Lapor Politisi Top ke KPK, Taktik Politik 2024? - ROSI

Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
KOMPASTV - Sejumlah politisi top dilaporkan ke KPK terkait dugaan korupsi. Beberapa nama yang dilaporkan yakni Ganjar Pranowo, Erick Thohir, hingga Basuki Tjahaja Purnama.

Selain politisi tersebut, dua anak Jokowi yakni Kaesang dan Gibran juga dilaporkan ke lembaga anti-rasuah. Publik menilai, tindakan lapor politisi top ke KPK bagian dari dinamika taktik politik 2024. Benarkah?

Selengkapnya hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Ubedilah Badrun (Pelapor Gibran & Kaesang/ Dosen Universitas Negeri Jakarta), Adhie Massardi (Presidium Poros Nasional Pemberantasan Korupsi), Ruhut Sitompul (Politisi PDI Perjuangan), Adi Prayitno (Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta), dan Eko Kuntadhi (Pegiat Media Sosial) dalam ROSI Eps. Lapor POlitisi Top ke KPK, Taktik Politik 2024? Tayang Kamis, 13 Januari 2022 pukul 20.00 WIB hanya di Kompas TV, Independen Terpercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya. Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi KompasTV





Artikel ini bisa dilihat di : www.kompas.tv/article/251444/...

Komentar

  • PELAPOR JIKA DATA TIDAK TERBUKTIK ATAS SI PELAPOR... MAKA PELAPOR WAJIB DI LAPORKAN ATAS FITNAH ATAU HOAX ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK...

    • Ubbed,,, siap2kah karena pelaporanmu hanya berdasar perasaan bukan fakta, maka anda akan dilaporkan balik.

    • kalau tdk dapat bukti yg otentik.harus di lapor balik.karena sdh merusak nama baik orang

    • Apa salah bila Ada kkn dilaporkan? Kami rakyat bisa lihat lihat yg mana emas yg mana long.

  • Jangan biarkan tukang fitnah meraja lela dan menghalalkan segala cara, ringkur segera tikang fitnah agar jangan Negeri ini jadi Negeri Fitnah, Jaya NKRI, Damai Nusantaraku,

  • Tanpa bukti jelas Ubedillah Badrun harus dilaporkan balik dan proses hukum , sbb merupakan pencemaran nama baik, hoaks dan Fitnah

  • Memang publik yg akan menilai,& penilaian publik ialah betapa konyol nya badrun yg telah melaporkan gibran & kaesang ke KPK namun tdk bisa menunjukan bukti.

  • Semoga KPK tidak jg ikut bermain .kita masih yakin dan semoga KPK selamanya menjadi lembaga hukum yg netral dan bekerja buat membasmi para koroptor tanpa tebang pilih. Libas habis semua koroptor yg menggrogoti .basmi ulat bulu negara ini . Semoga jauh dr kepentingan golongan

  • Sebenarnya, siapa melaporkan siapa tentang APA itu sah-sah saja. Apakah dasarnya "dendam politik" atau alasan lain, monggo saja. ASAL (saya kira ini yang kita harapkan sebagai masyarakat), APAnya itu bukan kebohongan, bukan fitnah, dan merupakan hal-hal yang memang secara substansial betul-betul mengandung unsur-unsur pelanggaran hukum dan etika. Saya yakin kubu mana saja yang ada di negara ini sama-sama ingin menegakkan "good and clean governance," kecuali kubu yang diam-diam sengaja ingin menyembunyikan kebusukan.

  • Waspada dan cermati narasi para kadrun2 yang cari pengikut untuk bikin gaduh menjelang pilpres. Wahe rakyat NKRI yang cerdas pakai logika ikuti yang lurus benar .kita bersatu hancurkan kadrun2 yang lagi gentayangan.

