Soal Tendang Sesajen, Ini Kata Abi Quraish Shihab | Shihab & Shihab

Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
Video sesajen yang ditendang dan dibuang oleh seseorang di kawasan Gunung Semeru, masih terus menjadi perbincangan hangat para netizen. Sebagai seorang muslim, apakah tindakan itu dibenarkan? Bisakah aksi pria tersebut disamakan dengan kisah Nabi Ibrahim saat menghancurkan berhala-berhala milik Raja Namrud?

Begini kata Abi Quraish Shihab dalam merespon perbuatan tersebut.

Simak penjelasan lengkapnya di Shihab & Shihab episode "Penghormatan bukan berarti Persetujuan".



(Narasi)

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

Tonton konten lainnya juga di ID-tv Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeID-tvNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom

Jangan lupa subscribe yaa..

Follow:
instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabo...

Komentar

  • Bagus sekali penjelasannya... Ternyata Tuhan juga membolehkan dalam bertoleransi agar tetap menghargai kebebasan dalam berkeyakinan. semoga panjang umur dan tetap berkah untuk Quraish Syihab dan keluarga...

    • @amir chaesar kenapa harus melawan orang yang tidak tau arah,

    • Nice' respon!

    • @amir chaesar Islam bukan hanya di bela dengan koar koar, tapi dengan hati dan menyebarkanya dengan memberi contoh kebaikan Islam, bukan malah menunjukkan sikap sperti Preman, ya orang malah pada takut dengan Islam.

    • @amir chaesar Klw ada islam radikal dsni. Mka orang2 sprti tu perlu d basmi.

    • @JOE Syah Saya Ahlusunnah wal Jamaah.

  • Saya seorang muslim tentunya sangat terharu dan semakin yakin dgn islam...mudah"an abi sehat" selalu..

  • MasyaAllah... Inilah ajaran Islam yg sesungguhnya. A... Saling toleransi beragama.. Sehat selalu buat abi, panjang umur, amin

  • Ini yg namanya Islam Sejati, beliau telah menjelaskan yg sebenarnya dalam ajaran Agama Islam sesuai dalam isi Al Qur'an...semoga Beliau / Abi Qurays Shihab selalu dalam Lindungan Alloh SWT, ...

    • @Putra Minangkabau tadi sdh dijelasksn olh abi qurais madih kurang paham, atau paham nya yg gagal

    • Liat hati bung jangan liat luarnya...bego amat lhuuu

    • Org nendang sesajen itu sudah sesuai dalam alquran. Contohnya nabi ibrahim hancurkan berhala

    • @bucin pekok anda salah satu orang yang menuhankan islam. bukan islam dijadikan agama, ageman atau tuntunan untuk mendapatkan karunia dan ridho dari tuhan (allah swt). al-qur'an bertuliskan arab penilaian anda eksklusif hanya diperuntukkan untuk bangsa arab? karena itu menurut anda tradisi hijab/burqa/cadar yg notabene berasal dari arab itu lebih mulia dari yg lain? hijab itu hidayah mas, tapi menutup aurat itu wajib. titik

  • Sy Kristen, tp udah dr dlu Sy ngefans beliau krna ilmu dan wawasannya yg luas 🙏🙏🙏🙏

  • Saya orang hindu,ini penjelasan yang dijelaskan sama orang pinter wawasan luas,sehat selalu abi🙏🙏

    • @Dnd dnd bukan om biasanya orang itu Waya ,putu.kadek dsb..Hidayah itu biasanya Muslimah/icewek islam😄😄

    • @Andi sultan alauddin toleransi aja vrohhhhh...semoga km yg dpt hidayah utk tdk nyinyir dr agama lain.....

    • @anwar samsi Jelas.. Tergantung orang tuanya, sebab masa aqil baliqh, dijalani bersama dengan orang tuanya... DENGAN HARAPAN SETELAH AQIL BALIQH, GUNAKAN MODAL DASAR DARI ORANG TUA UNTUK MEMILIH HIDUP TETAP BERAGAMA/BERISLAM/BERAJARAN TUHAN apa Murtad Gak beragama lagi, gak berIslam lagi, gak berAjaran Tuhan lagi...

