PERJALANAN KISAH TANAH JAWA DI DESA PENARI

Dipublikasikan tanggal 26 Mei 2022
Selamat menikmati tayangan Kisah Tanah Jawa

Perjalanan Gerbang Antar Dimensi kali ini, kami dari tim Kisah Tanah Jawa berusaha membahas dan menggali tentang sebuha fenomena yang terus menerus menjadi perbincangan di media sosial, KKN di Desa Penari.

Apa saja yang kami temukan selama perjalanan kami? Simak kisahnya di episode spesial Gerbang Antar DImensi kali ini.

Join Channel Membership kita id-tv.org/ch/UCZIE...

Dengerin Podcast Tanah Jawa di Noice buat untuk ikutin kisah di balik layar tim riset KTJ. Download Noice - noiceid.onelink.me/cyOg/ea876529

Connect with us on social media:

Instagram : instagram.com/kisahtanahjawa
Fan page : facebook.com/KisahTanahJawa
Twitter : twitter.com/kisahtanahjawa
TikTok : www.tiktok.com/@kisahtanahjawa
Telegram :

Komentar

  • Terima kasih Sobat Javanica sudah menyaksikan Gerbang Antar Dimensi Edisi Spesial KKN di Desa Penari. Semoga tayangan yang kami sajikan bisa menghibur dan lebih baiknya lagi jika bisa memberi suatu nilai maupun pelajaran dari peristiwa yang terjadi. “Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” Sugeng Rahayu Sagung Dumadi🙏🏻

    • @mulat Sedyaanti maaf mas dulu pernah menelusuri atau bgmna

    • kok gak ada mas gentha ☹️

    • Sukses buat KTJ om Hao dan team,semoga selalu dlm lindungan Allah SWT.Aamiin

    • Sepanjang om hao bicara, saya gemes sama senter di dalam saku celana pgn rasanya saya matikan.

    • 🙏

  • Patut diapresiasi sih ini bener2 jelajah desa dari ujung lokasi ke ujung lokasi lain..... Dari awal sampe akhir isinya sejarah semua dan bener2 bikin kita harus sadar bahwa kita hidup di Nusantara ini harus tau tata krama 🙌🙌🙌🙌 TRENDING MESTI NIH

    • Alhamdulillah trending

    • 🙌

    • @Siti Kotijah kota B daerah mana mbak? Aku daerah Gtg

    • @tatatata betul di manapun harus jaga tata Krama, tapi banyak orang salah mempraktekkan mereka jaga sikap cuma di tempat tertentu & karena takut dengan ke angkeran nya aja, bukan karena Allah itu yg ga boleh. Dan seharusnya kemampuan kita ke tempat yg katanya ada penunggunya itu jangan pernah izin atau permisi ke "mereka" tapi baca Do'a khusus yg sudah di ajarkan Rasulullah & harus yakin hanya Allah yg bisa melindungi kita, bukan dengan cara minta izin, permisi atau mematuhi adat tertentu karena kita adalah Khalifah di muka bumi & derajat kita lebih tinggi dari "mereka" jangan tunduk pada mereka kita hanya boleh tunduk pada Allah yg maha kuasa. Kita patuhi adat setempat yg tidak merendahkan martabat manusia & kita tinggalkan adat yg merendahkan manusia seperti harus izin, tidak boleh pakai pakaian tertentu, harus bawa sesaji dll. 🙏🙏

    • @Tuti Yudiati betul di manapun harus jaga tata Krama, tapi banyak orang salah mempraktekkan mereka jaga sikap cuma di tempat tertentu & karena takut dengan ke angkeran nya aja, bukan karena Allah itu yg ga boleh. Dan seharusnya kemampuan kita ke tempat yg katanya ada penunggunya itu jangan pernah izin atau permisi ke "mereka" tapi baca Do'a khusus yg sudah di ajarkan Rasulullah & harus yakin hanya Allah yg bisa melindungi kita, bukan dengan cara minta izin, permisi atau mematuhi adat tertentu karena kita adalah Khalifah di muka bumi & derajat kita lebih tinggi dari "mereka" jangan tunduk pada mereka kita hanya boleh tunduk pada Allah yg maha kuasa. Kita patuhi adat setempat yg tidak merendahkan martabat manusia & kita tinggalkan adat yg merendahkan manusia seperti harus izin, tidak boleh pakai pakaian tertentu, harus bawa sesaji dll.

  • KKN di Desa Penari itu mengajarkan kita untuk menghormati adat istiadat manapun, baik di Jawa maupun di luar Jawa. Beberapa anak kota lebih sering menyepelekan hal-hal yang dianggap sakral oleh orang-orang desa.. banyak mahasiswa yg menganggap budaya Jawa itu hanya mitos, padahal mau itu mitos atau bukan kita patut menghargai dan menghormati adat tersebut. Film KKN di Desa Penari dan episode kisah tanah Jawa kali ini, harus ditonton oleh para mahasiswa yg akan melaksanakan KKN supaya senantiasa menghargai segala hal baru ditempat yang baru, jangan sembrono

  • "DIMANA BUMI DI PIJAK, DI SITU LANGIT DI JUNJUNG" pesannya luar biasa, semoga kita yg masih hidup bisa belajar dari KKN desa penari, tata krama itu penting, dan harus di junjung tinggi

    • Tapii kan di film kkn desa penari inti permasalahannya badarawuhi yg pengen nyari “penerusnya” sehingga menghasut manusia termasuk sampe kejadian asusila tsb. Jd sebenernya badarawuhi yg playing victim seolah manusia yg jd tersangka atas malapetaka yg terjadi 🫥

  • Dimana pun kita berada,selalu respek dengan adat budaya setempat dan selalu menjaga adat sopan santun dgn moral yang baik...

