Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini

Dipublikasikan tanggal 9 Agu 2018
Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini
Ustad Evie Effendi membuat pernyataan kontroversi karena telah mengatakan bahwan Nabi Muhammad Awalnya sesat, dia salah mengartikan makna dalam Al Quran. Kemudian muncul beragam tanggapan dari pihak tokoh agama lainnya yang mengatakan bahwa penyataan tersebut murni salah dan keliru.
Sumber Video : FSRMN TV
id-tv.org/ch/UC9_GyaJCZ3dsZOLjGLGBpMw
Berikut adalah penjelasa Ustad Abdul Somad, Lc., MA mengenai kata Sesat tersebut yang terdapat dalam Alquran Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
وَالضُّحَى (1) وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى (2) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى (3) وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَى (4) وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى (5) أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى (6) وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَى (7) وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَى (8) فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ (9) وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ (10) وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (11)
Artinya:
1. Demi waktu matahari sepenggalahan naik.
2. Dan demi malam apabila telah sunyi.
3. Rabbmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.
4. Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu daripada permulaan.
5. Dan kelak pasti Rabbmu memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.
6. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim lalu Dia melindungimu?
7. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu Dia memberikan petunjuk?
8. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia memberikan kecukupan?
9. Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang!
10. Dan terhadap orang yang minta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya!
11. Dan terhadap nikmat Rabbmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).
Tafsir Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11 bisa baca di link di bawah ini juga
www.ibnukatsironline.com/2015/10/tafsir-surat-adh-dhuha-ayat-1-11.html
Rasulullah ﷺ bersabda:
فَوَ اللهِ ، لأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرِ النَّعَمِ
“Demi Allah, apabila Allah memberikan hidayah kepada seorang laki-laki dengan perantaraan usahamu, maka hal itu lebih baik daripada engkau memiliki unta-unta merah.” (Muttafaq ‘Alaih)
Rasulullah ﷺ bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim No. 1893).
Follow Kami di :
Subscribe : bit.ly/2JUz0Om
Google + : plus.google.com/114686549239673160974
Fanspage : facebook.com/pencintaulamaaswaja/

Komentar

  • سُبْحَانَ اللّهُ اَلْحَمْدُلِلّهِ اَللّهُ اَكْبَرُ Terimakasih Ustadz Abdul Somad atas penjelasan & pencerahannya semoga Allah سبحانه و تعالى selalu menjaga ustadz dgn rahmat & raheemnya.. Untuk Ust. Evie ada baiknya kita sama2 doakan semoga beliau tetap Istiqomah & semakin memperdalam ilmu agama Islam (terutama kita semua). Manusia gudangnya salah, mari kita sama2 belajar utk bertabayun & belajar utk memaafkan.. wallahu a'alam.. 😊🙏

    • tapta jani lihat saja ceramahnya saat menyebut baginda nabi, seperti dia menyebut nama temannya, padahal sudah diberi tau jangan menyebut nama nabi seperti menyebut nama temanmu, kang evi seperti tidak menghargai baginda nabi

    • tapta jani kalo cuma belajar baca tulis mah guru sd juga bisa, tapi mencari guru Agama yang benar itu susah

    • tapta jani ga perlu dibalas komentar saya, cukup pikirkan yang saya katakan ini benar atau salah, itu saja

    • tapta jani jangan panggil ustad, panggil aja kang evi, seorang ustadz untuk ceramah itu harus ditelusuri riwayat pendidikannya, dia berguru dimana, jangan sampai saat berceramah dia malah menafsirkan ayat atau hadits menurut nafsunya seperti kang evi, contohlah UAS menafsirkan sesuatu menurut pendapat para ulama, tidak seperti kang evi yang menafsirkan menurut nafsunya saja

    • Muhammad Arsyad ustad google kali

  • Ustad evie kan belajar'a otodidak ya beda SM ustad Hanan ataki yg memang belajar.. style mereka sama to pertanyaan'a siapa duluan sih sbnr'a yg dakwah dgn gaya busana bgtu hehe soalnya sama persis

  • Mantap uas, ini baru ustad ane.

