Lebih Dekat dengan Gus Baha (Part 1) | Shihab & Shihab

Dipublikasikan tanggal 29 Jul 2020
Keluarga Shihab kedatangan tamu spesial dari Rembang, Jawa Tengah, yakni Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha. Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidul Qur'an LP3IA ini, menjawab pertanyaan netizen yang penasaran dengan sosoknya.

"Saya ndak punya WA (WhatsApp)," begitu celetukan spontan Gus Baha ketika ditanya tanggapannya mengenai dakwahnya yang viral di media sosial. Aplikasi pesan singkat saja tak punya, apalagi mengetahui bahwa videonya viral. Gus Baha mengaku tidak peduli ketenaran. "Jadi komitmen hati saya ini hanya ingin mengenalkan ajaran Allah ini indah, ajaran Allah ini solusi. Saya tidak pernah kepikiran kalau itu jadi viral atau terkenal."



(Narasi)

Tonton juga Shihab & Shihab eps. [Lebih Dekat dengan Gus Baha] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link di bawah.
Part 1 - bit.ly/3jWzBkM
Part 2 - bit.ly/2D1XO8M
Part 3 - bit.ly/3fhSYkO

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

Tonton konten lainnya juga di ID-tv Channel:

- Narasi bit.ly/SubscribeID-tvNarasi

- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom

- Narasi Entertainment bit.ly/SubscribeYTNarasiEntert...

- Narasi Stories bit.ly/SubscribeNarasiStories

- Narasi Talks bit.ly/SubscribeNarasiTalks

- Narasi Sports bit.ly/SubscribeNarasiSports

Jangan lupa subscribe yaa..

Follow:

instagram.com/najwashihab

twitter.com/NajwaShihab

facebook.com/najwashihabo...

Komentar

  • "Bersyukur itu.. ketika Menerima Sesuatu diRasa Banyak. Tapi Kalau Memberi Sesuatu Selalu Merasa Itu Sedikit". M.Quraish Shibab

    • @abubakar shammakh Kalau khawarij gmn bro ? soalnya hadits Nabi itu bunyinya mewaspadai khawarij, ga ada golongan selain itu

    • @abubakar shammakh gmana bro

    • Ya syiah

    • Bersyukur itu ketika menerima sesuatu dirasa banyak. Tapi, kalau memberi sesuatu selalu merasa itu sedikit. M.Quraish shihab.

  • Gus Baha = Salah satu contoh dan panutan Kesederhanaan seorang ulama dg ilmu agama yg sangat luar biasa ...Smoga beliau sll dlm lindungan Allah SWT Aamiin YRA

  • Trenyuh dan bangga saat mendengar penuturan Gus Baha,bahwa saat dia dikenal semua orang..itu merupakan turun tangan Allah dlm penyampaian ilmu Allah.masya Allaah

  • Terima kasih, saya jadi tau kalau level tertinggi kekayaan itu adalah rasa syukur yg selalu merasa cukup. Ya Allah semoga lebih banyak orang2 yang meneladani sikap seperti beliau berdua, mencintai sesama dan selalu rendah diketinggian ilmunya.

  • Gaya dakwah Gus Baha seperti hal nya dakwah para wali2 terdahulu saat agama ini masuk nusantara. Santai,mudah,lembut,dan sangat bisa terima di masyarakat yg mayoritas sedikit sekali pengetahuan Islamnya.

  • Maa syaa Alloh, Alhamdulillah, hadirnya Gus Baha merupakan berkah bagi Indonesia.. Dakwahnya selalu menyentuh, penuh hikmah... Semoga Alloh panjangkan usia beliau berdua... Dan seluruh ulama pesantren yang ikhlas dalam mendidik para santri..

  • Yang sangat berkesan selain ilmu beliau (gus Baha), yaitu adab saat bicara/menjawab pertanyaan lawan jenis. Benar benar panutan umat. 🙏🙏

  • Gus Baha Hadiah terindah untuk umat Muslim Indonesia dan Dunia!

  • Tentram sekali ketika melihat dan mendengar 2 orang alim dan berilmu duduk bersama membicarakan bab tentang keindahan islam.. semoga panjang umur gus baha dan Habib shihab.. 👍👏🏻

  • Masya Allah.. Kalau orang baik berkumpul.. Percikan kebaikan mereka akan membuat adem negeri ini.. Maju terus Indonesia...