    • @anwar samsi Makanya saling mengenal walau beragam suku, ras, bahasa, bangsa, warna kulit, dll. PERBEDAAN

    • @Bali Ketut jangn samakan Agama dgn nusantara karan Agama ya agama begitu juga sebaliknya nusantar tetp nusqntara tapi kalu mau gbungkan Agama yg ada di nusantara ini itu sah"saja asal jangan islam nusantara.

  • Bnr2 luar biasa penjelasan beliau.. Sbg seorg mualaf saya sgt bangga mendengar nya

  • Saya orang katolik sangat respect, salut sama habib. Kata katanya tenang tapi mendalam. Semoga semakin banyak orang orang yg sepemikiran sama habib. Sehat sllu bib.

  • memang beliau ini salah satu pemuka agama terbesar Indonesia di zaman ini, pengetahuannya luar biasa.. pemahamannya sangat mudah dicerna.. dan sama sekali ga menumbulkan kontroversi.. karena pemahamannya itu sangat berdasar.. beliau menjelaskan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad di konteks modern dengan sangat mudahnya...

  • "Menghormati bukan berarti setuju" Hati rasanya jadi adem, sehat selalu abi dan keluarga Shihab ☺

    • @bucin pekok Silakan basa ayat ttg kain kudung dan jilbab dlm Al Qur'an. Apakah anda menemukan penekanan/kewajiban di ayat tsb? Allah berkata: "yg demikian lbh baik bagi mereka agar mereka lbh mudah dikenal", di ayat lain "agar mereka tdk diganggu" pd kondisi masa itu (lihat sebab turunnya ayat tsb). Ada 2 pokok yg bisa kita dapat dr ayat tsb: 1. Ada konteks masa itu (sebab turun ayat). 2. Memakai jilbab dianjurkan sekali oleh Allah tp tdk pd level wajib. Senada dgn ayat ttg Allah memerintahkan jika kita melakukan utang piutang, kata Allah: "tulislah...", bahkan hadirkan saksi. Berarti kalau setiap perintah/anjuran Allah bersifat wajib, maka anda berdosa jika minjam uang saudara utk beli minyak motor tp tdk dicatat dan ga ada saksi. Apa anda setiap melakukan hutang piutang sekecil apapun selalu dicatat? Terakhir, salah satu tugas para rasul adalah tablig yaitu "menyampaikan", bukan "mencela" ataupun "memaksa".

    • @bucin pekok 🙄🙄🙄 apa itu urusan lu? Just mind ur own business

  • Saya Non Muslim .. mendengar penjelasan dari Prof Quraish Shihab, saya melihat Islam itu damai .. rindu di masa dulu dimana kita beragama saling memghormati .. Sehat terus ya Prof Quraish Shihab 🙏😇

    • @bucin pekok anda siapa bisa mengukur keimAnan seseorang, salafi dan wahabi mmg tdk cocok berdampingan dg ummat lain

    • @Rapsodi - JKT48 👍👍👍

    • @Martabe 82 👍👍👍

  • Jazakumullah Khoiron Katsiron,🙏. Sejuk sekali penjelasannya, semoga Negeri ini kembali Harmonis dan Damai antar umat beragama & beragam kebudayaan. Aamiin Ya Rabb

  • Subhanallah ...Gemeter dan berlinang air mata ku .mendengar semuaa yang dijelaskan habib quraish shihab.. 😭

  • (MENGHORMATI) itu kalimat yg harus kita pakai dlm hidup yg bertoleransi. Krn menghormati bukan berarti kita menyetujuhi. Luarrr biasaaaa

  • Masya Allah, penjelasan yang sangat mudah dipahami dan penuh makna

  • Ulama besar yang selalu menebarkan kebaikan, kesejukan dan kedamaian.

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhgg

  • Jadi inget jaman2 puasa kalau nunggu buka lebih milih denger Qultumnya Abi Quraish Shihab.. Panjang umur & sehat selalu buat abi & keluarga🙏🏻

  • Adem, lugas, tuntas. Terimakasih atas wawasannya bapak Shihab. Semoga kita sebagai umat beragama bisa saling menghormati antara satu sama lain.

