Kunto Aji - Pilu Membiru Experience (Official Music Video)

Dipublikasikan tanggal 13 Nov 2019
Kunto aji dan tim mengajak pendengar album Mantra Mantra untuk bercerita. Kali ini didampingi Mas Adjie Santosoputro sebagai praktisi pemulihan batin, kami mengumpulkan tiga teman yang memiliki kisah yang cukup mendalam terhadap lagu Pilu Membiru. Tujuan kami adalah mempertemukan mereka dengan Mas Adjie, berkonsultasi, sekaligus membagikan inspirasi kepada kita, bagaimana mereka bisa melewati masa sulit, titik terendah dalam hidup dan mencapai keikhlasan. Dengan sedikit kejutan, kehadiran saya, Kunto Aji secara langsung.
Semoga visual dan experience yang kami buat bisa menyampaikan nilainya dengan baik, bersama Adjie Santosoputro, ini cerita dari teman-teman saya Rama, Dede dan Sasha.
Praktisi Pemulihan Batin :
Adjie Santosoputro
Pencerita :
Dede Yulia
Natasha Hangraini
Rama Faishal
Narator Pesan Pilu Membiru :
Najwa Shihab
Iqbaal Ramadhan
Nadin Amizah
- Pilu Membiru Experience -
Conceptor by Kunto Aji & Novanjoh
Directed by Surya Adi Susianto
Written by Novanjoh
Production : Barde Films
Creative : Novanjoh
Producer : Jaka S Pradipta
Director of Photography : Chrisna Widiarsa
Post House : Parallel Studio
Offline Editor : Chrisna Widiarsa
Color Grading : Kenzo Miyake
Motion Graphic : Wiksy
Sound Recordist : Dinand Pasaribu
Talent coordinator: Athaya
Unit : Andhi liansyah
Visual :
Meja Bundar
Macmuro Design Studio
The Band :
Pandji Akbari
Afif Gifano
R.Riyandi Anda Putra
Marcellino Nugraha
Galih Priandha
Violin by Rolanda Sasongko
Band Production :
Bobby CB
Okta simatupang
Dimas pratama
Ari yudianto
Ayub iriandi
Photographer :
Alexis Calvin
Rpbby Yudha Phasa
Thanks to :
Ciputra Artpreneur
Fujifilm Indonesia
Elhaus
Polky Sound
MUSIC
Song Written & Composed by Kunto Aji
Produced by Ankadiov S
Mixing & Mastering by Okta Simatupang

Mantra Mantra
2019, Juni Records.
Based in Jakarta, Indonesia Kunto Aji is a singer / songwriter who have have the power create music that successfully touches the heart of many people. He releases his album ‘Mantra, Mantra’ last year, which has been praised by many because of his songwriting ability that revolves around life itself - to put it out, Kunto Aji creates something that everybody can relate to, he is the voice that represents the people. Now, Kunto Aji release a music video for Pilu Membiru, a song from his second album however this time he made an EP called “Pilu Membiru Experience” which features a slight different version of the original Pilu Member. Inspired by real life stories from his fan, Kunto Aji took this release not to tell about what the song means to him but also how others connected with it. The Pilu Membiru Experience EP also has audio commentary taken from people’s real life situation, and is read by Najwa Shihab, Nadin Amizah and Iqbaal Ramadhan.
More About Kunto Aji:
instagram.com/kuntoajiw/
www.kuntoaji.com
twitter.com/KuntoAjiW
#MantraMantra #KuntoAji #PiluMembiru #TimPiluMembiru

Komentar

  • Audio yang kalian dengar dalam klip adalah yang terbaik dari 3 take yang kita punya. Ada yang saya tidak mampu melanjutkan dan hanya menunduk sembari menenangkan diri di tengah lagu. Tho you can still hear the cracking voice , that was the best that i could do. Mohon maaf dan terima kasih banyak apresiasinya. Semoga pesan bisa tersampaikan dengan baik.

    • you're the real musician man

    • Terima kasih banyak sudah menghasilkan karya ini, terima kasih banyak

    • macam alm. chrisye ya.... pas recording "ketika tangan dan kaki berkata"

    • Bahaya.. sejuk mas.. God bless u !!

    • Aku tahan tahan sejak lama buat ga nonton ini. Dan hari ini, melihatnya untuk pertama kali. Deres air mata aku

  • beyond songs.....

  • kuat kuat kuattttt

  • 2019 Untuk aku yang tak lagi muda Yang terbiasa mengucap YA padahal hati TIDAK Yang hanya bisa tersenyum kecut untuk menutup kecewa Yang tak punya siapa siapa untuk di ajak cerita Terasa asing,sendiri dan usang Terimakasih sudah bertahan selama ini... Cambukan masalalu semoga bisa membuatku tak tolol lagi.... Untuk aku dari aku Kamu LUAR BIASA....

