Mengapa Rupiah Bisa Menguat atau Melemah?

Dipublikasikan tanggal 10 Des 2015
Mengapa nilai tukar Rupiah bisa menguat atau melemah terhadap mata uang Negara lain? Videografis ini akan menjelaskan hal tersebut dengan cara yang mudah dipahami.

Komentar

  • Cara menstabilkan mata uang denga cara membangun infrastruktur tetapi uang u/ membangun insfrastukturnya dengan cara mengutang ke luar negeri apakah tetap bisa menstabilkan rupiah? . Tolong dijawab yahh

  • Export sih export...tapi bayarnya juga mesti pake rupiah...

  • Pakai la produk2 Indonesia seperti buah2an lokal,kosmetik lokal,alat rm tangga lokal,odol,sabun,kurangi mkn nasi putih cukup sekali mkn nasi saja utk siang kalau mlm mkn tales,ubi,tiwel atau sorgun🤣🤣pasti sehat 👍

  • Penjelasan yg logis jg,tp penyebab melemahnya rupiah krn hutang negara yg terlalu besar..itu jelas!!

  • "Rupiah undercover".hal 11.bab 4......tengklaah.....

  • Artis tuh suka pake barang2 luarr bikin melemahkan nilai tukar sdh beri tontonan bobrok pamer kekayaan barang2 luarr ...

  • Imperialisme!!!!!!

  • mulai pake Tag Bendera IndONEsia aja (walau Kecil) di setiap produk Dalam negerinya biar mudah di kenali konsumen Lokal ...

  • Gimana mau impor ,produksi tv aja dibakar..,mau expor mobil produk lokal juga gak ada dukungan.pemerintah

  • Memangnya dinegara kita mau mengekspor apa???? Laju pertumbuhan yg paling cepat di indo adalah manusia. 1 keluargq bisa 5-7 orang anak 😆😆😆😆

  • Tegas perintah cabut subsidi BBM. biar gk senasib sm venezuela

  • Jangan impor...kita segala adav

  • Brarti topup dalam game jg bisa jd menyumbang naikna harga dolar trhdp rupiah

  • Setuju !! Cintailah produk produk indonesia !!

  • Well I found free $5264a money making system that is really working:(just go to) greatworks.club/?SHWPk Great work...

  • Penganut Prabowo= Salahin Jokowi aja!!

  • kaum kampret mana ngerti yang kaya gini

  • Jadi intinya yg aku tangkep, dollar naik tuh salah kita sendiri yah? Karna kita masih byak pake barang luar (import) hp, laptop, make up, pakaian, sepatu, eletronik, nyampe makanan, Tpi abis itu komplain kenapa harga dollar naik. Jujur saya sendiri jg salah, kadang beli barang gak liat liat buatan indo atau bukan, yg penting memenuhi kebutuhan.

    • Meg L Sama saja.. produk nya buatan dalam negeri tapi bahan baku nya import juga kan.. bahan mentah tepung terigu, benang buat baju dll juga musti import. Terus gimana kalo pemilik suatu merek adalah orang luar negeri tapi diproduksi di dalam negeri apakah ini termasuk produk negeri atau produk asing?

  • Ooo, Yang buat ekonomi dan nilai tukar berubah ubah adalah RIBA toh....

  • Hari ini Kamis, 11 Oktober 2018 Pukul 16.12 WIB Dollar semakin mengkhawatirkan sudah tembus 15.235 rupiah. Apakah Tanda tanda indonesia di ambang kehancuran?

  • Iyah udh iyah kita kerja kerja kerja yuk

  • Hmm... Berarti sekarang kita kebanyakan impor daripada ekspor ya? Serta kebanyakan hutang... Video penjelasan yg bagus

  • Saya lebih menyukai produk indonesia. Karena bahan dan hasil produk sangat sesuai dengan kebutuhan hidup saya..

