Kisah Pilu Atlet Bulu Tangkis Ukraina, Berangkat dari Kharkiv ke Jakarta Tanpa Kepastian Bisa Pulang

Dipublikasikan tanggal 18 Jun 2022
TRIBUN-VIDEO.COM - Ada kisah menyedihkan di balik laga Indonesia Open 2022 di Jakarta.

Dua atlet bulu tangkis asal Ukraina bertanding di tengah kecemasan memikirkan keluarganya di Kharkiv.

Selain itu, mereka juga dilanda ketidakpastian untuk pulang lagi ke negara asal karena invasi Rusia masih berkecamuk.

Hal itu dialami Yelyzaveta Zharka dan Mariia Stoliarenko, pasangan pebulutangkis putri dari Kharkiv, Ukraina.

Keduanya sudah berada di Jakarta sejak turnamen Super 500 Indonesia Masters, sepekan sebelum Indonesia Open 2022.

Meski tak lolos ke babak final, mereka mengaku terkesima dengan antusiasme penonton Indonesia.

Menurutnya, hal itu adalah sesuatu yang luar biasa, karena di Ukraina bulu tangkis bukan olahraga yang populer.

"Itu adalah sesuatu yang baru bagi kami. Di Ukraina, bulu tangkis bukanlah olahraga yang sangat populer," kata Stoliarenko yang berusia 18 tahun, seperti dikutip AFP, Minggu (20/6/2022).

"Tapi di Indonesia itu luar biasa, semua orang tahu bulu tangkis, semua orang suka pemain bulu tangkis, dan itu sangat keren," imbuhnya.

Dikutip dari AFP, Zharka dan Stoliarenko memikul tanggung jawab yang begitu besar.

Mereka bertanding tak hanya demi kemenangan, namun juga meningkatkan kesadaran dunia bahwa Ukraina membutuhkan dukungan yang kini mencoba bertahan di tengah invasi Rusia.

"Kami ingin orang-orang tidak melupakan situasi kami yang sekarang masih terjadi di Ukraina," kata Zharka yang berusia 30 tahun, kepada AFP.

"Juga, bahwa orang tahu bahwa Ukraina membutuhkan dukungan, membutuhkan perhatian dalam perjuangan kita untuk kebebasan," katanya.

Bagi pasangan ini, bertanding sebaik-baiknya untuk bisa membanggakan negara adalah yang utama.

Namun dalam laga kali ini, keduanya menempati peringkat ke 68.

Untuk diketahui, Zharka dan Stoliarenko meninggalkan Ukraina pada Maret 2022, beberapa pekan setelah Rusia menginvasi Rusia sejak 24 Februari 2022.

Keduanya sempat berlindung di Polandia, mereka berlabuh dulu di Prancis setelah mengantongi izin tinggal dan berlatih di klub Strasbourg.

Di klub tersebut, Zharka dan Stoliarenko mengikuti sejumlah turnamen di Eropa, seperti Orleans Masters di Prancis dan Kejuaraan Eropa di Spanyol.

Pasangan yang mulai bermain bersama pada 2021 ini terbang ke Asia pada Mei 2022.

Federasi bulu tangkis Ukraina mengontak kolega mereka di Thailand dan BWF.

Zharka mengaku bahwa dirinya dan Stoliarenko hanya memiliki tiket berangkat ke Asia, tanpa adanya tiket pulang.

"Mereka membantu kami memesan tiket tetapi sekarang hanya tiket sekali jalan ke Asia karena kami belum tahu kapan kami akan (pulang)," kata Zharka.

Tiba di Asia, keduanya bertanding di Thailand Open pada bulan itu.

Mereka takluk di hadapan pasangan nomor satu dari China, Chen Qingchen dan Jia Yifan.

Zharka mengaku sangat sulit konsentrasi saat bertanding, karena pada waktu itu ia sempat menerima telepon bernada cemas dari keluarganya di Kharkiv.

Menurutnya, invasi Rusia ke Ukraina telah membuat mimpi dan visi masa depannya serasa berhenti karena tak ada kepastian kapan perang itu berakhir.

