KERASUKAN? Pengantin Wanita Joget dan Bertingkah Seperti Ratu

Dipublikasikan tanggal 24 Sep 2017
KERASUKAN? Pengantin Wanita Joget dan Bertingkah Seperti Ratu
Bausung adalah salah satu budaya yang unik yang tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan. Bausung diambil dari kata Usung yang bermakna gendong. yaitu Sepasang Pengantin sebelum mereka bersanding dipelaminan ( saat Mempelai pria datang kerumah mempelai wanita ) dilakukanlah bausung ( kedua mempelai digendong/diangkat keatas ) dilakukan oleh dua penari. Diiringi musik, dua penari sambil menggendong kedua mempelai disaksikan oleh para tamu dan undangan yang hadir.
Uniknya tradisi ini tidak lepas dari hal-hal berbau mistis di kalangan masyarakat kalimantan. video di atas adalah salah satu rekaman acara pernikahan di daerah kalimantan tengah. Sebagian besar orang berpendapat bahwa pengantin wanita dirasuki karna bertingkah berlawanan dengan sifat kesehariannya yang pemalu dan tidak mungkin mau menari walaupun disuruh. Bagaimana pendapat kalian? mari berbagi di kolom komentar.

Komentar

  • Pengantin wanitanya asyik banget, joged joged ikuti irama musik. Slam budaya dan sukses selalu buat howrun media

  • Di Nusantara ini masih banyak acara adat yg sengaja maupun tidak sengaja mengundang mahkluk gaib... tari-tarian dengan topeng, riasan/pakaian ratu selalu akan di kelilingi mahkluk gaib.. apalagi saat penari sangat menikmati dan hanyut yg berlebihan dengan irama musik biasanya akan terjadi kerasukan

  • id-tv.org/tv/video-SgoblJTN5AU.html Bagus nih komedi

  • Lucu deh wkwkwkw

  • Adat org hulu sungai lah ne, mun menikah beosong um. Adat kampung mertuaku๐Ÿ˜Š salam dari SAMPIT lah

  • dia kerasukan NYAI RONGGENG MAAF INI KENYATAAN KARNA NYAI RONGGENG SUKA MENARI SEPERTI RATU DAN MENGANGKAT TANGAN DISAAT ADAT LAGU JAWA BERLANGSUNG

  • muzik nya ta wajar

  • Isteri orang menari dgn lelaki lain.. Haha

  • Apany yg kesurupan. Memang di zaman skrg berbagai cara di lakukan supaya bs eksis. Wkwkwk

  • Mantap tariannya bos.. Merah udh padam boss Mantul balik ya

  • hebat sekali

  • jangan lupa berkunjung ke chanel gionrida

  • Kya h ya

  • INIMAH CHANNEL PENCARI SUBSCRIBE WKWKWK

  • Kita beda suku pasti juga beda adat dan istiadat. jangan asal aja ngatain adat sesat

  • Ragam suku dan budaya indonesia (y)

  • K

  • K

  • Kalau baca komennya saya heran. Saya yang bukan orang Banjar saya menghargai dan mendukung sepenuhnya semoga tradisi ini tetap lestari. Ini kok malah menghina, menuduh yang bukan-bukan dengan makian. Buat yang muslim, yang saya tahu perselisihan dan perbedaan itu diselesaikan dengan dialog yang baik dan dilakukan empat mata, bukan memaki dan mengumbar tuduhan di forum terbuka seperti ini. Ingat ya kita diciptakan berbeda itu berkah agar kita saling mengenal. Jadi sikapi perbedaan yang tidak kita ketahui itu sebagai kekayaan bukan perpecahan!

  • Caramenamjambu

  • Bajingan

  • laki saya asli orang banjar,,

  • Itu orang bugis atau makassar,saya bugis segeri

  • Mn kesurupannya ? gk ada yg istimewa dr nih video, hoax supaya jd tenar az nih video gk bermutu buang2 kuota w az ๐Ÿ˜ฌ

  • Org sunda ga ada adat bgtu. Apa lg smpe kerasukn.

