Soal Tendang Sesajen, Ini Kata Abi Quraish Shihab | Shihab & Shihab

Dipublikasikan tanggal 12 Jan 2022
Video sesajen yang ditendang dan dibuang oleh seseorang di kawasan Gunung Semeru, masih terus menjadi perbincangan hangat para netizen. Sebagai seorang muslim, apakah tindakan itu dibenarkan? Bisakah aksi pria tersebut disamakan dengan kisah Nabi Ibrahim saat menghancurkan berhala-berhala milik Raja Namrud?

Begini kata Abi Quraish Shihab dalam merespon perbuatan tersebut.

Simak penjelasan lengkapnya di Shihab & Shihab episode "Penghormatan bukan berarti Persetujuan".



(Narasi)

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

Tonton konten lainnya juga di ID-tv Channel:
- Narasi bit.ly/SubscribeID-tvNarasi
- Narasi Newsroom bit.ly/SubscribeNarasiNewsroom

Jangan lupa subscribe yaa..

Follow:
instagram.com/najwashihab
twitter.com/NajwaShihab
facebook.com/najwashihabo...

Komentar

  • Sehat selalu untuk bapak Quraish Shihab, saya Nasrani tapi saya sangat senang mendengar apapun yang bapak sampaikan, ilmu yang baik untuk kami sebagai non muslim dan yang muslim, respect hormat kepada bapak :) semoga banyak orang-orang di Indonesia sebagai mayoritas, bisa berpikir sama, hebat, intelektual seperti Bapak :)

    • ustad sekuler....yg anaknya tidak memakai hijab..dan tidak dianjurkan memakai hijab... Gagal total mendidik anaknya....gh

    • @Imam Supii sok tau lu om ๐Ÿ˜…

    • Sipp

    • @goes astawan Nasrani atau dalam bahasa Arab Nashoroh itu Ummat pengikut Nabi 'Isa 'Alayhi Salaam. Sedangkan Kristen itu Ummat pengikut Paulus.

    • @goes astawan nasrani ialah penyebutan sebuah kelompok ras

  • Saya seorang katolik, tp saya merasakan kesejukan, kearifan, kebijaksanaan dan hikmat yg mendalam dr setiap tutur kata dan bahasa dr Beliau ini.. semoga semakin byk Tokoh dan Ulama yg spt Beliau ini.. salam hormat buat Prof. Quraish Shihab..

    • ustad sekuler....yg anaknya tidak memakai hijab..dan tidak dianjurkan memakai hijab... Gagal total mendidik anaknya....hh

  • Penjelasan orang berilmu dan berakhlak seperti ini, selalu bikin sejuk dan mencerahkan. Islam itu indah ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Apa yg disampaikan oleh Abi adalah Rahmat bagi seluruh alam semesta, tidak terkecuali. Saya Nasrani tetapi sangat tersentuh dengan apa yang disampaikan oleh Abi.

    • ustad sekuler....yg anaknya tidak memakai hijab..dan tidak dianjurkan memakai hijab... Gagal total mendidik anaknya....lj

    • Sipp

  • Bagus sekali penjelasannya... Ternyata Tuhan juga membolehkan dalam bertoleransi agar tetap menghargai kebebasan dalam berkeyakinan. semoga panjang umur dan tetap berkah untuk Quraish Syihab dan keluarga...

    • @amir chaesar di tag up saja, biar di sorot densus 88 biar merengek2...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • @amir chaesar di tag up saja, biar di sorot densus 88 biar merengek2...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • @amir chaesar secara tida langsung anda mengatakan. bahwa islam masih berdiri kokoh sampe sekarang karna oran orang sperti anda. bukan karena allah.

    • Debat terus kaum kauh dhuafa haha

    • Sipp

  • "menghormati bukan berarti kita setuju"...masya allah itu kata sangat penting di dalam toleransi beragama di indonesia

  • Masya Allah, menambah wawasanahi tentang Islam Sehat selalu Abi. ๐Ÿคฒ

  • Aku orang Hindu, tapi denger ceramah nya Abi, bener2 bikin hati sejuk dengernya. Coba di Indonesia banyak yang kayak abi pasti Indonesia makin indah, tapi cuma karena segelintir orang yg intoreran, malah buat kita terpecah belah. Inget tu katanya Abi, salah atau benar itu urusan ketika kita diakhirat, biarkan Tuhan yg menjadi hakim, kita manusia jangan pernah menghakimi. Sehat terus Abi ๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

    • ustad sekuler....yg anaknya tidak memakai hijab..dan tidak dianjurkan memakai hijab... Gagal total mendidik anaknya....jh

  • Semoga Indonesia selalu memiliki manusia2 yg pinter dan berakhlak seperti habib qurais shihab...

  • Salah satu ulama panutan saya, sejak saya bisa berpikir untuk memilih mana ilmu terbaik untuk saya. Selain penjelasannya yang damai, prof. Quraish juga selalu mengutamakan toleransi. Semoga prof. Quraish diberikan umur panjang supaya bisa terus menyebarkan ilmunya. Amin.

