Mata Najwa Part 1 - Pasar Bebas Capres: Presidential Threshold: Rocky Gerung vs Adian Napitupulu

Dipublikasikan tanggal 3 Jul 2018
Sebulan jelang pendaftaran Pilpres 2019, aturan terkait ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden kembali digugat ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan tersebut dilakukan oleh dua belas tokoh publik yang menyatakan adanya kekeliruan tafsir saat para anggota DPR membuat aturan itu.

Rocky Gerung, akademisi yang ikut menggugat aturan ini mengatakan dasar gugatan mengembalikan seperti konstitusi, itu yang fundamental. “Konstitusi bilang, penetapan presiden itu 50 persen plus 1. Kalo ada aturan 20 persen itu akal-akalan. Kita ingin syarat pencalonan itu ditentukan konstitusi, bukan DPR. Itu syarat yang kedaluwarsa,” kata Rocky

Sedangkan politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyatakan syarat ini kan sebagai syarat pencalonan, bukan pelantikan. “Jika argumennya menghalangi kebebasan, bagaimana pun, kebebasan tetap terbatas. Harus ada syarat yang ditetapkan. Jadi ambang batas itu sudah benar, tugas negara mengaturnya,” ujar Adian. (Narasi)

TONTON video part lainnya dari Mata Najwa episode "Pasar Bebas Capres" :
PART 2 : id-tv.org/tv/video-FGY3LqJsxVs.html
PART 3 : id-tv.org/tv/video-oDobKojQzPE.html
PART 4 : id-tv.org/tv/video-gQTAJcuk5rk.html
PART 5 : id-tv.org/tv/video-5_xaeTB6_hw.html
PART 6 : id-tv.org/tv/video-Mu6tjpSXoA8.html
PART 7 : id-tv.org/tv/video-JABpQvqIV_Y.html

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..

ada juga Narasi Channel: bit.ly/NARASICHANNEL

dan Nara-Z bit.ly/NARA-Z

Mari subscribe yuuk..

instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabo...

Komentar

  • Apa benar syarat jadi cebong harus dungu?

    • Emang loo lulus s3 dari mana prett sampai ikut sirajadungu rg

    • Komentar anda layak di pin sebenarnya

    • Harus ada minima 20 persen kedunguan😆😆

    • Kasihan ya. Karena kalah terus dan tak bisa menerima kekalahan akhirnya jadi gila. Pemimpinnya sudah gila , rakyatnya juga ikut gila. Hahah

  • Debat kaya gini nih yang selalu lebih menghibur dari acara tv lainnya, juga menambah wawasan dan menjernihkan akal sehat

    • Tidak bermutu argumen roky goreng. Seperti ngomong di pajak ikan basah blm siap ngomong orang sdh ngomong. Manusia seperti ini nggak perlu di layani. Lama lama di pelester orang mulutnya. Parmisi numpang lewat kawan

    • @zenar nurul wa

    • Setuju

  • Akal bener sama akal akalan.....hanya bisa dibedakan sama orang yg berakal.....dan berhati nurani......

  • Terlepas dari perbedaan 2 pandangan Dua sosok ini tetap manusia2 hebat Yg selalu memakai otak sehat untuk negeri ini

  • Kemajuan suatu negara di tentukan oleh kesatuan dan persatuan bangsanya klu negara kita mau maju spt negara2 yg maju inti pokok hanya satu kita harus bersatu.

