Mahathir Bicara Ulama dan Jokowi | Catatan Najwa

Dipublikasikan tanggal 9 Agu 2019
Mahathir Mohamad masih menjadi salah satu orang berpengaruh di dunia. Kepiawaiannya dalam berpolitik tidak diragukan lagi. Kurang dari dua tahun, partai yang baru saja didirikannya mampu mengalahkan partai besar yang sudah puluhan tahun berkuasa, UMNO. Di usia 94 tahun, ia masih saja berkutat di kursi eksekutif, bekerja delapan belas jam dalam sehari.
Kali ini Mahathir bicara blak-blakan tentang sikap frontalnya mengeluarkan kebijakan mengurangi silabus agama di sekolah-sekolah Malaysia. Tak sedikit pun ia gentar dicap anti-agama, liberal hingga sekuler. Pria yang sudah malang melintang di kancah politik lebih dari 70 tahun ini juga mengungkap penilaiannya terhadap Presiden Jokowi dan bilateral soal TKI, hingga kontradiksi perannya sebagai pemimpin di negara multietnik yang menerapkan politik rasial atau politik identitas.
(Narasi)
#Mahathir #Jokowi #CatatanNajwa #Narasitv
Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..
ada juga Narasi Channel: bit.ly/NARASICHANNEL
dan Nara-Z bit.ly/NARA-Z
Mari subscribe yuuk..
instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabofficial
ID-tv Business Inquiries: youtube@drm-indonesia.com
Najwa Shihab ID-tv is under management of:
dr.m, Indonesia's 1st Certified & Official ID-tv MCN
servicesdirectory.withid-tv.org/username-directorypt-digital-rantai-maya-drm

Komentar

  • Saya bingun sebenarnya sampai sebatas mana kuasa raja2 di malay dengan kuasa najib hinga bisa dibuat kerusakan? .dan bayangkan jika legend ini tidak bertindak apa kejaya'n malay bisa di pertahankan apa akan hanya tingal sejarah???

  • Ulama yang asli itu sulit di nilai..beda dengan jokowi..sangat gampang di nilai

  • i love tun dr mahathir mohamad.dia pemimpin yg humble di cintai rakyatnya

  • Negara ku indonesia.... Suku ku melayu. Bahasa daera ku sma dgn malaysia bahasa persatuan ku bhasa indonesia. Slam dri melayu sumatra buat melayu pesisir..

  • He is a great person.

  • sungguh terharu saya... saya harap bisa di tularkan kepada bangsa indonesia.

  • Wawancara kali ini bikin luar biasa. Kerja hebat Najwa Shihab dan timnya 👏👏👏

  • Jaenudin kok gak bisa kyk gini ya...minimal dikiit aza🤪

  • "Saya berkerja selama 18 jam sehari" Epic!

  • Bersatulah bangsa serumpun

  • Next donald trump atau kim jong un mbm nana..

  • Keren

  • MasyaAllah

  • Pak jokowi juga harus berani seperti DR ini

  • knp soalan dia sama dgn wancara d indonesia dulu...expectation sya mgkin lebih kritikal dn soalan lain huhuhu btw suka pengacara ni

  • di penghujung umur yang semakin tua, tak lagi indah dunia. yang terpikirkan hanya akhirat. Masya Allah, pasti makmur negara dengan pemimpin yang seperti ini

  • Si saka tua ni bapak penswastaan negara, neolib dan prokoni.. eloklah kalau indo mahu claim sang saka tua dan bawa pulang kesana..

  • Sukses terus DR.M Semangat buat mbak Nana💪

  • Mengurai substansial dan Fundamental lukisan pengalaman cerdas utk membangun cara paradigma yg benar dan beretika.. Hayo, ada yg mau bantah??