  • hadir nyimak durasi aman , ditunggu mampirnya

  • saya suka

  • kemungkinan ada makhluk halusnya yang keganggu yah

  • Aku sih juga pernah lihat di acara pengantin terus disamping panggung nya pas joget ada penampakan kayak ular besar kepalanya wanita tapi cuman aku doang yang liat .posisi ular itu dekat dengan wanita pengantin prianya .aku sih kaget takut cuman aku doang yang nampak namun orang2 sekitar nggak.

  • kenapa ๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•

  • Dua bulan lgi kalo nikahan ga mau ngundang joget jogetan ah. Kaga berpaedah.

  • Joget dengan Musik itu insting, lebih ke talent.

  • 2:08 - 4.11 ada yang tau judul lagu atau musiknya apa ya ?

  • Sialan kerasukan apanya hoax gak sesuai judul tolol

  • Itulah bukti adat .. beda tempat beda adat .. Tapi kita satu bendera kan ... Kamu mera .. Aku putih.. Jadi mera putih .. mana pendukung.y bapa jokowi jangan lupa ya colok no 1

  • 2:32 anak kecinya yg digendong baju abu abu item udh curiga

  • Terima kasih atas video ini HowRun Media. Mungkin informasi berikut berguna untuk anda bila menemukan kejadian serupa - We can and should protect ourselves when exploring or communicating with ghosts, spirits, negative energies, supernatural beings, etc. This mantra can help us expel energies that are harmful too. It is important to protect ourselves always. We can recite this mantra of protection from Tibet 108 times a day: Om Benza Wiki Bitana Soha. Learn more here bit(dot)ly/DSretreat

  • Music nya mantap sekali

  • indahnya indonesia

  • Yang nikah hantu atau orang

  • merinding banget

  • saya sampai gemetar gitu

  • Bagusss gan,,,

  • Hargai adat istiadat orang lain...tanpa pancasila kita gak mungkij seperti ini

  • Ssddef Dieng hanya

  • Baju adat pengantinnya bagus..

  • dimana mana yg nama ny hajatan ratu dan raja sehari tu,kalo tdk kuat pasti kerasukan,

  • salam dari Malaysia๐Ÿ’•

  • adat setiap propinsi itu berbeda jgn saling menghujat dan perolok tinggal tonton aja ce ile susah amat si namanya juga adat istiadat kan beda. ..beda

  • Join subcreabe bos r fi pro

  • AKU takut

  • Ni orng ape???melayu,indon,jawa ke ape???

  • Hti"dngn kalimntan ada kmi.

  • Adat perlu di lestarikan brow...

  • ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • ya emang itukan ratu sahari... hahaha... emang tingkahnya sperti ratu... biasa ajaa wajahnya... enjoy deh enjoy music... menarinya biar dari rohani... bagi saya org yg menari yg gk ada perasaan itu baru kerasukan...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ hahaha...

  • Astaghfirullah

  • Macam mna dia kna rasuk yaa

  • Interesting, di Jawa sering saya jumpai hal serupa tapi untuk di resepsi pernikahan baru kali ini. Kalau deket saya pengen nanya banyak ke kedua mempelai, juga warga sekitar, karena pasti ada cerita yang menarik tentang bagaimana hal ini menjadi biasa di Kalimantan. Sejarahnya gimana dulu, maksud jin yang merasuki apa, dan paling bikin penasaran, jin-nya keluar nggak saat malam pertama. Tapi terlepas dari itu semua, mempelai yang pemalu, jadi bisa menari, ini seni yang luar biasa menurutku.