Di Indonesia, mereka memang juga tidak sampai menapaki babak-babak penentuan, namun tekad mereka tidak pernah surut.

Dengan situasi sekarang, mereka ingin setidaknya bisa menembus peringkat 40 besar dunia.

"Kami akan terus bermain bulu tangkis dengan pesan ini agar orang-orang di seluruh dunia tidak lupa. Kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk negara kami," kata Zharka.

Selepas dari Indonesia, keduanya dijadwalkan bertanding di Malaysia Open yang dimulai pada 28 Juni 2022.

(Tribun-Video.com)

www.france24.com/en/live-news...

Host : Agung Laksono
VP: Lutfi Tursilowati N.A

Komentar

  • PENCALONAN GANJAR OLEH NASDEM DISINYALIR PICU KONFLIK TERBUKA JOKOWI DENGAN PDIP, KENAPA? --> wow.tribunnews.com/2022/06/20/pencalonan-ganjar-oleh-nasdem-disinyalir-akan-picu-konflik-terbuka-jokowi-dengan-pdip-mengapa

  • Bravo Pembulu Tangkis Ukraina , partipasinya dlm Turnamen Bulu Tangkis di Indonesia , di Indonesia dulu mbak lebih aman, sabar, Kuat semoga ada Donatur yg menolong. Bisya hidup, dan bisa pulang nantinya. Amin.🙏

    • Awas bocil ura menyerang

    • @warzonee kwwkwk

    • @Co Dog obral cookk mumpung michot masih ada🤣🤣

    • Lihat lah buaya mulai beraksi🤭

    • @Joseph turner spesial bos open bo tarif naik kan lg perang penggalangan dana😁

  • Urusan perang itu urusan politik di negaranya, tetapi menyangkut rakyat Ukraina adalah urusan kemanusiaan, untuk itu harus di bantu dan di beri pelayanan yang baik untuk mereka, karna indonesia bebas aktif dan tidak memusuhi negara manapun

    • Tidak memusuhi negara manapun* *Syarat dan ketentuan berlaku

    • @Si Sakhi siap...😀

    • @Abdul Fatah Qudaifi mahrom bang mahrom 😊😊

    • @Abdullah Qital wah ndak mau, kalau saya main aman saja..terlalu beresiko bagi saya (seandainya saya pribadi)

    • @Abdul Fatah Qudaifi mualaf belakangan bro. Coba kau belajar fiqh lagi

  • Semangat untuk warga ukraina....semoga lekas bangkit

  • Semoga cepat damai, karena kedua negara sebenarnya saudara 👍

  • Smangat ya Shobatku.....smoga Ukraina cepat Aman...dan kondosif.... smangat berjuang.....UKRAINA AMAN...ALFATIHAH....AMIN......

  • "OLAHRAGAWAN SEJATI" yang memperlihatkan tekad dan integritas yang tinggi. BRAVO.

  • Semoga Ukraina dan Rusia kembali damai

  • Kita galangkan donasi. Mereka jangan dilihat dari uang tapi tekad kerja keras dan semangat mereka. .. Ukraine freedom🔥🙏🏿

  • SLAVA UKRAINA

  • Kasihan sekali ya.semoga ada org yg membantu mereka.

  • Sebagai BENTUK KEMANUSIAAN apalagi ini Olah Raga... PBSI atau Pemerintah perlu pertimbangkan beri BANTUAN buat mereka yang sedang ditimpa kesulitan di Ukraina.

  • Tak usah bersedih, tinggalah untuk sementara di indonesia dgn tenang negeri kami aman dan damai bagi WNA yg patuh pada aturan terlebih untuk atlet pasti terjamin. Pasti nanti ada solusi terbaik dari pemerintah kami

  • Ajak dia latihan bersama di cipayung, tunjukkan pada dunia bahwa kita adalah negara ter-Ramah.