  • Merinding..... Good Job Nazwa. Semoga sehat selalu Tun :)

  • Saya melihat Dr. M berani benar karena totalitas menghabiskan sisa hidupnya untuk kemajuan negara, bekerja 18 jam sehari, beliau bilang sisa 2-3 tahun lagi memimpin padahal beliau baru menjabat 1 tahun, beliau memang berniat syahid utk negaranya, salut utk Dr.M 🙏

  • memang tak ada yang bisa menafikan lagi kualitas mbak Nana sebagai presenter dan pewawancara, tokoh2 penting dan berpengaruh memenuhi setiap jengkal profil narasumbernya. semoga selalu sehat dan ternaung dalam keridhoan Allah SWT mbak agar kami generasi muda bisa ikut berfikiran terbuka dengan semua konten yang dibuat. amiin

  • Sopan. Beliau mematikan/mute dl phonenya. Respek... ,

  • Salut dengan sosok pak mahatir, salam dari kalimantan.semoga selalu di berikan kesehatan,🙏

  • Semoga Dr M selalu di beri kesehatan da kekuatan oleh Allah subhanahu wata'alla

  • Intinya kunci pedoman Beliau adalah kitab suci Al - Quran... Bukan kata orang atau hadist2...

  • Dari pengamatan ku melihat dari sorot matanya, ada beberapa orang/tokoh yg bisa membuat Najwa merasa takjub. Namun sering kali terjadi juga.....ada perasaan "hina" atau jijik ketika berbicara dengan tokoh yg lain. Untuk video ini aku melihat perasaan hormat yg mendalam dari Najwa ketika berbincang dengan PM Mahathir.

  • Najwa ini gimana, keliatannya mau menggiring bahwa Mahathir bakal memuji Jokowi, dengan pertanyaan "gaya diplomasi presiden mana yang paling menarik?" malah dijawab Soeharto, kecewa dong lu Bongwati? wkwkwkwkwk haha pendapat soal Jokowi dari mata Tun juga biasa aja... Kasian

    • @hani nadif trolling expired? Dasar cebong dongo togog, mati mending lu. Ngetrolling kegoblokan cebong never gets old! Dongo

    • Kamvret sedang menghibur diri dari kekalahan yang haqiqi

    • Trolling mu sudah expired bangsad!

  • 6:30 buat gw bilang,lau top pak mahattir respect for PM malaysia 🙏🏻

  • Semoga Allah memberikan keberkahan utk Beliau. Rahmatan lil alamin

  • Di usia beliau, mgkn 99 persen...tdk bakalan mementingkan apa apa selain utk mengabdi buat rakyatnya... Tp yg pasti... beliau masih sehat di usianya skrg. Saksi hidup 32.07 *soeharto* the best presiden of indonesia :v

  • terima kasih kerana ramai yg hormat dr.Mahadir.. love from Malaysia.

  • Ini perdana mentri pandangannya seperti seikh imran hosein keren sekali,memamng benar al-Quran harusnya menjadi hakim bagi hadis nabi,karna hadis nabi harus sejalan dengan Quran

  • Zaman pak harto aman krn dia mngeruk indonesia dri dalam dn tempiasnya skrg.

  • Mahathir mohammad 💪🙏👍👍👍👍👍

  • MasyaAllah.. Barakallah.. Datuk Mahattir.. I verry loveee u.. . Masih gagah,, sehat...

  • Great najwa, respect ke malaysia dan cinta indonesia ...

  • Saya selalu bangga kepada Najwa Shihab dan Mata Najwa dan Narasi.tv, ada banyak hal positif yang dapat didedah dan dibagikan kepada banyak orang, semoga konten ini selalu sukses dan penuh berkah, aamiin

  • Mahathir Mohamad mendukung Prabowo!!!