  • Ustad efi. Udah jelas2 mensalah artikan ayat2 suci ALQURAN. Berarti juga melecehkan agama islam. Juga nabi junjungan kita. Nabi MUHAMAD SAW. mana keadilan ni? Ahok aja yg jelas2 tidak sepaham, langsung dijebloskan, didemo, dll.. Mana pengadilan hukumnya???? Trims atas pecerahan UAS.. jadi kita lebih tau lagi..

  • 👏

  • Aah si Evi mah nyanyahoanan

  • Alhamdulillah.. Seharusnya beginilah cara meluruskan yg salah.

  • UAS is the best..

  • Pantes aja bapa gw kurang suka dari dulu dgn gaya ceramahnya, Ust evie ceramah nya emang lebih condong untuk kaum remaja kurang cocok kalo ceramah untuk orang tua, harus banyak belajar lagi ilmu agama jangan setengah2 ini akibatnya fatal kalo salah dalam berceramah

  • Saya sarankan belajarlah sama ustad seperti UAS jadi penceramah harus ilmunya mumpuni ya makasih

  • subhanallah

  • menurut ustd yang lain nabi muhammad pernah TERsesat , tapi menurut ustd evvie nabi muhammad sesat , kurang huruf "TER" nya ustd evvie , mungkin disini bisa dibilang ustd evvie belum betul paham tapi insya allah dengan diberi arahan bukan cibiran atau hinaan , semuanya akan baik baik aja gagampang loh belajar agama , banyak ujian dan cobaan yang datang , maka kita seharusnya memberi arahan bukan mencaci orang yang salah , apalagi sesama muslim , terimkash Ustadz Abdul Somad buat ilmu dihari ini

  • nabi ubur ubur

  • Seperti inilah seharusnya, ketika ada yang salah diluruskan, bukan dihujat dan dihina karena islam itu bukan agama penghujat. Semoga sehat selalu UAS

  • Om evi monggo belajar agama dulu kalo udh professional bari ceramah,, karena salah ngomong salah pemahaman

  • hhaahahaa gayanya aja udh sok sok an gtu.dah ilmu gk seberapa mau jd ahli ceramah naon naon ndasmu!!!! emg kl org yg sok pintr itu keliatan lbh hina drpda org yg diam tp bodoh.sesat???otak dia yg sesat.ceramah pke topi pke kaos dibilang ustad gaul????? iya gaul tp rendah ilmu!!!

  • UAS the real ustad, tahu asbabun nuzul ayat al-quran tidak secara mentah2 dalam menerjemahkan atau menafsirkan suatu ayat, beliau viral karena ilmunya bukan karena identitas,cara berpakaian atau lain-lain .

  • Yg dislike pengikut ustad Evie goblok!. Maulid lah sesat! Ustad goblok.. belajar Qur'an kulit nya doang Kya gini nih

  • Nabi tidak pernah salah apalagi sesat, karena Nabi selalu terkontrol dengan wahyu dari langit. Kalau nabi salah langsung Allah tegur, salah satunya dengan turunnya wahyu melalui malaikat jibril. Semua yg dilakukan nabi, ada hikmahnya.

  • Semua orang pasti pernah salah atau khilaf .mo ustadz kek mo siapa kek yg penting bisa dan mau klarifikasi

  • Ternyata Ustad Evi ilmunya masih kurang, wawasan keagamaannya masih sempit, sebelum nabi Muhammad diangkat jadi Nabi, beliau, orang tua, kakek dan neneknya adalah pengikut setia ajaran Tauhid Nabi Ibrahim. Ajaran Tauhid itu meng-ESA-kan Allah, hanya menyembah Allah saja.

  • Back sound pembuka nya judul nya apa

  • kaga dmna" klu udah tercyduck PASTI meminta maaf 😂

  • Penjelasan nya sm kyk penjelasan ustadz yg gondrong itu, alhamdulillah suda diluruskan oleh beliau berdua

  • Si Goblok Efendi ga ada bilang NABI atau Rasulullah ya , jadi langsung nama nya , terlihat jelas kalo dia tuh ada sentimen .. jangan panggil si bego itu ustadz!