  • tadinya gua ga tertarik sama politik,..cukup pasrah aja sama penguasa pemerintahan,...ehh begitu ada rocky,..rasanya ke jengkelan ini terwakili,.hehe

    • Betul brow

    • Kalian tu seperti KERA ,sok ngoceh politik

    • Yesss setuju 🤣🤣🤣

    • @untung wibowo mau berargument sehabat apapun kalo didalamnya ada tendensi dan pembunuhan karakter maka bobotnya g ada, anda tidak fair

  • selalu suka najwa sihab wanita yg berwibawa,, bisa ngatur situasi debat,, jadi lebih teratur enak didenger dan dicerna

  • Terlepas kepentingan apa yg di bawa mereka.. Namun saya sangat terhibur dengan debat kelas tinggi

  • "Jadi dengan alasan situasional anda melawan itu konstitusi?" Skakmat sudah Wkwkwkwk

  • Rocky gerung the best lah.. inget aja apa yg diucapkan lawan bicaranya.. 👍🏻

  • Perdebatan ini benar2 membuktikan bahwa bangsa ini tidak kekurangan orang2 cerdas. Bangsa ini hanya kekurangan orang2 yang jujur.

  • Yang parah membuat batas pada kampling milik orang lain. #pesident Threshold - Cenderung merupakan pemaksaan kehendak, yang mengaburkan essensi demokrasi.

  • Logika pndpt bung ROCKY GERUNG susah terbantahkan , pokoknya dinamika debat mnjd seru jika setiap debat ada beliau .

  • Rocky Gerung logikanya benar kalau menurut teori filsafat dan mantiq. Kalau sistem negaranya berubah, cara/standar presidential resort juga harus berubah.

  • Yang harus difikirkan memunculkan sosok pemimpin yg dikehendaki rakyat, bukan hanya yg dikehendaki ketua partai...

  • Jika kita mencermati secara bijak logika bung RG sdh di level tinggi. Sedangkan bung Adian berdebat menggunakan data dan fakta. Jadi pasti keduanya menggunakan prinsip berbeda dalam berdebat.

    • RG level tinggi dengan asumsi.sama juga halusinasi 😂😂😂

    • @Dahlan Lukman tapi suka motong pembicaraan orang wkwkwkwk

    • Bang Adian . .mudah dimengerti pembicaraan nya

    • debat dasarnya data dan fakta.. yg di debatkan datanya.. yg di debat bukan logikanya... orang beda logika yg terjadi beda penafsiran, dan tdk akan ketemu benang merah nya

    • Data dan fakta? Alah sering motong pembicaraan orang aja wkwkwkw

  • Gw jg tadinya apatis kalo denger politik tpi entah knp pas prtama kali denger debat nya rocky knp seru bgt, logic bgt, jd keterusan cari tau tntang buruk nya politik

  • Cukup menghibur dan bikin ketawa,,, 😂😂😂

  • Yg walau gak bener , pengen tetep berkuasa n terus menancapkan kuku nya untuk kekuasaan dng cara apapun itu lah yg disebut rakus kekuasaan .

  • Saya cuma berharap..org seperti bung Rocky harus sehat2 sll dan membuka terus akal sehat ..sy fans bung Rocky

    • @Xipoy GAK USAH BELA2 ROKI BANG ... BESOK KERJA AJA . KALAU NDAK KERJA GK BAKALAN DIKASIH UANG ROKI SAMA ADIAN 😅😅😅 TIDUR DULU BANG AKU. BESOK MAU KERJA 👍

    • @RIDWAN ABBAS SEMPO SANJA kalo mau solusi turun dari tahta presiden, biar dia yg atur. Pemerintah di bayar utk mencari solusi rakyat mengkritik meminta solusi

    • Banyak bicara ,tidak kasi solusi bosan

  • Bravo bang RG, terus semangat bang👍👍👍👍

  • Acara debat ini paling berkualitas dibanding yg lainnya. Bung Rocky dan Bung Adian tidak saling serobot, keliatan kualitas logika masing² dengan sudut pandang masing² pula. Berdebat tpi intonasinya tetap santai.. Nahhh, klo seperti ini publik semakin mendapat efek positif dr acara debat

    • Ksalahan roky selalu membodohkan org itulah yg terlalu arogan dan gak berkwalitas jika mau dibilang pintar

    • Menurut saya, bung roki kepengin di puji, seolah dia yg paling pinter di negara ini,,

  • Emang Bang Adian tuh top dah santuy benar penyampaiannya mudah di pahami secara logika👍👍👍

  • Logika dan satire kelas tinggi pak RG

  • Terlepas dari dua sisi yang berbeda, orang2 ini mengajarkan bagaimna debat secara berkualitas.