  • saya lahir denpasar bali,saya cinta budaya jawa❤️❤️❤️

  • KKN di Desa Penari itu mengajarkan kita untuk menghormati adat istiadat manapun, baik di Jawa maupun di luar Jawa. Beberapa anak kota lebih sering menyepelekan hal-hal yang dianggap sakral oleh orang-orang desa.. banyak mahasiswa yg menganggap budaya Jawa itu hanya mitos, padahal mau itu mitos atau bukan kita patut menghargai dan menghormati adat tersebut. Film KKN di Desa Penari dan episode kisah tanah Jawa kali ini, harus ditonton oleh para mahasiswa yg akan melaksanakan KKN supaya senantiasa menghargai segala hal baru ditempat yang baru, jangan sembrono

    • @Thomas anjing juga jadi sumber panganan daging. Bagi pecinta anjing, memang bukan panganan. Bukan berarti melarang-larang konsumsi daging anjing

    • @T K betull" bahkn kita lgi lewat kebun atw hutan atw sebangsa apa yg akn kita lewati kita hrs mengucapkn salam dulu

    • @Neni Noviani langit atuh....saking semngt nya ya mbk 😆😆😆

    • @Isma Nur Aziz Isma muka mu mirip dngan tetangga ku.. sangat cantik mempesona..

    • Betul

  • Terimakasih om Hao dan seluruh team bersedia menceritakan kisah2 yg menjadi kehidupan leluhur2 kami masyarakat Banyuwangi,semoga menjadi pembelajaran bagi semua generasi muda,kami yg hidup dari tanah dan air Blambangan tetap memberi hormat kepada semua saudara setanah air Nusantara utk tetap menjaga tradisi n budaya leluhur masing2,karena hidup di Nusantara berdampingan langsung dengan saudara tua kita,sesuatu yg lebih dulu ada sebelum kita,salam Rahayu bagi semua,semoga bermanfaat 🙏🙏

  • Selalu seneng kalo liat KTJ...😊 Penjelasan sejarahnya dan asal muasal suatu kejadian/tempat selalu mudah untuk di pahami...sukses selalu.. Sehat2 buat team KTJ ❤️

  • Mantap pencerahannya Om Hao dan Mas Day..terimakasih sdh membantu mengingatkan sesama atas etika, norma & budaya yg harus kita junjung sebagai orang timur..🙏🙏

  • setelah menonton ini saya dapat menangkap ceritanya dengan jelas termasuk bagaimana serangkaian cerita itu terjadi. ternyata ada yang berbeda dengan cerita maupun filmnya ya. namun dibalik itu semua pesan moralnya sungguh besar & sangat berguna sekali bagi kita terutama yang masih muda (termasuk saya sendiri) yang istilahnya baru kemarin sore & tidak tau apa² menjadi tau & lebih berhati hati dalam berkata maupun bertindak. terima kasih Om Hao & Tim KTJ

    • Kalau gak salah nur yg asli usianya sama kayak mama sang penulis.. bearti kisaran 40 ke atas

    • @Sapto Kurniawan yg jls gua lbh yakin ke om hao KTJ crew

    • @Sapto Kurniawan KKN 2009 itu versi desa Kemiren kampung Osing. Bukan desa Bayu Lor kyk versi KTJ. Lucunya lagi warga desa Kemiren awalnya ngotot Klo gak ada yg namanya KKN dan kesurupan Eh giliran Filmnya viral pada ngaku-ngaku semua😆 Klo Versi KTJ ini adalah versi On The Spot yg udah dibikin jauh sebelum Filmnya tayang di Bioskop

    • @Diary VVT semua cerita yg ditulis oleh simpleman disamarkan dan pasti di modifikasi agar tidak ada timbul maslah dri pihak kampus atau pun korban

    • Ya iyalah film kan di ambil intinya gk bisa semua di bikin cerita kan kepanjangan dong

  • Kronologis, sistematis, pengetahuan, sejarah, misteri, mitos, mistis dan pesan moral, menjadi ciri khas konten KTJ. Kombinasi dari segi horor dan edukasi diracik dan disajikan untuk penonton setia sobat Javanica 👍🙏

    • Bukannye dirasahiakan.. wong emang cerita fiktif.. wkwkwk emg pansos doank ktj

    • @Londo Java gua ada singgung agaama ?? 😑😑

    • @NO NAME justru karena budaya ini yg bikin Indonesia ada hingga skrg dan aman serta rakyatnya yg saling gotong royong dan menghormati kuasa Tuhan dan alamnya, yg bikin rusak itu budaya dari negara lain yg memaksakan agamanya tanpa menghormati agama dan budaya leluhur yg ada di Indonesia

    • @Susi Hariyanto iptek , sains ??? ☹

  • KTJ masyallah ... Sopan santun selalu diutamakan dimanapun berada...penyampaian sangat jelas dsri segala sisi .. Mistis maupun historis nya... Semoga Allah lindungi tim KTJ dimanapun berada... Sukses selalu..

  • Alhamdulillah dapat penjelasan yang sangat detail dari Om Hao bagaimana alur cerita yang sebenarnya dari semua segi sisi. Sejarah di masa lalu adalah guru yang baik untuk di pelajari agar tak tersesat di dalam kehidupan yang akan datang. "Dimana bumi di pijak di situ langit di junjung" Sukses selalu untuk om Hao dan tim Kisah Tanah Jawa. Selamat udah menjadi hot trending untuk penelusuran gerbang antar dimensi.

    • Dimana bumi di pijak di situ langit di junjung". Sukses selalu untuk om Hao dan tim Kisah Tanah Jawa. Sukses selalu untuk om Hao.

