Shihab & Shihab - Sains dan Teknologi dalam Islam: Lebih Dulu Nabi Adam atau Manusia Purba? (Part 1)

Dipublikasikan tanggal 21 Okt 2018
Teknologi erat kaitannya dengan Islam. Abi Quraish menyanggah jika ada yang menduga Islam tidak mendukung ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, ayat pertama yang diturunkan oleh Allah adalah Iqra yang berarti โ€œbacalah!โ€ Ini menandakan bahwa betapa Alquran mendorong kita untuk mencari ilmu pengetahuan.

Dalam video ini, salah satu netizen bertanya kepada Abi Quraish mengenai teori Darwin, yang menyatakan bahwa manusia purba sebagai makhluk pertama yang ada di muka bumi ini. Akan tetapi, dalam Islam disebut bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah. Kemudian Abi Quraish menjawabnya dengan menjelaskan asal mula penciptaan manusia dalam Alquran. Bagaimana penjelasan Abi selengkapnya?

Temukan di video berikut ya. (Narasi)]





TONTON video part lainnya Shihab & Shihab episode "Sains dan Teknologi dalam Islam" dilink berikut :
PART 2 : id-tv.org/tv/video-55RejZT4MHw.html
PART 3 : id-tv.org/tv/video-Lb6Dn4-WIsA.html





Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..

ada juga Narasi Channel: bit.ly/NARASICHANNEL

dan Nara-Z bit.ly/NARA-Z

Mari subscribe yuuk..

instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabo...

Komentar

  • Denger suara pak Quraish berasa kayak bulan ramadhan ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    • iya sekarang, Alhamdulillah..

    • Aslii, rasanya tiap romadon slalu putar video2 beliau

    • Nahwu so scool padang panjang speik arab malayu so braded kamus name. Muhammad ligion. Be yahudi name nabi davit. Be song scol braded kalkulator or nawu i kinds scool.to flower freid to i sya.ir clas me song be name freid firman jogja scol.

    • Bener baget kerasa bulan puasa sambil nunggu buka

    • Bener. Tenang menyejukkan

  • Lebih baik telat menonton daripada tidak menonton, karna konten ini penuh dengan ilmu/pengetahuan yg bisa kita ambil๐Ÿ˜Š thanks mba nana, semangat terus dalam membuat konten positif sperti ini๐Ÿ™ sehat selalu abi Quraish dan sekeluarga๐Ÿ˜Š

    • @Moh Soleh jika dari ilmu diluar agama, posisi binatang dinosaurus lenyap karna hujan meteor/bencana alam yg menyebabkan kepunahan masal.. untuk manusia purba juga kemungkinan bgtu. Wallahu'alam

    • Kemungkinan besar sebelum Nabi Adam diturunkan jadi termasuk juga di situ mungkin binatang dinosaurus saat saya karena nabi adam timbulkan ke bumi ini sudah ada bumi terbentuk jadi kemungkinan sudah ada map rumah bu jenis lainnya yang ada di bumi ini sebelum nabi adam masukkan logika sekali di sini termasuk dinosaurus binatang besar panjang menakutkan juga ya termasuk manusia purba kau yang dimaksud mungkin juga tidak menutup kemungkinan hal ini ada ya jadi yang manusia sekarang ini kemungkinan darinya dari nabi adam yang sempurna yang telah diturunkan ke bumi tersebut karena bumi ini sudah tercipta terlebih dahulu sebelum nabi adam diturunkan ke bumi dan begitu logikanya dan sekarang ke mana manusia-manusia purba tersebut apakah dimakan oleh binatang dinosaurus dan pertanyaan lagi ke mana binatang-binatang dinosaurus itu seharusnya kan berkembang biak dia di bumi apakah ada bencana besar pada waktu itu kemudian nabi adam diturunkan setelah bencana tersebut adalah ini perlu pemikiran yang yang apa yang bisa memacu ke hal tersebut semoga bisa details dalam menjelaskan sebuah sejarah yang ada

