Tanggapan Tiongkok Setelah Indonesia Kirim Pesawat Tempur ke Natuna

Dipublikasikan tanggal 9 Jan 2020
TRIBUN-VIDEO.COM - Indonesia kembali mengirimkan kapal dan pesawat tempur untuk melakukan patroli di Natuna.
Kemudian Kementerian Luar Negeri Tiongkok memberikan pernyataannya dalam jumpa pers pada Rabu (8/1/2020).
Juru Bicara Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, Geng Shuang mengatakan pihaknya memantau perkembangan di Natuna.
Menurut Gheng Shuang, Tiongkok memiliki kedaulatan di wilayah Natuna.
Meski demikian, ia mengaku ada perbedaan klaim di wilayah Laut China Selatan antara Tiongkok dan Indonesia.
Terkait hal ini, Tiongkok meminta agar Indonesia tetap tenang.
Dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (9/1/2020), ia menambahkan Tiongkok ingin menyelesaikan perbedaan ini dengan cara yang tepat dan menjunjung tinggi hubungan bilateral kedua negara dengan mengedepankan perdamaian.
(Tribun-Video.com/Tribunnews.com)
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pernyataan Terbaru China soal Natuna setelah Indonesia Kirim Pesawat Tempur dan Kapal Perang, www.tribunnews.com/internasional/2020/01/09/pernyataan-terbaru-china-soal-natuna-setelah-indonesia-kirim-pesawat-tempur-dan-kapal-perang?page=all.
Penulis: Daryono
Editor: Ifa Nabila

Komentar

  • Cina takut sama indonesia tpi bukan perang.tpi takut barang exspor nya.di stop

  • Dasar,mau damai tapi cara yg ngk baik.

  • Klu kirim kpl perang jgn 4 unit tp 12 unit seklian trus jet tempur jg...klu krng beli lg....

  • Jgn percaya komunis tiongkok byk tipu dayanya hati"indonesiaku,tiongkok sama israel sama jahatnya dan byk tipu daya

  • Apa maksud indonesia tonang kalau kalian masi totap mongklaim kalau iru milik kalia soharusnya tiankok mongikuti aturan yg suda ada

  • Cino dianjok mlebu o nang jowo tak tugel gulumu sak anak putumu , lebih baik mati terhormat dari pada hidup dijajah , didalam jiwa kami masih mengalir darah para pejuang

  • Indonesia harus selalu waspada. Jangan lengah

  • Jangan mau kalah cina pengin perluasan wilayah nya.

  • Mantul Indonesia

  • Klau nekat cina serang indonesia konsekuensi nya.... ya bnar apa kata kawan2 "HUTANG LUNAS"!!! πŸ˜›

  • Gk bisa di terima apa lagi di bagi 2'! Laut Tionkok itu udh sangat2 luas...' jngnlah utak atik laut indonesia yg cuma segitu"! 😠😠😠

  • Tiada lagi nego... Ambil natuna krn itu sah milik kita...

  • Tumpas aja peceroboh itu hhhhh

  • Maling jangan anggap teman

  • mana brani cina lawan indonesia....bambu runcing kalau ngenai pitanus kwkwkw

  • Dari dulu kep.Natuna/kep.Riau milik Indonesia.

  • Wahai TNI boikot prodok cina jgn beli pada pedang cina

  • Momen tepat menggempur cina ramai2. NKRI HARGA MATI tak ada nogosiasi ataupun tawar menawar untuk wilayah natuna.

  • Kedaulatan nkri atau mati itu harga buat cina.......tidak ada tawar menawar untuk cina.....amsiioong.....!!!!

  • CinA gak usah pura2lah..... Kami tau kau licik peenipu....

  • Boom saja bendungan Tiga Ngarai mentang maju ekonominya saat ini hancur 2 tiba saatnya

  • Kapal tiongkok yg broprasi kroyok saja pake 45 psawat tempur jendral itulah angka kemerdekaan indonesia

  • Negra mna pun bla tau NATUNA mka mraka psti lari ktkutan... Krna sispa pun yg brni ngsik NATUNA Mgkin bsa hncur...

