Wafat Setelah Divaksin AstraZeneca, Keluarga Trio Fauqi Ungkap Hasil Autopsi

Dipublikasikan tanggal 28 Jul 2021
Hasil dari autopsi Alm. Trio Fauqi, pemuda yang meninggal usai divaksin AstraZeneca sudah keluar dan diungkapkan keluarga. Hasil tersebut disampaikan oleh Dinkes DKI Jakarta (27/07) dengan mengadakan zoom meeting bersama pihak KIPI, Kemenkes dan RSCM. Dalam zoom meeting tersebut, pihak Kemenkes, RSCM mau pun Komnas KIPI tidak bisa menjawab secara jelas mengenai penyebab utama kematian Trio. Dari hasil autopsi, tidak ditemukan adanya komorbid, serangan jantung atau gagal paru. Selengkapnya, simak video di atas.

Homepage: kumparan.com
Twitter : twitter.com/kumparan
Facebook : facebook.com/kumparancom
Instagram : instagram.com/kumparancom

J1OEJKFEOSHTC3U4

Komentar

  • Aku jg tkt difksin krn ada hipertensi

  • Anak sekolah kalau ga di vaksin gi bisa tatap muka di sekolah,pemerintah udah strees dalam hal bisnis vaksin harus wajib

  • Udah ada main antara rumah sakit dan oemerintah

  • Lihat, apakah ada pengentalan dan trombosis. Beberapa orang setelah vaksin, mengalami pengentalan darah. Bila ada yg meninggal akibat vaksin, maka dalam darahnya banyak pengentalan dan trombosis.

  • Menurut perkiraan saya sebaiknya suntikan vaksin itu di terlebih dahulu - kan pada uji coba pada si penderita covid atau pada hewan, karena itu yg terbaik sebelum di suntikan pada manusia, ya wajar aja kita sebagai manusia harus menyadarinya krn sebelum dijalankannya kan harus ada ujian /proses - nya, sedangkan manusia saja ada ujian /cobaan dari yg maha kuasa, semoga bermanfaat bagi semua orang sebagai pelajaran untuk kita semua yg ada di muka bumi //Telusuri - lah dan Jelajahi - lah sebelum terlambat, semoga kita semua di lindungi dari segala cobaan,,,, Amin

  • Bagi para kaum kadrun mohon diprioritaskan utk di vaksin, sebagai bentuk jihad kebaikan umat. Dijamin banyak yg nolak.

  • Jawabnya semua adalah Qodarulloh.. Ada org kecelakaan, kepalanya tertancap besi, tpi dia hdp, ada org tanpa jantung tpi dia hdp, ada kecelakaan bis yg menewaskan semua penumpang trmsk sopir, kecuali ada 1 bayi yg selamat.

  • Ada darah tinggi ngab?

  • Ini yang bikin saya sampai sekarang masih urung vaksinasi, saya punya riwayat sakit, saya pernah tipes, punya sakit lambung, tensi darah rendah, juga punya alergi pernah suntik tetanus gara-gara dulu misahin kucing berkelahi bekas disuntik area lengan saya gatal-gatal, sedangkan dikantor tempat saya kerja diminta vaksinasi alasannya kontrak kerja tidak diperpanjang kalau tidak ada vaksin, dikira semua orang sehat apa? Udah ke puskesmas saya ditolak vaksin karena tensi darah cuma 90.

  • Mohon info vaksin sinovac jakarta untuk orang tua saya, apa udah gak bisa semua ya? Karena mulai minggu ini katanya orang tua harus astra

  • Dan akhirnya pihak yg bertanggung jawab siapa??? Dan tanggung jawab nya gi mna ?? Apakah bisa gantikan nyawa??

  • Kl berminat ssdh vaksin sy sekeluarga mnm propolis dan roje tab dr high desert, suplemen terbaik utk mengatasi covid bs diliat di websitenya, hdi

  • Bingungnya para buruh .swasta.Asn. hrs punya sertpkt vksin , pilih nganggur apa matot

  • Dettol vs Corona Thn 1930an, mungkin di era zaman sekarang viruos itu sudah men'doktrin manusia seolah-olah berbahaya, mungkin ya mungkin_ Suatu hal hal yg sangat di benci oleh Gusti Allah dan tidak terampuni ialah : melangkahi kehendaknya. Ya sudahlah_silahkan buka google lalu ketik dan baca sejarahnya.

