TNI Kerahkan 6 Kapal Perang Di Perairan Natuna

Dipublikasikan tanggal 13 Jan 2020
RIAU - KOMPAS.TV - TNI terus melakukan patroli di perairan Natuna, Kepulauan Riau, untuk mengecek keberadaan kapal Tiongkok.

Sementara itu, kelompok nelayan di Natuna resah dengan rencana mobilisasi nelayan dari Pantura.



Sejumlah ALUTSISTA yang dikerahkan saat melakukan patroli udara di perairan Natuna, antara lain pesawat Boeing 737 intai strategis milik TNI angkatan udara, serta empat pesawat F-16.

Sementara patroli laut dilakukan dengan enam kapal perang, di antaranya K-R-I Ciptadi, K-R-I Teuku Umar, dan K-R-I Usman Harun.

Berdasarkan pantauan hingga senin siang, tak ada lagi kapal Tiongkok di sekitar batas terluar zona ekonomi eksklusif Indonesia.



Menyikapi persoalan di perairan Natuna, kantor Staf Kepresidenan menggelar rapat koordinasi yang diikuti sejumlah kementerian.

Deputi bidang Hukum dan HAM kantor Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani menyatakan rapat tertutup dilakukan untuk menyamankan visi soal penanganan dan pembangunan di Natuna.

Terkait dengan keberadaan kapal Tiongkok di sekitar perairan Natuna, pemerintah kembali menegaskan tak ada negosiasi mengenai kedaulatan negara.

Komentar

  • Saya sangat bangga sama TNI,semoga alloh melindungi rakyat indonesi

  • Hidup TNI, maju terus demi NKRI, hancurkan musuh yg akan merusak NKRI dan melanggar wilayah kita, jangan dikasih hati, hantam saja kalau melanggar! Semoga jaya NKRI dgn TNI-nya disepanjang jaman!

  • ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ ya Allah lindungilah negara kita ini ya Allah Aminnn

    • Amin Lin dungin lah ya allah

  • Semoga saya bisa menjadi TNI Aminnn

  • Bravo TNI smga di berikan kesehatan slalu

  • Sepertinya indonesia cukup serius soal kedaulatan negara. Smoga para TNI sebagai pasukan terdepan pertahanan negara selalu diberi perlindungan oleh Tuhan YME, amin.

  • T N I maju tak gentar bela yg benar! atas nama dan demi bangsa dan tanah air tercinta NKRI!

  • Semoga aman negara republik Indonesia negara kita jg tercinta ini.

  • menjaga kedaulatan NKRI harga mati ,kewajibansetiap warga negara

  • Bagus.. kita dukung kita semangati terus TNI kita dlm menjaga kedaulatan Negara, tidak boleh gentar menghadapi ancaman dari luar, kita pertahankan NKRI sampai tetes darah penghabisan, itulah jiwa kesatria

  • Kita siap mempertahankan NKRI

  • ๐Ÿ‘๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จNKRI,kedawulatan harga mati mudah2han awlloh menjaga dan memberi keberkaha๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™

  • Saat nya menguji strategi dan teknologi persenjataan yg di miliki indonesia sekaligus mempertahankan kedaulatan..

  • Mantap TNI NKRI harga mati

  • Maju tak gentar ,membela yang benar.maju tak gentar serentak insya Allah kita menang.maling ya maling.harus di tangkap di adili di mana pun kita berada.

  • Ya Allah hanya kpdamulah hamba mminta,agar Indonesia negriku engkau lindungi dr negara yg serakah atau yg bingal, amin ya Allah

  • TNI sehat selalu biar manjaga NKRI ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Bagus saya bangga sama TNI bravo oyes

  • Buat TNI jaga NKRI Kita jaga indonesiaku Kita jng smpai d'jajah lagi dari kecil sya ingin jadi TNI tpi masih belum tercapai tpi semangat TNI bersama rakyak Kita kuat

  • Lindungi tentara kami ya Allah..

    • Mari saling support, pasti disupport balik, bisa di cek Mari maju bersama

  • teruskan, jangan sampai kendor (lagi), NKRI harga mati

  • Ku brharap smga Negara Ri aman"aja ..

  • Siap Perang? Selalu siap TNI. โค

  • Bravo TNI AL

  • Semoga tidak terjadi peperangan, kasian,anak anak, perempuan, kalo memang terjadi, perang, putra putri, indonesia siap melindungi bangsanya,

  • Kami rakyat Indonesia dr NTB Bima sangat mendukung kesiapan TNI dgn klengkapan alat perang mulai dr darat, Udara lebih utama lagi kesiapan angkatan laut dg kapal kapal perangx juga jet jet tempur dr angktan udara yg udah canggih skr dan kami dr Bima ntb katakn maju trus angktn laut, udara dan darat pntang mnyerah TKS NKRI harga mati.

