Kontroversi Berenang Bisa Hamil, Ini Tanggapan Aktivis Perempuan dan Ikatan Dokter Indonesia

Dipublikasikan tanggal
JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktivis perempuan Tunggal Pawestri menilai pernyataan Komisioner KPAI. Sitti Hikmawatty yang menyebut perempuan bisa hamil karena berenang dengan lawan jenis hanya sebuah mitos.

tunggal menyebut pernyataan Sitti Hikmawatty adalah stetment yang keliru.

Informasi soal perempuan bisa hamil saat berenang dengan lawan jenis merupakan mitos.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar pendidikan kesehatan reproduksi mulai diajarkan sejak dini agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sebelumnya, Komisioner KPAI Bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Sitti Hikmawatty mengingatkan agar perempuan selalu berhati-hati saat berada di kolam renang.

Hikma menyebut kehamilan dapat terjadi pada perempuan yang sedang berenang dengan laki-laki, ia menjelaskan kehamilan yang terindikasi di kolam renang sebagai contoh hamil tak langsung.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty meminta maaf atas pernyataan dirinya yang viral di media sosial.

Dalam hal ini, Biro Hukum Pembinaan dan Pembelaan anggota Ikatan Dokter Indonesia, dr. HN Nazar, juga mengjelaskan mengenai kontroversi ini.

Komentar

  • K.Pea.I orang sunda pasti paham wkwk

  • Siti yang ngomong gw yg malu setengah mati.

  • Gimana sih kpai ini, tdk konsisten, stetmen yg salah adalah pribadi dan tdk terkait dgn kpai, lah tp stetmennya disaat dia bertugas jg mkin di kantor jg, tp itu pernyataan pribadi. pantesan fungsi dr kpai ada ga ada sama aja, kayak kurang kerjaan aja, hrsnya dgn kebradan mereka bs jau lbh baik, melindungi dan mendidik, malah adahnya tambah gaduh, dan amburadur serta nabah masalah, klu sdh bermasalah, baru kluarkan surat, lalu mengatakan ini stetmen pribadi la, apa la. Bubar aja la, lama2 mereka ini bs menjadi perpanjangan tangan dr elit yg berkepentingan, sprti kampanye anti tembakau, gila kan.... Pajak tembakau termasuk yg paling besar pemasukannya buat negara kita, tp dgn alasan yg tdk masuk akal mau meraka hilangkan itu dgn alasan kesehatan, tp begitu disuruh ks jaminan klu orng berhenti merokok dijamin tdk akan terkena resiko sperti yg mereka klem atas bahaya rokok versi mereka, kaga berani, semua terdiam, tp tetap ngotot. Ini krn badan ini di isi sama orng2 sprti ini,

  • Kok bisa sih jadi komisioner KPAI?! Gelarnya itu dapat dari mana? Kesel banget

  • wkwk udah viral buuuuuukk

  • Alhamdulilah ya allah gue lulusan sd masih di beri akal sehat

  • Gw pngen....ah, sudahlah..toh komisioner itu "org pintar" kan S2.. Mw blg....ah, sudahlah, kan KPAI isinya org2 pintar.. Ibu ini mnta maaf sdh ngomong bgini?? .......dmn, ga dipke wktu ngomng bgtu? Cm mw blg aja, org yg ngomong itu.....ato....... Isi sndiri2lah bro, ga tega ane nulisnya.

  • Setelah kerajaan fiktif ada sperma fiktif

  • K*AI masih ada toh? kirain mah udah dibubarin wkwkwk kerjanya apa sih?

  • Nih orang Nilai pelajaran Biologi-nya waktu SMA cuma 2,5 dari 10.

  • Udh nyuruh berhenti ngadain audisi djarum beasiswa skrg buat berita gini lgi dh pecat aja

  • KPI sma KPAI sma2 gk ada akal anjic

  • Takutnya nanti ada cewek hamil duluan tanpa ada suami.terus jadi alasan hamil karena sering berenang bareng cowok.kan gak lucu 🤦🏼‍♂️🤦🏼‍♂️

  • Segera ganti komisioner nya... Bodoh banget cuk jancuk

  • apa gak ada orang +62 yg lebih logis untuk njabat komisioner KPAI ini, ganti dong....