  • Subhanallah guru kami, Gus Baha dan Habib Quraisy Syihab

  • Kedua tokoh ini sangat diperlukan di Indonesia, penyampaian dan transfer knowledge nya sampai dan indah di hati ummat...selalu sehat pak Quraish dan Gus baha Aamiin ❤️❤️🙏

  • alhamdulillah.. negeri ini masih ..ada.. orang seperti.. beliau" ini.. semoga allah.. selalu.. menyehatkan.. p.umur.. dan murah rezki.nya amin..!

  • Kita bangga punya guru seorang gus baha'..

  • 2 Ulama yg patut diteladani, selalu membawa kedamaian dan Ilmu yg bermanfaat.

  • Pada sebuah kesempatan Prof Quraisy Syihab berkata, “Sulit ditemukan orang yang sangat memahami dan hafal detail-detail al-Quran hingga detail-detail fikih yang tersirat dalam ayat-ayat al-Quran seperti Pak Baha.”

  • Masha Allah, 2 kyai dari 2 generasi yang menginspirasi... Adanya 2 sosok ini mendegradasi sikap pesimis atas Indonesia, dan memberi semangat utk tetap husnudzan sama Allah... Keluarga Shihab yang ini menyejukkan dan inspiratif...

  • Masyaallah, adem dengerin Ulama panutan ku, mudah mudahan sllu mendapatkan keberkahan,🙏🤗🤲

  • merasa begitu senang tiap melihat ulama" seperti beliau semua.

  • Semoga ilmu yang beliau sampaikan bisa memotivasi umat dan beliau akan mendapatkan pahalanya di alam dunia maupun alam nanti

  • Ini islam sesungguhnya, Alhamdulillah 🙏

  • Betapa damainya jika Indonesia punya lebih banyak lagi ulama ulama seperti beliau berdua ini, semoga beliau di beri umur panjang selalu di limpahi berkah dan juga kesehatan 😇

  • Keinginan saya menerangkan hukum ALLAH bukan karena saya ingin dikenal,tp saya ingin orang kenal hukum ALLAH (Gus Baha) MASYA' ALLAH ,sehat terus gus 😊

    • bismilah... mari kita kembali memuji ":alloohu huakbar allohu akbar aloh huakbar ,laailaaha illa lloohu alloohu akbar sllohuak barr walillaahil hamd 3kali .alloh hu akbar kabiro ..walham dulilah hika siro w asubhanal lohibukrotan wa asilan, alailaha illalohu wala na"budu illa iyyahu muhlisina lahuddina walau karihal kapirun . la ila ha illallohu wah dah.shodako wahdah wanasoro "abdahu waa'azzajuundah wazamal ahjaba wahdah..laa ilaaha illalloohu allooh hu akbar .aloohu akbar walilahil hamdu ..artinya aloh maha bsar3kali .tida ada tuhan melain kan aloh. aloh maha besar dan segala puji bagi aloh .aloh maha berar dan maha agung .segala piji dagi aloh maha suci aloh pada pagi dan petang. tiada tuhan melain kan aloh . dan tida ada yg kami sembah kecuali aloh. dg ihlas kami bar agama kepadaya . walau orang orang kapir membenci . tida ada tuhan melain kan aloh sendirinya .benar janjinya dan dia menolong akan hambanya . dia mengusir musuh nabinya dg sendirinya.tiada tuhan melain kan aloh .aloh maha besar dan baginya segala puni. amin

    • Subhanalloh..ciri khas NU memang tawadu'..lembut bersahaja..mudah diterima..dipahami..berilmu tinggi...NU memang kumpulan para ulama masa depan utk memimpin dunia..aamiin...smoga gus baha selalu sehat..dlm lindungan Alloh..selalu byk rejeki.. .aamiin

  • Selain mendengar ilmu yg luas dan bermanfaat..kata2 terakhir ENTAH KNAPA MEMBUAT MERINDING thank you abiku ❤️❤️❤️

  • Di atas ilmu ada akhlak......GUS BAHA.....🙏🙏🙏🙏🙏

  • Klau seandainya indonesia semua ulama seperti Kh Gus Baha , Kh Quraish Sihap yg ceramah selalu bikin tentrem tenang senag di hati, tentu semua umat Rosullah tidah akan ada yg bermusuhan , Subhan Allah

    • @TEKHNOTONK ngaji yang bener bos, biar tahu sejarah Islam yang di Arab dan islam di Indonesia, biar gak dongok

    • Semua ada versinya bos, Sahabat aja versinya beda beda...

    • @TEKHNOTONK jgn kadrun manggilnya..SODRON wae lek luweh cocok SODRON

    • Tidak sperti kiyainya para kadrun

    • Saya setuju.....