  • Korupsi adalah kejahatan luar biasa, gagal pikir dan gagal analisa jangan dipakai sebagai alat pelaporan, data dan fakta adalah salah satu alat bukti sebagai alat pelaporan hindari prasangka yang membuat nama seseorang baik seseorang menjadi jelek, pergantian pemerintahan harus dimulai dengan kebiasaan yang baik dan benar dan keutuhan negara dan bangsanya harus dijaga dan dirawat sebaik baiknya. Harta, kekuasaan, dan jabatan hanya sementara saja tetapi keutuhan dan persatuan NKRI harus dijaga dan dirawat sebaik baiknya. Bangunlah NKRI dengan baik dan benar dengan berketuhanan, berperikemanusiaan dan berkeadilan. Semoga Indonesia bersatu dan saling membantu untuk kemajuan Indonesia. Aamiin

  • Lapor harus bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai fakta, bukan duga'an duga'an.

  • Kalau pelapor tidak di dasari dengan data dan fakta jika tidak terbukti bisa di laporkan balik karena itu sama aja dengan fitnah dan pencemaran nama baik 🙏🙏

  • Siapkan aja dulu bukti valid baru melapor kalo gk ya siap2 dilapor balik. Hukum sebab akibat!!!

  • Gak ngurus bro pokok Indonesia makin maju pantang mundur semoga Allah SWT memberi negara Indonesia tambah makmur dan sejahtera semoga Allah SWT meridhoinya

  • Betul, semua ini settingan utk orang2 jujur dan tegas. Kayaknya pejabat2b yg tidak jujur gerah atau takut jarahannya hilang😢

  • Tidak perlu di perdebatan soal lapor ini Mereka ini mencari. Calon yang Mereka mau .seperti Anis Baswedan SBY . Ini kan orang " yang tidak punya Mata hati sama sekali . Insha Allah yang benar pasti bersinar . Cara bicara saja sudah dapat di tembak . Kumpulan pendengki.

  • Pak Ubed, jika anda mengatakan anda aktifis'98, mengapa dulu anak-anak Soeharto dan anak-anak SBY tdk anda laporkan praktek Korupsi mereka ? Pak Masardi, jika anda ingin Capres 2024 bersih dari Korupsi, mengapa anda tidak melaporkan juga AHY ? Apakah karena anda kader Demokrat ? Pelaporan bapak-bapak harus adil, jgn tebang pilih 😁

    • Ya golongan Anda aja yg nglaporin ..kok protes ...gampang Khan

    • Biarkan saja kira rakyat menonton saja

    • Jika pertanyaan nya sprti ini sy sebagai RAKYAT SAJA mampu menjawab, Jwban prtnyaan 1 : krna anak2 SBY dan soeharto tdk ada praktek bisnis sprti mas kaesang Jwban prtnyaan 2 : knpa AHY tdk di laporkan, krna AHY tdk mendapatkan investasi sprti mas kaesang Jadi laporan bpk2 itu bukan tebang pilih, dan ga asal2an. Semua berdasarkan fakta apa yg telah terjadi

    • @Muller Sitohang keluarg SBY Harto ngk ada yg brani laporin. Padahal rakyat udh th. Brp kekayaany. Ibas blm lama bisni tapi dana ny udh ratusan milyar. Kok ngk ada yg nyiyirin.

    • Betul skli'orang 2"ini yg bkal mnimbul kan ke gaduhan di negri ini'

  • rakyat sekarang tidak bodoh apa yg mereka bayangkan,lapor melapor sudah hal lumrah dalam politik,apa pun bisa dilakukan sekalipun menjegal kawan seiring begitu busuknya politik,halus menikam dari belakang.hukum beda jauh dg politik sudah ada aturan main,siapa yg murni bersalah ya harus dihukum sesuai dg kesalahan.

  • Sedih dengan keadaan negri ini, orang2 baik orang2 jujur mala di fitnah.

  • Politik memang kejam!

  • apa pun diperbuat partai politik tentang calon peminpin negara ini masyarakat sdh mulai pintar untuk memilih karena sdh berkali kali kecewa atau dikecewakan yang terpilih yang selama ini hanya memikirkan kepentingan pribadi dan golonganya, bukan memikirkan rakyat.

