Unik! Begini VAR 'Kearifan Lokal' Versi Liga 3 Jawa Barat

Dipublikasikan tanggal 18 Jan 2022
VIVA - Momen unik terjadi dalam pertandingan Liga 3 Jawa Barat yang mempertemukan Persikabbar vs Bandung Barat United pada Senin, 17 Januari 2022. Uniknya, pertandingan itu menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dengan kearifan lokal.

Baca berita terbaru, terkini dan terpopuler disini www.viva.co.id/

Komentar

  • Mantab.. Bagus Sekali. Saya sangat mengapresiasi . Suatu tanda bahwa Sepak Bola Indonesia semakin maju. Kemajuan itu ada. Maju Terus Sepak Bola Indonesia!

    • @Reza Muhammad wasitnya itu belum tentu lihat VAR,,,,pada akhirnya,,,,pemain dan penonton tidak tau,,,yang tau cuma wasit dan orang di sebelahnya dia sedanglihat apa,,,siapa tau dia lihat data terbaru pasien omicron.,,,,,,hhhhhh

    • Preketek maju wkwkek sejak kapan sepak bola indonesia maju lol wkwkwkw

    • @Reza Muhammad kocak, ngapain fifa ngenain sanksi.. kocakk kocak, orang dia cuma memastikan tayangan ulang yang dilakukan pemain betul atau tidak. Mau mereka menyebut var atau apa. Itu hak mereka lah bos, mau ngasih nama apa juga. Apa hubungannya sama fifa??? Kecuali kalo emang itu bener2 var baru harus ijn. Ini cuma pake istilah doang, bukan real var. Budayakan mencerna berita, jangan ambil mentah2 langsung komen

    • VAR pake monitor udah jadul, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

  • Patut diapresiasi...jgn dilihat dari sederhana atau canggihnya VARnya tp lihatlah bagaimana kesungguhan mereka untuk berbuat adil dlm memimpin pertandingan..keren

  • Mantap semoga pesepakbolaan Indonesia terus maju tidak kalah dari negara negara lain ๐Ÿ‘

  • terlepas dari sederhananya alat yg digunakan, yg patut d apresiasi besar adalah keinginan untuk maju dan menciptakan pertandingan yg lebih fairplay.. salut ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‘๐Ÿ‘ untuk sapras insya Allah bisa menyusul, niat dan tekadnya sdh kelihatan sekali..

  • Waah keren, ini yg dinamakan ingin maju dan gak monoton meskipun dengan alat seadanya, semoga bisa menginspirasi buat daerah daerah lainnya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Bagus, sy sangat mengapresiasi๐Ÿ‘ Walaupun dengan cara yang sangat sederhana setidaknya ada usaha untuk maju. Maju terus sepakbola Indonesia. Salam Sportifitas ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโœŠ๐Ÿ”ฅ

    • VAR pake monitor udah jadul, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

    • Halo semuanya, sebelumnya maaf sebesar-besarnya yah kalau saya bahas dalam pandangan Islam. Sebelumnya maaf, saya mau ingetin 1.bahwa sebaiknya berbicara yang baik atau diam. 2..Sekedar info,bahwa sebenarnya niat itu didalam hati yah,kalau mengucapkan itu Sunnah, termasuk niat sholat. 3.Terus didalam Islam itu tidak ada yang namanya pacaran, dan yang perempuan jangan lupa untuk menutupi aurat nya yah. Karena aurat wanita itu semuanya kecuali wajah dan telapak tangan ๐Ÿ˜Š. 4.Dan kalau hukum musik ada perbedaan pendapat di kalangan ulama,namun lebih baik sih dijauhkan nya. Cara berhenti nya pelan-pelan aja๐Ÿ˜Š. 5.Dan hindarilah syirik(seperti mempercayai kekuatan selain Allah S.W.T.(oh ya,kalau mau baguss nya pake bahasa Arab,tapi kalau tidak penulisan nya pake kapital dan dipisahkan dengan titik). Seperti percaya pada dukun,zodiak, dan sebagainya. 6.Hukum patung,ada perbedaan pendapat,namun saya ambil pendapat mengharamkan nya, karena mendekati kebenaran.Cara berhenti ny yah pelan-pelan aja, yang penting yakini aja dulu bahwa musik & patung itu tidak boleh yah๐Ÿ˜Š. 7.Terus kalau bercanda, jangan berlebihan yah, sampai-sampai bawa agama, seperti salah satu nya nama Dajjal,dll๐Ÿ˜Š. 8.erus didalam Islam, sebenarnya yang membunuh/teroris itu bukan Islam asli,alias KTP Islam ๐Ÿ˜Š. 9.Janganlah menghina orang-orang lain. 10.Ingat Allah S.W.T., niscaya Allah akan mengingat mu. 11.Untuk ulang tahun dalam Islam, sebentar ada perbedaan pendapat. Cuman aku lebih memilih sikap kehati-hatian yaitu tidak merayakan nya, termasuk merayakan tahun baru. 12.Berdoa kepada orang lain,maka dia itu akan balik ke kita, sesuai dengan doa tersebut.Jika itu baik,maka ganjarannya kebaikan, tetapi sebaliknya jika itu buruk,maka ganjarannya jg sama. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š,stay halal brother ๐Ÿ˜Š.