  • Maasyaa Allah, serasa di taman surga melihat orang-orang berilmu berbagi Ilmu..

  • Subhanallah beliau beliau orang yang ber "Ilmu" tinggi, semoga kita semua bisa belajar dengan beliau beliau...Amin

  • Subhanallah aku meneteskan air mata meliat dua tokoh orang yg rendah hati, tapi pinter dlm menyampaikan tausiyah.. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan panjang umur..

  • Ulama yang seperti Gus Baha lah yang sebenarnya banyak dibutuhkan umat... ceramah nya bikin adem semua manusia dibumi.. tidak harus teriak2 ...

  • 2 ulama hebat indonesia, tidak ada yang keluar dari lisan beliau berdua kecuali ilmu dan kedamaian

  • 7,2 jt di tonton,Gus baha tetap idola,.. 😍😍

  • Masyaallah..sy merasa bagagia dan senang skli meliahat dan mendengar ini...👍🙏

  • Ya Alloh panjangkanlah umur orang orang alim yang soleh seperti gus baha dan pak qurais shihab. Aamin Yaa Rabb

    • Kebanyakan Orang Alim minta di pendekkan umurnya Mas bro,,tapi semoga Allah tetap Menjaga Islam dg orang~orang seperti ini hingga Yaumul Qiyamah

  • Subahanallah mbak nana.. Program yg bagus, mampu mempertemukan dua tokoh apa adanya dan bersahaja Semoa keduanya diberikan ketetapan hati untuk ikhlas Selalu syiar tanpa peduli hasut caci ataupun puji Sukses buat mbak nana.. Terharu

  • masyaAllah....adeemmm, sejuukk, mak cleessss dihati, yaa Allah...perbanyaklah ulama' seperti beliau2 utk Indonesiaku tercinta - aamiin

    • @Ahmad Danil hfidz 😇😇😇Membaca dgn cermat , paham maksudnya , lalu berargumentasi ilmiah, itu tahapan yg lazim utk org2 yg mengamalkan ilmunya. Meski ada jg yg seolah2 berilmu/tidah bodoh tp jauh dr khusnuladab. Tp lagi2 esensi komen kita mmg sebagian dari cerminan kualitas individu kita.

    • Orang yang ngaji di perbanyak biar gk goblok, gk perlu di tambah guru

    • MUDAH 2 AN BANYAK CALON PENERUS DIZAMAN MILENIAL INI.

    • Ulama yang menyenangkan, bukan hanya membenarkan

  • Subhanallah 2 ulama yang ahli tafsir Al Quran Gus baha dan KH Qurais Syihab... ❤️❤️

  • Masya Allah begitu indah penyampaiannya, tanda ilmu yg luas, slalu tawadhu. Dan sangat sederhana...Semoga Allah swt selalu melindungi ulama-ulama seperti Gus Baha dan KH Qurays Sihab .... Baraqallah......fi kum

  • Masyaa Allah… 2 tokoh Ulama yang paling aku kagumi❤️❤️❤️

  • Masyaallah,..sejuk mendengar obrolan beliau2,..penuh dengan akhlak mulya,penuh dngan hikmah...semoga saya yg sedang hijrah bisa meniru akhlak dan perjuangan untuk menegakkan ilmu ALLAH,..Amien...

  • Semoga beliau2 selalu sehat wal a'fiyat dan selalu membimbing umat dengan penuh kegembiraan dan kesenangan Amiinn,

  • Sehat selalu kyai gus baha dan sekeluarga kyai qurais sihab.. alkhamdulillah Allah masih memerikan hambamu ini mendengar dan pandangan keilmuan beliau berdua Aminnn

  • saya sebagai warga rembang ikut bangga , semoga barokah 🙏

  • Masya Allah...banyak ilmu yang kita peroleh dari Obrolan ini...Sehat selalu Gus Baha dan Pak Qurais Shihab

  • Gus Baha ini kyai muda yang kalem, sederhana, lugu, contoh sempurna kyai NU👍👏🌷

  • MasyaAllah orang-orang hebat semoga selalu di lindungi ALLAH SWT AAMIIN

  • Berulang ulang saya menontonnya, sangat mencerahkan, menenangkan, menyenangkan dan membahagiakan mendengarkan apa yg Abi Quraish dan Gus Baha ajarkan. Semoga Abi Quraish dan Gus Baha dikaruniai usia yg panjang, Berkah dan selalu sehat

  • subhanallah...kata kata 2 guru kita sangat sejuk mendengar nyah...gak kerasa air mata ku menetes...subhanallah....!!!