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhhhhu

  • Alhamdulillah...Sangat jelas dan gamblang cara Abi Quraish Shihab menjelaskan keindahan Islam...semoga Abi sekeluarga selalu dalam Lindungan Alloh Ta'ala..Aamiin.

  • Semoga semua warga indonesia dapat memupuk rasa toleransi dalam dirinya.

  • Masya Allah... Kyai yg sangat berkelas. Ilmu yg sangat luas dan tdk terpotong2 membuka wawasan dan menyejukkan hati. Baarokallahu fii umrik, Abi Q. Sihab. Salam.

  • Saya Kristen, Tapi setiap saya Mendengar beliau Ceramah, Kesannya Sejuk. Inilah orang yg tepat untuk jadi Pemuka Agama. Salut buat Bapak.. ๐Ÿ™๐Ÿ‘

    • @LutV Film orang tua macam mana yg membiarkan anaknya gak berhujab....bapak sekuler anak sekuler...pantes..

    • @bucin pekok gak usah mikirin org lain, emak lu, adek lu, kakak lu, tante lu, udah pada bener belom hijab sama agamanya

    • @Deny Permana es degan dipuji.... Padahal sebaliknya, masyarakat Turki makin sekuler bukan agamais, ekonomi dan lira hancur....kasian ataturk

    • @Fikri Turki tapi Islam buruk bagi non Islam... Timteng makin muak sama agama dan politik... Muslim selanjutnya makin liberal, kasian Islam krisis... Atheism is spreading like wildfire in Islam, akui aja isis, mit, Wahabi itu Islam sejatinya

    • @Fikri Turki bomat gw bukan Islam wkwk

  • Sehat selalu Abi Quraish Shihab ๐Ÿ™ teringat bahwa beliau salah satu ulama yang sangat menginspirasi dan sering mengisi kultum di tv, jauh sebelum banyak "ulama baru" bermunculan....

  • MasyaAllah... Alhamdulillah... Inilah sesuai dengan pandangan orang yang berilmu

  • pemahaman yg sangat luar biasa, pengetahuan yg sangat universal ,begitu bijaksana.. semoga semua mahluk selalu berbahagia dalam kebenaran . Pandangan bagai pelangi.. begitu indah penuh warna. I love indonesia

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhhhuu

  • Saya Non Muslim .. mendengar penjelasan dari Prof Quraish Shihab, saya melihat Islam itu damai .. rindu di masa dulu dimana kita beragama saling memghormati .. Sehat terus ya Prof Quraish Shihab ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

    • @Ary Sanjaya dari namanya aja udah pekok, harap di maklumi mas.. Search arti kata pekok mas.. Biar paham maksud saya hehee

    • @bucin pekok Mabok agama ni orang, jiwanya kayak teroris

    • Sipp

    • Para buzzer yg memicu hilangnya rasa hormat pada setiap agama

    • Betul,saya merindukan di zaman yg kita akurw dalam keberagaman tanpa mencampur aduk kan agama namun menghargai agama dan kepercayaan masing2, di era sekarang itu mulai memudar,apakah ini salah kita?pemerintah kita? Atau sistem pendidikan? Mari renungi bersama

  • Ulama yg sangat adem saat dilihat dan di denger saat berbicara gatau lg deh kalo bulan ramadhan tidak ada beliau pasti sangat kehilangan sekali masyarakat Indonesia:'(

  • Penjelasan yg luar biasa dari ulama yg betul betul ahli dalam bidangnya. Terima kasih Prof atas pencerahannya. Sangat mendasar dan mudah dipahami. Islam menjadi sangat indah di tangan anda. Selalu sehat dan panjang umur Prof. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberkahi. Ditunggu pencerahan2 berikutnya. Terima Kasih juga untuk Mbak Nazwa yg tidak bosan untuk menyuarakan kebenaran

  • Saya sebagai orang hindu adem sekali mendengarkan abi ๐Ÿ™, salam toleransi damai selalu saudaraku Tuhan damai damai dama Tuhan ๐Ÿ™

    • @bucin pekok berhijab itu kewajiban perempuan muslim.trus apa hubunganx dg pak ustad.???q yakin ustad sudah ngasik penjelasan pd anakx.tapi mungkin kak najwa masih blom siap ja.masak iya mau di hijabin kan bukan anak bayi.

    • @Fikri Turki apakah anda sudah melaksanakan perintah tuhan dan menjauhi larangannya?