    • @Pipang Man udahlah bro, susah emang ngomong sama bocil ura uraa wkwk, dinasehatin juga mereka ngga akan paham hahaa, mending sekarang kita lakukan asal mereka senang aja yekan?😉🤭

    • @Peace Love kalau negaramu dilanda perang, apa kamu pikir masih bisa ngomong kayak begitu.Kamu minta tolong ke negara lain, tapi jawaban mereka, "oh itu urusan kamu deritamu, bukan urusan kami ". Bagaimana perasaan mu kalau mendapatkan jawaban kayak gitu ??? Enak nggak ??? Hidup dalam ketidakpastian karena negara kelahiran kita lagi bergejolak. Penuh kekhawatiran dengan keluarga yang ditinggalkan, sementara adanya beban mewakili negara. Jadi orang punya rasa empati dikit dong. Nggak ada ruginya menolong. Kita semestinya bersyukur negara kita sudah merdeka, tapi bukan berarti sekarang sudah menjadi sombong dan tidak peduli kesulitan negara lain, tidak mengingat masa-masa sulit zaman penjajahan.

    • @Pipang Man itu bukan urusan kita ukraina punya kedutaan di jakarta dan itu tanggung jawab kedutaan ukraina terhadap rakyat nya jangan jadikan petang sebagai alasan

    • @maaa eik dimaklumi saja, negara mereka kan lagi perang, mana ada duit, sementara Carolina Marin kan negaranya aman. Nggak ada tuh orang jatuh miskin karena membantu kesulitan orang lain. Negara kita tidak akan bangkrut karena membantu mereka.

    • enak aja. dikira gratis. Carolina Marin aja latian di indo bayar

  • Kami mendukung Rusia dan membenci nasionalis Ukraina dan Azov, tapi kami prihatin atas kondisi rakyat Ukraina dan Kami tidak membenci rakyat Ukraina yang cinta damai (tidak ada diskriminasi agama,suku dan ras) itulah kedamaian sejati.

    • @Richi Arditya beda dulu kita di serang+ ada kejahatan perang kayak Nazi. Alasan sepele dan tidak berdasarkan ancaman. Jerman membalas peperangan yang kalah di perang dunia 1. Dan pecah perang dunia 2. Dalam hitungan menit perang dimulai. Sedangkan Rusia sengketa itu udah lama tapi gak di gubris. Dan nato memperbesar kekuatan ke arah Rusia moskow. Jika Ukraina menjadi netral dia tidak akan mengalami hal itu. Lihat KALOK nato serius mau menghadapi Rusia gak perlu pakek ukraina. SIMPEL INDONESIA BUAT AJA NUKLIR. SELURUH DUNIA BAKALAN NGOCEH KARENA ANCAMAN. SAMA AJA KALOK NUKLIR NATO DI BERIKAN KE UKRAINA MOSKOW SEKEJAB HILANG BELAJAR DARI HIROSIMA DAN NAGA SAKI. KENAPA. KARENA RUSIA TIDAK ADA PERSIAPAN. BAGI KITA SALAH TAPI BAGI YANG TERANCAM BENAR. LIHAT MASALAH CINA DAN AS WAKTU MAU MEMBUAT MENEMPATKAN NUKLIR DI ASIA Indonesia aja langsung bicara karena terancam. YANG TERPENTING SAAT INI PRESIDEN UKRAINA YANG BODOH NGAPAIN TIDAK NETRAL MALAH IKUT NATO. DIA BISA KAYAK INDONESIA NETRAL. BISA KE RUSIA DAN JUGA KEINGINAN RAKYAT YANG MAU MAJU DENGAN EROPA TANPA MENIMBULKAN MASALAH. DAPET 2 KEUNTUNGAN SEKALIGUS

    • @Richi Arditya hahahaha...

    • Sedih gw liat bangsa Indo membela Agressor (Russia) Ukraina tu negara merdeka, dia diserang Russia, apapun alasannya yg nyerang tu yg salah, inget kagak qt diserang Belanda dlu, orang dari Jawa Barat kudu ngungsi ke Jawa Timur krn Jabar dll dikuasai ama Belanda. Ni sekarang Jutaan warga Ukraina ngungsi ke Poland dll krn Ego nya Putin. Hadeh.