    • Alhamdulillah mendapatkan penjelasan yang sangat detail dari om Hao bagaimana alur cerita yang sebenarnya dari semua segi sisi. Sejarah dimasa lalu adalah guru yang baik untuk dipelajari agar tak tersesat di dalam kehidupan yang akan datang. Bisa dijadikan pelajaran hidup.

  • Saya sudah menonton film "KKN di Desa Penari" dan juga episode ini. Sangat menarik eksplanasi 'dik' Om Hao yang tidak hanya membahas sisi sejarah namun juga metafsika di lokasi tersebut..banyak pelajaran kehidupan yang bisa dipetik seperti slogan "Historia Magistra Vitae" (sejarah adalah gurunya kehidupan) yang secara implisit disebut di menit ke-1:01:10 - 1:01:15..salam dari kakak angkatan Magister Sejarah UGM lulusan 2011..Keep up the good work dik 👋☺👍

    • @Davira Faranisa nikah yuk mbak

    • @NO NAME Bro, c'mon.. I read your deleted comment and I feel disappointed because I'm from India and also graduated master's focusing on history and cultural studies from UGM. As a foreigner, I am proud of the UGM alma mater. In my country, it is common to respect anyone's preferences or spiritual beliefs which happens as well in this wonderful Indonesia. Peace brother.

    • @Elisha Indira wkwkwk justru krna itu lucu aja gua baca komen2 yg seolah2 membenarkan hal ini , kan gua penasaran aja , klo dia merasa cuman hiburan yh okok aja , tapi klo gk yh 😅😅 . Lanjut dah klo gitu ..!! Maaf klo komen gua agk nyakitin , gua hapus dah bre 🙏🙏 , maaf 🙏🙏

    • @NO NAME yang aneh tuh lo, udah tau emang ga percaya dan dibodohi ngapain ditonton apalagi sampai bacain komen orang. Namanya juga hiburan, masa lulusan UGM ga boleh nonton. Makanya jangan berpikiran sempit.

    • @NO NAME Mau percaya atau ga percaya terserah kepercayaan masing2 orang kali. Mau dia lulusan Harvard atau lulusan Stanford kalau meyakini adanya hal2 seperti itu ya terserah orangnya lah. Kan disitu udah dibiliang "banyak pelajaran kehidupan yang bisa dipetik" dari video tersebut. Makanya otak dipake jangan asal nyirnyir doang!!

  • Edukatif dan inspiratif kontennya. Mengajarkan kita untuk lebih menjaga adab dan tatakrama dimanapun kita berada dan dicontokan langsung oleh Om Hao.Keren..

  • "Katakanlah apa yang kamu ketahui, tapi tidak semua yang kamu ketahui kamu katakan" Komplit banget. 'Kisahnya' ada, pesan moralnya ada, sejarahnya juga ada. Perjuangan menjadi penyambung lidah bukanlah perkara mudah. Semakin salut dengan tim Kisah Tanah Jawa. Matur nuwun sanget untuk Mas Hao, Mas Day dan seluruh tim Kisah Tanah Jawa. Sehat, sukses dan ngati ati selalu, nggih ❤️❤️❤️

  • Di KTJ semua hal tentang sejarah atau hal" yg lain benar" d'jelaskan dg baik. Terimakasih Om Hao dan Team KTJ tambah sukses dan selalu dlm lindungan Allah SWT. Amin. Salam dri Jateng.

  • terima kasih kisah tanah jawa sudah menyampaikan sejarah dan petuah yang tidak bisa kami tangkap sendiri! salut!

  • Terimakasih Om Hao dan tim Kisah Tanah Jawa♥️ sehatt selalu😊

  • iya bener cerita nya sama seperti di film walau ada yg beda versi tp garis besar menggambarkan sejarahnya👍🏼 thanks om hao dan crew yg bertugas 🙏🏻

    • namanya juga setan tugasnya menyesatkan

    • Semenjak film kkn desa penari tayang banyak yg mengaku” dan menceritakan kisah tsb tapi lain dgn yg di ceritakan di film Pdahal dsini penjelasannya jelas” sama dgn yg ada di film Agak geramm sih bnyak konten” yg KATANYA diundang ke desa penari tsb, pdhal desa nya udh kosong warganya pindah semua🤦🏻‍♀️🤦🏻‍♀️

    • @Vie Tina jelasinnya jangan ke saya, saya sudah tau. Jelasin tuh ke yang ga nonton tapi sok tau 🤣

    • @Andhika Luthfi om hao menceritakan cerita asli emang kisaran 90’an, tapi simpleman di samarkan jadi tahun 2008, dan di pertegas om hao kalau tahun 2012 masyarakat udah pindah semua ngga ada yg menetap di situ 🙏🏻 cmiiw

    • @Andhika Luthfi iya bilang di taun 90 ko

  • sugeng dalu sobat javanica dimanapun kalian berada, terimakasih untuk om hao,mas day beserta crew ktj yang telah mengupload konten yang epic ini 👏

  • Tontonan sekaligus tuntunan, sejarah yg semestinya diungkapkan untuk menyampaikan pesan yg tersirat. Terimakasih banyak om Hao dan Mas De. Atas penelusurannya sangat sangat memberikan informasi dan nilai lebih, kita yg menonton juga sedikit banyaknya merasakan bagaimana proses syuting berlangsung. 🙏

  • terima kasih kisah tanah jawa sudah menyampaikan sejarah dan petuah yang tidak bisa kami tangkap sendiri! salut!

  • MasyaAllah luar biasa...dari sini saya menyimpulkan, dari simpang siur informasi beredar, konten ini adalah kunci jawaban, pesan yang ingin di sampaikan oleh penulis simpleman dan divisualkan melalui film layar lebar KKN DESA PENARI sangat jelas dan rinci kevalidtannya. Tutur kata penyampaian peribahasanya patut diacungi jempol.

