Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar | Buka Mata

Dipublikasikan tanggal 16 Nov 2021
Pemberitahuan:

Pada menit 18.35 narasumber tertulis sebagai Ariati Dina Puspitasari, Sekum Nasyiatul Aisyiyah.

Seharusnya identitas narasumber yang benar adalah Diyah Puspitarini, Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah. Kami memohon maaf kepada pihak-pihak yang berkait perihal kesalahan penulisan identitas ini.

-----

Meski sejatinya poligami banyak tak disetujui dan menjadi sebuah hal tabu yang dibicarakan di ruang publik, tapi kini banyak orang mengklaim diri sebagai mentor poligami berselancar di media sosial demi mencari keuntungan. Mereka menyasar anak-anak muda dan mengklaim diri mampu mengatasi kebuntuan dari problem rumah tangga.

Tim Buka Mata Narasi menemui salah satu mentor yang mengklaim diri sebagai sosok pembimbing poligami. Ia mengklaim diri sebagai mentor dengan sepak terjangnya sebagai yang diklaim sukses melakukan poligami dengan istri empat. Di lain sisi, banyak pandangan yang mengkritisi praktik ini.

Komnas Perempuan menyebut, praktik poligami ialah bentuk kekerasan terhadap perempuan. Sementara, berbagai studi menyebut poligami adalah bentuk persoalan yang kini memicu angka kasus perceraian di Indonesia.



(Narasi)

Tonton juga Buka Mata eps. [Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar] dan episode lainnya di www.narasi.tv atau klik link bit.ly/3DpPtFR

Subscribe Newsletter Newsroom untuk update informasi terkini dari Narasi juga ya. Klik link bit.ly/newsletter_newsroom

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share video ini.

Tonton konten video-video lainnya di www.narasi.tv

Follow:
instagram.com/narasi.tv
facebook.com/narasi.tv
twitter.com/narasitv

Konten video dan ID-tv Channel ini adalah bagian dari Narasi.

Komentar

  • Iki lek kapet ono² wae tingkahe, bojone wes tuo ora dirumati malah di cerai, lek² astagfirullah. Semoga cepet dapet hidayah yo lek kapet

  • Setresss pak🗿

  • Gw pribadi sebagai laki2 ngebayanginya aja jijik harus membagi cinta selain dengan orang yg saya cintai. Amit2 ya allah jauhkan saya dan anak cucu saya dari poligami.

  • Aneh banget 😌

  • secara syariat tidak ada penyimpangan soal poligami, jika soal monopose dan ada gejala2 melanggar syariat itu urusan dosa dia.... jgn pandang poligami suatu oelanggaran syariat ini SALAH besar... selama hal itu dijalankan dgn jalan yg benar Insya Allah pahala akan didapatkannya...

  • Sy senang warga indonesia sdh byk yg cerdas... sehingga tdk terpengaruh dgn pikiran org in yg nurut sy "iblis bgt"

  • Nonton ini kok bikin aku istigfar terus ya 😅😅😅

  • Ya Allah mbak reporter kuat ya? :'

  • Nonton ini sepanjang video entah sudah berapa kali istighfar kelur dari mulut saya, uhhffttt

  • Semoga saya,anak cucu saya,saudara saya dijauhkan dari ilmu ilmu agama yang menyimpang

    • Asal bukan poligamiآمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن اَمِيِنُ يَا رَبً العَالَمِين

  • Semakin bangga menjadi pengikut kristus

  • Ini manusia bukan si tp kok kelakuan kek jelmaan iblis gini sih bentukannya Sebenernya yg gw takutin tuh yg kek gini nih, org menggunakan islam sbg tameng buat menormalisasikan kelakuan2 yg menyimpang kek gini nauzubillah

  • This is why kalo nyari ilmu jangan setengah", jangan langsung ditelen mentah mentah. Jujur aja sakit hati bgt denger perkataan "kyai" dari awal sampe akhir. Mau dihargai, tapi gamau menghargai perempuannya. Apalagi istrinya yang masih 19 tahun, beliau msh mau kuliah, masih mau seneng-seneng kyk orang umur segitu pada umumnya..

    • Inilah Hiidup suuka tidakk suuka maau tidakk maau Haruss Tetap Jalani

  • Kenapa bisa dipanggil kiyai? Bukan kiyowo . Keliatan sih ya dari muka nya, gaya bicara nya tuh tipikal laki2 yg gatel ganjen lenjeh gitu sih

  • Miskin banget bapaknya, rumahnya kumuh dan jelek 😭

  • Pingin tak jejeg lambe ne

  • Menikah umur 16 th? Kok bisa? Emang boleh? Kyai nya juga udah tua, hmm pedo kah?

