Food Estate: Hutan habis, ribuan hektare kebun dan sawah gagal panen - BBC News Indonesia

Dipublikasikan tanggal 14 Mar 2023
Demi mencegah ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan serta perang Rusia-Ukraina, Presiden Jokowi menggagas program Food Estate atau lumbung pangan nasional di berbagai wilayah.
Tapi, tidak semua lahan berhasil panen. Dua tahun berjalan di Kalimantan Tengah, program tersebut justru terancam gagal.
Perkebunan singkong seluas 600 hektare di Kabupaten Gunung Mas, mangkrak, sementara 17.000 hektare sawah baru di Kabupaten Kapuas tak kunjung panen.
Simak penelusuran BBC News Indonesia bersama LSM Pantau Gambut di tautan ini: www.bbc.com/indonesia/article...
#foodestate #lumbungpangan
============
Berlangganan channel ini di sini: bit.ly/2Mkg9hY
Ini adalah channel resmi BBC Indonesia, di mana kami menyajikan berita internasional dan berita nasional yang akurat dan tidak berpihak.
Video tentang berita terkini disajikan dalam berbagai format, mulai dari video dokumenter, video eksplainer, dan wawancara tokoh.
Terima kasih telah mengunjungi kami. Ikuti juga akun media sosial kami lainnya:
▪️ Instagram: / bbcindonesia
▪️ Twitter: / bbcindonesia
▪️ Facebook: / bbcnewsindonesia
#bbcindonesia

Komentar: 16 000

  • VIRAL KAN KERJAAN REZIM JOKOWI DAN PRABOWO

    • Sedih meliat hutan dibabat ...bilang cinta dng alam ternyata tukang penghancur itu ciri"" pemimpin yg gk baik

    • Kayu nya di Kemana in ???

    • ​@@user-et7vl8rb5smaaf mas kayu nya saya jual untuk biaya anak anak

    • Kerja oon

    • Pala Bapak Kau Jokowi Rezim

  • Salut sama BBC Indonesia yang berani mengkritik pemerintah dengan fakta sebagai pembelajaran dibanding stasiun tv nasional.

    • Stasiun Tv swasta pd MINGKEM ..BISU,BUTA & TULI..

    • Klo mau media antek amerika tdk kritik indonesia maka serahkan freeport, nickel dan minyak di jamin mereka memuji jokowi.

    • Prestasi jokowi yang tidak diungkapkan oleh buzzeRp surveyoRp jasmev cebong bayaran penipu pengkhianat dan pengadu domba rakyat Indonesia🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    • Jadi ada benernya Pak Hasto, buktinya ini video bulan maret 2023 keknya

    • BBC kan punya inggris dan Inggris lagi BT dgn Indo karena di adu dgn Russia.

  • Salut dengan BBC yang berani mengupas tuntas fakta sebenarnya dari Food Estate. Kita sebagai warga, tidak mau food estate ini jadi fool estate. Kesedihan atas kerusakan lingkungan ini harus ada ditindaklanjuti dengan audit yg kredibel agar ekosistem masih bisa diselamatkan. Mereka2 yg terlibat harus ditindak

    • Dan juga jangan lupa, berapa besar anggaran yg sudah dialokasikan untuk proyek ini. Hasil gak sesuai ekspektasi, dengan alasan anggaran kurang

    • Ganti dulu presiden nya

    • Coba lihat food estate Kalteng lainnya mas.. yg di Pulang Pisau. Ini pemerintah ambil lahan yg susah dan dg resiko tinggi. Rakyat saja tau ini butuh proses. Jadi silahkan tunggu. Dan jangan lupa yg di Kalteng sudah ada yg berhasil. Ini lahan dalam pengembangan. Salam waras.

    • Kaum bipang oten kristod hindog kepanasan liat sepongan nya dijelekin😢

    • sudah tahu itu tanah berpasir, masih aja coba ditanemin, bukan resiko tinggi inimah, emang ngga mungkin, salam waras untuk mreka yang nanam singkong di tanah berpasir. Justru sebelum ditanam, tanahnya diolah dulu, ngapain langsung ditanem? lagipula di kalimantan tengah anehnya malah manen jagung, tanemnya di polybag lagi, kalau di polybag mah gaperlu babat hutan, salam waras@@juantaratv

  • Bapaknya bikin proyek Gagal, tp anaknya bilang sukses. Gila ga tu. Anak bapak sama saja. Ayo yang sudah cerdas pilih pemimpin seribu gagasan buat Bangsa ini

    • Anak bapak,,sama 2 otaknya di comberan😂😂😂😂

    • Sama2 Gila Bos Haus kekuasaan😂😂

    • Masalahnya rakyat masih banyak yang bodoh . Haha . Jadi gimana donk

    • 2024 tenggelamkan siap perubahan

    • Satu aku 100 akun yutub😂😂😂

  • Buka mata hati, Pilihlah Presiden yg sayang cinta Alam Indonesia dan penghuninya, punya etika politic dan tahu malu....ya Allah lindungi Negeri ku dengan cara Mu ya Allah...BORNEO....KALIMANTAN...KEBANGGAAN...KAYA NATURAL RESOURCES....tinggal kenangan kalau caranya seperti ini diperlakukannya...😢😢😢malu...sedih😢😢😢

    • Siapa presiden yang cinta sama alam ?

    • Anies❤

    • T​@@Imah_1998GAMA...paling peduli lingkungan ....klo Anis nanti dilem ibon seperti jakarta

    • @@tarmosaja5803isu jadul bukti rendahnya literasi. 😊

    • ​@@tarmosaja5803 wadas aja gak beress..🤣

  • siapa yang kesini karena gara2 Gibran sebut food estate berhasil di Gunung Mas?

  • Nangisss gue lihatnya😊😢😢😢 benar kata Rasulullah apabila persoalan diserahkan kpd yg bukan ahlinya maka nantikan kehancurannya

    • makanya pilih 02, biar jadi neo orba

    • bukan kata rosululloh saja, kata akalmu juga..km punya perusahaan, suruh org goblok kelola ya ancur..