  • Semoga sll diberkati

  • Comment lucu2 napa najwa yg dipuja puji. gue lebih merhatiin tiap kata mahatir M benar2 bijak charming benar kata dia he is shy

  • Cara pandang Tun Mahatir mengingatkan pada alm. Gusdur

  • Mahatir huebat bisa jadi teladan jabatan untuk mengabdi. Minoritas bersyariah terbukti adil makmur. Abi 212

  • Orang2 hebat yg baik

  • Coba Indonesia punya pemimpin seperti bapak tun mahatir, damai pasti indonesia

  • Mahathir spot on banget... mau di akui atau tidak.. mau dibenci atau di cintai.. atau di gak peduli kan.. kek yg Mahathir bilang... 17000 pulau bisa di pertahankan damai.. dan selama 32 tahun pulak.. soeharto itu memang hebat.... bisa menjaga dan mempertahankan indonesia

  • ini pukulan keras buat org2 islam indonesia bnyk yg condong ke ustad/ulama bukan nya quran..miris memang di indonesia ini sampe ada istilah kriminalisasi ulama,pdhl ulama tersebut slh..pilihlah dengan bijak ustad/ulama yg mengajarkan quran..

  • PM mahatir is an abosolute great leader. He is the reason why malaysia become so advance right now.

  • bgtu jelas omngan nya pelan tapi jelas padat fada ajaran islam smga panjang umur sehat sll pak amin

  • Dia. Ini meninggal, tah jadi apa Malaysia Nanti.. Seharus nya ente itu mundur mahatir, biar lah kaum Muda Maju..

  • Subhanallah saya salut dan bangga sama bapak satu ini, perdana Mentri yg bijaksana dan adil mampu berbuat baik untuk rakyatnya tidak mendholimi,semoga engkau panjang umur dan sehat terus bapak Mahatir doa ku menyertaimu

  • Mantap

  • Atok juga kuat jual aset² malaysia Abis aset² malaysia jual pada kroni² beliau ja....rakyat malaysia sudah x dapat bantu.... facebook.com/157851205951/posts/10156285954500952/

  • Suatu kehormatan besar juga buat saya untuk channel ini, saya senang bisa mendengarkan seorang politikus tertua di dunia yg benar2 memimpin negaranya dengan keagamaan yg dimilikinya dan kecintaannya kepada Sang Pencipta. Itulah kenapa suatu negara patut memiliki seorang pemimpin yang takut akan Tuhan dalam memimpin suatu negara, agar bukan hanya negara yg maju, tapi juga rakyat yang akan semakin sentosa. Salam dari Indonesia untuk serumpunku Malaysia.

  • Atok juga kaki kencing@pembohong janji² atuk dan ph semua pembohong@penipu...

    • @Rahim Roslan relax ko bosku..ko tingu ba berapa sda hutang negara yg kerajaan dulu buat....klau kerajaan x tukar masa pilihan raya tu ndak kita tau sampai bila2 berapa sda hutang negara..barang kali negara sda bankrup bru la kita sedar kerosakan negara yg kerajaan dulu buat penuh dgn pecah amanah dan songlap duit rakyat...ko pham2 la ba sikit kenapa kerjaan sekarang x dapt tunai2 kan janji dorg sbb dorg mau mengukuhkan ekonomi negara dgn membyr blik hutang tu.....ko rasa dorg byr gna apa na ko pikir la sendiri.......ko bagi dulu dorg peluang utk 5 tahun memerintah klu....tgk dulu apa percapaian dorg buat...ini kerajaan blm sampai dua tahun terus mau kondem...suka btul kmu dgn najib tu jdi pm...satu2nya pm malaysia yg bikin buruk nama malaysia dgn kes 1mdb

    • @lieya memory janji nak kurangkan kos sara hidup rakyat???mn janji 2 bukitnya harga² barang melambung sejak ph perintah hidup jadi susah banyak projek rakyat dibatalkan...yg hidup hanya kroni² ph saja

    • @lieya memory ph kuat tipu.....

    • mcm saja kerajaan seblm ni tunai kan janji2......

  • Atok kuat kencing dia la bapa segala rasuah dlm malaysia ....pm paling terbaik dlm tuala bossku@DSN yg banyak bantu rakyat malaysia...