    • @Andy Prayoga dewa bumi..🤭🤭

    • @Puji Rahman belas kasih sudah terlewat saat pak Jokowi sudah pergi dari Ukraina. Pesan perdamaian tidak berat untuk di pegang. Kesempatan itu di sia siakan dengan mengatakan bahwa zelenski tidak memberi pesan. padahal jika memberi pesan masih bisa berpengaruh meski sedikit . Indonesia salah 1 negara yang dekat dengan Rusia

  • Untung dia ke Jakarta masih tenang semoga sehat selalu

  • Salam olah raga,olah raga tidak ada sangkut paut dengan konflik,pemerintah mohon untuk hadir memberikan bantuan

  • Ukraina👍👍👍

  • Mereka punya konsulat dinegara tempat bertanding yg jamin urusan atletnya.

  • Kasihan banget, semoga ditolong diindonesia dan sampai tujuan dgn selamat dan semoga lekas damai negaranya

    • @Ghea Ghesty ngga bosen pansos mulu cil?

    • MINTA KE ZELENSKY AJA SONO!

  • SALAMUN UNTUK BANTUAN INDONESIA YG MENGETAHUI LENGKAP PERMASALAHAN ITU SERTA MEREKA TOLONGLAH SEDIAKAN MEREKA TEMPAT TINGGAL YG LAYAK DIMASA INI ITU YAH",SERTA PERBAIKI HIDUP MEREKA ITU YAH",SALAMUN KAULAM MIROBBIH SALAMUN TERPUJILAH LAGI BERBAHAGIAHLAH ORANG YG BENAR ITU SALAMUN.

  • moga ukraina✌️rusia secepatnya amiiinn

  • Semoga pemerintah indonesia dpt membantu atlit ini.dan pelatih indonesia dpt melatihnya.

    • Indonesia aja rakyat miskinnya gak semua bisa tercover dibantu. 😅 Pasti tercecer, karena yang terbantu itu pasti punya kedekatan dgn pak RT 🤣 sekalipun ada yg lebih miskin tp jk dekat dgn pak RT yang lebih miskin itu tdk terbantu

    • Elah .. tinggal ke kedubes biar mrk yg urus. Ga usah berlebihan gt

    • ​@Glórie 🇮🇩 ☝️

    • Haha atlet Indonesia aja jarang dapat perhatian pemerintah lah ini mau atlet luar negeri diperhatikan pemerintah sini, kacau lo.

    • DIIIH NGAPAIN BAWAK2 INDO! MINTA SONO SAMA PRESIDEN DIA ZELWNSKY!

  • Di Indonesia pasti dibantu jangan khawatir😊

  • Di indonesia itu apa aja bisa jadi rame... Karena masyarakatnya masih mencari jati diri

  • Udh gk bs plg, klo pun bs plg pasti sedih melihat kota ny dn kluarga nya. Sehat2 trus Mbak eee, yg sabar. Smoga ini cepat usai

  • Semoga bisa secepatnya dibantu

  • Indonesia harus bisa membantu sementara diukraena blm aman,agar ditampung biar tinggal diindonesia untuk sementara sesama atlit bulu tangkis dan dibantu untuk biaya hidupnya diindonedia.

    • Gk dulu kan udah ada kedubes mereka disini jd itu tanggung jawab penuh kedubes ukraina untuk melindungi warganya

  • Kenapa pada benci Ukraina sih, terlepas dari segala urusan politiknya mereka juga manusia seperti anda. Memangnya mereka mau terlahir di Ukraina? Jahat sekali Tuhan anda jika tidak mengajari toleransi.

  • Bsa mengajukan bantuan ..kpda siapa pun d indonesia dmi kemanusiaan .

  • KAMI BERHARAP PEMERINTAH INDONESIA MEMBANTU MEREKA BERDUA UNTUK TINGGAL DI INDONESIA DAN BERLATIH DI INDONESIA..SEMOGA PERANG CEPAT BERAHIR..

    • @Almas Herwangga rumah elu aja 😜

    • Disinu yg rumahnya ada kamar kosong siapa ya?

    • Ngapain??

    • SONO MINTA SAMA ZELENSKY! NAGARA SUDAH BEBAN ATLET KITA NGAPAIN DIA JUGA IKUT2 SONO MINTA ZELENSKY!