    • Yoga Ramdani lu bilang gitu sama Effendi ngapa gw? Ketularan bego lu

    • apakah anda sempurna? jangan begitu bro sesama muslim. sesungguhnya Allah benci orang orang yang Merendahkan dan menghina orang lain.

  • terlalu tinggi mengukur diri..

  • .makanya jangan gampang" panggil ustad !!!! Bisa ngaji dikit, ngerti hadist dikit, pinter ceramah langsung dipanggil ustad, diundang sana sini !!!! Pilih ustad seperti ustad abdul somad, jgn yg abal".

  • terlalu mudah memvonis orang, kalian harus tahu Evi Efendi tdk ada niatan menyesatkan ummat.. cobalah berfikir luas.. kalian yg menghina Evi blm tentu lbh mulia dari Evi dimata Allah.. Allah maha pemaaf, dan Evi sudah mnta maaf secara terbuka.. justru yg memecah belah Islam itu para ustadz yg mengompori umat dgn kata2 kasar, bknnya mendinginkan malah mengajak perang.

    • org kafir yg menghina rasulullah jadi sievi. ......liat dari topi yahudi nya. ...

  • Evi kontol emang

  • Males komen blm cukup ilmu

  • 1..Ada sebagian orang yang berpura-pura paham&mengerti agama kita,bahkan sampai di panggil ustad, dll padahal dibalik tausiyahnya bertujuan merusak,menghancurkan&menyesatkan akidah umat.. 2. Ada sebagian orang yg baru sedikit mengerti agama kita tapi sudah di panggil ustad, dll padahal tausiahnya sesat&menyesatkan akidah umat.. Dan yang lebih berbahaya lagi.. 3. Ada sebagian orang yang memang sangat paham,mengerti agama kita tapi dia sengaja merusak&menyesatkan akidah umat..hanya karena duniawi Maka dari itu : - Kita umat Islam harus cerdas karena dgn ilmu kita tidak mudah ditipu&di sesatkan mereka - mulai kembali belajar&pahami ajaran agama kita dengan panduan guru agama yg jelas&memiliki kredibilitas tentang agama Islam yg baik&benar,pelajari Al-Qur'an & hadist dengan bimbingan guru agama yang tepat (sanad& Mazhabnya) - berikan ilmu pendidikan agama&formal anak2 kita dengan baik sejak dini agar mereka kelak pun tidak mudah ditipu mereka Ingat!!! iblis tak akan berhenti berusaha untuk sesatkan umat Islam sampai hari kiamat dengan berbagai cara&upaya mereka melalui media apa saja dari zaman ke zaman Semoga kita termasuk orang2 selalu mendapat petunjuk Allah SWT,amin..

  • Gak gampang menjadi ustadz, tidak hanya tahu terjemahan Al Qur'an saja tetapi juga harus tahu asal muasal kenapa ayat tersebut turun, karena salah ustadz menjelaskan maka sesatlah semua jama'ah yang menpercayainya

  • woy yang lo gunjingin tuh ustad loh! kalian kafir apa muslim? selayaknya sesama umat muslim saling kasih dukungan, kalau salah ya mohon di ingatkan bukan malah di hakimi sendiri. beliau juga manusia apalagi beliau ikut serta untuk menyebarkan ilmu agama islam.. ingat manusia itu tak luput dari khilaf..ustad lain aja yg ilmunya lebih2 hanya meluruskan dan mengingatkan kalau ucapan evie itu salah, nah lo pada gak malu gitu bisanya cuman ngerempongin orang dan yg lo rempongin ustad lagi.. astagfirullah..dimana jiwa muslimin yg baik di diri kalian. dimana

  • Apa judul intro lagu pembukax

  • Evie Effendie manusia fasik.. jahanam.. tidak punya adab.. kurang ajar pada Baginda Rosulullah SAW...!! menafsirkan ayat seenak isi kepala sendiri..! bangsat...!! Menghina Nabi, Menghina Maulid Nabi..!! Evie Effendi Anjing khawarij takfiri..!! 😡😡😡😡

