Kiamat Jakarta Sudah Dekat | Buka Mata

Dipublikasikan tanggal 22 Sep 2021
Penurunan muka tanah di Ibu Kota terus terjadi setiap tahun. Penyebabnya, bukan hanya naiknya permukaan air laut.

Namun lebih dari itu, akses air bersih yang tak mampu dipenuhi, membuat banyak penduduk kemudian mengeksploitasi air tanah untuk bertahan hidup.

Jakarta, adalah satu di antara kota lain di banyak tempat di dunia yang paling cepat tenggelam. Prediksi ini bahkan terlontar dalam pidato Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Biden bilang, Jakarta diprediksi tenggelam 10 tahun lagi.

Sementara, para peneliti dan para ahli memprediksi bahwa sebagian wilayah Jakarta akan tenggelam pada 2050. Bibir pantai diprediksi akan berada di dekat Istana Negara.

Masalah kian rumit ketika pemerintah sibuk membangun tanggul, tapi lupa bahwa problem terbesar penurunan muka tanah bersumber dari eksploitasi air tanah secara berlebihan yang terjadi di hampir semua wilayah ibu kota.

Jika tak ada solusi yang terukur, prediksi Jakarta tenggelam, bukan tak mungkin menjadi kenyataan. Untuk memahami apa yang terjadi beberapa dekade lagi di Jakarta, tonton video ini.



(Narasi)

Tonton juga Buka Mata eps. [Kiamat Jakarta Sudah Dekat] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link bit.ly/2ZkETAW

Subscribe Newsletter Newsroom untuk update informasi terkini dari Narasi juga ya. Klik link bit.ly/newsletter_newsroom

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share video ini.

Tonton konten video-video lainnya di www.narasi.tv

Follow:
instagram.com/narasi.tv
facebook.com/narasi.tv
twitter.com/narasitv

Konten video dan ID-tv Channel ini adalah bagian dari Narasi.

Komentar

  • Tonton juga Buka Mata eps. [Kiamat Jakarta Sudah Dekat] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link bit.ly/3u10WYq

    • Terima kasih untuk mengingatkan orang Jakarta jangan seperti katak dalam wajan yang dipanaskan pelan pelan

    • percuma buka mata, emang di kira gw buta, solusi yang terpenting .. kemana ke pindah, atau dana di alihkan kemana ke biar menguntungkan.

    • Inilah 10 Tanda-tanda Kiamat Besar. id-tv.org/tv/video-x18NQWuvT8g.html

    • @hendry lee Hore saya dapat penderitaannya ..

    • katanya sih hoax๐Ÿ˜

  • Jangan khawatir...yg noh jga gk mikir...mikirnya gmna caranya lolos dari KPK dan buat Formula E

  • Loh jakarta bukannya kek singaporee ๐Ÿ˜‚

  • Mengerikan

  • Bisa jadi tengcelamnya kota Jakarta dlm jangka waktu dekat...Karena kota Jakarta sudaah terlalu sarat beban.Parahnya penfijisan dan abrasi pantai,pe ghrasan air tqnah ygtak kunjung terhentai.Menderita provinsi Jawa Barat itu.

  • Selamat kan negeri kita dgn zikrullah(laa ilaa ha illallah)

  • ALHAMDULILAH

  • Krn kdd pohon kh atau krn kebanyakan di bangun gedung kh jkt sehingga tanah nya mulai tenggelam

  • tokyo bisa menghentikan eksploitasi air tanah dan mampu menyediakan kebutuhan air warganya gmn caranya?

  • berharap sama gubernur DKI yg naik jadi presiden, katanya lebih mudah mengatasi banjir kalo jadi presiden

  • Lah makanya harus dipindah ibukotanya, Karena ini sudah terlanjur rusak. Beda lagi klo masih perkiraan dan masih bisa dicegah ๐Ÿ˜…

  • wilayah jakarta utara wajib di relokasi...area situ area hijau dan membuat peraturan tidak boleh ambil air tanah...dengan syarat pemerintah menyediakan air bersih...

  • Hanya tuhan yang maha kuasa yang bisa malakukannya.