  • "jangan menolak (teori darwin) atas nama alquran, tapi menaloknya karena atas dasar ilmu pengetahuan" begitupun sebaliknya bila menerima. Keren ya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Jadi plesbek dulu waktu kecil pas lgi puasa, pasti nungguin mutiara hati pak Quraish shihab di sctv buat nulis di buku ramadhan๐Ÿ˜ญ

    • @Alim ruchban ๐Ÿ˜€

    • @deci natalinda Sekarang romadhon itu acaranya g nyambung.acaranya joged+lawakan g bermutu..g islami

    • Iyo betul

    • Kok sama yaaaaa... Ay jg gitu duku d zaman SD

    • Wah gak ngalamin pdhl lahir 80an saya, maklum gak punya radio + tipi

  • Wahai abi Quraish Shihab, terpujilah engkau dengan ilmu yang kau bagi kpd kami umat yg selalu haus akan nasihat dan tausiyahmu, ya Allah panjangkan umur beliau ini & lindungi selalu dalam keadaan apapun.

  • Orang tua dan anak sama-sama berkualitas. Masyaallah..๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

  • Luar biasa penafsiran dari KH Prof DR Quraish Shihab berkenaan dengan Sains dan Teknologi dalam Islam. Semoga beliau senantiasa mampu memberi pencerahan2 bagi ummat Islam.

  • Dahulu ketika saya menunggu waktu buka puasa saya selalu melihat beliau ditelevisi... sejuk dan menenangkan hati meski hanya sekitar 5 menit saja.

  • Sehat selalu Bpk Quraish ... Penjelasan Bp, sungguh luar Biasa...Sy bangga dgn org2 bijak. I'm catholik ๐Ÿ™๐Ÿ‘

  • i love ka najwa โค๏ธ sehat terus dan terus menyebar kan beritaโ€ yg mendidik anak bangsa

  • Saya hindu dan saya paling suka habib quraish dan juga alm udje penbahasan nya universal dan dapat di terima semua golongan dan tidak menimbulkan phobia seperti yang lain ๐Ÿ™๐Ÿผ

    • @Ahmad Jauhari sy mengomentari Komen Aulia nova puspita, cuma gk tau apakah sy lupa tag orgnya atau tdk, krn dia bilang di ats bhw beliau bkn habib, makanya sy sanggah bhw harus tabayyun dlu yah minimal video youtube beliau tepat sprti dikatakan di ats, dan dri awal memang sy percaya krn sanadnya jls diperlihatkan wkt pertemuan di kantor PBNU 2007 klo gk salah

    • @marwah Alesha coba cek aja informasi nya lg baik lewat buku biografi beliau ataupun melalui tulisan di google maupun pernyataan beliau di video nya yg ada di youtube

    • @Yusran A sudah ada pernyataan dari beliau sendiri.. Beliau memang keturunan habib tetapi beliau tidak mau dipanggil habib..coba aja simak di antara video dari pak quraish shihab

    • @Aulia Nova Puspita beliau memang keturunan habib.. Coba aja cari informasi biografi beliau.. Tks

    • Betul

  • Nicely said! Sains dan Agama adalah dua hal yg berbeda, jangan disangkut pautkan, yg satu ilmu eksak dan yg satunya adalah filsafat.

  • Alhamdulillah, akhirnya setelah bertahun-tahun pertanyaan ini selalu menjadi misteri bagi otakku, akhirnya terjawab ๐Ÿ˜ƒ

  • Dzurriyat Nabi yang rendah hati. Saya pengagum Prof Quraisy Shihab sejak dulu hingga sekarang. Semoga Allah swt memanjangkan usianya. Menyehatkan tubuhnya. Aamiin YRA

  • Ustad yang bijak. Cara bicara nya santai. Tidak teriak teriak , berbicara sesuai data, tidak menambahkan atau mengurangi, apalagi memprovokasi.Ini contoh ustad teladan.