  • masyarakat INDONESIA sekarang sudah pintar2 bisa menilai apa yang sedang terjadi bung..... MAJU TERUS NKRI JAYA ✊🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩✊

    • Masyarakat Indonesia SDH PD pintar .biar kaya apa SDH punya jagoan di pil pres. Kho repot" amat sih

    • j

  • Yang melapor, tentu mempunyai "data awal" patut dapat diduga, terindikasi adanya, tindak pidana korupsi. Jangan melebar, dan menuduh, ada sangkut paut dengan tahun pemilu, terkait dengan orang orang yang akan ikut, menjadi calon ini, dan calon itu dalam pemilu.. Kalau semata mata merusak reputasi seseorang, apakah yang ngelapor, tidak mempunyai "bukti awal" ? Bukti yang lebih kongkrit, tentunya berdasarkan "bukti awal", hal tsb tentunya harus dilakukan pembuktian, melalui penyelidikan oleh pihak berwenang dalam hal ini KPK, berdasarkan bukti awal, karena merekalah yang mempunyai, "LEGAL STANDING" yang tidak dipunyai wewenang tsb oleh si pelapor.

  • Saya sangat salut sama pk Ubed, krn dia sangat berani mempermalukan dirinya sendiri.

  • MELAPOR HARUS BAWA 2 BARANG BUKTI YG FALID JANGAN HANYA BAWA 2 TELOR DG MODAL KEBENCIAN DAN BALAS DENDAM .

  • Segera Tanda Tangan BAP lah bang UB trus katanya segra dilaporkan yg lain… kalau tidak dan tidak terbukti oleh KPK berarti anda sedang melakukan PENCEMARAN NAMA BAIK.

  • Pelapor bisa saja ngeles tapi klo masaalah sakit hati tidak ad orang yg tau tapi masarakat bisa membaca siapa mereka

    • Dki warga i cari pemimpin yg beragama dan beriman dan berakhlak serperti pa anies

  • Pelapor harus punya bukti kuat, klo ga ada bukti kuat cuna bertujuan merusak nama baik.

  • Intinya kalau melapor harus menyertakan bukti... Bertele tele banget.... ternyata orang yg di anggap pinter masih pada goblog...

  • Terus sering diadakan debat seperti ini lanjutkan mbak Rossi

  • Udah sekarang rakyat sudah pinter" Udah ga percaya lagi dengan isu"salam waras

  • Jujur memperhatikan cara membangun argumentasi dari Ubed yang adalah dosen justru membuat malu kampus dan mahasiswanya

    • Tar si badrun gw laporin dengan dugaan dugaan gw deh 😂😂😂

    • @Harry Harry 😂😂😂😂pinter

    • BLBI dan Hambalang kok ndak dilaporkan ?

    • @valko dedo betul banget bro...

    • Ubed Ubed..haaaa...

  • Nggak Se 7 apa2 kok di.Kait2kan dengan Politik...,Semua Harus Di Uji di Pengadilan,.Yang Jelas. ..Kalau pakai dat dan Fakta yang bisa dipertanggung jawabkan,.apa yang salah...jangan..di goreng2 dengan Dendam dan Lain2. ,Natural saja... Dasar nya Bukti ,Data dan Fakta.yang Valid dan Solid,jangan dikit2 Politik..

  • rakyat skrng udah cerdas semua...bisa membeda kan baik dantidak..salah dan benar

  • Para pejabat saling salah menyalahkan, demi mendapatkan reputasi

  • Semua org juga tau kali, partai mana yg suka sebar hoax & fitnah🤣

  • Politik memang kejam kadang di luar nalar, melukai diri sendiri pun di lakukan.

  • Jika tidak terbukti untuk kesalahan Gibran dn Joko Widodo bisakah bertanggung jawab

  • Masyarakat kecil udah pintar.. Tau mana yg tulus mana yg gak

  • Salam saya orang Kalbar Rakyat sudah cerdas memilih !

  • Ga usah pada membela yg di lapor maupun pelapor .. semua akan di azab sesuai upah nya . Masing masing

  • Betul.....pelapor jika tidak ada barang bukti.pelapor wajib di laporkan .fitnah lebi kejam dari pada pembunuaan......

  • Etika berdebat sangat minim disini, provesionalnya terlihat disini.