    • @Muh Joko Widodo ekwkkwk bukan ndak mau tapi takut sama fifa, skrng aja di stop

    • Ingat kata haruna yang penting hasil tidak penting itu VAR

    • @Mas Nour regulasi pssi bapak kau Penggunaan kek gini dilarang fifa Hal kek gini harus ada izin resmi dari fifa dan harus pake var asli buka kek gini

  • Saya respect dan apresiasi maju terus sepakbola indonesia ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Perlu di Contoh dari hal-hal kecil dan di anggap VAR kearifan lokal atau abal-abal ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Keren ya .. bukan hanya VAR lokalnya tp lapangannya juga simpel rapih .. ya harusnya setiap daerah minimal punya fasilitas simpel tapi elegan seperti ini ..

  • Walau belum canggih, tp setidaknya ada harapan untuk sepakbola Indonesia yang lebih maju. Semoga makin banyak stadion2 Indonesia yg memakai VAR salut๐Ÿ‘

  • Gue bangga lihat kemajuanโ€ liga di indonesia. Keinginan maju itu hari dri orgโ€ yg trlibat bahkan pecinta sepak bola. Jaya sepak bola indonesia.๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    • @Warozzynyepak 46 gajelas

    • Ini sepak bola jabar bung.. bukan indonesia secara keseluruhan.. Kalo liga sopi sih ga pake beginian.. jangan di anggap sama..

    • VAR pake monitor udah gak zaman, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

    • @tri bunface kopites Amjinc wkwkwk.... Suruh Live di Bein aja Biar Mantap Kameranya

    • Halo semuanya, sebelumnya maaf sebesar-besarnya yah kalau saya bahas dalam pandangan Islam. Sebelumnya maaf, saya mau ingetin 1.bahwa sebaiknya berbicara yang baik atau diam. 2..Sekedar info,bahwa sebenarnya niat itu didalam hati yah,kalau mengucapkan itu Sunnah, termasuk niat sholat. 3.Terus didalam Islam itu tidak ada yang namanya pacaran, dan yang perempuan jangan lupa untuk menutupi aurat nya yah. Karena aurat wanita itu semuanya kecuali wajah dan telapak tangan ๐Ÿ˜Š. 4.Dan kalau hukum musik ada perbedaan pendapat di kalangan ulama,namun lebih baik sih dijauhkan nya. Cara berhenti nya pelan-pelan aja๐Ÿ˜Š. 5.Dan hindarilah syirik(seperti mempercayai kekuatan selain Allah S.W.T.(oh ya,kalau mau baguss nya pake bahasa Arab,tapi kalau tidak penulisan nya pake kapital dan dipisahkan dengan titik). Seperti percaya pada dukun,zodiak, dan sebagainya. 6.Hukum patung,ada perbedaan pendapat,namun saya ambil pendapat mengharamkan nya, karena mendekati kebenaran.Cara berhenti ny yah pelan-pelan aja, yang penting yakini aja dulu bahwa musik & patung itu tidak boleh yah๐Ÿ˜Š. 7.Terus kalau bercanda, jangan berlebihan yah, sampai-sampai bawa agama, seperti salah satu nya nama Dajjal,dll๐Ÿ˜Š. 8.erus didalam Islam, sebenarnya yang membunuh/teroris itu bukan Islam asli,alias KTP Islam ๐Ÿ˜Š. 9.Janganlah menghina orang-orang lain. 10.Ingat Allah S.W.T., niscaya Allah akan mengingat mu. 11.Untuk ulang tahun dalam Islam, sebentar ada perbedaan pendapat. Cuman aku lebih memilih sikap kehati-hatian yaitu tidak merayakan nya, termasuk merayakan tahun baru. 12.Berdoa kepada orang lain,maka dia itu akan balik ke kita, sesuai dengan doa tersebut.Jika itu baik,maka ganjarannya kebaikan, tetapi sebaliknya jika itu buruk,maka ganjarannya jg sama. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š,stay halal brother ๐Ÿ˜Š.