    • @Sapto Kurniawan kaya kenal orang dalam mahluk goib aja

    • dan konten ini kunci jawaban nya

    • semua udah di samarkan kaliii

    • @Sapto Kurniawan Yeee lucu. Yg di simpleman udah dijelasin berkali2 klo jumlah peserta, nama desa, tahun kejadian, udah disamarkan buat melindungi narasumber. Nah di KTJ dikonfirmasi bahwa semua cerita itu NYATA ADANYA. Lagian anda sok tau banget kyak orang terdekat narsum bae pake bilang KKN 2009 yg bener. Wkwkwkk hadeuh.

    • @Sapto Kurniawan trus di mana bg? tau gk?

  • kkj adalah program yang memotivasi generasi bangsa agar tidak melupakan peristiwa budaya/sejarah cerita dimasa lampau sukses selalu untuk kkj

  • Indonesia betul2 tanah para leluhur yg sgt kental akan adat istiadat yg perlu di jaga dan di hormati. Terima kasih buat konten ini team KTJ. Sehat selalu utk om Hao dan seluruh kru team Kisah Tanah Jawa. Salam dr Anak Medan

    • @melati hasbunallahu wa ni'mal wakil, benar ya Allah 💔. Ga ada malu lagi skrg mereka yang berzina bangga dengan dosanya dengan disiarkan dan disebarkan. Semoga Allah melindungi kita dari segala kemaksiatan dan keburukan sampai akhir hayat. Semoga kita dilindungi dari kesyirikan dan perbuatan syirik. Amin Ya Allah.

    • @Akbar R musrik gmn maksud lo? Adat istiadat jawa lu kata musrik?

    • Musyrik gak sih

    • Makanya kemarin sempet gedeg juga waktu ada yg nendang sesajen

  • Terima kasih team KTJ..setiap episodenya selalu menarik, banyak cerita sejarah yg disampaikan om hao beserta pesan moralnya..smg om hao dan team KTJ sehat selalu 🙏🏼🙏🏼 aamiin

  • Baik sekali mempelajari sejarah ,dg penyampaian yg sangat bijak,menghargai sejarah sebagai edukasi adab budaya kearifan lokal agar selalu bisa berprilaku baik pd alam semesta beserta semua mahluk ciptaanNYA. Positif point👍👍👍

  • saya percaya sama penuturan dari om hao. Apalagi pas bagian ada pagelaran tari sama bawa makanan cacing + kepala monyet. Soalnya yg di ceritain om hao lebih realistis. Simpelman juga pasti kaget karna cerita yang dia sembunyikan malah terungkap disni😂

  • Cerita dan tempat nya hampir mirip dengan yg pernah di explore sama tim on the spot trans 7. Sukses terus untuk rekan rekan kisah tanah jawa. Dan pelajaran yg harus kita ambil, setiap tempat dan daerah pasti memiliki suatu adat dan larangan, sebelum kita bertamu ke suatu tempat lebih baik meminta izin dan di temani oleh penduduk setempat agar kita tau semua tempat yg di sakral kan.

  • Terimakasih team KTJ atas penelusurannya, penasaran saya terjawab🙏🏻, kalian hebat 🙏🏻 Tapi setelah penasaran saya terjawab tentang kebenaran cerita kkn ini, saya sekarang penasaran kenapa bisa ada alat berat excavator disana?.

  • Berdiskusi selancar itu dan seformil itu di tmpt serem kyk gitu menunjukkan tingkat keilmuan om hao dn om dey yg luar biasa. Sukses selalu utk semua tim KTJ.

  • dimana bumi berpijak. disitu langit dijunjung. jelas bgt pesan moral nya. n sejarahnya. Terima kasih om hao n tim Kisah Tanah Jawa.. semoga om hao n smua tim selalu di berikan kesehatan. sehingga bisa memberikan n menampilkan video2 menarik lainnya.

  • Assalamualaikum team Kisah Tanah Jawa. Saya peminat kalian dari Malaysia. Maaf ya, kalau tidak keberatan..mohon diletakkan subtitle bahasa Indonesia/ Malay atau English ya.. ada few part yang saya tak faham apa yang dituturkan 😅. Mohon penambahbaikan dan semoga rancangan ini terus sukses ke global 🙏

  • kerennn sihh perjuangan ke desanya, dari makam ke sungai jalan kaki 3km 45mnt, pasti fisik capek banget belum lagi energinya terkuras oleh aura negatif disana. pun cerita dari om Hao lebih detail dari filmnya wkwk. Apresiasi buat semua crew tim ktj tetap mengutamakan kesopanan dg pesan²/amanat yg baik. Sehat² selalu dimanapun kalian berada

    • @anggia juliani justru film dpt dari om hao

    • Kenapa sutradara ga collab sama om hao aja🤣 atau tim ktj mau bikin film part 2☺

    • @bintnk ad itu lagi gali parit

    • KOK EKSKAVATOR BISA MPE SITU YA? BRTI GA ASING DESANYA 😅

  • trimakasih diberi pencerahan sejarah nya om Hao... semoga sukses terus om Hao..kita bisa lebih menghargai leluhur sebagai pijakan kita ke depannya... Salam Rahayu🙏

  • tariannya indah banget. bangga sebagai indonesia. diwarisi kesenian begitu indah.

  • menjaga sikap dan prilaku dimana pun berada adalah kunci untuk keselamatan kita, mau itu yang terlihat dan tidak terlihat semoga, para korban yang saat ini masih di ikat di lokasi selalu di beri kemudahan dan semoga suatu hari di maafkan dan di permudah segala kesulitan nya, karna dari merekalah kita banyak mendapat pelajaran, trimakasih untuk tim KTJ efford nya sangat luar biasa, semoga terus maju kedepan nya.