  • Ceramah tanpa harus teriak... tanpa harus membahas politik... tanpa harus membawa kekerasan dan adu kekuatan ( perang, bela, maju paling depan ). Adem yaa dengernya

    • semua adalah pasukan Allah.. memang harus berimbang.. ada yg keras, ada yg lembut.. sama halnya jika saat perang jaman dulu, tidak semua harus lembut bawa logistik dan pegang panah, kadang ada yg harus pegang tombak, naik kuda pegang pedang dll.. semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah.. yg ptg Islam jgn sampai terpecah belah..

    • Ingat, ada ulama amar ma'ruf dan ulama nahi mungkar. Semua kita bisa melakukan Amar ma'ruf (mengajak kpd kebaikan), tetapi tdk semua bisa Nahi Mungkar (mencegah kemungkaran). Salah satu ulama yg istikomah melakukan Nahi Mungkar adalah Habib Rizieq Syihab!!!

    • @Yogi Andika Pratama ada loh yg udh pake mic tetep teriak. Gimana tuhh

    • @Erangel merasa tersenggol dia

  • Alhamdulillah,senang mendengar dan belajar ilmu yang sangat luar biasa, terimakasih Abi dan mba Nana...

  • Masa Alloh semoga ilmu yang engkau berikan barokah untuk umat Islam Aamiin

  • Sehat selalu Abi, spy ilmunya bisa terus dibagiโ€ฆaamiin

  • Saya dari dulu kepikiran tentang bagaimana terciptanya makhluk hidup dan muncul pertanyaan "Siapakah yang terlebih dahulu lahir di dunia ini, apakah Nabi Adam atau manusia purba? Sekarang Saya sudah menemukan jawabannya disini. Terima kasih telah memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

  • Gue non muslim tp respect bgt ma Pak Quraish,tokoh agama islam yg hebat,yg slalu sejuk dan damai

    • Salam bhinneka tunggal Ika ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

    • @Rizki nurhadi sejuk dan damai, saking sejuknya, nyampe ada orang yg berani buat panas dengan onar seperti anda.

  • Logis bngt penjelasannya ustadz. ๐Ÿ˜ Ulama begini yang patut diacuni jempol, bijak sekali.๐Ÿคฉ Dan mba najwa wanita cerdas , sama sprti ayahnya. Semoga semua sehat semua. Aamiin ๐Ÿคฒ

  • Dzurriyat Nabi yg sangat rendah hati, beliau salah ulama idola sy..... Semoga sehat selalu dan panjang umur Prof Dr Quraish Sihab

  • Baru nyampe sini nontonnya, masya Allah luar biasa pemahaman abi ๐Ÿ™ terima kasih sudah menjelaskan

  • Mendengarkan suara beliau rasanya adem banget, teduh, menenangkan. Tak kebayang bagaimana rasanya bila mendengarkan suara apalagi mengaji langsung dengan datuk beliau, Rasulullah Muhammad SAW. ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ

  • Ya Allah panjangkanlah usia bagi Mbah Kyai Mustofa Bisri, Buya Syafi'i Ma'arif, Buya Husein Muhammad dan Sayyidiil Habรฌb Quraish Shihab, krn negeri ini masih membutuhkan bapak bangsa seperti beliau2 semua utk menjadi suri tauladan, Amien 3x YRA.

    • Aamiin yra...

    • Aamiin Allahuma aamiin

    • Aamiin

    • Trus.. yg lainnya yg gak disebut diapain umurnya..? dipendekin..?๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • Dari keterangan pak ustad ini bahwa manusia secara teori pemikiran manusia adanya proses tapi yakin anak kita bahwa manusia terbentuk normal seperti saat ini yang ada ketika diturunkan nabi Adam jadi peran Nabi Adam sebelum Nabi Adam diturunkan di bumi tentu bumi sudah terbentuk dan kemungkinan juga di situ sudah ada makhluk jenis lainnya apakah yang saat ini digembar-gemborkan Sejarah adalah manusia purba termasuk juga binatang dinosaurus hal ini tidak menutup kemungkinan memang ada sebelum Nabi Adam karena dilihat dari tulang Dinosaurus binatang besar itu betul-betul ditemukan di situ manusia sama sekali belum pernah lihat bahwa itu adalah dinosaurus waktu hidupnya Apakah dinosaurus ini hidup sebelum manusia ada hal ini mungkin juga ya kira begitu

