Setibanya di Indonesia, Kenapa Penyebaran Virus Corona Begitu Cepat? | lifestyleOne

Dipublikasikan tanggal
Jakarta, tvOnenews.com - Virus Corona tiba di Indonesia dan sangat begitu cepat penyebarannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyebaran itu menjadi sangat cepat hingga hari ini, salah satunya adalah masyarakat yang masih menyepelekan himbuan untuk social distancing atau menjaga jarak. Jarak merupakan hal yang sangat penting dalam penyebaran wabah ini. Lalu apa lagi yang membuat penyebaran Covid-19 ini menjadi lebih cepat menyebar di Indonesia?

Komentar

  • Kalau boleh berpendapat kenapa corona secepat ini, maka karena : Dianggap enteng oleh pemerintah pada awalnya analis dari : a. Pernyataan Indonesia bebas corona bulan lalu b. Pernyataan Indonesia siap menghadapi corona Dua hal diatas bertentangan dengan beberapa fakta dimana travel msh dibuka lebar2 saat itu, kemampuat alat deteksi saat itu blm siap betul. Contoh pasien cianjur yg meninggal 3 minggu lalu dinyatakan negatif.. Tiba2 stlh 3 minggu baru dinyatakan positif. Selama itu rentan waktu baru ketahuan. Melihat dari kelengahan bulan lalu itulah saya yakin suspect pertama corona di Indonesia BUKAN HANYA DARI DEPOK. Krn lalu lintas bandara saat itu sangan aktif TAPI deteksi penyakit ini BELUM SIAP betul disana. Lebih2 lagi sempat dibuka diskon traveling buat tourism saat beberapa negara bandaranya malah mulal menutup diri. Welll sudaaahhh laahh masuukkk deehh penyakitnya... Nah virus ini hobinya TRAVELING.. Ada lagi tiba2 kebijakan yang muncul tiba2 tanpa kordinasi yang mantaaapp... DKI liburkan sekolah ! Bagus memang tapiii dadakan sekali dan sepertinya tidak kordinasi dengan daerah, akibatnyaaa... Masyarakat yang GAGAL PAHAM memgenai makna libur corona malaahh traveling liburaaann... Jalur tol padalarang ramai Jalur puncak padat Hari itu ratusan kendaraan keluarr jakarta, blm termasuk yg pk pesawat. "JIKA" diantara ratusan ribu mobil yg keluar dr jakarta saat itu terdapat 1 saja mobil yg membawa si virus jalan2 maka itu sudah bisa ditebak penularan pun berjalan kemana2. 1 : 50.000 mobil yg tanpa sadar sdh kena di jkt, jalan ke bandung, mampir ditempat makan, shooping dll Atau pergi ke puncak mampir ke tempat makan wisata dll Atau k tmpt wisata lainya. Intinya... Yg mempercepat perkembangan si virus ini adl : 1. Menganggap enteng ( bulan lalu ) 2. Ketidak siapan tapi dibilang siap 3. Kebijakan tanpa melihat sisi kelakuan warga +62 yg kadang gagal paham ( +- 3 minggu lalu) 4. Sulitnya membuat keputusan TEGAS di Indonesia 5. Masyarakat masih banyak gagal paham alias kurang sadar bahayanya, contoh : Ahh urusan mati gimana ALLAH... Benerrr memang, tapiii matinya jangan ngajak2 dooonk.. Lu mati bodo amat tapi kan nularin k anak istri Analiss ya boooo Moga salahhhh

    • Apa yg anda tulis banyak diatas sebenarnya kesimpulannya cuma satu , Pemimpin kita tidak sanggup Mimpin Indonesia...Tp jgn salahin bpk Jokowi. Krn yg Pilih Jokowi Rakyat. Rakyat salah pilih Pemimpin apalagi wakilnya udah Sepuuuhh. Semoga setelah ini Rakyat sadar bahwa Indonesia ini butuh pemimpin yang Kuat, Cerdas , Ta'at, berwibawa diTakuti Org Luar... Miris jadinya liat keadaan skrg

    • @BANG ARIEF kurang banyak mengudang asing. yg kemungkinan terinfeksi corona.