  • Assalamualaikum... Ini baru klarifikasi......... Tak ada hinaan ,ucapan kasar tantangan ,menyombongkan,.. hanya klarifikasi, meluruskan,mengingatkan,islam memang harus saling mengingatkan bukan menjatuhkan ,..meluruskan yang salah bukan menghina,..mengingatkan bukan langsung menilai sesat,...agar negara ini semakin bersatu ,baik agamanya baik juga umatnya ,..terima kasih ust maju terus ,jangan sombong dengan apa yg sudah di capai ,...wassalam

    • Arya Pancala Ini bukan klarifikasi mas. Video Uas 2016 kok ini. Niat dia kn mau bilang maulid sesat, eh terselip lidah ngutip ayat ditafsirkan sendiri. sampai mngatakan Nabi Muhammad SAW sesat. Wajar klau teman2 aswaja marah.

  • Klo tidak tau mending diam, otodidak terkadang berbahaya jika tidak di dasari dengan ilmu. Pandai2lah mendengar ceramah.

  • usir si evie ke medan tempur

  • belajar dulu deh ust evi efendi sama ulama yg lebih cerdas dalam tafsir jga terima kasih pa ustad abdul somad

  • kenapa orang2 selalu menganggap kata "sesat" dengan kemusyrikan?

  • 6:09 dmn y dl org2 begini bljarnya??? Kok bs d tinggal toh tafsirnya.

  • Yg gini kok dibilang ustad heran. Cuman gara2 "style" yg beda dengan dri ulama lain bisa jadu ulama.. Well..

  • Si evie efendi ngajinya kurang jauh, kurang lama, kurang kitab!!

  • 😘😘😘

  • Uiama saja saiıng menyalahkan

  • UAS 😊😊😊

  • efendi goblokkkkk

  • semoga Allah melaknat musuh2 islam yg menyamar jadi ustad demikian pula orang bodoh wahabi ngaku salafi yg bersamanya yg merasa ilmunya shohih..klo mereka ditempat kami maka penggal leher2 kepala mereka.

  • ga stuju.. cm gr2 ad anjing mlkt tdk msuk rmhnu nabi... aneh bin ajaib hadis gni kok dojdikan pedoman... emangnya malaikat gg bs nemui nabi di lain waktu atau ngbrol dtmpt lain.. hadist itu byk yg menyesatkan dan jdi perdebatan... mnding tinggalkan perdebatan

    • Soleh Kindys sebanarya mles ane ngladenin ente. wong anda bukan muslim, mau dikasih tau ya percuma 😁. skedar hiburan aja nanggepi koment anda. 👌oke lnjutkan 👌.

    • masak malaikat takut sm anjing... masak wahyunya di pending gr2 ada anjing... stauku klo ada setan.... anjing itu juguk... lha malaikat jibril masak di juguk in sm anjing kalah... pelajarilah ttg hdsi sohih itu apa.. klo gg ada di alquran... gg usah dipercaya.. gpl gak dosa

    • Soleh Kindys ente temenya lia eden ya?😂😂. Bikinin kopi aja bang 😁.

    • Muhammad Amirul Huda tak bikinin hadist sahih mau?

    • Soleh Kindys hadist sohih kok ditinggalkan 🙄.

  • Kamu itu nafsir ayat kok sak penak dewe...evi sama yg sebelahnya itu pekok apa lagi mendem....ngaji dimana itu....

  • Kofyah nyeh maneh kofya. Tofi laken yeh suruh taro dulu tuuuuuh

  • Gitu di bilang ustad si evi,,,pantesan jdi pelawak... klo ceramah penampilannya kaya orang yahudi...mana ada ceramah dia pakai baju koko dan peci,,, yg ada pke jaket,kaos trs pake topi ,ketu...