    • Buang waktu duit dll sangat bodoh sekali

  • Datang seperti pahlawan Pada akhir hanya meninggalkan luka yang menganga pada hati para petani😢

    • Begitulah yg terjadi sama Mandalika.....

    • cuma pencitraan belaka

    • Ini proyek mangkraknya Prabowo ya gaesss , ogah pilih presiden mantan TNI lagi Raja koruptor dunia pro Amerika pro Cendana

    • Ya mmg proyeknya prabowo, tp masa bossnya lepas tangan. Ndak tau?

    • pantas kalo disebut baj. tolol

  • Saya sbg warga Kalteng merasa sedih ..apakah setiap proyek tidak di perlukan penelitian ttg struktur tanah, ketersediaan air, sosial masyarakat yang terdampak, serta sumber daya manusianya terlebih dahulu sebelum memutuskan menggarap lahan, atau ini akan menjadi masalah baru bagi masyarakat disana, dengan timbulnya kerusakan lingkungan yang bisa berupa banjir, dan kehilangan mata pencaharian, berharap bahwa food estate ini bisa menjadi lahan pekerjaan baru bagi masyarakat tapi malah menambah kemiskinan saja, seharusnya pihak pemda selaku perwakilan pemerintah pusat dapat memberikan solusi, akan bagaimana nasib ratusan ribu lahan yang sudah di garap ini,,,mohon ini menjadi perhatiaan khusus,,

    • Berani gk bilanf ke prabowo sebagai penggungjawabnya.

    • Slogannya kerja, kerja, kerja. Perencanaan nomor sekian, yg penting kerja dulu😅😅😅 Liat aja d era jokowi ini banyak infrastruktur yg d bangun tanpa perencanaan yg matang akibatnya tdk sesuai dgn ekspektasi

    • T-tapi yang mengerjakan proyek ini pak Prabowo bro, pak Prabowo juga menunjuk perusahaan miliknya untuk menjalankan proyek ini dengan anggaran Rp1,595 triliun. Tapi apakah ini sesuai dengan hasilnya? monggo dipahami lagi... @@manggarunumchannel2950

    • Loh panglima nya setuju dan dukung tuh panglima jilah

    • Yang di kawatirkan kawasan ini selanjutnya men jadi milik perorangan, PT. Seperti jaman dulu.

  • Masyarakat lebih cerdas,mereka punya kearifan lokal,mereka paham betul karakteristik alam dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya

  • Ini baru media informasi yang netral... Kira butuh faktanya... Dan ketika banyak orang mengetahui apa yg sedang terjadi, semua ahlinya bisa menjadi solusi dari fakta lapangan tersebut... Maju terus BBC... Jadikan keluhan masyarakat menjadi kritikan pemerintah... Dan mencari solusi dari semua ini🙏

    • Kalau media kita yg pro JKW gak pernah fair. Selalu memuji setinggi langit .

    • Kalau BBC, g menayangkan video ini saya tdk akan tahu ada keajaiban dunia spt ini,😆😆😆

  • Memang ciri khas beliau itu kalo ada masukan ga pernah didengerin, ya begitulah jadinya

  • Kita menangkan Anis Baswedan sebagai presiden agar Indonesia lebih selamat sejahtera

    • yang korupsi Syahrul Yasin Limpo menteri pertanian dari partai nasdem partai yang mengusung anies baswedan, justru kalahkan saja anies hedeh akal dongo ya pendukung2 01 ini

    • 👍👍👍

    • liat videotron yg di bekasi di takedown buzzer.. pemerintah memang sudah membuat pemenangnya sendiri.. jelas buat anak mahkotanya.. bakaln ada kericuhan pasti nanti setelah keluarnya hasil pemilu..

    • 😂sama aja Bung ,anis besar anggaran Nollll hasilnya Cokkkk😂

    • ​@@user-pn8vl2ui1tSDM rendah, nol buktinya otakmu picek, riset sono yang bener 😂 atau perlu gua kasih data2 nya ?? 😂

  • Ini mah proyek akal"an yg penting cuan ngalir, dan membabat hutan tanpa prosedur..👏👏👏

    • Disinilah banyak dana ngalir buat dikorup........mantap

    • @@m.abiyan3812 kemarin banyak yg koar2 hambalang mangkrak, dan inilah hambalang ke 2 mangkrak jg udh habis miliaran ✌😅

    • Tul,, saya setuju Dengan pendapat anda,, ini cuma proyek akal akalan,,,

    • Ngga takut apa klo maen2 nanti digigit pak'De.

    • @@DewaAJP1981 Wkwkwk

  • Ayo Masyarakat Petani ,saatnya Perubahan Total Dengan adanya program kontrak farming Sehingga ,petani terjamin kehidupannya Sudah ada yang menggaji Petani Ayo Bersatu mendukung Timnas AMIN Untuk perubahan

    • Insya Allah.. mari buka mata dan hati. agar tau mana yang layak untuk dipilih

    • Di China petani d gaji sama pemerintah , jadi Uda g bingung cari kerja dan g bingung jual hasil tani nya

    • @@AkmalAkmal-ut1ru itu bagus. rakyat otomatis sejahtera

    • ​@@AkmalAkmal-ut1runiru cina skalian sama cara politik komunisnya....jgn bisanya ambil yg bagus2nya doang...

    • @@anggaagung6194namanya kita manusia dikasih akal, lagi pula dari zaman sekolahan sudah diajarin untuk ambil baiknya saja, buang buruknya. Sekarang pertanyaan nya apakah anda sekolah?

  • Mantap komentar bapak petani.... sejatinya beliau pakar ilmuwan pertanian di gunung mas pantas menyandang gelar Sarjana Pertanian (S1, S2, S3) belajar melalui kearifan lokal.

