Jenazah Tidak Dimandikan & Tidak Dishalati Karena Corona; Bagaimana Hukumnya? - Buya Yahya Menjawab

Dipublikasikan tanggal
Bagi yang ingin berkontribusi menambahkan subtittle ke dalam bahasa apapun, silahkan klik link di bawah ini:
id-tv.org/username-timedtext_cs_panel?tab=2&c=UC50vyjmknAf3nMvOr37gm1Q
Klik Video, lalu klik Subtittle/CC, lalu add subtittle.
FOLLOW US :
TWITTER | @albahjahtv
twitter.com/albahjahtv
INSTAGRAM | @albahjahtv
instagram.com/albahjahtv
LIKE US :
FACEBOOK | Al-Bahjah TV
facebook.com/albahjahtv
JOIN US :
TELEGRAM |@albahjahtv
t.me/albahjahtv
INFORMASI INFAQ :
INFAQ PENGEMBANGAN DAN OPERASIONAL AL BAHJAHTV
Bank Syariah Mandiri (BSM)
No. Rek : 73 11 55555 8
Kode Bank : 451
a/n : Al Bahjah TV
LEMBAGA PENGEMBANGAN DAKWAH AL-BAHJAH
Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179 Blok Gudang Air Kel. Sendang Kec.Sumber Kab. Cirebon 45611

Komentar

  • Ya allah

  • TERIMA KASIH BANYAK BUYA. SEMOGA BUYA SENANTIASA SEHAT WAL 'AFIAT. AAMIIN.

  • TERIMA KASIH BANYAK BUYA. SEMOGA BUYA SENANTIASA SEHAT WAL 'AFIAT. AAMIIN.

  • Amin

  • Insyaallah paramedis yang Ahli Laaillahaillallah mati Sahid.

  • Yang tidak suka 👎 dengan penjelasan beliau, apa alasannya...??

  • Trimakasih buya. Atas penjelasan ya. Semoga buya dan keluarga tetap dalam lindungan Allah aamiin

  • YANG DISLIKE PKI

  • Islam itu mudah, islam itu indah, Allah maha baik, akal manusia diberi oleh Allah utk mengelola apa2 yg akan terjadi didunia, dan inilah ahli agama islam yg sesungguhnya bhsnya tenang, jelas, dan berilmu. Trimakasih buya.

  • Mati syahid, dunia sedang dibersihkan kah?

  • Nyimak

  • Ass buya.maaf mau ngasih saran lagi buya.buya bilang kn orang yg mati terkena covid 19 mati syahid.knp harus takut memandikan mensholatkan jenazah.toh klo kita tertular demi kbaikan kita a kan mati syahid.dripada dikubur tidak sesuai sariat islam.

  • Jazakallahu Khairan, Buya.. sehat selalu..aamiin

  • LALU JIKA MATI KARENA WABAH VIRUS KORONA ADALAH MATI SYAHID...KENAPA NEGARA ARAB SANA... KETAKUTAN!!!!???

  • Logikanya... para ulama Arab ... aja pada takut kena korona masyarakatnya ampe ibadah ke sono dilarang...

  • Buat para muslim !!! YUU BRRBONDONG BONDONG KITA SAKIT KORONA TRUS MATI... MASUK SYURGA... DARIPADA CARI MATI SYAHID PERANG DULU😂😂😂

  • #SelamatkanIndonesiadariCovid19 id-tv.org/tv/video-0x0oBEcObfo.html 1 like, 1 watch dari kalian sangatlah bernilai, semua penghasilan dari youtube channel ini akan disumbangkan untuk selamatkan indonesia dari covid-19. mari bersatu selamatkan indonesia dari covid-19. for more informatian : * email : channelk.indonesia@gmail.com * youtube : id-tv.org/username-channelk * link video : id-tv.org/tv/video-0x0oBEcObfo.html

  • Maaf buya.orang mati syahid itu bukan semuanya yg terkena virus covid 19.klo dokter emng benar mati syahid karna menolong pasien yg terkena covid 19.itu bagi dokter yg beragama muslim.kalo semua pasient yg terkena covid 19 mati syahid.semua orng pasti mau mati syahid buya.klo pasient berbuat dosa sblum k3na covid dan sesudahnya masih mnghujat yg mnularkan ke pasientnya.tidak bertaubat tidak beriqstifar tidak mngingat Allah.apa itu dibilang mati syahid.tolong ceramahnya diperjelas lagi.jngn karna gara gara dibilng mati syahid.orang orng pada mau terkena virus.itu sama aja bnuh diri buya.bnuh diri itu dibenci Allah swt

  • bgni lh shrus ustad memberikn pencerahan hukum islam dlm kehidupan kita agar tdk ada perdebatan dlm kalangan masyarakat..yg sdh mdgarkn pencrahaan tlong yg awam ttg ilmu agama jgn lh ego sdri..