  • Hari ini 1 dollar udh 15.400 rupiah

  • Tuch denger cintai produk sendiri gayae wong indonesia rumah mau ambruk beli motor nya zbr buat pamer giliran rupiah melemah presiden disalain

  • Dari mulai yg paling basic aja ga di jga pemerintah pertanian sj ga di manage dgn bnar bagai rumput ilalang....akhirnya import dn import lg

  • Lumayan dapat menambah pengetahuan

  • Zaman sekarang keterlaluan ya kalau rakyat yg pegang hp afa kuota masih bodoh.. Tinggal cari2 channel kaya gini aja terus pelajarin dan lakukan

  • 1 karung rupiah ga bakalan bisa beli secangkir kopi di Newyork, tapi sebaliknya. Knpa harus dollar, apa krna negara adikuasa itu US??

  • Bank indonesia itu swasta atau milik negara sih?

  • Supaya ekonomi Indonesia menguat, BI bikin video2 gini?

  • Gambar karikaturnya bagus banget

  • Jangan suka hutang, apalagi pakai dollar. Pemerintahnya juga..! 😊 Trus HARUSnya beli hp, tv, laptop, mobil, motor, sampai garam dapur semuaaaanya.., made in Indonesia. Tapi apa ada? MISALnya ADA, apa kualitasnya sebanding dengan harganya? 😤 PR bangsa kita masih banyak...

  • investor takut masuk indonesia krn org indonesia suka demo dan hoax.

  • Kebanyakan 0nya.

  • Hati² jangan kebanyakan beli mobil mewah, mending buat usaha sendiri dan pekerjakan org kita sendiri.. Mulai dari kita yg gak konsumtif terhadap barang luar negeri..

  • Intinya karena BI cetak duit seneak Jidat

  • id-tv.org/tv/video-w3cCO-j8kgo.html

  • Pak de joko asyik ngutang aja sama luar negeri .. Apa gak hancur negara ni mata uang rupiah gak ada artinya

  • Uang itu permainan pihak federal id-tv.org/tv/video-qIkp7OJ6JlQ.html

  • Uang taiwan kedolar,malah gk ada nilainya

  • Alhamdulillah msh ada pelajaran buat yg gk skolah

  • Tambah ekspor TKI.. hehehe.

  • wah aku jd inget video luar di youtube tentang bankir dan riba

  • jangan smpe kyak venezuela

  • Klw kata bos maspion,, cintailah froduk froduk indonesiaaa,,,

  • ini semua gara gara hutang luar negri

  • utang negara gak akan bisa di lunasi !!!

  • percuma lu pake produk dalam negeri , kalo negri tetep utang dari luar , pembodohan

  • ga akan pernah menguat , camkan itu

  • Masukan pendapat: Indonesia bukan negara yang mayoritas ber Inovasi,seperti membuat sebuah mobil seutuhnya .

  • Pendapat lain barang barang Tiongkok sangat mudah di beli karena murah,ada barang murah tetapi dampak barang itu setelah rusak dan di buang tidak ramah lingkungan! Menurut saya barang begitu harus di kenai pajak barang mewah berlipat lipat ganda + biaya kirim berlipat lipat. Dengan begitu pemerintah bisa menangani masalah sampah barang yang begitu.

  • Saya hanya lulusan SD dan tidak mengerti ilmu ekonomi. Pendapat saya setelah melihat video Adalah SEMUA BARANG IMPOR dari luar negeri di kenai pajak mewah. Ini di maksudkan supaya yang beli akan berpikir 2 kali sebelum melakukan transaksi.