  • Terima kasih sudah menyebarkan ilmu yg bermanfaat dengan gratis dan mudah difahami....โค๏ธโค๏ธโค๏ธโค๏ธโค๏ธโค๏ธ๐Ÿ‘

  • One of the best tafsir Alquran in the word....Sehat selalu abi

  • Alhamdulillah walaupun terlambat bisa menyimak. Teringat buku membumikan Al Qur'an yang saya baca pada tahun 1996.. terimakasih atas segala penjelasannya. Baarakallahu fiikum

  • Masya Allah... Subhanallah...

  • kyai Quraish ini logikanya sangat jeli & cermat, hal itu berkat luasnya bacaan beliau sehingga beliau memperoleh dasar pemikiran yang luas, subhanallah๐Ÿ˜Š

  • Smgo beliau Sehat sllu, memberikan pencerahan kami2 para generasi muda. Jazakumullohukhoir..

  • MasyaAllah sangat mengedukasi. Sehat selalu pak Qurais Shihab berkah umur bapak dunia dan akhirat

  • Saya pengagum Quraish Shihab. Semoga senantiasa dalam lindungan Allah dan di beri kesehatan

  • Ulama menyejukkan, penyampaian sederhana, tidak ngotot dan tidak terobsesi dengan kebenaran = Ciri ilmu tingkat tinggi. Sehat selalu, abi.

  • Alhamdulillah kak nazwa saya paling suka sama beliau karena beliau itu pengetahuan agama sangat luas..sehat terus buat Abi shihab..semoga Abi selalu dalam lindungan Allah SWT..amiin

  • "jadikan manusia itu manusia jangan jadikan manusia itu binatang" kutipan yg bagus untuk situasi saat ini. ๐Ÿ˜‡

  • Suaranya abi quraishihab tidak terlepas dari nostalgia wakfu bulan puasa atau ramadhan. Di kajian TV2

  • Ahli tafsir terbaik yang dimiliki negri ini

  • Ya allah panjang kan lah umur beliau.. Pembahasan duaniawi dan akhirat yg sgt masuk akal tanpa menyudutkan siapa pun Terima kasih bapa, smoga selalu diberikan keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT Allohuma Aamiin

  • terima kasih atas pengetahuan yg di berikan pak quraish shihab...semoga ALLAH membalas kebaikan pak Quraish shihab...Amin

  • ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ SUBHANALLAH....MASYA ALLAH๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™

  • ู…ุง ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ู…ูุณุฑูŠู†ุง. Masyaallah, ya Allah, berkahilah para mufassir kami.

  • sebaiknya disampaikan makna dan tujuan kehidupan yg diciptakan oleh yg maha kuasa.... sampaikanlah kpd umat ttg keagungan , kemuliaan sang maha pencipta...๐Ÿ™โค๏ธ

  • Ini sebagai tambahan bacaan, hasil diskusi saya juga dengan kenalan seorang Ahli Paleontologi (cabang ilmu Geologi mengenai fosil purba) salah satu kampus negri. Beliau mencoba memberi pandangannya tentang manusia purba dan manusia modern. Menurut beliau, jangan jangan ada perbedaan sudut pandang antara manusia dalam definisi Al-Quran dan manusia dalam definisi Biologi. Karena beliau sudah pernah mengeksplorasi sendiri mengenai fosil fosil hewan hingga manusia purba Menurut beliau, bisa jadi menurut Al-Quran bahwa manusia itu adalah makhluk seperti kita yang sudah diberi akal dan pikiran. Karena menurut salah satu hadits, ada 3 kondisi dimana manusia itu tidak dihitung dosanya yaitu saat tertidur, saat tidak sengaja, dan saat hilang akalnya / gila. Kita tahu bahwa satu satunya makhluk hidup yang diberi akal ya hanya manusia. Sedangkan hewan hanya diberi pikiran dan insting. Di satu sisi, dalam definisi Biologi, ciri utama makhluk hidup didasarkan oleh kemampuan berkembang biak, butuh makan minum/nutrisi, dan bernafas. Sehingga bahkan orang gilapun tetap dianggap sebagai manusia Akhir katanya, bisa jadi dengan perbedaan definisi antara Alquran dan biologi. Manusia purba itu sejatinya adalah makhluk yang menyerupai bahkan mirip seperti manusia sekarang ini, namun akalnya belum disempurnakan oleh Allah. Wallahualam