  • Salah satu faktor majunya sepakbola adalah wasit.. semoga semakin banyak wasit yg adil & jujur seperti ini .

  • Respect. Mungkin tidak se-HD VAR professional, tapi ini menunjukan, kalau sebenarnya kita jga bisa, kecuali birokrasi menyulitkan ๐Ÿ˜Œ Sekali lagi, BIG RESPECT ๐Ÿ‘

  • Hanya saja jaraknya terlalu jauh... Tapi gpp sebuah kemajuan ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ jaya sepakbola Indonesia

  • Maju terus Sepak Bola Indonesia, ,๐Ÿ’ช

  • Yang penting menjunjung Sportifitas dan Kejujuran... Maju Terus SepakBola Indonesia.

    • VAR pake monitor udah jadul, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

    • No reply?

  • Saya tidak melihat low budget nya tapi motivasi untuk menjadikan pertandingan bisa terlaksana secara fair play yang saya acungi jempol. Mantab semoga bisa di contoh persepakbolaan di seluruh indonesia. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Mantap. Perwasitan indonesia harus maju.. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Usaha panitia untuk menciptakan dan menjunjung tinggi sportifitas serta menghindari kecurigaan, walau dengan alat seadanya, patut di acungi jempol dan harus di support dengan fasilitas yg lebih layak.

  • Gini dong,bangga liatnya Sekelas liga 3 udah modern dan bermodal panitianya ๐Ÿ‘

  • Jawa barat selangkah lebih maju,,semoga ini bisa jadi cambukan untuk liga 1 supaya segera menerapkan VAR di liga 1 semangat untuk sepak bola indonesia

    • apa yang mau di apresiasi? itu udah melanggar hak cipta VAR oleh FIFA, untungnya ini hanya terjadi di liga 3, kalau di liga 1 udah kena sanksi lagi

    • @BIBI CHOCOLATE ๐Ÿ’ซ jablay hode tiktok gaje bet

    • @BIBI CHOCOLATE ๐Ÿ’ซ pakai baju yg bener dulu sono

  • Keereeennn...lapangannya juga muluss..kaya' tempat latihan klubยฒ Eropa๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Good job, ini tanda sepakbola Indonesia ingin maju. Lapangannya juga bagus sekali,

  • *Semoga semakin maju sepak bola Indonesia*

  • Kreatif tanpa batas itulah indonesia ๐Ÿคฃ ๐Ÿ‘

  • Keren masyarakat Indonesia, kreatif sekali ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜

  • Semoga terus maju sepakbola indonesia

  • mantap.. maju terus persepakbolaan Indonesia

  • Lambat menunggu kebijakan dari pssi, akhirnya kalangan pecinta sepakbola membuat inovasinya sendiri. Patut diapresiasi usaha panitia liga 3.

  • Saya apresiasi kesederhanaan VAR nya demi menjunjung tinggi nilai sportivitas dan keadilan wasit dlm memimpin sebuah pertandingan

  • Gak apa2.. mau low budget atau apapun tipe VAR yang melekat di pertandingan ini, tetap kita kasih full apresiasi. Yg penting ada perubahan menuju sepak bola Indonesia yg lebih maju. Dari pertandingan ini, insya Allah kedepannya kualitas sistem VAR kita bisa jauh lebih baik

  • harus di apresiasi untuk panitia dan jajarannya dan juga untuk wasit yg mau menggunakan var dengan bijak. semoga pssi bisa mewajibkan seluruh pertandingan yg dibawah naungan pssi menggunakan var

  • Mantap ๐Ÿ‘๐Ÿ‘โฃ๏ธ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ lapangan Nya juga sangat bagus

  • Rumput lapangan bagus loh ini buat liga 3. Hebat panitianya. Semoga bisa diterapkan di semua pertandingan.