    • Moga saja tradisi ritual yg dipantai kemarin itu juga dibahas sama abi

  • Subhanallah.. rindu dg beliau² yang punya wawasan/ilmu sperti ini 🙏🥰

  • Profesor memang cendikiawan sejati...semakin tinggi ilmu, semakin bijak

  • Ini baru opini Agama. Saya selalu terharu mendengar respon Islam dari dawuh Habib Quraish. Saya makin mencintai agama Islam, dari sudut pandang beliau. Dari beliau, saya memahami Islam jauh lebih memberi rahmat, welas asih dan toleransi yang mendalam sekali, 💖💖💖💖💖

    • Narapida bisa maen tik tok dalam penjara Lembaga pemasyarakatan /Penjara id-tv.org/tv/video-4KZvjgR8l-k.html

    • Toleransi itu penting ya pak

    • Kok ustad² online yg dikit² suka mengkafirkan org lain ngga malu ya sama abi

    • @Jarwo Doso dan diatas mas nya jg tanya apakah ini fair? Y kita liat saja d masyarakat kn ad pro kontra tntg ini, bahkan org islam sendiri pun banyak trnyta yg berpandangan bhw tindakan pelaku nya salah, termasuk bapak dan ibu dlm konten channel youtube ini. Brrti intinya secara proses, ini kn sudah fair atau adil. Hukum kn jg fungsinya sbg payung atau jembatan untk mngatasi perbedaan pandangan itu. Dan selain itu pelakunya sndiri pun saat ditangkap jg minta maaf. Yg mana itu artinya dia mengakui dirinya salah, baik itu salah krn menendang sesajen atau salah krn telah membuat org tersinggung krn tindakannya. Intinya kn bukti video ada, subjek nya ada, objek nya ada, yg tersinggung ada, yg melaporkan ada, diproses polisi, dan subjeknya mengaku salah. So, it's clearly fair.

  • Sehat" ya Abi, saya pusing liat orang" yg ngaku" paham Islam tp tidak seteduh Abi, panjang umur ya Abi.

  • Sungguh mulia dan ilmu yg mumpuni.. ini baru habaib yg menyejukan damai.. paham dan ilmu tingkat tinggi..

  • Jarang sekali mendengar seorang Priyayi menyuarakan ilmu nya… Sehat selalu Abi 🙏🙏

  • "Sebesar apapun dosa seseorang, tidak ada yang berhak menghalangi rasa cinta hamba pada Tuhannya, meski cara yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta itu terasa aneh di mata kita." GUS BAHA

  • "menghormati bukan berarti kita setuju"...masya allah itu kata sangat penting di dalam toleransi beragama di indonesia

    • Pada kesurupan jin Arab hanya karena, sajen. Hahaha

    • Awas toleransi beda tipis dengan telor asin brader..Liberal dan pluralisme memang ngaco

    • @bucin pekok siap si paling paham

  • Subhanallah....penjelasan sangat sangat mudah di pahami bagi saya yg awam akan agama... I love Abah ....

  • semakin tinggi spiritual seseorang semakin bs menerima perbedaan ini contoh bpk qurais shihab yg bs berfikir jernih menerima perbedaan.top bngt.

  • saya sampe menangis, MASYA ALLAH, terlalu keren ini konten

  • smga Allah SWT berkahi slalu beliau beserta keluarga.salam ta"zhim dan Takrim buat beliau dari saya mewakili RMI NU PC Jaktim.

  • Inilah gambaran Habib Asli sebenarnya.. Semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan , umur panjang 🤲🏻

  • "Penghormatan bukan berarti persetujuan"keren kata2 sehat terus prof 🙏🙏

  • *Menghormati bukan berarti setuju* kata2 yang sangat toleransi..❤

  • kedamaian beragama sangat terasa dari tiap makna ucapan abi,,

  • Sungguh sejuk mendengarnya semoga masih banyak orang yg seperti. Beliau 🙏🙏👍👍

  • Ini seorang ulama yg bikin sejuk umat,mencerdaskan umat dan mendamaikan umat ,,

  • masya Allah, sehat selalu dan semoga Allah panjangkan umur beliau,. amiinn ya Robbal 'alamin,.

  • Alhamdulillah, sejuk sekali mendengarkan Abi menjelaskan hal tersebut... Barakallah abi...