    • @Yoyo Flightman se7๐Ÿ˜ญ

    • @Bukhari se7

    • @Kostra Noss kli ini nemu komen yg sepemikiran๐Ÿ‘

    • @Rorry rachim saya gk menolak duluan makluk purba, atau manusia purba secara teori, Tapi manusia purba, belum tentu manusia ber ahlak akal

  • Ada yang saya petik dari penjelasan Video ini yg sangat baik Bpk menjelaskan. Semoga Allah selalu membukakan akal fikiran kita pada yg lebih baik dan bijak dlm segala hal. Insyaallah,, Amin....

  • Maa syaa allah abah selalu menjawwb pertanyaan dengan akurat dan mudah diterimah oleh akal โ˜บ

  • Keren...Sehat Selalu buat Beliau berdua.

  • smoga abi shihab dan najwa shibab sehat slalu & dalam lindungan allahh,aminnn

  • "Terimalah dan tolaklah atas nama sains". Adem banget ulama yg satu ini dalam memposisikan alquran. Saya mendoakan bapak sehat selalu dan semakin banyak ulama sperti bapak di negeri ini. Tuhan memberkati !

  • Semoga Allah senantiasa memberikan Kesehatan dan Rahmat-Nya kepada ayahanda ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

  • Semoga Bapak QuraishShihab PanjangUmur, Sehat & Dalam Lindungan ALLAAH. Aamiin yaa ALLAAH.

  • Suara Abi suara khas Ramadhan.adem,tenang,lembut.I Love You Abi,semoga selalu di beri kesehatan,selalu di jauhkan dari keburukan maupun hal yang dapat menggugurkan Amal Ibadah Abi.Semoga Abi termasuk orang yang mendapat rakhmat Allah dan Safa'at Rusulallah SAW.Amin.

  • Adem dan menambah ilmu klo dengerin shihab yg disini ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜

  • Semoga abi quraisy shihab.. Senantisa.. Diberi.. Kesehatan..dan kebwrkahan Umur panjang. Karena indonesia masih membutuhkan ahli-ahli tafsir seperti beliau. Semoga.. Kelak.tumbuh generasi generasi.. Yang seperti beliau..๐Ÿ™

    • @Miftakh yo kang... Suwun...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • Karepmu

    • @Abdul Hadidin karepmu... Durung mesthi.. Karepe.. Gusti pangeran... Tawakal wae.. Gak usah maksaa..

    • @Miftakh lek gak ngaji seng temenan.. Lek gak mondok manut mbah kyai.. Jo gampang...gampang menyalahkan orang lain ojo Ngeroso bener dewe.. Opo untunge. Sampean.. Menghina.. Dan menjudge orang lain mas... Gak ada untungnya buat pean.. Ujung2nya.. Pean mati diquburan ditanyai malaikat.. Kenapa pean suka menghina orang lain? Hablum minannas kudu selalu dijaga..?pikiren.. Teko semono.... Yoooo... Wes. Ngunu thok...