  • Proyek Food Estate sukses besar menghancurkan hutan Gunung Mas, merusak lingkungan aneka ragam hayati dan masyarakat sekitar sehingga kebanjiran dan lahan garapan merekapun ada yg kena gusur. Apabila pasangan AMIN memenangkan kontestasi 2024 wajib mengusut tuntas proyek Food Estate ini, insya Allah.

    • Masyarakat jaman now otaknya udh ketutup sama bansos, ttep 02 yg dipilih.

    • ​@@wugaming542 makan tu food estate

    • ​@@wugaming542itu lah bansos untuk saat ini msih menjadi senjata ampuh khususnya bwt masyarakat pedesaan..

  • Inilah gambaran penting memilih pemimpin cerdas

  • Kegagalan seperti ini hrs diviralkn seharusnya agar masyarakat terbuka

    • Susah bung Cukong mereka kuat sekali

    • Bnr mas. Awat rkyt tau yg sebnry disampaikan anis

    • Iya betul mas,,, menghambur kan modal saja

    • Sampai jabatan mau berakhir belum ada hasil 😅😅😅

    • Bener susah, pemerintah mengerahkan buzzer mereka untuk menutupi hal tersebut

  • Pulau jawa yang tanahnya subur ditanam beton,. Kalimantan yang tanahnya gambut mau dijadikan lumbung pangan. Good jobs 👌

    • Hahahahaa

    • Bukan maen

    • Giliran musim panen impor😂

    • Klo mo selfi2an harusny dsini nih dkawasan food estate, bukany dsawah padi org

    • Biasanya pak Jokowi mau datang ke proyek yg berhasil, spt panen raya. Berita diblow up. Tapi klu yg ginian mana mau dia

  • Kita butuh pemimpin yg tegas dan bertanggung jawab dan bukan cuma pencitraan. Kasihan rakyat kecil 😢

    • Itu terbengkalai saat SBY menjabat dan sekarang di urus oleh presiden jokowidodo .....harus cermat dlm menonton berita jangan asal baca judul

    • Aneh loe, bapak loe yg bikin mangkrak loe yg koar koar salahkan pemerintah yg sekarang 😂😂😂

    • @@krisatik8930 malahan food estate dari jaman Suharto

    • @@krisatik8930 Fitnah aj lo buzzer, food estate karya jkw menyuruh menhan tp gatot, gagal total.

    • Ya sudah to pk jokowi tegas

  • TERIMAKASIH BBC . ONE OF THE BEST😢😢❤❤❤

  • Begini di perlukan sosok presiden yg harus bisa mengambil suatu kebijakan sebelum ada perencanaan jg slogan kerja kerja,tapi kecerdasan dan kepintaran sangat diperlukan oleh presiden.

  • Masyarakat sudah pintar, dengan ini menolak memilih 02, tumbangkan dinasty.. tumbngkan 02

    • Belom... masih banyak yg mabuk cinta krn hanya melihat ujung icebergnya saja. Psyop mereka trll kuat dan sudah dijalankan jauh sebelum pemilu 2024.

    • Mirisnya setengah masyarakat Indonesia masih pro 02 😢

    • Ingat yasin limpo

    • Yasih limpo yg korupsi elu nyalahi prabowo

  • Ini selalu di singgung sama pak Anis . Emng bener kata pak Anis . Semoga pak Anis terpilih jdi presiden amin

    • Aamiin ya rabbal alamin

    • Aamiin

    • Tetap Ganjar ya

    • Ttp istiqomah pilih mr. Smiling.... anis baswedan...❤😊

    • ​@@yudi46uhui_reborn98siapapun presidenya jgn prabowo, takut saya kalo prabowo jadi, bagaimana indonesia ini kedepanya. Dan saya sangat berayukur pilpres yang lalu bukan dia yang jadi presiden😢

  • Saya ikut merasakan petani disana, harusnya kalo masih coba" jangan langsung skala besar biar kalo gagal tidak seperti ini,banyak yg dirugikan,semoga presiden tahun depan bisa memperbaiki hal ini

    • maka nya ente tinggal di jakarta dulu, sudah waktu nya ekspansi ibukota

    • Lahannya milik negara kah bang?

  • Ya Allah, selamatkan negeri ini🥺

  • Tombol salam perubahan ☝

  • Inilah kenapa perlu menetapkan pemimpin yg benar2 di bidangnya agar faham apa yg harus dikerjakan, bukan hanya karna politik balas jasa saja 😊

  • Bertobatlah sebelum murka Allah ditimpakan kpd pemimpin dan orang2 yg dzalim di negara ini

  • Harusnya video seperti ini sudah ditonton 21jt orang bukan 2,1jt,,, ayo masing sebarkan ke 10 teman nya

    • Perubhn mas. Bnr biar rkyt tau

    • Siap

    • Sdm Indonesia blm sampai ke situ bro, Chanel Chanel edukasi mana laris.

    • Jumlah penduduk Indonesia 270 an JT, yg nonton sedikit, yg paham juga sedikit

  • Semoga indonesia diberi pemimpin yang amanah, jujur, cerdas dan adil

  • Smg Allah meridhoi pasangan AMIN memimpin negeri ini menuju perubahan yg lebih baik, Amin Allahumma Amin 🤲☝️🥰.

  • PASTI ADA RENCANA TERSELUBUNG NANTINYA DI WILAYAH FOOD ESTATE KALTENG ,,,

  • Sy warga kab. JEMBER merasa sangaat sedih sekali melihat seperti ini YAA ALLAH BERILAH PEMIMPIN YG ADIL SELALU MEMIHAK PADA RAKYAT UTAMANYA RAKYAT KECIL UTAMANYA WSSLKM JEMBER

    • emang bisa ya? siapa emang rekomendasinya. Presiden baik, belum tentu gubernur baik. Gubernur baik, belum tentu walikota baik. Walikota baik, belum tentu orang lurahnya baik. dst. berlaku dengan TNI/Polisi/DPR/KPK/MK/MA. Mau bener? ya gaakan bisa. Orang kalo belum punya kuasa keliatannya baik, dapat kuasa busuknya kelihatan.