  • Cina tunggu lah dan sabar yoo.. 10 tahun lagi.. kita sdh 75% mandiri.. kalau mau perang *hayukkkk*

  • Pemerintah Indonesia jangan mau di bodohin oleh China untuk mengulur waktu tentang penyelesaian yang di katakan oleh China. NKRI Harga Mati. Bagus perang dengan China.

  • Jangan mau indonesia tenang di bohongi komonis contoh kn jokowidodo janji dg komisi 9 tdk menaik kn bpjs diam diam di naik kn nya kn komonis jokowi kerna ma ssh batal kn

  • Wah pakar2 politik,pakar militer,ahli ekonomi berkumpul dengan bacot2 yg sangat berkualitas.indonesia maju krna sekelompok pakar dan ahli2 ini.

  • Kalau cina menyerang indonesia usir saja warga keturunan yang ada di indonesia seperti vietnam

  • Dasar Komunis semua wilayah mau dirampoknya.

  • Negara Indonesia akan melawan China..

  • China shit country

  • Ini tujuan nya komunisme, mereka selalu ingin memper kuasai semua penduduk di dunia!

  • Klo tiongkok berani lepas satu peluru sja ke tentara kami,, maka HUTANG HANGUS... hihihihi

  • Jngn takut sm komunis china...mna nih mahasiswa yg dulu begitu garang...ayo kt demo dubes tiongkok...

  • Jngn takut sm komunis china...mna nih mahasiswa yg dulu begitu garang...ayo kt demo dubes tiongkok...

  • Maling harus di adili.

  • berani klaim wilayah kedaulatan NKRI.. usir semua seluruh cina dr NKRI😠😠😠

  • πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨ kita bisa damai tanpa harus di ganggu di lautan kami, kami juga akan tetap memburu bila lautan kami di gerogoti oleh kapal" asing yg masuk di wilayah perairan laut kami

  • Kirim doang gak ditangkap kapal nelayanya ya sama aja boong tar balik lg

  • China jancok ...sak turun" ane serakah kabeh

  • Memang wataknya dari nenek moyang mereka kalau perlu sama org "tekaing kaing", cb kalau sdh enak lupa sama teman ,saudara, kalau bisa teman diembat jg. Rakus lu.

  • Tiongkok koclok, natuna iku punya INDONESIA tahu

  • Perang prontal kayanja engga?paling dngn cara ngacak2 dari dlm negri ,membaca kelemahan2 yng sedang dialami di Idn,contohnja banjaknja keyakinan,perdagangan,,cara politiknja ,dari hobi Nja' banjak istri apalagi amoy2nja cantik2,otoma tis perlu koropsi untuk memenuhi anak dan kluarganja,contohnja para wali ada yang beristri cina ,dicerebon di Demak dllπŸ‘‚πŸ‘‚πŸ‘‚

  • Perintah indonesia harus tegas bila perlu usir cina dr indonesia

  • Mantap...jagavtetus kedaulatan NKRI

  • Kalau memang kitapunya wilayah kenapa kita berikan ke org lain

  • Kbanyakan over proud...g tau apa para tentara kita jg punya nyawa....equipment kalah mutlak, geo politik mesti jalan....dan harus menang..tanpa perang.... Emang f16 kita mau nyerang kapal china pake apa?prasaan blm punya rudal udara ke permukaan....

  • Perdamaian dan Hubungan baik omong kosong, china tiongkok selalu memancing kerusuhan. Semoga China Tiongkok HANCUR LEBUR, Aamiin Allohuma Aamiin

  • Jangan maen2 dengan indonesia Rakyate bisa jadi pasukan berani mati.

  • Angkatan perang lndonesia tetap siaga, jangan terlena. Cna tetap cina.

  • Jangan percaya tipu muslihat cina.