  • Semua berawal dari niat. Kita tunggu saja kelanjutannya pelaporan ini. Cuma sebagai orang awam jika laporan yg dibuat tidak terbukti apakah langsung selesai begitu saja?

  • Rakyat ga gelisah yg gelisah itu ubed bukan rakyat,karena ubed pengen pks jadi atau anis ga di laporkan.

  • Dgn menyebutkan kata Buzzer itu saja Adi Massardi sdh membuka mksdnya sendiri bahwa : dia memang memiliki motif yg tdak benar dgn pelaporan ini.. sungguh barisan sakit hati.. 😏😏

    • Dulu oposisi membela rakyat.murni,sekarang oposisi di jadikan tameng untuk membek,ap orang lain seolah"benar sendiri, rakyat menunggu masa depan indonesia, rakyat suda tau menilai mana oposisi yg baik,saya dukung tapi... Awas jadilah oposisi yg adil untuk semua orang..???

    • setuju

  • Gimana indonesia mau maju ?? Jika para pejabat negaranya saja masih saling menjatuhkan ! Gimana dengan nasip rakyatnya ?!

  • Pelapor gak ada bukti falit tiba2 unyuk unyuk lapor orang itu ma otak' nya miring,,orang seperti ini hrus di lapor balik dn jeblos kan penjara sesuai. Undang undang berlaku

  • Kalau kelompok dilaporkan pada ribut, tapi kalau kelompok.lain merasa paling benar yang penting kalau tidak salah kenapa harus ribut buktikan saja

  • Ribut kagak ada pengaruh nya buat rakyat , ada kutu loncat politik

  • Oposisis selalu bersikap kurang/tidak netral atau dgn kata lain *mencari kesalahan* dari pihak pemerintah

  • Waspada teror gaya baru, mau teror fisik takut dilibas Densus-88, sekarang menggunakan teror pembunuhan karakter. Tujuannya sama ingin membuat gaduh negeri.

  • Masyarakat indonesia sudah tau yg busuk sama yg bener..sudah pinter...!!!

  • Dosen ini cocoknya jdi apa ya!?? Rosi sampai ngakak. Omogonnya gak nymabung😂😂😂😂😂

  • Saya suka dgn cara seperti ini' jadi yg bener ² bersih, maka dia layak untuk menjadi pemimpin di NKRI.

    • sebenarnya bagus bro,,,,cman pilih pilih itu yg jd pertanyaan,,,knp yg surveinya tinggi tinggi yg d.lporkan,,,,pk.anis pk.ganjar pk.erik pk.gibran,,,,sedangan masih ada yg tinggi gk d.lporkan contohnya pk.prabowo pk.sandi bu.puan pdahal survenya jg lumayan tinggi😄😄😄

  • Bagaimana Indonesia ini bisa maju dan makmur sesuai dengan cita2 waktu mendirikan Republik ini, kl di Indonesia banyak orang yg berbuat semaunya, ribut bikin keruh seperti ini

  • Gk perlu ada bukti, tp cukup ada dugaan... 🤣🤣🤣🤣

  • Gimana KKN bisa di hentikan kalo tiap pelapor yg punya kekuasan di jegal, pndukung penguasa benci suharto tpi ngedukung sistem KKN yg mirip soharto. Mikiiirrr

  • Apa si yg namanya dendam politik, Gawat nih negara.

  • Aku suka dg cara Rosi tertawa...!

    • Menit berapa??

    • 😂😂😂😂

  • Bukankah hukum itu sifatnya perdata ya bukan duga menduga 😂

  • Dosen mau terkenal tapi malah blunder gak bisa debat karena memang asal nuduh tanpa bukti kuat

  • Pelapor Cuma Cari panggung saja,,,atau ada pesanan dr politisi Busuk yg Takut kalah berkompetisi,,,Yg sudah jelas kasus,,,nya Sdh clear,,,dan d nyatakan tdk ada masalah,,,melalui proses hukum

  • simple aj, klo GA terbukti d laporin balik aj...negara tdk butuh orang2 yg haus kekuasaan dgn cara2 tdk benar.