    • @melan G eh... Jo gampang nyinyir mbak...rene tak ajak ngopi.. Tak kei kitab opo seng kok jaluk? Tafsir jalalain? Tafsir ayatul ahkam. Bughyiyah. Bujairomi opo opo??.. Ngaji bareng aku kene.. Tak ajak ngaji hikam ke lirboyo bareng aku.. Setiap kamis legi... Gen iso jogo lisan. Pikiran karo hati... Ayokk... Gelem ra.... Biar.. Ndak. Bisananya.. Nyinyir.karo benci. Waee.... Piye.. Wani raaaa????makane.. Ngajio.. Ngajio.... Mbakkj

  • Senang dan sukacita melihat ayah (Quraish Shihab) dan borunya (Nazwa Shihab) , ayah yg memanjakan dan boru yg Manja ke ayahnya.... Tetap sehat dan Sejahtera... ๐Ÿ™๐Ÿ‘

  • contoh keren, 2 manusia beragama secara modern tapi kalem & gak jualan pesona beragama, lembut & cerdas๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Bangga Bangsa Indonesia Memilikimu Ustad. Sesungguhnya engkau cerminan Islam yang sebenarnya. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Di sini kita d ajarkan cara berpikir yang luas..tapi tidak bias. Bukan yang mengerucut..tapi menyesatkan. Alhamdulillah..terima kasih untuk pencerahanya Abi Quraisy & Mba Nana.

  • Waktu SMA sy pernah menanyakan perihal manusia purba dgn nabi adam kepada guru agama isla dn sejarah, dan tidak ada jawaban atas itu. Dn sy masih terus penasaran dn bertanya " hingga sekarang. Tp setelah mendengar penjelasan dr abi alhamdulillah terjawab sudah pertanyaan" tsb selama berpuluh tahun ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

  • Semoga sehat selalu Abi dan keluarga...

  • Alhamdulillah ilmu yg manfaat

  • jika di dunia ada beragam bahasa, dari yang sederhana hingga yang paling kompleks... bagaimana cara nabi adam dan hawa berkomunikasi dan apa bahasanya?

  • Lihat konten ini saya teringat alm kakek saya, dulu setiap saat saya bertanya sama beliau tentang cerita2 nabi dan cerita nabi adam, dan penjelasan alm kakek saya hampir sama persis. Lihat abi jadi ingat alm kakek saya. Semoga abi tetap di berikan kesehatan dan semoga alm kakek saya di beri tempat yg indah di surga. Amin

    • Iya bener bgt aku juga ada kakek yg kayak gini juga udh alm jadi kangen... aminn

    • amin

    • Angga Malkian amin..๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

    • Aamiin Ya Allah

  • Alhamdulillah. Benarยฒ Habib pecinta al qur'an dan pecinta damai.

  • subhanallah...semoga selalu sehat wal afiat untuk Bp.Alwi sihab...

  • Bikin ngiri ampek tuwir akrab selalu. Mesrah bgt, romantis. Seringkali anak dan org tua klo dah gede dah kek lupa. ๐Ÿ˜ข

  • masyaAllah.. semoga Abi Quraish shihab dan mbak najwa sehat selalu aamiin

  • Sampai sekarang, dari video2 ustad di yutub baru penyampaian beliau lah yg paling bijak soal teori Darwin. Memosisikan teori Darwin dan nash keagamaan dg bijaksana. Terimakasih pencerahannya. Barakallah.

    • @brb. gonefishing are u ok?๐Ÿ˜‚ kan bapaknya bilang tolak/terima โ€œhanyaโ€ dengan โ€œilmu pengetahuanโ€ bukan karena al-qurโ€™an lagipula bapak quraishnya jg blg kok kalo apa yang dikatain darwin itukan sebatas penelitian, terus masalahnya dimana ?๐Ÿ™‚

    • Hmmm msa shi...????

    • @Cat Lola lihat pak agus mustofa lebih saintis menjelaskan nabi adam

    • @Bigas Faithul dari surga..๐Ÿคช๐Ÿ˜

    • @brb. gonefishing khawarij itu datangnya selalu dr golongan berpaham keras dan kolot, yg sukanya amalan instan semisal jihad, selalu merendahkan dan menyalahkan yg lain sementara dia sendiri merasa sudah paling pintar dan benar amalannya.

