Untun9 dan Tjakr4bir4wa: Yang Terbaik, Lalu T3rb4lik

Dipublikasikan tanggal 8 Mar 2018
Untun9 dan Tjakr4bir4wa: Yang Terbaik, Lalu T3rb4lik
===========================================
Nafas Pembaharuan HI-STORY menyuguhkan penggalan sejarah bangsa yang dikemas dalam kisah pendek dan menarik, momen-momen penting para tokoh berikut pergulatan dan perjuangan pada masanya, khususnya di awal-awal kemerdekaan hingga era reformasi.
Pengemasan video telah melewati riset mendalam dan bersumber dari media kredibel seperti detik.com, kompas.com, merdeka.com, tempo.co, republika.co.id, tirto.id, tribunnews.com dan media terpercaya lainnya.
"Seseorang berhak menuliskan sejarah sesuai dengan versinya sendiri. Dan waktulah yang akan menilai kebenaran dari sejarah itu..."
*******
Terima kasih sudah menonton.
Silahkan like jika suka, subscribe jika berkenan, komentar jika mau, dan share jika dianggap bermanfaat.
===========
Sumber : tempointeraktif.com
*******

Komentar

  • Untung & Cakrabirawa,,,cuma sekumpulan Manusia Sampah...

  • Untung tetaplah pengkhianat. Tidak usah diputarbalikkan fakta nya.

  • Soeharto pengkhianat...!!! saya yakin saat ini Soekarno, 7 Jenderal dan jutaan rakyat Indonesia yg dia bantai lagi nginjek2 kepala Soeharto...!!! wkwkwkwkwk

  • POLRI Memang Setia Kepada NKRI BRAVO POLRI

  • UNTUNG ITU COCOK NYA JADI TUKANG KULI BANGUNAN PANTESAN JENDRAL AJAH DI ANGGAP NYA KAYAK SEMEM DAN PASIR MAE ADUK AJAH . KWGKGKGKGKG HATI HATI DEH CARA MEREKRUT CALON APARAT JANGAN SAMPE KECOLONGAN DAPET UNTUNG JADI BUNTUNG.

  • Kenapa Suharto gak ikut di tangkap PKI ya??? Mau tau kenapa??

  • Sekarang PKI udah gak ada, tapi kaum radikal pemuja bumi datar tapi otaknya PKI malah ada! Sama sama ingin merubah ideologi bangsa, kalau PKI ingin mengubah ideologi pancasila jadi komunis! Tapi orang orang bumi datar ingin merubah pancasila menjadi khilafah!! Di Arab Saudi saja khilafah di larang keras kok malah di bawa bawa ke Indonesia!! Hati hati kawan kawan saat sekarang ini ada misi politik yang ingin menggiring opini masyarakat agar beranggapan bahwa pemerintahan yang sekarang ini buruk dan Bobrok!! Isu PKI yang jadi sasaran adalah presiden Jokowi!! Nyebar Hoax demi haus kekuasaan segala cara di halal kan! Dengan membentuk tim khusus dari baju ijo untuk penyuluhan penyuluhan di masyarakat terkait kekejaman PKI!! Coba Di pikir kawan, dan tanyakan sama mereka yg penyuluhan di masyarakat yang suka gembar gembor PKI bangkit, tanyakan sama mereka lokasi PKI nya di mana tunjukkan! ayo kita tangkap bareng bareng kita hajar bareng!!! Mereka tidak akan bisa jawab karena kebangkitan isu kebangkitan PKI di gunakan untuk menggoyang pemerintahan yang sekarang!! Tau sendirilah orang orangnya siapa!! dan salah satu dari mereka udah tertangkap kemarin karena nyebar Hoax!!!

  • Jangan percaya dengan video2 seperti ini..ini video penggiriingan opini memutar balikkan fakta..msyarakat sudah cerdas...PKI bangsat!!!!