  • Fakta bisa dibalik, presepsi bisa diubah, ludah bisa dijilat kembali, apapun yang terjadi, yang penting jangan terjadi keributan.. Semoga para tokoh2 yang bersangkutan, apapun tujuannya, memilih jalan yang aman bagi rakyat..

    • Media TV ini mestinya kalau mengundang narasumber coba yg mempunyai kapasitas, sehingga mencerdaskan, orang seperti Eko kuntadi ini Baground nya buzzer, narasinya sama sekali tidak mencerdaskan, cenderung sentimen, tidak obyektif..

  • " Berani melaporkan berarti cukup bukti"

  • Walaupun di laporkan ke kpk klau tdk terbukti bersalah itu tdk akan berpengaruh pada pencapresan.justru yg melaporkan yg akan runtuh. Tapi klau sebaliknya jika terbukti bersalah maka jgn mencari pembenaran. Salah ya salah benar ya benar

  • Niat pelapor yang tidak mempunyai alat bukti permulaan yang cukup maka niatnya jelas merusak nama baik orang.

  • Lapor balik kalau tdk terbukti... Jgn sampe lolos org seperti ini

  • Kalau yang melaporkan dan tidak terbukti bersalah Badrun harus di penjara seberat beratnya karena mencemarkan nama baik .

    • @Heryati Heryati kamu kurang jalan jalan bagai katak dalam tempurung tidak tahu dunia luar . Kaesang punya bisnis bukan di Indonesia saja . di Singapura juga punya bisnis . di Malaysia Kaesang juga punya bisnis . di Malaysia lo jalan jalan di bukit bintang nanti akan kedainya Kaesang . macam Lo kurang perjalanan

    • Anak kemarin punya duit ratusan m duit darimana yaa😂

    • === haa.. haa.. haa... MA'AF.. COBA BACA KEMBALI TULISAN MU... KURANG JELAS MAKSUDNYA....!!!!!!

  • Mas adi sebagai pengamat setahu sy awalnya anda sangat2 sejati jujurnya.ko sekarang anda terlihat benar sebagai pengamat cari bayaran,ingat yg lihat dan dengar anda tdk cari bayaran,bahkan lbh pinter dr anda.terima kasih.

  • Kalo korupsi kkn harus dinersihkan jangan diplintir"lah Ri1 pejaat hrs nersih dr korupsi kkn... jangan jatuh ketangan korupsi kkn saya pikir...!!!!

  • Kita tunggu aja kelanjutannya, semoga segera ada keputusan dari pengadilan. Kl gak terbukti siap2 adi masardi n dosen pekok masuk sel 🤣🤣🤣

  • Ga ada balas dendamlah, klo ada bukti ya ga ada masalah, biar KPK yg bekerja.

  • Bicara perusakan hutan, pembukaan lahan paling masif ada di jaman SBY, jadi seharusnya yang anda wajib lidik seharusnya dia, keluarga, n the gank Mas Adi 😀😀

    • @Dadevil's apanya yang dilaporkan?? 🤔🤔 Itu pemberian ijin pembukaan lahan secara legal melalui Keppres dsb. Dan data pembukaan lahan secara masif di masing-masing rezim ada data validnya baik di kementerian maupun lembaga lain.

    • Nahh harusnya itu, mungkin dia takut haha

    • Lapor saja jika anda punya bukti ....

    • Iya bener tu .

    • Ingat kader Demokrat bupati PPU baru ditangkap bro kenapa kok ditangkap kenapa gak tanya begitu masarsi?

  • *Tuduhan samar mengambang,, asumsi pribadi,,,nekat,,bayaran ga seberapa,,,resiko prodeo kalau tak terbukti*

  • Ditanya kaitannya antara Korupsi, Nepotisme jawab nya biar KPK yang usut. Kalau gitu kenapa gak suruh aja sekalian KPK melaporkan Gibran dan Kaesang ke KPK 😆

  • Cara" busuk untuk berpolitik..gimana negara klu mau aman klu para tokoh politik cuman buat gaduh..

  • Menuduh tanpa bukti itu sama dengan fitnah.