  • Masya Alloh pantas di gelar prof,kearifanya dlm tutur kata pnuh ilmu

  • Inilah ISLAM yang sesungguhnya damai, berdakwah dengan ilmu

  • Penjelasan penuh kesegaran ilmu di tengah gersangnya pemikiran beragama. Terima kasih Habib Quraisy Shihab 👍🏻

    • @Najma Airy alkatiri tinggal dipahami saja muslimah berhijab itu wajib atau enggak. Gitu aja kok repot !!

    • Ini bikin nangis😭 👇 id-tv.org/tv/video-B2aVrGTKK2E.html

    • @Netizen AlwaysRight APA HIJAB YANG BIKIN ORANG MASUK SURGA DAN TERHINDAR DARI SIKSA API NERAKA . . ??? APA ANDA TUHAN ????

    • @Netizen AlwaysRight Huaaahahaha . .KEPONAKAN RAJA ARAB GAK PAKAI HIJAB JUGA KALEE . . NAJWA TANPA HIJAB PUN SAYA GAK NAFSU . . KARENA AKHLAK NYA YANG MENGHILANGKAN NAFSU SAYA . .PAHAM

  • Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan kepada Beliau agar fatwa-fatwa nya memberikan pencerahan dan kedamaian aaamiin

  • Adem dan damai penjelasan dari Abi…Sehat selalu bi🤲🏻🤲🏻🙏🏻

  • Inilah contoh perkataan orang yang bijaksana dan rendah seperti Abi, sehat 💪 selalu aamiin

  • Subhanallah, inilah islam yang jika diterapkan secara kontekstual akan membawa rahmat bagi seluruh alam

  • Saya Hindu apa yg disampaikan oleh Abi sungguh menyentuh inilah isi kitab suci sesungguhnya krn saya juga sering baca Bhagawad Gita jdi sangat mudah menangkap pesan beliau dan harapan saya semoga banyak tokoh2 agama baik dari Hindu ,Buddha, konghucu,kristen muncul membawa pesan damai krn sesunggunya kita ini satu saudara umat manusia yg membedakan kita hanyalah level kesadaran ....bagi siapapun yg mendalami agama dg benar ,ihklas akan memperoleh berkah kesadaran spt beliau ....bila kita mencintai Tuhan perlakukanlah dg baik ciptaanNYA ...salam hormat buat Abi ....Namaste 🙏🙏🙏

    • Great !

    • Kata kunci kedamaian KALAU KITA MENCINTAI TUHAN MAKA PELIHARALAH DENGAN BAIK CIPTAAN NYA 👍👍👍👍

    • @Maya J 23 sebagai se'orang muslim wajib menghormati & menghargai keyakinan orang lain. Tapi jangan sampai kebablasan. Ada batasan batasan nya. Perlu di pertegas saya bukan mengaku Islam. Karena saya asli Islam enggak ngaku2. Konghucu bukan Kong Fu.

    • @Maya J 23 kan saya tanya kenapa jadi ngebacot😂😂😂. Saya tanya agama anda apa??. Emang salah???. Soalnya hanya orang Islam yang butuh di rukyah dan percaya sama rukyah. Kalo anda kafir ya wajar anda tidak percaya dan saya tau itu... Karena banyak temen2 aku yang kafir ada Kristen dan Hindu. Bukan Sombong karena sombong itu sifat Tuhan??? Hanya Tuhan yang berhak sombong. Kalo boleh tau tempat salah saya di mana ya???

    • @Muhammad Alfatihah gue ngga ada ngeluarin maki makian ya, lo duluan yang nyentil gue ngatain ada jin di badan gue lah, ruqyah lah sambil ketawa tawa nyinyir. Ketika gue bela diri, lo langsung merasa paling tersakiti. KOCAK TAU GA. sama aja kayak yg nendang sajen. Lo acak acak keyakinan orang lain, tapi apa lo sendiri mau lagi sholat ditendang?? MAU??

  • Subehanallah,,, banyak pelajaran yang bisa di ambil dari penjelasan beliau,,, semoga beliau selalu dalam Lindungan Allah SWT,,, amin

  • Ini pemaparan berkwalitas, lugas berwawasan yg mewakili umat yg beradat dan beradab

  • Adem ngliatnya... Inilah yg bikin Indonesia maju.

  • Abi bijak dan pintar dalam berfikir tentang masalah agama, semoga bermanfaat ilmunya buat kita semua

  • Cerminan ulama yang sesungguhnya,. Memaparkan dengan kecerdasan dan keluasan ilmunya, sehingga kita begitu mudah memahami penjelasan Beliau.. Semoga Beliau sehat selalu..