    • @Fikri Turki gw gk ngerti bng gw hindu

    • Ok

    • @alang kibar bacot trus lemah2 , duel sm gue sini yok, hazฤฑr mฤฑsฤฑn sen? Gel bana gel ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • MashaAllah, Allahu akbar. Terimakasih abi atas penjelasan yg jelas tamparan bagi mereka yg KAKU memahami ilmu agama

  • Ini baru Islam yg saya kenal.. damai & sangat menyejukkan hati. Salam dari Bali โค๏ธ

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhhhgy

    • Makasih....salam toleransi....๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Seandainya semua orang orang yg pakai gelar "USTADZ" diluaran sana itu otak dan pemikirannya sama kayak Beliau alangkah sejuknya islam di negara ini ..

  • Masya Allah. Sehat terus Abi Shihab. Terimakasih banyak untuk ilmunya hari ini๐Ÿ˜Š

  • Dari penjelasan pak Prof, ditarik kesimpulan: oknum yg menendang sesajen itu ternyata belum memahami agama islam dgn benar. ๐Ÿค”

  • Baru paham, inilah ajaran islam yang sesungguhnya.....tentang toleransi...!! Jgn menghina kalo tidak ingin dihina balik, jgn menyakiti kalo tidak ingin tersakiti. Trimakasih Prof pencerahannya.....

  • "Penghormatan bukan berarti persetujuan " Salam hormat untuk Abi Quraish dan keluarga ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    • Inilah yang dinamakan " PENCERAHAN" . Terima kasih Pak Qurais Sihab . Melakukan sesuatu yang kita yakini itu benar, bukan berarti bisa kita paksakan kepada orang lain yang tidak sepaham dengan kita.

    • @bucin pekok ini pndpt Sy pribadi org yg berhijab sejak kecil...mending blm berhijab,tapi hati dan tingkahnya sudah mngrti arti hijab ...dr pd org yg berhijab,tapi tingkah lakunya org yg tak bermoral ..

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Jj

    • Ulama yg bijaksana, yg membawa pencerahan bagi anak" bangsa.

    • Setuju

  • Alhamdulillah, inilah penjelasan yg Ramhatan lil alamin. Zemoga saudara kita yg berhubungan dg sesajen itu tidak terprovokasi dg ulah penendang. Damai selalu ya lurr

  • Cinta sama Abi, semoga muncul ulama ustad2 seperti Abi yg menjunjung tinggi perbedaan dalam beragama.

  • Subhanallah.. tata rasa basa yang Lembut dan bermakna kedamaian Penghormatan bukan berarti persetujuan, makna yang bisa membuka mata hati yang sudah tertutup dengan kesombongan diri, Semua tergantung pada Niat nya, Hatur Nuhun pencerahan nya Yaa Habib..

  • Masha Allah ,sehat teruss ya Abi . Benar benar terharu mendengar penjelasan Abi shihab . Beruntung Indonesia punya Abi shihab . Selalu mendamaikan dan bawa kesejukan bagi siapapun yg mendengarkan .

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhhhjh

    • Masyallah penjelasannya enak bisa diterima dg jelas dan sejuk gk bikin or panas.andai umat islam dibalas dg perlakuan seperti itu bagaimana perasan umat islam mari kita merenung .itu urusan Allah

  • Dari tahun 2000 sampai tahun 2021 tafsir al misbah selesai dibahas alhamdulillah selalu mengikuti sehingga dapat pencerahan tentang islam rahmatan lil'alamin

  • Sungguh menenangkan sekali jawabannya abiโ€ฆ semoga sehat terus abi quraish shihabโ€ฆ aminnnโ€ฆ

  • "Menghormati bukan berarti setuju" dan " Tidak setuju bukan berarti tidak menghormati (memaki, menghancurkan)" Namah siwaya๐Ÿ™

  • Subhanallah , baru kali ini liat orang tua yang tutur kata nya terjaga dengan baik dan sama sekali tidak menyinggung suatu kaum manapun ๐Ÿค—๐Ÿค— Salut Abi ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ sehat sehat selalu panjang umur ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Ulama besar yang selalu menebarkan kebaikan, kesejukan dan kedamaian.

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhgg

  • Suka banget sama gaya ceramah abii, semoga Abi Quraish Shihab sehat selalu dan di beri panjang umur amin ya rabb ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

  • Begitulah memang jika orang tersebut benar-benar berilmu, bisa di lihat dari tutur kata yang indah & sikap santunnya yang menyejukan setiap orang .....

  • Masyaallah.. Salam toleransi, Salam NKRI, Salam satu kesatuan, kita tetap ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hhhhyu

  • Waktu saya masih di SMA, saya mengikuti pelajaran Agama Islam di sekolah, dan salah satu ajaran guru agama yang saya ingat adalah: "Bagiku agamaku, dan bagimu agamamu", bukankah itu berarti kita masing-masing bebas memeluk agama tertentu dan menghormati kepercayaan dan keyakinan orang lain? Ayat yang saya lupa namanya rasanya sangat sesuai dengan konteks Indonesia yang bineka tunggal ika.

    • Benar sodaraku. Bahkan keluarga besarku terdiri dari berbagai suku dan keyakinan.

    • Al-kafiruun, lakum dinukum waliyadiin... Salam toleransi.