  • Bintik hitam maksudnya gmna

  • Saya ditolak pihak rs untuk vaksin karena sedang tidak fit dan sakit tenggorokan. Kata pihak rs kalau sudah bener-bener sehat baru diperbolehkan vaksin.

  • Wah wah gawat

  • Andaikan ini tjadi pd keluarga kalian pastila meninggalkan duka mdalam walaupun kita tau kematian adlh takdir. Mgkin mas trio adalah otg jdi ketika divaksin kondisi lgsg drop & meninggal (maaf ini hnya opini saja)

  • Up

  • Mati mah , emang ajalnya udah sampe bukan karena vaksin itu kalo orang yg percaya ada nya tuhan ! Kalo mati karena vaksin semua orang yg divaksin mati semua dong !!??

  • saya sudah vaksin sinovac sudah beberapa bulan yang lalu dan sudah selesai alhamdulilah allah belum ingin mengambil saya dan sekarang saya sudah siap di vaksin moderna untuk vaksin ke 3 mudah-mudahan sehat dan ini langkah ikhtiar saya agar terhindar dari corona.

  • Dibeberapa negara astrazeneca kan dipermasalhkan, kyk di denmark kemaren, astra distop soalnya ada korban meninggal

  • Susah banget yah mo jujur bahwa vaksin EXPERIMENTAL ini memang punya efek samping FATAL. Umat Tuhan JUJURLAH.

  • apakah ada kemungkinan imun tubuh yang lemah tidak kuat menerima respon dari jenis vaksin tersebut?

  • aspirate sebelum suntik.....supaya jarum tidak kena pembulu darah.....

  • ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ aku penyintas covid19. Bulan july 2021, aku denger banyak suara ambulan di area kota aku tinggal. Aku pun hampir give up, gak tahu kenapa aku bisa kembali bernapas, padahal gak pake tabung oksigen. ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  • Saya yakin keterbatasan teknologi forensik untuk autopsi bisa jadi tidak terungkapnya penyebab kematian trio.. atau opsi terburuknya ada sesuatu yg tidak bisa mereka jelaskan ke publik

  • lalu klu apa2 tdk ada .knp dia meninggal. dn knp keluarga nya mlh mendukung vaxsin jangn2 d ancam d takut2ti. krn skr d indonesia apapun menghalalkn segala cara wlw hrs mengorbankn rakyatnya

  • Video apaan ini ..gak ada jawabannya

  • Kami juga kehilangan bapak kami setelah vaksin sinovak .. 2 hari setelah vaksin mulai demam tinggi , daya ingat turun , tdk bisa menelan makanan , kaki kanan memerah seperti tersiram air panas , selalu bilang kepanasan , kami sudah membawa ke rumah sakit .. bpk kami tdk tertolong ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ tdk memiliki riwayat sakit ,, ibu kami masih tertolong

  • Saya ga takuk sama virus korona malah takut sama vaksinya..

  • siapa yg bertanggung jawab atas kematiannya? terus apakah dapat semacam sumbangan tali asih dari pemerintah kepada keluarganya?

  • kalau begini boleh tidak!??. engga perlu ada ppkm atau lockdown. karena ini soal imunitas, berikan saja rakyat vitamin yg berkaitan dengan imunitas tubuh. sambil tetap jaga prokes. ppkm akan menggerus ekonomi masyarakat. yang sakit 5% yang sengsara (ekonomi) bisa 80%! sambil pemerintah tetap persiapkan fasilitas kesehatan. dan yang terpenting stop media untuk tidak lagi menyiarkan soal covid-19. kadang kan ramenya di media yang malah membuat keruh di masyarakat! coba bandingan kematian akibat hipertensi pertahun 8 juta/tahun sementara covid-19 hanya 4,25 juta / hampir 1.5 tahun ! kematian penyakit jantung 18,6 juta/ tahun!, diabetes 5 juta/ tahun!