  • PKI bangsat

  • PKI mampus lu....bajingan

  • Tumpas pki,,, akan di buat merintih bukan hanya menangis begitulah kata pa gatot juga,, selamat kan NKRi dari fitnah pki

  • Pki dari dulu sudah licik apalagi sekarang anak cucunya,, bermunculan lg

  • Asek...chanel anak2 pki lagi

  • awas pki bangkitlagi..sudah banyak menebar fitnah

  • Dislike sebanyak2nya ganyang PKI

  • arah cerita nya seolah2 pki untung tidak salah ...payah anjink jelas2 dia pagi2 bikin statemen ke rri bahwa dia pemimpin revolusi penculikan jendral dia yg tanggung jawab dasar pemutar balik fakta

  • CHANEL PDIP INI , HATI2

  • chanel PKI bajigan

  • Pangkat tertinggi KOLONEL. Yg partisipasi naik pangkat 2 tingkat, simpatisan 1 tingkat. Segera setelah MEMBANTAI JENDRAL2? Mau disembunyikan spt apapun dan dibela cara apapun PKI itu PENGHIANAT NEGARA dan TERKUTUK

  • Best CIA agent: soeharto

  • Sy tdk percaya, Saksimata dan saksi hidup dr kepolisian yg bernama Pak. Sukitman, berkata kejadian G30S PKI itu benar di lakukan oleh untung, aidit dan pasukan berseragam cakrabirawa.

    • Justru vidio ini yg memutar balikan fakta. G30 S PKI itu benar adanya.

  • Memang banyak versi tentang peristiwa G30S/PKI ini, ada yang berpendapat ada campur tangan asing..entah mana yang benar...Sepertinya memang di akhirat nanti yg paling benar..

  • Hati2...keturunan pki...mulai bermunculan..!!

  • Pencetus ideologi komunis adalah orang yahudi Dan yahudi kaum yang hobi berdusta Maka engkau dapati loyalis yahudi juga begitu hobi berdusta Karena yang mereka sembah iblis raja dusta Dan memang Allah ciptakan jahanam untuk mereka beserta loyalisnya

  • Hati2 dg analisa dan argument Anda.... ada maksud apa dibaliknya....? Sejarah membuktikan 7 orang jendral terbaik bangsa sudah dibunuh secara kejam tak berperikemanusiaan oleh pasukan yg bernama tjakrabirawa dibawah pimpinan letkol untung yg sudah didoktrin oleh komunis. Catat itu bung...

  • Bukti bukti baru sudah dtemukan.. saksi2 pun sudah banyak yg angkat bicara Pki sbenrnya hanyalah alat... untuk merebut kekuasaan soekarno... Semua sudah drencanakan.. Kenapa dari 7 jendral.. hanya jemdral soeharto yg lolos... aneh kan? Gak mungkin secara kebetulan

    • Ah gk terlalu aneh

    • ainul chudori wong dikasi petunjuk salah 1 saksi hidup aja gitu kok ngelesnya wkwkk.. pelaku politik orde baru biadab

    • @Bagus, hehehehee.. memangnya ada tulisan saya yg tdk mikir ya mas ? hehehhee

    • ainul chudori wkwkkk makanya mikir..

    • @Bagus, gak ada yg dibikin susah kok... Saya juga bisa bilang.. menurut parmin dan paijo, pak harto tdk terlibat dalam pembunuhan PKI, pak harto tdk terlibat.. Saat saya di tanya, siapa parmin dan paijo ? Coba cek sendiri siapa Parmin dan paijo.. jangan bikin susah.. Menelusuri sejarah dan fakta kok begini caranya.. hemmm

  • ada campur tangan amerika untuk melengserkan presiden soekarno terkait penolakan investasi di freeport. itu kata dosen saya. cmiiw

    • Betul ... buktinya setelah soeharto jadi presiden privot langsung diserahkan.

  • KETURUNAN2 PKI lgi membela buyut2nya,, Mereka ingin memutar balikan FAKTA,,seolah-olah buyut/eyang2nya yg jdi PKI BIADAP itu gk salah,,, Kebanyakan keturunan PKI BIADAP itu sekarang menjadi #KECEBONG,,ya ya yaaaa

  • Makanya jadi presiden jangan seumur hidup nanti jatuh loh cukup 2 periode aja

  • Hati2 dilihat rekam digital, indikasi pki nih adminya. . .

