Kerusuhan Manokwari : Apa yang sebenarnya terjadi?- BBC News Indonesia

Dipublikasikan tanggal 19 Agu 2019
Massa membakar Gedung DPRD Papua Barat dan sebuah gedung penjualan mobil di Kota Manokwari, Senin (19/08), menyusul unjuk rasa memprotes tindakan kekerasan aparat kepolisian atas demo mahasiswa Papua di sejumlah kota di Jawa dan tempat lainnya.
Di Jalan Yos Sudarso, sekitar pukul 10.00 WIT sebagian massa dilaporkan melakukan pembakaran terhadap gedung agen penjualan mobil.
Sebelumnya, sekelompok orang dilaporkan melakukan pembakaran Gedung DPRD Papua Barat di Manokwari, Senin (19/08) pagi.
Sekitar pukul 19.00 WIB (atau pukul 21.00 WIT), situasi keamanan di Manokwari dilaporkan berangsur kondusif, dan aparat keamanan masih melakukan penjagaan di sejumlah titik.
Sebelumnya, massa pengunjuk rasa di sejumlah titik di Manokwari mulai meninggalkan lokasi unjuk rasa, setelah perwakilan pendemo bertemu Wakil Gubernur Papua Barat dan pejabat keamanan setempat, Senin (19/08) siang.
Saat bertemu pengunjukrasa, menurut Wakil Gubernur Mohamad Lakotani, pihaknya mengutuk keras apa yang disebutnya sebagai dugaan rasisme atas mahasiswa Papua di Jatim.
Dirinya juga mengaku langsung melakukan kontak telepon dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang disebutkan akan berjanji melakukan langkah-langkah sesuai wewenangnya.

Komentar

  • Kami NTT sayang PAPUA. NTT dan PAPUA kaka Ade.❤️😍 Kita semua ciptaan TUHAN.😇

  • Satu bom Papua lenyap .jngan ambil sikap ggabah .. hargai pak Jokowi atas knerja ny untuk papua ..

  • Itu msah kmu . Bkn berarti km rusak .jerih payah pak Jokowi. Klo km ngera terhina olh gubernur surabaya km tnggal dtng k kota Surabaya.jngan mah km rusak rmh km sendiri. Gblok mmg sku Papua

  • Emang mahasiswa papua sifatnya kaya monyet malah seperti anjink...makanya tong hidup merantau itu harus sopan.

  • SAVE PAPUA sebenernya papua itu indah lho, saya sebagai orang jawa smpet kagum juga dengan papua ini video singkat indahnya jayapura id-tv.org/tv/video-48xL1s9zVrU.html

  • Winranto ialah

  • Feedom for papua !!!😊

  • Transmigrasi, asal jawa timur di ab kampar Riau, ini sgt individual Dan arogan dgn menyebarkan ancaman Dan provokasi kpd penduduk setempat. Pintar plenter msalah Dan merasa kebal hukum tinggl tunggu waktu meletus nya, saat ini ramai

  • Burn all buildings It's all made in java

  • Harus bakar

  • Apasih masarakat kita kek bocah bocah aja kalo masi rasis ama saudara sendiri mah itu masi belum merdeka namanya,apanya yg bersatu kalo ama saudara kita di papua aja masi rasis

  • jancok indo, masalah Ham itu ngak bisa selesai dengan minta maaf

  • Awalnya Bendera kebangsaan kau buang ke selokan apakah itu bukan penghinaan hai saudaraku... Jd jgn ko.mau menang sendiri dsr otakmu gak encer.

  • Mahasiswa Papua bodok.. Kong kenapa dank yg pendatang selain orang malang, seperti orang Bugis yg sudah membangun perekonomian Papua juga kamu usir n kamu bakar harta mereka.. bodok memang kalian bagi orang Papua yg memberontak. Kalian bukan demo, tapi kalian OPM. Wajib ditembak mati

  • Pulangkan aja..dimana2..bikin kisruh..

  • Kenapa kalian membalas dendam pada orang yg tidak salah.kalian mahasiswa seharus y berpikir y baik.

  • Berani kah orang papua ke tanah jawa ? Kalo berani saya ajukan 1000 jempol !!!

  • PAPUAEXIT dan BALIEXIT Rupiah sudah hancur. mrk mau mata uang sendiri yg bisa hidup.