  • semangattt terus untuk om hao dan semuaa kru.....❤❤❤

  • Tata krama - etika - sopan santun hendaknya selalu diterapkan dimanapun berada, karena kita hidup saling berdampingan. Dari cerita Desa Penari ini banyak pembelajaran hidup yang bisa diambil. Terima kasih Om Hao dan tim Kisah Tanah Jawa.

  • Banyuwangi bukan kota angker dia mempunyai banyak keindahan, dia kota yang menjunjung tinggi kesopanan dan disakralkan. Dan jangan lupa berkunjung dikota banyuwangi🤗

    • Nanti saya main kerumah kamu, bawa martabak 🤣

    • @Rohmat Budi walaupun g dbwi klo numpang rumah orang smpk br bulan2.. Y pasti jdi omongan orang om.. Kelamaan 😂

    • Siap berkunjung ke rumahmu neng...bawain martabak, atau bakso neng 😁

    • @Rohmat Budi wkwk ya maklum cm beberapa hari sih, tp kalemkalem orangnya, cara ngomongnya jga

    • @Cindy Maya memang alas purwo lmyn keramat hutannya, oalaa sampeyan Bangorejo toh mbak, Banyuwangi Kidul, salam kenal dari Ketapang kec. kalipuro 😊

  • Salam rahayu om hao...om ini luar biasa detail dan lancar sekali menceritakan kejadian itu tanpa keraguan sama sekali,salut buat om hao, tapi klu boleh saya usul om, kiranya bersedia untuk melakukan penelusuraan yg sama atas kisah yg menjadi sejarah bagi masyakat selama ini yaitu kisah Prabu Pamanah Rasa atau Jaya Dewata dalam versi metafisik tanpa literatur buku2 sejarah (murni versi metafisika) untuk pembuktian apa betul Raja tersebut Moksa bukan Meninggal secara harfiah ? Dan bisa menjadi pembanding literatur sejarah yg tertulis lengkap dgn bukti dan data empiris yg ada ! Dan semoga bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat banyak. Demikian Om Hao terimakasih, salam rahayu sagung dumadi.

  • Tontonan yg perlu di apresiasikan..mengungkap tabir yg tersembunyi...trimakasih utk team TKJ...sukses selalu dan senantiasa di berikan kesehatan

  • Suka bgt sama om hao sukses selalu buat tim kisah tanah jawa🥰

  • Kisah Tanah Jawa itu ibarat "verifikasi cerita" buat saya. jadi kalau cerita, walaupun penulisnya bilang ini fiksi, tapi kalau udah "diverifikasi" atau dibawakan sama KTJ, fix ini menarik. karena KTJ full edukasi di bidang metafisika dan dibawakan oleh orang yang paham, punya kelebihan di bidang itu serta paham sejarah, punya gelar akademik di bidang sejarah yang bikin saya yakin kalau KTJ gak bakal sembarang dalam bercerita. jadi konten KTJ ini penuh edukasi, terarah tujuannya dan itu yang bikin konten ini menarik dan bikin saya merinding daripada konten/cerita di chanel lain yang nunjukin sisi horor serta adegan kesurupan bla bla bla tapi gak terarah dan gak se berisi konten ini. terima kasih KTJ, dan saya juga suka sama back soundnya wkwkwk.

    • @Riz Atlas kamu pikir tim KTJ woro2 dulu...sengaja diambil malam hari shootingnya ya biar dapat feelnya....serta masyarakat nggak heboh...mereka memang minta izin aparat desa...tapi nggak heboh heboh...

    • @Riz Atlas wkwkkkkkk ya elu aja yg ikutan ke hutan Sono malem-malem. Lokasinya aja naik gunung jauh ke hutan pake motor pula. Emang penonton sekampung mau naek truk😆

    • ini dukun

    • ini dukun bg

    • @Riz Atlasdesa ini ditengah hutan dan sudah ditinggalkan para warganya.. hanya tersisa puing².. tolong dicermati baik2..

  • Keren banget om Hao dan team KTJ sampe merinding 🔥🔥🔥

  • Detail bangett hemmm .. masya allah Semoga kisah tanah jawa berkah sehat sukses untuk tim dan keluarga tim semua

  • Selalu terpesona dgn video dan penuturan kisah tanah jawa, smnjak sering nonton kisah tanah jawa dan jurnal risa, jadi ga takut sama dimensi lain. Patut di apresiasi, ayoo donk pada subscribe dan like 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

  • Om hao,, ada yg mau saya tanyakan. kalau boleh dan berkesempatan, ada di tempatku tepatnya di desa srikandang, kecamtan bangsri kabupaten jepara. Di sini ada suatu tempat di sawah yg konon menjdi tempat yg paling tdk bs di buat sembarangan. Dulu sering di buat orang ambil pesuhihan. Katanya wujud penguasa di situ adl sosok ular. Bnyak sekali kejadian aneh di sana yg di rasakan warga sekitar. Mulai dr hasil panen yg melimpah tdk sewajarnya atau kebalikannya. Sering para petani bekerja di sawah sampe larut malam krn yg di rasa itu masih siang hari. Sampai kalau ada orang hajtan di sana kadang di temui orang yg sudh lama meninggal tapi tiba2 muncul membeli ssuatu di warung sana. Dulu ada juga sebuah pentas seni di sana dg bnyak pengunjung yg lalu lalang pakai kendaraan namun tak di ketahui di mana berhentinya. Dan ada juga rombongan group pentas seni yg tau2 sudah pulang. Ada juga warga di sana yg hilang smpe sekrang blm di ketemukan. Namun bnyak yg melihat dia masih hidup namun kkunya jdi panjang, bertaring & berambut panjang. Dan pantangannya di sana itu di larang menggunakan kain sbg penutup kepala dan juga di larang menancapkan bambu yg di pakai buat memikul itu di tancapkan di tanah. Ada bberpa orang yg dulu pernh menerawang di sana adl kota besar & di sana adl ibuk kotanya. Kalau bisa om hao, tolong lihat2 di sana, apkh benar dg cerita yg bnyak di ketahui orang itu.. 🙏🙏🙏

