasai negara muslim,ingin menjajah negara lain dgn alasan cinta damai,mudah2 an trump mampus dibunuh dgn super sadis

    • Semoga aja ada yang berani nyerang negara AS.... Biar kapok dia jangan sukanya adu domba negara orang

    • @Hendri & Analog dari dulu sama aja...

    • bukan Negaranya Bos, tapi Presidennya si trump kntl itu

  • Ngk yakin gue iran bner2 kuat mlkukan perang trbuka pasti amerika dh memprhtungkan itu, apa lgi amerika akan mngunakn PBB nya buat mnyrang iran dri brbagai arah ekonomi, apa lgi kalau NATO anak didik usa juga ikut kroyokan akan lbih mudah lgi iran jatuh kalah...

  • Gua megang irannn ... soal nya america ma vietnam aja keokk

  • Iran syiah bull sheet you