  • up

  • Buya yahya ini salah satu ulama yg menjadi rujukan buat saia setelah prof dr muhammad quraish shihab

  • Maaf buya.saya yakin dengan kekuasaan Allah swt.klo Allah swt sudah berkehendak kun fayakun yang terjadi bklan terjadi.orang orang yg mensholatkan memandikan zenajah gak bkl tertular mkn gak akan tertular.klo Allah swt mnghndakin orang orang yg memndikan mensholatkn tertular mka tertular.jngankan kena penyakit.klo Allah swt dah mnghendakin umat mati karna kpleset mka mati.klo Allah swt mngendakin ajalnya lewat virus ya mka matilah.jngn karna kita tidak memandikan mensholatkan zenajah kita semua kena azab.menolak pemakaman jenazah yg kena penyakit corona aja.cmn selang berapa jam dkirim banjir sama Allah swt.apa lagi tidak memandikan mensholatkan

    • @Cat Miaw maaf buya bilang orang yg kena wabah ni mati syahid.yg terkena wabah ni sampai ajal mnjmput dalem hatinya mnghujat dokter dll.bhkan bila yg terkena wabah sampai ajal menjeput dlm hatinya mnghujjat atau menyalahkan gusti Allah swt.itu dibilang mati sahid.kita tidak tahu yang ada didalem hati mereka itu apa.ini yng memandikan mensholatkan mlahan dilarang.walaupun tertular dan mati baru mereka yg dibilang mati sahid.berkorban nyawa demi mensucikan jenazah.

    • @Cat Miaw buya bilang orang yg kena wabah ni mati syahid.tidk mjelaskan secra detail.orang kena covid 19.waktu dlm proses pnyembuhan yg ada didalem hati pasient tersebut kita tdak tahu.dia mnghujat orang lain atau tidak.bila waktu dalem waktu probatan sampai ajal mjmput dlem hatinya mash mnghujat orang lain apa itu dibilang mati syahid.jelas klo memandikan mensholagkan jenazah itu kebaikan.klo mun tetular dan mati.itu mati syahid

    • @Cat Miaw tenaga medis saja berani berkorban nyawa untuk menyembuhkan pasient.knpa umat muslim tidak berani mensucikan jenazah yg akan kmbali pada gusti Allah swt.buya sdri yg berkata orang yg mati kena wabah ni dibilang mati syahid.knpa kita memndikan jenazah mensholatkan hrus takut.kan demi kebaikan.mati juga mati syahid

    • @Cat Miaw memang bner rosul menyuruh kita beriqtiar dan selalu optimis.kita sebagai umat muslim.hrus beriqtiar juga untuk mensucikan jenazah yang akan kembali kepada Allah swt.kita juga harus optimis memandikan dan mensholatkan jenazah klo Allah swt mnghendaki yg memamdikan dan mesholatkan jenazah tidak akan tertular mka tidak akan tertular.semua ni atas ijin Allah swt.penyakit ini juga yg menciptakan Allah swt.

    • @Cat Miaw kan buya mngatakan orang yg kna wabah ini mati syahid.knp hrus takut demi kbaikan.memandikan zenajah kebaikan.bisa dbilng mati syahid.

  • Dokter aja berani bertaruh nyawa untuk mnyembuhkan umat.knpa kita tidak berani berkorban nyawa.untuk memandikan mensholatkan jenazah.pertanggung jwabanya nti diakherat gmn.yg menolak pemkaman dtpu ja.selng beberapa jam diterjang banjir.itu peringatan dri Allah swt.