  • Muncul dari orang2 yg benar2 cinta kemajuan sepakbola indonesia. Tidak perlu omong besar, tidak perlu politik. Yg penting ada niat. InsyaAllah jadi

  • Walaupun gak mewah tapi sangat membantu..maju tersu sepak bola indonesia

  • Ini kreatif namanya ! Semoga sistem ini diberlakukan juga di liga 1 dan 2. tidak perlu semahal var diluar, yg penting cukup untuk menjunjung sportifitas

    • dan cukup untuk di berikan sanksi oleh fifa

    • Liga 1 sama liga 2 wajib standar fifa

  • Love itโค๏ธโค๏ธdrpd tidak ada ,,luar biasa โค๏ธโค๏ธ

  • Menandakan adanya kemajuan di sepakbola Indonesia Semoga tidak ada lg orang2 ber mata hijau yg akan garap fasilitas var ini sbg cuan

  • awal dari perubahan sepak bola indonesia...ayooo maju dan junjung sportifitas

    • @Pemuda Al Putin yg penting skrg viral

    • @Dilan bukan maen ๐Ÿคฃ

    • VAR pake monitor udah gak zaman, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

    • Yang penting jangan pake bahasa sunda ya Oke lanjutkan๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    • jakarta jg ada di tempat w dlm versi tarkam

  • Jaya indonesia semoga ke depan bisa diperhatikan lagi agar setiap laga ada var nya

  • Mudah"an sepak bola indonesia smkin maju...

  • Intinya klo wasitnya adil dan sportif. pemain tidak akan terpancing oleh keputusan wasit ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Mantaaaap....setidaknya ini langkah menuju kemajuan teknologi VAR di indonesia...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Ini baru inovasi hebat walaupun terbatas modal untuk memiliki VAR canggih seperti sepakbola Eropa tapi tetap ada VAR sederhana seperti ini sehingga pertandingan bisa berjalan dengan adil dan tidak ada yang rugikan ditambah bercirikash kearifan lokal setempat menambah bagus lagi mudah-mudahan bukan hanya liga 3 di Jawa Barat tapi seluruh liga 3, 2 dan 1 juga pakai VAR seperti ini supaya tidak adalagi wasit dipukuli penonton atau pemain serta tidak adalagi penonton tiba-tiba masuk lapangan karena tidak terima klubnya dicurangi. Berjayalah terus sepakbola Indonesia

    • VAR pake monitor udah gak zaman, ditempat gue liatnya pake mata batin.๐Ÿ•ต๏ธ๐Ÿคญ

    • Halo semuanya, sebelumnya maaf sebesar-besarnya yah kalau saya bahas dalam pandangan Islam. Sebelumnya maaf, saya mau ingetin 1.bahwa sebaiknya berbicara yang baik atau diam. 2..Sekedar info,bahwa sebenarnya niat itu didalam hati yah,kalau mengucapkan itu Sunnah, termasuk niat sholat. 3.Terus didalam Islam itu tidak ada yang namanya pacaran, dan yang perempuan jangan lupa untuk menutupi aurat nya yah. Karena aurat wanita itu semuanya kecuali wajah dan telapak tangan ๐Ÿ˜Š. 4.Dan kalau hukum musik ada perbedaan pendapat di kalangan ulama,namun lebih baik sih dijauhkan nya. Cara berhenti nya pelan-pelan aja๐Ÿ˜Š. 5.Dan hindarilah syirik(seperti mempercayai kekuatan selain Allah S.W.T.(oh ya,kalau mau baguss nya pake bahasa Arab,tapi kalau tidak penulisan nya pake kapital dan dipisahkan dengan titik). Seperti percaya pada dukun,zodiak, dan sebagainya. 6.Hukum patung,ada perbedaan pendapat,namun saya ambil pendapat mengharamkan nya, karena mendekati kebenaran.Cara berhenti ny yah pelan-pelan aja, yang penting yakini aja dulu bahwa musik & patung itu tidak boleh yah๐Ÿ˜Š. 7.Terus kalau bercanda, jangan berlebihan yah, sampai-sampai bawa agama, seperti salah satu nya nama Dajjal,dll๐Ÿ˜Š. 8.erus didalam Islam, sebenarnya yang membunuh/teroris itu bukan Islam asli,alias KTP Islam ๐Ÿ˜Š. 9.Janganlah menghina orang-orang lain. 10.Ingat Allah S.W.T., niscaya Allah akan mengingat mu. 11.Untuk ulang tahun dalam Islam, sebentar ada perbedaan pendapat. Cuman aku lebih memilih sikap kehati-hatian yaitu tidak merayakan nya, termasuk merayakan tahun baru. 12.Berdoa kepada orang lain,maka dia itu akan balik ke kita, sesuai dengan doa tersebut.Jika itu baik,maka ganjarannya kebaikan, tetapi sebaliknya jika itu buruk,maka ganjarannya jg sama. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š,stay halal brother ๐Ÿ˜Š.