    • @Richard Richard balik lagi ke poin gw yg pertama, peran pemda nya. Pemda nya ada usaha gk buat mensejahterakan atlet daerahnya, gak semuanya pusat mulu yg urus bos. Coba baca beritanya lagi, atlet PON yang bawa nama daerah aja masih ada yang belum cair bonusnya, dikemanain tuh duitnya sama pemdanya? Yah gimana mau sejahtera atlet daerah kalau pemerintah daerahnya gak bisa diajak kerja sama 🤣

  • AYO PBSI DAN PEMERINTAH INDONESIA BANTU MEREKA BERDUA UNTUK TINGGAL DI INDONESIA DAN BERLATIH DI INDONESIA

    • Sono lu jemput mereka tampung di rumah elu!

  • Pengen tinggal di indo mungkin

  • Walaupun aku nggak suka ukraina tapi kalo masalahnya kek gini mending jangan hujat mereka mending bantu suport...

  • Alangkah bagusnya PBSI turun tangan bantu mereka, demi kemanusiaan.

  • Stay in indonesian☺️

  • Saluut...kami berharap ada donatur yg membantu dua srikandi ukraina ini. 🤲

  • Ketika politik merambah ke kancah badminton,sampai2 atlet ukraina muncul ketika negaranya sedang perang

  • Smoga cpt2 bisa di bantu

  • Disini dulu aja kak, coba aktif di sosmed, pasti rame and bakal di undang TV, trus bikin single dangdut, asyek

    • iya, disini kan gampang jadi artis. apalagi parasnya mendukung 😂

  • kasian itu, mntri olahraga bantulah atlit ukraina biyar bisa mudik

  • 😢😢😢

  • semoga perang cepat usai cepat atau lambat bakal ngaruh ke ekonomi dunia

  • Sama halnya dengan negara negara timur tengah dan negara paletina iraq suriah pakistan india dan negara yg ditindas lainnya..

  • Semoga pemerintah bisa membantu atlit Ukraina 🙏🙏🙏🙏

    • Ngapain urus

    • @ef dia itu orang gila

    • @Takdir Indah katanya negara non blok, kok dukung rusia?? yg diatas juga kok dukung ukraine?? GIMANA NIH NETIJEN

  • Ayu bangsa Indonesia kita bantu pemain Ukraina ini baru donatur ACT ayo keluarin dananya

  • Kasihan banget,semoga pemerintah indonesia menolong mereka

  • Sedih mendengarnya,,semoga ada yg menolong mereka,demi kemanusiaan,

    • @Lang Lie prettt 🤣🤣🤣🤣🤣

    • @Ghea Ghestyya nanti saya tolong,,dgn doa,

    • Km aja sono tolong 😜

  • Semoga cepat bisa plng

  • Minta dukungan ke si zelenski supaya mau berdamai dengan Putin, hanya mempertahankan ego tapi menghancurkan negaranya

  • Pemerintah memberi peluang untuk mereka tinggal sementara di indonesia....

  • Terberkati Tuhan Bangsa Ukraina menjadi Negara Berdaulat. Amin

    • @stVrz 🅥 Gk paham sejarah dek? Coba belajar sejarah dulu dek

    • Bravo Russia ❤️❤️❤️ remukkan Ukraina

    • ukraina memang udh jdi negara berdaulat yg diakui oleh pbb, sedangkan palestina ngaku merdeka sendiri kyk yg akan dilakukan aceh & papua