  • R: ga mau to the poin kata2nya tinggi+panjang lebar A: ga sabaran pokoknya mau dengar intinya Jadi cocok jadi hiburan kalau mereka berdebat🤣

  • Pak RG ternyata punya daya intelektual yg kuat 💪👍salut gua SM bung RG 💪

  • RG:Tiket terusan itu dari calo Kenyataan bang adian sekarang Pdip memang jago ngeles Katanya tiket blm berjam-jam udah beda lagi 😀😀😀

  • Gara" bung rocky jadi sukak nnton debat. Padahal awam masalah politik

  • Gak nyangka gue, si Adian cerdas banget,, cerdas banget ngeles nya

    • Orang PDIP pastinya gak mau dilakalah kan,baik dlm perdebatan maupun berpolitik. Pengikut partai yg satu ini Sudha merasa partai merekalah yg terbaik buat Indonesia.padahal isinya manusia curang dalam segala hal di Indonesia.

    • Hahaha...bener banget. Aktivis yang udah dapet kursi... 😂Jago ngeles

    • Itu sudah peraturan yg di perundangkan dan yg bisaencabut kontitusi itu parlemen dan yg buat itu juga para parlemen yg ada masih ada para parlemen lasa lalu

    • Jadi gimana sekarang anda malu nga?😁😁😁

    • Tonton semua partnya bro biar jelas jangan asal menghakimi org,jgn kayak rocky suka bodoh" in org

  • Menurut saya bg roki jauh lebih cerdas dari bg ardian.. Pokoknya bg roki hebatlah... No debat

  • Yg saya suka dri bg Adian itu bahasanya simpel, sederhana dan muda dimengerti

  • Duel akal sehat 👍

  • Kita bisa menilai mana yg bener pintar dan manacyg bener dunggu 😂😂😂

  • Adian srlalu bertahan dlm prinsip nya padahal itu tdk sesuai dgn konsitusi

  • Kalau mau betul 2 demokrasi semua orang berhak memelih dan dipilih jgn dibatasi segelintir partai

  • Adian itu ngerti apa yg disampaikan RG, tapi dia punya tugas husus. Kerusakan yg terjadi sekarang ini hasil dari syarat 20%. Ini bahaya karena yg di calonkan bagaimana maunya Partay, sehingga rakyat banyak yg golput

  • Apa yg dikhawatirkan RG terbukti pd pemilu 2019, praktek demokrasi menyedihkan 😭

    • @Nopel Andreas jangan di gass , Krn tujuan penghapusan PT supaya jagoannya bisa menang

    • berarti anda mau bilang bahwa jagoan anda kalah

  • Ngeliat judul ada kata "Rocky Gerung" auto nonton 😄

  • Akal sehat Adian👍 Akal akalan rg🥱

  • 😂😂😂😂diman ada pak roky cepat pasti bermutu dan lucu..

  • Presidential Threshold berarti siapapun yang menang, yang kalah tetap dapat bagian, artinya kongko-kongko.

  • Sama2 hebat bang rocky dan bang adian, sama2 hebat dalam pengamatan , sama2 hebat dalam politik

    • Sama sama hebat pala lu .. lu nonton gak🤣

  • Adian menggunakan logika politis, Rocky menggunakan logika akademis. Kalo dalam pertarungan politik, sulit memenangkan argumen akademis krn sifatnya idealis (sekalipun itu benar), sedangkan argumen politis akan menggunakan cara2 pragmatis (sekalipun itu jelas2 salah). Disini Rocky bisa mengamankan posisi nya sebagai seorang yg lebih beradab dalam berdialektika, sekalipun lawan bicara nya bersikap defensif bahkan pada kesempatan2 tertentu terlihat logical fallacy nya.