    • Nice lah.. Supaya wasit jg aman dan gada kericuhan.. Krn pasti smua pemain kelo udh kena var pasti nurut

    • @The Wickets benar, wasitnya juga harus ikut pelatihan (lisensi khusus)

    • Liga 1 ga bisa segampang itu boss.. Yang ada malah kena sanksi dari FIFA. Harus pake VAR berstandar FIFA kalau liga profesional. Dan yg di video bukan merupakan standar FIFA

  • Mantaapp.. Salah satu upaya yang di lakukan untuk menghilangkan pengaturan skor!! Meskipun VAR sederhana toh fungsinya sama saja dengan VAR yg standart FIFA. Yang seperti ini harus di apresiasi, pertandingan yg sportif, ga ada campur tangan pihak lain yang berkepentingan di luar sepak bola!! ๐Ÿ‘๐Ÿ‘MANTAP

  • Walaupun sederhana tapi membuat pertanding jadi lebih adil ,good job

  • Sedih dan bangga dng bangsa sebesar ini sepak bola nya masih manualisasi tp tetep terus sedikit ada kemajuan walau tayangan ulang

  • Saya mendukung sepenuh hati var low budget ini..maju teruss ๐Ÿ‘๐Ÿ˜

  • Salut. Layak untuk diapresiasi. Upaya menjadikan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik. Langkah kecil yang akan menjadi awal perbaikan sistem sepak bola di Indonesia. Mantab... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Sesuatu yang besar terlahir dari sebuah hal yg kecil, SALUT!

  • keren bangga sekali dengan kemajuan

  • Walaupun masih terlihat sederhana setidaknya dapat memberikan keadilan yang sesungguhnya di atas lapangan,,buat liga 1 patut di contoh

  • Liga 3 aja udah canggih gini. Apalagi liga 1 nya. Wah. Keren๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • Walau sederhana tapi udah ada usaha....dan cukup membantu Salut....๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ Maju terus persepakbolaan negri q...๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Good job patut diapresiasi, agar tdk ad dusta diantara kita (diantara wasit dan pemain) ๐Ÿ˜Š btw lapangannya gk kalah sm yg d luar cuyyy..

  • Mau itu low budget juga kalau memang berfungsi seperti semestinya ya harus di apresiasi, berarti ada kemauan untuk maju dan gak mau ketinggalan dr sepak bola negara lain, semoga sehat terus keuangan sepak bola dalam negri

  • ini keren... wasit visioner... walau teknologi tidak emndukung tetapi tetap profesional menjalankan tugas...kereeennn

  • Keren ๐Ÿ”ฅ smoga liga 1 juga gini yg pnting VAR

  • Mantap Rumput lapangannya juga bagus

  • Keren dunia harus menghargainya walaupun low budget!

  • Seharusnya ini yg mesti qt dukung terus utk kemajuan sepak bola tanah air.. Jangan apaยฒ sekarang soal AGAMA terus!! Negaraยฒ luar sdh maju dgn teknologinya..

  • Keinginan dan usaha bagus memajukan persepakbolaan di Indonesia. Ada usaha utk maju dan lebih penting, keadilan di Lapangan. Mantap

  • Nilai paling penting adanya VAR adalah supaya tercipta pertandingan yang sportif. Big respect panitia Ligaโœจ๐Ÿ‘‹

  • ini nih yang di tungguยฒ sayang sekali di liga 1 yang notabene kompetisi tertinggi di negeri ini nggak di jalankan sistem seperti ini๐Ÿ˜Œentah kenapa,,kami sebagai penikmat dan pendukung sepak bola pun kecewa sekali karena banyaknya keputusan wasit yang kontroversial di liga 1 ,,semoga pak wasit dan panitia penyelenggara di pertandingan di beri kesehatan selalu๐Ÿ˜

  • semoga kedepan stadion2 di Indonesia bisa menyediakan videotron

  • Seharusnya bisa dimulai di liga 1 dan 2 meskipun belum secanggih dan seakurat seperti yg dipakai di ligaยฒ eropa. Sambil terus update teknologinya terus kedepan, PSSI harusnya bisa.

  • Spektakuler ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ Terus bergerak....terus bergerak.....

