Salat Jumat pertama di Masjid Hagia Sophia - BBC News Indonesia

Dipublikasikan tanggal 24 Jul 2020
Mimpi ribuan umat Muslim untuk salat di Hagia Sophia terwujud. Hari ini, 24 Juli 2020, untuk pertama kalinya dalam 86 tahun, salat Jumat digelar di sini.
Muslim di Istanbul berbondong-bondong datang, bahkan sejak kemarin, untuk menjadi saksi peristiwa bersejarah ini.
Namun bagi warga Turki yang sekuler, seperti penulis Orhan Pamuk, diubahnya Hagia Sophia dari museum menjadi masjid merupakan tanda bahwa identitas Turki sebagai negara sekuler telah dihapus.
Baca pengalaman mahasiswa Indonesia yang mengikuti salat Jumat pertama di Hagia Sophia di sini: bbc.in/2D7DeTW
#HagiaSophia #Istanbul #Turki
============
Berlangganan channel ini di: bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: instagram.com/bbcindonesia/
Twitter: twitter.com/BBCIndonesia
Facebook: facebook.com/BBCNewsIndonesia/

Komentar

  • Wow first the muezzin died, then covid 19 attack 500...what do you think guys???

  • BBC ungkapkan fakta sebenarnya dunk. Jaman dulu, jaman penaklukan, belum ada konvensi perlidungan HAM. Islam sdh ajarkan tentang hal tsb, dimana saat perang gk boleh merusak aset (tanaman, hewan, tempat ibadah) dllmilik penduduk yg daerah ditaklukan. Tdk boleh bunuh anak2, wanita & org tua. Selain pasukan Muslim, fakta sejarah tidak bs disembunyikan & dihapus, dimana pasukan tsb dg bringas & sadis merusak aset, membunuh / mebantai manusia gk peduli umur & kondisinya. Para wanita diperkosa..Banjir darah!!!. Pasukan Islam tdk spt itu. Dlm hal Penaklukan Kontaninopel, gereja tsb dibeli olh Khalifah M Al-Fatih, lalu dijadikan sbg wakaf utk dijadikan Masjid bgi Umat Islam. Ornamen2 Gereja Timur tidak dirusak

  • Saat ini, sejak diubah menjadi masjid dan dihadiri oleh ratusan jemaah, sebanyak 500 orang yang berada di dalam masjid termasuk anggota parlemen dan jurnalis telah terdiagnosis penyakit Covid-19. Semua itu terjadi karena di Hagia Sophia, tidak diberlakukan aturan social distancing atau jaga jarak sosial yang ketat serta tidak ada aturan memakai masker. Angka kasusnya meningkat dengan cepat menjadi 1.000 orang usai Shalat Hari Raya Idul Adha.

  • Nggak lama kemudian Muazin Hagia Sophia meninggalkan???๐Ÿคฃ Tuhan Allah-Ku telah Bekerja ๐Ÿ˜‡ Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman. Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepadaNya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. (Rom 1:18,21-22)

  • Subhanallah mg pnjng umur sehat selalu bk presiden turki edorgan trimksih ats difungsikan kembali ny ayasofia mnjdi masjid,,sys sbg umat muslim sngt senang bgtupun umat muslim di seluruh dunia lain ny

  • Semoga ini menjadi awal kemenangan Islam

  • Pada akhirnya semua yang kalian rebut akan kembali lagi

  • Subhanallahhh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • Muazinnya sudah dihukum TUHAN YESUS dineraka,itu peringatan nyata.

  • Alhamdulillah.., AllahuAkbar

  • Siluman dari gua Hira telah masuk di Basilica agung Hagia Sophia, basilica yg dibangun untuk memuji Tuhan semesta alam. Dunia akan semakin hancur karena siluman ini.

  • Gereja katedral di italy banyak yg berkubah. Berkubah itu juga ciri khas gereja ortodoks.