  • Ya ini salah satu dampak d negative dari era ketebukaan , byk anak bau kencur artinya (kalau abis pipis aja blm bs vebok yg bersih) pake bcr agama kmd yg lucu lagi dgn pedenya ngangep otak dia encer,dgn berasa begaya (cool style) otak nya,. Malah minus kelain banget kalau cara dia berpikir ga waras .type2 spt ini saya nyebutnya " udik oon tp begaya" sok modern, idealis krn etika dan ahlaknya minus krn dia tdk pernah mengerti nabi itu siapa.. Masa dipanggil namanya doang..!! Sebenernya Byk nih yg model begini, yg otaksatusen bergaya Ya udah kita doain saja manusia2 spt ini spy dpt hidayah dan diketemukan guru spt uas

  • ustadz warung pojok make nya aj topi😂😂

  • evie itu ustad asal2an ...

  • evi belajar dulu yg bener Dalil dan Hadits..setelah itu insya allah ente pantes nyandang gelar ustad

  • Ustadz Evi SESAT

  • Ustadz Evie effendi Bangsat.... kamu menghina Nabiku, Junjunganku, Kurang Ajar kamu...... belum hilang sakit hatiku sama ustad yg mengatakan orang tua Nabi masuk neraka, kamu lagi.... bangsat..... mengatakan Nabi Muhammad Sesat..... menyebut Nabi saja tidak menggunakan adab....Goblok... kamu.... bagimana umat Islam nantinya kalo yg kaya gini dianggap Ustad, Ilmu masih minim..... rusak....rusak.....umat Islam kalo kaya gini....., menangis saya atas hinaan yg kamu ucapkan untuk Nabiku..... demi Allah aku tidak terima atas ucapanmu.....

  • Terimakasih untuk pak ustad Abdul somad insya alloh pencerahan nya berkah buat saya Aminnn....

  • Saya berharap jangan ada orang spt Evie Evendi ,dia itu bukan ustad ,cara pemahaman agamanya juga amburadul kok bisa2nya diundang jadi ustad

  • “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951) Naidzubillah min dzalik

  • Ini yg namanya ustad sesungguhnya😍😍 Favorit banget Semoga kita semua dapet syafaat

  • Mentaaaa hampura mah gampang pisan nyaaa bouuss epi

  • Ntk ust Effendi sdh berikhar janji kpd umat bisa d maafkan jgn lupa maaf k Allah SWT

  • jaman skrg sich,lebih gampang orang buat kasih nama ustazd,pdhl kan harus ada ilmu nya,sperti tuan guru uas,beliau lebih bs bermanfa'at klo ksh ilmu,sebab ayat nya pasti,di sebutin,dan ga sombong,ky pak evie terlalu takabur ih,,i dont like it,,

  • nah ini baru bagus,, harusnya di luruskan, cek video dia udah minta maaf dan bukan maksud ke situ,,,, love UAS,, selalu meluruskan sesama penceramah,,,

  • dari pertama liat juga gw udah gk seneng liat si evendi itu.. tingkah klw ceramah nya juga..sering kelihatan ngenyeee...sok juga dia.. apalagi pas yg nuntun mualaf korea tuh...dia pengen di ketawain orang..menurut dia lucu x ..tp mnrt gw itu gk enak didengar..dilihat apalagi...

  • berterimakasih kepada ustad evi efendi..dengan kejadian ini kita bisa tahu tafsir surat tersebut dari pembenaran yang telah di klarifikasi oleh ustad yg lain.Ambil hikmahnya ,,karena ustad evi juga udah meminta maaf..! harus kita ketahui secara tidak langsung kejadian ini memberikan cahaya terang kepada kaum bodoh spt saya untuk mengetahui arti tafsir yang sebenarnya. semoga kita diberi Hidayah. aamin

  • Subhanallah.. terimakasih penjelasannya

  • emang SESAT. kesurupan di goa. jibril di kira gendruwo...ampe mo bunuh diri. giliran liat paha bini nya baru bini nya blg itu mungkin malaikat. eh... baru kenal itu jibril setelah bertahun2.... SESAT??? silakan mikir.

    • +Shalehuddin Ayub kasian lo... apa2 nyalahin kristen. lo pikir di dunia ini cuma ada kristen ama islam. kualitas otak lo standart. bisa di ukur dri ujung pantat gw.. FLAT EARTH 😅😅😅😅😅

    • kaleb kaimana Hus.. Korban kondom bocor..