  • Jual HP kalian. Gnti dgn Advan Cintai produk indonesia👍

  • Gmna klau transaksi uang elektronik? Biasanya pake dollar dan satu lagi tiap atm ada mastercard pdhal itu pnya org luar

    • Sudah ada GPN hanya saja, khusus transaksi dalam negri saja.. mungkin kedepannya sudah bisa ekspansi ke transaksi internasional

  • Eh lontong sayur, sekarang udah 15rb/1 dolar

  • Edukasinya keren & membuka wawasan

  • Bali sektor pariwisata🙏🙏🙏😘

  • 💗

  • Sedikit sedikit bilang cintai produk dalam negeri. Namun kenyataannya ketika ada inovasi yang justru untuk kemajuan malah dipersulit dengan alasan standardisasi. Ambil contoh mobil esemka dulu. Paling tidak dipermudahlah, jangan semakin dipersulit. Ntar kayak mobil selo. Di indonesia tidak lolos uji emisi, malah malaysia nawarin buat dikembangkan untuk diproduksi massal. Pas udah di produksi kita beli mobilnya. Apa nggak malu tuh?

  • berapa banyak pegawi BI yang alergy sama jengkol dan Pete ? tolong di jawab !

  • video parsial

  • Harus nya yg kya gini harus di shre ke teman2 kita semua mengerti penyebab rupiah turun rupiah.

  • Akir zaman di mna mata uang di suatu negara sudah tidak ada harganya lagi. Dan semua akan kembali ke dirham dan Dinar sbg transaksi. Wallohualam

  • beras lokal di timbun sampai kutuan n jamur , trus pemerintah import beras kare a di anggap kekurangan. halah suruh cinta produk dlm negri pemerintah nya sendiri doyan dolar .

  • Jangan mau di bodohi sama SEBUAH kertas😣

  • Hello untuk industri textile bahan baku benang msh import harus byr pke dollar,beli mesin pake dollar,bahan baku benang pake dollar... Bgini ni klo sistem keuangan g pake syariah islam

  • Intinya kembalilah dengan produk2 dalam negeri?produk dalam negeri ttp murah..cma barang ekspor aja yg mahal.biasa nya yg teriak2 dolar naik ... Orang yg suka kluar negeri n belanja keluar negeri pengeluaran bertambah..

  • Gmn peran pemerintah memudahkan ekspor barang dalam negeri min?

  • gambar di truk bagus tuh bang terus ada tulisan nya.....why do you love me!!!

  • saat nya beralih ke dinar dan dirham, dijamin stabil. tak seperti uang kertas buatan dajjal...

  • penyebab rupiah melemah adalah riba

  • ayooolah cintai produk dalam negri,,semngt INDONESIA bisaaa👍👍👍💪💪💪💪💪

  • Menteri perdagangannya hobi impor

  • kalau emas freeport masuk ke cadangan devisa 1000 ton bagaimana ? kalau mata uang rupiah angka 0 dihilangkan 3 digit kenapa ? kalau beli / import beras, kacang, treigu, kedelai, ke thailand dibayarar pakai emas gimana ?

  • Harusnya ada support juga dari pemerintah sendiri, untuk produk dan Ide- ide kreatif dari anak bangsa. Seperti yang kita ketahui Selama ini, banyak ide- ide kreatif yang tidak didukung oleh pemerintah. Padahal, ide- ide nya itu sangat briliant. Yahhh.. ini lah Indonesia. Karena masih banyak para elit politik yg berkecimpung di pemerintahan yg berkuasa hanya untuk kepentingan pribadi. Nahh... kalau sudah seperti ini sangat disayangkan Ide- ide kreatif dan produk unggulan dalam Negeri kita ini menjadi Sia-sia.

  • 1 lagi klo pak jokowi yg masi mengatur negra ini sya yakin indonesia bkal bernasip seperti VENEZUELA

  • Gunakan sistem syariat ISLAM pasti negra ini maju

  • Kalo president RI Rothschild Rupiah kayaknya bakalan ngalahin $US

  • Ayo perbanyak ekpor TKW...