  • โค๏ธ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ˜

  • adat sama agama beda kalau emang umat Islam Napa bisa kerasukan kan sudah di syahadat....wwww

  • yang nulis itu merupakan adat,.,jadi ya gitu adat seorang pengantin harus menari,.,.,bukannya kerasukan,.,.,

  • semoga samawa rumah tangga kalian,,, amiiiiiiiin yarrobalamiin,,, semoga cucuran airmata ini jd sababiah terkabulnya doaku

  • Kurang sajen

  • Saya Asli Orang Kalimantan, Campuran Suku Banjar dan Dayak Ngaju, menurut sya sih orang kerasukan itu biasa aja,, bisa terjadi dimana saja.. wkwkwkwkwk

  • Pakaian banjar

  • Di Indonesia banyak kena beban psikologis semua nya

  • Yg pasti.. Musik itu identik sama jin.. Mrk suka.. Bangett.. Aplg klo pengantinny.. Lg dlm keadaan kosong fikiranny.. Ya udhh.. Dimasukin sama si jin.. Jd wajar klo kerasukan๐Ÿ˜Š #istighfar

  • Aku baru tau klo ada yg namanya nyi ronggeng Perasaan adanya di sunda

  • Ini lah keragaman adat istiadat lokal Islam Nusantara

  • Aq bisa lihat kok mas mbak... Pengantin kerasukan sesosok wanita yg dulunya sbg penari... Bukan nyai ronggeng ya tp sesosok wnita yg dulunya sblm meninggal dia sebagai penari... Dia cantik rambut terhurai panjang smpai pinggul... Pkai baju warna hijau kebaya atas bawah batik jawa begitulah yg saya lihat

  • setiap daerah punya cara masing'' dan tata cara,sendiri,, alloh menciptakan manusia bersuku suku dn berbangsa bangsa agar kalian saling mengenal' surah ar rum...

  • Hadir bosku..nempel abadi, sukses selalu, ditunggu kunjungan balik nya..rahayu

  • Jaka y parak ikam tu umi ai ku kacank di gulu biar tahu lwan org kalimantan.

  • Ooo di kalimantan kayak gitu ya...... wkwkwk

  • Ya klo bisa ,jngn nysnyi lg tangring Pske lg yg menurut islam, jng yg td itu serem manggil roh

  • woow keren sukses terus ya

  • Sewa Dijual Property Tanah, Rumah, Apartemen, Kantor, Gedung, Ruko, Hotel di Jakarta 08176881555 , WEB: HouseJakarta.com , JakartaMansion.com , ApartmentsJakarta.com

  • Lihat ritual kalimantan selatan selanjutnya yang tidak kalah unik topeng bernyawa "Batopeng" klik link berikut : id-tv.org/tv/video-X46JK_lH4HE.html

  • Kalok nyampek kerasukan gitu malah bahaya dan kasihan pengantin laki-laki sungguh sangat kasihan ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • serem

  • Hiiiiii

  • Sudah pakaian pun macam setan๐ŸŒŸ Mestilah dirasuk setan๐ŸŒŸ Ratu apa jadah pula? semua tu adalah syaitan iblis

    • Jgn mnghina pakaian adat kalimantan ..

  • Ldldjvkvdld ko ko vd no pd HP s no pi.

    • Kd ko kop ckss ko pi c kok kok kok no

  • kita di indonesia, banyak budaya, banyak keragaman, tiap daerah punya budaya masing-masing, jadi jangan saling hina, mari saling memberi semangat dan melengkapi, karna bineka tunggal ika di nusantara kita

  • Di tmpatku mlah nari luwes. Musik berhenti ttp nari.. Akhirnya pak ustad yg ngobatin.

  • Setelah saya nonton video ini di momont terakhir tiba2 layarnya hpnya jadi hitam dan keluar sendiri dari apl youtube,, apa cuma kebetulan yakkk. Salam urang Banjar๐Ÿค—

  • dikampung mana ini lah.. pahuluan kah

  • Halo semuanya! Salam sukses! Yuk kita saling bekerja sama. Subscribe channel saya, lalu tonton, like, dan comment di video terakhir saya. Nanti pasti saya akan membalasnya dengan hal yang sama pada channel dan video kalian semua. Terima kasih semua!

  • Pengantinya serem

  • Adat pelik ?