  • wajib bagi pemerintah bertanggung-jawab setiap ada kematian/lumpuh/lainnya setelah vaksin. misalnya dalam bentuk yang bisa membuat rakyat tenang. kan vaksin wajib maka wajib pula jika ada resiko tersebut!

  • Mohon yg pintar menjaawab china 80% telah vaksin sinovac.tp tidak juga terbentuk herd immunity ??skrg lg mau lockdown lage ? Apa yg kurang yah ?? Apa karena virusnya delta ?? Jd harus vaksin baru ?? Btw variant lamda dr amerika latin jg patut di waspadai

  • Vaksinasi yg aman dan halal?hmmmm..kdng saya terlintas pertanyaan.Adakah efek damage jangka panjangnya?Konon ktnya vaksin sangat mempengaruhi fungsi otak/saraf.

  • Saya 2 hr lalu br di vaksin astrazaneca, sy tau gosip klo astrazaneca ada efeknya. Sy buang rasa negatif dan takut. Tp benar itu terjadi. Rasa ngantuk disiang hari, menjelang malam panas dingin, badan linu, dan sedikit lemas, nafas agak sesak seperti flu, kepala sakit..padahal sblum difaksin sy sehat sehat sj. Mungkin semua gejala berbeda beda tergantung kondisi tubuh. Cuma dr beberapa kerabat bahkan ortu sy sndiri yg vaksin astrazaneca, itu gejalanya sama. Lalu apakah vaksin ini masih layak untuk disalurkan lagi?

  • Tuntut .. jangan biarkan ......

  • Hati-hati, bintik hitam itu jgn2 jamur hitam yg kini menjadi wabah sekunder yg tidak kalah mematikan di India..

  • Gak banyak kok yg mninggal karna vaksin, mungkin meninggal emang karna suatu hal, misalnya pas vaksin kurang tidur, capek, pusing, sakit tapi gak bilang ke panitianya. Siapa yg tau..๐Ÿ˜Œ Semoga corona cepat selesai, jujur gw kangen piknik, kumpul sama temen dan keluarga. saat yg lain libur, gw tetep kerja. Tapi gpp, dari pada nganggur yekan ๐Ÿ˜† btw RIP untuk korban ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • gara2 vaksin orang yang aku sayang pergi untuk selamanya

  • Di Denmark juga ada 1 kasus kematian kerena vaksin astrazeneca. Langsung diberhentikan. Berita dari tv berita sebelah id-tv.org/tv/video-GddNzn_FGXc.html

  • Tanggal 15 Juni aku vaksin. , Malam nya panas dingin tulang sakit2.. minum parasetamol doank sama minum air kelapa... 16,17,18,19 badan makin gak enak. Flu&batuk makin parah , suhu tubuh mulai naik truun, And finaly 20- 11 July drop parah... Gak bisa gerakin badan. Lemes parah. Bab muntah sampe suhu badan gue di angka 39, ... Pusing luar biasa, gak bisa makan normal berhari hari ... Sampe gue bilang Kek nya kalo gue di rawat bukannya sembuh malah mati gue.. akhirnya cuman bisa tjduran di rumah, paksa in makan dikit2 , minum air kelapa ijo, vitm smaa bnyak istrahat ... Dah itu kalo gue di bawa ke RS pasti di covid in dan gue pasti udh lewat sekarang

  • Vaksin itu bukan obat,dan banyak kemtian habis vaksin,banyak yg lumpuh habis vaksin,tapi slalu d bilang HOAX oleh pemerintah,nyawa hilang apa tanggung jawab pemerintah,ada tanggung jawab nya gak..? memang smakin biadap aturan di negri ini skarang

  • Krn vaksin ada yg meninggal Krn covid banyk anak yatim piatu .rezim simalakama.astrAzeneca patut diragukan meskipun ada peneliti org Indonesia didlmnya

  • negoro gk mau tggung jwb klu dh gini vaksin tu membunuh pelan2 cb nnti lhat orang2 stelh vaksin skrang gk ppa nnti lhat

  • Duh, tgl 12 sekarang aku vaksin juga nih mudah mudahan aman. :')