  • Ga terasa nonton 1 jam lebih ,Terimakasih Om Hao dan tim KTJ yang terus mengingatkan kami tentang betapa pentingnya menjaga sopan santun dimanapun berada, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung

  • Terimakasih kasih Om n team,' biar jd pembelajaran... Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung ".... Semoga Allah SWT mengampuni dosa dosa mereka aamiin yra 🙏

  • Investigasi terpercaya 👍👍👍👍🌟🌟🌟🌟🌟 untuk om Hao dan team KTJ

  • Jujur perlu diakui Om hao & Team ini hebat, karna siang hari pun energi disana itu cukup kuat, penunggu2 disana pun juga tidak sembarangan, bisa dibilang setara petinggi2 negara, pasti saat proses syuting banyak sekali gangguan yang terjadi,

    • bener di desa rowo bayu ga si om lokasi nya?

  • Datang kesini ga perlu nonton film nya, dari penelusuran om Hao semua nya terungkap bagaimana kejadiannya kisah sesungguhnya dari para peserta KKN dulu. Terima kasih om Hao. Sukses terus buat channel nya 🙏👍

  • Pesan yg sangat dibutuhkan kaum milenial masa kini, yg sudah mulai terkikis nilai adab, kesopanan. Semoga para muda mudi yg dengerin pesan om hao, kedepannya lebih menjaga unggah ungguh. Terimakasih Oh ya sesuai kata om hao kita msh punya leluhur yg hrs di hormati..

    • Kaum pendatang juga loh ya.... Hehehehe.....

  • Bener bener terasa om ....kalau denger ceritanya om hao ,,saya jdi berasa terbawa suasananya kembali ke masa itu om....jdi saya juga ikut merasakan suasana,rasa,dan gambarannya di pikiranku om ....the best..pokoknya om hao.

  • Luar biasa om hao & tim, perjalanannya jauh dan malam hari demi penonton.

  • Ass...wr...wb salam Rahayu Rahayu Rahayu bagi kita semua,semoga om Hao beserta tim selalu dalam lindungan Allah swt,salam kenal nih om hao dari Lebak Banten,kalo bisa kapan2 main kesini ke Lebak,aku tinggal di kecamatan lebakgedong,yg konon katanya disini tempat nya terbilang angker,kalo bisa menelusuri nya kolaborasi bersama tim sara Wijayanto,kena saya sgt ngefans bgt,sama ktj dan tim sara Wijayanto,sukses terus buat ktj semoga di berkahkan Rizki nya amiin,dari Eman Sulaeman dari Lebak.

  • Penjelasan yg runtut, rijik, dan selalu memiliki pesan moral diakhir yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi kita semua,dimana harus selalu ber atitude yang baik dimanapun khususnya ditempat yang baru..sukses selalu KTJ 👍👍

  • Terima kasih KTJ🙏🙏..yg akhirnya menyajikan dan membahas di Gerbang Antar Dimensi, edisi special KKN desa Penari dg durasi penayangan yg lumayan panjang. Mengajak Javanica 'ikutan' KKN utk napak tilas langsung ke lokasi yg sempat fenomenal. Terbayar sudah rasa penasaran selama ini. Terima kasih Om Hao, Mas Day dan seluruh kru KTJ atas semangat dan kerja kerasnya . Sukses terus dan TRENDING👍👍💜💜

    • Jangan pakae emot kalau minta di trendingkan..

  • akhirnya yang ditunggu tunggu release juga :) sehat selalu all team kisah tanah jawa yagn super keren dan keceee. :)

  • Terimakasih Om Hao dan TIM KTJ datang ke Banyuwangi🥰🙏 Seruu banget membahas tanah kelahiranku.

    • @Sadan Asbath : KTJ kasih clue, mreka bilang 1. Tarian Gandrung, 2.Petilasan kerajaan tawang alun, 3. Blambangan 4. Alas purwo -- itu di banyuwangi semua mas.

    • @rizki firmansyah kecamatan yg huruf depannya S ada 5 , kec. Siliragung, Sempu, Songgon, Singojuruh, Srono jadi yg mana nih, minimal 3 huruf dong ngasih taunya wkwkwk

    • @Sadan Asbath plat P itu cuma buat banyuwangi?

    • Kecamatan nya huruf depan nya S ya mas?

    • Dari plat nomor motor diawal vidio itu plat banyuwangi

  • Selalu ada yang tersirat dalam perjalanan KTJ, Insun rahayu, balarea waluya 🙏

  • keren....ini pembahasan yang paling detail bgt dari semua sumber yang pernah ada, yaa di KTJ... banyak pelajaran yang bisa diambil... semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik lagi... sukses terus buat om hao n team... terus semangat ,,,

  • Ini HARUS TRENDING ! Untuk yg sudah menonton movie nya, dan yg belum nonton bahkan yg gak hobi dengan menonton movie horor. Kisah tanah jawa (KTJ) episode ini WAJIB ditonton! Saya rasa, sebagai asli orang Indonesia, selalu diajarkan dengan yg nama nya tata krama oleh nenek moyang kita. Dan KTJ episode ini sangat menjelaskan secara rinci bagaimana tata krama itu harus dimiliki oleh semua orang yg masih hidup. Thanks to Om Hao and KTJ team. Keep healthy and spirit for all ya...