  • Hati yang gembira adalah Obat 😇

  • 2019 Tolong bangunkan aku dari tidur panjang ini Tahun terberat dari tahun tahun sebelum nya ,tahun dimna masih berstatus sebagai pengangguran,di mana hidup terasa kegini gini aja Teruntuk bulan bulan di penghujung tahun mu "selasa 25 November 2019 " di mna harus terima kenyataan dengan hti yang ikhlas, di tinggal orang tersaang ,bapak meninggalkan kita semua karna sakit paru paru ,sesal tiada arti , seperti benci terhadap diri sendiri, dimna belum bisa bahagiain bapk ,belum bisa jdi anak yg bisa bapak banggakan Pak... Tenang di sana , dimna bpk udah gak lag ngerasa sakit karna penyakitnya bapk Teruntuk 2020 di usia baru yang ke 23 tahun bertepatan dengan 100 nya bapk ,aku menaruh banyak harapan di tahun mu semoga tidak ada lgi pilu ,2020 tolong beri aku kebahagiaan :)

  • 02:09

  • Untuk kita semua yang merasa semua nya terasa mengecewakan,tetap kuat dan sabar ya,semua pasti akan lebih baik Semoga kita selalu bahagia ❤

  • aku lahir ga diharapkan, udh berkali2 coba digugurkan tapi ga berhasil aku tetep hidup dan lahir sehat.. org tua aku berpisah dr sblm aku lahir, papa ga tau dmn.. setelah aku lahir pun aku dititipkan dirumah nenek krn mama aku ga mau urus gw.. kakek nenek pun jd orang tua pengganti aku , aku panggil mereka “ibu dan bapak” disekolah sering di bully temen2 krn mereka bilang knapa ibu bapak aku udh tua.. sering ditanya knapa mama papa aku ga ada. waktu kecil pun gw jd sering depresi sering benturkan kepala kedinding krn merasa ga diharapkan org tua aku sendiri..merasa ga ada yg menyayangi aku.. akhirnya aku dpt kabar mama menikah lg dan aku akhirnya diajak tinggal bareng mereka aku diambil dr rumah nenek kakek.. harapan aku begitu tinggi mengharapkan akhirnya punya keluarga yg “normal” punya org tua yg lengkap.. tp ternyata mama dan papa baru aku sering bertengkar akhirnya mama berpisah . aku makin tertekan krn waktu itu sering liat orgntua bertengkar kadang pun kasar.. dan juga depresi karena akhirnya akan jd anak yg orang tuanya ga lengkap lg. setelah itu mama punya pacar baru dan setiap mereka bertengkar atau ada masalah pasti aku dijadikan pelampiasan oleh mamaku sendiri.. dimaki2, ditampar bahkan aku diusir.. krn hidup di keluarga broken home, merasakan jg tidak diharapkan orang tua kandungku sendiri.. aku pun berharap ketika menikah bisa punya keluarga sendiri yg bahagia.. agar anak aku ga ngerasain hal yg sama kyk aku, berharap bisa merasakan kebahagiaan dlm keluarga.. tapi malah dipernikahan itu aku disakiti berkali kali.. sekuat kuatnya aku mencoba bertahan kadang berpikir apa aku hidup dikutuk untuk sulit bahagia?! kadang lelah ingin mengakhiri hidup.. kadang ingin berhenti berharap bisa bahagia.. berharap punya keluarga yg bahagia.. yg “normal” 2019? skrgaku hanya bs mencoba bertahan “lagi” entah sampai kapan..

  • 2019? Dari umur 6 tahun mamah aku dipanggil dan sekarang hidup tanpa ibu,aku kuat karena mamah pernah berkata "jangan jadi orang lemah" dan sekarang umur saya sudah 15 tahun.im really miss you mom.semoga mamah tenang di alam sana ya mah i love you:)

  • 2019 Merasa tidak berguna, tidak sehebat saudara2 ku yg luar biasa, selalu sakit2 an dan menyusahkan, apalagi membanggakan mereka, jauh dari kata itu, selalu dianggap kecil dan remeh. Si manja, si bungsu yg tdk bisa apapun.

  • Pengen ktmu sma mas Adjie nya... Sprtinya butuh tempat yg tepat untuk bercerita 😭😭😭😭

  • 1000x Ritweet 1000x taplove

  • .