    • @Iman Ari Gabisa nangkep argumen,nyerangnya personal,malu mas udah tua😄

    • @Iman Ari koment anda tidak fair dan tendensius

    • @Iman Ari Menuntut ilmu itu wajib bro, kalo sekiranya lu gapunya ilmu apa-apa atau tidak tau apa-apa diam pun orang akan tetap hormat, sebaliknya kalo lu gatau apa-apa tapi lu banyak bacot maka orang lain gaakan segan-segan buat merendahkan dan nginjek-nginjek elu

    • @Iman Ari kasian yg cuma lulusan SD, isi komen nya asal, cuma bisa mencaci, dan tinggal nunggu nasi bungkus

    • @Iman Ari kasian kamu...JD vahan bully.... makanya kuliah dan belajar yg tinggi...biar berlanjut argumentasi nya

  • Mantep sih ini, adian pintar juga bisa mematahkan RG, tapi salutnya RG teranyata masih bisa berdiri gagah dan tak goyah

  • Logika yg menyalahkan PT dengan hasil pemilu sebelumnya yg dianggap kadaluwarsa sebenernya bisa dibantah dengan melihat alat ukur seperti mistar karna alat ukur itu pasti dari 0 tp angka pertama yg disebut dlm menghitung angka 1 bkn 0. Hasil pemilu sebelumnya dijadikan ukuran untuk start awal.

  • Adian kalah debat,beda level dengan bung Rocky. salam 0% .mantap

  • Sudah terlihat siapa yg bodoh..... Yaitu....yg membeli tanah suratnya ga ada 🤣🤣🤣

  • setiap liat pak rocky debat sy sebagai orang awam tapi selalu bisa mengerti point yg dibicarakannya. beda dngan yg lain

    • Yang nggak ngerti bicra Rocky Gerung dia dungu 😂

    • @lephonk pamungkas Anda kurang belajar dan bergaul kayanya Begini akibatnya klo diem di rumah mulu

    • @Mat Salawase situ engga ngerti satire

    • @Dedi Permana baru keluar dari goa?

  • Bang Adian memang menguasai permasalahan

  • Meski 2 kubu berseberangan,,tapi debat kedua narasumber ini keren daripada debat2 lainnya… Terlepas dari benar atau salah debatnya banyak memberi tehnik berdebat

  • Bangga gw sama bung roky

  • Kebebasan menurut Aldian harus ada batas yang sesuai dengan ke inginan partainya.

  • Puji2 lh seseorang yg kamu suka,,tapi jangan hina orang yg kamu benci,,

  • Berbicaralah dengan logika , bukan dengan dalil-dalil yang mungkin bisa anda ubah untuk bisa masuk menguasai segala argumentnya. Predikat bertumpah tindih dngn subjeck. Sehat selalu bang ROCKY GERUNG.

  • Bang Adrian N,politikus pandai VS, Rocky G,manusia terdungu di indonesia

  • Pada kenyataannya rezim sekarang kembali kepada 20 tahun yang lalu, kebebasan terbelenggu,.!!!

  • PA 20% Sudah final. Dan kalau 0% maka akan semakin banyak capres2 dan itu semakin membingungkan rakyat.

  • Secara tidak langsung Rocky Gerung mengajarkan jangan dungu, kalau sudah menjadi prinsip konstitusi harus kita hormati, jalankan sesuai maknanya tanpa menggunakan alasan transisi. Beda loh dengan UU.

  • Ardian diajak berdebat sm RG sdh pasti tdk berimbang dr segi wawasan berpikirnya, dan ujung2nya setiap argumentasi dibelokkan kemana

  • Butuh logika yg dalam untuk memahami debat ini.

  • Klu org yg menguasai filsapat susah di pahami bg org yg tdk memahami filsapat itu.