    • Saya gk nonton filmny. 1. Sya gk suka film horor. 2. Di film ceritany pasti banyak yg d tambah² i (hiperbola) n d kurang² ngi. Jd bsa sangat jauh dr makna yg terkandung dlm cerita asliny / bahkah bsa sangat melenceng sekali dr cerita asliny. Hidup aja udah banyak ketidak pastian masa harus nonton film yg notabenya kisah nyata penuh makna, jd malah mikir gk pasti (nerka² tu film)

    • Vaper kok jiwa Indosiar...😑😑😑

    • Udh sesuai apa yg diceritain simpleman ini..lbh detail jg malah

    • WAJIB??? Mungkin kata REKOMENDASI itu lebih baik🙏🙏

    • @Dio Dio sekarang dah 9 xixi

  • Gambaran Gunung Kraung yg terlihat indah..dan pasti sejuk udaranya di saat pagi hari di tengah hutan..😁😁👍👍

  • Salam sedulur dan serumpun dari Malaysia,sy amat tertarik cerita-cerita dari Indonesia...terutamanya ttg cerita kkn desa penari,sy sy ikuti dari sumber tweeter simple man,hingga ke perbagai sumber,tetapi ID-tv ini yg saya rasa amat puas hati kerana amat tetap tempat kejadiannya...tahniah kTj...sy sentiasa akan ikut ID-tv anda ..

    • Sudah nonton film nya belum kak ?

  • saya fans sama om hao semoga tambah dalam hal sgalanya terutama spiritualnya. trimakasih informasinya semoga bermanfaat bagi yg menonton

  • RB=Rowo Bayu, Banyuwangi,,inilah kota q,yg masih penuh banyak misteri,, maturnuwun tim KTJ seng pun mampir teng Kuto Kulo,Kuto Banyuwangi,Mugi" tim KTJ diparingi waras sedoyo,,salam lare Osing,jenggirat Tangi,,,

  • Setuju sekali dengan om Hao dan KTJ. Hanya di konten om Hao yang membahas bahwa ini bukan tumbal sementara dikonten u tube lain bahkan di film yang sedang tayang di bioskop dibilangnya tumbal sehingga sy kurang percaya terhadap media maupun pembuat film. Tumbal itu konotasinya negatif. Jika sangat sakral dan energinya mampu menggetarkan alam, menurut hemat sy sangat baik. Hanya mungkin terjadi sedikit penyimpangan yang disengaja oleh orang tertentu. Dimana secara medis, fisik orang yg bekerja / menari di malam hari pasti stamina dan imunitas menurun apalagi anak belasan tahun sehingga probabilitas sampai bisa meninggal pasti lebih besar. Kemudian untuk chorin yang disukai, mungkin memang sudah ajalnya seperti itu. Jika suatu tempat sakral sudah dicemari maka sudah kurang layak dan energinya pasti akan berkurang. Begitu juga sebaliknya, jika sy kurang layak dan tidak pantas karena suatu hal, sy pun tidak akan menginjak tempat sakral.

  • dimana ada KTJ / om hao di situ pasti ada sejarah, n pelajaran . gak cuma sekedar menceritakan sisi mistis nya saja. .

  • kembali lagi ke sini setelah nyimak wawancara mas Awi (sutradara KKNDP) dengan tribunnews.. katanya desanya masih ada dan sudah maju sekarang.. .. bahkan rumah penduduknya sekarang sudah berkeramik.. hehe... Semangat dan maju terus KTJ

  • Selalu dan selalu Runut, sederhana, mudah di cerna, logis, pantang menyerah. KTJ is the best

  • Tepuk tangan buat tim KTJ. Menjangkau lokasi asli pasti nguras tenaga dan mental. Tetap semangat ya tim KTJ menguak cerita di tanah Jawa

    • @Dell 🤣🤣🤣👌👌

    • @I LIKE NGAJI lokasi syuting ini di rowo bayu, dr pasar songgon naik, lihat video belakang layar, ketauan lokasinya

    • @limalimasatu berarti ini lokasi aslinya kak?

    • Lokasinya sama dengan versi on the spot trans7 feat mas baim

    • @muhammad syaifuddin Di Kemiren jg sama Bang,,hehe namanya Makam Keramat di tiap daerah memang seperti itu biasanya di tutup Kain..Saya tinggal di Jabar, pernah liat makam yg ditutup kain batunya udah biasa seperti itu..ditutup menandakan tanda, maaf kalau salah karena ini menurut sesepuh dulu

  • om hao bisa setenang itu ya... keren sih... bawaannya tenang tapi menjelaskan dengan lugas dan kita yang dengerin tuh enak... seru sih ini... 🙌👍

  • Pesan dan sejarahnya dapet banget Terima kasih team kisah tanah 🔥🔥🔥🔥🙏🙏🙏

  • Aku nonton ini sambil ditemenin kucingku, dan asli deg deg-an bgt. Mataku kiyep2 tp aku takut klo tidur hehe makasih banyak ya Om Hao dan team KTJ.

  • Banyuwangi kental dengan mistikny kalau blm mengenal sejarahny ngg boleh seenakny di desa orang saya asli Jember sangat di jaga sopan santunny Alhamdulillah om Hao slalu di beri perlindungan Alloh SWT bersama team uuuup trus Chanel jawa

  • Alasan suka banget nonton KTJ adalah Om Hao tidak hanya menjelaskan sisi "Mistis" nya saja, tapi selalu diselaraskan dengan "SEJARAH" ❤

  • Buat yang bicara2 jelek tentang ini itu, chill guys. Percaya atau ga percaya itu pilihan klean. Jadikan sebagai hiburan aja. Toh gada ruginya, kalo percaya artinya ya percaya bahwa bangsa jin itu memang ada. Kalo ga percaya ya gapapa, toh gada paksaan juga. Tpi ya gaperlu menjelek²an pihak ini pihak itu. Dunia bakalan damai bgt kalo semuanya pada akur:)

  • Mantab om hao..dan tim ktj Review nya. Bener memang, hrus mnghormati adat suatu desa.