  • Tq Najwa for a great-you do it with your heart- interview with my idol❤️

  • semua senang dengan kekuasaan....ribut di dalam..ribut di luar

  • menitik air mata aku

  • Sehat selalu dr M. Laki laki yang tak pernah tergadai oleh tahta, wanita, & kuasa

  • perdana mentri malaysia justru tugasnya sperti presiden kesibikanya

  • 7:39 dan itu juga terjadi di Indonesia

  • Subhanallah

  • Yang Muda Pasti bergelora melihat video ini, malu rasanya kalah dari kakek2 yang bisa berkontribusi untuk negara.

  • sebaik baik usia adalah usia panjang yang dipakai untuk beribadah kepada allah swt... masya allah tuan mahatir muhammad sudah mendapatkan itu.. good luck for you Mr. muhatir mohammad

  • Habis mahatir semoga ke erdogan 🤲🙏

  • usia hampir satu abad! tapi cara pikir, cara bicara, cara pandang, dan mendengar bisa tetap sangat cemerlang.. luar biasa! salam hormat..

  • saluttt,kepada beliau bpk mahatir mohamad,semangat kerjanya sangat luar biasa dgn umur beliau yg tidak muda lagi.sangat beruntung warga negara malaysia mempunyai sosok seorang penguasa seperti beliau.semoga beliau diberi kesehatan&dipanjangkan umur..Amin.. salam santun dari indonesia.

  • Kembali ke Al Quran dan menyampingkan pendapat para ulama jd balik ke surah An nur : 31 dan Al Ahzab : 59 bukan kembali ke pendapat ulama..

  • Semoga hasrat tun m untuk memperbetulkan negara dr sudut islam sebagai cara hidup menjadi kenyataan.. doa kami agar Malaysia setiasa makmur dan maju ke hadapan blandaskan Al Qur'an dan sunnah

  • Hormat saya buat Pak Mahattir Muhammad

  • Indonesia juga bisa dbawah pemerintahan Bapa Jokowi...Tun M juga yakin bahawa Jokowi bisa membangunkan ekonomi & kesejahteraan rakyat...dukunglah Presiden kalian demi Indonesia... Salam dari Malaysia..😘😘😘

  • pemimpin yang luar biasa di umur yang sudah senja , berpikiran cerdik dan tidak diragukan lagi masa umur sisanya digunakan pengabdian kepada negaranya

  • Yg pertama memang akhlaq

  • Begitu sahaJa komentar,,,,tak Elok,,,tak Sedap tak boleh,,,Jadi KacauLah,,,,Betul Betul Betul,,,Pandailah Awak Sampai Negri Sebrang,,,, Mata Nafwa tak Main Pandang Jadi Berkhayal Yang bukan-bukan,,,(:tak boleh) ,,,,Nafwa Sedap,,,, Boleh Boleh,,,

  • Begitu SahaJa,,, tak elok tun,,,,Awak Budak-Budak biasa tuanku Yang diMuliakan "Sri tanjung" ,,,.Marah-Marah ,,,,Haus itu ManokharA,,,

  • Begitu SahaJa,,, tak elok tun,,,,Awak Budak-Budak biasa tuanku Yang diMuliakan "Sri tanjung" ,,,.Marah-Marah ,,,,Haus itu ManokharA,,,

  • PeMerintah apabila dikuasai Mayoritas itu Mewakilli Datuk tun,,,,(:Menguasai) Pribumi penduduk Asli tak dijadikan Budak-Budak Datuk tun,,,

  • Bruri Pesolima&Dewi Yull: Ketika Pertama kuJumPA denganMu,Pernah kutanyakan PadaMu,,dulu,,,,

  • "BerPacu dalam Melodi",,, Bolehkah Aku Melihat sari wajahMu,,,, O,,,O,,,Siapa DiA,,,,(:Boleh Boleh Nafwa,,, habislah),,,Tak elok,tak Boleh tun, Mambu AbabMu,,,,