    • Ngeri ini main babad, ga ada tanggung jawab. Mendingan jadi ahli taubat jangan jadi pejabat.

  • Ini kata gibran sukses lah wong nyatanya bahan pokok semua mahal apalagi pupuk mahal beda jauh dari yg di omongkan

  • Ya allah, ridhoilah pak anis menjd presiden supaya negara indonesia makmur. Para pejabat gak berani lg korupsi

    • amiin , to lebih bagus program nldan visinya pak Ganjar Mahmud semoga Gama menjadi presiden RI ..amiin

    • ​@@NalendraPutra-su7fz asal jgn nomor 2 yg jd, kalau yg lolos ke putaran dua nomor 2 & 3, kami pendukung nomor 1 maka akan pilih Nomor 3, kalau yg lolos 1 & 2 maka teman2 pendukung 3 marilah bergabung dengan Paslon No 1.

    • Si Anis ngurus Jakarta saja gagal total, apalagi ngurus negara ini. Itu fakta, Drun.

    • @@siswabudi1331 saya warga DKI bersaksi Anies Baswedan gubernur paling berprestasi dan adil dalam memimpin Jakarta. Banyak permasalahan yg terbengkalai sblm beliau menjabat selesai tanpa ada permasalahan yg baru. Contoh : 1. Pemberian 50 IMB Greja yg tidak pernah diberikan hampir 40 th. 2. Pembangunan rumah2 ibadah seperti Vihara dll. 3. Pembangunan Jakarta Internasional Stadium 4. Revitalisasi Taman2 di DKI. 5. mengintegrasikan Transportasi publik dengan sebutan Jaklinko dan Gratis pula. dan banyak lg.

    • @@JalanLurusIndonesia Waooooooo hebat... Tapi, itu biasa saja. Izin membangun rumah ibadah non muslim, siapa pun bisa, asal tidak didemo oleh kadrun. Kalau Pak Ahok memberi izin membangun rumah ibadah non muslim, habislah dia didemo sampai tujuh turunan oleh kadrun. Si Anis memang didukung kadrun. Soal transportasi, si Anis hanya melanjutkan pondasi yang telah dikerjakan oleh Pak Jokowi dan Ahok. Soal JIS itu hanya hal kecil yang penting ada dana pinjaman dari pusat. Kalaulah si Anis berhasil membangun Jakarta dengan luar biasa, tentu surveinya di Jakarta di atas 90 persen. Pakai otak, ya Dul.

  • liputan yang mencerdaskan minda Rakyat Indonesia. Lanjutkan para jurnalis idealistic

  • Moga aja warga Indonesia melek akan fakta dilapangkan...melek akan informasi yang sebenarnya... menjadi warga yg SDM nya tinggi..🔥🔥🔥aamiin ya Allah

  • Lekas sembuh negaraku 😢

  • Alhamdulilah para netizen makin paham makin cerdas ...tidak tertipu daya saya lebih percaya sama petani dan rakyat ...karena masarakat kebawah yg merasakan..

    • nggak usah langsung menghujat namnya juga buka awal kendala pasti banyak ....terutama masalah pengolahan lahan karena baru pertama belum banyak pupuknya dan kombinadi tanah perlu waktu

    • Itu bukan lah suatu hujatan tapi saya sebagai rakyat biasa punya hak ...bahasa hujat dan kritik kita harus membedakan ...

    • @@anangriswandi6725 yang begitu bukan kritik .....semua.butuh solusi bukan cuman kritik doang pengolahan lahan butuh proses dan waktu ....tidak bisa langsung ada hasil

  • Yang ini betul2 yg harus di viralkan, biar masyarakat tau, spa yg bisa di pilih 5 tahun ke depan, .untuk memprbaiki ekonomi 5tahun ke depan 🙏🙏

  • Mari Selamatkan Indonesia dengan tidak memilih Prabowo, ini demi anak cucu kita kedepan.

  • Harusnya sebelum proyek di jalankan, diadakan dulu pengujian tanah untuk mengetahui apakah tanah dikawasan tersebut cocok / tidak untuk tanaman singkong.

    • Itu Nmnya org cerdas brooo, sblum di realisasikan biasanya di uji coba 1 atau 2 hektar klo bagus bisa dilanjutkan. Lah ini babat semua hutan anggaran triliunan tp hasil kg ada, yg oon siapa.

    • betul sekalii

    • Tanah yg kena babat radiasi nuklir kayak Hiroshima aja masih bisa di bikin subur dan ditanami kembali.ini mah kena babat buldozer. Kalo gak bisa nyuburin ni tanah,saya saranin mending ternak cacing ma ayam aja dulu

    • Babat ae dulu, yg penting anggaran bocor, urusan bisa tumbuh/gaknya liat nanti.... Idiooooot idiooooot...

    • Namanya mau cari project biar cair. Mau untung apa gak itu urusan belakang.🤭

  • Penebangan hutan bisa berdampak luas kpd masarakat sekitar maupun masyarakat secara global Karena bisa menyebabkan banjir juga bisa menaikkan suhu bumi, Mohon penduduk di lokasi tersebut bisa segera kembali menenam pohon sesuai kondisi alam seperti sebelumnya

    • Uangnya buat beli bibit drmana?

    • Yang nebang pemerintah,yang nanam disuruh masyarakat.. Jangankan modal pohon,pemberdayaan saja tak ada... Ini satu lagi, solusi macam apa ??

    • ya intinya jangan dikalimantan biarkan hutan belantara dan alami kalo bangun mah di jawa aja tanah masi luas ngapain juga luar jawa babat hutan segala jadi mangkrak kan.