  • Kesantunan seorang ayah membentuk karakter anak ๐Ÿ™

  • Indah benar hubungan anak bapak seperti ini. โค๏ธโค๏ธโค๏ธ

  • Ustaz favourite saya.Semoga Allah beri kesehatan.Saya suka beliau,ilmunya tinggi,cara penyampaiannya lemah lembut tanpa tendensius. Nggak spt ustaz yg lain.Ilmunya tdk seberapa tapi merasa paling benar

  • Masyaallah , sehat selalu pak quraish . Sangat jelas penjelasan bapak . Chanel yang sangat bermanfaat . Nambah ilmu . ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

  • Suka banget sama video ini!! sebagai mahasiswa institut teknik&sains, pembahasan seperti ini sangat perlu buat aku pribadi, apalagi aku hidup ditengah lingkungan kampus yang beberapa dari teman temanku yang sangat pintar memilih untuk menjadi seorang atheis karena dibutakan oleh perkembangan iptek. Terimakasih kakak Nana selalu mencerahkan dan menginspirasi ๐Ÿ˜Š

    • @chrizalis mungkin karena mereka lebih percaya dengan sejarah, sains daripada agama soalnya agama bnyk yg bertentangan dengan sains, sejarah yg kita pelajari di sekolah sekarang Contoh kyak manusia purba dan nabi Adam dll

    • ITB yak?

    • @Abdul Hadidin What happened to this guy's mindset. Lol

    • Atheis atau agnostic? Kebanyakan di indo agnostic karena pengaruh lingkungan dan teman

    • Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak tau atheist itu apa? And akhirnya hanya bisa nge judge, yg tau dari masyarakat atheist hanyalah seseorang yg tidak percaya Tuhan. Udah itu aja...

  • beliau mampu menjelaskan sesuatu dengan sangat rinci dan logis, tapi juga memenuhi azas kesantunan & kesopanan yang sangat mumpuni๐Ÿ‘, ulama-ulama yang layak jadi panutan biasanya seperti itu, lemah lembut dan penuh kasih serta murah senyum๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

  • Perlu didokumentasikan nih semua ilmu abi...biar anak cucu kita bisa mendengarkan nasehat" nya

  • MasyaAllah. Jelas sekali penjelasannya...

  • MashaAllah pnjng umur Abi & kluarga..

  • Harusnya iklan nya Marjan Biar berasa bulan puasa Soalnya ngedengerin suara Abi Quraish itu berasa bulan puasa

  • Ini juga pertanyaan saya pas smp ke guru sejarah. Tapi beliau menjawab ada ranah ilmu pengetahuan dan agama yg tdk bisa disatukan. Yaaa tentu sj sy kurang puas, tapi sy maklumi. Akhirnya sy nemu jawaban disini stlh umur sy 25 tahun. Karena jawabannya masuk akal secara pandangan agama dan sesuai dengan pengatahuan temuan manusia purba sprti tulang, tengkorak, dll. Pokonya terima kasih Bpk Quraish Shihab, Mbak Najwa dan tim

  • Sehat selalu buat Abi dan keluarga.. ๐Ÿ™

  • Adem denger suara beliau ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Saya menunggu Real Terjemahan ayat2nya secara Real๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Secerdas cerdasnya mbak nana , dia tetaplah anak yg terlihat begitu manja ketika berhadapan dan berbicara dg sang ayah๐Ÿ˜

    • @Abdul Bari kan udah saya bilang "Abi".... Abi artinya ayah.... Bambang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • @WEWENG BEWOK krn dia bapaknya bambang ๐Ÿ˜†

    • Abi Shihab gak kalah cerdasnya dengan mbak Nana. Sama2 berkualitasnya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Tanggapan serius: Mbak Najwa Shihab termasuk anak yang berbakat kepada orang tua. Tanggapan luwes: Ouwh so sweet :)

    • Kompak kompakan antara Abah& putrinya

  • Dari sini jelas sekali darimana kecerdasan Mbak Nana berasal... Sehat-sehat selalu Abi Quraish Shihab. ๐Ÿ™

  • "...adakah di Al-Qur'an apakah ada yang bisa diartikan/membahas tekhnologi...." Ada, dalam surat 67 (al-Muluk) ayat 2-4. Itulah ayat yang dibacakan prof Abdussalam pada waktu menerima hadiah Nobel perdamaian bidang fisika. Ayat itu dibacakan pertama kali sebelum prof Abdussalam menyampaikan pidatonya.