    • Mantap analisax,se 7.

    • @Teu Sempurna orang ny sampurna.

    • Tee sempurna. Comment mu sempurna

  • Jangan selalu menyalah kan pemerintah tapi apa kalian juga sebagai rakyat menuruti apa yang di perintah kan sama pemerintah kalian juga taat

  • Kasian diindonesia ....krn pemwrintah lembek tdk tgs..kl dr awal lgsg nutup bandara pastinyag ada....contoh korut

  • Kl udah ketemu obat nya mau kembali ke masjit. Biar gak nambai beban negara melawan corona.sudah 4minggu gak ke masjit padahal tiap hari. Semoga lekas ketemu obat anti corona

  • Jangan hanya banyak himbauan dari situ buktikan donk rasa sosial anda dan partisipasi sosial anda kepada msy yg dibawah.

  • Org timur makan gak makan asal kumpul jadilah cepat nyebarnya...

  • Jangan percaya media masa membuat dunia semakin ketakutan

  • Media masa membuat dunia semakin panik, saya heran ada sedikit manusia tidak tahan akan bahan pengawet makanan dan minuman produk masal,di konsumsi terus tentu akan mengalami timbulnya berbagai macam jenis virus termasuk Corona,maka hindarilah sementara makanan dan minuman yang mengandung pengawet,itu saja kok maunya bikin panik dunia, sungguh semakin mundur saja,kita tidak bisa mengetahui siapa diantara mereka yang tidak tahan akan bahan pengawet makanan dan minuman produk masal,maka hindarilah sementara waktu sampai virus Corona berlalu,

  • Jelas Indonesia masih gagap dalam menghadapi pandeni covid 19 ini..

  • Yang membuat penyebaran Virus Corona di Indonesia adalah, karena Rakyat Indonesia banyak yg tidak disiplin, merasa tidak ikut dlm mencegahnya dan tidak mengikuti petunjuk Pemerintah... Dari kejadian inilah nampak bahwa manusia Yg ada di Indonesia Ini banyak Munafik, sok bersih, sok pintar dan Hebat Yg ternyata hanya mementingkan kepentingan pribadinya... Apalagi orang Politik yang sering membuat kegaduhan yg seakan akan lebih berbuat kepada Negara Belum ada yg saya lihat berkorban untuk menyumbang hartanya sedikit aja untuk Rakyat Indonesia, hanya ngomongnya Yg besar tampa berbuat... Sadarlah wahai manusia Munafik.... Bertobatlah

  • Mau 500 kek 1 kek Pokoknya harus serius berantas, jangan tunggu banyak korban baru serius berantas

  • Jgn anggap sepele,ini wabah hrsnya penanganya pd diri masing2.walau dikekang/lockdown klau spt apapun klau watak ngeyelnya gk mau sadar diri susah jua.apalg bg yg suka ngumpul2,traveling,suka berenang/kolam renang2 nich bahaya.waspadalah corona di skliling kita

  • Terimakasih informasinya. *antok BEONE HOUSE HOTEL jogja*

  • Rakyatnya santui, biasa aja seakan berani mati di kala sehat, dan dokternya sebaliknya, panik dan takut mati, kadang melayani tanggung, di tarif mahal biar isolasi sendri di rumah.. kan gg singkron.

  • Pandang enteng

  • Penyakit orang indo itu batuk filek +sakit gigi..

  • Iya allah semoga di henti kan viros ini di seruru ada islam amin 3 iya rabbel alamen terutama di indonesia iya allah tolong lah kami

  • kata dokter terawan ga usah pake masker yg sehat, kemana tuh dokter yg bikin orang jadi santai

  • O, umat Hitam palsu ingin menawarkan penyembuhan palsu, yaa

  • Orang Indonesia suka ngeyel klu di bilangin SM pemerintah umumnya yg suka cuek dan nyepeleksn..

