Sujiwo Tejo: Chaos Terjadi Kalau Ulama Sudah Bergabung dengan Istana

Dipublikasikan tanggal 18 Sep 2018
Budayawan Sujiwo Tejo mengutip teori pewayangan Goro-goro "Pandito Minto Pitulungane Ratu" yang berarti rohaniawan atau ulama meminta bergabung kepada istana.
Sosok yang biasa disebut Presiden Jancukers itu juga menambahkan dan menjelaskan, boleh ulama bergabung dengan istana, jika ulama yang didekati istana. Bukan sebaliknya, ulama yang mendatangi dan meminta pada istana.

Komentar

  • low jiwa teja ga masuk dalam cerita,karna beliau haya kala gonda kupret he.....

  • ya betul dengan judul ucapan sujiwa teja,akan keos negara low ulama bersatu setelah pilpres,artiya low ada pemimpin baru yg pro islam,negara CEOS.ada 2 golongan ulama,ada ulama SOHEH,ADA ULAMA DOIP.ADA ULAMA AKHRAT ADA ULAMA JABATAN DUNIA.dan pada akhrya jaman dah kolot,ulama dah samar2 sukar tuk dibedakan.

  • simbahku❤

  • wong tuwekkk rambut putih gondrong nuutuppin telinganya mungkinnnn kwkwkwwkkwkwkww

  • Gilaa bapak satu ini, luarrrr biasa, gw salut...

  • Haikal Hassan Radikal itu

  • Yg tua itu telinga nya ke tutup rambut, maka nya ngak denger terus

  • mrdu enak di dngar ..pokoknya ada kesan tersendiri dech ..itu amalanya bab suara ...nbi dawud

  • suaranya mbh jwo tedjo sngt menggelegar amalanya nbi dawud ..

  • Nusron kalo lama2 dipandang mirip sengkang babplang ya

  • Bang karni celetukannya lucu, ngakak dengernya :D #berkelas

  • Wajah kyai yg minum tangan kiri dn nusron wajahx kaya malu2in diri sendiri.KENA DEH 🤔

  • Saya yakin masyarakat masih banyak yang cerdas mencerna kata demi kata Mbah Tejo...yang saya ragu justru mereka yang ada diatas yang sudah berkubu. Apakah masih punya telinga yang sensitif untuk mendengar argumentasi obyektif seperti ini?

  • pada plengak plengok

  • Kakek rambut putih tu siapa si rambut panjang .kaya sensi bget sama mbah tejo

  • Q fokus ma orang jaket coklat jidatnya kok bisa gosong bget ya

  • Luar biasa penjelasanya. Ilmu komunikasinya tinggi. PesanNya sampe ke masyrakat.

  • Saya setuju dalam beberapa hal pendapat Tejo.. Saya fans berat, tapi saya tidak dipengaruhi/disetir manusia. Saya sangat suka ketika Tejo ga ngomong agama. Kalo debat agama ga guna memang, biarlah itu urusan pribadi.. Tapi aku tetap fans berat Tejo, tapi saya tidak disetir. Mari kita bedakan mana yg mempengaruhi, mana yg menyetir dan mana yang mengendalikan. Yang mempengaruhi blum tentu dia pengendali/penyetir hidup kita..

  • Yang bergabung dengan jokowi orang orang gobkok bin sintoloyo dan munaaafik gagasan yang di kembangkan persekusi dalam demokrasi

  • Q stuju pa yg di ktakn mbah tejo

  • wkwkwwkwk saya jg takut klo dgr suara org takbir dengan mencemooh org lewat demooo 😆😆

  • Pnjelasan orng munafik,sya tau hati kmu tdak suka islam sma ulama

  • Ntah Kenapa Saat Banyak Orang Tertawa Dengar Lawakan Mbh Tejo saya Malah Menetes Air mata, Mungkin Karena Kata2 Abstrak Mbh Tejo Terlalu Menusuk Jantung Saya, Atau Saya Yg Terlalu Rapuh 😄😂

  • Masih ada yg gak paham dengan pendapat mas tejo? BANYAK SEKALI! kenapa mereka gak ngerti? Karna akal mereka belum sanggup untuk berfikir.

  • Bahasa yang tinggi

  • ini bahasa cak nun yg dikofi sujiwo tejo.pintar apanya cuma kofian aja.

  • yang unlike calon- calon orang yang pasti masuk surga hha :) congrats yaah kalian orang yang berwawasan luas

  • Liat muka nasron itu...serasa mau muntah....😖

  • KALAU BEGITU GELORA ALLAHUAKBAR YG DIUCAPKAN PARA DEMONSTRAN BERHASIL MENURUNKAN ALLAH BUKTINYA SUJIWO TEJO TAKUT!?!? SEBAB YG BIASA SEBUT ALLAHUAKBAR BERTUJUAN MINTA PERLINDUNGAN TUHAN, BUKAN YG LAIN, HANYA YG YAKIN DENGAN KALIMAH ALLAHUAKBAR MEREKA ADALAH PENCINTA ALLAH SWT , ALLAHU AKBAR,!!!! BAGI PENCINTA ALLAH JANGAN PUDAR BERUCAP KEBESARAN ALLAH, DGN TULUS DAN IKLAS MENURUT SITUASI.