  • Kangen Ramadhan mendengar Suara Adem menjelang berbuka dan Taraweh

  • Jarang2 liat mbak nana jinak kaya gini, biasanya ganas bgt nanyain narasumber wkwk. Emang beda kalau sudah sama bapak sendiri wkwk

    • Ya adabnya dimana bapaknya sndiri ttp ganas wmwkww

    • Wkwkkw

    • @Syhlostidea ya kayaknya betul sekali mungkin sejarawan mengatakan itu Cuma istilah saja dengan perbedaan manusia zaman dulu dengan sekarang itu berbeda itu yang bisa membedakan bahwa hanya manusia tetap Manusia cuma sejarawan ini macam cuma manusia pada zaman 1000000 tahun yang lalu tahun yang lalu namanya ini mungkin begitu ya bagi manusia yang hidup di 3000000 tahun yang lalu namanya si Ayah kita bisa memahami disitu mungkin cuma istilah saja tapi pada dasarnya adalah manusia kira-kira ketik itu cuma istilahnya saja yang itu pinjaman ini namanya ini yang manusia itu nyanyi jaman ini namanya si asep dan sisi jadi mungkin sekedar istilah saja itu menurut hemat saya

    • Ini kok ada kuis berhadiah tapi di di tempat yang sebenarnya di facebook aneh lagi promosi begitu ya nggak semoga teman facebook bisa hadir kalau ada waktu aku juga adek lu

    • That โ€˜jinakโ€™ wkwkwkwkwkwk๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tapi benerr. Adem bgt sih emang liat mbak nana sama papahnya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญโค๏ธ

  • Ya Allah.. Saya guru sejarah.. Dan ini bener2 masuk akal penjelasannya manusia purba sama Nabi Adam... Terima kasih mba nana Terima kasih abi quraish Shihab.. Semoga selalu diridhoi dan diberikan kesehatan keluarga quraish Shihab... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • Terimakasih penjelasan nya Sangat menambah ilmu pengetahuan saya yg seorang mualaf Mendengar penjelasan bapak quraish shihab atas pertanyaan2 yg diberikan mbak nana Saya semakin yakin dan percaya bahwa islam benar2 agama tuntunan dan pedoman hidup yg terbaik bagi saya Alhamdulillah semoga kita semua di berikan petunjuk oleh Allah dalam setiap persimpangan jalan kehidupan

  • Pertanyaan ini yg saya tanyakan kepada guru agama dan guru sejarah sejak di bangku SD, namun tidak pernah terjawab. Akhirnya terjawab sudah oleh Aby dg jawaban yang logis tanpa meninggikan atau menjatuhkan salah satu antara science dan religion. Terima kasih Aby, sehat selalu.

  • Masyaallah...

  • Penuh dengan logically thinking jika dengarkan pak Quraish Shihab ... ๐Ÿ™

  • Suaranya pak Quraish Shihab adem banget masya Allah

  • Subhanalloh,,ayah&anak yg harmonis,,kedua nya intelek dan pinter,,saya rindu beliau,,bapak kyai Quraisy shihab,,yg biasa nya saya lihat di tv saat menunggu Azhan maghrib di bulan ramadhan,semoga beliau selalu sehat dan panjang umur..

  • Semoga Keluarga nya Mba Nana slalu sehat wal"afiat ๐Ÿ˜€

  • Inilah salah satu Ulama panutan...๐Ÿ‘

  • Sejuk banget denger kata "Nana & Abi". Ayah & anak yg sejati mendidik dunia akhirat๐Ÿ™‚

  • Sy gk pernah ketinggalan melihat bp prof.saat ramadhan..bahasanya enak didengar,adem dihati.bijaksana,berilmu

  • Aku suka keakrabannya โค๏ธ