  • SALAMUN MASALAH ITU' SEMUA TELAH IKUTAN GELISAH SERTA NEGARA YG LAINPUN IKUTAN SUSAH YAH",APAKAH KALIAN SELAMA INI TAK BEKERJA SOAL MASALAH KONFLIK ITU YAH?",.....SERTA BAGAIMANA TUDING MENUDING ITU TERJADI YAH",SAMPAI HARI INI YAH",SALAMUN BEGINI SEGALAH SESUATU ITU YG TELAH DIJALANI DENGAN HUKUM HAK ITU TAKBISAH MENJADI TAWARAN YG SINGKAT ITU YAH",INI KEBENARAN ITU SERTA BUKANLAH DUSTA SALAMUN SERTA APAKAH KALIAN BERFIKIR DIRIKU BERMAIN2× TAMPA MEMANDANG LEBIH JAUH KEDEPAN ITU YAH",KALIAN PERLUH KETAHUI KONFLIK ITU TELAH TERJADI SERTA KEBIJAKAN DEMI KEBIJAKAN YG MENGHASILKAN PERMUSUHAN YG SANGAT LAH RUET KACAU ITU YAH", APAKAH KALIAN BERFIKIR KONFLIK PERANG ITU MUDAH DIPUTHSKAN BERHENTI SERTA TAK MEMILIKI DAMPAK YG BESAR DIKEMUDIAN HARI SEMUA TOLAK UKUR SERTA PENYARINGAN ITU TELAH DIBUKA HUKUM ATURAN YG BENAR TELAH DISAMPAIKAN APAKALIAN SUDAH MELIHAT TITIK KESUDAHAN ITU YAH",KALAU BELUM MAKA JERITAN PERANG ITU HARUSLAH FINIS PADA TERHADAP TITIK AHKIR KETETAPAN ITU SENDIRI YAH",SALAMUN APA AKU TAK SAMPAIKAN BERDAMAI APA AKU TAK SAMPAIKAN HUKUM KETETAPAN APA AKU TAK MEMBUKA KESADARAN ITU SERTA APAKAH AKU TAK MEMBUKA JALAN KELUAR YG BAIK2× ITU YAH",SALAMUN. TINGGALLAH PEMIMPIN2× ITU YG TELAH SALAH YG MENGAKUI KESALAHAN MEREK A ITU DAN MEMUTUSKAN AHKIR PERMASALAHAN KONFLIK PERANG ITU SENDIRI YAH",SALAMUN KALAU KALIAN BERTANYA TERHADAP HUKUM MAKA HUKUM MENJAWAB SESUAI ATURAN HUKUM ITU SENDIRI YAH",KALAU KALIAN BERTANYA TERHADAP YG SALAH ITU SERTA MEREKA TERBUKAH HATI MEREKA MENERIMAH KESALAHAN ITU MAKA MEREKA AKAN KATAKAN BERHENTILAH BERSELISIH ITU AGAR KERUGIAN TAKSAMPAI MERENGGUT DIRI 2× YAH",SALAMUN TERPUJILAH ORANG YG BENAR ITU SALMAUN.

  • Inilah akibatnya memiliki pemimpin bodoh. Yang menderita itu hanya rakyatnya. Kalao senang2 aja gak ajak2. Kalao pas menderita aja teriak2 harus bersatu. Ini kan kebodohan seorang pemimpin. Walao ukraina hancur dan diambil alih oleh rusia.toh dulu ukraina pecahan rusia. Ini namanya pepatah tidak tahu dalamnya lautan namun nekat berenang. Tengelam akhirnya. Sebenarnya ukraina asal patuh aturan baru rusia tidak akan menderita. Ini kan cuman gengsi aja. Ukraina setelah ini pasti makmur karena langsung dipegang oleh rusia. Nah indonesia ini gimana sok sok'an ngurusi negara lain negara sendiri utang banyak. Korupsi berjamaah. Kebijakan selalu salah sasaran. Bikin ketawa orang. Bila ingin menolong orang harus lihat situasi kluarga dulu. Kluarga miskin sok sok'an jadi dermawan kan gak pantes. Dermawan itu buat negara kaya. Negara miskin fokus aja menuntaskan masalah internal. Korupsi bagi2 hasil ini sangat memprihatinkan. Negara tidak akan pernah berkembang. Malah akan menuju kehancuran. Anak dan cucu pemimpin harus diadili bila sampai terbentuk negara baru.

  • Gw jadi sedih bang😂

  • Jd bukan gd tiket krn gd duit, tp gd kepastian dinegaranya itu aman atw tidak.. dr pada di negeri sendiri porak poranda, lebih baik dinegeri orang

  • Kasihan sama rakyat Ukraina namun aku gak kasihan sama presiden ngelawak Ukraina itu

  • Makanya gue saranin presiden ukraina perbaiki dulu negaranya biar kuat tanpa bantuan Nato atau Rusia.