  • Ass buya.maaf buya saya mau ngasih pendapat saja.zenazah yg mnggal makhluk Allah swt.knp tidak boleh dsholatkan dmandikann.yg ada nti umat islam kena azab semua karna tidak mau memandikan mensholatkan zenajah.baru baru ni didaerah saya ada salah satu kmpung menolak pemakaman zenajah yg mnggal karna penyakit corona.selang beberam jam saja.kampung itu yg menolak pemkaman zenajah.diterjang bajir.dan bnyak korban

  • itu jenazah udah di mandiin sama abu di lap seperti orang berwudhu ,dan di sholati ,semua itu yg ngurus jenazah adalah pihak medis ,yg nanya ini sama buya ,kurang nonton tv x hahaaaa

  • smg umat islam khususnya mengerti mendengar,yakin meng imani apa yg disampaikan buya.trimaksh Buya smg ALLOH sll memberkahi melindungi smua umat islam amin

  • Tetap jaga kesehatan guys. yg dimaksud ustd buya mati SYAHID itu kita brjuang melawan dengan hidup sehat tapi tetap terkena, contoh tenaga medis yg brjuang menyembuhkan, orang2 yg ttp harus mencari rejeki untuk makan harian & orang yg harus brpergian untuk hal yg bnar2 penting untuk kebaikan. bukan orang yg sngaja ingin kena trus nyamperin virus... klw kita sngaja nyamperin biar kena virus itu sma aja kalian ikut perang tapi gak ikut ngelawan, hanya nyerahin diri kalian untuk di bunuh musuh.. mana bisa dikatakan SYAHID klw bgitu.

  • Subeahanahallah semoga abu yayah siberi kesehatan amiiiin ybr

  • Masyaallah,, penyampaian Buya yg lembut dan dengan beberapa pandangan dalam pemahaman ilmu... Jadi lebih yakin dengan nasab ilmu yg di sampaikan.. Semoga Buya sehat selalu dan diberikan kekuatan untuk tetap mensyiarkan Islam,, sehingga dapat memperbaiki ilmu kita semua yg mendengarkan..

  • Masya Allah. Barakallahufik Buya n team Al Bahjah TV

  • Ko ada aj yg dislek..🤔🤔

  • Kalo Yang Meninggalnya Non Muslim Karna Virus Corona Gimana Yaa🙏 Apa Sama Mati Syahid🙏 Tanpa Di Hisab Masuk Surga🙏

  • Allahu akbar...Mantap Buya

  • 💯💯💯💯

  • ugilbuihd ssusushgggya dsushhd

  • ugioiilbuu dgdsaa

  • semoga buya selalu diberi kesehatan. Aamiin

  • Mantap tepat dan Cerdas.!!!.

  • Intinya, yg hidup tidak usah ribut... Terimakasih ustadz.. 🙂

  • Subhanallah smoga bermanfaat Amin

  • Amin,,, i love ulama ahli sunnah wal jama'ah

  • Maaf min saya orang awam maksud dari orang ahli Lailahaillallah itu apa y artiny

  • id-tv.org/tv/video-tW8Qas6gWqY.html

  • Tentara allah menyerang Ka" bah

  • Ammin🙏ya allah...😭

  • Terimakasih atas pencerahannya Buya Yahya semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah

  • Setau saya pasien covid19 yang meninggal memang tidak boleh di mandikan tapi tetap disholatkan oleh dokter yg menangani

  • Masyallah brita baik semoga yg meninggal insyallah mati syahid dan yg masih hidup semoga kita semua diberi kesehatan dan semoga wabah ini cepat berlalau. Amin.....

  • Denger ceramah yg paling adem dan menyentuh hati emg Pak Buya

  • Buya Yahya tidak level dengan Professor Yudian Wahyudi yang hidup seumur2-nya di pesantren, S1, S2, S3 Hukum Islam dan berakhir dg gelar Doktor (Phd.) Harvard Law School USA!

  • Assalamualaikum....Buya.dibukittinggi ada seorang pasien diduga terkena covid 19 lalu meninggal dunia dan tidak dimandikan tidak di shalat kan..apa hukum bagi si mayat dan orang sekeliling nya sebab setelah di kubur hasil labor keluar menunjuk kan negatif covid 19..mohon di balas dan di tayang kn buya

  • Ya allah aku suka ngt pemikiran ustad ini di pembahasan ini.. cara pikirnya lues, ada sisi agamanya dan ada disi kenyataan yg harus di jlnkn karna suatu alesan, ga selalu mematokan ke agama2 mulu. Menurutku jg begitu lakukanla sesuata yg kita mampu saja. Yg seharusnya harus di mandikn di tayanumkn dan di sholatkan. Tp karna suatu alesan yg tdk membolehkn demi kebaikan semua mka di jln kn yg mampunya saja yg di bolehkn saja. Terus2 buat ustad di mnapun yg mempunyai pengetahun tetang agama tolonglah bimbing orang biasa rakyat yg ilmunya tdk sebegitu bnyk di jln yg bnr. Itu aja dan tolong jgn suka memaksakan kehendak klo orang seumpama tidak percaya ya suda jgn di ributkn apalagi berantem.

