Saksikan Air Laut Kering Disedot Krakatau saat Tsunami

Dipublikasikan tanggal 5 Jan 2019
RAJABASA (5/12/2018) - Roni sempat dianggap sudah tiada. Saat nelayan lain pulang, ia dan tiga temannya terlantar 5 hari 5 malam di Pulau Sertung. Karena tidak ada yang menolong, mereka juga harus berenang 30 jam. “Saya ingat anak. Saya bermohon kepada Allah dan Dia mengabulkannya,” ujarnya.
Meskipun sesama pencari ikan track Gunung Krakatau, warga Dusun 1 Pangkul, Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan itu berbeda keahlian dari yang lain. Roni pemasang jaring, lainnya pemancing kawil. Itu sebabnya 15 nelayan tersebut terpisah. Sebagian di Krakatau, Sertung, dan sebagian lagi antara kedua pulau itu.
Roni tidak melihat letusan Anak Krakatau. Pukul 20.00 Sabtu malam, 22 Desember 2018, jaringnya dibanjiri berton-ton ikan. “Biasanya dalam tiga hari hanya dapat 60 kg,” katanya.
Pria berusia 34 tahun itu tidak melihat tanda apa pun saat tiba di sekitar Krakatau Jumat, 21 Desember. Namun menjelang Isya, ia menarik jangkar, memutuskan pulang, karena melihat tremor Gunung Anak Krakatau tidak seperti biasanya. “Banyak kilat menyambar,” ujarnya.
Saat menarik jangkar itulah, perahunya terangkat ke atas. Karena bulan purnama, ia melihat Pulau Sertung lenyap. Pria beranak satu itu memperkirakan tinggi tsunami 25 meter. “Tinggi cemara di sana (Pulau Sertung) 20 meter, air laut di atas pohon,” katanya.
Tsunami pertama membenamkan mereka ke dasar laut. Hanya dalam jarak beberapa menit, tsunami kedua muncul, mengangkat tubuhnya ke atas, dan mencampakkannya lagi ke dalam Selat Sunda. “Setelah itu air laut surut. Kita berjalan di dasar laut. Ikan ada di mana-mana,” ujarnya.
Roni menghitung empat kali tsunami saat itu. Kali keempat, saat air laut surut, mereka berlari ke daratan Pulau Sertung. Karena takut ombak datang lagi, ia naik ke atas pohon cemara, mengikat tubuh, dan bertahan di sana sampai Minggu Pagi, 23 Desember 2018.
Ia dan tiga temannya: Jumroni, Sahiri, dan Ahmad Hafid, berada di Pulau Sertung 5 hari 5 malam. Karena tidak ada yang menolong, Roni mengajak berenang dengan rakit ke Pulau Sebesi, yang biasa mereka tempuh dengan perahu 2 jam atau berenang sehari semalam.
Mereka dua pasang. Ia dengan Jumroni. Sahiri dengan Ahmad. Baru di Pulau Sebesi ia mengetahui Ahmad Hafid tertinggal sejam di belakang dan belum ketahuan rimbanya. “Sahiri menangis dan memeluk saya menceritakannya,” ujarnya.
Roni, Jumroni, dan Sahiri dievakuasi Sabtu, 29 Desember 2018. Hingga Sabtu, 5 Januari 2019, mereka masih mengharapkan kabar dari 7 nelayan Sukaraja yang lain. Dari 15 pencari ikan ke Gunung Anak Krakatau: 7 pulang, 1 meninggal, 7 hilang.
www.lampungtelevisi.com

Komentar

  • masya allah... panggil di hitam putih ajj om

  • Vjklookkjllvci

  • Inilah kisah orang yang hidup bergatung pada Allah SWT, semoga sehat selalu abang

  • Allahuakbar...anda bisa mengenali alam, dan alam mengerti anda. Niat dan doa anda terkabulkan oleh Allah SWT

  • Sdikit koreksi teks judul, skrg namanya gunung Anak Krakatau, gng. Krakatau sdh habis 1880an.

  • Wah harus jadi kopaska ini bapak👏👏👏👏👍 di

  • Kami dari Lampung Televisi menyampaikan banyak terima kasih atas perhatian kepada kami melalui berbagai komentar. Dari sekian ribu komentar, ada beberapa yg merasa dibohongi oleh judul. Mohon maaf bila terjadi persepsi yg berbeda terkait kata "saksikan". Kata saksikan dalam lingkup tayangan ini adalah mengajak kepada penonton untuk mendengarkan kisah dari "saksi" yang mengalami langsung peristiwa tsb. Kami mengajak kepada diri kami dan kita semua untuk belajar tantang daya juang dan Doa harapan. Salam.