  • Ulama yg bijaksana, yg membawa pencerahan bagi anak" bangsa.

    • @umi reza wkwk penyembah setan..sering kasih sesajen..kepanasan๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • @bucin pekok ilatmu njalok di idak....

    • @bucin pekok situ ilmu agama sudah sedalam apa? Bisa bisa nya ngatain ulama. Lu panitia surga bos? Bayar berapa biar dapat seragam putihยฒ ๐Ÿคญ

    • @bucin pekok copas lagi, copas lagi. Eh tapi gpp deh emg pengetahuannya sebatas itu

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Hh

  • Kalo orang belajar agama cuma setengah2 jatuhnya dia merasa dirinya Tuhan. Alhamdulilah penjelasan Abi jadi membuka pola pikir kita bersama untuk saling menghormati sesama manusia๐Ÿ™

  • Kita hanya manusia yg diberikan kebebasan dr Allah dlm memilih agama. Saling menghargai dan rasa toleransi untuk semua agama, suku, dan adat istiadat.

  • Massya Allah... Begitu luas Ilmu Abi.. Ya Allah.. semoga Umat muslim bertindak dengan Ilmu & karakter muslimnya.. bukan dengan egonya.. Aamiin..

  • MasyaAllah bener2 luar biasa keilmuan beliau.. sehat selalu bp.quraish shihab

  • Saya seorang Katholik, dari dulu sy suka dengar ceramah Abi QS , beliau ulama besar yg sy kagumi, penyampaian ceramahnya tenang, jelas dan bijaksana. Acara KULTUM yg dibawakan beliau selalu sy ikuti, saya terberkati ๐Ÿ™๐Ÿ™

    • Semua agama dijaga oleh Allah SWT sampai hari kiamat dengan maksud tujuan untuk melindungi aqidahnya umat Islam agar aqidahnya umat Islam tidak berubah. Contoh umat Islam dengan umat Nasrani bersahabat sebab sama-sama percaya kalau bunda Maryam itu perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak. Jika umat Islam lenyap keyakinan umat Nasrani kalau KN Al Masih Isa as dilahirkan oleh perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak akan pudar, sebab sudah tidak ada lagi teman yang membenarkannya. Jika umat Nasrani lenyap keyakinan umat Islam kalau KN Adam as manusia pertama yang dicipta Alloh SWT akan pudar, keyakinan umat Islam kalau hari kiamat pasti datang akan pudar, sebab sudah tidak ada lagi teman yang sama-sama percaya kalau bunda Maryam itu perawan suci yang mengandung dan melahirkan anak.

    • @Y. Mul Ady namanya juga PEKOK.

    • @Byun Baekhyun pas tuh buat yg sok sok an berprinsip keras.

    • @Asrul Corgan Ke Afghanistan juga,disana perempuan yang gak bisa masak aja dibakar hidup-hidup.

    • @Byun Baekhyun betul sekali. Wajib faham konteks dan makna guyon Alm Gusdur

  • Sejak kecil hingga sekarang, selalu saya suka dengan ceramahnya.. Sehat selalu ! ๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž

  • Inilah contoh perkataan orang yang bijaksana dan rendah seperti Abi, sehat ๐Ÿ’ช selalu aamiin

  • Luar biasa orang cerdas dan bijak, sehat selalu abi panutan anak negeri ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Budaya adalah kebiasaan2 baik yg dipelihara agar lestari,budaya adalah karunia Tuhan untuk setiap suku bangsa,setiap bangsa.Pantas dihormati dan dileztarikan. Kebiasaan jahat itulah yg harus dihancurkan .

  • Walaupun non Muslim, tapi dari dulu senang bgt dengerin ceramah dari Prof Quraish Shihab... Jauh bgt dri kebencian dan perpecahan, sehat selalu prof... GBU ๐Ÿ™โ˜บ๏ธ

    • @Dewioktarini Setianingsih saya nasrani, tapi ayah saya muslim, jdi marga memang ikut ayah ๐Ÿ˜๐Ÿ™

    • @Daisy iya marga dari ayah... Ayah saya muslim ๐Ÿ˜๐Ÿ™

    • Namamu islami banget

    • @Felix Taylor tahu nggak artinya pekok itu apa?

    • @bucin pekok astagfirullahaladzim masih ada ya orang yang komen gini.. miris !

  • Penjelasan yang sangat singkat dan mudah dimengerti. Saling menghormati untuk menjaga keindahan toleransi antar kepercayaan masing-masing.. Semoga kita semua dalam lindungan ALLAH SWT. Amiin..

  • Masya Alloh pantas di gelar prof,kearifanya dlm tutur kata pnuh ilmu

  • ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘trimakasih banyak Abi penjelasanya yang melegakan semua orang, semoga sehat selalu buat seluruh keluarga besar Abi. Amin...

