"Kiamat" PNS Semakin Dekat

Dipublikasikan tanggal 23 Nov 2021
Berita lainnya:
Dilarang Pemerintah, Bye Libur Natal & Akhir Tahun!
bit.ly/3l20DcL

Pemerintah berwacana bahwa di masa depan Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil tidak lagi dibutuhkan lantaran penggunaan artificial intelegence yang semakin maju. Hal ini bahkan menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat.

Simak informasi selengkapnya dalam program Evening Up, CNBC Indonesia, Selasa (23/11/2021). Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di www.cnbcindonesia.com/ .

CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com. CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision channel 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.

Follow us on social:
Twitter: twitter.com/cnbcindonesia
Facebook Page: facebook.com/CNBCIndonesia/
Instagram: instagram.com/cnbcindonesia/
instagram.com/cuap_cuan/
Tiktok: bit.ly/38BYtJx
Spotify: spoti.fi/2BR7KkT

Komentar

  • Dulu saya aneh liat GTO. Karna ngurangin. SDM tp mau tdk mau semua beralih ke emoney. Dulu transportasi daring jd perbincangan. Tp sekarang sudah jd biasa. Mungkin tdk bisa di pungkiri nanti bakal nya hanya ada IT, ob, dan satpam aja. Di gedung birokrasi.

  • Setuju bngt !!! Bnyk asn yg gak jls kerjanya, lbh bnyk persulit rakyat dlm hal birokrasi & korupsi.

  • Artificial intelligence dapat tunjangan hari raya ga?

  • Piye iki piye

  • cukup guru2 saja yg jadi PNS,,,

  • Setuju sekali .PNS di kurangi

  • Nanti juga kami gak butuh wakil presiden,, sekarang aja ada wakil presiden tapi gak ngapa2in,, eh tar dulu sekarang ada wakil presiden gak sih

  • PNS RENTAN KKN CUY

  • Image orang pingin jadi PNS,negara menjamin kehidupan PNS dan mencari uang sampingan utk menambah pundi-pundi harta.apalagi posisi tempat yg basah, kekayaan bertambah dgn cepat tanpa kerja keras.duduk2 manis,sambil pegang hp,uang datang.

  • Sistem outsourcing sj lbh bagus๐Ÿ‘ tdk membebani APBN

  • Yg di mintain komentar kebanyakan pns ya jelas lah tidak setuju. Coba yg di tanya masyarakat biasa yg gak ikut kerja di pemerintahan 90% bakalan bilang setuju

  • duh gustii mana g ada lg cita2 ๐Ÿ˜ญ

  • Alhamdulillah.. Makin dikit yg makan gaji buta yah..

  • Bagus. Ga ush pke pns pns

  • BAGUS SEKALI

  • Robot apapun gak sempurna

  • Kepalangan saja semua yg berkaitan dgn birokrasi diganti dgn teknologi mulai dari presiden dan seluruh jajaran strukturalnya , ga usah pakai SDM, pakai robot saja anggap saja ga dibutuhkan lagi tenaga dan pikiran manusia, koplaks.

  • Baguslah

  • Setuju Lanjutkan dan realisaikan secepatnya

  • Terlalu banyak pns pemerintah sama saja membuka peluang terbuang ya uang negara secara percuma toh negeri ini pihak swasta dan pengusaha yg sangat banyak memberi pendapatan pada negara termasuk juga petani Tampa petani rakyat mau makan apa pertanyaannya apa sumbangsi pns untuk negara

  • Saya satuju ntuk yang sering bikin surat pengawalan diganti robot aja, tapi romi, sikron sama yudha jangan diganti robot, please

  • Bagus pak menteri kurangi saja arah kan saja ke swasta terlalu banyak pns rakyat mau berurusan kadang kadang mereka persulit karena dampak dari banjir ya pns di negeri ini

  • Baguslah, biar kerasa PNS yang jam kerjanya bebas main kepasar

  • Ya saya setuju sekali dg pemerintah kurangi saja pns negeri ini sudah berubah arah terlalu banyak pns itu sama saja buang uang negara tak karuan buktinya banyak mau lulus 3 yg jelas mau kerja enak pada berebut jd pns itu juga membuka peluang sogok menyogok agar masuk pns negeri ini banjir pns padahal di swasta krisis tenaga kerja negeri ini sudah kebiasaan yg enak enak duit mau banyak kerja mau enak

  • Suatu saat, sektor swasta akan kembali jadi rebutan. Persaingan semakin ketat.