  • Kyai kok SANGEAN 😅#WALAIKUMSAYANG

  • Murtad aja gua dah

  • Menopause dicerai? Ya karena istri yang sudah menopause frigid dan gak bisa goyang di ranjang. Intinya gini ya Pak Kyai

    • @GALAXY *** maaf, saya gak bisa positif thinking. Dan iya, jika anda menyarankan menyarankan saya belajar lagi, saya juga menyarankan anda untuk tidak menelan mentah2 ucapan Baginda nabi, belajar lagi tafsir yang benar serta yang lurus.

    • Positive Thinking kiita Banng mungkin Bapak ini ingin mewujudkan cita-cita Baginda nabi Muhammad Saw yang berbunyi aku bangga dihari Kiamat dengan Jumlah umatku yang banyak Belajar Lagii Banng

  • Males nonton ah

  • Itu pak hafidin ibunya perempuan kok bisa dianya gitu? Apa lah. Berarti kalau suami gak kerja tetap, bisa donk diceraikan? Padahal quran surat al mujadilah membela seorang istri yg dibully suaminya karena penampilannya yg semakin mirip ibu si suami (wanita tua).

  • Ini mirip orang di asia selatan, gak izin istri

  • Mhn dikroscek dr tim @narasi. Pembicara dr nasyiyatul aisyiyah bukan ariati dina, tp dyah puspitarini,,

  • The real keblinger. Cepet waras pak

  • Katanya kyai!! Harusnya tau kalau allah berfirman tidah boleh menyakiti hati orng lain apalgi istri.!! Kenapa anda nikah lagi!! Bukankah itu menyakiti hati istri aplgi tnp izin!! #SEDALAM"NYA HATI PEREMPUAN YG PALIIING.. DALAM DI MUKA BUMI INI PASTI AKAN SAKIT BILA SUAMI MENIKAH LAGI!!! karna bagamanapun tdk akn pernah adil kalau istri lbh dr 1..!! Hanya allah yg bisa dan maha adil.!!

  • Anjir, dia selaku orang tua malah setuju anak nya dipoligami😭, kasian anak nya woy masa depan nya gmna ? 😢😤

  • Cuk dah gila sih ini pemikiran nya 😭

  • TUHAN Hy menciptakan 1 Hawa unt Adam dgn perintah beranak cuculah Dan penuhilah bumi !!! Mengapa DIA tdk menciptakan 4 atau 10 Hawa spy bumi cpt penuh ??? Hy orang yg berfikir yg mau menentang poligami !!! Jgn mau para wanita dibodohi dgn dalil agama !!!

    • Feminis ini show off langsung kallou Berani

  • Ya iyalah... Orang dia fans nya Taliban... ISIS

  • Istri apa budak sih

    • Ya Budak ya Istri masa istri Haruss Ratu dan Juragan kasian suaminya

  • 4:54 mbak, saya tau perasaan anda 😩🙏🏻

  • 1:29 seconds in and i already feel the secondhand embarrassment

  • Intinya jadi perempuan tuh harus mandiri. Jadi kalo punya laki kayak bangke gini, gampang. TENDANG!!!!

  • Temennya pak doddy. Sama2 nyebelin😅

  • 17:28 berarti alasan terbesar mereka mereka yg ingin poligami itu berdasarkan pada nafsu mereka dong? Dan agama ini hanya dijadikan alasan aja biar mempermudah jalannya. Like ah poligami aja udh ya, biar bisa ngw sama si A. Trs 2 taun lagi mikir gitu lagi. Gituuuu terus. Jadi secara ga lgsg, istri yg banyak ini demi pemuas nafsu belaka? Dan tidak perlu sakit hati krn balasannya pahala dari Allah? Nauzubillahi mindzalik, astaghfirullah haladzim.

  • Heleh...cuma kyai pemuja syahwat

  • Perlu disorot pemerintah pusat

  • Walaikumsyaang:) ya Allah

  • " Waalaikumsayang " Langsung ketawa ketawa sendiri pas denger dia disebut 'coach' 🤭

  • Pertanyaan nya kalau istrinya mau poliandri sama laki2 lain mau gak pak!!! harus nya bisa dong 😂😂😂 Edit walaikumsayankkkkgggg 😂😂😂

  • Untuk kau yang tidak setuju dengan syari'at poligami, tidak perlu usik dengan yang berpoligami. #sokperhatian

  • Poligami kau cegah, pacaran gak pernah kau permasalahkan!!