    • konteks yg dijelaskan abi najwa itu untuk pelaku non muslim. kasus semeru jelas dilakukan muslim dan itu harus dicegah dengan tangan ketika mampu agar tidak mendatangkan murka Allah. allahu a'lam

    • Dengan kata lainnya, "jangan menjadi batu sandungan bagi orang lain." Sehat selalu mbah,,,

    • @bucin pekok dih wkwk

    • @bucin pekok jangan begitu...mungkin pak Quraisy sudah menyuruhnya dari dulu...tapi klo anaknya belom kebuka pintu hidayah yah susah..mau dipaksa kayak gimana juga..apalagi nazwa Shihab udh punya suami jadi tanggung jawab suaminya..jadi bukan ayahnya lagi..banyak yg orang tuanya ngerti agama tapi anaknya jauh dari agama..begitu sebaliknya.. Sekang emang Lo yakin bisa didik anak Lo sesuai dengan ajaran Islam sesungguhnya..??

  • Bahasa orang berilmu sangat mudah difahami dan dicerna.. Sehat selalu Habib Quraish Syihab.. 🤲

  • Mantap habib qurasy sihab, semoga sehat selalu, aamiin

  • Semoga petinggi2 islam bisa memberikan pencerahan seperti abi yg bisa mempersatukan umat beragama diseluruh republik ini 🤲🤲👍

  • Adem dengernya ,Masya allah

  • "Penghormatan bukan berarti persetujuan " Salam hormat untuk Abi Quraish dan keluarga 🙏🙏🙏

    • Inilah yang dinamakan " PENCERAHAN" . Terima kasih Pak Qurais Sihab . Melakukan sesuatu yang kita yakini itu benar, bukan berarti bisa kita paksakan kepada orang lain yang tidak sepaham dengan kita.

    • @bucin pekok ini pndpt Sy pribadi org yg berhijab sejak kecil...mending blm berhijab,tapi hati dan tingkahnya sudah mngrti arti hijab ...dr pd org yg berhijab,tapi tingkah lakunya org yg tak bermoral ..

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Jj

    • Ulama yg bijaksana, yg membawa pencerahan bagi anak" bangsa.

    • Setuju

  • Masyaa'Allah, Ahli Tafsir Quran dgn metode Tematik 🤍 sehat terus abuya

  • Sehat selalu Abi Qurasih...penjelasan beliau sangat menyejukan. Mari saudara” kita bergandengan dlm perbedaan 🙏

  • Alhamdulillah terima kasih tuan atas perkongsian ilmuNya 🙏.semoga kita lebih rukun dlm menjalani kehidupan dunia in Shaa Allah aamiin 🤲

  • "Menghormati bukan berarti setuju"👍👍🙏🙏🙏🙏

  • Saya seorang Kristen pun mendengar pencerahan sangat damai.. Semog NKRI selalu di berikan kedamaian..

    • @bucin pekok.... Ternyata km orangnya yg nendang sesaji itu, istighfar tonk!!!.... Bikin rusuh ae loh, disetiap komen ada😌

    • @alazkaaa2 lebih jelasnya belajar sejarah indonesia sebelum islam datang Indonesia lbih dulu memgang agama hindu Dan di agama hindu lbih mengajari kita toleran,dan kasih syang alam

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris....j8

  • Masya Allah penjelasan yg luar biasa &SGT bijak dari ABI....ini Islam yg sebnrnya👍👍👍

  • Masya Allah Abi. Penjelasannya sangat bermanfaat. Semoga Abi selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT . Aminnn

  • “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan". (Al-An'am: 108)

  • Masyaallah ❤ Semoga sehat selalu Prof. Quraish Shihab 🤲

  • Terimakasih Prof. Quraish Shihab atas pengetahuannya, semoga negeri ini menjadi negeri yang bisa menghormati perbedaan

  • Semoga pak kyai Quraish sehat2 slalu.amiin 👍

  • Adakah yang tau literasi Al Qur'an terjemah bahasa Indonesia awal2 oleh beliau... Maka jangan heran dengan keluasan wawasan beliau .. Sehat terus ya habib Quraish Shihab..

