Kerusuhan Manokwari : Apa yang sebenarnya terjadi?- BBC News Indonesia

Dipublikasikan tanggal 19 Agu 2019
Massa membakar Gedung DPRD Papua Barat dan sebuah gedung penjualan mobil di Kota Manokwari, Senin (19/08), menyusul unjuk rasa memprotes tindakan kekerasan aparat kepolisian atas demo mahasiswa Papua di sejumlah kota di Jawa dan tempat lainnya.
Di Jalan Yos Sudarso, sekitar pukul 10.00 WIT sebagian massa dilaporkan melakukan pembakaran terhadap gedung agen penjualan mobil.
Sebelumnya, sekelompok orang dilaporkan melakukan pembakaran Gedung DPRD Papua Barat di Manokwari, Senin (19/08) pagi.
Sekitar pukul 19.00 WIB (atau pukul 21.00 WIT), situasi keamanan di Manokwari dilaporkan berangsur kondusif, dan aparat keamanan masih melakukan penjagaan di sejumlah titik.
Sebelumnya, massa pengunjuk rasa di sejumlah titik di Manokwari mulai meninggalkan lokasi unjuk rasa, setelah perwakilan pendemo bertemu Wakil Gubernur Papua Barat dan pejabat keamanan setempat, Senin (19/08) siang.
Saat bertemu pengunjukrasa, menurut Wakil Gubernur Mohamad Lakotani, pihaknya mengutuk keras apa yang disebutnya sebagai dugaan rasisme atas mahasiswa Papua di Jatim.
Dirinya juga mengaku langsung melakukan kontak telepon dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang disebutkan akan berjanji melakukan langkah-langkah sesuai wewenangnya.

Komentar

  • Baku bunuh donk injak tonk pu harga diri sa dapat satu jalan sa potong

  • Jngn d bgun lg ... biar mreka ..g punya fasiliatas g bersyukur ..d jajah ..d merdekakan ... klparan ..d ksih bju..d ksih mknan... skrg ky gni.. pula... .. hrusnya ... bs bersyukur ... sdh bs mkn nasi ..mkn .syuran ...

  • Bakar dan merusak semua bangunan??????lalu mahu membeli gula beras dan keperluan rumah mau cari di mana?di hutan?kenapa merusak kehidupan?

  • Orang papua muda benar marah nya alias muda di hasut..maka nya sekolah yg benar makan yg benar...demo daerah sendiri di hancurkan di bakar..bodoh benar kalian ini..mau di pecah bela oleh orang2 yg tidak bertangung jawab...Seharus nya kita bersatu...uda negara mau di adu domba..umat juga di adu domba...Damaaaai itu lebih nikmat....papua

  • Yang salah siapa ini? Bendera indo dibuang digot tapi kok papua yang marah?

  • Sapa sih Yang ngomong Papua monyet cari aja pak polisi yg provokator yg bilang. Papua monyet sekalian yang provokator di Hukum mati aja

  • Masyarakat yg cerdas adalah yg tdk mudah gampang diprofokator... Lihat dulu permasalahan dan diselesaikan yg salah sesuai hukum yg berlaku.... Sebelumnya ada kabar mahasiswa asal papua yg berdemo dan membuang Bendera merah putih ke selokan...dan bukankah itu jika benar sdh menghina Negara.... Siapapun dan dari suku manapun yg menghina lambamg negara harus ditindak tegas dari suku manapun...dan penindakan atas suku yg bersalah bukan lantas menyalahkan semua suku asal yg bersalah... Namun kami juga menyayangkan perkataan monyet pd suku tertentu...tapi kita harus bijak...kalau memang bukan monyet ngga perlu harus membakar aset publik...dilaporkan saja dan diadili seseorang yg mengujar kebencian dan rasis...kekerasan tdk akan mengahiri permasalahan hanya menambah kericuhan...ingat kemarahan adalah kebodohan.. Indonesia adalah negara hukum...ketertiban akan terbina bila hukum ditegakan dan masyarakat menghormati hukum.. Salam damai dari jawa tengah kami cinta Papua dan cinta suku2 lain semua dari sabang sampai merauke..kita semua bersaudara

  • Kami warga psht siap membantu yang benar dan menangkap yang salaj

  • tetap NKRI pejuangan kita semua indonesia tetap semangt

  • Waspada Bahaya Laten Komunis

  • Wong jowo lali jowo ne ....papua kui sedulure dewe geeesss ojo mbok pandang sebelah mata....ingat papua juga bagian dari NKRI.....salam damai dr wonosobo dieng jawa tengah😎

  • Saling memaafkan kita gk boleh ribut ya ..kita TDK boleh saling menggatakan menghujat kita sesama manusia saling menghormati aja sih .