  • Serem sekali ya

  • Baru kali ini saya kecewa dengan media kumparan. Sebagai media berita yg banyak ditonton oleh masyarakat, seharusnya kumparan mampu untuk tidak menggiring masyarakat berasumsi negatif terhadap vaksin dan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Harusnya di akhir video pun, kumparan mampu memberikan data tentang berapa perbandingan jumlah kematian setelah vaksin dan mereka yg baik-baik saja setelah vaksin. Karena nyatanya, jumlah yg meninggal jauh sangat sedikit dibanding mereka yg baik-baik saja. Kalau melihat video seperti ini, tentu saja masyarakat akan menyalahkan pemerintah dan risiko penolakan vaksin itu akan tetap ada bahkan bertambah. Padahal, sejak vaksin/imunisasi itu ditemukan, yg namanya KIPI itu pasti ada, namun tidak semua orang pasti mendapatkannya. Jujur, sebagai tenaga kesehatan, saya kecewa, apalagi saya bekerja di Jepang yang penduduknya rata-rata sudah vaksinasi.

  • Seandainya ada pintu doraemon :(

  • Tetangga sy juga meninggal sesudah di vaksin

  • Klau kejadian begini siapa yg bertanggung jawab.semua lepas tangan.

  • vaksin corona adalah untuk meningkatkan imun tubuh berguna untuk melawan virus corona agar menghinadari kematian,tapi realitanya sebagian malah menghadapi kematian, klo ada kejadian begini untuk meningkatkan kesadaran publik agar antusias terhadap vaksin negara mesti menjamin bagi yg terjadi kematian,

  • Di inggrispun astra sudah dilarang buat di bawah 30 tahun. 30-40 diprioritaskan vaksin lain.

  • Nah loh

  • Mknya saya lbh tdk memiloh vaksin resikonya kematian ... Apalgi tidak ada jaminan hbs divaksin sehat ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Kalau ngelihat data vaksinasi di negara luar misalnya Amerika yg sudah memvaksinasi komplit ke setngah lebih populasi penduduknya,data yg mereka temukan dari 164 juta penduduk yg sudah divaksin komplit hasilnya 99,92 persen warga yg divaksin tidak terindikasi positif covid,yg dirawat di rumah sakit pasca vaksinasi sejumlah 0,004 persen,yg meninggal pasca vaksinasi sejumlah 0,001 persen Yg artinya vaksinnya bekerja,it works!!!maka kalau ngelihat ada kasus kematian pasca vaksinasi seperti ini memang harus dilihat data yg lebih besar juga tanpa mengecilkan kasus2 kejadian seperti ini

  • "janji 2 minggu, tapi 2 bulan baru disampaikan" 2 bulan ngapain? Janjian dulu ngomong apa? Mana yg disampain, mana yg diumpetin?? Covid ini adalah ketidakpastian...

  • sebagian penguasa dan org2 titel sngt pinterr now berkoar koar,nyawa berharga hrs vaksin bla bla..kemudian setelah vaksin,ada kematian bgt banyak, dan langsung diberitakan coped,tanpa ada autopsi kejelasan penyebab kematian,hnya berdasarkan alat test yg bs bnyk kekurangan, yg penemu nya aja dak bilang bs akurat atau menandakan anda sakit,dll..bgt mudahnya nyawa manusia divonis ini itu,tnpa data real dan terang benderang...apakah kalian yg didlm hati ada keserakahan punya nurani,merenung sblm memejamkan mata ketika lelah mengejar dunia,,menyadari yg sdh dilakukan?apakah kebenaran dr sebentuk kejujuran yg sdh memudar di negeri pertiwi ini?...ingat semua yg dilakukan akan diprtanyakan,silahkan jawab dipengadilan Allah yg jk mulut mu bs brdusta,tapi allah Maha tahu sgl isi hati pikiranmu wahai manusia yg beku hati krn tamak dunia...

  • Click bait banget!

  • gw di vaksin efek sampingnya hari pertama setelah vaksin laper mulu sehari makan ampe 7x

  • Aku abis divaksin juga, ๐Ÿ˜ญ Takut beginian

  • Kalau pun meinggal bukan karena vaksin . Vaksi. Udah pasti aman krna pemerintah sudah resmi mendatangkan vaksin ini. Ayo vaksin sebnyak2 bnyaknya biar tubuh makin kuat.