  • Kami diujung barat aceh juga pernah berjuang, dan kami konsisten atas apa yg kami harapkan yaitu Syariat Islam dan Otonom, kami bertahap memajukan ekonomi dan satu hal yg saya sarankan, jgn berharap dr pusat yaitu jakarta karna mereka saja makan hidup dr pajak kita yg dari pulau lain, jd saya hanya sarankan jgn berharap bnyak dr pusat

  • Rarasaan loba nu demo wae jaman pemerintahan pak jokowi

  • orang bodoh yg mengatakan orang papua monyet,ORANG PAPUA ITU KALAU BILANG MERAH PUTIH SAMPAI PUTIH TULANG,WALAU MEREKA WARGA BIASA.MEREKA PUNYA RASA PERSAUDARAAN YG TINGGI.

  • Kami di kampung Inggris Pare ada berbagai etnis aman aman saja.

  • Kalian sedang di adu domba.. sadarlah sodaraku seluruh indonesia khususnya papua.. jangan mudah terprovokasi dan termakan isu/hoax!! Pastikan kebenarannya dulu baru bertindak.. jangan cuma ikut-ikutan dan akhirnya kalian sendiri yang rugi? Marilah kita belajar sejarah kenapa kita bisa di jajah begitu lamanya 3,5 abad oleh belanda.. karena persatuan kita kurang dan mudah di adu domba!!

  • Saya hanya bisa berdoa damailah saudaraku , Tuhan mengasihi bangsa Indonesia Gbu all

  • Kalian itu di hasut ...mosok kagak paham paham juga

  • MANUSIA KAU SIRAM BENSIN DAN BAKAR... BIADAB!!!... LEBIH PARAH KAU DARI BINATANG!!!

  • ini wakil gubernur papua barat malah pidato provokasi gitu... bukannya minta demonstran tenang... malah nambain provokasi... make topi juga dibalik... yg bener ajaaaaaa. aparat pemerintah mana ada pake topi terbalik gitu... itu topi untuk diarahkan KEDEPAN... bbukan dibuat utk diarahkan kebelakang... wadahhhhhhh

  • Salut buat ibu Khofifah . . 🙏👍

  • Dmn negara yg katanya pny pasukan bhayangkara dan tentara?? Dmn para grombolan cecunguk2 pembela pancasila dan siap bela negara ??? Dmn para cecunguk2 yg suka koar2 kesetanan nkri harga mati???

  • Ya Allah apa yg trjadi dg indonesia .brilah prtolonganmu ya Allahh

  • stop hoak tidak ada yang bilang monyet kami cinta papua...tinggal pasang aja bendera merah putih bang pasti aman

  • Ya salahnya sendiri sudah sekolah di negeri orang malah jd perusuh dngn kebar bendera bintang kejora penghianat terang2ngan untung sj di bilang monyet drpda di celakain...ini kafir blagu sudah barbar di jogja juga bgtu....???anehnya kok gampang kroni rezim minta maaf sm orang barbar itu jls tdk tau diri malah makin bantai di wamena...saatnya tumpas yg barbar sadis penhianat biang kerusakan untuk apalagi katanya nkri harga mati.....????

  • OK lah klo dihina mengerti,tpi....merusak bendera negara?

  • Tdk ada yg bilang monyet bang,, qt cinta papua..itu profokator. Ayo qt sldiki bersma duduk bersama

  • Lah trus kluarga yg di bantai di papua gimane..

  • Wow kaget saya

  • Saya pernah di bilang an*#*g sama orang kesel..apakah itu termasuk rasis??

  • Babi Hutan itu klo di ganggu marah balas dendam bisa Merusak menghancurkan smpe membunuh. Babi itu haram di makan bagi org Islam.

  • Sy pikir mahasiswa Papua dan oknum yg berkata monyet tidak menyangka akibat terjadi kerusuhan spt ini. Fakta spt ini mengejutkan sy juga. Sekarang mari kita meningkatkan kesabaran dlm perjuangan jaga NKRI. Sy salut gubernur Jatim dan gubenur Papua rukun tidak tergoda oleh syetan karena kebersihan hati gubenur gubenur tsb. Sy berharap kepada Tuhan membimbing mahasiswa dari Merauke sampai Papua dlm memperjuangkan kemanusiaan dapat mengendalikan diri sehingga tak menimbulkan kerusuhan yang akan mengaburkan kemanusiaan yang mau diangkat.

  • Mantap eja bubar aja kami aceh nyusul kalian.