    • Kalau korporasi atau perusahaan merambah hutan ga kena delik perusakan mas, coba kalau masyarakat biasa merambah hutan jadi lahan pertanian pasti kena delik perusakan kawasan hutan

    • Knpa gak di uji coba dulu ya atau minimal buat pnelitian lah..parah

  • Semoga mereka sadar bahwa pentingnya menjaga lingkungan dan hutan kita, Bukan karena ambisi sehingga semua dikorbankan. Nah kita berpikir akhirnya rakyat kecil menjadi korban

  • Terimakasih bbc... Sedihnya melihat kenyataan yg terjadi, tak bisa berkata2. Negriku Indonesia Tercinta

  • Bijaksanalah menggunakan APBN yang mampu mensejahterakan rakyat. #1 AMIN KAN INDONESIA

  • Viralkan ini untuk negeri tercinta. Pilih pemimpin yg dpt mencerdaskan dan memakmurkan bangsa. Amin

  • Pemerintah didukung para menteri dan para relawannya memang TOP banget dah. Masih saja bs bersilat lidah atas kondisi aktual kawasan program Food Estate

  • Petani itu tau, mengerti dan merasakan tanaman apa yg cocok di tanam meski dlm hal benih banyak dr mereka yg tdk mandiri dan ketergantungan,oh benih yg sdh hilang😓🌽🌱

    • Hanya di era Jokowi, Trend BANJIR & GEMPA karena kinerja Presiden langsung

    • @@cleosoccer kerja kerja kerja.... Dipikir dulu apa gk ya.?????

    • ​@@dhifkyabida6608 I don't read what I sign

    • @@musthofakamal1400 yep, happens every time

  • Yg menyediakan kok masih banyak yg tertutup hatinya untuk menyaksikan kebenaran didepan matanya,,, semoga Allah menolong kita dan membebaskan dari pemimpin yg dzolim Aminnn

  • Dulu masih tinggal di kampung hampir setiap hari main ke hutan. Karna banyak sekali buah buahan yang bisa di makan dan di manfaatkan oleh masyarakat setempat. Pohon nya besar besar dan di dalam nya ada sungai kecil dan banyak udang nya.30 th berlalu di saat pulang kampung semua jadi berubah, tanamanya cuma satu jenis yaitu pinus dan tak ada lagi binatang seperti monyet, landak, trenggiling dll kecuali babi hutan .semua jadi gersang .kenangan masa kecilku di cianjur

  • Bukan kegagalan tapi pembelajaran ambil hikmah saja. Doakan yang terbaik.

  • MEMANG 2 ORANG INI SEJAK 1 DEKADE TERAKHIR YG BIKIN RIBUT INDONESIA.. SI JOKO SAMA WOWO EMG BIANG ONAR MULAI DARI PILPRES 2014 SAMPE SKRG. TANGKAP 2 ORANG ITU, AMAN INDONESIA GAK AKAN ADA RIBUT2

  • Semoga Allah menguatkan para petani yang dirugikan oleh proyek ini. Semoga Allah membukakan hati para pemimpin negeri ini agar bertanggung jawab thd keputusan2 mereka..

  • Memberdayakan warga dengan komoditi yang lazim didaerahnya adalah hal yang semestinya ... Bukan dengan memaksakan warga melakukan hal yang tidak lazim dan memang belum pernah bisa , semisal hendak melakukan hal yang tidak lazim dan diyakini ilmuan hal tersebut bisa ... Buat lah demplot percontohan di daerah tersebut ... Kalau memang berhasil ... Biarlah warga yang menginginkan penghasilan lebih untuk mengikutinya dan diberikan pelatihan .... kalau warga berjaya negara pun ikut berjaya .... Dengan demikian... Saya Rasa warga tidak akan menolak dan berkomentar macam macam ...

    • rodo masuk akal iki... Lanjutken... 👍💪

    • Maklum pak. Kejar tayang. Biar dinilai kerjanya bagus selama punya jabatan.

    • Beginilah buat proyek tanpa analisis akademis yg bagus. Harus beljar dari program kegagalan laha

    • Belajar dari kegagalan lahan gambut jangan diulang lagi.

    • PAS SALAH BILANG ITU KERJANYA BAWAHANYA GA BENER PAK JOKOWI GA NGURUSIN BEGITUAN KAN ADA BAWAHANYA, PAS UDH JADI BERHASIL INI SMUA KARNA PAK JOKOWI KERJA NYATA BLA BLA BLA PRESTASI LANGSUNG PASUKAN BUZZER DAN FOTOGRAPER NYA NYERBU FOTO FOTO DAN LANGSUNG BIKIN NARASI BUAT MUJI MUJI GOKILLLL PAS GAGAL GA DIAKUIN PAS SUKSES DI AKU AKUIN

  • Singkong bisa ditanam oleh setiap petani, berdayakan saja petani, yg penting bagi petani ada pihak yg dapat menampung hasil panen dgn harga yg wajar. Uang triliunan hilang, hutan dan lingkungan yang rusak sungguh memprihatinkan. Harus ada yg bertanggungjawab.

  • Kurang nya orang2 berkompeten dalam hal ini menjadi salah satu kunci masalah yang timbul. Orang2 yang di perkejakan bertanggung jawab hanya orang2 dekat yang hanya sekedar bagi2 kue tampa ada niatan sungguh2 dalam mendampingi masyarakat dalam progam yang di berikan ke masyarakat

  • Media media menutupi kekurangan pemerintah sekarang tidak adak yg berani yg mengangkat ke publik karena keptingan pribadi jika ini terus berlanjut dan tidak ada yg berani mengatakan benar dan salah jgn pernah bermimpi indonesia bisa jdi negara yg baik dan maju

  • Tolong bantu up berita ini 😭 selamatkan negara kita, sebelum terlambat

    • Ga ngaruuuuh itu kan yg koment pendukung omon².... ❤️✌️✌️✌️✌️✌️✌️✌️✌️❤️

  • mantap nih kebijakan bapak Jokwi dan Prabowo. darisini keliatan ilmu dan keahlian bapak jokwi yg pernah mengenyam kuliah dalam bidang kehutanan.