  • Hindari mati kena virus,tidak keluar rumah,tp mati kelaparan krena tak bisa cari makan

  • Gak keluar rumah, siapa yg kasih makan ya? Hondari mati kena virus, tapi mati kelaparan ya allah mhn perlindungan

  • "Sekarang pihak China sudah mengerti ciri-ciri dari virus COVID-19 berkat berbagai otopsi yang telah mereka lakukan. Ciri khas virus ini adalah menyumbat saluran-saluran pernafasan dengan lendir kental yang mengeras dan memblokir saluran pernafasan dan paru-paru. Jadi sebelum menggunakan obat, harus terlebih dahulu membuka sumbatan saluran pernafasan, agar pengobatan dapat berfungsi maksimal. Namun, ini semua memakan waktu beberapa hari. Rekomendasi mereka untuk menjaga diri diri adalah: 1. Minum banyak cairan yang panas (kopi, sup, teh, air hangat). Selain itu, menyeruput sedikit air hangat setiap 20 menit, supaya rongga mulut tetap lembab, dan ini juga mengusir semua virus yang telah masuk ke mulut hingga ke perut, di mana ia akan dinetralkan oleh asam di lambung, sehingga tidak bisa sampai ke paru-paru. 2. Berkumur dengan bahan antiseptic dalam air hangat, seperti cuka, garam atau lemon. Kalau bisa lakukanlah ini setiap hari. 3. Virus ini menempel di rambut dan pakaian. Bisa dibunuh oleh deterjen atau sabun, tetapi anda harus langsung mandi/shower setelah setiap pulang dari perjalanan. Jangan duduk dulu tetapi langsung pergi ke kamar mandi. Kalau tidak bisa mencuci pakaian setiap hari, digantung supaya kena sinar matahari, yang juga akan menetralkan virus. 4. Mencuci semua permukaan yang terbuat dari logam dengan baik, karena virus bisa bertahan hingga sembilan hari di situ. Berhati-hati sehingga tidak menyentuh rel pegangan tangan, gagang pintu, dst. Pastikan di rumah benda-benda itu tetap bersih, dibersihkan dan dilap secara teratur. 5. Jangan merokok. 6. Mencuci tangan setiap 20 menit dengan sabun yang berbusa. Lakukan ini selama 20 detik dan mencuci tangan secara menyeluruh. 7. Makan buah-buahan dan sayuran. Coba menaikkan jumlah zat besi, bukan hanya sekedar vitamin C. 8. Hewan tidak menyebarkan virus ini kepada manusia. Hanya ada transmisi antar manusia. 9. Menghindari terkena flu. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Menghindari makanan atau minuman dingin. 10. Apabila anda mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan, atau merasa tanda-tanda akan sakit tenggorokan, langsung dilawan dengan metode-metode diatas. Virus ini biasa masuk ke dalam sistem tubuh melalui mulut, dan bertahan di tenggorokan selama 3 atau 4 hari sebelum pindah ke paru-paru. Semoga berhasil, jaga diri kalian, dan silahkan bagikan informasi ini, katanya. Saya juga mendengar informasi yang mirip dari sumber-sumber lain, dan rupanya ini adalah nasihat yang kredibel yang bisa digunakan.. Ayoo pedulikan hal-hal tersebut buat kesehatan kita

  • Mari sama sama bwefikir posisitif untuk menjaga dan bertanggung jawab, memutus mata rantai penyebaran adalah tanggung jawab bersama....

  • Alhamdulillah sumsel tidak terdaftar

  • Dari duit juga bisa' karena di pegang dari 1 org ke bnyk org'' cepett kann...

  • Indonesia hebat ,cma pinter ,komertar z ,

  • Apa yg kita tanam maka itulah yg akan kita tuai...

  • Virus korona menyebar sangat cepat karena setiap orang ketemu terutama laki dan perempuan langsung sosor bibir nya cium an

  • Karena masarakat indonesia susah di atur sukanya ngumpul ngumpul sambil ngrumpi & menyepelekan virus corona seakan akan sudah tidak mempan lagi setelah kena virusnya baru percaya

  • ada perbedaan kalo kata pakar virus yg sudah bergelut selama 12 taun menyatakan virus tidak bisa melayang layang tp virus butuh media( baju misalkan) dan akan bisa bertahan lama jika medianya basah lembab.