  • Kok nyalahin orde baru sik, salah kita semua ngapain pd ngumpul di jkt semua

  • Salam hadir bang

  • Tokyo mah negara maju. Jangan di bandingkan. Teknologinya aja jauh. Kita masih banyak masyarakat miskin. PAM kan ga gratis

  • Trend yg jarang terpublikasi

  • Bedsnya ama demak ? Terkadang merasa takutttt

  • Semua itu garaยฒ suharto Indonesia ancur khususnya jakarta

  • Harus jadi lahan hijau lagi,pinggiran kota ditanami mangrove

  • Lalu mau apa kalau alam demikian? Siapkan saja diri untuk belajar berenang biar TDK ada yg kelelep air

  • Video seperti sebagai warning buat kita semua, tetapi yg menjadi pertanyaan nya sejauh apa yg sudah pemerintah daerah lakukan jikalau sewaktu waktu hal itu terjadi. Jangan hanya survey, uji lingkungan dsb tetapi mesti harus ada solusinya setidaknya menambah jangka panjang hal itu terjadi. Masalah penggunaan air tanah aja yg d jadikan sorotan, coba jikalau pemerintah mempermudah air pam dengan harga yg murah pasti bnyak yg pasang terutama d daerah yg menjadi point bahaya, dan padat pemukiman

  • Semoga selalu diberikan kemudahan dalam menjalani aktivitas nya,,๐Ÿ™๐Ÿ™

  • luas lahan jakarta ini sudah tak lagi cukup menampung manusia nya yang terus membengkak ... tiap tahun dari sabang sampai merauke orang2 pada kesini mengadu nasib . .. memang nya tanah ikutan beranak apa ??? bangun kota2 besar seperti ibu kota di pulau2 besar negeri ini - sumatera - kalimantan - sulawesi - papua

  • Maaf masih belum bisa hadir, lagi sibuk meladeni PENJAJAH NUSA DAN BANGSA (INVESTOR BANYAK UANG TETAPI TAKUT RUGI MAUNYA GENDUT SELAMANYA PARA PELAYANAN HUTANG JANGKA PENDEK ITU)๐Ÿ˜€๐Ÿคจ๐Ÿค”, JANGAN LUPA BANYAK-BANYAK BERDOA KEPADANYA. UANG BERASAL DARI JERIH PAYAH MENGHASIL HASIL ALAM (KAYU dan LOGAM).

  • optimis aja... apapun yang terjadi selalu akan ada hikmah yang bisa didapat, saya percaya JAKARTA BISA MENJADI SEPERTI VENESIA, MENJADI KOTA AIR, YANG TERKENAL DI MASA DEPAN, OPTIMIS SAJA

    • Ini tidak seperti yang kau pikirkan, ini berbeda ๐Ÿ˜”

  • Astaghfirullohaladzim mudah mudahan Allah melindungi semuanya istiati pwk jabar

  • Air PDAM saja๐Ÿ˜€. Tapi ya gitu bayarnya hehe. Di sini didesaku juga pakai air PDAM soalnya nggak ada sumberan air. Ya maklum lah hehe. Kalau didesa juga banyak pakai air tanah kan seimbang ada penghijauannya, masih ada pepohonan gedeยฒ. Dibelakang rumahku saja juga masih banyak pohon jati dll. Maklum ya didesa soalnya, tapi udara nya masih sejuk dekat sawah pula. Bebas polusi๐Ÿ˜‚

  • Kumuh bet

  • Bagaimana dgn ibu kota baru nanti?

  • Kaya Indonesia terlalu sibuk ke pembangunan, penggalian, jadi tuh lahanยฒ hutan pada di tebang, and mending reboisasi, setiap warga di wajibkan menanam pepohonan di sekitar, manfaatnya banyak, tapi dampak negatifnya juga ada, manfaat seperti air jd jernih, asri, trus nyegah banjir, kalo dampak buruknya,banyak pohon jatuh bisa membahayakan keselamatan juga. Kurangin transportasi kaya lebih baik jalan kaki, atau menggunakan sepeda, halte, trotoar untuk jalan, dan tempat menyebrang. Itu di banyakan. Tatatertib pembuangan sampah kurang, msh bnyk yg buang smph ke sungai/kali jd banjir juga sih.