  • PNS santai sedikit kerja

  • Yang jelas pengurusan dn dokumen surat2 cukup lewat aplikasi dan tidak ada lagi korupsi atau titip jasa dn beri uang jasa,, ini mantap kerja cepat akurat sperti malaikat... hhhhe bravo NKRI mantap๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘โค๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโค๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • Jadi kelihatan dech.mana yg benar2 kerja,mana yg cuman datang absen dan plesiran๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • Ojo percoyo berita hoax operator tetap dibutuhkan hoax

  • DPR yo gak butuh seharuse

  • Hoaaaaak kok berita dibesar besarkan

  • AI canggih tapi rentan untuk di bobol keamanannya.

  • Terserah Dewe.....

  • setuju pak

  • Sampe sekarang ttp merekrut ya

  • DPR DAN MPR BUBARKAN SAJA SEKALIAN MENGHABISKAN APBN

  • Hehehehehe dunia betahe

  • *APAKAH DENGAN SEPERTI INI, CALON MERTUA YG MENGHARAPKAN MANTU PNS AKAN PUNAH???* ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Sudah Saat nya Birokrasi tak perlu tangan-tangan KORUP PNS INDONESIA

  • Yang boros itu ngasih pensiunan, udah gak kerja tapi masih dapat uang, bayangkan brapa banyak pengeluaran untuk pensiunan saja, boros pemerintahan

  • Ngurus apa apa serba lemottt kalo udah urusan dengan aparatur sipil negara

  • Saya sebagai PNS setuju jika beberapa pekerjaan akan digantikan AI. Karena AI ini membuat pekerjaan menjadi cepat dan lebih murah pada akhirnya. Meskipun modal awalnya besar, tp bisa lebih efisien. Tapi kontradiksi antara apa yg diucapkan dengan apa yang terjadi di lapangan. Nyatanya dilapangan, selalu ada pembukaan PNS. Jadi, rencana penggunaan AI tidak dibarengi dengan memangkas rekrutmen CPNS itu sendiri.

  • Alhamdulilah kita harus bersyukur apapun pkrjaan kita mau pns atau swasta saling mndoakan saja semoga semuanya bekerja dengan hati bkan arogansi dan semoga semuanya di mudahkan Rezekinya Aamiin

  • Kurangin yg males2 ..yg suka korup.. yg bener ya jangan..trs lama2 ga usah pada sekolah dong.. wah gawat nih..

  • PNS menangis terutama yang nakal ๐Ÿ˜‚

  • lebih baik pemerintah pensiun dinikan dn memberikan pesangon bagi para PNS yg tdk berkompoten ,misalnya mereka2 yg mengantongi ijasah2 sd,smp,sma apa lagi pns yg berijasah paket,semua ini kan tdk berkompoten ๐Ÿ˜Ž

  • Mantaaap. Sebagai PNS saya mendukung

  • dangat setuju dgn pemerintah... lebih baik d tiadakan sja pns ,karena msh sangat banyak mc2 yg tdk berkopeten dlm bidangnya dn koruptor mesih saja sellu ada cela utk beraksi.....๐Ÿ˜Ž

  • LEBIH HEBAT LAGI KALO YG KIAMAT PARA KORUPTOR

  • Tehnonologi ????? Mengurangi PNS gampang semua kantor di tutup beres

  • Pengadaan yg di dukung dg mega korupsi. Amin.....