  • ALLOH MAHA SEGALA GALANYA

  • Sekuler anti tuhan

  • Kristen Ortodoks, Kristen Katolik, Kristen Protestan.

  • Cuman sebuah bangunan diributin

  • Bangsa Turki tumbuh dan besar dalam islam, itu akar yg sebenarnya, sekuler sejauh ini hanyalah tong kosong...Allahuakbar

  • Alhamdulillah kami muslim indonesia sangat gembira. hagia shopi kembali jadi mesjid. Masyaallah.๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

  • Masha'Allah Tabarakallah Bapak Presiden Turki Mr Recep Tayyip Erdogan ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโค๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท

  • Hahahaa namanya orang yang nentang pak erdogan sama kaya namanya musuhnya sultan al-fatih (kaisar orhan) wkwkwkwkk

    • @Aria Strwn Maksudnya Sultan al-Fatih sudah wasiatkan bangunan itu menjadi masjid.

    • Gak ngerti

  • Mereka Berusaha menutup cahaya, tetapi Allah menambah sinarnya hingga terang benerang menghapus kegelapan. Allahuakbar

  • Bangunan dengan hitungan matematis paling akurat di zamannya.sekian kali gempa, restorasi,masih tetap indah dan kokoh.

  • Inilah Kemuliaan Islam , hagia Sophia di jadikan tempat Ibamdah !! Sedangkan Mereka(org2 yg Bukan muslim) punya Mau Hagia shopia Untk di jadikan Tempat distinasi yg datang dengan Berbuasana2 Telanjang(kek telanjang , yg cuman pandang sana-pandang sini yg tidak ada PaedahNya dan Hanya Menimbukan Kemurkaan Tuhan !! Lihat selagi Ribral Berkuasa Maka Hagia sophia hanya Di jadikan tempat2 diskotik/bar dan minum2n kersa doang !!

  • Alhamdulillaah...

  • Assalamualaikum... Salam hangat untuk muslim didunia

  • Gk tau mau bilang apa,, Yng jelas allahuakbar,,

  • Masyaallah

  • My name is Hagia Sophia and my historical values are occupied by Turkey. Hagia Sophia is an indivisible part of the ORTHODOX world. This is Costantinipole, Greece not Istanbul, TR.! Take back your mosque, this is an Orthodox Cathedral. GLORY TO GOD JESUS. amen.

    • @Black Kutaisi hahahahaha .. yr wild accusation is nothing new. If he is accused then the Christian God is a pedophile as well .. impregnated Mary while she was 10 years old. ๐Ÿ˜Š

    • @vepop They don't know the price of history, they know only them pedophile "prophet"๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    • @Black Kutaisi "historical value" to which group of people? They tend to have different views. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    • @vepop โ€‹ Do you know the meaning of "value"? and after then do you know meaning "historical value". In Conclusion, if you don't know true history just do not talk about it. Think about your fake religion which is a religion of killing and terror. Think about your pedophile Muhammed.

    • @Black Kutaisi fake dream? hahahahaha... it is yours not me. I repeat Hagia Sophia is no longer the property of the ORTHODOX world. Read the history! ๐Ÿ˜Š

  • Kafir kepanasan

  • Kucing Hagia Sophia gimana ya

  • Gpp ambil aja, turki mmng negara muslim jadi why not? Mengubah gereja menjadi masjid. Sah sah aja

  • BERAPA UMUR PENONTON SETIA BBC NEWS INDONESIAN ?? ๐Ÿ‘‰6-30 ๐Ÿ‘ ๐Ÿ‘‰31-60 ๐Ÿ’ฌ MOHON IZIN TEMAN-TEMAN BANTU MAMPIR KE CHANNEL SAYA, SAYA HANYA PUNYA HP KENTANG YANG NIAT JADI KONTEN KREATOR DI ID-tv