  • Serius kita betul betul harus memperbarui kapal perang kita Indonesia itu punya angkatan laut no 7 terbesar di dunia tapi kapalnya banyak yang kuno banyak yang masih dari tahun 1960an Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk memperbarui angkatan laut kita dan jangan lupa berdoa je Tuhan YME untuk perlindungan INDONESIA MERDEKA !!!

  • Alutsista harus bisa diproduksi sendiri, dan diperbanyak

  • Harus Total balanja persenjataan baik darat laut dan udara...perkuat total negara.....perbayak pasukan.. Semoga kita semua sllu ada dlm lindungan nya..amin.. ๐Ÿ™

  • Indonesian harus kuat dan pertaan kan NKRI

  • nelayan lokal natuna tetap harus di perhatikan setelah ada kebijakan baru nnti

  • TNI jaya

  • Saingan nelayan natuna banyak sekali, ada nelayan dari jawa, cina dan asia tenggara

  • Maju terus pak tni,

  • Pertahankan marwah negara

  • Kapal selam paling seram ... walaupun dapat gelombang radar ... TNI SIAP SIAGA ...SALAM DARI MALAYSIA..๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ

  • Tak kan goyang kami menghadi seranganmu,doa kami selalu untuk kalian demi kesatuan NKRI

  • Perjuangkan, tanah Pertiwi,,, Jgn takut Samah negarah yg mau,menjajah,NKRI,

  • Sbsar apapun invasi yg dtg dri luar NKRI,, sya yakin Indonesia bsa mnyelsaikan scra profesional.๐Ÿ’ช๐Ÿผ Yg sya ragukan bgaimna mnyelsaikan invasi dlm NKRI? (KORUPSI)๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Sya sangat ingin jadi tni.. Tapi tidak direstui/tidak disetujui oleh orang tua Sedihnya..

  • Terus pertahankan natuna kita lihat sampai mana negara Asing itu bisa bertahan

  • Saatnya buktikan pada mereka dan dunia motto rakyat Indonesia "NKRI Harga Mati".

  • Tamu tak diundang/penyelundup harus di interogasi oleh kepolisian.

  • Seharusnya terus dilaksanakan patroli jgn kasih kesempatan kapal negara lain masuk lg wilayah nkri untuk mencuri.

  • Rindu TNI sesekali Menampar Muka China di laut Natuna, agar mereka tahu Kita bukan negara yg dapat diremehkan jika kedaulatannya di ganggu. Jangan sesekali Negara mengorbankan nelayan yg tdk punya kemampuan persenjataan utk menghadapi China itu sangat MEMALUKAN

  • bagusnya kerahkan juga semua nelayan yg mau menangkap ikan di sana karena selama ini nelayan natuna juga gak bisa berbuat banyak jika ada pencurian ikan besar"oleh pihak asing๐Ÿ™‚

    • untuk TNI yg sedang melaksanakan tugas negara di natuna insyaallah... kami seluruh rakyat indonsia' akn mendukung dan berdo'a untuk kselamtan prajurit, mudah2n cina dapat di hancurkan sekejap mata, sehingga pulau natuna tetap menjadi milik indonesia. MERDEKA

    • Shrusnya bila kapal tak ada yg mampu melawan ombak negara harus mevasilitasi /membuat kapal besar pencari ikan degan begitu bisa buat menambah perekonomian negara daripada di ambil orang asing...Ojo Wedi enek Sunda empeir ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • Nelayan jga gak berani bro kesono, katanya ombak nya besar besar... Kecuali ada yg ngawal.. liat wawancara nelayan Natuna aja

    • nelayan bisa apa? mereka mafia ikan dulu mentrinya killer!! skrng? jangan bermimpi!! lobster baby aja di jual murah. Ibu Susi Pudjiastuti aja gemes betapa cerdasnya INDONESIA dukung Jokowi datangkan investor asing untuk Natuna. oprasional kapal dan pesawat itu mahal ( simbiosis mutualisme )

    • Kata bupatinya ,,banyak kapal yg belum mampu masuk zee dikarnakan ukuran kapal belum mumpuni.

  • like buat TNI

  • Anggaran negara sangat besar utk TNI...saatnya beraksi krn kedaulatan negara terancam....

  • Y Kebijakan dr pemerintah ttg masuknya nelayan dr jawa jangan mengabai nelayan daerah natuna, memang seharusnya harus kerjasama dgn pemerintah daerah setempat, kasianlah perintah daerah tidak dapat apa2, kususnya nelaya natuna...