  • Ya allah

  • Semua pekerjaan pasti ada resikonya. Selalu berdoa sebelum melakukan pekerjaan apapun. Kisah yang sungguh sangat inspiratif pak.

  • Orang ini pintar, sudahkah pemerintah membantu kehidupan orang ini?

  • kerja sebagai nelayan adalah pekerjaan yang layak dan halal walau tidak kerja santai... yang tidak layak itu gajinya. semoga ada penulis yg tertarik dengan pengalaman bapak ini serta teman"nya. cerita ini bisa menjadi film inspirasional bagaimana jiwa manusia tidak dapat dikalahkan bahkan di tengah bencana alam jika orang tidak menyerah tetapi percaya dengan janjinya dari Tuhan yaitu siapa yg minta bantuan dan percaya penuh pasti tidak diabaikan... walaupun keputusan Tuhan seharusnya kita menerima dengan ikhlas.

  • Masyallah sy baru liat,kuasa allah.luar biasa mental dan fisik abang, saya bru renang 100m tanpa ombak aja udah lemes..nh abang smpe seharian ditambah angin ombak bahkan lewati malam..kuasa allah abang soleh selalu ingat allah, smoga abang selalu sehat cari nafkah buat keuarga dan menjadi inspirasi kami smua. Iya bang abang jd denjaka aja bang..hehe

  • allah maha kuasa atas segala sesuatu... tak ada yg tak mungkin baginya... semoga allah menunnjukkan jalan kpada mereka yg blum di temukan

  • nggak ada hiu?

  • Anjretttt sia sia gw nyelesaiin video

  • Tidak ada harta yg di bangga kan, selain amal ibadah , setiap mumpunyai harta pasti kan menjadi sampah, bgtu lah rumah kami yg kna sunami, menjadi sampah

  • ALLAHUAKBAR!!!

  • Smg kita selalu dlm lindungan Allah swt

  • SUBHANALLAH

  • Ga ngerti

  • Subhanallah masih di kasih umur yg panjang itu...kekuasaan allah memang bner maha besar...salut juga buat pak roni...👍👍

  • Kuasa Allah....Allah maha besar

  • Semoga kita dalam lindungan allah amin

  • 😭

  • SubhanaAllah...allah msh syg bpk ini,dan ingin bapak lbh mendekatkan diri pada Allah

  • Bisa dijadikan kandidat pasukan para nih

  • Ya Allah... Allhmdulah slmt semoga sehat & byk rjki nya 😭😭😭

  • Rahasia ILLAHI, hidup dan mati seseorang hanya Alloh yang tahu, ini bukti Abang ini di beri kesempata ke 2 unk menyampaikan dan mengingatkan buat saudara2 lainnya bahwa tuhan itu ada ?

  • Kisah yg terharu. Salam kompak selalu

  • Sungguh pengalaman yang sangat berharga untuk kita, ambil hikmahnya dari awal cerita dimana "ikan" yang berlimpah sudah diberikan namun tetap merasa kurang, alam pun marah dengan izin allah, kesempatan kedua diberikan allah untuk mereka hidup bertaubat pada allah.

  • Allahuakbar

  • Itulah perjuangan seorang ayah yg berani sama bapaknya siapa hayo

  • Allah memberkati kalian😇 Jadi terharu

  • Maha kuasa Allah yg telah memberikan kekuatan dan keselamatan kepada hambaMu yg kau lindungi...Allahu Akbar!

  • Terharu, sedih banget ya para nelayan dalam mencari makan demi keluarganya.