  • Tabarakallah

  • Ma sya Allah

  • Ottoman

  • Nice video thank you ๐Ÿ‘ ๐ŸŒบ๐ŸŒธโค๏ธ๐ŸŽ

  • Maaha Allah ๐Ÿฅฐ

  • Semoga masjid hagia sophia tetap menjadi masjid bagi umat muslim sampai akhir zaman aamiin

  • Allahu akbar

  • Someday heree... after mekkah ๐Ÿคฒ aamiin.. Bapak Presiden Erdogan ๐Ÿ‘

  • ma syaa Allah ๐Ÿ’™

  • Andai Indonesia ku bersatu dalam agama Islam,, semoga pemimpin yg akan dtg mempunyai ke islaman yg kuat seperti erdogan

    • @Marwan Erawan semoga aja,, seseorng yg cinta dgn tanah air, yg tdk mau tunduk kepara asing dan aseng,

    • doakan aja dapat pemimpin yang terbaik.. toh belum tentu rakyat indonesia cocok dengan gaya kepemimpinan erdogan

    • Gak lah.. Bosan liat para itu2 aja,, Nanti setlah generasi selanjutnya ,,

    • @ridho khairian kalo misalnya ada paling AHY, tapi pasti nasibnya sama kayak Prabowo

    • Jdi gebenener aja udah ketahuan boy... Boy... Yg lain lah

  • Allohu Akbar Barkalloh Khalifah erdogan

  • MasyaAllah ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ

  • Erdogan mantap jiwa

  • Allahu akbarโ™ก

  • Baru tau kalau Orhan Pamuk sekuler

  • Masyaallah.. Erdogan adalah sosok pemimpin dambaan negara muslim di dunia.. Takbir

  • Allahu Akbar

  • Sesungguhnya agama disisi Allah adalah Islam

  • MasyaAllah

  • Allahuakbar

  • Alhamdulillah

  • Subhanallah

  • Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar presiden Turki

  • Jerih payah Muhamad Al Fatih

  • ma sha Allah. Salute to President Erdogan. Takbirr! from Malaysia my idol :)

  • Kalo jamaah sholat subuh jumlahnya sama kayak jamaah sholat jumat baru tuh kita bisa ngomong kejayaan islam balik lagi!

    • dulu diawal awal korona sempat sama... sama sama kosong

  • Alhamdulilah semoga Ardogan diberi kesehatan oleh Allah Saw...?? From Indonesia

  • Maa Syaa Allah..

  • Sebodoh-bodohnya orang klo ditanya Coba lihat dari jauh itu bentuk Masjid / Gereja..??

  • Long live President Endrogen and the citizens of Turkey

  • coba ambil positifnya, sekarang turis yg masuk hagia sophia lebih tertutup pakaiannya, membuka alas kakinya.. lebih menghormati bangunan bersejarah ini..

  • Mantap....:)

  • Kelompok sekuler kelompok yg pro barat,maju terus presiden erdogan.

  • Orhan Pamuk is ataturk army ๐Ÿ˜ฌ

  • Inikan Gereja katedral...kok diubah jadi masjid... bukannya haram ya..!??

  • Banyak orang iran bertobat menerima Yesus, tapi negara sarang teroris turki akan menerima hukuman yg sangat pedih dari ALLAH. camkan itu, tak lama lagi turki akan seperti BABEL

    • Allah membela turki israel yang nanti musnah

  • Orang orang yg suka mempersulit diri. Kenapa ga bangun masjid sendiri aja sih, lagi pula itu awalnya bukan punya kita umat muslim. Itu hanya simbolik yg penting itu ibadahnya. Awas jgn salah fokus. Ketika mata dibutakan oleh nafsu mau menang sendiri.