  • kalo mahasiswa trus di seasramakan maka yang ada mereka merencanakan untuk melawan, seharus nya setarakan sebagai mana mahasiswa lain,

  • NKRI adalah harga mati jadi tlng jangan saling menghina sesama warga Indonesia damai itu indah

  • Papua ya bersalah tapi ada faktor kesengaja an profokasi yang ingin meng obok obok indonisia meng obok obok Papua yang dengan cara manipulasi dengan kelicikan para perusak NKRI penista agama dan bangsa para profokator penghianat bangsa yang terselubung dan tersembunyi yang pastinya diera ini era para munafik para dedengkot dedengkot pembohong yang banyak merusak tatanan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara....🙏salam akal sehat...👉💯🇮🇩 NKRI harga mati Papua pribumi Papua anak bangsa pribumi Indonesia Papua bukan musuh Papua bukan orang luar bukan orang asing tapi Papua anak bangsa pribumi Indonesia.......

  • Kulihat ibu pertiwi Sedang bersusah hati Air matanya berlinang Mas intannya terkenang Hutan gunung sawah lautan Simpanan kekayaan Kini ibu sedang lara Merintih dan berdo OH INDONESIAKU DAMAILAH !!! NEGARA LAIN SIBUK BERSATU UNTUK MEMAJUKAN NEGARANYA EHH INDONESIA MASIH SIBUK RIBUT ANTAR SAUDARA :( SALAM SAYA DARI JOGJAKARTA

  • indonesia perang,,, aceh mardeka 👍👍👍

  • Org Jawa arogan,Bkn hnya di Jatim terjd distriminasi buat org Papua, di Jakarta aj ad cewe katain org Papua bau dan monyet gtu,trus org Papua Hajar tu cewe Jawa ditonjok. Rasain tu,

    • Mantap tidak memandang jenis kelamin wkwk

  • Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan amin 🙏👍

  • Ada oknum yg memprovokasi..

  • id-tv.org/tv/video-je0DSDYuEj0.html

  • #savepapua

  • PAPUA MANTAP BETUL SALAM DARI SURABAYA

  • Seharusnya kita melakukan pendekatan khusus kepada masyarakat papua (bukan berarti mereka tidak NKRI) lewat pendidikan seperti halnya (pelajaran Pendidikan Moral Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dll), artinya kita harus memperhatikan masyarakat Papua serta pemerataan SDM, pendidikan, infrastruktur, teknologi, dll #kitaindonesia #bersatu #lovepapua

  • Papua kita satu bangsa jgn ter pancing oknom yg akan mecah ......bella kesatuan kita

  • ada referensi video rasisnya gak bray? pengen nonton..

  • Pelaku perusakan dan pendukung pembakaran di papua harus dipenjara....dihukum 50 tahun penjara pulau Nusa Kambangan, pemimpinnya dihukum mati aja karena teroris meneror membakar rumah dan harta warga.

  • Saya orang asli malaysia..kenapa harus begitu.lgi satu orang jawa jgn menganggap papua itu monyet.mereka juga sama seperti yg lain.moga aman

  • wiranto jg hrs di usut kasus tragedi 98. bongkar smpe di hukum mati

    • Nah ininii orang kyk gini yg bikin rusuh...

    • @Anna Bantul Nyambung emangnya listrik

    • @Zainur Nur km ini komen kok ga nyambung.

    • Jgn sok kowar2 di somet Ketangkep kyk tikus kecemplung got.. Ini grombolan kampret2 yg kalah nyalek nyampres bikin onar disurabaya... Hedehhhh memalukan prettt