  • Awalnya nonton seperti penjelasan ilmiah tapi kok terasa muatan PKI nya lama2

  • Kampung apung tempat tinggal saya ๐Ÿ˜‚

  • Cuma Allah yang tau kapan kiamat

  • Orang tua dulu juga dah cerita bahwa jakarta bakal tenggelam jadi lautan tapi gak tau kapan ..,

  • Alhamdulillah, udah pindah ke Cileungsi

  • Lambat laun Jawa akan tenggelam

  • Jakarta banyak bangunan gedung tinggi yg banyak bobot bebanya.. Udah pantas jika tenggelam

  • jangan kawatir kan ada gub p anis ya yg punya sunatullah ya ?????

  • Kasihan jakartaaa... Kalo bang anis segera bergerak seperti yg lama pasti sdh ada solusii... Malah bikin formula E ealahh e e e e e

  • Tenang bentar lagi sampe istana,pasti ada aksi nyata ....

  • Jangankan. Jakarta... Dunia. Pun. Akan. Tenggelam. Jika. Kiamat.... Buka. Matalah. Sekarang... Apa. Yg. Terjadi. Di. Dunia... Musibah. Di. Semua. Negara......... Intinya.... Jangan. Lah. Berbuat. Kezhaliman. Terhadap. Sesama. Hak. Hidup. Manusia...... Di. Bumi. Ini... Jika. Tdk. IngIn. Mengundang. Kemarahan. Sang. Pencipta. ALLAAH. AZZAA WAJJALLAA....... KARENA. SETIAP. MAHLUK. PUNYA. HAK. HIDUP. DI. BUMI. INI.....

  • Mana. Pernyataan. Biden..... ?????? Apa. Urusannya. America. Mencampuri urusan. Dalam. Negeri. Dengan. Indonesia.... ????? Apakah. Ini. Berarti Biden. Jga. Ikut. Mengatur. Negri. Ane.......?????? Kok. Jadi. Biden....???? Tolong. Dong. Ya..... Jangan. Buat. Narasi. Berlebihan... Sungguh. Hebat. Kalian. Ya... Ingin. Menyingkirkan. Warga. Asli. Jakarta......????? China. Bertubi. Tubi. Dilanda. Gempa. Dan. Hampir. Tenggelam....... Negara. Itu Tdk Kiamat2....KOK....... yaaaa.... ?????? Sebenarnya. Sudah. Nampak. Sejak. Menggusur. Warga. kampung. Aquarium. Untuk. Keluar. Dipinggirkan. Dari. Jakarta... Dng. Alasan. Berbagai. Macam......oleh. gubnr.... Yg. Dulu.... Ternyata. Anies. Lebih. Cerdas. Dan. Jeli. Meng. Antisipasi. Segala. Hal.... Dan Anies pun akan bangun gedung olahraga super hebat....... Dan. Terutama. Akan ada. Kedatangan. Turis. Terkenal. Dengan. Tersedianya. Formula E... Karena... Yg. Jelas.... Akan. Bertambah. Income. Devisa. Negara. Dari. Hal. Tersebut..... Juga. Pendapatan. Warga jakarta. Pun. Akan. Bertambah. Jika. Terselenggaranya. Pembalap. Super. Dunia DATANG. KE. JAKARTA. INDONESIA......... Gak. Usah. Membuat. Narasi. Menyesatkan. Tanpa. Edukasi....... Salam. Akal. Sehat Dengan. Hati. Yg. Bersih... Tanpa. Punya. Niat. Hasat. Dan. Hasut....... Karena. Jelas..... Sifat. Iblis. Yg. Rakus... Tamak... Iri... Dengki.... Ego... Tdk. Senang. Orang. Lain. Hidup. Tenang..... Tidak. Suka. Orang. Yg. Cerdas... Bermoral. ..ber. akhlak. ....... !!!!?????? ALLAAH HU AKBAAR