  • Biar aja dilaporkan, klu niatnya sdh tdk baik apalagi tujuan menjegal org cm utk kehidupan dunia.. Jgn kuatir skrg rakyat makin pinter jd gk ngaruh kita makin yakin sm org yg dilaporkan... Yg melaporkan kurang kerjaan

  • Kadang gua bingunng sama acara ini, mediator/pembawa acara terkesan ngga objektif wkwkwk Ada komentar balas dendamlah, tugas kita sebagai rakyat memang mengawal jalannya pemerintah, lapor/melapor itu hal yg wajar toh penanganan lanjutan sudah ada pihak yg berwajib dibagiannya.

  • Adi prayitno analis cerdas dan jujur apa adanya, senang dengarnya nggak kayak politisi yang jujurnyapun meragukan

  • Pertanyaannya kenapa perusahaan itu menjadi tumbal kebodohan

  • Hukum itu berlaku untuk seluruh warga negara termasuk Ruhut Sitompul kalau bersalah jangan ngeyel tunggu putusan KPK.

  • tenang aj...kita mkin sayang ko sm yg d laporkan ahok,ganjar,kaesang,gibran,erick ttp sukses smngt ya semoga kebenaran terbongkar

    • Enak yaaa...lapor...lapor saja...biar KPK yg mencari barang buktinya...hebat skali cara berfikirnya 🤣🤣🤣

    • Dukung dan kawal terus orang2 baik seperti mereka🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    • Iklan gratis

  • Wait & see, coba ingat saja 2 orang yg lapor ke KPK suatu saat nanti akan malu lihat kebodohan dirinya yg merasa benar

  • Sang Dosen dan Adi Masardi apakah sdh siapkah dilaporkan ?

  • Hahaha ngakak liat yang ngelapor bingung 🤣

  • Biasa ...mereka mau mencalonkan dari kubu tukang fitnah ...dan penjiplak kebijakan daerah...

  • Saya ngakak dengar pa UBED punya penjelasan 😂😂😂😂.....

    • dan bulat buncitt🤣🤣😂😂

    • blagapan kya perutnya yg buncit seperti kodok sawah🤣😂😂😂

    • Dosen apa tuh

    • Masak dia dosen?

  • *Urusan lapor melapor hak semua orang tapi dukung dgn bukti yg akurat...jika cuma sembarangan lalu bikin ribut...rasanya pengen gaplokin mulutnya 😠😠😠*

  • Rakyat indonesia sudah pada pinter pinter,sampai kapanpun ngga bakalan suka sama manusia yg suka bohong,kerjanya cuman bikin isu,laporanya palsu.

  • Berjuang untuk kebenaran jangan dibilang balas dendam, itu namanya gagal paham

  • Y sdh lah kalau ini tidak terbukti yg melapor lapor ini hrs dilaporkan balik supaya mendidik Rakyat.

  • Kalau ada yg dilaporkan ke KPK gak masalah ,yg penting ada bukti awal ,dan yg dia ketahui,. Kenapa jd alergi kalau merasa bersih siapa takut ,maju terus para pelapor selama punya bukti2 siapa takut ,biar para colon pemimpin negeri ini,

  • Kasih hancur mulutx kalau tidak terbukti laporan mereka

  • Ribut2, saling sikut utk berebut kedudukan..apalagi yg membela calon terduga koruptor..ini lah ciri2 org pembohong.

  • Kita masyarakat, udah gk mempan,cara kaya gitu ,gk heran masyarakat udah pintar,itu cara kuno gk lucu

  • Tegakkan hukum secara berkeadilan dan tegas.

  • politik itu memang busuk,tapi jgn busuk yg negatif,kalau emang benar sy sumpahin mati ketabrak mobil, tetapi kalau ga bener,sy sumpah in yg ngelaporin mata dgn sengsara 7 turunan.

  • Rakyat juga punya tangung jawab pd pejabat yg salah langkah. Tangung jawab rakyat memecat pejabat. Yg salah drun dan membangkang pd rakyat.

  • Kalau tidak terbukti ya ..anda siap2 saja pa dosen ubadillah .