  • Sepakat dengan bang Rocky Gerung, Sukses Selalu

  • Kasian si adian,gak seimbang lawannya . No Rocky No Party

    • Kalo laper pake akal sehat aja biar kenyang.

    • @Saiful Bahri Kalau ngomong sama orang Yang ga ngerti Gak bakal ada Hentinya karna Dia hanya memikirkan Kemenangan dianya sendiri adian Tidurmelulu

    • Lu macam paham aja apa yg di bilang si RG..adian the best

    • No rocky no party ..party bwt otot2 ny yg d leher bwt ngotot ngeyel pas debat ? 😂😂😂

    • IRGY ALYANS menangnya cuma debat dilapangan? keok pemuja roger pemuja roger

  • Bang Adian Napitupulu is the best👍👍👍

  • Bung Rocky hebat 👍👍👍 Mbak Najwa pintar 👍👍👍

  • Roky gerung luar biasaaaa👍👍👍👍

  • Apa yang disampaikan RG tidak terbantahkan, yang bantah cuma akal-akalan...

  • Agar tidak terjebak oleh kebodohan sendiri,,, mantap prof rocky

    • Itu bhasa ksombongan bkan kehebatan..

  • Hadirr karna ada bang adian👍👍👍

  • Dua2nya keren 😎

  • Rocky lord of logic👍👍👍🙏

  • Panjanglah umur pak Adian na70 ini,sehat karna bangsa ini butuh yg miliki logika sehat,cerdas dan berwawasan.

  • Tiap hr Kamis pagi slalu menunggu notif dr mbk Najwa. Acara Mata Najwa memang👍

    • Hebatnya bang adian bahwa debat utk membela pemerintah demi kepentingan masyarakat indonesia, kalau roki depat utk minta dipuji dan utk kepentingan kelompok, roki kan salah seorang barisan sakit hati kepada pemerintah, adian wakil rakyat, membela pemerintah dan rakyat.

    • Rocky gerung 😍😘

    • Betty Tong a

    • keren bang rocky..😂😂 si adian ngoceh kesana kemari..taunya lagi ngomongin kedunguan sendiri n.partainya😂😂😂😂😂😂

  • Diskusi yg hasilnya tidak akan ketemu, .. Pemilihan yg jujur, adil dan aman cuma di level jabatan paling bawah, yaitu Pelkete (pemilihan Ketua RT)

  • Adian memang mantap

  • Gua dulu benci Rocky suka Adian... Tapi sekarang ini yang disampaikan Rocky lebih masuk akal daripada konten Adian yang blunder nggak jelas

  • Terjebak dlm kebodohan sendiri 🤣🤣🤭

  • ROCKY GERUNG (like) ADIAN (komen) Mana yang lebih unggul

    • Dmna pun saya melihat klo ad bung rocky gerung pasti ak tonton... Siapapun lawan debat atau lawan ngmong nya bung rocky bkalan gk enak untuk di dngr.... Tlong lawan debat nya bung rocky kasih aja mic pling murah... Dan untuk bung rocky kasih mic yg pling mahal karna sesuai dg kualitas...

    • mh

    • @Uang Dari Internet roky rungu

    • Adian pasuka jokowi yang paling mematikan 👈💀💪

  • 🤣🤣🤣🤣setiap kali adian berdebat ga siapa lawan debatnya, , ,pasti kejebak sama omongannya sendiri, , ,yang ujung ujungnya pertanyan sendiri tapi tidak bisa dijawab, , ,apalagi lawan debatnya bang Rocky yang levelnya di atas . . 🤣🤣🤣

  • Kebebasan terbatas 👏

  • Ya emang dipermainkan konstitusi nya,, yang namanya proses itu gak boleh menyimpang dari prinsip dasar atau asas

  • Partai itu sama sekali tdk mewakili suara rakyat apa lagi politisi yg mewakili partai yg melanggar kontitusi Bulsit bisa memakmurkan rakyat+negri ini Hukum di negri ini sudah aburadul gara gara politisi rakus