  • bpk ini setelah ngomog anak nya langsug keluar air mata,, kasih sayang keluarga padahal nyawa nya d ujung tombak

  • Tsunami uy di lawanya.. Bisa di lewati.. Allahhuakbar semua kuasa allah swt

  • CHIP SAKTI

  • Pasrahkan dan percayalah sama Allah semoga kita dlm di perlidungan allah...jgn percaya hantu

  • Saya gak akan nawar lagi klu beli ikan di laut Perjuanagn beliau taruhan nyawa

  • byangin renang dari satu pulau ke pulau lain trngah malam dingin lapar haus masyaallah

  • Buset 25 meter ? Kalau yg nyampe darat 25 meter habislah

  • nangis dngernya, andai kami dekat ke tempat abg, kami pengen bantu, wl pun sedikit uang, sehat sukses selalu amin

  • alhamdulilah selamat ya bang,,,,

  • Semoga pemerintah melihat video ini dan bapak serta teman2 yg selamat berkesempatan ikut test MARINIR amiin 🙏🏻

  • Gak bisa dibayangin betapa sulitnya perjuangan bapak ini, smga alloh mengankat derajat beliau.

  • Dari awal sampe akhir cmn wajah si bapak doang ga ada visual aer kering tertypuuu 😂😂

  • Ya Allah...... Alhamdulillah bang..... Saya sangat bisa merasakan Cerita Abang... Ini asli bukan buat buat ... Semoga di Berikan keberkahan ya Bang .. Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar

  • takuttt

  • Edan.renang 30 jm.

  • Kuasa alloh

  • Judul ga cocok anjing

  • Allahuakbar yaa Allah😢😢😢

  • air laut surut. sampai saya berpikiran bisa lari disitu. serem 😭😰😥

  • Saluuut sm abng nie ,,👍👍👍🤔

  • YaAlloh terharu bgtt inget betapa susahnya prjuangan seorang ayah utk menafkahi kluarga nya sedih bgtt smoga ada produser film yg jadiin ini film kisah nyata aktornya bpa ini aminnn😢

  • Kasihan bgt ya Allah...kelurga ku jg jd korban sunami banten tp alhamdulilah mereka selamat.

  • Ada yng membayang ga kalo kita diposisi bpk ini 😭

  • Benar2 hebat ni orang salut..kasihan 😭

  • sebelumnya gw berfikir,, ga akan pernah terjadi tsunami di selat sunda.. karna lokasi daratannya gak langsung ngadep lautan samudra.. tapi setelah kejadian ini.. gw jadi waspada kalo maen ke anyer.. sejujurnya gw heran ama pihak terkait bencana alam tsunami.. kenapa gak ada peringatan sebelum sunami dateng ??????? padahal lokasi INI PERNAH DILANDA TSUNAMI AKIBAT GUNUNG KRAKATAU, dan sampe sekarang gunung krakatau masih ada,, masih aktiv ??? Kadang gw berfikir apa Harus Militer yang mengelola bencana alam, dengan teknologi yang mereka miliki, dan tanggung jawab yang teramat tinggi.. Apabila terjadi kesalahan dalam informasi yang mengakibatkan banyak menelan korban jiwa di bumi pertiwi ini.. mereka siap mati!! Seriuslah ...

  • Ceritanya muter muter gak logik

  • Makanya dari dulu selalu salut sm nelayan, HEBAT !

  • hebat pejuang nelayan

  • terharuu,, bagus di buat film nih dari cerita tsb.

  • terharuu,, bagus di buat film nih dari cerita tsb.

  • Benar² jiwa nelayan

  • Ini baru pelaut sejati Subahanalloh

  • jago anda

  • Setara denjaka nih orang, cuma kurang dikasih bedil aja 🤣

  • alhamdulilah puas berjuang mencari jalan pulang ahirnya selamat berkat anak isteri ...dan berkat kuatnya semangat kalian,

  • Ya allah merinding pas bapak nya bilang induk nya dr tsunami , bukan dr jauh 😥 sehat selalu ya pak