  • Kata mentri...:corona tak mampu hidup di iklim tropis...corona tak lebih dari virus flu biasa ...

  • Orang kaya banyak duit banyak setok enak diam di rumah nah kita yang gali lubang tutup lubang emang ga kepikiran kesitu orang kaya hah kita cuma mahluk allah kta tkt sma allah

  • Ya susah kalau kita gak punya apa apa harus divrumah saja ,gak makan ya pasti kelaparan .hey orang kaya jangan ngomong se enaknya.

  • Klo boleh tau kaya apasi bentuk virus corona itu.aku baru denger nih maklum kurang impormasi .dan cara memusnahkannya gimana .

  • Faktor apakah wabah Corona begitu cepat menyebar di indonesia...?????? Para pejabat negeri telmi menanggapi karena Faktor informasi yg di tutupi... menjadi warga santuy auto zonk ....tanpa di sadari virus hinggap tak terkendali...!!!

  • Klo ug msh nheyel mending d suntik msti sj

  • Jgn cuma ngomong jaga jarak ,, harus punya solusi buat yg kerja harian

  • Jaga jarak gimn penunpang KRL aja padat

  • Korona akan hilang dgn sendirinya dluar sana sebentar lagi..jaga diri .

  • Ayo ikuti anjuran dari pemerintah..

  • Weleh2... 200 juta orang lebih penduduknya. Nyang kena berapa?!? Pesat?!?

  • Penyakit bukan dari siapa2 kalau di kasih sam allah mau marah. Jika tidak mau jangan lah kau jauh dari allah jangan kau lupakan yg menciptakan kamu jika takut lari lah kembali kepada allah.... InsyaAllah allah tidak memilih mu untuk wabah virus atau pun masalah atau mengambil nyawa kamu dngan keadaan yg tidak di terima di sisi nya. Ingat allah maha adil dan maha tidak tidur.... Pasrah aj sudah ad yg mengatur. Yg penting kita berusaha dan berdoa.... Dan takut lah pada allah

  • Knpa begitu cepat corona di Indonesia menyebar. Simpel saudara ku. Itu di karena kan islam sekarang di Indonesia nggak melupakan allah banyak takut sama virus bukan sma yg menciptakan kita. Bagaimana pun kita di rumah atau di luar virus tidak kelihatan. Sama seperti allah swt tidak terlihat tidak menampakkan... Maka kita takut kpd allah swt. Biar di lindungi sama allah swt Simpel aj kita di dalam Al quran jika kita terjauh dari masalah penyakit maka wudhu dan sholat lah itu sama saja sama mau olah raga atau yoga gerak an sholat.... Ini sekedar dari pengetahuan saya... Terima kasih

  • Pengisi acara cantik

  • Memangnya dr awal awal nggak baca berita pidato Bapak Presiden suruh tinggal d rumah?? Salah sendiri kelayapan. Jangan nyalah nyalahin pemerintah. Yang pinter sedikit dong jadi orang, baca berita situasi international, jangan bisa nya hanya nyalahin pemerintah. Bego banget sih jadi orang.

  • Kita berdoa semoga Allah mengampuni dosa kita Karna korona ad di mana mana

  • Hati hati .jgn sampai kita seperti Amerika mulanya mentertawakan China..akhirnya A S kelimpungan menghadapi covid 19.. am siong Ooi kena karma ....

  • Makanya punya tabungan itu perlu, kalo ada kejadian terdesak begini jadi bisa benar2 diam..

  • ya allah ya robb engkau yg maha segalanya.tolong angkat virus corona dari indonesia.

  • Makan gimana mau makan sehari hari, makan makan makan bos

  • Kita d suruh diam d rumah percuma kalau negara masih impor tka

  • Masalahnya dulu nggak ada alat tes corona virusnya jadi dianggap tidak ada yang terkena.

  • Tuhan sudah menunjukan jln..tnggl kita yang mnjlankanya..ber do.a boleh..tpi kita jga harus waspada...mencegah itu lebih baik daripada mengobati..

  • Harap2 indon bljr dari kesilapan2@kelemahan yg telah berlaku di italy.. agar indon dpt mengawal wabak dgn lebih berkesan.