  • Hha adian udah tau kejebak argumennya sndri, tp tetap aj ngotot. Debat soal logika belum selevel sm bung Rocky

    • Selalu kalah telak dia cuman ngotot mulu

  • Kena tinju otak si Rocky 🤣🤣🤣🤣

  • Semoga pak Rocky Gerung dihapuskan dosanya Amin🤣

  • Rocky org filosofi,dia berargumen brdasarkan teori dan filosofi,Filosofi itu adalah logika dan pemahaman Yg Masuk akal. Ardian org aktifis dan Hukum ,dalam dunia Hukum harus berdasarkan Nalar,Analisa Logika dan Fakta yg trjadi,Jadi apa pun yg terjadi di dunia ini itu fakta Yg terjadi,bukan Teori,Semua org tau Untuk segala hal Harus fakta,menurut sy mreka berdua ccok krna teori + Fakta yg nyata

  • RG ini jago ngomong jago ngeles... angkuh luar biasa dari sikap dan tingkahnya kelihatan... memang genius luar biasa tapi belom ada manfaatnya buat negara dan bangsa...

  • Ini Memori2 Yg Tidak Terlupakan, Yg Akan Sllu Di Rindui, Dan Sesekali Akan Kita Buka, Kalau Ada Kuota🤣🤣🤣🤗

    • Cth gua barusan buka lagi

    • Ngakak ! 😜😅😅😅

    • apaan si

    • @Juri Widodo trus yang bilang jokowi korupsi siapa 😫 ..lawak anda ...

    • @Juri Widodo lo tadi anda membandingkan jaman sby dengan jokowi ... lawak ²

  • Ayo bung RG...perjuangkan trs kebenaran

  • for bung & kak najwa : " MATI 1 TUMBUH 1000" 🔥

  • Dua2 nya idola saya, tp di debat ini saya lebih setuju dengan pendapat bung rocky

  • Lebih baik bnyk cln agar bisa tau mana cln pemimpin yg di anggap paling berkualitas,agar tidak keterpaksaan memilih

  • Inilah pertunjukan yg baik bung rocky memberikan warna yg manusiawi tanpa ada tebeng sekalipun krn dia berkata dgn jujur tanpa ada kenunafikan soalnya ini mewakili suara rakyat yg sesungguhnya.

    • Rakyat yang mana !

    • Betul bro yg satu non partai dan yg satu orang partai dan pastinya orang partai akan membela kepentingan pantainya dan yg satu pasti netral

    • Kan udah jelas rakyat yg kaya bang rifky dan yg like komentar dia, masih d tanya aja.

    • Ikut nanya rakyat yang mana

    • Rakyat yg mana bro

  • Mengapa Moeldoko ngotot untuk ambil partai Demokrat karena adanya syarat untuk mencalonkan presiden ambang batas 20 persen kesimpulannya sehingga tidak ada lagi yang bisa melawan partai penguasa, mikir

  • Mantap bang adian 👍👍👍 pengetahuanx yg universal

  • MANTAP ADIAN 👍👍👍

  • Penghapusan PT salah satu solusi biar kekuasaan tdk dikuasai oleh oligarki.

  • Adian pernah bilang gini pas debat soal pilpres 2014 "'tanda2 orang kalah debat itu biasanya dia marah''' Nah skrg lawan Rocky Gerung dia yg marah. :)

    • Sadat bang sadar. Kasihan ortumu gila terus gara gara menyembah wowo. Wkwk

    • Cieee Prabowo kalah lagi ;V Selamat atas kekalahannya 👍

    • Gass trus bung adian

  • Saya sebagai orang yng bukan dari indonesia ..saya tlah nampak kecerdikan RG dalam perdebatan ..saya tlah melihat semua video RG dalam perdebatan ..dia sangat cerdas dan tidk memutar belitkan keadaan yang sebenar