  • Ini yg bikin enak ditonton lapangannya, meskipun gak ada tribun bagian timur. Rumputnya rapi, rata dan berefleksi cahaya

  • Ayo ayo ayo bagus inilah tradisi kearifan lokal kita. Mantap

  • Bandung dan Jawa barat itu orangnya pintar dan kreatif

  • Apresiasi sebesar2nyaaa untuk usaha ini....ketika VAR di terapkan...akan meminimalisir keputusan wasit yg error...walau memang tidak menjamin akan hilang sepenuhnya

  • Sederhana, tapi bisa jadi ini salah satu langkah yang baik demi kemajuan sepak bola indonesia ๐Ÿ˜Ž

  • Hal ini bisa dijadikan inspirasi mahasiswa teknik yang sedang menyusun tugas akhir membuat alat. Bisa benar benar diaplikasikan membuat VAR canggih dengan low budget. Apalagi kalau bisa dipasarkan minimal ke seluruh indonesia menjadi produk nasional

  • Ini baru niat adil dan serius๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿค semoga Liga 2 dan 1 bisa ikut2an๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • Mantap.. tiada rotan akarpun jadi, yg penting Fair Play, kedua tim menghormati keputusan wasit.

  • Semoga tidak ada pengaturan skor ..semoga PSSI semakin berkembang. ๐Ÿ”ฅ

  • Banyak wasit yg dipukuli oknum penonton atau oknum pemain krn kecewa keputusan wasit tapi dgn VAR apapun bentuk tehnologinya pasti sgt membantu mengurangi segala resiko bagi wasit dan keamanan stadium , viva VAR indonesia raya ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน

  • Salut ini juga salah satu cara untuk meredam kick boxing yang selama ini selalu menghiasi sepak bola kita. Goodjob Jabar

  • Bagus bagus bahkan kualitas rumput lebih bagus di banding liga .emang sepak bola Indonesia itu luar binasa

  • Mantapp jawa barat sebagai pionir!!

  • Mantab ini.. Biar ga ada kesalahan dlm keputusan. Wasit. Kreatif walau lewat tayangan ulang televisi. Itu sangat bermanffaat

  • Lebih baik berusaha semaksimal mungkin dgn segala daya upaya yg ada. Dari pada tidak melakukan apapun yg hanya alasan var mahal, dll.... MANTAP liga 3. Semoga jadi inspirasi buat kakak kelas nya liga 2 & liga 1.

  • mantab ni... setidaknya bisa mengurangi pertikaian dilapangan dan bisa memajukan sepakbola tanah air

  • Keren, meskipun seadanya tapi berani memulai sebuah perubahan, semoga makin banyak dipakai di Liga 2 bahkan Liga 1

  • Gpp dibilang lowbudget yg penting ada kemajuan dalam persepakbolaan Tanah Air, agar lebih adil dan mempermudah wasit dalam mengambil keputusan ๐Ÿ‘

  • Gw sangat2 mengapresiasi Panpel & wasit ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  • Saya melihat, NIAT itu ada.. Love it!!!

  • VAR harusnya lebih tepat di gunakan di liga2 amatir, agar membantu wasit mengambil keputusan.. dan langkah ini sudah tepat.. dengan ada nya VAR di liga 1,2,3.. wasit akan lebih di hormati nantinya.. karena keputusannya sangat tepat karena di bantu VAR...

  • SEMANGAT UNTUK LEBIH MAJU ๐Ÿ’ช

  • Liga 3 tapi kualitas rumput lapangannya keren Malah lebih keren dari sebagian rumput liga 1 + VAR makin keren asli ๐Ÿ‘

  • sangat membantu. terus berinovasi ๐Ÿ’ช๐Ÿป

  • bagus bgt lapangannnya yak๐Ÿฅฐ๐Ÿ˜

  • Semoga sepak bola indonesia semakin maju๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‘

  • Semoga ini jadi Inspirasi PSSI agar lebih memajukan persepakbolaan Indonesia,

  • Semoga liga tertinggi di Indonesia kedepan nya juga menggunakan var juga

  • Maju terus liga 3. Biar liga 2 dan liga 1 belajar dari bawah.

  • Mantap proses menuju maju โœŠ๐Ÿพ Semangat

  • Yang paling penting itu fungsinya,walaupun low budget kalau secara fungsi sudah cukup ya kenapa harus buang2 duit untuk yang mahal, dan paling tidak ini menjadi sebuah titik terang bahwa persepakbolaan Indonesia ingin terus berkembang

  • Salut ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ tinggal meningkatkan kualitas sportifitas dari beberapa wasitnya