  • Woooooooooiiii....... tingkah lakumu ....kloo maraaah persiss emang kayak binatang... Nguuuuuuk nguuuuuuuu Nguuuuuk yg klo marah tingkahmu persis sama dg bintang itu rasa kemanusiaannya udah hilang yaitu berubah kayak nguuuuuuuuuuiuk yg bisanya merusak.... Coba klo memprerbaiki atau membuat bangunan Preeeeeeeee tai mencret a klo bisa ,,, kamu klo merasa gk bisa apa2 ya jangan merusak ,,,opm kamu ituu bisamu hanya marah 2,,,makan2,,,mabok2..malak2 orang2 truus, berak22sak bakul ,ya itu aja bisa apa kamu ???ya tahu dirilah jaga ngaca kayak apa seh udah kayak binatang yg bauuuk lebuusss busuk apek gk tau diri ngrusak2,bakar2 ,malak2 huhhh......... Harus tahu diri ya,???? Ngaca ya !!!!!dulu klo marah2...hhhhhhhhhhhhhhhhhhhjjjingkwkewkwkekwkwkwkwke

  • SAUDARAKU SULAWESI, MALUKU DAN PAPUA (S.M.P) MARI BERSATU JANGAN TERPROVOKASI ADU DOMBA DIANTARA KITA, INGAT SAUDARAKU SUKU BANGSA S.M.P INI TERKESAN SENGAJA DIBUAT AGAR KITA JADI LEMAH KARENA SALING BUNUH, KITA JANGAN MAU DIBODOHI, DIPROVOKASI.

  • kalau kata kata tidak bisa membuat mereka sadar..maka gunakanlah senjata atau dengan bahasa yg lebih tegas lagi

  • BANYAK PROPOKASI TERHADAP SAUDARA KITA SUKU PAPUA & MANOK WARI serta SUKU yang lain-nya.AGAR SEMUA SUKU di N.K.R.I SALING PECAH BELAH.

  • Rasis dijadikan kabing hitam untuk anarkis...

  • Ayo bangkit Papua persiapan kan senjatamu

  • Mulutmu adalah harimaumu,jgn sekali kali berucap yg menyinggung perasaan org lain

  • Di bikin simpel aja. Klo ga merasa ya ga perlu marah slow aja gitu..klo marah ya berarti memang demikian..(think) Ga begitu cara jika ingin di segani di hormati dan di perhatikan yg ada justru ada malah sebaliknya. Sadarlah..ini akal akalan pihak asing montir montirnya org asli pribumi. Semakin beringas kalian akan semakin di jauhkan, Semakin bebas kalian akan semakin mudah pihak asing menikmati hasil kekayaan tanah subur di sana. Jangan mau kalian di adu domba atas nama ras. Berat rasanya jika membandingkan soal ras. Contoh halnnya anatomi tubuh manusia. Byangkan jika negara ini adalah tubuh manusia jika di beberapa bagian tidak berfungsi dengan baik apa yg akan terjadi?? (think) begitulah metode serangan saat ini pihak asing menjajah negri ini dengan cara mengadu domba dengan alasan apapun soal harga diri. (Episodenya Fitnah Dajjal) Maka dari itu jagalah bumi pertiwi indonesia ini bersama dengan mengedepankan NKRI.

  • Hidup 2 periode. Makin aman y. Hebaaatttt

  • Askapolis penakot

  • Ini sebenarnya salah paham.. mahasiswa Papua yg di Surabaya itu bukan di tahan tapi di aman kan.. karna di TKP tdak kondusif.. kita ini satu bangsa satu negara..

  • sebenarnya kita ini monyet,ada monyet hitam dan ada monyet putih,jadi yg bicara orang papua monyet dia juga monyet,lah monyet teriak monyet .

  • Kalian mintanua merdeka goblok..gmna g di tahan.. Merah putih ndak di kibarkn,di robek bahkan di buang ke selokan.. Kata2 monyet itu spontanitas saja.. Klo kalian lagi marah pasti ngomongnya jelek2

  • Mumet endass ku.. Turu😴😴 waelah... Bobok.. Ganteng

  • ada udang dibalik batu semua gara2 politik tanpa politik indonesia aman sejahtera wahai para penguasa n para penjajah nkri dunia mu tak kau bawak mati dunia akan kiamat jd pakai lah hati mu untuk kedamaian di dunia ini

  • Kirim kan banser ke papua mana banser 🤭🤭🤭

  • Gara2 sikap tdak adil kelompok pendatang kpd puak papua..sebelum buat sesuatu,pikirin dulu..jgn beza bezakn puak papua..harus tukarin nkri harga mati sama harus mati.goblok

  • Andai di jawa rusuh nya😂😂ilmu santet bakal muncul lagi😚😚

  • Nyet

  • Negara yg tidak bisa memberi contoh kebaikan jangan brharap bangsa seprti itu untuk baik,,, semua trjadi karna kegagalan pemerintah,,,