  • Berikut ini tanda - tanda adanya gangguan jin pada tubuh : 1.Badan lemas, terasa berat, kadang terasa berat atau panas di punggung. 2.Sering pusing atau juga vertigo 3.Susah tidur 4.Emosional, malas ibadah, cenderung maksiat. 5.Lupa rakaat dalam sholat. 6.Sering mimpi buruk, serasa ada yg ikut menemani saat tidur, seakan ada yang mengikuti atau memperhatikan. 7.Sakit tetapi menurut dokter tak ada penyakitnya. 8.Sakit maag yg tak kunjung sembuh bisa karena adanya gangguan jin. 9.Bisa melihat makhluk halus atau juga indigo. 10.Gelisah, was - was.Terkadang ada bisikan di telinga. 11.Terasa seakan ada yg berjalan atau bergerak di bagian tubuh. 12.Sulit jodoh 13. Tak kunjung hamil padahal suami istri normal. 14.Orang yg tidur, mulut tertutup tetapi ada bunyi gigi gemeletuk seakan gigi beradu.Itu tanda adanya jin 15.Suami istri yang sering ribut padahal masalah sepele.Ada rasa benci ke suami atau istri.Bahkan ada rasa ingin cerai 16.Kepribadian ganda. 17.Suka sesama jenis akibat gangguan jin (berdasarkan pengalaman ruqyah) Penyebab masuknya jin ke dalam tubuh bisa karena : 1.Pernah belajar ilmu kanuragan, ilmu dengan amalan bacaan sekian kali untuk khodam atau pernah "diisi" ilmu kebal dsb. 2.Menyimpan pusaka, wafaq, isim atau jimat. 3.Pernah berobat atau datang ke orang pintar lalu di beri sesuatu misalnya rajah untuk disimpan, dipasang di beberapa tempat dalam rumah atau di rajah di badan. 4.Orang tua atau leluhur yg mempunyai kemampuan bathin dapat menyebabkan gangguan jin keturunan atau jin nasab 5.Sihir. Anda membutuhkan ruqyah syar'iyyah? Silakan hubungi 087871285007 atau +62 87871285007.Insyaa Allah, melayani dalam dan luar negeri

  • astaferallahazem

  • Rukiyah aja

  • idih ngeri jangan jangan aku juga ikutan

  • iyak

  • Gk blh nyalakn adat mmg setan ny aj lg pengn mengoda nma ny jg pengantin y bnyk godaan saiton ny

  • mantap

  • Ulun orang Banjar, agama ulun Islam, adat ulun Islam, budaya ulun Islam. Alhamdulillah kdd yg bau bau Hindu.

  • Lebih tinggi adat atau lebih tinggi Islam? Enaknya nyambat "hargai adat", ulun urang banjar, ulun benci adat nyeleneh kayaini, apakah perlu adzab dulu supaya ampih kayainian? kena pas datang adzab hanyar tau rasa, wal 'iyyadzu billah.. Ingat, salah satu alasan kenapa bani Israil dilaknat oleh Allah, itu adalah karena mereka kada bisa mencegah yang buruk dan memerintahkan yang baik, kalau bahasa halusnya tu penderannya "biarkanlah, ini adat orang, kita hargai". Akhirnya adat jadi nomor 1 diatas agama.

    • kl orng yang ngaji dengan sungguh2 pastinya dinya mendahulukan iman dan islamnya drpada adat,karna adat banyak yg bertentangan dengan ajaran islam,kl ada orng yang mendahulukan adat drpd ajaran islam itu perlu di pertanyakan ke islamannnya,karan hidup didunia itu sudah di atur dalam alquran dan hadits. maaf kalo salah koreksi

    • stuju

    • +imas luthfi krisdanti Saya orang Banjar, dan saya tidak anti adat, tapi saya anti terhadap adat yang bertentangan dengan syari'at Islam, meskipun banyak yang melakukannya.

    • Abu Abdurrahman jadi menurutmu agama nomor 1 sampai perlu memaki dan menghina adat orang lain?