  • Lha.... Itu. Mah. Sudah digaungkam / diprediksi. Sejak. Orba..... Kan....??? Yg. Katanya. Ancol. Diusulkan. Oleh. Pakar2. Ilmuan. Tata. Ruang.... Mengusulkan. Berbagai solusi...... ( ada. Dulu. Beritanya. Dan wawancaranya. Di. Media. Tv..) yg. Usul. Diantaranya.... Mau. Dibuat. Dam. Seperti. Di. Belanda...... Sebab. Balanda. Berada. Dibawah. Permukaan. Laut...... Kok. Bisa......??????? Jika. Benar. Begitu..... Coba. Sekarang. Kita. Mikir.... Kok. Ya. Pantai Reklamasi dan. Pulau. Kapuk.... Dan. Juga. Pantai. Mutiara. di. Cecar. Oleh para. Konglomerat. 9. Naga. ......... Dan. Dibangun. Komplek. Perumahan. Dan. Gedung. Tinggi2.....super elite......??? Dulu. Juga. Begitu.... Katanya. Ancol. Mo. Tenggelam.......????? Itu. Sebab. Jalanan. Nya. Di. Tinggikan lebih. Dari. 50 cm...... Malah. Di. Buat. Jln. Toll...... Jadi. Sepertinya. Ada. Yg. Lebih. Penting. Dari. Hanya. Sekedar. Tanah. Mulai. Turun........????? Malah ..... Gedung. Sarinah. Pun. Di. Isukan. Permukaan. Tanahnya. Turun. Brberapa. Cm...... ??? Buktinya. Sudah. Berapa. Tahun. Hingga. Saat. Ini..... Lalu. Gencar. Sekali. Diberitakan.... Dan. Penyababnya. Bnyk. Gedung. Tinggi. Menyedot. Air. Tanah. Utk. Keperluan. Hidup. Gedung. Dan masyarakat...... Lalu. Isue. Nya. Hilang. Hingga. Saat. Ini....... Lalu... ?????? Sekarang. Timbul. Lagi....... Padahal. Sejarah. Mengatakan.... Jakarta. Sejak. Jaman. Belanda. ..Batavia./ jakarta. ....... .hampir. tiap. Saat banjir. ...... Jadi. Letak. Kota. Jakarta. Mungkin. Juga. Hampir. Sama. Problemnya. Dengan. Negara. Belanda........ Hanya. Saja. Sekarang. Belanda. Sudah. Membuat. Super. Dumb..... Aman. Kan..... . ? Negara. Itu. Dari. Bahaya. Banjir........ ?? Sekarang. Muncul. Lagi..... Sampe. Pintu. Air. Baru. Di. Bangun di. Daerah. Proyek jatiluhur. Terakhir bikin pintu air Cideng. Jakarta. Pusat......... Dll Dipikirkan. Juga. Dong... Air. Jika. Hujan. ...jakarta. banyak. Menerima. Curahan./ buangan air Dari. Bogor.... ?????? Dan....... Terutama. Sekali. Penyedotan. Jutaan. . Kubik. Untuk. Perumahan. Dan. Gedung2. Tinggi. Juga. Hotel2....... Padahal. Dulu. Sudah. Baik. Air. Pam. Utk. Kebutuhan. Rumah. Tangga. Dan. Gedung2..... Tapi. Akhirnya... Segalanya. Jadi. Ingin. Melakukan. Sendiri2. Utk. Kebutuhan. Air. Dari tanah......... Walhasil....... Apa. Kabar. PAM. Bumn. Milik. Negara....??? Mengapa. Sekarang. Semua. Masyarakat. Ibukota. Bisa. Ambil. Air. Tanah. Untuk. Kebutuhan. Hidup. Warga. Jakarta. Dan. Gedung2. Serta. Hotel2........??????? Apakabar. Penyulingan Air. Keran.... ????? Apakah. Solusi. Terbaik. Untuk. Masalah. Air. Ini.... Agar. Terjaga. Keseimbangan. Serapan air. Bagi. Tanah. Jakarta...... Dulu. Isuenya akan. Terjadi. Air. Laut. Merendam. Jakarta.... Buktinya...... Sekarang.... Malah. Hampir. Semua. Pantai. Dibuat. Gedung. Tinggi..... Apartemen. Dan. Perumahan kepentingan. sebagian. Golongan... Elit2. Konglomerat. Thaipan.....dan. 9. Naga.......punya. kawasan. Sendiri..... . ..!!??? Bisakah. Warga. BiSa. Masuk. Wilayah. Itu....??? Jelas. Tidak....... Seolah. Sudah. Membuat. Terkotak. Kotak. Nya kehifupan. Berbangsa.... Yg. Di. Jaman. Orba... Negara. Sudah. Berusaha. Untuk. Menghilangkan. Citra. Tersebut...... Bikin. Kota. Baru.....?? Dari. Dulu. Di. Jamn. Orba. Sudah. Digaungkan. Itu..... Tidak. Kawatir. Tenggelam. Tuh.....