  • Sujiwo tejo gak paham posisikan kalimat takbir.., takbir bisa membuat org menangis juga bisa membakar semangat dlm sebuah perjuangan.. itu patut dipahami.

  • Emang ada ulama yg gabung dg istana ? Yg akan bikin chaos ?

  • Haha Nusron plonga plongo ae

  • Sujiwo tejo klw ngmg bner sndri yooo wong takbir di salahkn kek nya tejo islam jowo ea😃😃

  • Akhir zaman wes

  • Tejo iki ngomong opo ?

  • 1:53 Minum kok tangan kiri ?

  • Artikel penelitian Edbert Gani di medium.com yang disinggung mbah Tedjo 3:33 medium.com/@edbert.gani/answering-jakarta-my-step-to-move-on-a27e91b48785

  • Para habib dan kiyai pun kalah sama "dalang edan" Sujiwo Tejo .mantap sekali komentarmu wahai dalang edan. Semoga komentarmu bisa membukakan mata para habib dan kiyai yang sedang bergulat dalam politik. #2019tetaprakyat

  • seberapa bnyak kah dosa yg mereka buat dengan mengatas namakan agama?? lalu mana orang yg triak" bela agama??

  • Bgaimana klu di suriah, oposisi, pemerintah dan isis berperang, sama2 mengucapkan takbir. yang ketakutan siapa, ya jelas anak2, ibu2, dan masyarakat biasa yg tidak tau memegang senjata...

  • Sujiwo tejo = SAKIT JIWA..!!!

  • Andai saja ada caknun disini

  • Mohon maaf, Kalau comen yang objektif jangan subjektif,, di pahami dulu maksudnya baru komen

  • Mbah Tejo ciamik tenan.....!! Salam waras Mbah

  • Ridwan saidi udah mulai sentimen agama sekarang,udah mulai cari duit ya beh

  • Jancok cocok poolll mbah

  • Gak nyambung tejo... Gak masuk omonganya

  • Tejo dukun mana tau agama

  • Aku phm yg pk tejo mksut,,,,,

  • Ya takut orang kau setan, mw bagaimana pun takbir ngapain takut, manusia lebay

  • Setan beneran akan takut mendengar Takbir....jadi kalau antum takut *dengar Takbir?....😊antum siapa?... jawab sendiri

  • Takbir lantang membela agama allah insaallah seperti jaman rasul mereka melawan kaum kafir bertakbir keras men. Bung tomo waktu melawan penjajah ingat vidionya dia menyerukan takbir lantang men gak kayak banci ahahha

  • Pembahasan sujewo pointnya Dunia.. tukang nasi goreng yang laris... (Coba telaah lg isi pernyataan aki tejo )

  • Orng dngr tkbir dengn suaranya yg lembut,bsa mnglrkn air mata.bkn takbir teriakn di jln rya membuat orng ketakutn

  • Yang saya suka takbir ustad aripin ilham itu baru tersentuh

  • Kau ucap Allah akbar tp hatimu msh merasa lbh besar dri yg lain hahaha

  • Ustadz e mudeng gak Ki? Senyam senyum😆

  • Tejo gemblung .

  • Klo bkan setan ga bakal takut dnger takbir mw kenceng mw pelan ke.....cma setan doaang yg tkut sama takbir......ngaco ni kebanyakan buday, agama di kebelakangin....di pikir dunia kekal kali....hadeeehhhhh

  • Antara Takbir Gagah2an Atau Takbir Mengagungkan Sangat mencerahkan Terima kasih Pak Tejo

  • Gak bisa mbayangin, saat sahabat2 nabi yg menyemangati para mujahid pas perang dengan teriakan tabir. Pasti bakal di komentari juga, terkadang begitulah orang² berpandangan seni

  • ada yg dengar takbir kok malah takut...?? hahaaaaa

  • Pak tejo sangat cerdas. Bisa di pahami.

  • Mbah Tejo, membuka wahana pemahaman, dari keilmuan, kearifan tingkat tinggi

  • Dalem gokil gokil

  • Benar itu kalo pak Jokowi lembut n rendah hati mencari ulama utk bersatu mendukung negara beda sama yg satu dikit dikit ribut n masalah bisa bisa udh jadi malah pecah negara kita dibagi2

  • kami rakyat kecil yang tidak mengerti dan memahami gaya bahasa para pokitikus(keminter), yang kami inginkan adalah kedamaian dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. #SATU KESEMPATAN UNTUK KEDAMAIAN KEADILAN SERTA KEMAKMURAN SATU BANGSA DAN NEGARA INDONESIA

  • Maha Gurunya itu Cak Nun Yang belum kenal akan ada prosesnya dari ILC Mbah Tejo Cak Nun