  • Mau apa sih RRChina ngutik2 Pulau Natuna milik NKRI dari jaman dulu! Pakai otaknya donk!

  • Tembak2in aja kapal2 nelayan China serta coast guard nya biar pada tenggelam,kt Indonesia mah gk ush takut kt pasti byk yg bantu sebab China byk dibenci byk negara,kekuatan negara2 besar pasti akn membantu Indonesia,China fuck negara serakah dan sok jago

  • Masihkah indonesia bekerja sama dengan china soal ekonomi dimana indonesia selalu diguyur hujan pinjaman yg menggiurkan"tenang bayarnya 3thn lagi",eh ada yg korupsi gk dihukum mati dan akhirnya" woy indonesia bayar utangnya". Padhl uang buat bayar utang udh dikorupsi what the fuck!

  • Tingkok klau bkan karna indonesia miskin dia? Indonesia mampu mandiri tp tidak di dukung oleh pemerintah. Jdi ny y bgni?

  • y iyalah cina bkl bilang k gtu,mereka sadar terlalu banyak konflik sama indo,india,usa,inggris,jepang hbs rese lu sipit

  • Orang cina komunis tiongkok,atau orang cina tiongkok sama saja..orang 2c cina yg tinggal diperantauan indonesia singapore ,malaysia ,vitnam,kami di aceh besar tidak ada istilah tionghoa ..bagi kami mereka keturunan orang2 cina.bagi mereka ada yang masih peroisme pada R.R.T..termasuk yg menjadi perpanjangan tangan beijing ,cina tiongkok cukup sulit kita percayai,.banyak rahasia warga cina tiongkok yg sulit kita megerti.kebanyakan cina tiongkok meyembuyikan rahasianya...kemudian ada sebagian kecil keturunan orang2 cina tiongkok .yg membela negara repubelik indonesia dlm mempertahankan kemerdekaan infonesia raya..not .jadi yg.masih memihak atau membela komen ke cina komunis tiongkok ,cepat2 lah anda pulang aja kenegeri leluhur kalian di cina tiongkok komunis .yg telah membuat memperopokasi negara indonesia dgn meng kelem laut NAtuna utara adalah milik teritori cina komunis tiongkok kepala otak xijinping..tulisan dari orang aceh.indonesia.

  • Jangan mau tnang indonesia laut natuna harga mati milik indonesia jangan percaya janji tiongkok komonis pembohong besar perkuat kn pasukan di natuna biar banyak lawan tiongkok prang

  • Siasat licik Tiongkok hendak merayu Indonesia agar mengendorkan konsentrasi kekuatan militernya shg.Indonesia dg.mudah dpt.digembosi dr.dlm.dan Tiongkok bisa menjinakkan Indonesia.Mrk.tahu kelemahan pemerintah Indonesia adalah melalui suap , janji-2 bantuan hutang dan sanjungan-2 yg.menyesatkan.Karena itu wahai saudara-2 ku sebangsa dan se tanah air.Waspada dan hati -2lah jangan sampai kecolongan.Keamanan dan keselamatan bangsa dan negara adalah tanggung jwb.kita bersama.Tujukanlah kpd.dunia bhw.Indonesia tdk.serendah yg.mrk.bayangkan.Fakta dan tealita telah membuktikan bhw.Indonesia merdeka karena berkah rahmat Alloh melalui perjuangan rakyat dan TNI kita.

  • Kami pelaut Natuna makin hari susah dapat tangkap ikan banyak, ilegal fhising semakin marak selepas jabatan Ibu Susi. Kapal asing merajalela curi ikan di perairan laut natuna utara. Alat tangkap kami tradisional sedangkan nelayan asing pakai trawl pukat harimau. Pak Edi tdk tegas jadi menteri KKP, tdk setegas Ibu Susi. Kami rindu dgn Ibu Susi. Laut kami sangat aman, beliau tegas, kapal asing pikir2 mau masuk di perairan kami di natuna.