  • tanya tu ke warga sipil bukan pegawai sipil. klo setuju mah ya sama aja bunuh diri dong

  • Bisa jadi presiden dan mentri diganti robot saja.. like

  • Hakim, harus diganti dengan AI juga, soalnya AI lebih pintar dan lebih berkualitas. manusia dibidang hukum dan AI dibidang Hukum, saya lebih memilih AI. karena AI bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar, dan juga bisa mana kesalahan besar dan mana kesalahan kecil.

  • Jgn semua pekerjaan kali nanti semua org jadi pengganguran mksdnya yg mau masuk jadi buruh jgn pekerjaan itu ke robot

  • ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  • SANGAT SETUJU DIBUBARIN AJA

  • Kalau pemimpin daerah/pusat apakah akan jadi robot juga?

  • Pas Jadi gada tuh staff" jutek..ngeselin..yg gada sopan" nya

  • Ide yg bagus PNS sekarang lucu lucu

  • seleksi alam yg oon dan ngk bisa kerja yg kerjanya suka nongkrong di warkop dan mall saat jam kerja akan tegusur.

  • Entut mbirut

  • Saya sangat setuju

  • Ada yang tidak bisa digantikan mesin mas, yaitu guru, tapu guru harus benar" sebagai guru. Lakukan assessment pada guru secara berkala yang baik beri reward sesuai dengan kinerjanya jangan samakan, ada juga kok guru yang asal-asalan tapi dapat sertifikasi

  • Setuju.dikurangi.....PNS.dikurangi. Otomatis anggaran buat gaji.bisa dibagikan pada netizen buat beli kuota.๐Ÿ˜๐Ÿ‘

  • Makanya para pns hrs kompak utk melengserkan si raja hoax

  • saya setuju. bagusnnya sih camat juga di ganti sama robot,biar gak ribet bikin KTP๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Nah sekarang pertanyaan nya.. Klo nggak ad org yg operasikan semua sistem pemerintahan berbasis komputerisasi ... apa bisa? Pasti nggak kan. Semua butuh editor dll. Kalo saya lbh setuju, klo masa kerja PNS di kurangi. Dari 58 tahun di pangkas jadi 40 tahun saja. Atau PNS yg tidak sesuai dengan kebutuhan dalam penerapan sistem berbasis komputerisasi di pensiunkan dini. Mungkin langkah ini perlu di perhitungan kan

  • Machine learning is coming

  • PNS. TNI .POLRI .JAKSA .HAKIM. KEPALA DESA .DPRD.BUMN. GUBERNUR.BUPATI.WALIKOTA.CAMAT. Bisa di ROBOT kan.....

  • Kl pns tk di gunakan negara bs hancur jgn ikuti aturan luar negeri INDONESIA HARUS PERCAYA DIRI Apa yg tercsntum dlm UUD 45 dan PANCASILA !!!

  • Oh gtu, AI bisa nego ama kontraktor/konsultan juga ya? Atau AI bisa pantau kegiatan dilapangan juga ya? Mohon maaf aparatur sipil negara bukan hanya mereka yang langsung nampang didepan melayani penduduk, ada juga guru, petugas taman, pegawai labor pertanian, dokter dirumahsakit umum, perawat, petugas kesehatan di puskesmas, pegawai pertanian, apakah mau di AI juga kalau semua di AI kenapa ngga kabinet mentri di AI sekalian atau sekalian aja kejaksaan juga di AI, sidang hakimnya AI, tentaranya AI, polisinya AI, mentrinya AI, kalau perlu kepala negaranya AI aja.

  • Nggak perlu juga ada preseden

  • Setuju...

  • Adakah PNS yg berfikir, anggaran APBN sering defisit untuk menggaji mereka. atau mereka masa bodo

  • PNS di kurangi byk pns yg kerja nya nongkrong

  • PNS ttp ada aja hanya kinerjanya hrs ditingkatkan lg, alat hanya pendukung yg mempercepat aja, sebab klo alat lbh utama maka jd byk pekerja yg kehilangan pekerjaan, nambah lg pengangguran, krn tdk sedikit org yg kerja itu krn dan untuk menghidupi kluarga dan menolong sodaranya.