  • Masss makasih mas udah bikin nangis :")

  • 2019 Stress Masalah Kesepian

  • Poko nya ini udah paling the best keren bgt sumpah gw ikut mewek dong😭

  • 3× nonton ini baru nonton kmrn dan 3× nangis):

  • Luar biasa mas

  • Kerennn parahhh 🙌

  • Sejujurnya, saya ga terlau mengikuti mas kun, hanya tahu lagu2 yg booming dulu2, terlalu lama sendiri sama ekspetasi, trs baru tau ada launching ini itu juga dr twitter, pertama nonton, apasih ini, gangerti. Tapi Saya coba memahami, memaknai, dan coba denger "mantra2" nya mas kun, jujur baru saya denger 🙏 Dan ternyata, emang sebuah mantra yg menyentil hati, yg entah kenapa, hati ini ikut merasakannya. Dan setelah ditonton kembali, air mata jatuh begitu sj tanpa permisi, beneran, 2019 merupakan tahun yg betul2 sunyi, sepi, merasa tak berguna, problem maker, rasanya sy udh gaberharga, Semoga kedepan bisa mulai memafkaan diri, bangkit

  • Terimakasih untuk lagu yang membuatku tidak pernah merasa sendirian 2019 dibuat sangat manis sekaligus pahit Manis, karena banyak sekali pengalaman baru yang Tuhan ajarkan dan Tuhan perlihatkan. Pahit sekali, karena ditahun ini banyak kegagalan, penyesalan, penolakan, dan direndakannya aku oleh mereka:) Aku yang gagal masuk ptn, aku yang gagal saat test cpns, aku yang menyesal tidak belajar semaksimal mungkin, aku yang menyesal karena terlalu banyak membuang waktu berhargaku untuk orang orang yang menganggapku 'tidak ada dan tidak berguna', segala penolakan untuk aku yang begini adanya, aku yang kurang, aku yang berlebihan, aku yang tidak rupawan, dan mereka yang kadang tidak bisa diajak berdialog untuk saling berkeluh kesah tentang masalah hati dan tekanan dari yang mereka sendiri berikan, sampai akhirnya aku hanya dianggap lemah dan tak berguna:) 2019 juga memberikan banyak arti tentang kehilangan, aku yang sudah kehilangan mama dan papa. Tahun ini dimana aku semakin merasa membutuhkan mereka:) membutuhkan segala nasehat mereka, pelukan mereka, dan kasih sayang mereka. Aku yang sendiri harus berjuang untuk hidup, harus menuntut diri untuk kuat tanpa punya tempat untuk pulang (orang tua) , aku yang kadang merasa kehilangan semangat, aku yang kadang merasa kehilangan rasa kasih sayang, dan aku yang kadang merasa kehilangan arah, kemana aku akan lari, bersembunyi, berkeluh kesah, dan menyampaikan segala keresahan hati ini? Terkadang kaki ini sudah tidak sanggup untuk berpijak, mata ini sudah tidak sanggup untuk membendung, tangan ini sudah tidak sanggup untuk meraih, dan telinga ini sudah tidak sanggup untuk mendengar. Aku yang kehilangan keramaian, aku yang kehilangan kedamaian disaat aku mulai merasa sendirian. Terimakasih 2019, engkau sangat berharga untuk aku dimasa depan, terimakasih sudah membentuk hati dan kaki yang lebih kuat dari bisanya, terimakasih sudah membendung airmata lebih banyak dari biasanya, dan terimakasih sudah menahan rindu yang lebih banyak dari biasanya, 2020 akan sangat luar biasa karenamu, dengan kita yang baru dan kita dengan segala cerita barunya:) Dan terimakasih mas Kunto Aji :)

  • Baru ini VM bisa bikin saya nangis sesegukan inget alm adik 😭😭

  • 2019 Kok gue ngga ngerasa apa" ya ama lagu ini?, Apa hati gue dari batu, tapi gue ga mau boong sama hati dan ke suggest ama orang" yg comment bilang kesentuh. Kalo dibilang hidup gue pait ya pait, tapi semua ga harus di sesali dan di renungin, hidup harus terus berlanjut, meski berat melangkah. Hidup bukan untuk dibanding"in, ngerasa paling menderita lah, semua orang punya masalah sendiri" yg juga belum selesai.

  • 2019 tersenyum adalah bentuk professionalism gak semua kondisi bisa di senyumin. tapi aku professional.

  • Mah, terima kasih telah melahirkan aku Aku yg masih berjalan sendiri Merespon bentuk bahagia Aku yg kini mulai fasih memikul rasa sedih dan kecewa Aku yg terus menyamankan dari cara takdir membagikan ilmu ikhlasnya.

  • Masih terus bertahan dengan tatapan yang terlihat sinis, masih terus bertahan dengan kebenaran yang terus dipendam, masih terus bertahan dengan hati yg terus sakit, masih terus bertahan dengan bibir yg terus terlihat senyum. Teruntuk kamu yang masih bertahan dikala takdir yang tak kunjung berubah, KAMU HEBAT!