  • Ulama yg cerdas,,ya seperti Abi Sihab Quraish dan Buya Syakur,👍👍❤️🙏

  • Allah maha besar inilah orang yg bener" berilmu sehat selalu buat habib

  • Saya Kristen,tapi saya sangat suka penjelasan bapak ini,semoga bapak selalu sehat.

  • Masya allah ...penjelasan beliau sangat jelas dan bijaksana ...sungguh sangat menyenangkan melihat ayah dan anak kaya gini berdiskusi...sehat selalu ya abi dan mbak nana...aamiin...

  • Barakallah Abi, semoga Allah memberikan Abi umur yang panjang, penuh dengan hasanah di dunia dan akhirat. Ilmu2 Abi masih sangat dibutuhkan oleh kami2 di jaman ini. Agar kita bisa kembali membawa Islam yg penuh dengan rasa hormat menghormati kepada kepercayaan dan makhluk Allah yg lain.

  • Saya org nasrani. Sy dari dulu sampai skrg sangat suka dgn ceramah abi. Pandanganya sangat luas. Bs di pahami. Sehat sll abi. Tuhan memberkati.

  • Sudah seharusnya semakin kita beriman akan mencapai kedewasaan iman, inilah yg terjadi pada beliau, sehat2 abi🙏

  • Masyaallah, toleransi tanpa mengesampingkan aqidah ♥️♥️ Makasih pencerahannya Pak Quraish

    • @bucin pekok sepemahaman saya dr video ini, apapun yg diberikan dlm rangka minta perlindungan kpd selain Allah SWT memang tdk dibenarkan dalam Islam. Yg harus digaris bawahi, penghormatan bukan berarti persetujuan. Kita hanya saling menjaga agar situasi beragama jadi kondusif. Klo kita menyerang keyakinan orang lain, apakah kita mau diserang juga oleh orang yg berbeda keyakinan?

    • sesajen hanya untuk setan...dan pesugihan..mana ada dalam.islam sesajen...wajib hukumnya bentuk kesyirikan dimusnahkan.. Pemuda yg menendang sesajen....itu pemuda yg beriman Hhh0

    • Seharusnya para ulama mencontoh ilmu dan ajaran Abi Quraish..saya seorang Kristiani suka dengan pemikiran islami beliau. Jika para ulama beliau Indonesia jauh dari perpecahan selalu damai dan saling menghargai perbedaan2. Sehat terus Abi🙏

  • Terimakasih ya Allah. Terimakasih atas penjelasannya yang sangat berharga bagi kita untuk saling menghormati abi syihab.

  • Sy sbg org Kristen setiap denger ceramah ato penjelasan dr ulama ternama spt Quraish Shihab....begitu damai dan jelas....tdk mengkafir2kan dan selalu menghormati agama org lain krn memang smua urusan nti di akhirat....jd ustad2 radikal ga paham alquran harusnya belajar sm ulama senior ini...krn bahayanya kalo ga paham bisa sesat nti nya

    • Setiap orang yg mati tidak dalam keadaan muslim, itu pasti masuk neraka, itu keyakinanku dan ada penjelasanya dalam Alquran. Surah 3 ayat 19, dan surah 3 ayat 85. Dan islam pun tidak akan memaksa kalian orang orang kafir untuk percaya kepada islam atau memeluk agama islam, tapi harus jelas dulu mana yg benar dan yg salah, maksudnya di jelaskan islam itu seperti ini, mati selain islam ya neraka, tapi kalian bebas memilih. Qs 2 ayat 265. Dan perlu anda tau kawan, Kafir itu artinya belum menerima. Apakah itu sebuah arti yg buruk?

  • The real of panutan 🙏 Sehat selalu bapak Quraish Shihab

  • Semoga Sehat terus Abi Quraish Sihab, dan semoga selalu dalam lindungan sang pencipta, amin 🙏🙏🙏

  • Luar biasa penjelasan beliau. Terima kasih Prof. Sangat mencerahkan walaupun sy non-muslim, sy merasa penjelasan beliau sangat relevan. Terutama kalimat terakhir. Melakukan toleransi tanpa mengurangi/melanggar keyakinan sendiri. Sangat indah!🙏🙏🙏

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Jj

    • Salam kenal om sy Yeri Sulsel sehat selalu

  • Nah ini adem, ilmunya jelas, wawasannya luas dan mudah dipahami...sehat selalu Abi

  • Selalu adem denger beliau bicara..sehat selalu abiku :)

  • Penjelasan yang sangat singkat dan mudah dimengerti. Saling menghormati untuk menjaga keindahan toleransi antar kepercayaan masing-masing.. Semoga kita semua dalam lindungan ALLAH SWT. Amiin..

  • ❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️ Masya Allah,bnr2 suka bgt dgn semua penjelasan beliau atas pertanyaan2 yg kdg mmbuat saya yg notabene adalah Mualaf...semoga pembagian ilmu yg Abi lakukan menjadi pahala yg baik utk Abi kelak..sehat selalu Abi nya mbak nana....Aamiin Ya Rabbal Allamin

  • Walaupun non Muslim, tapi dari dulu senang bgt dengerin ceramah dari Prof Quraish Shihab... Jauh bgt dri kebencian dan perpecahan, sehat selalu prof... GBU 🙏☺️

    • @Felix Taylor @bucin pekok sepertinya dia memang tidak sehat

    • @Dewioktarini Setianingsih saya nasrani, tapi ayah saya muslim, jdi marga memang ikut ayah 😁🙏

    • @Daisy iya marga dari ayah... Ayah saya muslim 😁🙏

    • Namamu islami banget

    • @Felix Taylor tahu nggak artinya pekok itu apa?

  • Subhanallaah...penjelasan yg luar biasa mencerahkan, mendamaikan...sehat sehat slalu Abi Quraisy...

  • Semoga abi sehat selalu dan panjang umur❤❤

  • Bismillah Alqur an telah menjelaskan dgn sejelas jelasnya bahwa kita orang tidak boleh saling menghina.

  • Ini lah islam yg sebenarnya sehat slalu abi salam hormat dri bali 🙏🙏🙏

  • Saya seorang katolik, tp saya merasakan kesejukan, kearifan, kebijaksanaan dan hikmat yg mendalam dr setiap tutur kata dan bahasa dr Beliau ini.. semoga semakin byk Tokoh dan Ulama yg spt Beliau ini.. salam hormat buat Prof. Quraish Shihab..

    • @Blueberry mantap setuju

    • Saya bukan orang katolik pun merasa sejuk dengan ceramah pak Quraish 👍👍

    • @bucin pekok ha ha ha hijab itu budaya broo ..gagalnya dimana ? buktinya toch sang anak bisa mandiri .. menghormati gak harus setuju ya gak sob ..

    • @Umma Channel emang, tapi kita ga bisa maksa seseorang untuk berhijab kan?

  • Terima kasih 🙏🙏🙏 habib sehat selalu dan panjang umur semua penjelasan yang disampaikan sangat akurat dan bisa dimengerti

  • Saya Kristen, suka dgn pandangan/pendapat orang pintar ini,,,👍🙏

  • Sangatlah bijaksana abi ini mengajarkan hal yg baik dan patut di contoh tentu dlm ajaran islam sebenarnya.. "PENGHORMATAN PADA SESUATU BUKAN BERARTI PERSETUJUAN".

  • Ini baru ulama ,yg patut di contoh... GBU

  • Ulama yg bijaksana, yg membawa pencerahan bagi anak" bangsa.

    • @umi reza wkwk penyembah setan..sering kasih sesajen..kepanasan😁😂😂

    • @bucin pekok copas lagi, copas lagi. Eh tapi gpp deh emg pengetahuannya sebatas itu

  • Bismillah..alhamdulillah..bebas-bebas saja, sebab dan akibat buat diri manusianya/mahluk-Nya dimanapun hidupnya berada. Terima kasih , salam damai di bumi dan di langit. 🙏🏼

  • Ilmu dan adab subhanallah penjelasan yg sangat JELAS

  • Semoga sehat selalu pak semoga Allah jauhkan segala penyakit tetap atas lindungannya

  • ya ALLAH ya TUHANku,,, salahkah bila aku ingin bertemu Quraish Shihab? salahkah bila aku ingin memperdalam tentang ISLAM kepada Quraish Shihab? salahkah bila aku merasa Nyaman dan Tenang dengan cara penyampaian dari Quraish Shihab? ya ALLAH ya TUHANku,,, kabulkan permohonanku ini,,, Amiiin...