    • Loo kira poligami Gampang Ferguso 🤣🤣🤣🤣

  • Di pesantren tradisional guru2 tdk ada yg mendapat gaji. Krn memang gak boleh mematok harga ilmu. Kecuali si santri memberi sedekah kpd gurunya. Dan itu pasti sedekah yg dikasih beda2 setiap santrinya.

  • Yuk cari guru yg bener, masuk pondok tradisional aja, kita langsung belajar lewat kitab salafus salih yg bersumber dari quran dan hadits

  • Saya yang laki2 aja sebel dengerin alasan si bapak ini Poligami

  • Poligami atau berzinah / selingkuh, memang sama2 menyakiti wanita...

  • org2 kayak gitu gk inget akherat apa yak

  • Waalaikumsayang.. astagaa.. memang makhluk cabul, pantang liat perempuan😠😠

  • Poligami dan politik

  • Dari cara bicaranya aja bisa dinilai otaknya sedangkal apa🤣🤣🤣... Nama anaknya aja dia gak tau, tapi mulutnya cakap berumah tangga sudah benar😂😂. Buat para istrinya ya, keluarga itu gak jadi keputusan akhir segala tindakan kita.. tetap diri kita sendiri yg mengambil keputusan.. Masa kelen gak bisa nilai itu laki2 macam apa, yg iyanya itu makhluk cabul berkedok agama😡😡

  • 1. Wallaikumsayang 2. Libido naik Apa2an..isinya hidup cuman nafsu doank, kenapa g lebih baik untuk mengendalikan diri ? Lebih indah ketika kita punya kendali atas diri kita sendiri

  • Bukan nya Poligami syariat buat kaum jahiliyah yang nafsu dan ego nya besar? Makanya dibatasin empat. TAPI KAN ADA LANJUTAN AYAT NYA. Kalau bisa satu aja, itu lebih baik?

    • iya emang gitu.. tapi kaum bigot ngelesnya yang penting itu ada di Al Qur'an.. astagfirullah..

  • Kalau semua pemikiran lelaki seperti itu (perempuan menopause harus dicerai) lhaa banyak perempuan tua menjanda karna diceraikan suaminya dong terus janji dulu mau susah senang menemani kehidupan sampai akhir hayat cuma bualan doang dan itu berbohong jatuhnya dosa lho terus cerai itu memang halal tapi dibenci Allah ,apa kagak mikir suatu saat kamu juga akan tua renta dan gk sanggup menafkahi bathin istri istrimu itu mudah2an dicerai jugalah sama ke4 istrinya yg masih muda belia juga 🤭🤭🤭

  • buse menit 16:30

  • Dari awal aja emang udah salah. Udah jelas di Islam kalau suami ingin poligami harus atas persetujuan istri dulu. Harus ijin ke istri dulu. Bapak kira istri tuh babu? Budak? Manut" aja? Istri juga punya perasaan. Sudah jelas kalau istri menolak dipoligami ya tidak boleh. Kalau tetap dilakukan sama aja selingkuh, ya dosa. Bapak kyai tapi sunnah yang diambil cmn yg benefit libido bapak doang ya ternyata..

    • Lelaki adalah imam dan wanita adalah makmum jaddi kudu manut beegitulah kira-kira😁😁🤣🤣🤣🤣

  • Saya punya pacar 4 dan

  • Pen nampol bapaknya pake palu🤣🤣🤣

  • Yang seperti inilah dapat membuat pandangan orang ke agama islam jadi agak bagaimana. Ya allah. Istighfar pak.

  • Speechles... Gabisa ngomong apa2 lagi... Terlalu luar biasa isi kontennya

  • apa hubungannya taliban sama poligami?

  • duh sumpah ngeri banget liat nya:(

  • Alhamdulillah videonya bermanfaat, tolong video ini pas bulan puasa dihilangin dulu. Takut banyak puasanya yg batal 🙏

  • Di ceraikan karena menopause ????? Ini sih gila kiainya. Ya Allah 😭😭

  • Astaghfirullah,, gapapa cukup bapak itu aja ya allah yang punya pikiran begitu.. jauhkanlah kami para perempuan dari lelaki yang sikapnya tanpa disadari menyakiti hati perempuan. Aamiin

