Saksikan Air Laut Kering Disedot Krakatau saat Tsunami

Dipublikasikan tanggal 5 Jan 2019
RAJABASA (5/12/2018) - Roni sempat dianggap sudah tiada. Saat nelayan lain pulang, ia dan tiga temannya terlantar 5 hari 5 malam di Pulau Sertung. Karena tidak ada yang menolong, mereka juga harus berenang 30 jam. “Saya ingat anak. Saya bermohon kepada Allah dan Dia mengabulkannya,” ujarnya.
Meskipun sesama pencari ikan track Gunung Krakatau, warga Dusun 1 Pangkul, Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan itu berbeda keahlian dari yang lain. Roni pemasang jaring, lainnya pemancing kawil. Itu sebabnya 15 nelayan tersebut terpisah. Sebagian di Krakatau, Sertung, dan sebagian lagi antara kedua pulau itu.
Roni tidak melihat letusan Anak Krakatau. Pukul 20.00 Sabtu malam, 22 Desember 2018, jaringnya dibanjiri berton-ton ikan. “Biasanya dalam tiga hari hanya dapat 60 kg,” katanya.
Pria berusia 34 tahun itu tidak melihat tanda apa pun saat tiba di sekitar Krakatau Jumat, 21 Desember. Namun menjelang Isya, ia menarik jangkar, memutuskan pulang, karena melihat tremor Gunung Anak Krakatau tidak seperti biasanya. “Banyak kilat menyambar,” ujarnya.
Saat menarik jangkar itulah, perahunya terangkat ke atas. Karena bulan purnama, ia melihat Pulau Sertung lenyap. Pria beranak satu itu memperkirakan tinggi tsunami 25 meter. “Tinggi cemara di sana (Pulau Sertung) 20 meter, air laut di atas pohon,” katanya.
Tsunami pertama membenamkan mereka ke dasar laut. Hanya dalam jarak beberapa menit, tsunami kedua muncul, mengangkat tubuhnya ke atas, dan mencampakkannya lagi ke dalam Selat Sunda. “Setelah itu air laut surut. Kita berjalan di dasar laut. Ikan ada di mana-mana,” ujarnya.
Roni menghitung empat kali tsunami saat itu. Kali keempat, saat air laut surut, mereka berlari ke daratan Pulau Sertung. Karena takut ombak datang lagi, ia naik ke atas pohon cemara, mengikat tubuh, dan bertahan di sana sampai Minggu Pagi, 23 Desember 2018.
Ia dan tiga temannya: Jumroni, Sahiri, dan Ahmad Hafid, berada di Pulau Sertung 5 hari 5 malam. Karena tidak ada yang menolong, Roni mengajak berenang dengan rakit ke Pulau Sebesi, yang biasa mereka tempuh dengan perahu 2 jam atau berenang sehari semalam.
Mereka dua pasang. Ia dengan Jumroni. Sahiri dengan Ahmad. Baru di Pulau Sebesi ia mengetahui Ahmad Hafid tertinggal sejam di belakang dan belum ketahuan rimbanya. “Sahiri menangis dan memeluk saya menceritakannya,” ujarnya.
Roni, Jumroni, dan Sahiri dievakuasi Sabtu, 29 Desember 2018. Hingga Sabtu, 5 Januari 2019, mereka masih mengharapkan kabar dari 7 nelayan Sukaraja yang lain. Dari 15 pencari ikan ke Gunung Anak Krakatau: 7 pulang, 1 meninggal, 7 hilang.
www.lampungtelevisi.com

Komentar

  • kami para nelayan ditengah laut tdak pernah mikir gmn bhya di tngah laut ... yg kmi pikirkn hanya bagaimna cara kmi dpat ikan agar kmi bisa menafkahi keluarga kami di tengah laut kmi cman memassrahkn diri sama yg kuasa aja (ALLAH S.W.T)

  • Kuasa Allah....ngeri dnger critanya...alkhamdulilllah selamat

  • dari ceritanya saja sudah ngeri. sukurlah selamat masih di berikan umur panjang oleh allah swt

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

  • Itu kejadian kl di buat film keren pasti 😑

  • Ketipu dech gue aku pikir ada videonya ehhh cuma cerita...

    • Bales Pribadi mna smpet bikn video bro...skalipun bisa itu kamera gk bkl kuat...ancur d dlm air

  • Asalamualaikum . bencana umum kalau kena mesti ada warga sekitar buat maksiat atau apa2 yg tidak baik..semoga jadi peringatan untuk kalian ..allah ingin tunjuk kekuasaanya..

  • Pisiknya luar biasa nih si abang bukan main. Kira2 setara gx sama tentara pisiknya.??