    • +kaleb kaimana yaudah mending lu diem, urus aja agama lu sendiri, agama buatan paulus

    • +Shalehuddin Ayub ga usah panik mas bro. gw mah ga akan ngikut org yg mengira jibril itu gendruwo 😂😂😂😂😂. buat ngebuktiin itu gendruwo ya lihat paha bini nya. nih nabi klo masih idup liatnya paha bini lo. kayak doi nafsu ama mantu nya sendiri. nabi kocak.

    • lu orang kafir gausah bacot, LU YG SESAT TOLOL

  • saya heran sama itu org,, lagi minta maaf masih sempat promo !! cek aja video dia minta maaf, lihat deskripsinya !! menurut saya permintaan maafnya tidak serius !!

  • Ternyata ustadz evie bukan lulusan pesantren atau sekolah agama islam. Sebaiknya menimba ilmu yg dalam dulu termasuk ilmu dakwah ... baru lah berdakwah.

    • dia kan kmrin2 bisa naik rating klau bukan fans2nya yg syuka sm dia dia ngk naik daun lha. ini suda alur cerita dari yg maha kuasa. smua ada hikmanya

  • Evie goblok sok pintar ceramah di shut di upload di medsos....agar tenar.... Penjarakan agar jera

  • sepertinya satu guru dengan abu janda

  • evi efendi si penari balet musti ngaji lagi dari iqro

  • Kalo hijrah itu harus banyak belajar, baca, ikut kajian, bukan buka kajian sendiri. Kewajiban saling menasihati bukan berarti harus buka kajian sendiri.

  • Kok beda ya penafsirannya sama habib bahar, kalo habib bahar bilang tersersesat saat sedang mengngendarai unta bersama(lupa) krna digangu setan ,lalu Allah memerintahkan jibril meniup setan itu, yg bener yg mana ya ?

    • erna indah Benar Uas, semua jumhur ulama sepakat tentang asbabun nuzulnya itu ayat. Uas jga ngutip ulama2 kok.

  • Bukannya ini kena pasal PENISTAAN AGAMA ? Harusnya yg katanya Alumni 212 kemana ? Ga ada demo untuk didesak masuk penjara ? Gue islam tapi miris liatnya, coba kalo ini yg bilang non muslim apa ga beda cerita ? Apa soalnya ga ada keuntungan buat demo lagi demi uang 100rb dan nasi bungkus ?

    • Adi Kurniawan la yg ngasih fatwa kn masih sbuk cawapres ☺. Dlu kn trun karena ada fatwa mui. Udah dilaporkan kok jga ☺.

  • Evi sukaesih

  • Efendi itu bkn ustadz ..klo ustadz tahu bahwa alqur'an tdk bs diartikan sepotong sepotong dan ada sebab turunnya ayat..cr mengartikan sepotong" itu seperti agama kristen tdk mengenal sebab turunnya ayat pula..jgn" dia org kafir

  • Manggil tukang bakso aja pake bang, mas, pak kok manggil nabinya sendiri malah muhammad... ustads konslet...

  • Hidup golkar

  • ini bukan hal kontroversi yg dilakukan evie akan tetapi karena evie telah memasuki tahapan pertama tentang ilmu sebagai mana kata Umar bin Khattab, belum jauh memaknai arti sesat dan tersesat... Tolong... untuk siapapun.. berhentilah dititik nol ketenaran.. hati-hatilah...😢 kontrol diri.. kontrol emosi.. ucapan.. penyampaian.. dll... Saya jadi ngeri... Terimakasih buat UAS atas pencerahan dan penjelasannya yg sangat mendasar dan mudah dipahami..

  • Bnyk ustadz karbitan sdh brni memberi ceramah2 yg bisa membuat umat bingung dg isi ceramah dn statment2 mreka. Mrka tk prnh brfikir ttg akibatnya pd jamaah2 yg mrka jejali dg ceramah2 yg membingungkan. Yh...smga ini buat pljaran yg brharga utk kg evi prbdi utk tdk lg mmberikan ceramah2/mmberi tafsiran2 yg slh ttg al-qur'an&hadizt. Dn utk qt umumnya...jgn gmpang mmberi gelar ustadz utk seseorg yg br bs ngomong ttg agama. Telaah dl latar belakang pendidikan agamanya bgmna... Oke...