    • Aku tak kan pernah berhenti Akan terus memahami Masih terus berfikir Bila harus memaksa Atau berdarah untukmu Apapun itu asalkan mencoba menerimaku … Dan kamu hanya perlu terima Dan tak harus memahami Dan tak harus berfikir Hanya perlu mengerti Aku bernafas untukmu Jadi tetaplah di sini Dan mulai menerimaku … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan … Dan kamu hanya perlu terima Dan tak harus memahami Dan tak harus berfikir Hanya perlu mengerti Aku bernafas untukmu Jadi tetaplah di sini Dan mulai menerimaku … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Selamanya takkan berhenti

  • Sebuah contoh kesalahan interpretasi al-Quran yang nyata,

  • Jika boleh sertakan ayat²nya... agar bisa dipercaya kata²nya. Jgn sampai ceramahnya sesat dan menjadi dosa. Karna memberi ceramah haruslah benar² dr hadist dan alquran.

  • Setahu saya di alquran itu boleh poligami asalkan istri nya ridho ,lah kalo maen kawin* seenak jidat gini bukan manusia lagi namanya tapi hewan! Saya jadi ragu sama keislman nih orang, islam apaan nih!

  • Kepikiran gitu ye sama dia jadiin anak umur 16th jd istri. Secara hukum aja blm dewasa. Gmn bisa jd istri yg berpikiran dewasa dan akan merawat dia. Bilang aja ga bisa nahan😢😢Udah keungkap juga itu anak mw dinikahin krn ngarep dikuliahin. Pikirannya cuma kawin aj, pengen punya anak byk.. pernah g berpikir gmn anak² nanti menghadapi kehidupan sosialnya. Hebat bener berani tanggung jawab dunia akherat 4 istri 25 anak.

    • We ngko lek tak cepok low protes ae

  • Muslim opo neh iki? Kitab e alquran dudu iki?

  • Ya Tuhan, jadi sebenarnya poligami itu baik atau tidak ?

    • poligami itu buat kaum jahiliah yg dulu emang gitu... anjuran Al-Qur'an cuman satu...

    • Tidak

    • Saya rasa untuk kaum Adam baik si positive

  • kantheng !

  • Jadi takut nanti semua perempuan yang ada di situ dinikahin juga , buset dah pak pak kalo nafsu itu ditahan jangan berkedok agama untuk memuaskan nafsu terhadap perempuan yang masih muda , banyak janda yang bisa bapak nikahin , TOLONG ISTRINYA MENDING KABUR SAJA , DIA BERADA DI LAKI LAKI YANG TERSESAT 😱😹🤣

  • islam agama sangean, kenapa ga seneng? ya lu uruslah oknum di agama lu yang mayoritas katanya wkwkkw

  • yaaa intinya poligami dalam islam itu boleh. tapi sayangnya tercoreng akibat perbuatan muslim itu sendiri. padahal poligami yg dicontohkan Rasullullah tidak seperti itu. bahkan beliau menikah lagi itu setelah istri pertama meninggal. yaaaa bukan jadi satu begini😬 ya mungkin juga salah satu istrinya sudah ridho jika suaminya menikah lagi. kita ga tau seberapa kuatnya iman seseorang sampai seperti ini asalkan jangan poligami disaat istri masih cantik, masih sehat, masih kuat melaksanakan pekerjaan rumah, eh si suami malah nyari istri lagi yg lebih muda dan cantik. jadi bisa disimpulkan dia poligami krn nafsu doang

    • Lah? Nabi yang mulia saja istrinya banyak, kebanyakan janda-janda muda yang cantik jelita dan sehat. Jadi kalau bisa punya istri banyak yang aduhai semua, kenapa harus menunggu istri pertama sakit dahulu?

    • Memang beegini cara kerjanya sepert istri nabi Daud Yaqub dan Sulaiman emang ada Hadist dan Dalilnya poligami ada syaratnya

  • Andai bapaknya di ajak diskusi sama mbk najwa

  • Lmaoooo if i married in that age,i would've been caught by officer and charged with some murder attempt

  • tolong kecerdasanya 😂

  • Si kiai : "Libido mereka kuat naik." Endingnya nyari cara buat poligami. Ya Allah.