  • MasyaAllah...terima kasih pencerahannya Abi Quraish ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Saya Hindu apa yg disampaikan oleh Abi sungguh menyentuh inilah isi kitab suci sesungguhnya krn saya juga sering baca Bhagawad Gita jdi sangat mudah menangkap pesan beliau dan harapan saya semoga banyak tokoh2 agama baik dari Hindu ,Buddha, konghucu,kristen muncul membawa pesan damai krn sesunggunya kita ini satu saudara umat manusia yg membedakan kita hanyalah level kesadaran ....bagi siapapun yg mendalami agama dg benar ,ihklas akan memperoleh berkah kesadaran spt beliau ....bila kita mencintai Tuhan perlakukanlah dg baik ciptaanNYA ...salam hormat buat Abi ....Namaste ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    • Kata kunci kedamaian KALAU KITA MENCINTAI TUHAN MAKA PELIHARALAH DENGAN BAIK CIPTAAN NYA ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • @Maya J 23 sebagai se'orang muslim wajib menghormati & menghargai keyakinan orang lain. Tapi jangan sampai kebablasan. Ada batasan batasan nya. Perlu di pertegas saya bukan mengaku Islam. Karena saya asli Islam enggak ngaku2. Konghucu bukan Kong Fu.

    • @Maya J 23 kan saya tanya kenapa jadi ngebacot๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Saya tanya agama anda apa??. Emang salah???. Soalnya hanya orang Islam yang butuh di rukyah dan percaya sama rukyah. Kalo anda kafir ya wajar anda tidak percaya dan saya tau itu... Karena banyak temen2 aku yang kafir ada Kristen dan Hindu. Bukan Sombong karena sombong itu sifat Tuhan??? Hanya Tuhan yang berhak sombong. Kalo boleh tau tempat salah saya di mana ya???

    • @Muhammad Alfatihah gue ngga ada ngeluarin maki makian ya, lo duluan yang nyentil gue ngatain ada jin di badan gue lah, ruqyah lah sambil ketawa tawa nyinyir. Ketika gue bela diri, lo langsung merasa paling tersakiti. KOCAK TAU GA. sama aja kayak yg nendang sajen. Lo acak acak keyakinan orang lain, tapi apa lo sendiri mau lagi sholat ditendang?? MAU??

    • @Muhammad Alfatihah kalo gue Islam trus kenapa? Kalo gue Hindu juga trus kenapa? Kalo gue Katolik kenapa? Kalo gue penganut kong fu tse kenapa? URUSANNYA SAMA LO APA? Lo yang mutusin siapa siapa aja yg pantes masuk Surga, siapa yg pantes masuk Neraka? Iya? emang ada ya di Al-Qur'an "kalo anda urusin dan hina agama yang dianut orang lain maka anda akan dijamin masuk Surga" Ada? Coba dong sini kasi liat. Soalnya setau gue Islam mengajarkan untuk TOLERANSI. Bukan nyinyir. Lo ngaku Islam tapi lo sombong, lo ga tau sombong itu dibenci Allah SWT???? Sekolah dulu sana benahin

  • Inilah keindahan Islam, sehat terus Abi.. TKS atas penjelasannya..๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • Saya seorang Katolik dan menghargai pendapat Abi yang berangkat dari pemahaman yang dalam mengenai konteks tersebut...thank you mbak Najwa yang sudah mengangkat topik viral ini...God bless you

  • Ini baru..... ustad wawasan kelas tinggi, gak asal omong, salah menurut org kita yg di bilang salah buka ketutup ama pujian2 org lain ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Semoga beliau beserta keluarga panjang umur, agar kami selalu bisa mendengarkan nasehat nasehatnya kpd kita dan meneladaninya, amiiin....

  • Wah beneran nambah ilmu baru, makasih abi shihab . Panjang umur selalu

    • @Fikri Turki .. aamiin minta maaf juga bila ada kata2 saya yg berlebihan. Semoga kita terhindar dari prasangka2 buruk dengan orang dan para alim ulama serta tokoh2 agama lainnya. Indonesia harus tetap ramah.

    • @Fikri Turki . Aku tidur dulu. Resapi kata2 itu. Itu pun kalo lu faham dul. Selamat puyeng ya LOL. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    • @alang kibar intinya jgn sok tau dan merendahkan org lain mas, malah disitu titik terlihat bodohnya, maaf jika kata2 saya menyakiti mas, semoga allah mengampuni dosa kita aamiin allahuma aamiin

    • @Fikri Turki .. รจilion daoine dรนr a beith cliste. Sea,tร  tรน DUL ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Leath leathcheann

    • @Fikri Turki ssstt.. .. udah gak usah mewek. Iya iya kamu pinter dul.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

  • Masha Allah , yaa Ami Quraish ! Semoga banyak ustadz dan habib seperti ami Quraish .

  • MasyaAllah, adeeemmm bgt.. ini ajaran islam yang saya tahu.. yang saya pahami sampai sekarang..