  • Fihi ma fihi - maulana rumi

  • Setuju takbir itu mengingatkan kita akan ke agungan Allah SWT

  • Takbir yg menakutkan? Iyadeh mbah tejo kamu memang terbaik dah wkwkwkwk

  • Contohnya takbir zumi zola :v

  • bahasa tingkat tinggi

  • Semoga Indonesia tidak ke Arab araban , Indonesia adalah Indonesia bukan Arab ya yg selalu dlm perang saudara yg berkepanjangan

  • Jozz sudjewo tejo takbir yg bener klo takbir yg bener itu dunia akan hancur lebur

  • Gunakan takbir untuk diri sendiri jangan lah engkau gunukan takbir untuk orang banyak...

  • Dihadapan Tuhan semuanya kecil,,, akhirnya ada yg blak2an mengingatkan manusia akan Tuhan, Engkau Maha Tau YaRabb,,,

  • Itu abah yg udah 2x gak nangkap omongan Mbah Tejo, coba cek ke dokter THT.

  • Itulah org yg g ngerti agama

  • GURU2KU GA MAU TANGGAPI PERKATAAN TEJO ,UDAH PADA TAU KLO ADA BAUT YG LEPAS DIOTAKNYA ,,, HAHAHA

  • mbah tejdo salah nanya ,mbah tedjo kan sudah menyatakan bahwa "apakah aku yang terlalu kotor dan kalian yang paling suci?"seharusnya dia langsung nanya kepada allahu subhanahuwataala tentang perasaan takutnya dari dalam hatinya.yang maha tahu tentang isi hati manusia adalah allahu subhanahuwataala bukan kiai,ulama bahkan nabi apalagi kita yang orang biasa,mungkin sudah saatnya mbah tedjo untuk istirahat dulu di dunia perwayangan dan memperbanyak sholat dan ibadah lainnya inshaallah nanti ketemu deh jawabannya kenapa hatinya mbah tedjo itu.!

  • Anda berbicara ini ingin semua orang sedikiran dengan anda tejo tejo tejo situ terlalu pintar jo....

  • Ow bung tejo ini cebongers juga ya

  • Ga ingin komentar tentang Mbah Tedjo, atau gnpf, atau ijtima, dll, cuma satu yg says heran : ini program kan namanya "lawyers club", mana lawyers nya?? Perasaan dulu awal2 dibuat, acara ini jd diskusi antar lawyers mengenai masalah2 hukum yg terjadi di Indonesia. Kalo emang konsep acaranya berubah, mending nama nya jg berubah deh, jadi Indonesia Discussion Club atau Indonesia Talking Club atau apalah. 😄🤣

  • Tejo emang jos

  • Dan kali ini, Sudjiwo Tejo mengajari Takbir yg sebenar-benarnya, kepada Orang2 yg selama ini menggunakan Takbir sesuka hati mereka,,,

  • No Rocky Gerung no party

  • id-tv.org/tv/video-pgUwUbrVDhg.html

  • Mantap..... Pikiran nya nggak SERAKAH..... Tp orang yg di muka nya tuh... Orang SERAKAH haus akan kekuasaan

  • Seandainya pemikiran Mayoritas sepertimu mbah,, Alangkah sejuknya negeri ini...

  • seorang yang ber ilmu adalah orang yang berbicara memiliki isi dan arti itu lah orang ber ilmu baik agama dan negara, mba tejo adalah seorang yang mengkaji diri bukan mengaji diri ..

  • Jangan lupakan pancasila sebagai ideologi kita

  • Satu ilc apa ngerti apa yg di omongin mbh tejo ? 😂

  • Takbir yang memuliakan Tuhan adalah takbir bukan lah takbir yang ekstrim tapi adalah takbir yang menyentuh jiwa...

  • stiap bahas yg berkaitan ttg sara pasti ribut mlu ya. referensinya pada jaman dlu ini itu. kalau jaman skrg referensi yang istiqomah itu siapa? banyak pemahaman liberal di era skrg karena keterbukaan informasi yg liar. itu akibat dr dmpak negatif sosmed dkk nya. anyway. mereka yg kompetisi (kubu gerindra dan pdi) kok kita yg ribet sih. emng apa ngaruhnya di kehidupan kita skrg. mnding kerja cari rezeki. banyakin sodaqoh. husnudzon dan berbuat kebaikan. hidup damai tnpa saling sikut.

  • ini ma penjelasan tentang hakekat dan ma'rifat..agak susah di trima oleh generasi sekarang..krna generasi sekrang jangan kan hakekat,syairat aja masih banyak yg di bantah..maaf klo persepsi saya salah

  • Wah jan mbah tejo iki nek ngomong maknane jero tenan ,jossss bgt

  • Ulamak yg masuk politik itu menurutku bukan ulamak yg baeeeek ....karena ngapain politik itu hal duniawi ...gitu loooh

  • respect buat mbah tejo

  • 👍