"KOTA HANTU" SARANJANA! |

Dipublikasikan tanggal 19 Jan 2023

Komentar

  • Nerrorist! Jangan lupa subscribe!! πŸ’—βœ¨ Kasus seru apa lagi yang harus kita bahas di

  • pengen banget film saranjana tuh dibuat kayak sci-fi gitu, jangan dibuat horror☹️ kayaknya seru deh kalo diliat dari sisi kota itu yang advanced dan teknologi nya udah maju banget. iya sih emg kota ghaib, tapi pgn bahas ke peradaban nya ituuu jangan sisi horror nya hehe

  • Tahun 2000 saya pernah nerjemahin untuk jurnal 2 orang ilmuwan Jerman yang nulis tentang menakjubkannya Kota Baru Kalimantan, mereka terpesona banget dan bilang jadi pengen punya kewarganegaraan Indonesia. Tapi pas nanya temen2 yang pernah ke Kalimantan untuk mengkonfirmasi, saya malah diketawain karena nggak ada kehebatan2 Kota Baru yang diceritain klien saya itu.

  • Teori saya soal saranjana (diluar mistis)

  • Terlepas dari mistisnya kota Saranjana, Kotabaru adalah kota yang sangat indah,... sekali ke sana pasti kangen ingin ke sana lagi. Banyak pantai yang berbatasan langsung dengan pegunungan . Lirik lagu "Paris Barantai" yang jadi opening song Wonderland Indonesia 1 nya Alvy rev....-

  • Pengen gk percaya kalo kota SARANJANA itu hanya ilusi dan kota yang dibentuk masyarakat luas oleh imajinasinya. Tapi dari penjelasan kak nessie jadi yakin kalo kita ini hidup di bumi berdampingan dengan yang lain entah itu makhluk gaib dan makhluk lainnya. Apalagi kota SARANJANA ini saksinya sampek orang orang terkenal di indonesia kayak ari lasso, lebih ngerinya mereka bisa melihat dan menikmati musik kita tapi kita gak tau kalo mereka itu sebener benernya ada atau egk.

  • Keknya seru kalo jurnalisa, sara wijayanto dan kisah tanah jawa barengan telusuri kesana ✌️

  • Saya berasal dari kabupaten kota baru kalimantan selatan. Cerita soal Saranjana emang udah ada dari aku kecil. Cma kalo soal peradaban secanggih itu sih masih di pertanyakan smpe sekarang. Tapi, kalo soal musisi2 yang cerita soal warga saranjana emang bener. Jadi tiap tahun khususnya tahun baru, kotabaru pasti bikin pesta. Ada pameran dan konser2. Dan yg pasti mengundang artis2 ibu kota. Dan emang bener kalo warga yang nnton konser, pas bubaran acara cpet bnget ilangnya. Jadi acaranya itu dikabupaten kotabaru. Cma yang nnton banyak yg dari saranjana. Jadi pas acara selesai, mereka itu cpet bnget ilangnya. Itu sih yg sering terjadi. Jadi bukan musisinya yg manggung di saranjana.

  • Entah kenapa tiap ada tulisan "Kota Saranjana", gw selalu baca "Kota Sarjana" πŸ˜΅β€πŸ’«πŸ˜΅β€πŸ’«

  • saranjana yang emang bikin gua pnasaran bngt smpe skrng dan akhirnya nessie judge membahas nyaa lagii!

  • Sebagai mantan warga Kotabaru asli, this is my theories:

  • Gw org kutai asli kalimantan bener2 merinding kalo udh kota ini d bahas.. Mksih mbak dh mau ngasih pemahaman secara luas tentang kota mistis yg ada d tanah kami..

  • Aku sering denger cerita almh. nenek soal makhluk ghaib dan tempat tinggal mereka. Kami orang Banjar nyebutnya "orang halus". Nah, banyak orangΒ² jaman dulu tetangga tetanggaku itu kaya ga sengaja masuk ke dunianya orang halus, dunia ghaib. Dan hampir semua nih, cerita org hilang yg akhirnya ketemu di hutan atau malah jauh dari tempat dia hilang di awal, itu yg dia liat kota mewah, rumah mewah megah dll. Jadi aku percaya dunia ghaib itu ada, dan memang lebih mewah dari dunia kita gitu. Cuma ga tau itu termasuk saranjana juga cuma itu lah yg ku percaya dan orang orang sekitarku percaya. Dunia orang halus memang ada. Ya jelas memang begitu kan dalam agama? Jin itu ada

  • Dulu waktu masih SD wali kelas saya cerita, dia punya sepupu yg tiba2 menghilang, sudah di cari kemana mana tapi tidak pernah ketemu.. akhirnya 2 tahun kemudian dia tiba2 datang, dan anehnya dia muncul dari dalam kamarnya, sontak semua orang drmh pada kaget, dan dia bercerita kepada ibu nya minta buat jgn dicari lagi, karna katanya sudah menikah dgn salah satu warga saranjana, dan sudah memiliki anak, dia juga berpesan kalau dia rindu pasti bakal datang untuk menemui ibunya, dgn syarat si ibu tidak kaget dgn wajahnya yg tidak menua atau pun berubah, ini kisah saya denger langsung dari wali kelas saya , dan beliau sampai sekarang masih ngajar dtmpat saya sekolah dulu,

  • Akhirnya pengetahuan aku tentang saranjana terbayarkan sudah....karena penjelasan dari kak Nessie. Thank you kak Nessie dan team NCC

  • MasyaAllah, kerennya Indonesia

  • Akhirnya dibahas juga kota saranjana, penjelasan dari nessie bener" yang paling jelas dan gampang dipahami

  • Sama dengan di Bali, cerita2 dari orang tua (kakek, nenek, buyut) mengatakan bahwa ada mahluk tak kasat mata yg menyerupai manusia namun tidak memiliki garis lengkung dibawah hidung (di Bali biasanya disebut dengan Wong Samar), dan mereka juga bisa menikahi manusia biasa dan bisa pulang pergi ke alam manusia bahkan memiliki anak di alam mereka. Makanya dulu itu anak2 di kampung dilarang main2 ke tegalan atau ke hutan.

  • Terlepas dari mistisnya...pandangan masyarakat tentang kota ini tertentu berbeda.Hal yang bisa kita lakukan adalah menjaga kota kita masing-masing sebaik mungkin.Aku sih berpendapat Saranjana adalah "The Lost City" kayak Atlantis dimasa lalu.

  • ini yang aku suka dari kak nessie , g tau kenapa kalo nntn ka nessie kayak bikin penasaran gitu ceritanya gmna.. semangat kak:))