  • "statemen pribadi" jangan berspekulasi kata ku.

  • Itu bukan mitos Tapi ngawur 🤣😂😋🤭

  • Gawaaattt...berarti klo ada doggy atau cat yg croott di kolam renang trus cewek masuk berarti hamil donnggg... Trus anaknya belanteran human-doggy atau human-cat😂😂😂😂

  • Hamil kalau berenang bisa juga mungkin...tapi yg dilahirkan so pasti.....buaya buaya darat atw kadal buntung.....

  • Jarènè si mbok... Nglingguhi bantal iso udunen... Ngidoni sumur marai guwing... Sèk joko mangan ngarep lawang di tampèk prawan... Adus nèng kolam lanang wadon iso metèng....

  • Yg malu tuh pasti keluarganya

  • Klorin vs sperma Menang siapa ya?

  • Gaya ngomongnya seperti pakar aja...hadehhh

  • Dulu masuk K*AI pake orang dalam, mkanya skrg goblognya meresap sampe ketulang

  • Gak bisa di kolam renang kecuali berenang di kolam peju dengan memek loe yang masi nga-nga bu

  • Makin lama smartphone makin canggih dan makin banyak beredar...tapi semakin lama smartpeople semakin berkurang dan semakin bodoh..miris..

  • Guoblogggnya Ampe ke ubun2😂

  • Minta maafnya pake video dong. Bukan sok2 an pakek surat resmi. *kolam renang itu ph nya aja beda, ada kaporitlah, air kencinglah, kentutlah*

  • Kasian dosen pembimbingnya ibu itu... maluui banget. Pernah sih terjadi di dunia, tp dunia khayal...😁😁

  • Saya harus ke bikinibatom untuk memberitau sandi bahwa Ada penemuan baru di darat dan sendi harus hati" karna dia berada di Bawa air

  • Komisioner kok cara berpikirnya dangkal.

  • maksut bu siti diatas kolam ditaruh kasur trs ya ,hoho hi heh jadi hamil deh bukan didalam air cuma penjelasanya kurang jd gagal paham

  • vidio

  • Anak SMP aja tau..Anjirlah..hahaha..

  • Apa gc ada lg orang pintar di negara ini ya sehingga orang bodoh ini bsa jd penjabat negara

  • Bisa aja sih kalo berenangnya sambil bugil

  • Apa sudah ada yg buat PETISI utk minta bu Siti mengundurkan diri dari KPAI.? LANJUTKAN TEROOOOSSS...SINGKIRKAN PEJABAT NEGARA YANG MENGAJARKAN KEBODOHAN.!

  • Udah ga bisa ngomong apa2 lg gw....sediiiiiiihhh....,knp org2 ky gini bisa dpt kerjaan...

  • Hari hari mu di isi dengan kegiatan apa buk2 kok bisa ngomong aneh gitu.. Itu dulu daftar kerja pake ijazah gak to..

  • Mirisss... Hal ini keluar dari seorang komisioner KPAI yg membidangi kesehatan dll..

  • komen nya lebih seru🤣🤣🤣

  • Omg Dunia Gempar apalagi dunia internasional menyoroti ini hal ini sangat keliatan BODOHNYA

  • Kalo sambil nganu dikolam renang ya memang bisa terjadi. Tapi kudu crot didalem 😌

  • KLAU RENANGNYA SAMBIL NGENTOT GK PAKAI KONDOM JELAS BISA HAMIL, INI LOH SEL SPERMA BLUM KETEMU SEL TELUR,SEL SPERMA NYA SUDAH MATI DULUAN..

  • AYO MUI KASIH FATWA HARAM DI KOLAM RENANGNYA JGN KULKAS YG DI KASIH HALLAL

  • anak bauhnya mas slamet mungkin ini ketua KPAI

  • Goblog banget KPAI kadrun itu pling, masa ada cowo d kolam renang ngocok d dlm air kpn bnyk org

  • lulusan 212 mungkin ini ketua KPAI ??