  • Kekwatiran paska pemilu akhirnya terjadi. Situasi Indonesia yang terlihat adem di luar tapi di dalam sebenarnya masih panas. Sedih rasanya 😭😭😭😭 ada pihak yang mampu memanfaatkan situasi hati masyarakat Indonesia, masih banyak yang belum terima hasil pemilu dan kondisi masyarakat Papua yang seperti gunung merapi karena doktrin OPM masih meraja lela dengan isu ketidak adilan. Kita harusnya jangan mudah terprovokasi. Saudara papua ku jangan selalu merasa di anak tirikan. Ketidak merataan pembangunan bukan hanya milik papua. Jawa aja masih banyak yang berstatus miskin dan daerah tertinggal. Jangan silau dengan pemberitaan media tentang perkembangan di jawa, lihat sumatera, kalimantan dan sulawesi juga sama belum bisa di bilang maju dan menikmati pembangunan. Jika alasan emas di tanah papua di geruk, lihat di sumatera hutan kami di tebang sampai orang utan, harimau dan gajah sumatera hampir punah, minyak kami juga di keruk, kemudian lihat kalimantan nasibnya sama dengan sumatera. Kekayaan itu bukan di berikan ke jawa tapi untuk kita semua dari sabang sampai merauke. Kalian lebih beruntung masih di kasi otsu beserta saudara ku di aceh, pertanyakan itu pada wakil rakyat di daerah masing masing yang konon katanya 60 triliun. Kemana mereka menggunakan dana tersebut karena itu kewenangan daerah dalam pengelolaannya. Kami tidak cemburu akan hal itu karena kami sayang papua sebagai bagian NKRI, sebagai saudara kami tidak marah jika papau di beri perlakuan khusus. Ibarat orang tua dengan anak, dari seluruh jumlah provinsi Indonesia yang harusnya diperlakukan sama kami ikhlas hanya papua dan aceh dikasi otsu apa itu masih belum bisa menjadi bukti rasa cinta kami terhadap papua sebagai bagian dari NKRI. Tolonglah jangan mau di adu domba lagi...kita ini Indonesia.

  • Sudah ada hukum, jangan sok jagoan. Dan jangan merasa paling benar! Pemerintah membangun papua susah payah, tapi kadang kalian bilang papua tidak diperhatikan. Nyatanya kalian yang merusak fasilitas umum! Ada bukti ada juga hukum yang berlaku! Jangan arogan, ingat indonesia bukan cuma ada orang papua! Masih banyak lainnya, dan tolong anda hargai itu bagaimana rasanya bendera pusaka yang diperjuangkan dengan jiwa raga hingga menghilangkan beribu ribu nyawa demi sebuah kemerdekaan tapi kalian rendahkan dibuang ke selokan seakan akan kalian merasa kalian hidup, kalian mencari makan, kalian tinggal, kalian dan kalian besar di tanah negeri orang lain! Kalian bilang bawasannya kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tapi menurrut kalian ini masa penjajahan? Kalian sudah merdeka, dari sabang sampai merauke sudah merdeka. Kalau pembangunan tertinggal tanyakan pemerintah daerah kalian. Bukan menyalahkan negeri ini. Saya berteman baik dgn orang papua, tetapi sifatnya tidak arogan dan cinta tanah air indonesia! Hormat pada sang merah putih. Bukan hormat kepada bendera lain!

  • Pak wiranto suruh kepapua biar menyelesaikan, itu gubernur papua ko malah membikiin panas situasi, emang orang jawa mukulin semua tanpa terkecuali. Didak srmua orang jawa begitu loh. Pakelah otak dingin dan cerdas jangan nyalahin orang jawa. Kemungkinan hanya segelintir orang jawa yg pas kerusuhan. Di dejat runah sy ada orang papua enak, dame, masarakat sekelilingnya baik" saja.

  • pedagang keliling: berusaha jualan buat nafkah grup grup rusuh: hehe

  • Congratulation Indonesia yg membiarkan bibit rasisme tumbuh masyarakat melalui ormas2 gak jelas... bahkan menghalalkan rasisme sebagai senjata politik. Sekarang kita tuai hasilnya. Rasisme harus dibuang bukan dipelihara. #NKRIHARGAMATI #WELOVEYOUPAPUA #SAVEPAPUA Salam damai dari kami orang Jakarta!