  • Masya Allah... Terima kasih dengan konten ini kami yg tidak tahu menjadi tahu sangat jelas dengan logika pun mewakili semuanya, merangkum penjelasan untuk semua tanpa memandang perbedaan kepercayaan sesama sehat selalu kak Najwa Shihab dan Abi... ๐Ÿคฒ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

  • ini baru benar ulama beliau patut di hormati ๐Ÿ™ sehat selalu Abi semoga di beri panjang umur,,, Amin amin ya rabbal allamin ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

  • Walaupun saya hindu, saya sangat suka mendengarkan ceramah dari agama apapun yg bisa memberi pesan moral yg positif untuk menjadi lebih baik kedepannya menjalani kehidupan dan bisa menamamkan kpd anak cucu saya nanti... Rahayu saudaraku sebangsa dan setanah air๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    • @bucin pekok Elehhh..sok suci.๐Ÿ˜ Sajen banyak jurusan,klo sjen upakara itu Ketuhanan ,jangan smakan sama sajen2 untuk syirik drun.

    • Subhanallah, maha benar Allah dg segala firmanNya. Smg Prof. Habib Quraisy sehat selalu dan panjang umur, menebar kedamaian, islam rahmatan lil'alamin sebagaimana tujuan nabi Muhammad diutus...

    • @bucin pekokkami berterimakasih, berkat komentar anda tali persaudaraan kami sebagai anak bangsa semakin erat untuk melawan kelompok radical di tanah ibu pertiwi kami...

    • @Oga Kusuma seandainya teman anda tau, benahi sesajenya sambil ucapkan maaf insha alloh akan amanยฒ saja.

    • @bucin pekok itu kalau yg melakukan sesaji orang islam .. nah ini yg melakukan sesaji orang hindu .apakah islam mengajarkan untuk melarang apa yg di yakini agama lain ?

  • Inilah manusia islam yg beradab,,, menjaga kerukunan umat

  • Ketika lautan berbicara... Tidak basa basi langsung jawab dengan ilmu yang dalam dan bermakna, sehat truss abiโค๏ธ

  • Saya org nasrani. Sy dari dulu sampai skrg sangat suka dgn ceramah abi. Pandanganya sangat luas. Bs di pahami. Sehat sll abi. Tuhan memberkati.

  • "Jangan terlalu kaku, setiap daerah ada adat istiadatnya", said Abi Shihab. Semoga kita bisa lebih menjunjung tinggi toleransi beragama. Pesan Abi Shihab, "Mari kita saling menghormati tetapi penghormatan pada sesuatu bukan berarti persetujuan"~

    • Orang Islam di Jawa doanya ada dua, ada doa adat Jawa dan ada doa Islam. Doa adat Jawa dijalankan oleh wali yang babad desa buktinya juga jadi wali. Doa Islam di jalankan oleh wali songo buktinya juga jadi wali, doa Islam dan doa adat dijalankan secara bersamaan oleh sunan Kalijaga buktinya juga jadi wali.

    • @rifdi ahmad sebenernya kalo ada oknum gitu, cukup diberi 3 langkah, satu, dinasehati, kedua, diperingati, ketiga kalo tetap tidak mengindahkan, Tinggalkan saja dia, serahkan pada Allah

    • @rifdi ahmad klo yg begini wajib diberantas

    • Yang kasih sesajen juga oknum orang islam juga.. di kota2 ada pedagang makanan yg ingin dagangannya laris biasanya buang sesajen di tengah jalan prapatan.. pelakunya juga oknum orang islam yg menghalalkan segala cara untuk kaya.. itu karna dangkalnya ilmu Agama yg masih menganggap roh2 mempunyai kekuatan untuk membantu kesuksesan

    • Itulah.agama islam. Rohmatan lil'alamiin..

  • Klo orang pintar dan berilmu berbicara mudah untuk di pahami.. Subhanallah.. ๐Ÿคฒ

  • Semoga al qur'an selain tetap dalam bahasa arab tp juga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa wilayah/daerah masing masing atau bahasa indonesia dalam setiap kegiatan yg dipercayainya bisa dimengerti dan dipahami

  • masya allah..semoga abi quraisy slalu d beri kesehatan dan umur pnjang agar bs menuntun kita2 yg masih banyak kurangnya dlm ilmu agama

  • Masya Allah...luar biasa sejuk dan damai penjelasan Abi

  • Ini baru opini Agama. Saya selalu terharu mendengar respon Islam dari dawuh Habib Quraish. Saya makin mencintai agama Islam, dari sudut pandang beliau. Dari beliau, saya memahami Islam jauh lebih memberi rahmat, welas asih dan toleransi yang mendalam sekali, ๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’–

    • @Jarwo Doso dan diatas mas nya jg tanya apakah ini fair? Y kita liat saja d masyarakat kn ad pro kontra tntg ini, bahkan org islam sendiri pun banyak trnyta yg berpandangan bhw tindakan pelaku nya salah, termasuk bapak dan ibu dlm konten channel youtube ini. Brrti intinya secara proses, ini kn sudah fair atau adil. Hukum kn jg fungsinya sbg payung atau jembatan untk mngatasi perbedaan pandangan itu. Dan selain itu pelakunya sndiri pun saat ditangkap jg minta maaf. Yg mana itu artinya dia mengakui dirinya salah, baik itu salah krn menendang sesajen atau salah krn telah membuat org tersinggung krn tindakannya. Intinya kn bukti video ada, subjek nya ada, objek nya ada, yg tersinggung ada, yg melaporkan ada, diproses polisi, dan subjeknya mengaku salah. So, it's clearly fair.