  • memang bener bisa asal sperma di kadih selang dan selang dimasukkan ke lubang vagina la mungkin ini bida hamil

  • Renang patilnya nyungsep yaaaaa

  • kesempatan buat yg pada.hamil di luar nikah ,,bilang aja hamil Krn berenang ya ,,😂😂

  • Kok org begini bisa pejabat ya

  • Dari video ini kita bisa tangkap negara kita darurat (perlu adanya peningkatan SDM yang masive)

  • Hhhhaaa oon

  • Ini yg ngomong bisa hamil gara 2 berenang aduh aduh gila benar ya , ini orang sekolah di mana kok ngak masuk akal sehat . malu juga dengar nya sekelas orang berpendidikan tapi bisa analisa begitu .

  • Komisonernya aja nga mudeng.... Gmn orng awam...lbh mending orng awam kali lbh paham..wekwekwek pejabat ilmunya cuma segtu

  • Hamil saat berenang sangat bisa, Berenang nya diatas ranjang bersama suami. 😁😁😁😁

  • Kagak sekolah dia mangkanya blunder ngomongnya. Akhirnya orang2 percaya deh gara2 omongan bodohnya : Mah renang yuk di Waterboom/hayuk nak (pas mau masuk si ibu tanya sama petugas) pak ini berenangnya laki2 perempuan di pisah gak? Oh enggak bu ininkan rekreasi/ wah gajadi deh nanti anak saya hamil kalo berenang di campur sama laki2.

  • Hadeuuuh giliran udah viral aja lngsung bikin statement, pernyataan minta maaf, pas giliran belum viral pake ilmu apa bikin statement nya bu ??? Ilmu teori darwin kw 800

  • Nanti ada cewek hamil bisa berkilah, abis berenang sama cowok 😂😂😂

  • bikin malu!

  • pergi berenang ahh

  • Bikin malu dr idonesia yg cerdas,,

  • Lebih baik bungkam dari pada sok tau tentang dunia pertititan.

  • KPAI KOQ BOFOH CARA BERPIKIR NYA .....MEMALUKAN ...GANTI TUCH GMN TUCH ....

  • Mungkin pikirannya satu kolam isinya sperma'x Belum tuntas masala ruu'x2 yang gak masuk akal muncul lagi yang baru BESOK'2 APA LAGI?

  • Itu komisioner KPAI nya perlu diganti..

  • wadaw

  • salah apa negeriku punya mamalia sedungu itu

  • Si Siti ini mungkin sedang hamil dengan laki-laki lain yang bukan suaminya, makanya dia mencari kambing hitam (kolam renang)...

    • hahaha... wah bisa jadi itu, atau anaknya yg lg hamil tnp swami kale

  • bukan mitos tapi aneh

  • Yg gini kok bisa kepilih jadi komisioner yaa???

  • Kolam renang di mana ya bisa buat hamail kalau berenang sm2, aku mau dong karna aku udh berusaha dan ikhtiar kosultasi kemana2 tp apa boleh buat allah swt belum ngasih momongan

  • saya kerja di taiwan...berita nya udah nyampai sini. kata orang taiwan. memang orang GOBLOG bisa jadi komisioner ya?

  • Ah..siti lagi.. dulu nya si siti ini genit kali yah.. trus emak nya bilang ke si anggota KPAI ini dan cerita deh di tipi di era medsos..malu kan tuh akhirnya sekeluarga dan KPAI

  • Aq jga suka renang disungai dan kolam brcampur cook sejak SD skrg dah tya kok gk hamil.

  • Gaji pajak buat bayar sia2. Kolam renang bnyak kaporit.

  • Oalah org bodoh kok jdi kpai. Gk brmutu bnget. Apa gk prnah skolah tau pacaran

  • Sekalian cabut jabatannya, bikin Rusuh, Audisi djafum jg qm yg ngomong songong, skrg sapa yg biayai qmukah,,,qm biayai prestasi mrk, olahraga mrk, makanan mrk, semuanya!!!! Sanggup ga luuuuu,,,, songong, Sekarang ngomong gini kayak qm pernah Buat observasi, Buat Karya ilmiah, Buat penelitian, penemuan Dan kau publish, Gila Kau! Seorang Professor ambil gelar aja hrs Buat penelitian Dan tdk sembarangan publish,,, bener2 songong

  • Ganti songong !!!!