  • Kemudian ada website importirdotorg gembor2kan bisnis barang impor dr china. Haft

  • ha....ha...ha....ada yg janggal.....bagaimana kalau terjadi yg sebaliknya, bahwa di indonesia terjadi surplus dolar karena akibat tingginya ekspor kita...? akankah dolar akan melemah? dan rupiah menguat? itupun tak kan terjadi.....begitu tidak seimbangnya dan tidak adilnya penggunaan dolar sebagai alat tukar perdagangan internasional. Tentunya yg masuk akal adalah gunakan alat tukar dalam bentuk emas atau setidak-tidaknya ada jaminan emas atas mata uang yang menjadi alat tukar internasional.

    • Maaf,,jangan membuat diri sendiri terlihat bodoh terimakasih

  • #bikotamerika

  • Dari dulu saya sdh bicara.sahabat2ku semua,sebangsa dan setanah air. Rakyat indonesia itu hrs wajib membeli dan memakai produksi buatan negara kita sndri.sehingga perekonomian berputar secara baik di dalam wilayan NKRI.

  • Salah banyak import2,banyak utang, barang dan jasa kita tdak bisa bikin bersaing d dunia inter nasional.. siapa semua ygsharunya m3ngatur???????????????? masak rakyat yg d salahin.

  • Alhamdulillah produksi Indonesia banyak bisa bersaing

  • Swasembada untuk semua produk dan cintai produk dalam negeri yg utama.rantai ketergantungan pada produk luar negeri harus diputus atau dikurangi,yakin Indonesia akan kuat.

  • IBARAT..... SEMUT.... LAWAN...GAJAH SEMUT NYA RUPIAH..... GAJAH NYA DOLLAR...... GAMPANG..... GUNAKAN.... ILMU.... SEPERTI.... KANCIL.... MENGHADAPI BUAYA........

  • Jangan cetak uang mulu -_- Jadi uangnya kebanyakan dan murah Rugi rakyat nilai uangnya turun

  • Yg suka nambah utang siapa?

  • Buat barang yang berkualitas dong, biar bangga , produk kita gak kalah ama produk import, karena selama ini biasanya kualitasnya rendah.

    • Nggak juga bro, tergantung target pasar

  • The New World Order 🔺

  • klo lebih jauh di pahami, naik turunnya nilai tukar mata uang itu krna permainan aja

  • Karena kebanyakan import yg bayarnya pake $ sehingga menghabiskan cadangan devisa.....anak TK jg tau Aneh Menkeu no.1 sedunia bs kgk tau ...

  • terima kasih gue sedikit paham.

  • BUMN di jual mungkin juga menjadi faktor

  • jadi inget berita bulan kemaren dimana ada keluhan para petani di beberapa daerah, Mendekati musim panen, negara malah impor....dgn berbagai alasan..

  • Yg terakhir setuju tuh, kurangi import, Dan dg SDM yang produktiv muda muda lagi harusnya kita bisa menghasilkan byk barang, kalau dpt yg punya uang kurangi investasi fortofolio, mari bangun UKM utk org Indonesia!!!

  • Pabrik indonesia yg bertaraf internasional ada nggak ya ? 100% milik orang indonesia...

    • +raja merahh terima kasih atas jawabanya... tp yg saya maksd pabrik yg memproduksi barang yg laku di internasional... misal jepang ada otomotif suzuki honda yamaha kawasaki dll klo elektronik sony... dan juga mesin2 misal CNC di korea ada 5 merk mobil... hp + elektronik jg... klo indonesia ada maspion tp kok yg punya mirip orang china(di iklan)... hehehe

    • bakri grop Didirikan 10 Februari 1942 Pendiri Achmad Bakrie Markas Jakarta, Indonesia Wilayah operasi Seluruh dunia Tokoh Nirwan Bakrie (co-Chairman) Indra Bakrie (co-Chairman) Produk Batu Bara Properti Infrastruktur Perkebunan Metal Telekomunikasi Media MIGAS Karyawan 70,000 (2011) salah satu contoh aja dan masih banyak lagi perusahaan yang di bangun oleh orang indonesia

  • Makanya jangan kebanyakan beli produk amrik Yang salah pola pikir rakyatnya Bukan presiden