    • @bucin pekok Mungkin mudah menjadi seorang muslim, tapi saya akui tidak mudah menjaga tauhid dan aqidah. Dikampung saya juga masih banyak yang lakukan sesajen pdhal mereka muslim. Ingin saya menegurnya kalau hal seperti ini tak ada dlm syariat Islam tapi saya takut di katakan sok tau. Jadi bila ada yang nyinyir biarlah krn sesama muslim saja belum tentu sepaham dg kita tentang hal sesajen ini apalagi mereka yang kafir.

    • @Jarwo Doso yg berprasangka kan mas nya. Cb deh liat lg bahasa mas nya di komen2 diatas. Mas nya yg brprasangka bhw sesajen itu ditaruh oleh org beragama islam, smntara jelas2 d sekitar gunung semeru itu ad jg masyarakat hindu nya. Gini lo mas, walaupun tdk ad narasi secara spesifik mnyebut agama hindu, saya harus tekankan lg bhw sesajen itu bagi umat hindu adl sarana persembahyangan mrk, dan d video ad org meng'highlight' sesajen kemudian memaki dan ditendang. Si pelaku jg tdk ad mnyebut itu ditaruh atau diperuntukkan secara spesifik oleh dan kepada org islam. Jadi video itu umum sifatnya. Kemudian apabila ad yg tersinggung, marah dan melaporkan, ya sangat wajar. Karena ini kan sikap intoleran dan berpotensi memecah belah. Baik nya belajar untk sadar dan menahan diri bhw tinggal d lingkungan majemuk itu rawan ketersinggungan. agama atau budaya apapun, pd saat hal yg dekat kaitan dgnnya itu diusik, walau tdk scara spesifik disebutkan arahnya kmn dan untk siapa, tetap pst akan ad yg tersinggung.

    • Doanya orang Islam di Jawa itu ada dua; ada doa adat Jawa dan ada doa Islam. Doa adat Jawa dijalankan oleh wali yang babad desa buktinya jadi wali, doa Islam di jalankan oleh wali songo buktinya juga jadi wali, doa Islam dan doa adat dijalankan secara bersamaan oleh sunan Kalijaga buktinya juga jadi wali.

    • @Muhammad Hasan sesajen dengan menyembelih ayam cemani, bakar menyan, telur rebus dan kopi hitam beserta ceker mentah menurut lo gk syirik? Serius lu?

  • Menjelaskan secara Islami dan menyentuh hati non Muslim, suatu Anugerah bagi Bangsa. Sehat selalu Abi, makasih Mbak Nana ๐Ÿ™

  • Masyaallah poin yang disampaikan abi bener-bener dapat dicerna dengan baik

  • Masya Allah....semoga Allah SWT anugrahkan umur panjang dan sehat terus bersama keluarga,prof๐Ÿฅฐ

  • Cerdas dan berilmu.inilah ilmu agama yg sesungguhnya.

  • "Penghormatan bukan berarti persetujuan".. Kalimat sederhana tapi penuh arti, Pemuka agama harus nya mencontoh prof Quraish sihab,, sosok pemuka agama yang santun ketika berbicara, tiap kata" yang ia ucapkan menyejukkan & tidak pernah beliau menyinggung seseorang smoga sllu sehat prof ๐Ÿ™๐Ÿ™

    • @Yudho Prakoso raja arab mana...mana ada.

    • @bucin pekok anak raja arab kagak pakai hijab lohhh

    • Beda kelas ..beliau cendekiawan muslim...kelas profesor...

    • @bucin pekok dungu... apa salahnya menghormati..

    • Mbulet juga

  • Penjelasan yg luar biasa... dimana dalam penjelasan ini beliau mengajak kita untuk saling menghormati.. meskipun penekanannya adalah PENGHORMATAN BUKAN BERARTI PERSETUJUAN... Terima kasih untuk penjelasannya bapak Quraish Shihab... Sehat selalu ya pak.. Dan salam toleransi buat kita semua.. #salingmenghormati #toleransi

  • Saya orang Hindu, ini penjelasan dari prof yg sangat mencerahkan dan saya juga ""menghormati ""

  • Ini baru ulama,,sejuk di dengar sangat mudah untuk memahaminya,,sehat slalu Abi

  • Masya Allah, salam ta'zhim kami Abi Quraisy Syihab, Asep di Limo-Depok hadir Semoga Abi Quraisy dan keluarga senantiasa dalam limpahan keberkahan

  • Cerminan ulama yang sesungguhnya,. Memaparkan dengan kecerdasan dan keluasan ilmunya, sehingga kita begitu mudah memahami penjelasan Beliau.. Semoga Beliau sehat selalu..