  • Subhanallah beliau berdua ini ilmu nya tinggi sifatnya santun bicaranya adem ...tdk pernah nyinggung org lain apalagi menyalahkan dan menjelekan orang lain Syukur Alhamdulillah ...luar biasa Kalau semua kyai, habib, ulama, mubalig seperti ini damailah dunia ini 🙏

  • Momen Gus Baha' menggunakan pakaian tawadhu didepan Habib adem liatnya. Sehat terus Habib dan Gus baha :)

  • MasyaaAllah. Mudah-mudahan semakin banyak yang bisa mengamalkan ilmu yang diajarkan Gus Baha

  • Masyaallah adab Gus Baha 🙏🙏🙏

  • Masya Allah begitu adem ayem mendengarnya mulianya ,semoga sehat terus Gus Baha dan Aby Qurais sihab.🙏🙏

  • Masya Allah, tampilan Gus baha sederhana, tapi perkataan nya berisi ilmu semua,,,,smoga Allah SWT selalu memberi kesehatan dan perlindungan kepada beliau🤲

  • hatiku bergetar dan merinding melihat gus baha dan abah qurays berbincang-bincang

  • Masyaallah guru"kami yang ahli tafsir hadis

  • Ilmu ketemu ilmu psti indah 💟

  • Ini baru ustads bisa buwat panutan, sangat bermanfaat carmah2 nya aminn ❤️

  • 2 Ulama idola saya.. ❤️❤️ Ketika memandang dan mendengarkan Prof.Quraish Shihab yg sudah semakin sepuh, sya bersedih dan mata saya berkaca-kaca. Betapa ketika saya masih remaja, sya sering banget mengikuti tausiah beliau dlam Tafsir Al Mishbah, Membumikan Alquran, yg sangat logis, runut, menjelaskan Iman-Islam. Sya berfikir, akankah seseorang hadir yg akan menggantikan beliau? Dan Alhamdulillah, muncul KH Bahaudin Nursalim (Gus Baha) yg ternyata "murid" Prof.Quraish Shihab... 😊😊😊

  • maa sya allah sangat sejuk dipandang, ketika para ulama yang tulus ikhlas dalam menebar ajaran agama yang rahmatan lil alamin berkumpul... semoga para ulama' kita sehat selalu untuk terus membimbing kita semua

  • Saya sangat kagum dengan Gus Baha, meskipun belum pernah bertemu langsung (ngaji langsung sama beliau) tapi saya sangat suka dengan kajian2 beliau, beliau lugas dalam memaparkan suatu pembahasan, dengan dalil2 serta kaidah2 yg jelas. Beliau sederhana tapi ilmunya luas, beliau tidak mau diakui dan menonjolkan kealimannya tapi Allah lah yang mengangkat derajatnya. Semoga Gus Baha selalu dilindungi Allah SWT. Aamiin..

  • Katika 2 ahli qur'an di indonesia bertemu rasanya ayem. Semoga gus baha dan quraisy shihab selalu diberikan kesehatan,aaamiiin

  • Suka banget nonton ceramah nya KH. Bahaudin Nur Salim. Materi berbobot tapi disampaikan dengan cara ringan. Habib Quraish jg kereen.. wibawa nya sangat terasa. Nderek ngalap barokahipun bib, yai..

  • Beliau berbicara di hadapan ulama' yg lebih tua secara tertunduk. Beliau mengamalkan betul bahwa akhlaq di atas ilmu.

  • Subhanallah, Gus baha' sangat rendah hati.

  • MasyaAllah bersyukur bgt Indonesia punya tokoh, orang shaleh seperti beliau2 🙏🙏

  • Subhanallah .....ilmu kyai memang selalu mbuat kita kembali ke yg sesungguhnya nya

  • Ngaji kyk gini nih yang enak kalem tapi enak di cerna dan masuk di pikiran dan hati 😁🙏 Sehat selalu Gus baha ,dan habib Qurais , 🙏

  • MASHAALLAH semoga selalu dlm perlindungan ALLAH untuk gus baha, abi shihab, mbak najwa, dan kita semua umat muslim juga dipermudah untuk mencari ilmunya ALLAH, aamiin

  • sangat bersahaja kedua ulama ini.... ciri2 orang berilmu tinggi dan berbudi baik......saluttttt dan respek serta hormat kepada keduanya