  • tanda2 sayap kiri mulai bangun sepertinya sembunyi di metro dan tempo

  • Nama2 oknum komunis indonesia baru kabarnya sdh dikantongi intelejen . Baik itu dlm lembaga pemerintah.. Tunggu wkt aj...

  • oalah iki to seng jenenge kirek

  • Saya lebih percaya yg ada dalam sejarah waktu n apa kurang kesaksian putra putri para jendral yg d bunuh...pasukan cakrabirawa aja yg mengepung rmh pak yani j ada ada 100 LBH blm d rmh para jendral yg lain...ni Chanel bilang cm 1 ap 2 kompi...putar balikan fakta para anjing PKI yg msh hidup d negara ini

    • Suyono Suyono betul. Saksi saksi sejarahnya saja sudah berasal dari anak anak para Jenderal. PKI hanya ingin mencari pembenaran dengan sengaja memutarbalikan fakta

    • ini sepertinya mungkin opini pemutar balik fakta.

  • Untuk menguasai negara kita... Para penjajah asing pasti akan selalu menggunakan cara yg keji sperti politik adu domba. Selalu, dr masa ke masa, pengadu domba antar bangsa indonesia itu dalangnya adalah negara asing naluri penjajah. Kepentingan komunis dan liberalis sdh sangat nyata berbahaya bagi bangsa dan negara kita.

  • ini semua permainan soekarno.bertahun tahun kita di bodohi oleh sejarah ,soeharto emg terbaik pemberantas pki.tapi pki skrg timbul lagi .liat aja sekarang,mega wati sudah menunjukkan aslinya.

    • Tanpa soviet papua pasti sudah jadi milik belanda lagi..

    • Belajar pak erwin baca lagi lebuh banyak

    • ASUharto

    • 100 buat anda... Suharto lah yg terbaik

    • kbalik ni statmen km.bljr sjrh yg bnr,jgn cmn lht luarnya ja

  • dalangnya sudah jelas, pasti ki mantep

    • kalau d jawa barat udah pasti dalangnya. almarhum asep sunandar sunarya wayang golek.

    • Jiooosss

    • hahaha,,,,,

  • biadab PKI dan cakra birawa, telah membunuh tni. anak anak jenderal jadi saksi.

  • Aneh ya...sukarno ditembak dari jarak dekat tapi selamat krn pelurunya meleset, lalu itu dijadikan alasan bagi nasution bwt bikin cakrabirawa..RPKAD bisa2nya nolak perintah atasan bwt gabung trus krn alasan penolakan itu jadinya ditunjuk batalyon yg thn 48 erat dgn pki dan belakangan keberadaan batalyon ini di tubuh cakrabirawa dijadikan alasan kalo pki menyusup ke cakra... lha mreka gabung cakra karma ditugaskan bukan maunya mreka sendiri kok...letkol untung yg udah seperti sodaraan dgn suharto lalu ditunjuk sbg salah satu pimpinan cakra. Padahal ga mungkin rasanya untung yg udah seperti keluarganya suharto itu bisa jadi anggota pki atau mendukung pki mengingat suharto yg anti pki sangat ketat 'menyeleksi' siapa aja orang yg layak dipercaya...kolonel latif yg juga orang kepercayaan suharto pun dituding jadi salah satu motor G30S, bneran motor g30s atau jangan2 diselundupkan ke sana untuk pura2 mendukung g30s? bukankah pentolan g30s brani bikin gerakan karna latif menjamin pasukanya bakal menguasai jakarta utk membantu gerakan G30s? tapu pas hari H nya secara ajaib pasukan yg dijanjikan latif gak nongol dan brakibat G30s ga punya pasukan tempur reguler. latifnya sendiri mndadak ngilang ga.nongol2 lagi ke posko g30s, baik di halum maupun di penas. latif pula kan yg melapor ke harto bahwa gerakan 30s dilaksanakan malam ini...sorenya dukung g30s, malamnya laporan ke harto? hmmmmmmm??? smuanya memang seperti sudah diskenariokan sejak awal pembentukan cakra dan hasilnya PKI masuk jebakan batman...dan orang orang dongok dgb kmampuan analisa yg rendah macam arya ramlan yg percaya 100 prosen versi rezim orba tiba2 kbakaran bulu biji gara2 baca analisa yg ga sesuai buku pelajaran level smp yg tertanam dalam otaknya yg cuna seukuran bijinya itu wkakak