  • Erdogan is evil and will get whats coming very soon. Funny seeing genocide murderers trying to pray. Mark my words Turkey will fall very soon

  • Allahhuakbar

  • *Ya Allah, hingga kapankah pandemi ini berlangsung ? kami rakyat terbawah sudah terdampak hampir 4 bulan hilang pekerjaan dan penghasilan tapi Demi Allah tidak satu pun dapat bantuan. Kam dgn terpaksai cuma bisa mohon uluran tangan siapa pun yg ikhlas tanpa paksaan. Biar pun itu hanya senilai makanan tapi cukup berharga untuk kami. Maka haram jika kami berdusta jika ternyata golongan mampu. Allah Maha Mengetahui apa yg sedang terjadi.a/n F.A. BRI 0401 0100 3595 535*

  • Masya Allah sangat senang sekali ketika hagia sophia menjadi masjid kembali, semoga tambah berkah untuk negara turki

    • @WAGU CUY ahhh penyembah batu hitam hajar aswat Logika aja jelas

    • @Warior West papua lha anda penyembah berhala????

    • Islam agama pagan penyembah batu hitam

  • Where have all the Christians gone / The Young Turks picked them every one / When will they ever learn?

  • ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท

  • I Love Turky . I Love Erdogan . From Indonesia

  • Sadar gak kalian gereja katedral mesias dijakarta menyerupai bangunan masjid Dan diluar ada tulisan allahnya..

  • Masya Allah

  • Masyaallah.. Merinding liatnya

  • maasyaAllaah

  • Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaahaillallah wallahu akbar...

  • Kalau Allah sudah berkehendak .. Tiada satupun yg mustahil

  • Seperti apa sih seharusnya bentuk sebuah masjid, apakah Rasulullah mengharuskan masjid memiliki kubah? Kalau boleh berpendapat arsitektur Islam era modern adalah akulturasi budaya dari Kristen Romawi timur yang dilakukan Turki Usmani ketika menaklukkan byzantium, dan menggunakan Hagia shopia sebagai model masjid yang memiliki kubah, itulah kenapa bangunan dengan kubah akan identik dengan masjid, padahal di Eropa timur yang menjadi basis Kristen Romawi timur/ortodoks arsitektur gerejanya bergaya kubah. Turki Usmani berhasil menjadi epicentrum utama Islam abad pertengahan hingga awal abad modern, dan membawa pengaruh pada arsitektur masjid menggunakan kubah sebagai ciri khasnya, satu lagi simbol bulan sabit di atas masjid itu tidak lain adalah lambang kerajaan turki usmani yang sampai sekarang masih digunakan sebagai penanda sebuah masjid

  • Masya Allah Alhamdulillah semoga umat muslim disana sehat wa'alfiat

  • Negara yg paling gw sukai turki love you,mau banget ke sana ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

  • kalau membaca dari alur sejarah..maka jelas bahwa memang masjid berkubahlah yang meniru model arsitektur gereja kristen ortodoks...tapi dapat dimaklumi memang mengingat dalam sejarah Islam..pada masa kenabian pada khususnya tidak ada batasan dan pakem mengenai bagaimana harusnya model dan arsitektur masjid dibangun...

  • Hagia sophia udah gak jadi museum kah?

  • Ketika menjadi masjid, betapa dimuliakannya haghia Sophia. Turis-turis pun memakai pakaian tertutup. MashaAllah

  • I love you mr Erdogan from Malaysia ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ

  • Semoga toleransi antar umat terjaga disana seperti di Indonesia

  • Jangan takut Covid takutlah ketika kalian yang punya agama tidak bisa beribadah lagi

  • Erdogan keren lah

  • Love you erdogan

  • Seneng masih banyak yg aware sama sejarah, tapi tolong jangan War ๐Ÿงšโ€โ™‚๏ธ๐Ÿงšโ€โ™€๏ธ

  • MasyaaAllah

  • MaasyaAlloh

  • Masha alloh

  • semoga bisa kesana lagi suatu saat dan sholat berjamaah di sana, aamiiiin ya rabb

  • ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ terharu cuy........anda bisa kesana karna shalat subuh aja udah beribu-ribu belum lagi kalau shalat jumat......... thank you erdogan you made my heart melt ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜Š๐Ÿค—๐Ÿค—

  • Qulhuwaelek