  • Semoga kelak Indonesia di pimpin sosok yg benar2 memperhatikan rakyat

  • MIRISSS YA ALLAH. Shout out to petani sama mas-mas LSM nya! Ya Allah semoga Indonesia dijauhkan dari pemimpin yang zolim, Semoga Allah melindungi kita

  • Petani local adalah yg paling paham kondisi daerahnya. Mantab pak rangkap.

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

  • PEMERINTAH YG SEKARANG SELALU BILANG BAHWA SDM MASYARAKAT KITA KURANG,,, SEKARANG TERBUKTI SDM SIAPA YG KURANG MASYARAKAT ATAU PEMERINTAH,, TERBUKTI KEGAGALAN FOOD ESTATE MERUPAKAN KEBODOHAN DAN KETOLOLAN PEMERINTAH DAN PRABOWO

  • Sedih merasakan perasaan petani. Yang membuat program harus bertanggungjawab dunia akhirat.

  • Ini sebuah PR bagi pemerintah selanjutnya, semoga pemerintah selanjutnya bisa mengembalikan kekurangan2 pemerintah sebelumnya, aminnn...

  • Itulah kerja bukan orang yg cerdas ! Benar2 rakyat setempat yg do rugikan !

  • Masya Allah......jadi sedih nontonnya, kasihan banyak rakyat yg susah, semoga Allah memberi pertolongan, memberi rakyat Indonesia kemakmuran,

  • Sedih banget ya Allah kami yang mendengar ceritanya saja sangat sedih apalagi warga yang merasakan dampak nya secara langsung. Di mana rasa kemanusiaannya para stakeholder ?? Miris

  • BBC NEWS, jangan kendur,kami rakyat mendukung anda mengungkap fakta kebijakan yg merugikan masyarakat 💪💪💪💪

    • BBC media asing bro, palestina aja di hoax sama BBC.

    • BBC..MEDIA TERPECAYA..SAYA LANGSUNG SUBCRIBE.

    • ​@@boraa-2519 mungkin di palestina sprti itu HOAX atau fakta. Tapi se enggaknya di dalam negeri sudah mengahdirkan berita dilapangan tentang FOOD ESTATE. ❤❤❤ Mangkrak!!! 😢😢😢

    • @@boraa-2519 setuju, BBC bungkam dan hoax soal Palestina, cuma kayaknya jangan mendiskreditkan BBC Indonesia, soalnya pemberitaanya beda. BBC Indonesia keras laporannya melawan Israel, belum lagi mereka kuat melaporkan banyak kasus korupsi dan penyelewengan kekuasaan di Indonesia, kayak misalnya video ini. Maka dari itu, bolehlah kalau kita tidak mendukung BBC Internasional, tapi tetap mendukung BBC Indonesia.

  • Koreksi program pemerintah yg sangat bagus dari media BBC Indonesia semoga ditanggapi dan diberikan kompensasi yg patut bagi petani dan program food estate bisa dipindahkan di lahan yg tepat dengan uji kelayakan tanam yg final dan terukur Bravo Indonesia Maju Bermartabat 💗🇮🇩💪💪💪👍

    • Kalau di BBC programnya du bikin bagus semua....!!!

    • Progran enthut mberut. Negara mafia, pemimpin ya mafia. Minta tga periode.

    • @@hartono2742 Bangun bos...

    • setelah dikoreksi ternyata nilainya 0 besar. yg ngerjakan ujian tolol banget

    • ​@@mulyonodony3837 yg bangun kelompok yang minta 3periode 😅😅😅

  • Semoga Allah Swt ,menyiapkan pemimpin yg benar-benar bertanggung jawab dari hati nurani untuk negri ini aminn , salam Pancasila.🤲🤲🤲🤲🤲

  • Buka mata dan hati ayo rakyat indonesia

  • Miris, sedih bercampur aduk melihat kondisi seperti ini 😭😭

    • Gagal itu biasa dripda tdk prnah mencoba

  • fakultas pertanian indonesia kl jadi pemerintah anggaran segitu sudah bisa membangun pertanian moderen

  • Inilah karya Menhan yg menyusahkan rakyat dan membabat paru2 dunia.

  • Kalau pemerintah membuat proyek seharusnya sudah matang dan lokasi layak serta dana yg dianggarkan cukup. Nampaknya proyek lahan pangan singkong di Kab.Gunung Mas seolah-olah hanya diciptakan oleh oknum Pemerintah Pusat utk cari lahan duit saja...dgn alasan sebagai lumbung Pangan Nasional dlm rangka kesiapan krisis pangan dunia. Kita salut bila pemerintah dlm setiap proyek dilaksanakan dengan sukses..apalagi menyangkut kepentingan hajat orang banyak. Proyek PRABOCOR+LURAH utk cari duit modal kampanye Pilpres...telisik ini nanti oleh presiden terpilih dan didukung rakyat berdaulat dan rindu "PENEGAKKAN HUKUM DAN KEADILAN"

  • Ayo anak bangsa yang memiliki kesempatan sekolah dan kuliah jadilah kalian orang pintar berijazah yg benar2 membawa manfaat untuk masyarakat, bukan jadi politisi yg menghalalkan segala cara untuk memperkaya diri 😢

    • Akeh Ra kanggo mbak. pinter'' kok generasine

    • Ijazah palsu aj bisa jadi presiden

    • Ijazah palsu, lulus Fakultas kehutanan UGM ,dungu dan planga plongo. manusia tak berguna cuma bisa bikin susah rakyat aja. dok kodok

    • Rame² jadi politisi aja ijazah beli biar sekalian rusak negeri ini

    • aamiinnn

  • tugas petani bersama2 pemda dan menteri pertanian bener2 mengelolah tanah dengan pupuk dulu baru kemudian ditanami beserta pompa solar panel untuk menyiramnya

  • Petani di Indonesia seharusnya bisa sejahtera, tapi kenyataan nya petani banyak yang hidupnya masih belum sejahtera. Padahal petani garda terdepan untuk pangan. Mungkin dari pada membuat lumbung pangan dengan lahan ratusan hektar, mending buat memberi petani lokal ilmu pertanian dan pupuk nya murah.