  • Sararieun

  • Sebelum nya saya mau mengucapkan turut berbelasungkawa semoga Husnul khatimah dan mudah2an cpt dpt informasi yg detail akibat meninggalnya almarhum Bulan Juni kemarin saya habis vaksin Astra Alhamdulillah saya masih sehat sampai hari ini emang pas habis di vaksin gejalanya demam tinggi dan badan pegal semua itu cuma berlangsung sehari dan sembuh sampai sekarang belum pernah sakit yg parah palingan cuma batuk2

  • alasan kenapa gw sampe sekarang enggan di vaksin

  • covid19 dicipta untuk vaksin.

  • Izinkan saya berpendapat,mana mungkin vaksin bisa dibuat hanya dalam waktu satu tahun sedangkan virus HIV saja belum ditemukan vaksin dari dahulu kala sampai saat ini juga.

  • Tetangga saya ada yg mules mencret stlh di vaksin AstraZeneca.. trnyata kmrn abis makan bakso setan level 5..

  • Ya susah gomong, namanya uda takdir dipanggil kembali oleh Tuhan. Soalnya skrg kl gk vaksin gk bs makan di resto, gk bs masuk mall, gk bs naik kereta-pesawat, bentar lg gk bs belanja online tanpa passport vaksin bahkan mgk buka hp perlu barcode vaksin๐Ÿ˜…

  • Berani menanyakan artinya berhadapan dgn lord yang tak boleh disebut namanya. Hilangngngng...

  • Jelas dinkes tidak berani untuk mengungkap hasil autopsi. Jika tidak ada penyakit bawaan maka besar kemungkinan bahwa vaksin itulah yg menyebabkan kematian. Secara logika, vaksin adalah benda asing yg dimasukkan kedalam tubuh. Jika cocok dgn tubuh, maka tubuh akan bisa menerima, tp jika tidak cocok itu bisa jadi berbahaya. Sama seperti orang yg keracunan obat. Saya yakin, jika dikemudian hari ada kasus seperti ini lagi, semua media tv tidak akan berani menyiarkan dan dinkes akan bungkam. Kalau vaksin betul2 baik, kenapa ada yg meninggal setelah divaksin????

  • Hanya 1 yg terungkap..

  • Kenapa orang yg penyakit bawaan masih DIVAKSIN ?

  • Jgn percaya rezim Jokowi PKI

  • yang memerintahkan ini semua akan mempertanggung jawabkannya, mereka mermehkan keadilan akhirat, percayalah saudaraku, allah itu maha adil, tidak akan ada yang mampu melebihi keadilanNYA,,

  • Ya Allah.... mohon perlindungan karena sy tidak mau di vaksin..., semua keluarga yg di vaksin kondisi malah banyak keluhan.... Lindungi kami semua ya Allah dari hal2 di luar kemampuan kami. Hanya Engkau tempat berlindung.

  • Nah ini yg gw pngin dari dlu. Diautopsi Yg katanya mati karna covid juga diautopsi. Dijelaskan daerah mana yg diserang. Jadi jelas gak cman dari alat rapid.! Pantat ayam ge positif klo dirapid.

  • Saya sudah divaksin astrazeneca lebih dr sebulan yg lalu, tp alhamdulillah saya tidak merasakan efek apapun kecuali lapar, dan jeda ke vaksin ke 2 jarak nya 3 bulan. Saya rasa harus benar-benar cek kondisi tubuh utk sblm vaksin

    • @aga sena Makasih masukkannya bro ๐Ÿ™

    • @ใƒใ‚ณ iya harus benar benar fit badan nya ya, soal nya teman sy ada demam malam nya, tp d paracetmanol aja. Saya rajin minumin madu sblm vaksin.

    • Alhamdulillah bro. Saya mau vaksin astra tpi ragu2 krna berita2 kyk gini. do'akan saya spya bisa vaksin smpe tahap 2 dgn aman.

  • Ngeri klo denger kata vaksin

  • meninggal karna vaksin..tanggung jawab sendiri...negara pihak penyelenggara dan produsen vaksin mengucapkan terimakasih.. rakyat miskin dan gak punya kemampuan ya diam dan mo gmn lgi hhh pasrah aja...kuatkan iman aja..dan banyak be doa...

