KERASUKAN? Pengantin Wanita Joget dan Bertingkah Seperti Ratu

Dipublikasikan tanggal
KERASUKAN? Pengantin Wanita Joget dan Bertingkah Seperti Ratu
Bausung adalah salah satu budaya yang unik yang tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan. Bausung diambil dari kata Usung yang bermakna gendong. yaitu Sepasang Pengantin sebelum mereka bersanding dipelaminan ( saat Mempelai pria datang kerumah mempelai wanita ) dilakukanlah bausung ( kedua mempelai digendong/diangkat keatas ) dilakukan oleh dua penari. Diiringi musik, dua penari sambil menggendong kedua mempelai disaksikan oleh para tamu dan undangan yang hadir.
Uniknya tradisi ini tidak lepas dari hal-hal berbau mistis di kalangan masyarakat kalimantan. video di atas adalah salah satu rekaman acara pernikahan di daerah kalimantan tengah. Sebagian besar orang berpendapat bahwa pengantin wanita dirasuki karna bertingkah berlawanan dengan sifat kesehariannya yang pemalu dan tidak mungkin mau menari walaupun disuruh. Bagaimana pendapat kalian? mari berbagi di kolom komentar.

Komentar

  • Acara mantenan kn sangat melelahkan jd ngebleng . Ksempatan jin masuk

  • Pengantinnya mgkin lagi stres berat itu bos jd krasukan

  • Serem banget ya

  • kok bisa penganten kerasukan mungkin setan setan dan jin akan masuk di dalam tubuhnya mudahan jin itu di ke luarkan dari allah swt

  • Ini kan bukan kesurupan,ini kan emg dari adat Kalimantan kya kaka aku,hargai adat kami

  • kok mengerikan dan menyeramkan sekali sih tapi betul apa kata yang ngoment paling atas tuhh.....

  • Kok bisa ya....di lanjut kunjungan nya

  • Aku juga orang kalimantan

  • Kayak org gila bilang kerasukan lihat lihat udh gk ada

  • Biasa aja

  • Mitos masa tikah lakunya kaya gitu biasa aja nya

  • A

  • Ini orangnya kesurupan yaa

  • Ngeri

  • Kelihatan dari Tatapan mukanya udh gk wajar seperti kerasukan seharusnya sebelum melahirkan harus dikasih Doa(minta izin) dulu dari sesepuh

  • Saya juga pernah liat berulang ulang di kalimantan kaya gitu

  • Judul musiknya apaan ,enak dengernya

  • emmm.. ya cuma bisa lihat dan diam

  • Semoga sembuh

  • Wih... koq bisa gitu ya...?

  • Kalau bagi org kalimantan hal kya gitu udah ngga aneh lg,emang sering kerasukan kalau kurang sesajen.. Aku org banjar asli / kalimantan selatan

  • uda subscribe..subsback yaa

  • Salam dari jawa timur

  • 😱😱😱 kunjungan balik sudah mendarat. Buat yg lain, monggo mampir ke channel saya. Jgn lupa tinggalin jejak biar bisa di kunjung balik 😀 minimal durasi nonton 3 menit biar aman dan permanen..

  • Ih serem banget

  • itu asli

  • Cek description

  • ribet bner....😅😅😅

  • Click here for

  • aku suka adat ini

  • Semangaaat

  • Jd

  • Yu kerasukan nyi ronggeng

  • Kenapa itu serem temu temu goyang sendiri

  • beneran ga ini

  • Kenapa yg kerasukan pasti org miskin & kelas bawah tp kalau penganten org kaya kok tdk pernah kerasukan?

  • Apa selalu begitu

  • kerasukan

  • Whattttttttttteeee

  • Bawa aja ke ustadz Danu

  • Betul betul betul

  • Itu cewekyang kesurupan darimanaya

  • Ini adat daerah kmi wal lh...jdi kda usah menghina..Mun ada yg kda terima kda katuju bahinip ja kda usah bnyk pandir...di daerah lain kmi kda bagaduh jua..jdi kda usah tumbur

  • Kok dibiarin ya kerasukan?

  • Kalimantan... Daerah yg sngat ingin sekali saya kunjungi

  • Ini ada tanda tanda jin pada tubuh

  • Sudah di pdmkn si mrh. Di tgg kmbaliianny kmplit

  • Wow ~~~ Likeeeeeeeeeee ~~~ Good ~👍👍👍sub💖

  • Cantik pengantin perempuannya

  • Yr

  • bacot loe

  • Halo saya urang banjar

  • Musiknya jlan terus...piye too klo kesurupan

  • Subcribe ballik bosku

  • Woow sorry sy d sni bukn meghina tp sy sng ska adt nya

  • Adat goblok

  • kok bisa kesurupan pengantinnya di rukiah ajA jgn lp nonton channel heri linggau dan jgn lp subcriber ya.