    • para petani lebih tau kondisi tanah di daerah mereka dibandingkan para pejabat.

    • Turut prihatin ternyata tidak baik2saja.

    • Sabar ya pak mudah2di beri usa panjang Alloh bukakan jalan nya.

  • Amin aja dulu insya Allah amanah cerdas & sllu mlibatkan orang yg ahli di bidang nya

  • AYO...RAKYAT PILIH PEMIMPIN YANG CERDAS DAN BER ETIKA.

    • Siaaaap ❤️✌️✌️✌️✌️✌️✌️❤️

    • ​@@kharismafzh0918jngn sampe kau bilang ganjar mafud ya! Kalo iya otakmu sama kaya Prabowo.

  • Salut sama pak petani ia yg sudah tahu dan pengalaman, bahkan ia sempat ragu kalo disitu di tanam singkong...Petaninya yg Cerdas ini mah....

  • Dalam rangka riset penelitian tanaman apa yang cocok disuatu daerah harusnya melibatkan masyarakat lokal, karna biarpun mereka bukan sekolah tinggi, tapi pengalaman mereka dibutuhkan agar kemungkinan gagal dapat ditekan seminimal mungkin.

    • Riset yg bakalan jadi resort

    • @@gatotsunardi8467 lht kelak IKN..

    • Namanya Rezim Dingin mana bisa diatur

    • Itu biasa aja kami bisa tanam tumpang sari bisa singkong apa saja ditanam tidak pakai riset segala

    • @@ridwansaragih2822 yg bilang rezim ini.......tidak pernah positif juga otak.......

  • Bagaimana nasib anak cucu kita jika kepemimpinan selalu diserahkan pd pengkhianat amanah rakyat. Ya Allah karuniakan kpd kami pemimpin yg adil agar masa depam generasi kami terjaga.

  • Ibu IDA memang segala2nya, mlakukan pertolongan ssama umat yg mbutuhkannya, tnpa pndang bulu, dengan ketulusan hatinya. Smoga ibu IDA sehat slalu dan pnjang umur, trm ksh.

    • Ibu Ida Fauziyah menaker yg suka bikin aturan yang merugikan buruh itu ya,,? 🤭🤭

  • Ada pak prof Mahfud Pak ganjar top. trims jalan usaha taninya pak .. InsyAllah tps kami menang 100%.

  • Inilah suatu simbul bahwa pemimpin negara itu haruslah orang cerdas. Ga bisa negara ini dipimpin orang pandir, rusak.

  • TERIMAKASIH BBC ❤️🙏

  • Tradisi dari nenek moyang Kami Kalimantan tengah dan pulau Kalimantan lainnya adalah menanam padi dengan cara di tebas lahan nya dan dibakar terus Barus di tugal ( menugal ) Bukan padi sawah. Tetapi kami merasa pemerintah sudah meniadakan warisan nenek moyang kami bertani dengan cara itu. Mereka melarang kami membakar lahan dengan alasan membuat polusi udara dan mereka takut apinya menyebar kemana-mana. Seumur-umur orang Kalimantan bertani dengan cara membakar puji Tuhan tidak pernah apinya menyebar ke puluhan hektar hutan itu tidak pernah.

    • Membuka lahan dengan cara membakar hutan itu manfaat sama mudharat tidak sesuai terus lagi Kayu di hutan punya nilai ekonomis tinggi ???? Kalau sistem bakar hutan berapa Triliun negara nombok ganti ruginya atas bencana asap belum lagi menghadapi negara tetangga yang dengan kekuatan media mereka memaksa negara mengatasi kerusakan bencana asap ,,,Semua kebijakan pemerintah adalah dengan cita cita yang baik Food estate kelas dunia tapi mau gimana lagi kalau Regulasi masuk ke ranah Eksekusi ya Jatuhnya Proyek mengeruk uang negara !!!! Kalau Sistem monopoli oligarki politik seperti ini selamanya akan sama Proyek strategis Nasional hanya lips servis POLITIKUS untuk mencairkan APBN saja dan rakyat hanya di jadikan alasan saja pas RAPAT BANGGAR DPR dana APBN cair kerjakan sebagian kecil saja untuk bukti kalau sudah kerja selebihnya Dana masuk kantong pejabat Eksekutif dan Legislatif sampai kapan sistem ini berlangsung sampai seluruh rakyat Indonesia mampus oleh kerasnya seleksi alam

    • @@abilala5373 kalau anda orang luar jangan so tau tentang Kalimantan dan tidak usah anda panjang lebar menjelaskan.

    • @@YHP595 Saya orang Banjarmasin KALSEL termasuk orang luar apa dalam !!!! Emang Kalimantan punya nenek kamu saja kalian bakar hutan di KALTENG kita di KALSEL dapat asapnya saja ,,,semua manusia berhak untuk mendapatkan Udara bersih dan sehat biar panjang umur oke KALTENG punya nenek moyang kamu tapi apakah Udara bersih punya !!! PUNYA NENEK MOYANG KAMU SAJA !!!! Tradisi primitif apa perlunya di lestarikan kalau merugikan orang lain hanya karena EGOIS golongan sendiri merugikan manusia sekitarnya !!!! Tahun 2023 tradisi primitif masih mau dilestarikan ha ha ha ha ha ha ha NENEK MOYANG NENEK MOYANG terus emang cuma kamu saja yang punya Tradisi NENEK MOYANG !!!! SILAHKAN BAKAR HUTAN KAMU TAPI ASAPNYA KALIAN TELAN SENDIRI jgn sampai ke daerah lain!!!!