  • Itu contoh jual obat. Rumah sakit pinter dong menyembunyikan hasilnya.meskipun di publikasikan yang pasti bisa bohong dong pihak rs. Hebat kann

  • Manusia dijadikan mala praktek,,

  • Nonton youtube karna malas baca berita. Eh malah disuruh baca.

  • Dia adallah seorang PAHLAWAN DIA ADALAH KORBAN SEMOGA DIMULAIAKAN ALLOH AMIN ALLOH GAK TIDUR ALLOH MAHA SEGALA GALANYA

  • Bokap gw juga meninggal karna di vaksin. Padahal udah bilang punya riwayat penyakit bawaan malah kaya dipaksa gitu

  • Pemerintah sudah bilang klw vaksin bukan jaminan tidak tertular corona ....kenytaannya bnyk yg abis divaksin tertular covid dan mati....terus utk apa vaksin itu?klw yg punya akal sehat pasti tidak mau divaksin ...wong badan sehat malah dimasukin seed virus itu sendiri...klw tubuhnya kuat ya ngefeknya cm ringan...lah klw tubuhnya g kuat malah diserang balik sm seed virus yg ad divaksin yg dpt menyebabkan kematian...secara kebanyakan yg divaksin ngga tau apa ad penyakit bawaan atw ngga soalnya cm ditanya2 doang sblm vaksin sm diperiksa tekanan darahnya...ngga dimedical chek up .....wkwkwkwkw....

  • YG MENYURUH VAKSIN PASTI BILANGNYA...MATI ITU SUDAH KEHENDAK PENCIPTA,TAPI KALAU KITA BILANG VAKSIN GAK VAKSIN SEMUA YG BERNYAWA PASTI AKAN MATI,MEREKA PASTI GAK TERIMA DAN MENCARI ALASAN LAIN...

  • tetangga saya, sehabis divaksin juga meninggal, pdhal masih muda.. Usia menikahnya Baru 2 tahun berjalan.. ! Kalau sudah seperti ini siapa yg bertanggung jawab

  • Mana nech keterangan langsung dari sumber beritanya, hasil wawancaranya mana? Kok cuma tulisan saja. Hmmmm......

  • SAYA TIDAK MAU DIVAKSIN, SAYA MAU KALAU DIRAPID, TAPI KALAU DIVAKSIN NOOOO๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฑ๐Ÿ†™

  • Innalillahi... ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • yg tadinya mau sehat malah meninggal.. iya tau semua ada ajalnya.. tp ini berkaitan dengan vaksin yg juga dipakai org bnyak.. jd kasus yg hrz dituntaskan.. jgn sampe ada korban berikutnya..

  • Alhamdulillah sudah hampir 2 tahun pandemi ada, Saya belum pernah terkena Covid dan belum vaksin juga karena tidak bisa vaksin (menderita GERD). Semoga pandemi segera berakhir.

  • Inilah yang membuat masih banyakya warga ragu untuk di vaksin .. saya pun demikian .

  • Semoga husnul khatimah buat korban Pemerintah mohon tanggung jawabnya apalagi setelah mewajibkan vaksin buat rakyat

  • Saya punya alergi giduan kadang sampe bengkak mata bibir.trus saya mau vaksin.saat itu saya di tanya sama dokter nya.saya jawab panjang lebar klu saya juga punya alergi obat.tapi Aya tetep di vaksin.tapi saya vaksin nya yg sinovac.gejala yg timbul ya saya alergi obat mata dn muka saya bengkak semua tapi saya tida mengalami kemerahan mata jdi serasa msh amat.cuma aga sesek aja sedikit klu mau tidur.cuma sehari aja.alhamdulilah ga ada epek yg menakutkan yg penting kita harus dlm ke adaan fit klu Astrajenika bagi yg punya penyakit mending pilih yg lebih rendah aja kadar obat nya seperti sinovac

  • Vaksin baru memang begtulah adanya.trial and error

  • Orang sehat di suruh sakit.orang sakit di suruh mati.

  • Gw sehat gw normal gw suka keluyuran suka ke tempat rame suka berkrumun jarang pake masker dan anti vaksin.