  • Tp ngerusak Barang pribadi orang jg gak bagus pace ,,, kasihan yg dagang , pake modal mereka

  • Habiskan Perusuh negara pk polri

  • BBC media asing asal Inggris Negara yg diam2 dukung Benny Wenda Pemimpin separatis Papua, Boikot UK🖕

  • mulutmu harimaumu

  • SAVE NKRI . Indonesia mau di pecah belah , dengan segelintir orang2 yg tidak bertanggung jawab ada yg mnunggangi hal ini , termasuk salah satunya veronica koman yg sudah di tetapkan kapolri sebagai tersangka , wahai sodara kami rakyat papua jangan mau kalian di adu domba , dengan intelejen asing yg ingin memecah belah persatuan Indonesia, khususnya papua yg sengaja di buat memanas sehingga rusuh dan pecah yg mengakibatkan kalian merugi sendiri karena memang tidak bisa dibpungkiri Tanah papua mungkin memang sedang di incar oleh pihak asing karena ada kekayaan yg luar biasa di tanah kalian . jangan mau di peralat mreka sehingga kalian terapecah belah wahai sodaraku , adapun aktor/ dalang penghianat indonesia yg melacurkan dirinya untuk kepentingan perutnya sendiri bukan untuk kepentingan Rakyat papua itu sendiri, wahai sodara kami rakyat papua , sadarlah kalian kalau kalian sedang di peralat dan di adu domba semoga Allah SWT selalu melindungi Indonesia tercinta NKRI Harga Mati Amin

  • Dalam hal ini yong lex lah yg paling benar bodo amat

  • Hadeh... Mulut mulut... Imbasnya jadi bgini

    • Makanya kalo ngatain tuh di pikir2 dulu wkwk🤣🤣🤣

  • Gara oknum yg berpakaian ormas tuh yg mulut nya ga di sekolahin ,, jdi berbuntut panjang..

  • Yg pkek sorban di blkang wiranto itu siapa...

  • Jayalah Papua Merdekalah....semoga rakyat papua sejahtera....hasil tambang emas dikeruk tanpa ada belas kasih pada warga papua

  • Papua cuma masalah begitu kau kayak gitu ingat sabar kalau ada masalah ya pasti di penjara mana mungkin orang di depan dia langsung di penjara

  • Paling yang ngomong monyet itu banser.yang soso paling NKRI

  • mnerima ke pergian yg udah2 aj sedih...mw pisah lagi meninggal kan NKRI. . sbagai rakyat Indonesia Merasa terpukul dgn kenyataan bangsa skrg ini,ud kaya bocah demen bgd ad masalah pasti ribut bwa2 masaa, buat org yg pendidikan juga mulut nya jaga!!!!...why demen bangsa pecahbelah? I love Papua tahan emosional.. sesama saudara sebangsa jgn terprovokasi demi NKRI HARGA MATI papuasurabaya. MERDEKAA ☕🇲🇨

  • Tangkap hukum mati orang nya, jangan demo masa kaya gitu. Bom aja Semu selesai. Biar tau rasa

  • Setiap ada kerusuhan didalam negeri kenapa mentri dalam negeri gak pernah nongol ? Apa gak ada gunanya dia? Atau cuma pajangan doang

  • Perjuangkanlah apa yg menjasi hak hak kalian

  • Cmnn beberapa oknum yg mengatakan rasis itu suadara ku...jgn pukul rata semua org jawa yg mengatakan rasis tersebut...

  • Kalau nama dari sabang sampai marauke itu hilang bearti..... ????

  • Pliss indonesia dan papua damai yah kita sama ayo damai😞😢😭😭🙏🙏

  • Inti nya mah ada dalang" yg bersembunyi membikin rusak negara sndri,, tolong BIN bergerak amanin org" yg ingin merusak dan memecah bela negara sendiri,, kl ke tangkap penjara'in seumur hidup sampe mati biar gk rusak atau berak di negara Indonesia.

  • alay cok

  • Saling hormat menghormati baik di daerah sendiri atau daerah orang lain Pingin di hormati ya menghormati jaga selalu budaya adat istiadat masing-masing

  • Apa sih prestasi orang papua .tdk ada prestasinya usir saja papua dri kampus2 sudah sekolahnya numpang gyu belagu

  • Sukarno..?? Tenangkah tidur panjangmu?🙏

  • Tangkap semua provokator di Jawa Timur yang melecehkan Saudara-saudara kita dari Papua ... Tetapi bila Saudara-saudara kita dari Papua ada yang bersalah dalam kejadian di Jawa Timur, ya harus dihukum sesuai undang-undang yang berlaku ... Salam NKRI ...

  • mungkin kl kita jd org papua, lihat sodaranya jd polisi/tni kita akan malu. dan itu insting yg bagushaha lihat polhukamnya aj kita malu kan sbg bangsa. pslagi presdenny malumaluinn.