  • Tampolin aja tuh yg nanya..

  • Naluri seorang bapak berjuang bertahan hidup demi kehidupan anak. Semoga anda sehat selalu kawan!!!

  • Wao sadis bangat

  • Hoax

  • Yg saya suka..dia slalu ingat allah..

  • Kisah yg mengharukAn semangat trus bang

  • Ceritanya luar biasa bang.. Perjuangannya..

  • Ya allah saya org lampung2saya punya sodara di pulau sebesi,daerah tejang dan segenom pun saya tau,minan saya org legahan lada;,,ya allah rumqh ancur balurr,,,cuman bisa nangis saya,ya allah semoga semua yg ada di pulo sehattt,,,,

  • . .

  • kasian bpk ini...smoga suksesss terus pak

  • 😭😭

  • What he is saying???!!!!!

  • Terharu teringat kaka ku😢apa lagi mas nya yg crita ini wjahnya mrip sma kakak ak yg kerjanya nelayan juga. sminggu di tengah laut cari ikan😢😢😢

  • Suatu mukjizat bisa selamat...

  • Alhmdllh bang masih sll dlm lindunganNYA..agr bisa beelumpul dg klwrg...amin ya rob 🙏🙏🙏

  • Bohong BANGET nih orang

  • Gk masuk akal

  • Pengalaman yang tidak ternilai

  • Duh..ngeri...amat....kang...

  • luarbiasa

  • Orang Lampung like

  • Bang subcribe balik canel gw dong

  • Iya Allah ko aku malah merinding denger ceritanya ,Ampe netes ini air mata😭

  • dibikin Film nya bagus

  • Bujug wow

  • Kok aneh ya

  • Subhanallah,,,5 hari tidak makan tapi masih sanggup berenang sejauh itu.

  • semoga selalu sehat bang..kasihan perjuangan nya demi keluarga

  • Dunami kecil itu kering" apanya

  • Salut sama abang ini, btw saya juga dari lampung, lampung barat.

  • Mana kering lautnya

  • 2:32 nah tujuan nya apa kesana Ya cari ikan wkkwwk😂😁

  • Subhanalloh.....

  • Waow...gue sampai nggak tahu mesti koment apa.

  • Subhanalloh sungguh besar kuasamu...semua atas ijin mu

  • Agoee

  • Iyatah

  • Semoga jawa tengah aman aminn... Yang setuju lik ya

  • .. mukjizat ALLAH itu nyata

  • Ini gak ada vidionya

  • Jadiin film tentang bertahan hidup pasti laku di seluruh dunia ini

  • Alhamdulillah-alangko hebatni Kiyai sa

  • Bazit sunda

  • Disulawesi aj aku kena sunami dn gempa gatakut

  • Dibikin film keren ini... Semoga ada produser sutradara penulis atau siapa lah yg mau bikinin film buat kisah yg menakjubkan ini..🙏🙏

  • Yang dislike mungkin orang yang gak punya hati..

  • Menit 7:35

  • Barusan lihat debat, pak Jokowi katanya nelayan udah dicek kondisinya jam 2 malem, makmur, dari Hongkong

  • Gue kira bakal ada video laut surut ,trnayata cma bapak2 yg ngomong dari awal sampel akhir :v 👎

  • Menit brp?

  • gak ngerti mau bilang apa... semoga bapak dan kawan2 sehat selalu, panjang umur,, dan gak ada bencana lagi,, smoga kita selalu di lindungi tuhan yang maha esa

  • Subhanallah.. Kuasa allah emang besar

  • Mudahan mudahan menjadi lebih baik lagi dan ingat selalu sama allah

  • ini buat pengalaman timsar. jangan mencari korban hanya yg kasat mata ( di anyer krn ada seventeen ) tapi pake helicopter kek muter di sekitarnya kasian si bapak ini.

  • Cerita terus... Mana air lautnya yg kering???

  • Perjuangannya sungguh hebat. Demi keluarga

  • Karena saya juga pelaut ini sangat masuk akal saya yakin bapak ini berkata jujur

  • Bisa brenang fisik kuat...minim masih bisa bertahan hidup d ombang ambing air..sdia payung sebelum hujan..dan tak lupa semua yg kmu punya lahawlawalakuata illabillah....tiada daya dan upaya melainkan daya allah..manusia tampa allah tidak bisa apa apa ..allah tampa manusia juga tidak ada..😊😊

  • Glombang 25 meter...hohhhhhhhh ...udhlah klo keadaan gw kayak sekarang wallahhu'alam...