  • ya kasian sekali ya ges

  • Nah dilihat dari komentar para penonton youtube setia saya berinisiatif untuk berpikir 1. Ada yang mempersalahkan soal harga 2. Ada yang mempersalahkan soal tawar-menawar 3.Ada yang mempersalah kan soal suami yang memberikan uang dapur pas-pasan 4.ada pula yang mempersalahkan soal istri yang harus pandai-pandai memutar agar uang dapur yang dikasih suami itu cukup. untuk jawabannya nomor satu untuk yang mempersalahkan soal harga kita bisa bandingkan harga di pasar dengan harga yang langsung ditawarkan oleh nelayan itu sangat jauh berbeda pasti di nelayan jauh lebih murah karena memang mereka mengambil sendiri ikannya dan sebaiknya janganlah ditawar-tawar lagi karena kalau kita lihat perjuangannya untuk mendapatkan ikan itu tidak mudah mereka juga harus bertaruh nyawaterombang ambing di lautan karena ombak hanya demi mencari nafkah untuk keluarganya dengan cara mengambil ikan dan untuk penjual di pasarkalau kita lihat dan perhatikan ibu-ibu di pasar pasti selalu menawar jika membeli ikan dipasar karena mereka pikir harganya jauh berbeda jika dibandingkan dengan nelayan tapi kalau memang dilihat dari sisi ekonomi tawar-menawar dalam transaksi itu wajar namun perlu diingat menawar juga pakai hati Jangan asal jeplak karena penjual pun yang namanya penjual pasti menginginkan keuntungan namun perlu diingat juga untuk penjual mengambil untung nya jangan banyak-banyak buatlah prinsip walau sedikit yang penting lancaruntuk masalah yang ketiga suami yang kurang memberikan uang dapurnya untuk istrinya harus lebih semangat dalam bekerja mencari nafkah karena pada dasarnya kadang-kadang istri suka tiba-tiba sayang sama suami yang memberi uang dapur lebih jadi mereka nggak harus pikir-pikir dulu kalau ke pasar membeli apa dan untuk yang ke 4 istri ini memang harus banget sih pikir-pikir kalau mau belanja pilih bahan makanan yang memang penting dan dibutuhkan jadi jangan juga menghambur-hamburkan uang. Terima kasih telah pendapat saya mohon dikritik bila ada kesalahan.

  • Maaf nih saudara saudara saya nanya serius, kata nya Banten pake bahasa Sunda ya tapi ko beda, terus kalo saya ke Banten terus pake bahasa Sunda apakah bisa di pake ?

    • biasanya banten lebak, bayah pake bhs sunda, menurrut saya sih

  • The sims castaway in real life😭

  • Netes air mataku saat dia bilang apapun yg terjadi dengan saudaranya biar mati tetap akan saya bawa pulang 😭😭😭

  • apa cuma. gue lihat video ini krna mau lihat muka bapaknya,,, smngat Pak

  • Subhanallah

  • klo sy dah pasrah itu pak salut buat bpk luar biasa...

  • Alllah huakbar

  • the real survival

  • Sambil cerita tanpa terasa matanya berkaca kaca, sedih

  • hebat 30jam renang, saya 30menit saya sudah ngos2an

  • Aku aja renang di pingiran Terus serasa ada yg tarikk kaki smpe tengelamm untung ada orang di samping aku nolong Sejk itu gk berani lgi k laut

    • kalau kamu kelaut bareng aku aja nnti aku jagain kok

  • orang ini seharusnya jadi AL

  • Gak sesuai judul

  • alhamdulilah

  • Gue merinding denger ceritanya....

  • dari apa yang dijelaskan sm bapaknya, saya bisa berkesimpulan, bahwa sunami yang terjadi di selat sunda terjadi karena kehendak Allah, dan spekulasi saya kejadian secara lapangan akibat kekosongan dapur magma hasil letusan besar yang memuntahkan material vulkanik lalu kemudian tubuh gunung amblas kebawah yang mengakibatkan surutnya air laut sebelum terjadi gelombang sunami. (seperti model sink hole) Wallahualam

  • Saya menyimak

  • Disedot sm onyo..onyo hahahhaa

  • subhanallah

  • Bpk ini cocoknya jd marinir.. fisik kuat & jago berenang

  • Ya allah segini susahnya mereka mencari rezeki, mudahkanlah mereka dalam mencari nafkah untuk keluarganya ya rabb😔

  • Kuat banget mentalnya salut ,ane aja pernah d gulung ombak di pantai Pangandaran sampai gk sadar, ane sadar pas terasa nginjak pasir d dasar saya coba lompat agar bisa kepermukaan ,setelah kepermukaan ane berenang sebisa ane tapi selalu terbawa lagi ketengah lautan,ane coba lagi berenang saat ombak datang agar terdorong ke pantai akhirnya selamat sampai pantai capeknya gak nahan sampe badan lemes, dan skrg jadi trauma pergi ke pantai padahal dulunya paling senang ke pantai 😢😢😢

  • Ngeri saya denger nya

  • Maha besar Allah dengan kuasanya

  • Viral kan

  • Gk bs ngebayangin jadi ini orang bgmn pas berjuang hidup

  • Orang yg dislike kira2 waras ngga ya