  • Klo melayang diudara meskipun jaga jarak y tetap.. krn udara yg kita hirup..... Hrs ada pencegahan dr udara dong.... Itu yg utama....

  • Blh bertanya,,ada sebuah negara A,,sudah d lockdown,bahkan sblm Covid 19 heboh WNA pun sangat jrg pergi ke negara A,,jrg yg masuk bahkan jrg keluar dari negara A,,,tpi knp warga negara A masih ad yg positif covid-19?,, Intinya negara A ini sangat aman,,tpi masih ada yg terjangkit,, Apakah ada faktor lain yg membuat Covid ini ada ?contoh dari hewan,atau yg lainnya,,? Karna bnyk negara penyebarannya scra lokal,yg berarti warga tidak berinteraksi dgn warga negara asing,,bahkan warga negara asing jarang dtng ke negara tsb,bahkan tidak ada,, Tlg yg bisa jawab,,apakah penularan dari hewan juga bisa?atau bahkan penularan dari hewan lebih berbahaya?

  • Kelakuan kadrun manusia2 LAKNAT

  • ALLAHUAKBAR

  • Sedikit Katanya.... Padahal tingkat krmatiannya paling tinggi di wilayah asia tenggara. Malu dong sama vietnam

  • Mbaknya lagi flu suaranya,perlu di karantina mbaknya,,,,

  • Karena WNI di suruh di rumah...tp kran WNA china pada datang dari berbagai bandara tengah malamnya ...gak akan virus C-19 itu dr mrk yg datang tanpa terkendali...warga China di eropa dan asia sdh ditutup masuk..kran di Indonesia mlaah dibuka...ok selamat datang Qif-19 masuk indonesia dgn leluasa...

  • Kta abdo tomad kna tentara alloh jdi benar juga.

  • Tapi sayang seribu sayang yg sudah positif covid19 bos nya anak buahnya masih pada jualan...berarti ikut juga menyebarkan

  • Sebetulnya gak usah Bilang Indonesia bebas corona biar terlihat kesombonganya. Tapi virusnya klau sudah masuk di Indonesia terus bilang gimana bisakah virusnya dibungkus.

  • Which is true about this CORONA VIRUS disease whether from chemistry or from animals. If it is chemical then there must be a vaccine? And for animals it is impossible. My solution is to gather heads of countries whose countries are affected by this corona virus. And make an improvement to this condition to find the vaccine. And if only survive and treat those who do not understand about this pain, then eventually humans will die. Until when will this corona virus situation end?

  • Anggota demo berjilid jilid takut virus Corona Sakit loh sesak nafas. ditambah panas tinggi... Seperti dicekik ...wkwkkwk ..hayo yg demo , Monggo..pas noh Jakarta wabah corona

  • WNI LAKUKAN LAKDOWN.TAPI WNA PEKERJA DARI ASAL BERVIRUS DI TERIMA TERUUUS.??????.NKRI MENGALAMI MASALAH BAGAI BUAH SIMALAKAMA TERUUS MENERUUS,TAPI TIDAK PERNAH KAPOK KAPOK????.KITA MENJAUH DARI TUHAN???ATAU TUHAN MENJAUH DARI KITA???.DAN BAGAIMANA BISA PENDUSTA JADI PENGUASA???.

  • Mana dari kubuh sebelah kalau kampanye gotot2 Ega ada malunya tapi kalau ada masalah ngupet semua boro2 mikirin bangsa cari presiden yg cerdas jgn yg planga plogo susah bangsa ini

  • YA ALLAH .. !

  • Karena hanya di ind virus bisa di jual spt agema

  • Klo Indonesia tidak siap menghadapi corono....ukuran siap itu seperti apa ? Klo pemerintah Indonesia tidak becus mengatasi corona...ukuran becus mengatasi corona seperti apa ? Sudah lah jangan terlalu picik kita berfikir dan berharap dalam situasi bencana ini !!! Dalam menghadapi pandemi covid19 ini : - Semua berpotensi tertular ,untuk itu marilah kita menghindari - Semua berpotensi menjadi penular , untuk itu marilah kita tdk menularkan - Semua berpotensi menjadi PAHLAWAN COVID19, pahlawan untuk diri sendiri,untuk orang lain dan untuk kemanusiaan.Menjaga diri untuk tidak tertular,Tidak Ego untuk menularkan dan hargai mereka yg sudah berkorban untuk nilai kemanusiaan dengan tdk saling menyalahkan.Karena semua pantas mengabdi dan menjadi pahlawan untuk Kemanusiaan....!!!