  • Kan ada kedutaan besar ukraina klo soal tiket pesawat sih... klo soal keamanan krn perang masih berkecimpung ya ga tau jg

  • Tinggal di indonesia aja mba sementara, datang ke pak dubes. Indonesia negara nyaman ko, masalah dana atau apa. Biar pak dubes yang mikir, yang penting mba punya pasport legal, dan peran dubes itu sebagai pembantu

  • Ini mknya sy paling tdk suka org yg suka banget bandingkan perlakuan atlet pemerintah kita dg luar negeri, faktanya ini atlet luar pa ga kasihan, krn perang, ikuti brta, tdk semua wil. Ukraina perang, pak jokowi lg disana, kalau mmg perang jd alesan mustinya tdk perlu kirim atlet dl drpd terlantar seperti kasihan kan, mknya bersyukur kt hdp dinegeri ini, tak perlu banding bandingkan dg negara lain. Adat kulturnya jg sdh beda

  • indonesia gak usah terlalu over,kalau sekedar menolong dari sisi kemanusiaan way not. .tp kalau sampek menyediakan coach bwt mereka,gak perlulah.

    • Betul mending ngelatih anak bangsa sendiri ya

    • Betol !

  • Saiah siap terima ganda Ukraina untuk tinggal dan menjadi istri saiah

  • Kasian atlet

  • Tak usah pulang lah diam di indonesia aja aman damai,

  • Tinggal di Indonesia saja mbak berdua. Atau jd WNI Saja.

  • biarlah mereka tinggal di indonesia dulu .kasihan .

  • Walaupun sngat dsayangkan prilaku pemerintahannya pling tdk masyarakatnya sbgian blum tentu sepaham dgn suara pemerintahannya tpi dri sisi kmanusiaan wajib dberi dkungan dan bantuan...tdk smuanya kpribadian mnusia itu sama...jgn karna politik pmerintahannya smua dsamaratakan dgn suara hati rakyat nya blum tentu sejalan...baiknya kita bersikap positif saja...yg pnting kita sdh berusaha sling mmbantu dgn nilai2 kmanusiaan....itu sjln dgn misi dan tjuan dinegeri ini...alangkah baiknya dberi bantuan...poitik ksampingkan dulu itu hnya mmbawa ksengsaraan dan perdamaian smkin jauh dri kata damai

    • @Ghea Ghesty ..🤣🤣🤣..jgn gtu donk ...dtipd mreka kejauhan mnding yg aj lh kan gk ribet ...lgian jga di baca sichh ...tau panjang lebar..kan bkin cape untung gak ngetik diatas jalan tol ...lbih cape lagi baca nya ...🤣🤣🤣

    • @Ari murianto ogaaah... lu yg ketik panjang lebar... napa jd gue... ya lu ajee sono!

    • @Ghea Ghesty ...😲😲😲🤣🤣...sabar madem ..mending lho aj udahh...🤣🤣🤣

    • Sono ajak pulang ke rmh elu!

  • Pilu lagi kisah palestin..pernahkah orng ukrine membela palestin selama ini...apa yg kalian rasa begitulah rakyat palestina...iraq.. libya dan bnyk lg negara islm di aniaya oleh kaum kalian...

  • daripada pulang gak jelas ya mending menetap... cari suami disini aj. 😄😄

  • Sedih bgt

  • Minta bantu dana dari US n NATO aja.. wkwkwkw...🇮🇩♥️🇷🇺

  • Tidak hanya ukraina, negara lainnyang terdampak perang, terutama yang di jajah israel, knapa ga di britakan whay???

  • duta besar Ukraina di Indonesia fungsi nya buat apa

  • Bantulah rekan2 sesama atlit kasian ini,kesel sm presiden nya si tukang lawak

  • Urusan perang beda urusan kemanusiaan

  • UNTUK SEMENTARA TINGGAL DI NKRI SAJA.