    • Teknik bakar-tugal ada di seluruh dunia, biasanya dilakukan dengan berpindah tempat setiap 3 tahun. Masalahnya setiap membuka lahan baru, sering terjadi sengketa lahan, makanya orang kalimantan melakukan ngayau untuk menyelesaikan konflik lahan. Kalau dengan teknik bajak sawah dan pupuk, kita bisa menanam padi tanpa harus berpindah tempat. Memang kita harus melestarikan tradisi nenek moyang, tapi kita juga harus siap kalau orang kalimantan akan kembali melestarikan ngayau. Semoga Hatalla memberkati kita semua.

    • @@Steve-lx8dg Silahkan saja lestari kan Tradisi Ngayau ataupun yg penting bagi Saya hidup damai itu indah alam semesta bersih saling menjaga ,,, Kualitas udara biar panjang umur kalau semua orang masih memakai teknik bakar hutan untuk membuka lahan apalagi KALTENG mayoritas lahan gambut yang tidak ada kepentingan apapun dengan lahan dan tanah akan berimbas ISPA dan banyak yang mati !!!! Kalau masalah sengketa lahan sih no coment karena saya pribadi kagak pernah merasa punya tanah di Situ baik secara beli atau warisan ;;;; Dengan peralatan modern dan canggih saja hanya sekedar Singkong saja gagal panen Setau saya tanaman paling mudah di tanam ya Singkong modal stek batang ini masih gagal apalagi Proyek strategis Nasional Food Estate yang di acara G20 di gembar gembor kan Buzzer rezim Jokowi ,,,Kayaknya untuk wilayah KALTENG era ORBA juga pernah dibuka PROYEK Strategis Nasional di daerah Pulang Pisau dengan JARGON ,,,SATU JUTA HEKTAR LAHAN GAMBUT untuk food estate juga gagal !!!!! Jadi harapan cita cita food estate memang bukan untuk KALTENG Terlalu fantastis dana APBN yang di pakai untuk sebuah Proyek yang cenderung selalu gagal....Cita Cita Food Estate dan Swasembada pangan bahkan program ketahanan pangan Nasional ,,,Harus di carikan daerah yang subur dan biaya produksi tidak terlalu besar PAPUA ya PAPUA bisa jadi alternatif lumbung Pangan Nasional

  • Buka mata buka pikiran buka hati ..semoga tercerahkan dng hal hal baik ...

  • Pingin nangis kalo lihat ini, Indonesiaku menangis😢😢

  • Masyarakat tdk dapat berpikir logis dan hanya memikirkan fanatisme dan uang saja yg hanya sesaat,ya Allah berilah pikiran cerdas kpd anak2 bangsa utn memilih pemimpin yg betul2 memikirkan rakyat,cerdas,kredibel,berpendidikan,kuat agamanya,jujur,amanah,pimpinan yg demikian Insya Allah akan membawa bangsa ini adil makmur

  • Kasian rakyat kecil sedih melihat Indonesia tercintaku ini 😢😢😢😢

    • 😢😢😢lg "rakyat jd korban,lingkungan rusak,Yaa Robb

    • Prosesnya gak instan liat yg sekarang pelan pelan tanah itu jadi... nanti jg ada manfaatnya berfikir positif aja..

    • ​@@arifcoy5170udah rugi .. mungkin saja nanti ada kebijakan yang baik.

  • Sebagai petani saya merasa pemerintah kurang survey dan bukan orang yang mengerti pertanian yang dilibatkan dalam "proyek" ini. Kan bisa penduduk lokal dilibatkan untuk melaksanakan "proyek" itu dari awal hingga akhir agar sama² menguntungkan. Ini pendapat saya yang dari kecil sudah bertani dan sudah keliling banyak daerah untuk survey metode pertanian.

    • Dari awal saja udah lucu nunjuk kementrian prtahanan untuk ngelola foodestate

    • Iya benar, agak aneh aja masalah pangan kok yng ngurusi menteri pertahanan bukan pertanian. Harusnya dicoba dulu ya pak, bisa atau tidak ditanam singkong. Dan saat diskusi ada perwakilan juga dari petani, karna beliau yg lebih mengerti dn berpengalaman

    • Hanya di era Jokowi, Trend BANJIR & GEMPA karena kinerja Presiden langsung

    • ​@@dianyunita2352 Kan ada di bilang pertahanan pangan.... Gitu kali ya

    • Tujuanya kan sudah jelas. Ada proyek ada anggaran keluar. Tujuanya ya bagi2 “kue” . Kecuali memang serius tujuanya proyek pasti tersusun sempurna sampai goals.

  • 😢 Inna lillaahi wa inna ilaihiroojiuun. Semoga Bapak & penduduk setempat ikhlas atas ujian ini, tetap bersabar, terus berikhtiar, banyak berdo'a & tawakkaltu alallooh aamiin yaa Robbal 'aalamiin.

    • Aku ko kasihan sama org2 kecil yg selalu hrs ikhlas sabar tabah qonaah dan tawakal aja. Ajaran agama jd ky buat pembodohan aja. Prihatin

    • @@nuralidaanastasia9664 sebagai seorang muslim harus beriman kepada qodho & qodarullooh yang baik & buruk. Ajaran Islam menganjurkan untuk bersikap jiwa ikhlas hikmahnya dapat meringankan beban & perasaan berat dalam mengerjakan suatu perbuatan. Sikap jiwa sabar, tabah & tawakkal hikmahnya akan mendatangkan kebaikan & keberuntungan dari Allah subhanahu wa ta'ala. Al-Quran surat Ali Imron ayat 200. Qona'ah berarti sikap rela menerima & merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas & perasaan kurang & tetap bertawakkaltu alallooh. Perintah bersikap qona'ah ada dalam Al-Qur'an surat Annisa ayat 32.

  • Berikan saya pak lahan tersebut, saya jadiin perkebunan berbagai macam taneman pangan, bisa ubi, bisa padi, bisa jagung, asal beri kami kebebasan mengelolanya