    • @bucin pekok sesuai sama namamu mas pekok..kalo ngomong asal

    • konteks yg dijelaskan abi najwa itu untuk pelaku non muslim. kasus semeru jelas dilakukan muslim dan itu harus dicegah dengan tangan ketika mampu agar tidak mendatangkan murka Allah. allahu a'lam

    • Dengan kata lainnya, "jangan menjadi batu sandungan bagi orang lain." Sehat selalu mbah,,,

    • @bucin pekok dih wkwk

    • @bucin pekok jangan begitu...mungkin pak Quraisy sudah menyuruhnya dari dulu...tapi klo anaknya belom kebuka pintu hidayah yah susah..mau dipaksa kayak gimana juga..apalagi nazwa Shihab udh punya suami jadi tanggung jawab suaminya..jadi bukan ayahnya lagi..banyak yg orang tuanya ngerti agama tapi anaknya jauh dari agama..begitu sebaliknya.. Sekang emang Lo yakin bisa didik anak Lo sesuai dengan ajaran Islam sesungguhnya..??

  • Adem ,pinter, bijak, MasyaAllah ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Kereen Abi dan mbak Najwa, saya suka dakwah dan penjelasan yang santai seperti ini, lebih mudah masuk ke otak. Sehat selalu Abi dan mbak Najwa ๐Ÿ‘

  • Toleransi beragama mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa... terima kasih ABI atas penjelasannya

  • Semoga habib Quroishihab senantiasa sehat & panjang umur , ilmu beliau selaku ahli Qur'an dibutuhkan untuk menuntun ummat

  • Luar biasa penjelasan beliau. Terima kasih Prof. Sangat mencerahkan walaupun sy non-muslim, sy merasa penjelasan beliau sangat relevan. Terutama kalimat terakhir. Melakukan toleransi tanpa mengurangi/melanggar keyakinan sendiri. Sangat indah!๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    • Ustad..sekuler...yg mempunyai anak yg gak berhijab.... Gagal total mendidik anaknya... Sad....miris.... Jj

    • Salam kenal om sy Yeri Sulsel sehat selalu

  • terima kasih untuk Mba Najwa dan juga untuk Habib Quraish Shihab. semoga selalu sehat dan dilindungi Allah SWT.

  • Masya Allah semoga yg melakukanya sadar juga, agar kita saling menghormati, terimakasih dan salam untuk Al habib, assayid wa adduriyah yg mulia Qurais sihab

  • saya buddhis namun saya sangat setuju dengan apa yg di sampaikan oleh beliau..semoga sehat selalu abi shibab..dan semoga semakin banyak orang diindonesia mengikuti jaran dan jalan pikiran beliau..

  • Penjelasan yg sangat mudah dicerna oleh semua kalangan..sehat terus abi

  • Penjelasan penuh kesegaran ilmu di tengah gersangnya pemikiran beragama. Terima kasih Habib Quraisy Shihab ๐Ÿ‘๐Ÿป

    • @Najma Airy alkatiri tinggal dipahami saja muslimah berhijab itu wajib atau enggak. Gitu aja kok repot !!

    • @bucin pekok kadtrun , pemuja batu kotak hitam , benda mati . akal mana akalmu

    • Ini bikin nangis๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ‘‡ id-tv.org/tv/video-B2aVrGTKK2E.html

    • @Netizen AlwaysRight APA HIJAB YANG BIKIN ORANG MASUK SURGA DAN TERHINDAR DARI SIKSA API NERAKA . . ??? APA ANDA TUHAN ????

    • @Netizen AlwaysRight Huaaahahaha . .KEPONAKAN RAJA ARAB GAK PAKAI HIJAB JUGA KALEE . . NAJWA TANPA HIJAB PUN SAYA GAK NAFSU . . KARENA AKHLAK NYA YANG MENGHILANGKAN NAFSU SAYA . .PAHAM

  • Penghormatan bukan berarti persetujuan.. BarakAlllah Habib ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡

  • Ya alloh berikan umur yg barokah kesehat untuk beliau.. ini lah sosok ulama sejati yg sejuk yg patut kita jadikan panutan. Bukan kadrun yg sok suci dan yg pengang kunci syurga sendiri

  • Subhanallah,, sangatlah bijak dan smoga bisa diterima oleh semua golongan,dan semua agama?? Bukankah saling menghormati dan menghargai itu indah,hidup rukun dan damai, terima kasih atas pencerahannya dan kajiannya.sehat selalu buat Abi sekeluarga ๐Ÿคฒ aamiin ya rabb