    • @underscore lu malah rela diketekin asing drpd bangsa sendiri. Mending bikin aturan sesuai daerah setempat seperti diberita

  • Ya bener mentri susi pudjiastuti itu hebat. Mempunyai kemampuan di plomasi dengan berbagai negara dan di kagumi dunia itu kan modal utama . Sehingga di takuti pencuri . Karena brani tengelamkan. Dan mendapatkan dukungan. Semoga bu susi menjabat lagi

  • Saya dukung TNI baik saja

  • JANGAN KASIH KENDOR PA JOKOWI PA PRABOWO๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

  • Indonesia harus belajar produksi sejata nukril dan pesawat tempur biar ada alat perangnya tks

  • 1.000 kapal Perang pun menjadi tidak berguna jika tidak ada tindakan tegas..

  • Sikat Pak Komandan,,,, Bersahabat tidak menjadikan Mencuri menjadi Legal!!!!

  • Hindari perang,yg membuat rakyat sengsara negara bangkrut/dikuasai negara lain,karena banyak utang dll.

  • S400.. siapkan untuk menjaga kedaulatan NKRI..!!! Komando!!

  • Bangsa indonesi bngsa besar,,,,,, Barang siapa yg mengganggu kedaulatan nkri,,,sikat bravooo

  • Kedepanya harus ada pangkalan militer di salah satu pulau natuna

  • Memang perang itu sangat menyakitkan tapi masak kita udah. Di injak injak masih diam aja menang atau kalah hidup atau mati Alloh yg menentukan yg penting kita di jln yg benar mari kita dukung angkatan perang kita dan kita doa kan semoga selamat dalam masa tugas nya

  • Alhamdulillah kalo udah keluar tapi menurut saya harus diperkuat karena china mempunyai strategi lain buat serang indonesia

  • Kita masyarakat kecil mending ikut nonton aja, biarkan para yg MAHA KUASA yg berbicara๐Ÿ˜€

  • LANGKA MUNDURE ๐Ÿ’ช

  • Kayaknya laut natuna perlu dicek lagi setelah ditinggal pergi kapal asing...waspadai jika ada alat2 atau bahan2 yg membuat ikan jadi terusir/tdk betah di wilayah tersebut

  • TNI JANGAN DULU PERANG,ITUMAH BAGIAN POLRI ATAU BRIMOB.JANGAN CUMA KERAS PADA RAKYAT SENDIRI.TANGKAP PARA PENCURI DALAM DAN LUAR NAGRI.DARI KELAS TERI SAMPAI KELAS HIU.

  • Secara teritorial ,Natuna bukan lagi masuk gugusan sumatera , kalau dihitung dari pantai Dumai Riau,udah melebihi 200 mil dari pantai pulau Sumatra, sementara Natuna jauh di Utara Sabah Malaysia,yg posisi nya dilaut cina selatan,maunya Natuna buat propinsi sendiri,

  • Semangat pak jokiwi nkri harga mati...aku siap bela negara yg tr cinta ini

  • Saya siap jadi relawan demi indonesia.orang tua ku dulu adalah pejuang 45.saya bangga putra petran AKBRI???saya siappppp๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ

  • Indonesia di jajah berabad2 gk prnh gentar mnghadapi tkanan apapun dr negara lain siap bela NKRI harga mati..usir china dr NKRI

  • Seandainya indonesia punya kapal perang lagi 25 ...kapal.selam 50....jet tempur 50. Tank 200. Saya pasti bisa tidur nyenyak...

  • Semogah Indonesia menang dalam perang Indonesia vs China

  • Untuk nelayan di natuna bukan saat kita berdebat jauhkan kerasaha Yang kalian rasakan mari rapatkan bariisan seluru nelayan Indonesia lbi baik di makan sodara kita sendiri dari pada hasil laut kita di rampok di bawa ke cina mari kita jga sama 2 kekayaan laut kita untuk tni polri selamat bertugas doa rakyat Indonesia berserta mu kita bangsa Yang besar kita tidak boleh takut dengan bangsa mana pun kita pasti menang trima kasi persiden ku

  • Percuma diusir pasti datang lagi coba ditembak langsung kapalnya.punya senjata tidak dipergunakan itu maling perampok kekayaan indonesia.bela maling atau bela NKRI. TNI jangan takut masyarakat siap ikut perang.

  • F-16 ๐Ÿ‘

  • MOHON DITENGGELAMKAN PAK, mereka ga jera cuma diusir saja. Sekali lagi mohon ditenggelamkan.

  • Ayo semangat TNI jangan takut sama CHINA...

  • welll everyone has their jobs, maybe i cant go to natuna but perhaps i can help with many other things for my country....