  • Dah ngaso dulu di Indoensia, sambil liburan kesana kemari, syukur2 dapet jodoh orang Indonesia biar jadi WNI sekalian

  • Gw bingung aja...kok bisa masuk ke Indonesia? Visanya gmn, tuh?

  • Kan di jkt ada kedutaan besar negara2 NATO...atau minta presiden zelensky utk minta tiket ke gratis utk pulang, atau ajukan jd pengungsi di Indonesia.

  • Kasian.lee pasangan pebulu.tangkis.ini.mau rasanya ngumpulin coin buat mereka😭😭🙏🙏

    • Laaah apa guna Zelensky pake sepatu mahal rakyatnya menderita!!!!

    • @Robby Nasution kasih paham dia bro,biar hidupnya gak lebay"amat

    • Norak, .mereka di indonesia punya kedubes. Itulah gunanya kedubes di negara2 lain... bukan tanggungan negara tuan rumah. Kalo semua pemikiran begini, ya rugi.

  • Indonesia support Rusia 🔥 URrraaaaaaa

    • jangan digeneralisir...saya dukung ukrain urrraaaa

  • Dah ga usah pulang. Cari suami orang Indonesia saja. 😁😁😁

  • Tinggal disini aja kakak untuk sementara.sambil cari info di negara kalian.. Ikut latihan di sini.. Kita di Indonesia ada yg pro Rusia bukan berati kita tidak peduli dgn warga Ukraina.. Kita selalu welcome warga Ukraina ke Indonesia Kita hanya membenci presiden kalian aja dah itu aja😊

  • Tinggal di indonesia..

  • ᮊᮛᮥᮑ... ᮙᮥᮌᮤ ᮙᮞᮜᮂᮔ ᮌᮩᮛ ᮛᮦᮀᮞᮦ

  • Tingal di Indonesia saja😁😁, kalau pulang ntar bisa di rudal rusia

  • Hub kedutaan us, msa bisa ngasih hutang senjata ke ukraina yg nilainya triliunan ke atlet a bsa ngasih cmn buat tiket balik.

  • jadi istriku saja dan bersenang2 di Bali

  • Tinggal di Bali aja. Biar ketemu touris lainya, apalagi nanti bisa berjodoh lalu dibawa pulang kenegara calon suaminya. UrRaaa !!!

  • ...biar dubes ny aja yg ngurus, kmren dubes ny sombong...sok merintah2 RI agar mmberi sangsi keras k rusia.

  • Ya enak to..disini makan enak kenyang juga tidur nyenyak..apapun tinggal ambil gratis pula.

  • Sbagai negara yg baik, kita herus memberi kenyamanan kpd tamu kita, apa lagi rakyat ukraina yg sedang berduka oleh sbab pmimpinnya..

    • @ALTERNATIF HUKUM laaah lu aja kan elu yg kasi saran awal! Makanya jgn asal saran asal pake duit Indo! Minta aja sono sama presiden dia Zelensky!

    • @Ghea Ghesty boleh, asal dana kamu tanggung ya👍 1 orang/hari 100 ribu dah, oke🤣🤣

    • Cusss tampung di rumah elu!

  • Mohon pemerintah membantu tiket pulang mereka...walaupun saya pendukung russia..tapi soal olahraga jauhkan dari politik..🤗🤗🤗

    • @Ghea Ghesty bocil bocil

    • @Ghea Ghesty kasian semuanya .

    • @Toni Espass yaudah jemput aja ke rmh elu! Kasian mn sama atlet2 kita yg kurang apresiasi? Ngurusin atlet dlm negri aja sulit

    • @Ghea Ghesty kasian sih

  • Pilu darimana ? Malah baguslah negaranya lagi perang begitu kok.. Malah harusnya ditampung dulu sebagai pengungsi dari Ukrania

  • Akibat Zelensky:(

  • gk usah pulang, di indonesia aja cari suami yg duda 😅

  • mungkin mereka butuh makan dan tempat tinggal

  • Pemerintah Indonesia Wajib bantu

    • Ngapain.... Minta soso sama Zelwnsky!!!!! Makanya jgn korupsi duit perang!

  • Bantulah mari