  • Lagu nya terbaik ❣

  • Terima kasih untuk lagunya. "Pilu Membiru" mengajarkan saya yg begitu kurang bersyukur karna masih dikelilingi orang orang yang begitu menyayangi saya. Namun selalu saya tutup hati & pikiran saya dengan pandangan buruk terhadap mereka. Semoga akhir tahun 2019 ini menjadi akhir dari pandangan,perasaan buruk ku kepada mereka. Mungkin aku tidak akan bisa mengubah ego ku yg begitu besar, tapi semoga besok aku bisa menjadi lebih bersyukur & menghargai mereka(suami, orangtua & keluargaku) semoga juga aku bisa menjadi ibu yg baik, penuh kasih sayang & bersikap lembut kepada anakku selagi aku masih bisa memberikan semua itu kepada anakku❤️

  • Begitu piciknya diri ini seolah-olah hanya aku saja yang merasakan kepahitan, sakit, luka dan duka. Ternyata aku tidak sendiri, ternyata masih ada orang lain yang lebih terpuruk daripada aku. 2019 sebentar lagi akan berakhir dan ini bukanlah tahun yang mudah untukku dengan segala problematika yang kuhadapi. Mulai dari kendala di diri sendiri, perkuliahan dan entah berapa kali aku mengecewakan orang tua dengan yang namanya "Wisuda". Ingin cerita dan meluapkan emosi ini semua, tetapi tidak tau ingin mengungkapkan kepada siapa. Minuman keras? Narkoba? Terlalu ekstrim buatku untuk melakukan hal itu. Aku hanya ingin bercerita tentang ini semua kepada entah siapapun dia dan berharap dia ada untuk cerita ini. Ma, pa, aku anak yang belum sempurna, anak yang masih mengecewakan kalian, anak yang masih sering melakukan kesalahan. Tapi ma, pa, percayalah, kelak aku akan menjadi anak yang berguna, setidaknya untuk kalian berdua. Janganlah bosan untuk mengingatkanku, memarahiku, menasehatiku karena itu adalah suatu bentuk kasih sayang yang paling besar dari kalian untukku. 2020 semoga tahun yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dan apa yang belum bisa tercapai di tahun ini mudah-mudahan tercapai di tahun 2020. Terimakasih untuk orang yang menyempatkan membaca tulisan ini. Hanya ini caraku untuk mencurahkan dan mengungkapkan apa yang ada pada diriku. Dan terimakasih untuk mas Kunto Adjie telah melantunkan bait-bait yang indah. Semoga ini bisa membuatku sedikit lebih berarti. Manado, 4 Desember 2019. 11:46 WITA Dasdo Damanik

  • 2019 Semoga kedepannya jauh lebih baik, dari sebelumnya

  • trimakasih mas kun, musik mu berguna untuk orang lain

  • trust your self, you do!✨

  • 2019?? Masih kurang bersyukur, selalu berusaha senyum bagaimanapun keadaannya, gak pernah mau ngelihatin kelemahanku.

  • Pengen tahu alasan apa untuk orang orang yg dislike video ini :')

  • 2019 menjadi tahun terberat karena harus kehilangan seorang ibu yang sanagat sangaaaat berarti dalam hidup saya sampai saya sempat berfikir untuk apalagi hidup jika tdk brsama ibu yg slama ini saya sayangi n saya cintai

  • 2019 Tahun dmn sy semakin memahami apa makna sabar dan ikhlas. Memahami apa makna hidup. Di balik semua tetesan air mata yang jatuh selama saya hidup di muka bumi, saya sangat berharap dan bertekad bahwa tangisan ini akan menjadi senyum kebahagiaan di akhirat nanti. Kebahagiaan yang hakiki dan tak berujung. Aamiin.. Bismillah..

  • Syukur semestinya terucap dari hati, tapi kenyataannya belum bisa kulakukan karena ku tidak menyadari hal apa yang ada di sekitar ku, ku hanya ingin lebih karena ku tak menengok duka di kanan kiriku. Terimakasih mas kunto aji, lagumu sangatlah membuatku tahu apa arti syukur itu.

  • Waktu temen2 putar mantra2. Aku biasa aja, "lagu apaan sih ini?" Gada sesuatu yg wah But, semua berubah setelah nonton scr lngsng. Ngerasain setiap detaknya musik. Seolah merasuk sangat dalam. Menyenggol luka lama yg harusnya sudah terlupa. Disitulah semua perdebatan dimulai. Menjelajahi setiap mantra2 yg tersedia untuk mengobati luka. Atau setidaknya meredakannya. Thanks Bang

  • Ketika kehilangan yg tak mampu di pertahankan