    • menurut penelitian ahli...orang yg senang menyebut kontol saat memaki ternyata diketahui memiliki kontol kecil atau bisa juga besar tapi pendek. makanya mreka berusaha tampil gagah dengan mengumbar kalimat yg bisa mengindikasikan kejantanan untuk menutupi klemahan mreka. ini asli loh, penelitian mbahmu terhadap 309 kontol anjing hahaha

    • Kontol jaran

    • +bareng uwan tepo loe juga harusnya dengar versi orang2 yg dituduh rejim orba melakukan pembunuhan itu goblok. knal ga? ya gak mungkin knal lah yaww..yg lu knal paling banter ratna sawungkampret...itupun paling banter knalnya di rs bedah estetika eh di pesbuk hahaha begok

    • good analisis,, accepted....

    • Lo harus nya liat saksi hidup jangan liat buku bodoh hahaha, lo coba cari kesaksian .ALM (PURNA) AKBP. Sukitman dia adalah saksi mata dan dia juga mampu menjelaskan satu persatu dengan detail siapa saja jenderal yang di tembak dan memerintahkan untuk mengeksekusi jenderal yang tertembak.

  • arah ceritanya seolah2 ingin mengarahkan nasution dan pak harto yg menjadi dalang di balik G 30 S PKI. ingin memutar balikkan sejarah. dasar PKI bajingan.

    • Sukarno memilih suharto sbagai penggantinya karena sukarno di "tekan" sama suharto.. bisa saja suharto mengancam keluarga sukarno?? Lah wong jabatan presiden aja blum abis kok sudah suruh di ganti?? Itu jelas suharto makar.. suharto menyuruh Untung dan latief membunuh para jendral agar tak ada yg jadi presiden saat masa jabatan sukarno selesai.. berbekal surat supersemar yg di tanda tangani sukarno dgn terpaksa,, suharto langsung mengambil tampuk pemerintahan sukarno..

    • Politk k barat atau ke timur

    • Intinya ini kudeta oknum TNI yang mengatasnamakan PKI...!!! kalo emang ini kudeta PKI harusnya yg dibunuh presiden bukan jenderalnya...!!! lucu

    • ibu @Kartika Praja, walaupun ruang informasi saat itu sangat sedikit... tapi pelaku yg di tangkap dan diadili dalam pengadilan terbuka, tdk pernah menyebutkan keterlibatan soeharto.. nama soeharto tdk pernah disebutkan dalam persidangan. Hanya analisa, yg cenderung tendesius kepada pak harto, bahwa beliau terlibat dalam G 30 S/PKI.. alasan yg dijadikan argumentasi keterlibatan soeharto juga sangat ngawur pol, mendekati fakta saja tdk. 1. Kenapa Soeharto tdk ikut diculik ? bukannya soeharto juga jendral... dari sini, jelas bahwa soeharto terlibat. 2. Soeharto adalah org dekat A.yani, kalau masih ada A.yani, maka soeharto tdk bisa menduduki kedudukan yg tinggi di TNI-AD, sehingga A.yani perlu di singkirkan. 3. dan masih banyak argumentasi lainnya. masak argumentasi begini, dijadikan sebab bahwa pak harto terlibat PKI. ---- Soal akhirat, bukan hanya pak harto, kitapun yg menuduh tanpa bukti, akan bertanggung jawab di hadapan Robbul 'alamin, atas setiap apa yg telah kita tulis. Nasalulloh as-salamah walafiyyah.

    • +ainul chudori allahuallam masalah zaman dahulu informasi sangat sedikit...dahulu bener2 kejam dalam perebutan kekuasaan nyawa berasa tidak berharga.ini jika benar pak harto g bersalah alhamdulilah jika tidak bener2 politik yang sangat luar biasa....kita bisa lihat nanti pas d akhirat.