  • Goblog, dri dlu cumn di bhas dan di lihat tanpa ada solusi pnyelesaian msalh yg jlas di jlankn,,, slmt tggelm jakarta ๐Ÿ˜‚

  • Jakarta sampahnya ermmmm...

  • Jujur agak ngeri tinggal dijakarta Alasannya - angka kejahatan tinggi -polusi tinggi diliat dri langitnya warna abu semua -kumuh -sampah dimana2 -beberapa daerah susahnya air bersih Bersyukur tinggal didaerah kecil , gpp deh gak maju yg penting alam masih terawat air bersih jga masih ada

  • Contoh dong negeri Belanda yang berhasil mengatasi kemungkinan tenggelamnya kota-kota pesisir termasuk Amsterdam yang merupakan ibukotanya.

  • Kota kelahiranku akan menjadi seperti atlantis

  • Alhamdulillah.... Semakin banyak orang pintar semakin dekat dgn mati, moga d gulung ni alam

  • Anak cucu kita nanti yg bakal merasakan dampaknya... penguasa serakah.. MIN, TOLONG MAMPIR KE GALUGA kec. Cibungbulang Kab. Bogor. Disana gunung akan di bangun cafe dan program ketahanan pangan. Seddih

  • Akibat sibuk korup pejabatnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Tanda Ahir zaman, semakin dekat...

  • KORUPSI BANSOS TUH URUSIN.. BUKAN HAL KONYOL SEPERTI INI...

  • Welcome to JakartaDam..

  • Sekarang ibu kota indonesia sudah semakin parah

  • Sebenarnya klo ada pohon, setidaknya air akan terserap oleh pohon..

  • Banjir sumber rejeki, Jakarta yang dikenal kota tandus gersang yang mengharapkan agar turunnya hujan agar tidak ada manusia yang mati akibat kemarau tanpa henti (daratan kering tanpa satu tetes air) kalian orang Jakarta doa kalian sudah didengar tuhan yang maha kuasa, bukan hanya air yang dia kabulkan bahakan banjir sudah disediakan, agar jikalau musim kemarau datang tidak lagi menyalahkan Tuhan yang maha kuasa, wahai manusia Jakarta, bikinlah sumur agar musim kemarau kalian tidak boleh menyalahkan Tuhan yang maha kuasa,di bikin kemarau bilang ini salah Tuhan yang maha kuasa, dibikin banjir rejeki dianggap musibah, dasar manusia tidak pernah bersyukur,anggap kota Jakarta padang gurun pasir, buat sumur menampung air hujan,doa kalian sudah dikabulkan

  • Wajar lah ibukota negara harus pindah

  • Sediakan dulu air bersih sebelum pengeboran air tahan berhenti

  • Makanya Ibu Kota Jakarta Pindah Ke Ibu Kota Baru Koetai Raya Kertanegara Di KAB:Penajam Paser Utara

  • Jakarta tenggelam pantai makin dekat )b

  • Yg penting ada solusinya untuk masyarakat..

  • Ayo lh pak cari air yang lbih efektip supaya tanah kami tidak tenggelam

  • Bersih Jakarta dari kezholimn

  • Terlalu di dramatisir. Ketetapan Allah tidak ada yg tau. Dulu saya ke Aceh, dan ada salah satu org bilang kalau Jakarta akan tenggelam Krn sering banjir. 2 bulan setelah itu Aceh Tsunami. Jgn melaknat, Krn laknat yg tidak baik akan kembali ke berita laknat. Selama masih byk org beriman dan bertaqwa, InsyaAllah Jakarta Aman dan InsyaAllah tidak tenggelam.

  • MUNGKIN ALAM UDAH MULAI BOSAN ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ya semoga para tikus tenggelam .

  • Waduh

  • Info kuno

  • Gara gara orang suka demo

  • Hanya Ada beberapa solusi Agar Warga Terselamatkan dan Jakarta tidak Tenggelam serta tidak ada pembuangan anggaran sia sia untuk Pembangunan Tanggul.... 1-buat rusun atau perkampungan kecil di Kalimantan atau Papua atau pulau lain di wilayah Indonesia untuk pemindahan warga Jakarta secara Bertahap... 2-Pemberhentian pembangunan di Jakarta Yang akan menambah beban tanah dan memungkinkan Amblas... 3-lahan yang sudah di kosongkan kembali dihijaukan terutama menanam pohon bakau di tepi Laut....