  • Ibarat ada maling di rumah kita dan kita cuma melihat gitu aja... Dan menyuruhnya pulang... Sungguh sangat baik orang indonesia ini...

  • Nah gitu dong Jgn takut sama negara manapun Siapa saja yg msk wilayah NKRI Hrs di tembak

  • gue bangka sama tni "sampai letnan perut nya gak ada yang buncit

  • Top take action the best to country indonesia

  • buat pangkalan militer terbesar di sana.. soalnya natuna adalah rebutan bnyk negara

  • 6 kapal perang dan 4 Pesawat tempur F-16, Mantap, Jokowi Kerahkan Kekuatan Militer di Natuna ๐Ÿ‘

  • kami keluarga TNI siap membasmi para pencuri kedaulatan indonesia... kini saya jg tergabung hacker intelegen siap membela negara ini kalo perlu siap menjadi pasukan bunuh diri bangsa. tercinta ini. dimanapun siapun Maling / pencuri dimanapun didunia itu salah dan bisa di maafken karna ini jg negara Muslim cinta Damai tapi jika di usik berkali kali yaa Senjata - Perang atau Mati taruhanya... " MERDEKA "

  • Penyelesaian masalah dgn cara keras seperti ini biasanya adalah untuk mengalihkan perhatian rakyat akan isu lokal,jaman skr masalah ikan gt bisa diselesaikan dgn baik2... Klo mereka langgar zte kita maka kita langgar aja zte mereka

  • Saya harap tidak hanya fokus di natuna saja bisa di perketat di perairan sabang sampai merauke.

  • Rindu bu susi.tegas patriotisme.nasionalis.militan.

  • Harusnya bersyukur bukan malah resah,nelayan pantura bakalan ke natuna untuk mencari ikan di ZEE sekalian mereka bisa ikut menjaga laut dan menjadi mata" negara + mereka bakalan bawa kapal" besar kalau kapal kecil gk bakalan mampu berlayar ber minggu" di tengah laut,

  • Jgn hanya "begitu" Dah tenggelamkan langsung.lok perang ya perang.bikin geram ...tegas.

  • Sebaiknya Menhan dan Panglima TNI harus buat keputusan dan kerahkan pasukan untuk menghadapi pasukan cina. Karena cina sudah menginpasi E konomi bahkan tenaga kerja sudah dikuasai cina sampai ke kenek bangunan

  • Kalo harus perang , apa boleh buat indonesia siap melawan , rakyat siap berperang

  • Saya cuma bisa bilang DILEMA. 1) Mau perang dengan China, apa bisa menang ? Parameter utama dalam memenangkan peperangan adalah seberapa lama bisa SURVIVE, lagi2 faktor EKONOMI dan LOGISTIK jadi penentu. 2) NKRI boleh dibilang sudah SANGAT tergantung oleh infrastruktur yang dibangun oleh China. Terutama infrastruktur EKONOMI. Jadi, apa yang akan dilakukan hanya untuk efek GERTAK saja, tidak lebih dari itu. Pengalaman berperang dengan GAM membuktikan fondasi EKONOMI sangat berperan dan merupakan kunci utama SURVIVE dalam peperangan. Buka kembali sejarah peperangan Indonesia.

  • Berhati hatilah NKRi q...caina adalah negara bersenjata cangih no 3 sesudah Amerika dan Rusia...semoga Amerika selaku negara paling besar di dunia bisa memperbaiki semua ini

  • Kompas TV tolong viral kn sya, sya ingin menjadi komcad TNI sya siap berkorban demi negara ini sya siap mati demi negara ini asal sya bsa bergabung dgn TNI

  • Kalo mentrinya bu susi mungkin ga akan kaya gini๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

  • jangan reaah untuk nelayan lokal daripda di jarah oleh qsing kan ada pengawal BAKAMLA TNI mungkin kalaw sudah aman di kembalikan lagi keasalnya.

  • Kerahkan semua juga percuma kalau benar2 perang... Cina cukup 1 kapal saja sebab kapal mereka memiliki radar yg lebih jauh, rudal yg lebih jauh, perang elektronik yg lebih canggih... Jd bukan masalah jumlah kapal

  • jangan usir doang , adili dgn hukum . karna dia udah ambil ikan2 dari indonesia

  • Bila saya jadi presiden indonesi saya pasti tumpas lenyapkan penggangu wilayah nkri,,,,,,,raga jiwa darah saya korbankan demi nkri,,,,karena pejuang 45 dulu juga mempertaruhkan nyawannya,,,,kog

  • Karna nggak ada tindakan tegas makanya kapal tiongkok makin ngelunjak..