  • Paling bukan ustad, cuma ngaku2 ustad aj pengen terkenal aja cari sensasi, ampe segitunya, jalani aja hidup loh yg bener, jangan sok jadi penceramah sok ngaku ust evie

  • Evi efendi .... Kamu belajar lagi jgn sok tau ...

  • Subhanallah , UAS mantap penjelasannya, sama kyk penjelasan habib bahar bin smith.

  • Subhanallah Penjelasan UAS Berilmu untuk Kita Semua...

    • Ini baru ustad yg tinggi ilmunya,dan bijaksana dlm memberi penjelasan.

  • Earphon yg ada ditelinganya rusak x tuh jd penyambung lidahnya kg kedengaran. jd inget sama sinetron "Aku bukan ustad" hhh

  • Iku uduk ustad wi wong sg juweh raiso jogo lisan!

  • Jazakallah Ustadz Abdul Somad, sehat terus, semoga kita semua dikumpulkan diakhirat kelak sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan menjadi hamba Allah SWT yang selalu beriman dan bertaqwa. Aamiin.

  • Tanda keNabian muhammad pertama diketahui oleh pendeta Buhaira ketika masih kecil.bagaimana mungkin beliau pernah tersesat?Nabi yang telah dinubuatkan dalam injil dan taurat.

  • USTAD EVI USTAD SESAT . . . DI INDONESIA MASIH BANYAK REFERENSI USTAD BUAT DI JADIKAN GURU UNTUK MENCARI ILMU . BERANI SEKALI BILANG RASULULLAH SESAT KAU YG SESAT EVI DIA AJA BERANI BILANG NABI SESAT .. KENAPA KITA GA BERANI BILANG DIA SESAT .

  • Nusantara negeri yg diberkahi Gusti Allâh. Ditengah gencarnya dakwah Wahabi via internet, muncul sosok UAS yg murni ASWAJA yg popularitasnya mengalahkan semua misionaris2 Wahabi.

  • Ustad abal abal evi . Kampaaangg itu . Adab menyebut nabi muhammad saw ga beradab ni orang .

  • Ituh mah gk tau

  • Cuman tanya knp tidak ada demo yg besar2 an lagi?pdhl ini nabi loh yg dihina, Apa krna tdk ada keuntungan buat didemo?

    • udah di laporkan ke Polisi

    • Udah baca ceramah kok masih ada yang berkata kasar, kalo tidak sepaham ada baiknya cuekin ajah nanti juga pegel sendiri

    • Kalo ahok di demo karena dia kafir alias non muslim yang lancang men'tafsirkan al qur'an yang dia sendiri tidak meng'imaninya...sedangkan saudara evi efendi seorang muslim yang kemungkinan karena khilaf di sebabkan keterbatasan ilmunya...dan sesama muslim wajib mengingatinya karena dia masih meng'imani kitabnya al qur'an...beda dengan si Ahok yang gak meng'imani al qur'an tapi sok tau men'tafsirkan al qur'an.. Faham gak ente sekarang cebooong .

    • eh AHOKER nonton VIDEO qt juga. lg cari2kesalahan umat islam ya

    • Ahok dulunya juga gak akan didemo kok..kalo dia cepat minta maaf dan proses hukumnya dipercepat .tapi dia malah bantah gk bersalah.gk mau ngaku dan proses hukumnya diperlambat akibatnya dia di demo... demo baru mulai ketika proses hukumnya berbulan2..bukan sehari videonya tersebar langsung demo..

  • Baginda Nabi Muhammad itu maksum dari lahir!!!

  • mudah mudahan bukan tanda Akhir zaman.. tapi memang akhir zaman.. 😬 ini yg bikin cepet kiamat 😬😬😬

  • Berbicara tanpa ilmu akan menimbulkan malapetakan. Lebih baik diam jika tidak tau.