  • China anjeng negara wabah

  • PINGIN HIDUP, PINGIN SELAMAT , MASIH SAYANG NYAWA, MASIH SAYANG KELUARGA YA WAJIB IKUTIN ARAHAN HIMBAUAN DAN PETUNJUK, INSTRUKSI PEMERINTA. Kita yang paling utama menumbuh kembangkan virus korona????????? Atau Kita sebagai pelaku utama yg utama memerangi virus corona???????? SEMUA TERGANTUNG KEPATUHAN KEDISIPLINAN DIRI PRIBADI PADA ARAHAN HIMBAUAN, PERMINTAAN PEMERINTA . KITA HARUS DAN WAJIB TAAT IKUTIN, JALANKAN CARA DAN PETUNJUK MEMERANGI MENCEGAH VIRUS CORONA SECARA DISIPLIN DAN KETAT MULAI DARI DIRI KITA LANJUT KELUARGA KITA DAN LINGKUNGAN KITA. SIAPA YG SETIA DAN TAAT MENGIKUTI ARAHAN ANJURAN, HIMBAUAN PEMERINTA MAKA DIA DAN KELUARGA LAH PEMENANG DAN JUARA BERTAHAN HIDUP. Yg bisa menyelamatkan nyawa kita sendiri adalah diri kita sendiri. Ok sadarlah sebelum terlbat. Bangkitlah sebelum virus corona menghampirimu Terjaga, waspadalah sebelum virus corona menjemputmu

  • MUSIM PANCA ROBA, MARET APRIL, AGUSTUS SEPTEMBER, OKTOBER UNTUK INDONESIA MAKA BATUK PILEK DEMAM SUDAH MENJADI LANGGANAN SAAT INI. DENGAN MUNCULNYA VIRUS CORONA MAKA SEMAKIN MEMPERMUDAH, MEMPERPARAH KAREN DITAMBAH DIKIT AJA LENDIR MENYUBAT PERNAPASAN DAN PARU PARU. PEMERINTAH DAN RELAWAN MAUPUN MASYARAKAT HARUS SERIUS DAN KOMITMEN BUTUH 2 MINGGU BERKORBAN PENJARSKAN DIRI KITA, KALAU EMANG MAU SERIUS MASING MASING INDIFIDU MEMERANGI SESUAI PETUNJUK ARAHAN DAN INSTRUKSI PEMERINTAH. UDAH DPT DIPASTIKAN PERKEMBANGAN FIRUS AKAN DGN SENDIRINYA MATI. TAPI KALAU KITA CUEK, BANDEL, NGGAK BISA DIATUR YAAAAHHHH UDAH PASTI VIRUA AKAN SEMAKIN TUMBUH SUBUR BERANAK CUCU. MARI KITA SERIUS MENGHADAPI DAN TAAT ARAHAN PEMERINTAH.

  • Besok 1000 orang Covid 19 positif.Akhir bln March bisa jadi 1900 orang positif virus corona.Di April keliparanya per hari:Selama sebulan:Semua bisa banyak yg kena Positif Covid'19.Kira" ada 20.000 orang positif virus covid19.Di bulan Mei bisa brtambah kelipatan.2000.000.Orang Yg ter papar positif covid 19 virus Corona.Bila tdk ada obatnya akan bertambah lg.

  • Selamat warga +26 yang sudah memilih dia

  • Tdk akan prnah berhasil cara social distancing mbak..satu2x cara ut/ mencegahx itu lockdown..klau tdk lockdown, indonesia nntix akan menangis

  • Kok sampai di kalimantan barat masa, Allah begitu cepat

  • Pemerintah lndonesia memandang remeh