  • Anjir "semarak poligami akan semakin menguat" 😭😭😭😭

  • Semakin mendalam sy melihat semakin tidak ada kewajaran sesuai hati nurani. Seakan melihat dan mendengar suara syaitonirojim

  • Dih apa sih

  • Kiai wkwk

  • Manusia-manusia kek ginilah yang buat orang-orang berfikiran buruk soal syariat islam Memanfaatkan qs. An-nisa ayat 3 demi kepentingan pribadi, kepuasan nafsu, mempengaruhi orang biar apa yang dilakuinnya jadi wajar. Ntah mungkin bapak ini gak tau atau mungkin lupa kalo Allah juga berfirman dalam qs. An-nisa ayat 129 yang bilang kalo sesungguhnya manusia itu tidak dapat berlaku adil kepada istri-istri nya, meskipun mereka sangat ingin. Wallahua'lam bishawab

    • 🐶🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣 Feminis lelaki ngga mengerti sifat wanita

  • Playboy berkedok agamis

  • Tidak ijin tidak apa2 karena artinya menurut mereka perselingkuhan adalah halal dan hal yang baik. Panutan mereka Annisa ayat 3. Manusia Tidak mungkin bisa adil. Karena Yang maha adil hanya Allah. Karena pasti ada yang jadi terfavorit. Buktinya tidak mungkin bisa satu rumah. Kalau istri pertama dapat uang saku 2jt perbln, maka istri ke2,3,4 dst juga harus sama2 dapat 2jt..belum soal uang saku anak,baju anak,sekolah anak, modal usaha, motor dst..sanggup adil ?. Ah jadi pengen poliandri.

    • @GALAXY *** kami aliran kepercayaan..dmn laki dan perempuan setara. surga, neraka, pahala bkn tujuan, melainkan ketentraman, ketenangan batin dan peningkatan kompleksitas kesadaran jiwa lah tujuan sejati kehidupan..

    • Ini cwekan ini cwe pasti poligami Halal poliandri Haram ini Dari seluruh cerita nabi-nabi Hadist dan Dalil dalam Islam yang ada poligami dan ngga ada poliandri terima saran saya gunakan saran saya bilang kaau emang pintar🤣🤣🤣😎😎

  • "Kalau mau ikut perjuangan ayah, maka jadikan anak kalian istri kedua, ketiga, keempat" Gatau seberapa hancur nya hati anak-anaknya. Rasanya pengen meluk anak perempuannya dan ngomong "are you okay?". Semoga anak perempuan nya dapet jodoh yg sebaik baiknya

    • @GALAXY *** pasti ada alasan dibalik itu but the most important thing u keep fight. Proud of u bro..

    • Ini aku Introvert Hakikimori siapa yang Maau peluk aku aku butuh pelukan

  • Poligami itu cuma pembatasan istri maksimal4 dan jelas kok jika tidak sanggub adil maka nikahi 1 saja jadi anjuran nya 1 saja.

  • Jaman edann

  • Sange mah sange aja bhabi

  • Nafsu dengan kedok 'sunnah'

    • Ini lagu yang pasti untuk kasus ini ini Aku tak kan pernah berhenti Akan terus memahami Masih terus berfikir Bila harus memaksa Atau berdarah untukmu Apapun itu asalkan mencoba menerimaku … Dan kamu hanya perlu terima Dan tak harus memahami Dan tak harus berfikir Hanya perlu mengerti Aku bernafas untukmu Jadi tetaplah di sini Dan mulai menerimaku … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan … Dan kamu hanya perlu terima Dan tak harus memahami Dan tak harus berfikir Hanya perlu mengerti Aku bernafas untukmu Jadi tetaplah di sini Dan mulai menerimaku … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan … Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Inginkan rasakan Rindu ini menjadi satu Biar waktu memisahkan Cobalah mengerti Semua ini mencari arti Selamanya takkan berhenti Selamanya takkan berhenti

  • Duaaarrrr meletus 🤣🤣

  • PEDO F I L LL L EEEEEEEEE UNTA

  • Anjir , berdoa kepda allah , dan di kasih ? 🤣 , allah tega banget ya? Ksih anak 16 taon? Astga , kiamat2

  • Kemenangan taliban sdh terjadi , dan ini org di indo hyper , jijik sumpah asli, yg cewe di poligami pasti pake cadar🤣🤣

  • Ini manusia apa binatang? Jijik , NAJIS

  • Tonton sampai selesai . Mau poligami atau tidak . Jgn sampai syariat islam kalian benci sendiri. Kalau kalian tidak mampu beristrilah 1 saja . Dan tolong kepada kalian jaga jgn sampai zina menjadi hal biasa diantara kalian.

  • sisi positif nonton ini, org jd banyak istighfar... 😂 sisi negatif : sekaligus misuh2 🤣 pertanyaan nih : 1. ni cewek2 yg diajarin spy mau poligami, dicuci otak bukan ya? kayak org2 yg diajak jd teroris itu. 2. ni mungkin ga ya, human trafficking berkedok perjodohan agama?

  • Nauzubillah, bapak aneh bgt pak