  • Sukses untuk team KTJ penonton tembus melebihi subscriber semoga tambah menjadi inspiratif

  • Film KKNDP ini bukan cuma menyajikan horror true story si...justru pesan2 dan pelajaran tentang moralnya disuguhkan secara nyata, contoh nyata nih...

  • Terima kasih kisah tanah Jawa atas penjelasannya Tetang Desa Penari secara detail . 🙂 intinya dimanapun kita berada harus unggah ungguh (sopan santun) kata orang Jawa .

  • Ngikutin KTJ dari pembahasan tragedi bintaro terus pas FT bareng DMS makin ngikutin karna om hao bukan cuman mistis tapi banyak pelajaran dan dia sangat luas kalau menjelaskan dengan wawasan bukan cuman sepengelihatan dia

  • Tanpa liat filmnya udh dpt gambaran ceritanya seprti apa, thx Om Hao udh memberi gambaran cerita KKN.. Sukses terus channel KTJ, salam rahayu 🙏🙏🙏

  • Trimakasih sudah banyak memberikan sejarah d kisah tanah jawa,rahayu3x utk om hao🙏🙏🙏

  • Apresiasi banget sama om hao dan tim KTJ🙏

  • Salut pada totalitas Om Hao dan Mas Dhe juga Team KTJ..cerita yang lengkap plus sejarah yang mengiringi selama penelusuran ..sukses selalu untuk KTJ..terima kasih😊

  • Makasih Alhamdulillah, rasa penasaran saya yg besar sekali ttg kisah ini akhirnya terjawab.. kisah mahasiswa saat itu.. Sedih dg apa yg mereka alami, semoga bisa dijadikan pembelajaran bagi kita semua..

  • Setelah sekian lama gak nonton KTJ,memuaskan bgt eps kali ini❤‍🔥

    • klo musl jgn nonton hal semacam ini.ini syirik

  • om hao aura+kharisma nya mantap betul 😭🔥

  • Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. dari balikpapan kami turut hadir menyaksikan, menyimak dan mendo'akan, Semoga Allah SWT *senantiasa* _memberi kenikmatan hidup,_ _memberi rejeki yg melimpah berkah barokah,_ _memberi keluarga yang tentram, damai dan bahagia,_ _memberi keberuntungan didunia dan akhirat_ untuk Om Hao sekeluarga beserta tim dan kita semua. Allahumma sholli'ala sayyidina Muhammad wa'ala ali sayyidina Muhammad.

  • Secara garis besar apa yg telah disampaikan oleh om hao dan tim dengan apa yang divisualisasikan oleh MD Entertainment melalui film tidak jauh beda. Benar memang apa yg dikatakan om hao kita sebagai manusia hidup didunia tidaklah sendiri tentu ada makhluk lain yang hidup didunia yg kita tinggali ini. Saran saya selalu hormati segala hal adat istiadat yang ada dan jangan berlaku semena". Karena kita tidak tahu karma apa yang kita dapat tentang perlakuan kita. Salam

    • Kalo islam udah jelas dek jin itu lebih rendah derajatnya dari manusia.

    • Astafirullahaladzim kow dampsi begotu.semoga pengslaman ini sbg pelsjaram bh mahssiswa lsin spy tdk betbuat yg ydk semonoh Aamin YRA😂❤❤😊

    • Ini sama yg kaya di trans 7 itu ga si lokasi nya?

    • Karena om hao memang bekerja di MD entertainment kak

    • Tempat persis penelusuran tim on the spot

  • Ternyata versi aslinya seperti yg di cerita kan om Hao. Bener² keren si Menurut saya. 👍👍👍

  • Udah lama banget gak nonton kisah tanah jawa,baru nonton lg. Makin kesini konten kisah tanah Jawa keren2.. semoga kedepan makin sukses terus konten2nya✨

  • Jd,inget cerita sepuh yg sudah almarhum,didaerahku Kec.petir-serang Banten. Gk jauh dr rumah,disitu ada perkampungan mahluk gaib(bangsa jin),kalo ada keramaian semacam gamelan suka terdengar sm warga yg punya mata batin,karena sdh terbiasa ada hal² tsb jd warga juga menghormati perbedaan antara alam mereka dan manusia.sampai skrng ya biasa² aja.

  • Om Hao dideket situ ada Namanya Watu Gedek (disembunyikan) yang lumayan agak jauh dikit beda kecamatan. Disitu ada kerjaan yang dimensi dalam. Dan tempat ngaruh pusaka2 sejak jaman dahulu. Bisa nggak om digali lebih dalam. Cz lebih sepuh dari alas Purwo

  • Wah terima kasih sekali untuk Om Hao, Mas Day, dan tim KTJ, udah mau bikin penelusuran yang menurut gw sangat komprehensif dan detail sekali. Menurut gw, bagaimanapun cerita aslinya terjadi, satu hal yang harus kita jadikan notes dan pelajaran adalah "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Jangan bertindak semena-mena dimanapun kita berada, apalagi di wilayah yang kita merupakan pendatang. Hormati adat budaya lokal, jangan di ejek dan intimidasi, karena semua pasti ada karmanya. Salam rahayu untuk tim KTJ. :)

    • @ananda utawi wkkwwk bro bisa ikut kkn disana kah ??? Pengen liat , bisa spill lokasi ?? 🤔

    • Saya percaya dgn kasus KKN tersebut. Karena sy mengalami hal yg sama saat KKN di desa Peng*n*t*n. Ada dua sosok penunggu sendang cowo+cewe (ular), yg minta tumbal setiap minggu.

    • @Mei Lia Liasnawati naaah oke

    • Oke

    • @Mei Lia Liasnawati oke,😅