  • Kalo selama hidup kita. Kita bukan orang baik, jarang shalat dll. Dan meninggal karna covid-19 apa bisa dikatakan mati shahid

  • Ustad sy mw tnya ,,kalu keluarga yg di tinggal kan tidak bisa melakukan solat jenajah apa boleh keluarga melaksanakan solat ghaib?

  • Allahu akbar. . Mdh2an wabah ini cepat selesai, Aamiin. .

  • Terima kasih pak ustaz. Kami rakyat malaysia berharap kita semua selamat dunia dan akhirat

  • Seandainya yg mati kena Corona bukan orang muslim gmn apa dia termasuk mati Sahid pak ustadz

  • Ya Allah sedih sekali ada aja chanel penuh ilmu begini yang dislike lumayan banyak, astaghfirullah

  • Adakok yang di tayamum dan di sholati sama tim khusus.. Untuk keliarga teman korban kalian bisa melakukan sholat ghoib..

  • Gampang dipahami dan tdk menakut nakuti bisa di cerna di hati mantaaabb

  • Trending

  • Amin ya allah

  • Alhamdulillah ya allah... Buya yahya alhamdulillah selalu memberikan solusi permasalahan kehidupan atas izin allah. Terimakasih buya.

  • Insya allah di negara muslim tetap di sholatkan oleh petugas yang menangani.

  • Ini baru ceramah agama yg tidak mengadu domba. Tidak menakut nakuti.👍

  • cabal of the wolf !!!

  • Semoga ini bisa menjadi obat sedih dan bisa menenangkan hati mereka yang telah di tinggalkan keluarga tercinta !

  • Liat video di twitter bagaimana cara menangani jenazah yg meninggal akibat corona di solatin kok sama pihak rumah sakit (lengkap pake APD). Mungkin ga semua nya kali ya kaya begini

  • Manusia sombong menghancurkn haiwan dan alam tumbuhan inilah balasan yg membuat kerosakn didunia maka uang dan kuasa adalah sia sia di masa ini kerana manusia baru menyesali segalanya

  • Nih wahai orang orang sok tauuuu , baca dan tonton sampai habis ! Biar tauuuuuu

  • Wow mati sahit

  • Adem... Dengerin penjelasan guru,

  • Masha Allah Subhan Allah semoga buya yahya juga selalu sehat Amiiin Amiiin Amiiin yarobbal Alamiiin .trimakash beribu ribu kasih buya semua doanya..

  • Assalamualaikum Buya saya sangat bersyukur bisa mendengarkan ceramah dari buya... Cuman suara polume nya kurang kuat 🙏🏻

  • Alhamdulliah dapat pencerahan. Terima kasih Buya yahya

  • Semoga Indonesia dapat melewati cobaan tahun ini dan kita sebagai warga negara nya bisa bersabar dan ikhlas menjalaninnya...Ingat Bersama kesusahan ada kemudahan...aamiin...

  • CEK VIDEO PERTAMA KAMI DONG

  • Ust. Adi hidayat, Ust. Khalid basalah , Ust. Buya yahya , Ust. Abdul somad , Ust. /Dai Hanan Attaki , Ust. Bonny .. udtadz favorite yg sllu mnyejukan hati tiap dgr ceramahx :) ♡

  • Wafat krna corona sama dgn mati sahid amin

  • 1. Gausah dimandikan, atau Tayamumin bisa langsung dimakamkan 2. Boleh disholati tapi ga usah dimandikan atau ditayamumin 3. Kalau disholati harus segara dimakamkan, bisa sholat dg cara sholat jarak jauh atau sholat gaib dan kalau kepepet bisa disholati diatas makam 4. Jenazah tidak usah dibawa pulang segera dimakamkan di lokasi terdekat agar jenazah tidak menularkan wabahnya dengan syarat harus memberikan kabar kepada keluarganya dimana lokasi pemakaman nya