  • Yg jlas bpak ini filingnya bagus Dia mampu mengukur tenaga waktu dan alam Maka dr itu dia selamat Beda sama temen2 nya dia hnya ngikut jd ada yg selamat ada yg enggak

  • Kalo dipasar kota" besar bukan nelayan lagi yang jualan kata gw si, kalo emang harganya kurang pas ya tawar aja TAPI SEWAJARNYA

  • Allahu akbar

  • Ada yg berkomentar "kalau beli ikan di pasar jgn ditawar,kasian nelayan nya" Itu yg jual ikan di pasar bukan nelayan buk/pak,tp pedagang ikan Pedagang ikan dpt nya dr juragan2 ikan di pelabuhan,jd saat anda nawar ikan di pasar itu gk ada hubungannya sama harga jual kpd si nelayan Toh juga cuaca yg mempengaruhi harga jual ikan,bukan pembeli di pasar Cuaca bagus maka nelayan bisa dpt ikan yg banyak,tentu harga ikan dipasaran murah Cuaca normal maka nelayan bisa dpt ikan dgn jumlah wajar,tentu harga ikan stabil Cuaca ekstrin maka nelayan sulit dpt ikan,disitulah harga ikan meroket

  • Ayo kita sesama pemula untuk saling support dengan cara subscribe, like dan share.

  • Mgkn mereka org baik dan jujur. Sehingga allah menyelamatkan nya.. sy kagum dgn keberanian mereka di laut.

  • Hoax ini . Orang sampe negara lain aja kedengaran. masa orang ini ga kedengaran. Yang ada di daerah kaki gunung itu udah terkena tuli semua jika selamat karena letussn yang sangat keras. Fix HOAX

  • Dengernya aja udah ngeri bgt aplgi kl kita ngalamin sndri...ya allah gk kbayang bsa sekuat bpk ini

  • Alhamdulillah semoga sehat selalu Mch dberi mukjizat sama alloh swt aamiin

  • Masya Allah, Kuasa Allah SWT Bapak ini dan teman2nya msh bisa hidup hingga sekarang 😢 Luar biasa sekali perjuangan hidupnya. Semoga sehat selalu ya Pak, semoga dimurahkan rejekinya. Masya Allah, inspiratif sekali 😢😊

  • Masuk Denjaka pak semangat

  • Hanya orang ini yg memujat kepada Alloh ombak besar

  • 😑😑😑

  • Berapa kali nasarumber menyebutkan kata "sekitar?"

  • Ngomongnya asli lampung nihh hehe sehat terus bang!!!!

  • Allah hu Akbar

  • ALLAHUAKBAR... Semoga yg blm ketemu dapat ditemukan ya pak.. Kuat sekali fisik nya..dan dari dia bercerita beliau ingat selalu keluarganya dan Allah SWT.. Mudah2an sehat terus pak

  • Astaghfirullah ya Allah Yang Like dan Subscribe Chanel saya, saya do'akan semoga selalu diberi kesehatan, dilapangkan rizkinya dan di mudahkan dalam segala urusannya. Aamiin

  • aku ngk bisa ngomng apa"😭😭😭😭😭😭😭kalo aku mungkin cm bisa nangis

  • mudah2an bapak ini selamat dari sedotan air

  • Ceritanya sama kek waktu cerita diaceh dulu air laut sempat kering 😢

  • @deddycorbuzier

  • Sungguh ini orang bner2 hebat. Dia mendapat pengalaman se seram itu. Tapi dia tetep kuat dan terlihat sangat hebat pas di wawancara .

  • Terharu alhmdullh slmt

  • Hitam putih undang Doong...sedih bangett

  • Itu lah kekuwasan allah orang ini bisa dari kejarn ombak mangka nya banyak2"iktipar ber mohon sama aullah kita bermunajaf kepada pimpinan kita nabi muhamat amin

  • Memang kaidahnya begitu. 3 doa yg akan langsung dikabulkan. Doa orangtua. Doa orang terdzolimi. Doa orang terdesak.

  • tai kucing

  • Jelma lampung

  • ya allah di lempar ke atas ke bawah sma ombakmu ya allah alhmdulillh selmt

  • Coba kalian amati menit 5:00 itu ledakan bukan dari krakatau, beliau yang menyaksikan sendiri di laut, masih percaya tsunami adalah gempa dari alam ? Wkup guys

  • Seharusnya pemerintah merehab rumahnya yg lebih nyaman dihuni....ya apalah saya pemerintah lg fokus ke dunia politik.

  • Memang harus begitu nelayan mah,wajib bisa renang sejauh mungkin,ya inilah hasilnya fisik kuat,lihay renang,bermodal kayu seadanya...luar biasa....