  • Kerja lambat...bnyk libur...jm kerj mlh shoping...nongkong di caffe.๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ ini lah sedik contoh ASN di negaraku.๐Ÿคญ

  • Canggih mantap penhematan jd beban negara juga

  • 1000000% setuju. Biar semakin cepat kinerjanya

  • Di filter lagi

  • allhamdulilah....

  • Knapa haruss jadi pns sihh ?

  • Nah setuju soalnya orang2 yg kerja di kelurahan,kecamatan kayak ga berguna,pelayanan lamaaaa pungli dimana2

  • robot nanti mh yg bekerja...hhhmmm...

  • PNS harus dikurangi, tapi tidak termasuk tenaga pengajar/guru.

  • Hmmm masih banyak yg susah woi , jgn buang buang anggaran aja kau

  • Saya sangat setuju terutama jika mau balik nama mobil jika urus sendiri harus bolak balik dan lama waktu nya. Bisa dibayangkan jika itu bisa dilakukan dengan cepat dengan Ai

  • Itu klo semua pada sehat,klo kmu sakit apa mau berobat ke teknklogimu.. ga butuh PNS di RS,perawat,docter... mikir...!!!

  • Saya PNS saya setuju dengan apa yang diwacanakan Pak Presiden, untuk kemajuan bangsa Indonesia, selalu sehat Pak Presiden Joko Widodo dan seluruh keluarga besar Korpri Indonesia dan ingat kita PNS Aparatur Sipil Negara akan selalu tunduk pada apapun keputusan negara....salam hormat Dan damai dari ujung Kalbar Kab. Sintang

  • Kalau perlu anggota DPR diganti robot sekalian... ๐Ÿคฃ

  • ๐—ฆ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ต๐—ฎ๐—ฝ๐˜‚๐˜€,๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ป๐—ฎ ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ธ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ท๐—ด ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ต๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด,๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐˜‚๐—น๐—ถ๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜‚ ๐˜๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ด๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ

  • Para PNS dunia harus keras menolak hal ini , karena akan ada waktunya mesin A.I ini bisa menggantikan manusia sepenuhnya. Jadi hentikan lah sekarang . Tolak teknologi A.I.

  • ๐—ž๐—”๐—Ÿ๐—”๐—จ ๐—ฃ๐—ก๐—ฆ ๐——๐—œ๐—š๐—”๐—ก๐—ง๐—œ ๐—ฆ๐—˜๐— ๐—ข๐—š๐—” ๐—”๐—ก๐—”๐—ž ๐—ฆ๐—˜๐—ž๐—ข๐—Ÿ๐—”๐—› ๐—๐—จ๐—š๐—” ๐—”๐—ž๐—”๐—ก ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—›๐—˜๐—ก๐—ง๐—œ ๐—ฆ๐—˜๐—ž๐—ข๐—Ÿ๐—”๐—›,๐—•๐—จ๐—”๐—ง ๐—”๐—ฃ๐—” ๐—ฆ๐—˜๐—ž๐—ข๐—Ÿ๐—”๐—› ๐—ž๐—”๐—Ÿ๐—”๐—จ ๐—ฆ๐—จ๐——๐—”๐—› ๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—ฃ๐—œ๐—ก๐—ง๐—”๐—ฅ ๐— ๐—˜๐— ๐—•๐—”๐—–๐—” ๐——๐—”๐—ก ๐— ๐—˜๐—ก๐—š๐—›๐—œ๐—ง๐—จ๐—ก๐—š,๐—•๐—จ๐—”๐—ก๐—š ๐—จ๐—”๐—ก๐—š ๐—ฆ๐—”๐—๐—” ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • Nantinya juga anak sekolah tidak ada yang sekolah,buat apa sekolah klu semua nantintya semua robot yang akan keloloa semua nantinya,mgkn lebih baik anak tidak sekolah

  • Setuju banget,,,๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • GURU HONORER TOLONG DI ANGKAT MENJADI PNS