  • Lagian kya orang jahiliyah..pake joget2 segla

  • Adat ko kayK gtu juga ...mndingan kan sholawatan

  • Boleh dong minta lagu adat yg pas nari tadi diaplud lg ..saya suka ennak dengernya baang...salam seduluran dari jawa ..

  • Pengantin wanitanya asyik banget, joged joged ikuti irama musik. Slam budaya dan sukses selalu buat howrun media

  • Di Nusantara ini masih banyak acara adat yg sengaja maupun tidak sengaja mengundang mahkluk gaib... tari-tarian dengan topeng, riasan/pakaian ratu selalu akan di kelilingi mahkluk gaib.. apalagi saat penari sangat menikmati dan hanyut yg berlebihan dengan irama musik biasanya akan terjadi kerasukan

  • id-tv.org/tv/video-SgoblJTN5AU.html Bagus nih komedi

  • Lucu deh wkwkwkw

  • Adat org hulu sungai lah ne, mun menikah beosong um. Adat kampung mertuaku😊 salam dari SAMPIT lah

  • dia kerasukan NYAI RONGGENG MAAF INI KENYATAAN KARNA NYAI RONGGENG SUKA MENARI SEPERTI RATU DAN MENGANGKAT TANGAN DISAAT ADAT LAGU JAWA BERLANGSUNG

  • muzik nya ta wajar

  • Isteri orang menari dgn lelaki lain.. Haha

  • Apany yg kesurupan. Memang di zaman skrg berbagai cara di lakukan supaya bs eksis. Wkwkwk

  • Mantap tariannya bos.. Merah udh padam boss Mantul balik ya

  • hebat sekali

  • jangan lupa berkunjung ke chanel gionrida

  • Kya h ya

  • INIMAH CHANNEL PENCARI SUBSCRIBE WKWKWK

  • Kita beda suku pasti juga beda adat dan istiadat. jangan asal aja ngatain adat sesat

  • Ragam suku dan budaya indonesia (y)

  • K

  • K

  • Kalau baca komennya saya heran. Saya yang bukan orang Banjar saya menghargai dan mendukung sepenuhnya semoga tradisi ini tetap lestari. Ini kok malah menghina, menuduh yang bukan-bukan dengan makian. Buat yang muslim, yang saya tahu perselisihan dan perbedaan itu diselesaikan dengan dialog yang baik dan dilakukan empat mata, bukan memaki dan mengumbar tuduhan di forum terbuka seperti ini. Ingat ya kita diciptakan berbeda itu berkah agar kita saling mengenal. Jadi sikapi perbedaan yang tidak kita ketahui itu sebagai kekayaan bukan perpecahan!

  • Caramenamjambu

  • Bajingan

  • laki saya asli orang banjar,,

  • Itu orang bugis atau makassar,saya bugis segeri

  • Mn kesurupannya ? gk ada yg istimewa dr nih video, hoax supaya jd tenar az nih video gk bermutu buang2 kuota w az 😬

  • Org sunda ga ada adat bgtu. Apa lg smpe kerasukn.

  • hadir nyimak durasi aman , ditunggu mampirnya

  • saya suka

  • kemungkinan ada makhluk halusnya yang keganggu yah

  • Aku sih juga pernah lihat di acara pengantin terus disamping panggung nya pas joget ada penampakan kayak ular besar kepalanya wanita tapi cuman aku doang yang liat .posisi ular itu dekat dengan wanita pengantin prianya .aku sih kaget takut cuman aku doang yang nampak namun orang2 sekitar nggak.

  • kenapa 😕😕😕

  • Dua bulan lgi kalo nikahan ga mau ngundang joget jogetan ah. Kaga berpaedah.

  • Joget dengan Musik itu insting, lebih ke talent.

  • 2:08 - 4.11 ada yang tau judul lagu atau musiknya apa ya ?

  • Sialan kerasukan apanya hoax gak sesuai judul tolol

  • Itulah bukti adat .. beda tempat beda adat .. Tapi kita satu bendera kan ... Kamu mera .. Aku putih.. Jadi mera putih .. mana pendukung.y bapa jokowi jangan lupa ya colok no 1

  • 2:32 anak kecinya yg digendong baju abu abu item udh curiga

  • Terima kasih atas video ini HowRun Media. Mungkin informasi berikut berguna untuk anda bila menemukan kejadian serupa - We can and should protect ourselves when exploring or communicating with ghosts, spirits, negative energies, supernatural beings, etc. This mantra can help us expel energies that are harmful too. It is important to protect ourselves always. We can recite this mantra of protection from Tibet 108 times a day: Om Benza Wiki Bitana Soha. Learn more here bit(dot)ly/DSretreat

  • Music nya mantap sekali

  • indahnya indonesia

  • Yang nikah hantu atau orang