  • Mereka membuat perkotaan di jakarta setelah jakarta gak bisa d huni mereka meninggalkan jakarta

  • Dan Kalimantan akan dibuat ibu kota, hutan nya akan ditebang semua secara perlahan oleh rezim laknat

  • Kenapa nyalahin orde baru,,???

  • Tenang masih ada habib risik ๐Ÿ˜‚ Nanti di doain juga kelar ๐Ÿ˜€

  • Tanah permukaan di topang air tanah. Airnya banyak di sedot ya kempes lah permukaanya.

  • Gali lubang tutup lubang gali lubang tutup lubang gali lubang tutup lubang. Gitu aja terus sampai Jakarta tenggelam menyeluruh

  • Ingat!! allah tidak akan menurun kan azab pada suatu kaum apa bila kaum itu perbuatan nya tidak melampaui batas

  • Salah satu nya penghijawan kembali

  • Tenggelam karna perbuatan sendiri.. Ibarat ludah yng di buang di jilat kembali.

  • Klo bikin judul ga usah lebay!!!! Kya u tuhan ajj tau kiamat!! chanel kya gni ga usah di dkung!!!

  • Nga usa lebailah, buat judul gitu he..he

  • Hijrah ke Bogor yg notabene daratan lbh tinggi di kawasan Jabodetabek

  • Yg buat judul Seperti Tuhan

  • Muda 2 hang inga terjadi seperti itu

  • Judulnya kuram SEREM... GANTI " JAKARTA LENYAP DITELAN HANTU GITU LHOHH ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Masya Allah, semoga Jakarta tetap dlm lindungan Allah Shubhana Wataalla.. Aamiin.

  • makanya pindahin dah seluruh nya ke daerah lain lah contoh daerah banten tuh masih kosong melompong , atau mepet ke jateng noh masih asri enak tuh

  • ANGGOTA DEWAN BIAR TAU ALASAN PINDAH IBUKOTA KE KALIMANTAN...LIAT VIDEO INI ..MIKIRNYA JANGKA PANJANG..

  • Biasa di indonesia..kalau bencananya uda benar2 terjadi baru sibuk dikerjakan..gak mau mikir panjang,aneh aja ada pilkada dan pilpres ganti pemimpin tiap saat tapi sumber mssalah gak selesai" juga contohnya ya ini...

  • Jokowi asik sama ntol aja,bangga lah y.

  • Jd terpikir jika perpindahan ibu kota,,, ap msih menebang pohon yg gk jelas proyeknya & mlah mnghancurkan skitar tuk kdepannya...

  • bukan tanah nya yg turun . tp airnya yg naik brooo .. daerah pantai Semarang pun sama

  • Pernah liat rmh didaerah cengkareng, pintu rmhnya tggl stgh dr tinggi jalan

  • Kalau masalah selesai, ya seseran ilang. Makanya lebih pilih buat tanggul dari pada penyediaan air bersih.

  • Kami soal, air hujan ditampung menggunakan drum atau Tengki agar mengurangi banjirnya air ร— pertahun = gak ngerugiin banyak orangโœ“

  • Orang2 muslim dan yg menganut agsma ja gan dengsrkan berita hoxs ini ysitu fi canel Narasi .ini canwl judulnya kurang baik..fia oknim ini kepala otak nya tidsk baiksuka memfiynah dan.nrngada ada.

  • Kalo skrg Jakarta turun tanahnya..g ada kaitannya dgn orde baru..itu krn semakin byk penduduknya semakin kurang juga lahan hijaunya krn utk pemukiman penduduk..gt bro, makanya kalo sekolah jgn suka bolos..๐Ÿ˜‚

  • Guru geografi waktu gw sma 6 tahun lalu udah lumayan ngasih kejelasan perihal tenggelamnya jakarta akibat penurunan tanah yg significant,pengambilan Air dari bawah tanah secara terus menerus,kurang nya ruang terbuka hijau atau area resapan air dan pertumbuhan pembangunan gedung pencakar langit yg amat sangat massive.. Dulu saat gw sma gw denial dan anggap hal ini omong kosong " alah emg iya apa bakalan kejadian " (maklum namanya anak sma yg cuma haha hihi doang sekolahnya) Tapi skrng skrng ini bener bener isu yg serius dan ga Main main

  • Bagus kan nanti ad program wisata #floating city