  • "Seneng Dengerin Orang yang Seneng" GUS BAHA

  • Nikmatnya beragama, Nikmat tertinggi memang iman. Sbg Muslim sy merindukan ulama2 yg membumikan Quran sprt ini dgn ilmu, keteduhan hati agar memanusiakan manusia itu sendiri. Berharap kajian GusBaha yg lbh banyak bahasa INA kedepan. Syukron Nana sdh mengundangnya

  • saya sangat senang sekali klo melihat gus baha, berilmu tinggi tapi melihat mukanya bersinar dan rendah hati, tdk kakau melihat mukanya, klo ceramah tenang tdk emosi

  • Sangat luas ilmunya Gus baha' 💚

  • SubhanAllah . Sungguh mulia adab gus baha. Ngomongpun lebih menjaga pandangan. Semakin berilmu semakin merendah. Respect gus

  • Para guru yang luuuaarrr biasa, Islam yang sesungguhnya, sejuk, universal, untuk semua makhluk semesta.

  • Saya suka ceramah beliau gus baha Saya akan selalu share pengajian tentang beliau insyaallah Teman teman boleh mampir untuk denger ceramah beliau terima kasih

  • Saya tertidur ketika mendengar ceramah Abah Quraish, dan saya mimpi duduk di sebelah Abah Quraish dan di peluk beliau.

    • wkwk

    • Kajian gus baha saya senang, tapi kalau ngedengarin harus plan plan soalnya kajian beliau mayoritas bahasa Jawa sementara saya orang sumatra yg minim pemahaman bahasa jawanya, terlebih lebih bahasa jawanya gus baha mungkin bahasa paling halus

  • Alhmdulillah, adem liatnya sehat selalu guruku🙏

  • alhamdulillah...dua ulama besar bertemu

  • "Saya hanya ingin mengenalkan ajaran Allah ini adalah solusi.." "Saya tidak ingin dikenal, says hanya ingin mengenalkan hukum Allah.." (Gus Bahauddin Nur Salim 2020) Semoga pesan ini difahami oleh kita kaum muslimin, khususnya yg ada d Indonesia.. اللهم اهدنا الى صراطك المستقيم..

  • Sungguh besar kuasamu ya Allah 🤲❤

  • Masya alloh.. 2 sosok berlatar belkang yang cukup berbeda tapi bertujuan yg sama sneng sejuk damai

  • Gus Baha berbicara sambil menjaga pandangan.. Masya Allah..

  • Subhanalloh....dakwah Gus Baha damai menentramkan sehat selalu ya Gus....

  • Ajaran Allah itu indah Ajaran Allah itu solusi Kebenaran harus diperkenalkan Gus baha

  • Semoga Allah berikan umur yg panjang bagi Tuan Guru Qurais Shihab dan Gus Baha..

  • Masyaallaah.... meninggalkan jejak,begitu rindu mendengar tausiyah,obrolan seperti ini...benar2 hangat,ringan dan banyak ilmu di dalamnya, Allahuyahfaz guru2 yai2 ku 🙏

  • Gus baha slalu menjaga pandangannya.. Subhanallah 🤲

  • Alhamdulillah saya bisa mendengar dan mendapat pengalaman dari orang tua dan muda tapi hati menjadi tenang dan damai subhanallah Aamiiiin semoga husnul khotimah

  • Allahu akbar... semoga indonesia damai bersamaiya orang orang seperti beliau

    • Alhamdulillah... Ktmu disini, dua ulama besar, sang idola2 ku

  • Subhanallah

  • Tahzim,syukur,ikhlas, sederhana,tidak berlebihan,selalu gembira,intinya dirikita sendiri yg mennyikapi,akal harus diasa,akal dan rasa,..bnyak pelajaran yg dipetik ,dari 2 ulama soleh ❤️

  • Terasa sejuk melihat dan mendengar Gus Baha

  • Salut dgn akhlaq beliau,semoga Allah selalu melindungi mu Gus baha.aamiin🤲

  • "Mungkin Pak Quraish lebih tahu" kalimat yang selalu diucapkan Gus Baha sebelum memberikan statement, luar biasa Gus dengan kedalaman ilmu yang beliau miliki beliau tetap mengedepankan adab

  • wali yg terlihat, wali melalui keilmuannya,, Gus Baha' & keluarga semoga diberikan sehat selalu 🤲

  • Sejuk....indah dan bahagia rasa nya hati ini...terima kasih wahai pak kiyai Inilah ISLAM...😍😍😍😍😍

  • Hati terasa adem,, setiap mengikuti acara mb najwa ini😍😍😍

  • Dipuji nggak butuh dimaki tidak runtuh,, subhanallah seandainya para tokoh Agama seperti beliau berdua, Adem rasanya negeri ini