  • soeharto anti komunis

    • +Nur Laila belajar lagi soal sejarah ya. Alibi nya gak masuk akal. Kalo km pengen tau jelas nya tanya ke CIA itu agen amerika kawan soeharto wkwk

    • Menyelamatkan? Masa menyelematkan kok malah memenjarakan Soekarno?

    • Tapi pro KAPITALIS, lari dari jurang malah terjun ke kawah gunung berapi

    • Benar sekali kawan. Justru Bpk. Soeharto lah yg ingin menyelamatkan Bpk. Presiden Soekarno dr pengaruh dan hasutan dr para gembong PKI.

  • Kl aku jd dia...aku bunuh dalangnya..yg mgkianati..bangsa dan negara..tp semua dah dpt blsannyya..mudah2n kluarga pak dalang nyungseb semua....haha

  • Sbuah pelajaran berharga utk seluruh bangsa ini agar trs dan tetap bersatu,,,bersama-sama satu tujuan hanya utk indonesia bkn yg lain"...

  • Gue pikirin juga kagak Soalnya gue waktu itu belum lahir Wkwkwkw ckckckck

  • Musiknya ngganggubbgt

  • MALANG BENAR, UNTUNG DAN CAKRABIRAWA PENGIKUT SETIA ALMARHUM SUEKARNO DI KAMBING HITAM KAN ... BENAR2 KEJI SUEHARTO BIADABBBB!!!

    • Sosok yang bertanggung jawab mengarahkan pembantaian 7 Jenderal dlm peristiwa Gestapo adalah Soekarno. PKI adalah alat Soekarno untuk merialisasikan cita2nya utk mengkomuniskan Indonesia. Lt Kol Untung dan Cakrabirawa adalah unit bersenjata PKI yang sangat merbahaya tajaan Soekarno. Mereka adalah anjing2 terhebat di jaman itu. Bersama Soekarno, mereka bercita2 utk menjadikan Indonesia sebuah negara komunis yang tunduk kepada negara Tiongkok pimpinan Cheu En Lai yang sebelum itu udah bertemu dengan Soekarno di Tiongkok. Manakala Soebandrio dan Aidit adalah anjing2 PKI yang berpangkat tinggi lagi berpengaruh yang tugas mereka pada menghasut rakyat. Akhirnya, mujur ada Soeharto.

    • kamu anak kecil tahu apa

    • +Kartika Praja otak cebong... Goublok.. Pertanyaan.. Lucu

    • Hahahha kasihan mbk. Ditelan mentah mentah. Operasi PKi itu atas ijin Soekarno krn takut kedudukan presidennya di ambil alih Jend. A Yani atau Jend. Nasution. Beliau juga ko yg ngadopsi NASAKOM. tp begitu ada traagedi, mau bubarin udah makan Gengsi dulu. Malu sama dunia. Tp g kasihan sama rakyatnya. Lantas siapa yang berani bubarin? Pak Harto yang maju. Jd knp Pak Harto sgt dibenci dan fitnah sama org2 kea kalian. PKI dkk itu njual nama Pak Karno sbgai Tameng. Kasihan bgt anda.

    • +Kartika Praja militer kan punya intelijen mbak, pangkostrad masak gak akan cari tau jika pati TNI diculik dan dibunuh

  • Itu lah prajurit yg selalu bilang siap kalo di perintah ngak boleh banyak tanya.baik buruknya komandan yg tanggung jawab tp selalu prajurit jadi korban juga

  • Begroundnya ada menpor polri.jangan dibawa bawa Menpor atau disebut brimob tidak pernah terlibat dlm suatu gerakan. Sepanjang sejarah brimob netral tidak berhianat

    • Menpor dulu juga ada anggotanya yg menjadi bagian dari tjakra birawa

    • domo 18 setuju....BRIMOB adalah pasukan elit yg dilupakan dan BRIMOB adalah pasukan yg setia terhadap NKRI